Ciri Kerusakan Defleksi Yoke

Cara ini adalah untuk memastikan defleksi yoke rusak apa tidak sebelum melakukan pengecekan komponen yang lainnya. Pada saat memperbaiki tv kadang kita menjumpai kerusakan defleksi yoke. Kerusakan def yoke kadang sulit dideteksi karena mirip dengan kerusakan rangkaian bagian vertikal. Bagaimana mengetahui dan memastikan bahwa defleksi yoke ini rusak apa tidak?

Lillitan defleksi yoke ada dua macam yaitu lilitan defleksi horisontal dan lilitan defleksi vertikal. Yang mana kedua lilitan ini mempunyai perbedaan resistansi jika kita ukur menggunakan avometer. Lilitan defleksi horisontal biasanya mempunyai resistansi sekitar 1,2 ohm sampai 5 ohm. Untuk lilitan defleksi vertikal mempunyai resistansi sekitar 14 ohm sampai 17 ohm. Cara mengukurnya bisa menggunakan avometer digital atau avometer analog yang biasa.

Untuk avometer digital set skala X200. Ddan untuk avometer analog set skala X10. Sebelum mengukur defleksi yoke. Lepas dulu socket dari pcb mesin tv. Ada empat konektor defleksi. Dua untuk konektor horisontal biasanya menggunakan kabel warna merah dan biru. Jika nilai resistansi kurang dari 1,2 ohm berarti lilitan defleksi horisontal short. Dan dua untuk konektor  vertikal biasanya menggunakan kabel warna kuning dan cokelat. Jika nilai resistansi kurang dari 14 ohm berarti lilitan defleksi vertikal short. Jarang terjadi kerusakan short pada lilitan vertikal.

Kerusakan defleksi yoke biasanya ditandai gambar menciut atau menyempit. Penyebab kerusakan disebabkan karena udara lembab. Menghasilkan air yang menempel pada lilitan yang akhirnya menyebabkan korosif dan menghilangkan lapisan email kawat. Yang menyebabkan short antar lilitan.

Karet penyangga yoke juga bisa menjadi penyebab kerusakan. Cara pengukuran menggunakan avometer kadang juga kesulitan untuk menentukan besaran resistansi lilitan karena perbedaan nilai ohm yang sangat tipis. Bisa saja terjadi pengukuran def yoke normal tapi gambar masih menyempit. Karena lilitan yoke yang rusak kadang tidak semuanya. Biasanya hanya lapisan email kawat tembaga yang terkelupas akibat panas atau korosif. Sehingga kalaupun diukur dengan avometer sedikit sekali perbedaannya.

Bagaimana jika pengukuran defleksi yoke normal, tapi gambar tetap menyempit?

Bila menggunakan cara seperti yang diatas belum bisa mendeteksi secara pasti kerusakan defleksi yoke. Karena pernah terjadi pengukuran defleksi yoke normal tapi gambar tetap menyempit. Solusi yang mudah adalah dengan melakukan percobaan memakai defleksi yoke cadangan. Yoke yang dipakai bisa sembarang asalkan cocok dengan leher tabung crt.

Silahkan coba ganti saja dengan yoke cadangan. Jika dengan yoke cadangan gambar bisa membuka, berarti yoke aslinya rusak. Jika dengan yoke cadangan gambar tetap menyempit, berarti kerusakan bukan dari defleksi yoke aslinya. Kerusakan ada di bagian vertikal. silahkan di cek komponen bagian vertikal terutama ic vertikal, elco, resistor. Pastikan semua tegangan ic vertikal normal dan tidak drop.

Comments

  1. slam knal mas,sya pemula dpt tv lg slim 29"gejala awal fbt rusak.stlah dgnti fbt dgn no yg sma timbul gris vertikal dilayar,ic fertikal dgnti dn smua elco dbgian vrtikal jg uda dignti tpi gk ada prbhan.tgangn dipin ic la 78141 14v..kira dbgian mna lg yg hrus sya cek,mhon bntuan'y mas..tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pupun tri. Silahkan cek diode IN4004 dekat ic vertikal. Cek juga resistor sekitar ic vertikal. Kedua komponen itu yang sering rusak.

