Skema Pre Amp Mic 1 Transistor

Next posting kali ini adalah membuat pre amp mic 1 transistor. Posting kali ini sebenarnya adalah janji saya kepada seseorang yang bertanya lewat komentar blog tentang pembuatan pre amp mic. Skema rangkaian pre amp mic ini termasuk generasi awal dan mungkin sudah bisa dikatakan jadul he..he.. Tapi jangan remehkan loh, skema ini pernah populer dahulu pada saat saya masih sekolah di kelas 6 SD dan rangkaian ini sering saya buat untuk keperluan penguat mic pada zaman dahulu.

Menengok sekilas kebelakang skema pre amp ini termasuk rangkaian yang hampir setiap perangkat elektronik audio pasti menggunakan rangkaian ini sebagai penguat micnya. Dan di zaman sekarang pun rangkaian ini masih saya jumpai di sebagian alat elektronik audio misal speaker aktif kelas bawah dengan harga murah. Dulu rangkaian pre amp mic 1 tr ini sering saya buat untuk penguat mic pemancar FM, sehingga kualitas suara mic bisa lebih peka dan enak didengar, bahkan suara jangkrik pun bisa tertangkap mic pada malam hari karena sangat pekanya.

Skema ini tergolong sangat sederhana dan mudah dalam perakitannya. Sudah dilengkapi potensio volume untuk mengatur sinyal audio output. Penggunaan tipe transistor yang juga sangat fleksible bisa diganti-ganti misal transistor C828, C945, C1815, C458, C536, dan seri transistor yang lain yang sejenis. Kemudian pre amp mic ini bisa digunakan untuk jenis mic kondensor atau mic electret yang membutuhkan tegangan supaya bisa digunakan. Dan rangkaian ini bisa juga digunakan untuk jenis mic dinamic yang tidak membutuhkan tegangan untuk menggunakannya, otomatis ada resistor yang dilepas jika menggunakan mic dinamic ini.

Tegangan supply yang digunakan pre amp mic ini bisa menggunakan tegangan mulai dari 6 volt sampai 25 volt. Yang jelas rangkaian pre amp mic ini merupakan idola saya pada zaman dulu karena kesederhanaannya dan mudahnya dalam perakitan. Rangkaian ini sekarang pernah saya jumpai pada rangkaian echo DTK 1 mic yang menggunakan transistor dengan hasil suara yang lumayan bagus. Mungkin diantara rekan-rekan sudah pada ngerti rangkaian ini, tapi tidak ada salahnya saya update lagi bahwa rangkaian pre amp mic 1 transistor ini masih layak digunakan dan hasilnya menurut saya lumayan bagus.

Berikut gambar skema beserta daftar komponennya. Nanti akan saya sertakan juga beberapa modifikasi kecil untuk memaksimalkan fungsi dari rangkaian ini.

Pada gambar terlihat komponen C1 yang tidak tertulis pada skema pada jalur input mic, gambar skema sudah saya perbaiki. Komponen C1 tersebut bisa diganti dari elco 0,1uf atau milar 104 diganti menggunakan elco 1uf/50v untuk menghasilkan suara yang lebih bass dan mantap. Kemudian R1 bisa dilepas jika anda menggunakan jenis mic dinamic. Nah itulah beberapa perubahan komponen untuk menghasilkan suara mic yang lebih bass dan mantap. Jika suara yang dihasilkan kurang peka, anda bisa mengganti nilai R2 dari 220K menjadi lebih besar misal 330K, 470K, 560K, tapi perubahan komponen ini bisa menyebabkan suara akan pecah pada saat suara keras.

UPDATE !!!
Ada komentar blog masuk menanyakan gambar diatas kok gak ada titik koneksinya, apakah disambung semuanya he..he..? Bagi yang sudah paham mungkin gak masalah melihat gambar diatas. Sebagai update dari posting ini, maka gambar sudah saya koreksi menggunakan titik koneksi rangkaian, agar lebih mudah dipahami dan dirakit. Berikut gambar yang sudah saya koreksi.


Bagaimana sudah jelas gambar diatas. Silahkan bagi yang masih bingung, bisa melihat gambar yang sudah saya koreksi. Satu lagi yang lupa saya sertakan pada postingan ini adalah berapa tegangan supply rangkaian pre amp mic 1 TR ini? Rangkaian ini bisa di supply mulai tegangan 5 Volt DC sampai 25 Volt. Jadi sangat fleksible dan dapat beroperasi dengan tegangan tinggi. Jika anda menggunakan tegangan supply diatas 12V untuk rangkaian ini, maka ganti semua elconya dengan elco yang bertegangan 50V. Yaitu elco C1= 1uf/50v, C2= 47uf/50v, C3= 4,7uf/50v. Dan untuk penggunaan transistor tidak harus pakai C828, anda bisa pakai tipe transistor yang lain yang sama NPN nya. Diantara TR yang bisa dipakai adalah C945, C1815, C536, dan TR lainnya yang NPN bisa dipakai. 

