Cara Merubah Horisontal Size TV Cina

Merubah lebar horisontal pada layar tv. Baik menambah atau mengurangi horisontal size.

Karena settingan horisontal size tidak ada pada faktory setting mesin tv cina dan yang ada hanya settingan horisontal phase. Yaitu untuk menggeser gambar ke kanan atau kekiri. Solusinya bisa menggunakan beberapa pilihan horisontal yang ada pada mesin china.

Pertanyaannya bagaimana jika pilihan horisontal yang tersedia sudah mentok dan hasilnya gambar masih kurang lebar? Mungkin sudah banyak yang membahas masalah ini. Tapi tidak ada salahnya jika kita refresh lagi.

Caranya bagaimana? Caranya adalah dengan merubah nilai ukuran kapasitor resonan transistor horisontal. Bisa dengan nilai yang lebih kecil atau lebih besar. Jika gambar kurang lebar maka nilai kapasitor dirubah lebih kecil. Misal ukuran aslinya nilainya 390nf/400v bisa dirubah 350nf, 330nf, atau dibawahnya lagi sesuaikan dengan kebutuhan.

Jika terlalu lebar nilainya diperbesar. Setelah diganti cek pendingin transistor horisontal panasnya normal apa tidak setelah diganti kapasitor resonan. Diantara kedua cara tersebut masih ada cara lagi untuk merubah horisontal size. Yaitu dengan cara menambah trafo yoke.

Comments

  1. mas mau nanya. saya habis ganti mesin tv, tapi ko tulisannya kebalik, tapi kebaliknya bukan dari atas kebawah, tapi dari kanan ke kiri, kira kira apa nya yah yang harus di oprek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel defleksi yoke nya ada yang kebalik mas. Coba tukar posisi 2 kabel vertikalnya mas. 2 Kabel horisontal biarkan dulu.

      Kabel def yoke kan ada 4, yaitu 2 kabel untuk vertikal dan 2 kabel untuk horisontal. Coba balik posisi 2 kabel vertikalnya.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led