      Delete
    2. Jika yg timbul adalah garis vertikal(garis dari atas kebawah). Cek bagian horisontalnya. Jika yg timbul garis horisontal(garis datar). Baru lah cek vertikal ya..

      Delete
  2. Salam kenal senior mohon pencerahan bagi pemula nih saya servis tv toshiba 34in gambar nyempit atas bawah elco di bagian vertikal sama ic nya uda di ganti tapi hasil nya nihil tapi nyempit nya bersih gak ada garis2 cacat sekitar 20cm mohon info nya!mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba masuk service mode atau factory setting, kemudian adjust vertikal sizenya. Kalau misal ada pengaturan VR untuk adjust vertikal di pcb, bisa di setting lewat potensio VR ini.

      Delete
  3. Salam kenal . mas bahar. Saya punya tv sharp 29 alexander .layar kanan kiri manyempit cekung bantal.tolong pencerahanya . terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gambar cekungnya kedalam atau keluar pak. Biasanya rusak dirangkaian EW, bisa dari lilitan L induktor putus karena korosif, atau memang ada komponen EW bermasalah. Coba cek dulu lilitan induktor (L), siapa tahu ada yang putus.

      Delete
  4. Mas mau tanya tv lg slim 14" cara modif layar atas bawah tdk bisa full gimana ya....asal mula rusak pada yoke bagian vertical putus setelahku sambung gambar normal cuma kurang 1cm tidak bisa full....mohon bantuannya....trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda bisa coba masuk service mode, kemudian setting vertikal sizenya.

      Delete
  5. kang aku jajal servis tv LG slim 14" rusakx pertama lampu urip trus matineh tak gnti ic copler kro ic vrtikal gambar normal ole 10mnt tv garis tok teg drop cek yoke kbel abag kro biru 6ohm kbel kunig kro oren 11iomh teg tanpa yoke naik pye solusine kang
    .ohh.... yo lahir batin kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo opo kabare dolor siji iki rek? Suwe gak muncul he..he.. Yo mas mohon maaf lahir batin. Coba sih sampeyan cek maneh tr horisontale.

      Delete
  6. kbare alham dulilah sae kang bendino repot momog anaku jago kang
    .saiki tv metu gambre kang tpi tambah sue tambah sempit ic vertkl est tak ganti neh untuk pngecekan kemana ic horisontal in brpa vol out brpa vol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti horisontal aman. Iku problem nang vertikale mas. Coba sampeyan ganti semua elco bagian vertikal.

      Delete
  7. mari bongkar yoke gmbar normal tpi belag" kang
    ic vertikal po pancen pnas kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo ngunu iku, ganti def yoke baru ae mas. Ic vertikal pancen panas.

      Delete
  8. yoke g pas kang teg ic horizontal piragd vol kang b c e tv lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he.. Gak tau ngecek aku mas. Rusak langsung ganti.

      Delete
  9. tv q ic horizontale mati trus kang entek 3biji piye solusine teg b 130

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tv ne merek opo mas? Berapa inch. Tr horisontal seri piro?

      Delete
    2. Ganti ae Tripote wis beres..

      Delete
  10. merek LG ultraslim 14" kang kiro" opone kang

    ReplyDelete
  11. Wes di cek dorong milar damper 1,6kv jalur kaki col tr horisontal dan ground. Kemungkinan terakhir isoh flayback e rusak/short. Dipasang tr horisontal piro ae, bakal jebol terus mas he..he.. Untung dorong entek sak karung tr horisontal e he..he..

    ReplyDelete
  12. golek milar kwi g nemu" kang toko 3 g dwe kbeh
    .pda jalu b sharusx ada teg berapa kang n pda jlur tr horz hrus ada brpa vol jg????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak isoh ditest iku mas tegangan nang tr horisontal. Selama tv isoh nyala, berarti horisontal wes kerjo. Nek tv gak gelem nyala blas, tapi tr horisontal wes jebol, isoh teko flyback short mas.

      Delete
  13. saiki tvne stnby kang tak ukur teg do travo nag deode 300v tpi mari ngliwati r 8,2k 3w trun dadi 55-65 vol r opo rusak yo kang opo enek komponen laen seg rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau tanya mas, yoke buat tv sharp alexander flat sama alexander slim ada perbedaan ga y?