Jika anda menggunakan jenis Mic Dinamic, maka R1 dilepas. Dan jika anda menggunakan jenis Mic Condensor yang membutuhkan tegangan agar bisa bunyi, maka R1 dipasang sebagai supply Mic Condensornya agar bisa berfungsi. Jika R1 tidak dipasang, maka Mic Condensor tidak akan bisa berfungsi. Untuk semua Resistor bisa pakai yang 1/4watt atau 1/2watt. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Salam mas Bahar,sy mau tanya untuk blazer 2x500watt sanken 4set,elco 10000 80v 6 buah,travo 15A ct 45v, sbaiknya dipasang untuk voltasenya yg 40/45 di travo nya z,,suwun mas

    ReplyDelete
  2. Ok suwun mas,td nya memang 40,cm aku pikir daya kurang max maknya tak rubah yg 45,alhasil Sanken cepet panas bngt,aku pikir si normal,,ternyata kelebihan itu z mas? Suwun

    ReplyDelete
  3. Maaf mas nanya lg kl boleh,, trs power tsebut max bisa pake speaker berapa inc n berpartisipasi Watt? Kl aku pake 2x12 inc untuk R,trs yg L tk kasih 15 inc 850 Watt mampu maximal gk z power tersebut? Suwun mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komposisi speakernya sudah pas itu mas. Chanel R untuk speaker 2x12", kemudian chanel L untuk speaker 15" 850 watt. Untuk maks speaker sebenarnya sebenarnya tidak masalah lebih banyak dari itu. Menurut saya buat acuan saja maks speaker 3 x watt power, ini bukan rumus pasti loh mas, hanya sebagai acuan saja. Jadi jika power anda 500 watt, maka maks speaker total 1500 watt. Ingat ini hanya sebagai perbandingan saja. Hasil di lapangan bisa saja berbeda.

      Delete
    2. Suwun pnjelasane mas,mau nanya lg ms,pwer blazer ku yg R kn ada dua set Sanken 2SA1295 dan 2SC3264,disaat power bekerja kok salah satu Sanken 2SA1295 itu panasnya berlebih z,,pdhl Sanken yg 3 panasnya normal,tp suara tetep normal atau gk cacat,,kira* panas yg brlebih itu normal gk z mas?

      Delete
    3. Mungkin salah satu tr sankennya ada yang sedikit jelek, hfe nya beda. Tapi jarang terjadi mas. Untuk memastikan, coba anda tukar tempat tr sankennya, kemudian coba, apakah tr sanken yang tadinya panas bisa normal? Ataukah posisi panasnya tetap?

      Delete
  4. Ok,kl misal ditukar tetap panas solusinya gmn? Trs kl TR yg lain di tempakn disitu panas jg n yg td nya TR panas jd normal solusinya gmn jg z mas,suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda coba dulu mas, hasilnya seperti apa? Nanti bisa di share disini.

      Delete
  5. Sudah sy tuker Sanken nya mas,TR yg panas trsbt sdh normal, trs yg TR satunya ganti yg panas(jalur Dr PCB yg awalnya panas tetap panas) ada saran gk kira* mas, suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda ganti tr driver dan R kapur di jalur pcb yang panas. Kalau perlu tr driver ganti keduanya.

      Delete
  6. Mas power 400w sanken sa1216/2922
    PSU 10a ct 32v
    Saya ganti komponen standarnya
    TR driver saya ganti mnjadi TIP41/42 tadinya bdxxxx(lupa)hhhee
    Elco di kit power nilainya saya ganti mnjadi lbih kecil. Yang tadinya 47uf50v saya ganti mnjadi 22uf/50v..3buah elco yang saya ganti

    Hasil bagus basnya mak jlegeeeeer tapi TR sanken jebol smua..
    Ini salah modif di mananya dan solusinya gimana mas..mohon di bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk deni goro. Maaf mas baru bisa balas. Kok bisa jebol semua mas? Harusnya jika pemasangan anda benar, hal semacam itu tidak akan terjadi. Jika sampai terjadi seperti itu berarti ada kesalahan pemasangan atau pemasangan komponen yang salah. Penggantian tr TIP41/42 dan beberapa elco tidak menyebabkan tr final jebol, kecuali jika pemasangan komponen anda ada yang terbalik atau kualitas komponen yang kurang baik.

