Cara Penyambungan PCB Power Safari 400W

Ada komentar blog yang bertanya, bagaimana cara penyambungan pcb power safari 400 watt? Pcb power 400 watt disini yang model lama. Yang mana pada koneksi transistor final dipisah dan pada pcb driver hanya diberi kode koneksi untuk penyambungan ke tr finalnya. Biasanya tertulis pada pcb driver adalah A_B_Gnd_(+)_Gnd_(-)_C. Nah kode huruf tersebut kadang sedikit membingungkan bagi yang masih awam dalam merakit power safari ini.

Memang ada jenis pcb driver power safari 400w yang sudah dilengkapi koneksi ke tr finalnya. Jadi enak tinggal pasang langsung pada pcb tanpa koneksi kabel. Tapi jenis pcb power safari keluaran awal atau pertama, tidak disertai tempat untuk tr finalnya. Sehingga pemasangan tr final terpisah dengan pcb driver. Dan untuk penyambungannya dibutuhkan koneksi kabel dari pcb driver ke tr final. Keuntungan dari pcb ini adalah kita bisa bebas memparalel tr final dalam jumlah banyak tanpa repot memikirkan pcb, jadi lebih gampang dan praktis sebenarnya. Tapi kendalanya adalah kita harus menggunakan kabel untuk koneksinya dan penyambungan dari pcb driver ke tr final kadang juga membingungkan.

Supaya lebih jelas, maka saya buatkan gambar diagram pengkabelan dari pcb driver ke tr final, agar dapat membantu anda dalam merakit power safari 400 watt ini. Karena saya cari di internet belum ada yang membahas masalah ini, jadi harapan saya dapat membantu anda dalam merakitnya. Untuk gambar skema bisa anda lihat disini.

Berikut adalah gambar diagram penyambungan pcb power safari 400 w. Maaf untuk polaritas out speaker pada gambar posisinya terbalik. Yang benar adalah B adalah (+) speaker, kemudian (0) adalah minus speaker. Jangan sampai keliru ya sob he..he... Gambar sudah saya koreksi.

Biar lebih jelas dan lengkap berikut saya sertakan pula gambar pcb power safari 400 watt, untuk dicocokkan dengan koneksi gambar diagram diatas.

UPDATE!
Banyak yang bertanya lewat g+ dan koment blog, cara paralel tr finalnya bagaimana mas? Dan alhamdulilah artikel cara paralel tr final power safari 400w sudah selesai saya buat. Meskipun sudah sangat lama sekali baru terbit artikelnya. Semoga mendapat pencerahan dari gambar koneksi paralel tr final power 400w ini. Untuk posting artikelnya bisa Anda baca disini.

UPDATE!
Ada pertanyaan masuk lewat komentar blog, menanyakan bagaimana cara pasang tr final pada pcb power safari 400w versi jumbo? Ada banyak macam versi pcb power safari 400w salah satunya adalah yang versi jumbo. Sebenarnya sama saja dengan pcb power safari yang lain, cuma yang ini ada perbedaan di posisi peletakan komponennya saja. Berikut gambar cara pasang tr final pada pcb power safari versi jumbo.


Anda bisa melihat gambar koneksi pcb diatas, ada beberapa titik point yang yang harus dikonek ke jalur tr final, jalur supply tegangan dan jalur out speaker. Berikut fungsi titik point pada pcb tersebut.

  • To B.NPN= adalah jalur yang menuju kaki basis transistor final NPN atau kaki basis sanken 2SC2922. Anda juga bisa menggunakan tr Toshiba C5200.
  • To B.PNP= adalah jalur yang menuju kaki basis transistor final PNP atau kaki basis sanken 2SA1216. Anda juga bisa menggunakan tr Toshiba A1943.
  • SP= adalah jalur yang menuju kaki emitor tr final NPN dan PNP setelah melewati Resistor kapur. Jalur SP ini juga sebagai jalur out (+) speaker.
  • SP GND= adalah jalur ground speaker atau jalur out (-) speaker.
  • (+)= adalah jalur supply tegangan positif (+) dan juga jalur yang menuju ke kaki Colektor tr final NPN atau menuju kaki colektor tr sanken 2SC2922.
  • (-)= adalah jalur supply tegangan negatif (-) dan juga jalur yang menuju ke kaki colektor tr final PNP atau menuju kaki colektor tr sanken 2SA1216.
  • (CT)= adalah jalur yang menuju CT elco supply atau Ground. 