      Delete
    2. Bejo: waduh rusake kok tambah parah mas..angel jelasno e mas. Kuduk dicek per bagian.

      Uknown: beda mas, jangan dipaksa, karena beda jenis tabung crtnya. Jika dipaksa gambar bisa kacau.

      Delete
  14. Hanya bisa lewat komentar blog dan g+ saja mas.

    ReplyDelete
  15. bagian ndi kang tolg jelasne ko praktekne

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nang duwur wes ono loh mas. Yo mung dicek lilitan horisontal karo vertikale. Tapi ancen kadang pengukuran normal, gambar tetep bermasalah. Ganti langsung def yoke anyar, langsung beres...

      Delete
  16. Replies
    1. TV LG layar opo? Cembung, datar, opo datar slim? Nek golek asline angel mas. Biasane aku tak ganti def yoke cinoan, tapi sing sesuai ambek tabunge. Jadi ojok sampek keliru tuku def yoke. Sesuaikan ambek tabunge, layar cembung, opo datar, opo datar slim? Dadi nek tuku def yoke gawe tv pirang inch? Tabung opo? Wes cukup iku insyaalloh cocok. Nek golek sing LG angel mas. Tur regane larang. Gawe def yoke cinoan gak masalah mas. Paling engkok mek nyetel lebar horisontal ambek vertikale tok. Mari wes he..he..

      Delete
  17. ok kang iku tv ne slim 14" , lak drop iku opo mesti yoke karo plybak kang,iku plybak taw tak cabut tpi ttep drop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isoh teko regulator bermasalah mas. Atau biasanya protek he..he.. Maka semua tegangan out regulator akan drop. Ada tv yang menggunakan sistem kayak itu. Jadi mau gak mau harus mencari letak proteknya dimana? Karena tegangan regulator gak bakalan naik, jika tv protek.

      Delete
  18. iki g protek kang tv led urep kadip pisan tpi g metu gambar teg drop sampek 55v-60v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang onok tv dalam kondisi flyback atau tr horisontal dilepas, maka tegangan akan drop. Jadi harus dipasang semua kayaknya flyback dan tr horisontal, biar bisa ON.

      Contohne tv politron, dalam kondisi standby atau tr horisontal dilepas, maka tegangan akan drop. Pada saat ON normal, tegangan akan naik normal.

      Delete
  19. ini dpasang drop dlepas drop kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti osc horisontal out belum ON. Karena ic utama belum start, dan masih dalam mode standby atau protek. Pastikan osc horisontal ada, ini PR besar yang memang bikin puyeng mas he..he..

      Delete
  20. osc iku koyo opo panggone do endi

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..ketemu maneh dolor siji iki rek. Yo opo kabare mas? Panganan opo osc iku he..he..?

      Osc horisontal iku pulsa pembangkit horisontal output. Diproses lewat ic chroma. Kemudian dikuatkan oleh tr driver horisontal masuk trafo horisontal. Out dari trafo horisontal masuk basis tr horisontal. Kemudian colector tr hor masuk colector flyback.

      Sinyal osc ini sebagai penanda kalau tv sudah ON, berarti sinyal osc harus ada. Untuk cek sinyal ini anda bisa cek kaki colector tr driver horisontal. Dalam kondisi standby osc tidak ada tegangan. Pada saat ON osc ada tegangan.

      Ngomonge akeh yo. Sampek keriting tanganku he..he..

      Delete
  21. kabare yo ngene iki kang nlateni servisan cilik"an pokok hobi sek tersalurkan
    ..berarti tr cilik" iku kang dtes kabeh
    yo mben tak golek,i maneh saiki g dwe bondo gae tuku kmponen
    .iki malah ketambaan kipas kabele mrotol kwate mrotol teko kbel bingug golek,i jalure

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he.. Nek mrotol kabeh gampang mas. Tukokno gulungane tok lak onok mas. Tinggal pasang.

      Delete
  22. Mas salam kenal ,,mau nanya kalau elco out vertikal sering jebol apanya ya mas?...padahal mesin pake mesin china baru di pasang di tv tabung layar datar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin dari kualitas elconya yang kurang bagus. Gunakan elco yang 50v mas.

      Cek tegangan mungkin over mas.