      Delete
  7. Kang numpang nanya saya punya ocl 150 w,sebelah suaranya serak kang,kira2 apanya kang sueun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek tr final. Jika ok, cek kedua resistor kapur biasanya putus. Jika ok, cek tr driver TIP31/32. Jika ok, cek diode IN4148. Jika semua ok, berarti ada jalur putus di area tr driver atau lainnya.

      Delete
  8. Matur suwun kang,r kapur nya yg putus,maunanya lagi kang,power450w×2,trafo10a bagus nya berapa vol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling bagus dan aman gunakan tegangan 32v-ct-32v dari trafo. Nantinya setelah melewati diode kuprox dan elco, tegangan akan naik sekitar 45v-ct-45v, nah tegangan itu yang paling aman. Jika kita kasih tegangan diatas 32v dari trafo, maka tegangan setelah melewati diode dan elco akan naik diatas 50v, nah tegangan ini sering bikin tr final jebol.

      Delete
  9. Kok suaranya sama,ama pake travo 5a,32v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak kelihatan mas kalau nyetelnya pelan-pelan, baru terasa perbedaan pada saat input volume maks. Kemudian tergantung juga pada beban speaker, jika beban speakernya sedikit ya tidak kelihatan bedanya.

      Delete
    2. Klau menyambung sepeker12"2,ama10"2 nyambung nya pararel/seri

      Delete
    3. 2x12" di seri. 2x10" diseri. Kemudian di paralel.

      Delete
    4. Maksut nya buat R ama L kang bukan jadi satu

      Delete
    5. Buat yg R 12"×2/10"&12"dan sebakik nya

      Delete
  10. Soalnya daerah saya dari pln nya ngedrob,cmn 170vac,gak ad 220v jadi dari travo 32v keluar dari kiprok cmn 35v,gmnbiar nyampe 45v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu masalahnya, jika seperti itu, maka daya power tidak akan maksimal. Meskipun anda coba naikkan tegangan sekunder trafo menjadi diatas 32v, hasilnya tetap tidak akan maksimal, karena supply daya dan tegangan yang masuk pada primer trafo tetap kurang. Solusinya ya harus distabilkan tegangan plnnya menjadi 220v menggunakan stabilizer/stavolt. Tapi jika anda tidak masalah dengan kondisi itu dan power anda pun juga masih tetap bunyi meskipun dengan tegangan pln drop 170vac, saya rasa tidak perlu pakai stavolt.

      Delete
  11. Maksut nya mic dinamik itu mik biasa yg di gunakan karaoke dsbgnya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya benar mas. Mic condensor itu yang kecil. Dan biasanya pakai baterai.

      Delete
  12. Mas saya mau tanya...saya punya amplifier yg sdh terpasang tone control...saya kepingin pasang kit preamp mic...saya bingung jalur in out preamp mic ini kemana dlu ya..in nya kmna out nya kemana...
    Terimakasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk in preamp mic pasang socket mic untuk mic nantinya. Kemudian out preamp mic kita gabung dengan out tone control. Tapi harus dipasang Resistor dulu sebagai penahan, out L R tone control kasih Resistor 2K2, kemudian out preamp mic kan mono, kasih Resistor 2x 2K2 yang ujung satunya digabung, konek ke out preamp, kemudian ujung Resistor 2K2 yang bercabang dua, sambung bersama dengan out resistor 2K2 tone control. Setelah digabung, baru masuk input power. Jadi intinya adalah out tone control kita campur dengan out pre amp mic menggunakan resistor. Fungsinya resistor adalah sebagai penyeimbang, agar out tone control dan pre amp mic bisa keluar seimbang. Nilai R bisa anda rubah sendiri sesuai selera.

      Delete
  13. Oh..jadi jalur out tc dan preamp mic dilalui R dlu ya untuk masuk power amp..
    Tapi ini kit preamp saya udh ada 2 buah jack mic nya..lalu in nya gmana mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak usah in mas. Kan sudah jack micnya, tinggal colok saja he..he..

      Delete
  14. Cara pasang +/- kapasitornya gimana gan? Kok gak ada tandanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya koreksi gambarnya. Silahkan dilihat kembali. Terima kasih atas koreksinya mas.

      Delete
  15. Gan kalau skema di atas mau di tambah digital echo.out preamp di atas sambung kemana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai digital echo DTK yang dijual di pasaran, maka tidak perlu menggunakan preamp diatas, langsung konek saja ke INPUT digital echo. Karena digital echo DTK sudah dilengkapi dengan preamp mic, jadi bisa dikonek langsung, tanpa tambahan preamp mic lagi.