Terima kasih atas masukan dan pertanyaan dari rekan-rekan semua, sehingga bisa melengkapi gambar posting di blog ini. Agar bisa membantu rekan-rekan lainnya yang ingin merakit sendiri power safari 400w ini, dengan berbagai macam model pcb power safari 400w yang ada. Semoga dengan adanya gambar diagram diatas anda dapat merakit sendiri power safari 400w dengan mudah dan benar. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. terima kasih mas pnjelasannya?

    kalau pakai tr sanken A1216 dan pasangannya dtaruh 32 ct -32 travo belt murni brani gak?

    klau tr nya hrga 40 rb an per set

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berani mas. Harga 40 rb an itu bagus mas, kuat dengan tegangan 32v-ct-32v dari trafo. Asalkan jangan pakai tr final yang abal-abal ya, harga sekitar 12 rb an, gampang jebol he..he..

      Delete
  2. trma kasih lg

    mau tnya lgi di kit ampli itu ada tlisan +32v 0 -32v

    yang saya maksud 32v itu dari travo atau keluaran dari elco

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu maksudnya tegangan keluaran dari elco. Tapi sebenarnya anda pakai tegangan 32v-ct-32v dari trafo masih mampu mas, meskipun jika tegangan dicek dikeluaran elco akan lebih dari 32v. Jika ingin performa maksimal, maka gunakan tegangan 32v-ct-32v dari trafo, meskipun tegangan keluaran dari elco lebih besar dari 32v. Atau gunakan tegangan 25v-ct-25v dari trafo untuk mendapatkan tegangan 32v-ct-32v di keluaran elco, tapi performa biasa, belum maksimal. Itu menurut saya mas.

      Delete
  3. trma kasih mas smoga dilancarkan rezekinya amiiiinnn

    klau ada prtanyaan aku tnya lgi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini.

      Delete
  4. mas kalau min speaker dtaruh di ground dpan bisa?

    apa harus dtaruh 0

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Asalkan di ground/ct. Tapi lebih baik di 0 atau ground pcb atau lebih baik lagi konek ke ct pada elco besar. Supaya dapat ground paling baik, gunakan ground/ct pada elco besar untuk minus speaker. Cuma supaya tidak rumit pengkabelannya dan mudah bisa di konek di pcb saja.

      Delete
  5. terima kasih mas jangan bosan ya mklum saya masih 0

    ReplyDelete
  6. mas posting dong cara membuat box speaker bagi pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya saya ingin membuat posting tentang hal ini, tapi terbentur waktu. Karena harus melalui tahap uji coba dulu, hasilnya bagaimana? Baru di posting.

      Delete
  7. ditunggu gan yang lngkap ya? hehe mklum pemula audio

    ReplyDelete
  8. cara modifikasi safari diatas gimana mas? agar suara mntap

    klau R 10/5 watt diganti dgn 0.22/5watt efeknya apa?

    trma ksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada efek apa-apa mas. Menurut saya nilai resistansi 0,5 ohm dan 0,22 ohm tidak beda jauh, jadi tidak terasa perbedaannya. Ada yang bilang jika diganti R 0,22/5w hasilnya lebih mantap. Menurut saya gak ada bedanya. Bahkan saya pernah membaypass tanpa R pun, hasilnya tetap sama.

      Delete
  9. wah brarti bohong dong di blog lain.

    klau dimodif apa saja yang diganti? suaranya biar jedug jedug

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak mengatakan demikian. Itu adalah hasil percobaan saya sendiri. Mungkin rekan yang lain ada perbedaan, suara tambah mantap, itu hasil percobaan mereka. Kalau saya pribadi, akan saya lakukan test lagi, apakah hasilnya benar? Untuk PA, menurut saya tidak perlu dirubah/dimodif. Paling yang dirubah tr finalnya. Untuk komponen driver tetap. Agar suara jedug-jedug tinggal main di mixer dan pengatur suaranya. Bisa ditambah kit rangkaian yang lain, misal parametrik, equaliser, turbo bass atau lainnya.