      Delete
  23. Kalau dari yoke ngaruh gag mas ,,masalahnya mesin bawaan nya jg sama kendalanya jebol elco out vertikal nya .saya nyoba mesin baru ternyata sama kejadian nya begitu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba elconya diseri mas. Nah sekarang ada problem pada gambar gak mas? Kalau dari yoke, pastinya akan ada problem di gambarnya.

      Atau coba pakai yoke lain. Atau coba pasang di tabung tv lain. Jika elco tidak jebol, maka mungkin yokenya bermasalah.

      Delete
  24. Ok,,terima kasih mas informasinya .sukses selalu mas

    ReplyDelete
  25. Mau tanya om. Tv china tabung 19 inch bagian dalam tabung ada suara berderik, itu yang rusak apanya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama tvnya masih bisa menyala normal itu gak masalah mas. Suara berderik biasanya berasal dari def yoke atau trafo regulator, dan itu normal.

      Delete
  26. kalau ic vertikal nya sudah di ganti.. bisa normal lagi,,teteapi 3 hari kemudian menciut lagi itu apanya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan ic vertikalnya rusak lagi. Coba ganti lagi, apakah normal kembali atau tidak? Cek suhu panasnya, over tidak? Ic vertikalnya seri berapa mas?

      Coba ganti beberapa elco di area dekat ic vertikal.

      Delete
  27. mas kalau def yoke tv sharp alexander tabung datar bisa dganti dgn sharp alexander slim batique gak? sama² 21".
    kode def yokenya kan MDC21P12D bawahnya ada kode HA158WJ.kalo dganti dgn 6229J cocok gak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya gak bisa. Def yoke tabung datar tidak sama dengan def yoke tabung slim.

      Delete
  28. ya mas.
    bgini mas, kan def yokenya udh pnh dgulung ulang yg bgian bawah, gambar emg bisa buka full tp gk normal, 60% gmbar ketas normal, trus yg 40% kebawah agak menyempit, jd gmbarnya jd cebol, badan keatas normal, kaki kebawah pendek. solusinya gmana mas.?
    makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin gulungannya kurang pas. Kalau defyoke mending ganti baru. Kalau digulung resiko gagal gambar gak normal.

      Delete
  29. Permisi pak mau tanya,klo yoke tv Samsung slim ukuran pada vertikal diukur 8,0 ohm bagus Engga ya, Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya masih normal. Cuma bukan acuan jika nilai resistansi defyoke normal, tapi hasil normal.

      Memang problemnya apa mas, kok pakai cek resistansi def yoke?

      Delete
    2. Oh masih dibilang normal ya pak, problem nya,IC vertikal dan dioda dari flyback jebol klo dihidupkan 1-2 menit,tegangan supply-nya 17volt,dgn menggunakan catu daya simetris

      Delete
    3. Saya kira tidak normal jika yoke vertikalnya 8.0 ohm.

      Delete
    4. Saya juga ingin menanyakan bahwa,diartikel yg bpk tulis jika vertikal kurang dari 14 ohm itu rusak shot,apa itu untuk tv CRT biasa saja atau untuk semua tv slim

      Delete
    5. Ya betul mas. Tapi selain acuan dari nilai resistansi def yoke, juga harus dilihat hasil gambarnya pada layar, apakah normal? Karena kadang saya pernah menjumpai nilai resistansi normal, tapi hasil gambar tidak normal, kadang menyempit atau atau yang lain.

      Nah sekarang hasil gambarnya bagaimana, normal gak? Atau ada keanehan? Pernah ganti flyback gak?

      Delete
    6. Tv yg sdng saya perbaiki bekas diservis orang lain dan memang sudah diganti flyback baru,kalau pertama distell tv normal gambarnya,tetapi begitu 1 -2 menit IC dan dioda dari flyback langsung terbakar.

      Delete
    7. Nah penggantian flybacknya apakah sudah pakai seri flyback aslinya? Atau flyback seri lain?

      Kalau dilihat ciri kerusakannya, sepertinya tegangan output dari flyback ke ic vertikal itu over atau tidak sesuai.

      Atau juga bisa pemakaian dioda penyearah yang tidak sesuai.

