Cara cek Remote TV Menggunakan Kamera Handphone

Anda pasti pernah mengalami remote tv atau ac anda tiba-tiba tidak berfungsi? Dan pastinya semua cara sudah anda lakukan dari mengganti baterai baru atau sudah anda coba untuk memperbaikinya sendiri, tapi hasilnya remote masih tidak berfungsi. Jika kondisinya seperti itu pasti anda bingung, sebenarnya kerusakannya ada di remote controlnya atau kerusakan di tv atau acnya? Supaya anda tidak bingung, berikut cara mudah cek atau tes remote tv atau ac menggunakan kamera handphone.

Cara ini terbilang cukup mudah, karena hanya membutuhkan perangkat kamera hp. Pastinya anda semua mempunyai alat yang satu itu. Jenis kamera hpnya pun juga sembarang, yang penting bisa buat foto. Jadi anda bisa melakukan pengecekan atau pengetesan remote tv dimana pun anda berada, asalkan anda membawa hp kamera. Disaat darurat cara ini bisa anda lakukan untuk mengetahui dan memastikan kondisi remote tv atau ac anda masih berfungsi atau tidak?

Mengapa kok menggunakan kamera hp? Karena sinar infrared atau infra merah dari remote tv tidak bisa dilihat oleh kasat mata. Dengan bantuan kamera hp ini sinar infrared dapat ditangkap dan dilihat dengan sangat jelas oleh mata. Sehingga memudahkan kita mengetahui kondisi remote itu berfungsi atau rusak? Hampir semua jenis remote mulai remote tv, ac, kipas angin, tape radio, vcd, dvd player, mp3 player, dan semua perangkat yang menggunakan remote control bisa anda cek dan test menggunakan cara ini. Berikut langkah pengetesannya.

Pertama anda siapkan dahulu handphone anda, kemudian nyalakan kamera hpnya. Posisikan lampu infrared remote tepat di kamera hp. Untuk lebih jelasnya lihat gambar.

Kedua, jika posisi remote sudah sejajar seperti itu, meskipun tidak sejajar tidak masalah asalkan lampu infrared bisa anda lihat di kamera hp. Kemudian coba anda tekan tombol keypad remote sembarang sambil melihat kamera hp. Jika terlihat kilatan cahaya dari lampu infrared remote berarti kondisi remote normal. Jika tidak terlihat kilatan cahaya sama sekali dari lampu infrared, maka bisa dipastikan remote anda bermasalah. Bisa karena memang baterai remote habis, lampu infrared rusak atau solderan kendor, ada komponen yang terlepas solderannya, jalur remote ada yang putus, kristal rusak, atau kemungkinan terakhir ic control remote rusak. Jika ic control rusak jelas tidak bisa diperbaiki.

Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat gambar dibawah ini. Terlihat kilatan cahaya dari lampu infrared remote. Berarti kondisi remote seperti itu dalam kondisi baik. Cara ini bisa anda lakukan untuk mengecek beberapa tombol keypad remote yang mungkin ada yang tidak berfungsi.

Jika anda dalam bepergian atau dirumah saudara atau teman yang kebetulan remote tvnya bermasalah, anda bisa mengeceknya sendiri menggunakan kamera hp. Pastinya teman atau saudara anda akan heran caranya kok seperti itu? he...he...he... Siapa dulu mbah google. Bagi yang sudah tahu caranya pasti sudah biasa dan tidak heran dengan cara ini. Tapi masih banyak kok yang belum tahu tips dan tricks cara cek remote tv ini menggunakan kamera hp. Mudah-mudahan anda bisa mempraktekkan cara mudah dan sederhana ini sehingga dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led