      Delete
    2. Pengalaman saya mas Bahar.. sebaiknya tetap tidak dirubah untuk Resistor. Semisal yang di pcb tertera 0.5ohm tetap digunakan 0.5ohm.. kalo gak ada pakai yang 0.47 ohm. Kalau dilangsungkan pernah. Memang suara lebih jedag jedug akan tetapi transistor jengkolan jadi gampang rusak.. saya rasa gak rekomendasi kalo gak pake Resistor.. karna Resistor sebagai pengaman juga... demikian pengalaman saya mas Bahar.. Salam kenal... hehehe..

      Delete
    3. Salam kenal juga mas hasan. Terima kasih mas atas masukannnya. Benar sekali apa yang disampaikan, resistor kapur 0,5 ohm/5w juga berfungsi sebagai pengaman tr final. Semoga dapat bermanfaat bagi rekan-rekan yang lain.

      Delete
  10. sdah saya pasang equalizer ttp gak bisa jedug. apa harus ditambah mixer jg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin dari speakernya yang kurang mantap mas?

      Delete
    2. Coba Mas pake Speaker merk Audax Subwoofer.. ukuran 10 in" 150Watt pure. Dulu itu satu subwoofer sekitar 560 rebu... kalo sekarang mungkin udah naik harganya..

      Delete
    3. Mantap itu mas. Pemilihan jenis speaker yang tepat akan menghasilkan suara yang mantap. Tapi juga disesuaikan dengan kemampuan kantong kita he..he..

      Delete
  11. mungkin. krna pkai curve sama canon

    apa mungkin pngaruhnya saya seri mas speakernya jadi suaranya mendem gak bisa los

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karakter speaker Curve/Canon memang seperti itu, kurang maksimal jika digeber volume tinggi, suara akan pecah dan bass sember. Tapi untuk keperluan di rumah dengan level volume rendah, speaker Curve/Canon masih mampu. Coba saja di paralel, menurut saya hasilnya suara akan lebih keluar. Tapi ingat karakter speaker tidak bisa di rubah. Speaker murah dan mahal, jelas beda hasil suaranya.

      Delete
  12. kalau diparalel gak kasian tu amplinya main 4 ohm mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu untuk ngakali saja, supaya suara lebih keluar. Jika dipakai di rumah, Untuk PA masih mampu untuk beban 4 ohm.

      Delete
  13. terima kasih ilmunya bermanfaat banget buat saya

    ReplyDelete
  14. mau tanya lg mas hehe

    kalau urutan input (dvd/mp3) - crossofer - ampli 1 dan 2(saya mempunyai 2 ampli) itu bunyi gak mas tanpa mixer?

    krna harga mixer memang waw? klau pkai mixer yang murah brp an?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Urutan sudah benar. Untuk ampli 1 dan 2 input bisa di paralel. Harga mixer lokal/cina gak sampai 1 jt sudah dapat 8-10 chanel. Kalau mau murah, bisa rakit sendiri, harga kit mixer sekitar 50rb per chanel.

      Delete
  15. per chanel ada 8 potensio itu mas?

    cara rakitnya blm bsa saya cari di google blm ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kit mixer ada yang 6 pot, 7 pot, 8 pot. Pilih salah satu. Perbedaannya pada fungsi potensionya. Yang paling sederhana gunakan yang 6 pot, yang terdiri dari VOLUME, BASS, MIDLE, TREBLE, EFFECT, BALANCE. Gunakan kit mixer dengan komposisi diatas mas biar mudah. Untuk cara merakit mixer kalau ada waktu akan saya posting. Atau beli mixer jadi saja mas tinggal pakai.