      Delete
    8. Pergantian flyback yg mengganti itu TUSER yg lain pak,saya tidak tahu klo flyback itu seri asli atau bukan, karena waktu user bawa tv dlm keadaan mati total,hingga akhirnya tv itu hidup,setelah tv hidup saya tes, ternyata IC serta dioda jebol,hingga kini tv jadi gambar segaris saja

      Delete
    9. Ic vertikalnya seri berapa mas?

      Dan ukuran elco supply dari diode yang dari flyback, ukurannya berapa?

      Diodenya pakai seri berapa? Yang jebol itu. Apakah itu dari jalur out flyback?

      Delete
    10. IC vertikal seri 78045,elko 470 yg/50v dioda pecah saat saya lihat, output dari flyback dioda nya yg jebol, akhirnya saya coba experimen pkai dioda in 4007 hasil nya sama saja.pecah

      Delete
    11. Untuk dioda gak bisa pakai IN4007, pasti akan pecah. Harus pakai dioda fast recovery, misal dioda kacang ijo atau diode RU4A atau RU4DS. Bisa juga pakai dioda FR107.

      Kalau gak ketemu, Anda bisa ambil dioda bekas tv, jalur supply tegangan ic vertikal.

      Delete
    12. Ok klo begitu, saya akan coba, mudah2x tidak pecah lagi,terima kasih pak atas informasinya

      Delete
  30. Salam kenal. TV LG 29 inch slim pearl black suara ada gambar gak ada. tegangan B+110v ,ABL 11V ,g2 180v,KR 180V ,KG 180v ,KB 180V ,RGB 2V. heater 5v ac IK 3V ,trus tv waktu di hidup kan muncul kilatan di pojok2 layar. UKURAN DI ATAS KIRA2 NORMAL GAK MAS. SUWUN

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Ukuran voltage diatas normal semua mas.

      2. Muncul kilatan di pojok-pojok layar ketika tv dinyalakan itu normal, karena proses degausing.

      3. Jika tidak keluar gambar, silahkan cek element heater tabung crt, nyala apa gak? Tegangan heater keluar 5V, tidak menjamin element heater menyala. Pastikan element heater menyala. Kalau gak menyala kemungkinan pin heater short.

      Tapi kalau element heater menyala, berarti ada problem lain di rangkaian pcb.

      Jadi Pastikan dulu element heater menyala.

      Delete
  31. Elemen heater menyala mas. Kira2 mana yg sy ukur lagi mas. Suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada pcb RGB di tabung crt, ada komponen ic nya gak, pakai pendingin? Kalau ada, silahkan coba ganti ic pada pcb RGB.

      Delete
  32. Resintasi yoke vertikal tv LG ultra slim brp ohm ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 15-20 ohm. Untuk cek yoke, gak bisa buat patokan nilai R nya. Juga harus dicek pakai ESR meter atau flyback tester, untuk mengetahui kebocoran tahanan antar lilitan.

      Karena bisa jadi nilai R normal, tapi hasil gambar yoke tetap rusak.

      Delete
  33. Mau tanya apa yoke short....apa mengakibatkan heater gk menyala....terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Karena bagian horisontal gak bekerja maksimal dan flyback tegangan heaternya drop.

      Dalam kasus ini, perlu pecobaan menggunakan defleksi lain, untuk memastikan heater menyala.

      Delete
    2. Mas bahar mau nanya dong.jalur fbt .ground fbt sama H ,abl saya tester kok ad hubungan ap fbt tersebut short rusak trimakasih

      Delete
    3. Pin ground dan Heater, ABL. Itu memang satu gulungan mas. Jadi memang akan terhubung jika diukur pakai multitester. Tapi bukan berarti FBT tersebut itu short. Tapi karena memang satu gulungan ke ground.

      Delete
  34. mas mau tanya ic vertikal 78041 kok masih over head,padahal elco di sekitar vertikal sudah diganti semua dan tegangan juga normal,kira2 apa ya mas penyebapnya mohon bimbingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ic vertikal panas itu wajar, selama masih bisa bertahan 1jam menyala, maka masih normal. Tapi jika diteruskan terus jebol, nah itu baru ada masalah. Mungkin ic vertikal kualitasnya kurang bagus. Atau pernah ganti yoke. Coba ganti dengan ic vertikal yang bagus.

      Jika ic vertikal panas dan masih bisa bertahan dan gak jebol, maka gak masalah. Dan memang kerjanya panas ic vertikal itu.