      Delete
    2. Ok gan.tapi kalau mau tambah input micx lagi.klu dtk inputx 1 mau di buat 3 mic gimana gan.dan bs di atur vol.tiap micx

      Delete
    3. Bisa mas, pakai preamp mic diatas. Kemudian semua outnya digabung jadi satu menggunakan R 100K, kemudian konek ke Input echo DTK.

      Delete
  16. Satu lagi gan.input mic jk disambung sama out dr preamp audio tdk masalahkan bos.(dr dvd out msk ke input mic).
    Apa ini cm berlaku buat mixer saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Jika pakai DVD, maka gunakan R 100K sebelum masuk Input preamp mic. Agar suara tidak pecah. Jika suara masih pecah, nilai R bisa diperbesar, misal pakai R 220K atau 330K.

      Delete
  17. Kang kit diatas bisa dikasih volume gk biar enak pengaturannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada gambar skema diatas sudah ada volumenya mas. Silahkan dilihat kembali, sudah ada VR pada jalur outnya. VR tersebut bisa diganti dengan potensio biasa dan berfungsi sebagai volume mic.

      Delete
  18. Terus gmn biar ada pengaturan bass dan treeble

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal ditambah tone control mas, pada jalur out setelah preamp mic.

      Delete
  19. mohon pencerahannya Gan... cara gabung 16 Penguat Mic Rolland gimana ya..?? kog saya gabung malah pengaturannya cuman ke 1 penguat mic roolland saja...??? mohon buatkan skemanya... sama pemberian effecknya.. terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dibaca di posting ini mas. http://bahar-electronic.blogspot.co.id/2016/10/cara-merakit-mixer-audio-sound-system.html?m=1

      Delete
  20. Saya punya speaker aktif "GMC" tapi tidak ada colokan mic-nya, saya pingin menambahkan mic, apakah bisa dengan scema diatas? Atau bagaimna simplenya yaa? (Biar bisa roke2 dikamar intinya :-) )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Untuk tegangan bisa ngikut power. Untuk out bisa gabung di input tone control. Tapi sebelumnya kasih R 2K2 dulu, biar input dvd dan mic tidak tabrakan.

      Delete
  21. mau tnya mas, itu skemanya apakah jalur2nya tu di gabung semua? gk ada yg dilangkaui gtu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mas, belum saya benahi. Semua titik temu digabung semua.

      Delete
    2. Gambar sudah saya update dengan titik koneksi supaya lebih jelas. Semoga bermanfaat.

      Delete
  22. mas bahar maaf
    itu yang c2 - nya di sambung ke groun bukan ya

    ReplyDelete
  23. Mas bahar itu output nya langsung masuk ke input ampli apa melalui pream bawaan salon aktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Melalui pre amp bawaan salon mas. Biar bisa di set bass dan treblenya.

      Kalau lewat langsung in power, maka suara akan jadi flat. Gak bisa disetel bass dan treblenya.

      Delete
  24. Jadi bisa digabung bersama ya mas misal antara pre amp mic diatas dgn dvd pada jalur in power amp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Pakai teknik kayak kemarin yah he..he.. Input bagi 2 pakai R 10K.

      Delete
  25. Kalau kit echo copotan dari mixer rakitan bisa/termasuk jadi pre amp langsung mic tidak mas dan saya juga ada kendala menentukan yg mana input dan output mic serta power supplnya pada kit echo. Di kitnya ada IC PT 2399 dan ada beberapa komponen sudah hilang. Maunya saya ingin gunakan lagi kit tsb

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Bisa langsung mic mas. Sudah termasuk preamp.

      2. Untuk itu anda harus mengetahui jalurnya mas. Jika tidak, maka akan kesulitan mencari in outnya.

      3. Komponen hilang sulit dilacak, jika tidak ada keterangan komponennnya.

      Delete
  26. Mas kalau power supplynya contoh utk teg 5v bisa di sambung langsung dari adaptor charger hp tidak yg tegangan sama" 5v?

    ReplyDelete
  27. Mas, buatan saya kok kalau buat ngomong speakernya sering keluar suara tinggi ya? Kaya ciiit gitu... Mohon bantuannya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kabel micnya masalah mas. Bisa dari konektor canon di micnya. Atau jack micnya. Coba pakai mic lain mas, apakah sama problemnya?

      Delete
    2. Coba pasang keramik 100pf pada input preamp mic. Dan pasang juga milar 102 pada out preamp mic. Tujuannya untuk meredam over nada tinggi.

      Jika masih keluar suara ciitt. Maka bisa coba pasang keramik 100pf paralel dengan R 220K.