      Delete
  16. tunggu postingnya mas

    klau mixer jadi daerah sini mahal

    ReplyDelete
  17. mas mau tanya lg(((jangan bosan bosan ya hehehe)))

    saya beli 3 kit mixer 8 pot

    cara pnyambungannya gmna? apa diparalel trus outnya ke crossofer gtu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya posting cara penyambungan mixernya mas. Berikut linknya http://bahar-electronic.blogspot.co.id/2016/10/cara-merakit-mixer-audio-sound-system.html

      Delete
  18. trma kasih bnyak sangat bermanfaat bagi saya doakan semoga lancar segalanya

    aminn

    ReplyDelete
  19. salam kenal kang bahar.. mau tanya kang.. kalau POWER SAFARI 400 W. gimana cara mem BTL nya.(yg pakai R). trs berapa vcc yg disarankan, untuk trafo 20-40A.. Biar aman.. MATUR SUWON

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum sempat untuk posting power safari btl. Anda bisa pelajari di sini http://bahar-electronic.blogspot.com/2016/07/cara-btl-power-amplifier.html?m=1

      Delete
  20. mas tanya tr final thosiba kuat brp v?
    saya pakai 1 set tr final thosiba elco 10 rb × 2 dengan driver 3 tingkat
    trma ksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tr thosiba yang tipe berapa mas? Kalau toshiba 2SC5200 dan 2SA1943 maksimal tegangan 32v-ct-32v dari trafo. Jangan lebih.

      Delete
  21. spek diatas apakah elconya kurang mas?
    dgn ngangkat 12×2 wofer

    ReplyDelete
  22. apa bisa menambah elco dgn berbeda ukuran? klau bisa harus mnambah apa?

    maaf bnyak tnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Syarat jika ingin menambah elco adalah voltase elco harus sama, untuk kapasitas beda mikrofarad gak masalah.
      Tidak perlu menambah komponen lagi, tinggal paralel saja elconya. Ingat voltase elco harus sama.

      Delete
  23. kalau berbeda pngaruh gak mas cth saya memakai tgangan travo 32 dgn mmakai elco 10 rb 63 v × 2 trus 6800 50 v ×4 apa bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk elco diatas bisa mas, karena beda voltasenya lebih tinggi sedikit gak masalah. Jika lebih kecil voltasenya, itu yang gak boleh. Misal satunya 50v dan elco satunya 25v, nah ini yang gak boleh mas.

      Delete
  24. di travo 10 ampere palsu gak ada tegangan 32 adanya 20,25,35,sama 45 klau ngambil 35 brani gak mas untuk tr thosiba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak berani kalau pakai tegangan 35v, nanti ketemunya bisa sampai 45v lebih setelah disearahkan. Lebih aman pakai 25v saja mas. Kalau pakai sanken, berani mas.

      Delete
  25. fungsi elco sendiri apa mas? apa cuma untuk mnghentakan bass saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fungsi elco supply adalah untuk meratakan tegangan DC yang sudah disearahkan oleh diode. Selain meratakan tegangan DC, elco juga berfungsi sebagai penyimpan muatan tegangan, sehingga semakin besar kapasitas elco yang dipasang, maka akan semakin kuat dan stabil untuk mensupply power amplifier. Sehingga akan berpengaruh terhadap kualitas suara yang dihasilkan, terutama pada nada bass, akan terdengar lebih bulat, tidak pecah. Dibanding menggunakan elco supply kecil, yang cenderung drop pada saat dihentak nada bass.

      Delete
  26. mas klau masang mic langsung ke input atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah pakai kit mixer, langsung colok ke input mixer.

      Delete
  27. gak ada mas prtama ampli gak ada microphone nya trus saya dsuruh masang

    saya belikan pnguat mic(bkan mixer mas) plus soket trus yg saya tnyakan out penguat mic enaknya lngsung ke input ampli atau tc dlu baru ampli?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau langsung ke power, suara mic akan polos gak ada bass treblenya. Harusnya lewat tone control dulu, tapi jika lewat tone control, input tone control harus dibagi dulu dengan input line in. Kalau langsung dikonek tanpa dibagi dulu, maka line in input akan kalah/kecil.

      Delete
  28. Replies
    1. Input tone control (L) dikasih 2 R 2K2 yang salah satu kakinya digabung jadi satu, gabungan kedua kaki R tadi konek ke input L, kaki R yang tidak digabung, satu konek ke out preamp dan satu konek ke line in. Untuk yg jalur R sama saja.