      Delete
  35. itu masih ic vertikal aslinya mas dan coba saya ganti dengan seri diatasnya juga tetap masih panas,faktor apa aja si mas yang menyebapkan ic vertikal panas berlebih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dari tegangan supply ic vertikal terlalu tinggi, biasanya setelah ganti flyback. Bisa dari tahanan defyoke berubah, biasanya setelah ganti defyoke. Atau ada nilai resistor yang berubah.

      Delete
  36. untuk tv sharp alexsander 21" tahanan defyoke vertikal sekitar 7ohm itu normal gak mas tapi gambar tidak papa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama gambarnya normal, ya gak masalah mas. Kalau memang ic vertikal terlalu panas, dan tidak ditemukan penyebab panasnya, tapi gambar normal, sebenarnya gak masalah mas. Solusi terakhir tinggal tambahkan pendingin tambahan ke pendingin ic vertikal.

      Delete
  37. tapi ada bunyi "tert" dibagian defyoke secara terus menurus mas dan heater tidak menyla

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh katanya diatas, gambar tidak apa-apa. Lah kalau heater tidak menyala berarti flyback belum bekerja . Atau tegangan heater belum masuk. Kalau defyoke bunyi tert itu normal. Coba cek dulu jalur tegangan heater, pastikan tegangan heater sudah keluar.

      Delete
  38. tak kira heater itu dibelakang tabung crt mas hehe,maaf mas baru pemula
    trimakasih mas panduannya🙏

    ReplyDelete
  39. Maaf mas pemula mau tanya,sy pny tv LG 29 Flatron,berawal dr short dirangkaian RGBnya dan mati total.
    Dicb lg dinyalakan lg tuk dicheck kerusakannya,lampu indicator tdk nyala dan 2 resistor dekat elco 160 v panas tak matikan lg.
    Copot TR horizontal C6090 dicheck tegangan dielco besar 310anV,B+110v.
    Pasang lg transistor horisontalnya dicheck lg tanpa dipasang soket2 yg keRGB dan soket teg yoke,diukur B+nya normal.
    Tp setlh dipasang soket2 RGB dan yoke jebol lg TR horisontalnya.
    Ganti lg TR horisontal dan millar msh jebol lg kalau soket RGB dan yoke dipasang.
    Ganti lg TR horisontal,tp kali ini tanpa soket yoke dipasang dan soket keRGB dipasang alhasil lampu indikator msh menyala stby.
    Apakah yoke yg bermasalah/short kalau soket yoke dipasang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 3 kemungkinan mas. Pertama bisa dari defyokenya short, coba test pakai defyoke lain. Kedua bisa dari kualitas tr horisontal yang jelek. Coba pakai tr horisontal tipe lain yang lebih kuat. Ketiga bisa dari flayback yang short.

      Delete
  40. Salam kenal mas.namaku Fadil dr tuban.aku numpang tanya .aku ganti mesin..w.com..kalau defleksi yoke bagian horizontal di hubungkan.timbul suara berderik di flayback nya..gaimana solusinya.apakah yoke nya yg bermasalah.trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasil gambarnya apakah normal? Lebar gambarnya. Coba cek tegangan b+ nya, pastikan terukur 115v. Jika lebih, bisa disetel di VR b+ adjustment.

      Delete
  41. Salam kenal Mase sekalian mau nanya ada sekema ukuran lilitan yoke tv Sharp geart Alexander 29 in

    ReplyDelete
  42. Salam kenal mas Bahar pemula mau tanya,apakah ada solusi mengatasi yoke horisontal setengah shot dengan cara tambah travo /lilitan diluar,menyediakan hambatan umumnya ,makasih sebelumnya🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sih belum pernah menemui kasus setengah short di yoke horisontal. Tapi jika hasil gambar tidak terlalu parah, mungkin masih bisa diakali menggunakan trafo yoke, untuk mengatur lebar gambar horisontal. Tapi jika hasil gambar tidak simetris, atau trapesium, maka penambahan trafo yoke tidak akan bisa membuat gambar menjadi simetris. Lebar gambar horisontal mungkin masih diatur, tapi bentuk gambar trapesium atau tidak simetris tidak dapat diatur

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led