Saturday, May 28, 2016

CARA MERUBAH PUTARAN DINAMO KIPAS ANGIN

Next posting kali ini adalah bagaimana cara merubah atau membalik putaran dinamo kipas angin? Kenapa harus dibalik? Karena arah anginnya kebalik sehingga hembusan anginnya kebelakang. Ini bisa saja terjadi pada saat kita rewinding atau menggulung ulang lilitan dinamo. Penyambungan lilitan utama dan lilitan bantu terbalik. Atau mungkin pada saat kita membongkar kipas angin kita sendiri, kita terbalik pada saat memasang kern kipas angin. Sehingga hembusan angin tidak kedepan tapi kebelakang. Bagaimana cara memperbaikinya? Simak lebih lanjut.

Kemarin pas lagi dapat kerjaan rewinding kipas angin kotak arah putaran baling-baling terbalik, sehingga arah hembusan angin menjadi kebelakang tidak kedepan. Kenapa kok bisa terjadi seperti itu? Ternyata posisi dinamo pada umumnya untuk kipas angin model duduk, kipas dinding ataupun model stand fan arah putarannya kekanan dengan posisi baling-baling ada di depan, hembusan anginnya kedepan. Tapi kipas angin model kotak yang dinamonya ada di tengah, baling-balingnya posisinya ada di belakang, sehingga jika arah putarannya tetap kekanan otomatis hembusan anginnya kebelakang. Untuk mengatasinya kita harus merubah atau membalik arah putaran kipas angin sehingga hembusan angin menjadi kedepan.

Mungkin anda juga pernah membongkar kipas angin sendiri, kemudian pada saat dikembalikan pada posisi semula, putaran kipas menjadi terbalik sehingga hembusan angin menjadi kebelakang. Jika ini terjadi itu bukan berarti kipas angin anda rusak, tapi ada kesalahan pemasangan pada saat anda memasang kern kipas angin dengan posisi terbalik. Terbalik disini maksudnya adalah posisi kern yang seharusnya menghadap kedepan terbalik kebelakang. Untuk mengembalikannya kita harus membongkar kembali dinamo kipas angin, kemudian membalik posisi kern dengan arah yang sebaliknya.

Sekilas tentang dinamo kipas angin. Dinamo kipas angin termasuk jenis motor kapasitor. Motor kapasitor merupakan motor listrik AC satu fasa (1 phase). Motor kapasitor ini biasa kita jumpai pada pompa air, kompresor AC, mesin cuci, kipas angin dan lain sebagainya. Konstruksi pada motor kapasitor ini sangat sederhana dan berdaya kecil dengan tegangan 220VAC. Stator motor kapasitor ini hanya terdiri dari dua kumparan atau lilitan. Satu kumparan utama dan satu kumparan bantu.

Motor ini memiliki kapasitor yang dihubung seri dengan lilitan bantu dan paralel dengan lilitan utama. Fungsi dari kapasitor ini sendiri adalah untuk memperbesar kopel atau torsi start awal, mengurangi arus start awal motor, serta mempertajam pergeseran beda fasa antara lilitan utama dan lilitan bantu hingga mendekati 90 derajat. Untuk membalik atau merubah putaran motor ini sangat mudah, yaitu hanya dengan membalik polaritas kumparan utama atau kumparan bantu. Selain kedua cara itu juga bisa hanya dengan membalik posisi kern menghadap kedepan atau kebelakang. Untuk lebih jelasnya simak beberapa cara untuk merubah atau membalik putaran dinamo kipas angin.

Cara pertama adalah dengan membalik posisi kern menghadap kedepan atau kebelakang. Untuk lebih jelas lihat gambar.
Gambar diatas adalah gambar kern kipas angin. Hanya dengan membalik kern kipas angin yang diatas ditaruh dibawah dan yang bawah ditaruh diatas. Hanya dengan cara itu putaran kipas angin bisa dibalik. Perlu diperhatikan jika anda membalik putaran motor dengan cara ini pastikan posisi kabel masih bisa masuk kedalam cover dinamo kipas angin dan tidak mengganggu  rotor atau as dinamo kipas angin.

Cara kedua adalah dengan cara membalik polaritas lilitan utama terhadap lilitan bantu. Untuk lebih jelasnya lihat gambar.
Gambar diatas adalah gambar lilitan utama dan lilitan bantu masih dalam kondisi awal atau belum dibalik. 
Gambar diatas adalah gambar posisi lilitan utama sudah dibalik terhadap lilitan bantu.

Cara ketiga adalah dengan cara membalik polaritas lilitan bantu terhadap lilitan utama. Pada intinya cara ini sama dengan cara diatas, hanya saja yang dibalik lilitan bantunya. Untuk lebih jelas lihat gambar.
Gambar diatas adalah gambar posisi lilitan bantu sudah dibalik terhadap lilitan utama.