      Delete
  29. mas Bahar saya mau nanya nih..
    kalau transistor driver tip31-32 di power safari bisa di ganti nggak dengan transistor thosiba 2SC5198 dan 2SA1941..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wooww mantap mas. Malah lebih kuat.

      Delete
    2. kira" ada resiko'y nggak yah mas..

      Delete
    3. Gak ada resiko, asalkan masangnya benar. Saya juga pernah mengganti tr driver power safari dengan TIP3055/2955, karena tr driver sering jebol, akhirnya saya ganti tr tersebut, dari tr TIP31/32 saya ganti tr TIP3055/2955, aman gak jebol lagi, cuma kekurangannya body tr besar. Saya rasa gak masalah.

      Delete
    4. kira" ada resiko'y nggak yah mas..

      Delete
    5. saya kan punya power safari stereo..yang di chanel L saya pakai transistor thosiba c5200 dan pasangan'y..
      sedangkan di chanel R saya pakai sanken...
      setelah saya test ok sih gk ada masalah..cuma thosiba suara vokal lebih menonjol dan bass lebih lantang..
      sedangkan sanken vokal kaya di redam sama bass..soal'y bass lebih tebal ketimbang thosiba..
      yang saya mau tau lama kelamaan bisa merusak semua komponen di driver apa nggak..terima kasih

      Delete
    6. Woow mantap mas, membandingkan 2 karakter tr final sekaligus pada satu power stereo, pengalaman kayak gini yang perlu di share disini he..he.. Mantap. Tidak akan merusak komponen mas, hanya karena beda tr final. Meskipun dalam jangka waktu lama. Cuma ya itu tadi beda karaker saja mas.

      Delete
    7. owwhh gitu yah..
      terus supaya out put tidak mengeluarkan tegangan dc cara'y gimana yah mas..
      soal'y power saya gk ada speaker protektor dan settingan dc offset..

      Delete
    8. Coba pasang elco 1000uf/50v pada jalur masing-masing out + speaker. Tujuannya untuk memblok tegangan dc langsung ke spuk speaker. Nanti hasilnya bagaimana? Tolong dishare disini ya he..he.. Supaya bisa membantu rekan yang lain.

      Delete
    9. ok nanti saya coba...untuk jalur yang out - langsung ke CT elco gitu yah...

      Delete
    10. kalau pake 1000uf 50v...bass kurang nendang..semakin besar uf'y bass lebih empuk...
      tapi kalau power pertama kali di hidupkan daun speaker kaya mau lepas..bunyi duk gk keras sih cuma maju kedepan lebih menonjok...

      kalau transistor driver cepat panas penyebab'y apa ya mas..

      Delete
    11. Coba lepas tone control dari input power, kemudian nyalakan, apakah masih seperti itu?

      Delete
    12. kalau tanpa input gk panas sih...
      cuma kalau volume tinggi aja...takut nanti di geber kelamaan jadi rusak...

      Delete
    13. Kalau panasnya dalam tahap wajar, gak masalah. Tapi kalau kelewat panas, nah ini yg bahaya.

      Delete
    14. owwhh gitu..
      ok deh mas bahar sx lagi terima kasih udah mau membantu saya...
      semoga sukses selalu mas bahar..

      Delete
    15. mas bahar saya mau nanya nih...
      safari saya kan pake transistor final 3 set...
      trafo pake 10 amper..
      kalo saya pake speaker 12" satu biji tr final gk panas banget..
      ko kalo pake 2 biji tr final'y jadi panas banget..
      penyebab' y apa yah mas..
      dan apa yang harus saya perbaiki..terima kasih

      Delete
    16. Kok aneh mas. Harusnya gak panas, kalau hanya beban 2 speaker. Coba dihubung seri mas, kedua speaker tersebut.

      Delete
    17. gini mas..kata temenku bias'y kegedean..cara setting bias'y gimana yah...

      Delete
    18. Ya anehnya, kenapa panas terjadi kalau pakai 2 speaker? Kalau 1 speaker tidak. Kalau memang dari biasnya, harusnya pakai speaker 1 atau 2 pun hasilnya sama panas. Nah ini terjadi kalau pakai 2 speaker saja. Bias kegedean tahu darimana mas? Setahu saya, power safari tanpa disetting bias, hasilnya sudah bagus dan fix, gak perlu disetting lagi.