      Delete
    3. Mas tolong rangkaian distorsi buat gitar donk

      Delete
    4. Saya bukan ahli gitar mas he..he.. Jadi kurang paham masalah rangkaian distorsi gitar.

      Tapi dulu saya pernah merakitnya he..he.. Tapi lupa gak saya simpan skematiknya. Apalagi itu bukan bidang keahlian saya.

      Delete
    5. ayo kang bahar, ditunggu loh eksperimen bikin efek gitarnya kang, dan please coba dicari-cari lagi kang simpenan skemanya :D

      Delete
    6. Kalau efek gitar belum pernah buat mas. Kalau speaker buat gitar yang dilengkapi distorsi pernah buat. Jadi hanya bisa efek distorsi saja mas.

      Delete
  28. Mas kalau pasang echo mic ke tone cobtrol biar ada suara bas,trible,cra nyuntiknya bagaimana mas bias suaranya seimbang sama musiknya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tinggal bagi dua saja input tone controlnya pakai Resistor 10K. Satu untuk input musik dan satu untuk input echo.

      Ada cara lagi yaitu dengan menambahkan tone control sendiri untuk echonya. Jadi nanti ada dua tone control, yaitu TC music dan TC mic echo. Nanti kedua output TC digabung pakai R 10K, kemudian konek ke power.

      Delete
    2. Mksudnya tiggal bagi 2 itu outTC msuknya di mananya tone conrol mas..

      Delete
    3. Apa input tone control musik juga dksih r10k mas.

      Delete
    4. Ya input tone controlnya dibagi 2 pakai R 10K. Satu R 10K untuk input music dan satu R 10K untuk input mic (dari out echo).

      Ya betul in musik pakai R 10K juga mas.

      Delete
  29. Mas kalau di mixer ada output headphone spek 7dB/150 ohm max out levelnya bisa disambung ke PA? Yg kedua. Contact cleaner yg bagus utk bersihkan potensio merek apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Khususnya utk potensio alps apa hrus dibongkar dulu mixer behringer saya ini?

      Delete
    2. Setahu saya sih merek PHILIP mas. Kalau gak ada, pakai merek lain juga gak apa-apa, yang penting yang bagus.

      Untuk pot mixer behringer, setahu saya posisi potensio berada di atas pcb. Jika anda bongkar dari bawah, maka gak akan kelihatan potensionya. Mau gak mau harus copot semua baut potensio diatas, untuk mengangkat pcb, agar potensio dapat terlihat. Agak ribet mas he..he..

      Delete
    3. Sorry ketingalan he..he.. Untuk out headphone bisa konek ke pa mas. Tapi pasang Resistor 10K dulu sebelum masuk PA mas.

      Delete
    4. Terima kasih mas atas informasinya yang sangat jelas dan membantu sekali. Sukses dan sehat selalu mas...

      Delete
  30. Assalaamu'alaikum Mas. Tau perbedaan pcb mixer behringer warna biru dan kuning. Apa ada hubungannya dgn keaslian produk tsb?

    ReplyDelete
  31. Met pgi,, mau tanya lgi ni mas,, skema di atas output nya mono ya mas, trus klau mau msuk ken tone yg stereo gimana mas...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cabang saja output pre amp micnya pakai Resistor 10K. Jadi pakai 2 R 10K, jadikan satu salah satu ujung kedua Resistornya, kemudian konek ke output pre amp mic. Dua ujung R yang lain sebagai out L dan R.

      Delete
  32. Mas kalo outnya dihubungkan langsung ke sepeker bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa mas. Kalau mau supaya bisa dihubungkan ke speaker, maka tambahkan power amplifier kecil, misal power ic TDA2003 atau power yang lain.

      Jadi koneksinya adalah MIC-Pre Amp Mic-Power-Speaker.

      Delete
  33. Kalo out rangkaian diatas disambung ke input ampli bisa mas

    ReplyDelete
  34. Mas mau nanyalagi kalo rangkaian diatas pake mic yang ada di heandset bisa ga

    ReplyDelete
  35. Apa betul DTK digital echo gk usa pakai pre amp lagi mas....? (edisi kebingungan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul mas. Gak perlu pakai pre amp lagi. Karena dalam echo DTK tersebut sudah ada rangkaian pre ampnya. Jadi bisa langsung konek ke mic.

      Delete
  36. maaf mas sebenarnya pake kit mixer roland/ penguat mic roland apa masih perlu rangkaian pre amp mic DTK lagi? Apa bisa langsung colok mic tanpa echo DTK.. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, cuma nanti gak ada efek echonya. Jadi suaranya polos. Kalau pakai echo DTK, maka suara akan lebih peka, karena ada preampnya dan ada efek echonya.