Dari ketiga cara diatas langkah yang paling mudah adalah dengan menggunakan cara yang pertama dan ketiga. Karena lebih mudah untuk membaliknya dan tidak terlalu banyak pembongkaran sambungan lilitan. Saya sendiri menggunakan cara yang ketiga yaitu dengan membalik sambungan lilitan bantu terhadap lilitan utama, karena lebih mudah dan tidak perlu membalik kern kipas angin. Perlu untuk diingat, bahwa ketika anda ingin mengubah atau membalik arah putaran motor dengan membalik polaritas tegangan, maka itu sama saja dengan anda membalik kedua polaritas gulungan utama dan gulungan bantu. Dan hasilnya arah putaran motor akan tetap sama atau tidak berubah. Jika ingin merubah atau membalik putaran motor dinamo kipas angin, maka polaritas salah satu lilitan harus dibalik, bisa lilitan bantunya yang dibalik atau lilitan utama yang dibalik. Semoga bermanfaat.

11 comments:

  1. met malam mas, saya bole tanya seputaran aki ke inverter ke pompa air jetpump ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh.. Sudah saya jawab di koment sebelumnya mas.

      Delete
    2. Malam mas bahar, sorry baru baca. Saya cari2 jawaban mas tidak dapat, nanti balasnya disini saja ya. Pertanyaan saya : Saya berencana mau membeli jetpump 500 watt. Berapa watt kah inverter yang saya gunakan, berapa amper aki yg akan saya pakai dan apa boleh langsung sambung dengan alat chargs. Mohon jawannya mas terimah kasih.

      Delete
    3. Mas, tolong di judul pembahasan apa mana mas balas. aku cari belum dapat2. mohon mas bahar.

      Delete
    4. Maaf baru balas. Untuk supply tegangan pompa jetpump, sebenarnya bisa pakai inverter, tapi harus inverter yang bagus, minimal 5000watt. Gak bisa jika anda pakai inverter biasa, gak bakalan bisa berputar pompanya. Jadi yang terpenting adalah inverternya yang bagus, yang benar-benar PURE SINE WAVE, bukan modified. Kebanyakan yang dijual di toko yang harganya murah, adalah jenis inverter PURE SINE WAVE MODIFIED atau modifikasi gelombang sinus, tidak 100% PURE.

      Untuk aki, tergantung kebutuhan inverternya. Jadi menyesuaikan dengan sistem supply chargenya. Karena setiap inverter yang 100%/PURE, beda-beda penggunaan akinya.

      Delete
    5. ok mas infonya.. saya akan usahakn cari inverter yg bukan modified. terima kasih.

      Delete
    6. Malam mas, saya sdh mutar di kota manado inverter yang ada paling besar 3000 watt. Mungkin msh ada toko yg jual lebih besar watt tapi saya blm dapat kali. Seandainya jetpump 500 watt ini saya dorong pake genset, kira2 genset berapa watt yang saya akan pake biar aman/pas/sesuai dengan jetpump 500 watt ini awet, ditunggu pejelasannya mas terima kasih.

      Delete
    7. Memang lebih pasti bisa adalah pakai genset. Karena tegangannya jelas sudah AC murni, gak perlu macam-macam, sudah pakai genset saja langsung bisa dipakai. Cuma satu kelemahannya "berisik".

      Untuk ngangkat jet pump 500w, tidak perlu pakai genset besar. Pakai genset 1000w sudah cukup.

      Solusi anda sudah tepat kalau pakai genset. Dari segi harga lebih murah, dan outputnya sudah tegangan AC murni. Jadi gak perlu inverter lagi. Sudah bisa dipakai.

      Genset kecil 1000w yang biasa dipakai odong-odong atau emergency itu sudah bisa dipakai mas.

      Delete
    8. Makasih banyak mas topangan solusi anda. Saya dapat memulai usaha lebih cermat.

      Delete
  2. Sore gan,saya mau tanya... Asynchronize motor 1phase mau saya buatkan saklar bolak balik apa bisa,tujuan saya supaya bisa berputar 2 arah,trus apa bisa saya pasangkan dimmer supaya kecepatannya bisa diatur,terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jenis motor 1 phasenya pakai kapasitor, maka bisa dibuat bolak-balik putarannya. Tapi harus bongkar gulungan. Untuk merubah koneksi sambungan lilitannya. Jika ingin dibalik putarannya, maka yang dibalik adalah lilitan Runningnya. Kalau pakai dimmer sepertinya gak bisa mas. Untuk mengatur kecepatan dengan menurunkan tegangannya pakai trafo step down atau menambah sejumlah lilitan yang banyak yang dipasang seri dengan tegangan pln sebelum masuk ke motor. Untuk mengatur kecepatannya tinggal mengatur jumlah lilitannya.

      Delete