      Tapi tanpa echo DTK pun bisa bunyi kok mas, tapi ya itu tadi, suaranya polos he..he..

      Delete
  37. Iya mas makasih, ini rencana mau saya pasang efek reverb tanpa echo DTK. gimana menurut mas...? Apa pake echo DTK aja tanpa reverb...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terserah Anda mau pakai apa, salah satu saja he..he..

      Kalau echo DTK efek suaranya mantul.

      Kalau Reverb efek suaranya menggema seperti dalam gedung.

      Kalau Anda rencana pakai Reverb, maka echo DTK bisa dilepas. Yang penting salah satu saja, jangan keduanya he..he..

      Delete
  38. Iya makasih banget mas atas saranya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas sama-sama. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini.

      Delete
  39. Mas bahar saya mautanya cara paralel mic gmna
    apa harus pake rangkaian lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagusnya sih pakai rangkaian lagi, karena suara tidak akan drop dan pengaruh dengan mic lain.

      Tapi Anda juga bisa kok memparalel cukup dengan satu rangkaian. Dengan cara membagi 2 inputnya pakai Resistor 2K2. Tapi kelemahan adalah suara akan sedikit drop ketika mic 2 ditancapkan.

      Delete
  40. Pak, mau tanya kalau transistor nya itu di buat tip122 yg NPN bisa ? Apa semua tr NPN bisa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya gak bisa. Karena tr TIP122 itu jenis transistor Darlington. Yang bisa cuma transistor NPN biasa.

      Ya semua transistor NPN biasa bisa. Misal tr C945, C1815, C536, C458, dll.

      Delete
  41. mas bahar apa kit preamp mic bisa langsung di konek dg efek tanpa TC.krn mixer saya builup cmn 2 chanel dan kebutuhan 4 s/d 6 chanel. gimana menurut maz

    ReplyDelete
  42. Bang kalo tr-nya pake c829 bisa kagak bang?

    ReplyDelete
  43. bang kalau suply pakai batrai AA komponen apa yang harus di ganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba perkecil nilai resistansi R3 dan R4.

      R3 ganti pakai R 2K2.
      R4 ganti pakai R 330 ohm.

      Jika masih belum bunyi, nilai R bisa diperkecil lagi.

      Delete
    2. r3 saya ganti 2k2
      r4 saya ganti 270 ohm
      kok suara agak sember
      ada solsi?
      saya pakai tr c945

      Delete
    3. R3 harus pakai R 5K6 dan R4 harus pakai R 560 ohm.

      Karena itu adalah jalur supply tegangan ke transistor, sekaligus berhubungan langsung dengan output. Jika nilai R diganti lebih kecil, maka tegangan akan terlalu over ke tr, sehingga menggangu output.

      Jika suara masih sember, coba lepas komponen C2, atau ganti C2 dengan milar 100nf atau 104. Tegangan harus Cukup 12v.

      Untuk mic dinamic, lepas R1.

      Delete
    4. Mohon maaf untuk supply tegangan minimal 5v. Kalau dibawah itu gak bisa. Standard tegangan 12v.

      Delete
  44. askum
    di psng d input tc bs gk om,trs inputnya untuk hp karena input lemah trs input nya klo stereo gmn

    ap rangkaian ini sm dgn master mixer,apa master mixer bisa dipakai untuk preamp diinput mic/hp

    kmrn blom jadi bli parametrik karena blom tau bs gk ky milik tmen boknya ky gini om,kmungkinan tc / parametrik tp letak bas,trbl,beda

    https://m.bukalapak.com/p/elektronik/elektronik-lainnya/nlsn9-jual-box-power-amplifier-bostec-bc-201-kuat-dan-berkualitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Rangkaian preamp mic 1 tr ini bisa dipasang di input tone control, sebagai penguat sinyal input TC. Penggunaan rangkaian preamp mic ini sebenarnya diperuntukkan untuk mic, bukan untuk line in dari hp. Tapi bisa juga digunakan untuk menguatkan sinyal suara hp sebelum masuk tone control. Mungkin butuh penyesuaian input preamp mic saja, agar suara yang dihasilkan bisa sempurna dan gak pecah. Kalau inputnya stereo, maka butuh dua rangkaian preamp mic ini mas.

      Beda mas. Rangkaian preamp mic ini tidak sama fungsinya dengan master mixer. Master mixer bisa dipakai untuk mic dan menguatkan sinyal suara hp.

      Ya itu tone control parametrik mas. Beda dengan mixer parametrik.

      Delete
  45. askum
    om tolong minta link gmbr parametrik dan mixer parametrik br klo bli gk bingung

    om klo pasang milar di in power di paralel dgn r input ukuranya range brp,dan bs tambah bas gk,aman gk

    apa bener bas boster pakai milar & r itu,ukuranya brp om dan cara conect yg bener gimana ky dilink

    https://m.youtube.com/watch?v=ljV8xaluC20&fulldescription=1&client=mv-google&hl=id&gl=ID

    serta buat post nyambung soket mic ke power,dan jek ke mic,biar lengkap blognya y om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk parametrik banyak mas dijual dipasaran, contohnya TC parametrik macintosh. Untuk mixer parametrik memang belum ada, karena itu bikinan sendiri.

      Setelah saya lihat videonya, itu sebenarnya sama saja dengan merubah Resistor gain power. Dengan menambahkan milar dan resistor, maka gain bertambah dan highnya karena milar tersebut.

      Kalau saya tidak suka dengan modifikasi seperti itu. Karena bisa menyebabkan suara dan treble pecah pada saat dipasang aksesoris. Tapi beda selera juga sih he..he..

      He..he.. ya mas, waktunya saja yang belum siap.

      Delete
  46. om jamper saklar di turbobas gmn
    saklarnya kan rusak trs mu di jamper aja biar lngsng konek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dilihat posisi saklarnya mas. Posisi tombol saklar menghadap kita, maka jalur yang dijumper adalah kaki tengah dan depan.

      Ada 6 kaki saklarnya. Kaki tengahnya ada 2, dan kaki depannya ada 2.

      Jadi yang dikonek kaki tengah dan kaki depan samping kiri dan samping kanan.

      Delete
  47. askum
    cara nentuin + - mic dinamic di headset gmn ada dua kbl yg 1 dicbang bnyk kmkn gnd dan yg 1 sndri kemungkinan + kbl hitan ke22nya ,headset cros bukan opo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Kemungkinan ya seperti itu mas. Masalahnya saya belum pernah bongkar he..he..

      Tapi kalau dilihat tanda kabelnya, kebanyakan kalau ground itu kabelnya serabut banyak. Dan + itu kabel sendiri dan biasanya dibungkus oleh kabel gnd.

      Delete
  48. Ada dua cara mas.
    1. Pertama yaitu dengan menurunkan penguatan gain pada input mixer. Cuma cara ini akan mengurangi tingkat kepekaan suara dari mic wireles.

    2. Menggunakan alat atau rangkaian untuk mengurangi feedback. Ada macam alat yang bisa mengurangi feedback. Diantaranya Feedback destroyer, Compressor, Noise reduction, dll. Fungsi alat ini adalah menurunkan tingkat gain atau bahkan menutup total volume pada saat tidak ada suara masuk.

    Jadi proses terjadinya feedback biasanya terjadi pada sela-sela bicara. Pada saat tidak ada suara masuk atau pada saat diam, maka timbulah feeback. Nah dengan dipasangnya alat anti feedback, pada saat tidak ada suara, maka otomatis out akan nol, dan kembali aktif kembali pada saat bicara.

    ReplyDelete
  49. Mas ko saya coba,tapi gada suaranya hanya dengung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada kesalahan koneksi, atau komponen. Coba cek lagi titik koneksinya.

      Delete
  50. mas bahar klo preamp mic di pasang echo jalurnya dr out mic masuk in echo dan out echo masuk out t.control ya maz.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo out echo masuk in t.control bisa gak mas. maturswon

      Delete
    2. Ya betul seperti itu caranya. Ada 2 cara:

      1. Out mic masuk in echo dan out echo masuk out tone control. Cara ini mic gak bisa disetel bass treblenya. Enaknya musik bisa lewat tc dan di mix dengan mic.

      2. Out mic masuk in echo dan out echo masuk in tone control. Cara ini mic bisa diatur bass treblenya, karena lewat tc. Tapi in tc harus dibagi dulu dengan musik. Agar bisa dicampur suara mic dan musik jadi satu, baru masuk in Tc.

      Out echo masuk in tc bisa mas. Cuma kalau dicampur dengan musik, harus dibagi dulu in tc nya.

      Delete
  51. Mas saya kan baru membuat efek gitar tapi suaranya pelan, apakah dari gitar out gitar lalu masuk ke pre amp baru masuk input efek? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas. Untuk masalah suara pelan bisa juga mungkin disebabkan rangkaian efek gitarnya tidak dilengkapi penguat atau pre amp. Ya betul, silahkan coba menambahkan pre amp pada out gitar sebelum masuk efek gitar.

      Delete
  52. Mas tolong bikinin jalur layout nya dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai pcb lubang saja mas, bisa kok. Karena rangkaiannya sederhana, dan tanpa perlu di layout. Tapi jika ada waktu akan coba saya tambahkan untuk layoutnya.

      Delete
  53. Assalamualaikum kang bahar, ijin bertanya kang, c2 itu mksdnya dihubungkan ke ground kah? Lalu bagian out dihubungkan ke ground dan yg satunya lagi dihubungkan kemana kang?

    Satu pertanyaan lagi kang, apakah bisa menyatukan 2 source audio (misal. Audio hp dan gitar) disatukan dalam 1 amplifier, apakah ada rangkaian nya kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul, C2 bagian negatif terhuhung ke ground. Dihubungkan ke tegangan negatif atau ground psu.

      Bisa, dengan cara menggunakan rangkaian mixer. Belum ada.

      Delete
  54. Bisa, cuma kurang maksimal. Karena fungsi audio prosessor beda dengan compressor. Audio prosessor hanya bisa membalik phase sinyal suara, bukan meredam atau mengkompres suara. Jika pakai audio prosessor, maka yang diturunkan adalah dibagian high dan middlenya. Kalau perlu setting juga phasenya.

    ReplyDelete
  55. Tr bisa rubah pke tr npn yg lain misal(bd139,tip31/41 dll, yg sejnis npn)stok itu aj, sama ksih echo itu apa hrus ic gk ada tr yg lain kah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai tr NPN lain mas, misal C945, C828, C1815, C458, atau lainnya, yang penting TR NPN. Jika ditambah echo terserah mau pakai echo ic atau TR.

      Delete
  56. Gimana nambah echo tr?,ap yg tr npn yg lain bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk echo bisa ditambahkan setelah pre amp mic. Jadi pre amp mic masuk ke echo. Untuk transistor pre amp mic bisa diganti pakai tr NPN tipe lain, misal C828, C945, C1815, C458, C536 atau tr NPN lainnya.

      Delete
  57. Bang mau nanya, kalo tr nya diganti c829 gimana ya? Kurang lebih posisi kakinya sama kayak yg c828 juga sama npn nya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transistor C828 dengan C829 itu sama mas. Kemungkinan hasilnya juga tidak akan beda jauh. Kalau dulu tr C829 itu digunakan untuk rangkaian oscillator pemancar FM, itu lebih bagus daripada C828. Tapi itu dulu untuk pemancar FM. Kalau untuk audio menurut saya tidak jauh beda hasilnya

      Delete
    2. Oh makasih infonya
      Ada yg lupa ditanyain, kalo input mic nya lebih dari satu nggak papa ya? Biar rangkaiannya nggak banyak banyak

      Delete
    3. Untuk rangkaian ini lebih baik 1 pre amp untuk satu mic, agar suara bisa stabil dan bisa diatur per mic. Karena kalau satu pre amp mic digunakan untuk lebih dari 1 mic, maka hasil suara akan turun, karena dibagi dua.

      Jika ingin terpaksa ingin membagi dua inputnya juga gak masalah, dengan resiko hasil suara akan turun/pelan sedikit. Dengan cara menggunakan 2 resistor 2K2 yang dicabang ke input pre amp micnya untuk 2 mic. Semakin banyak mic yang diparalel, maka suara akan tambah turun/pelan.

      Delete
    4. Maaf tanya lagi, sudah buat preamp nya tapi nggak bunyi cuman dengung aja, apa nilai resistornya dikecilin ya?

      Delete
    5. Jika menggunakan mic dinamic, maka lepas R1 = 10K. Pastikan pemasangan transistor gak kebalik B C E nya. Pastikan nilai resistor yang dipasang benar.

      Delete
    6. Semua sudah sesuai petunjuk sama komponennya juga sudah sesuai skema dgn mengecualikan r1, kaki tr-nya yg c829 juga kurang lebih sama kan sama yg c828? Buat tegangan sendiri sekitar 9v (travo cabutan dari elektronik bekas), apa mungkin preamp nya nggak bisa pake tone control pasif atau ada hal lain?

      Delete
    7. Harusnya sih gak masalah pakai TC pasif. Tapi coba saja dulu pre amp mic tanpa TC pasif, bisa bunyi gak.

      Delete
  58. Terima kasih mas bahar saya dapet pencerahan dari sini, sebelumnya saya sudah bikin preamp mic pake skema dari blog sebelah namun skema dari blog sebelah tidak ada VR pada skemanya jadi saya inisiatif sendiri pasang VR dimana pemasangannya sebelum in mic dan setelah liat disini ternyata keliru, mustinya VR dipasang pada out preamp yah, thanks mas wkwk

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led