      Delete
    19. saya juga bingung...saya tanya gk di jawab..maka'y saya tanya sama mas bahar...
      setelah saya cek speaker..
      4 ohm 300 watt..kalo di seri suara'y kecil kalo di pararel tr final cepat panas..
      saya sudah tambah tr final jadi 4 set permono..
      atau mungkin rangakian driver gk mampu menyuplay arus ke tr final apa gimana yah mas...

      Delete
    20. Coba ganti kit drivernya mas. Kit driver manapun, untuk sanken berapa pun gak masalah. Jadi bukan karena kit drivernya yang gak mampu, tapi mungkin kit drivernya yang bermasalah. Coba ganti saja kit drivernya.

      Delete
    21. penyebab'y driver gk kuat..soal'y saya tes pake amplifier AIWA 300 watt..
      soal'y safari saya gk da tone control'y terus saya coba pasang out put aiwa ke input safari..saya naikan volume'y suara pecah" gk karuan gitu..
      terus kalo tr final panas sebelah penyebab' apa yah mas..dan cara memperbaiki'y gimana yah..

      Delete
    22. Kembali lagi setting biasnya gak imbang. Karena tr driver gak imbang. Selama ini rakit power safari, belum pernah menjumpai problem kayak itu mas. Semua normal dan panas seimbang.

      Delete
    23. dah jadi mas...gk kalah sama bluid up...saya tes pake 12" dua biji untuk satu chanel volume searah jam 10 dada sampe sesek rasa'y..itu baru pake hp belum ada tone control'y..
      salah satu transistor final ada yg sot jadi panas sebelah..soal'y di pararel jadi yg lain gk ikut sot..
      ok terima kasih mas bahar atas bantuan'y..

      Delete
  30. mas pnya skema power built up kuno mas dgn tr final npn semua klau ada share ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Kalau skema power built up gak punya saya mas he..he..

      Delete
  31. wah gk pnya ya mas
    itu senjata audio jman skrang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi saya pernah membaca, ada yang klaim bisa membuat power lokal rasa built up he..he.. Mantap itu kang. Siapkan dana lebih untuk membelinya, karena gak dikasih tuh bumbunya, jadi harus belu dulu he..he.. Harus kita hargai itu mas, jerih payah mereka bereksperimen untuk menghasilkan power yang bagus. Tidak cukup mengandalkan skema doang he..he..

      Delete
  32. ya mas saya prnah jg power built up tr npn semua pkai 5 a bsa nyundul 2x18" black spider

    hbat jg tu powernya

    ReplyDelete
  33. hehe msih drahasiakan sma masternya

    cma dbocorin tr nya bkas monitor komputer

    ReplyDelete
  34. haha tpi enak lo mas 5a merk big buat 18×2 itu mono
    klau main stereo travo ttap 5 a buat angkat 15×4 apa gak irit itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Irit sekali kang, sayang skemanya gak di share. Tapi saya maklum, memang itu hasil karya yang juga butuh pengorbanan he..he.. Semoga ada yang mau share skemanya dong disini he..he..

      Delete
  35. hehe itu skema power buil up kuno mas tr npn semua sistem direct katanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh istilah opo maneh iku mas, ora mudeng aku. Aku mung isoh tuku pcb dadi, rakit muni yo wes seneng he..he.. Biarlah menjadi rahasia selamanya ha..ha..

      Delete
  36. haha iki skema ku akeh tpi ra iso dishare nk blog

    ReplyDelete
  37. mas share carane gawe ampli teko pcb matrik ic seng pemula ben iso

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jarene duwe akeh pcb power kang he..he.. Sampeyan njalok power model opo? Tuku dadi akeh kang, lapo gawe dewe? Malah kesuwen gawene he..he..

      Delete
  38. tku dadi ra penak
    pnak gwe dewe iso modif sesuai selera

    ReplyDelete
  39. mas bahar mawu tanya klo PA safari 400 wat yang cocok pake sanken brpa set, dan trafonya brapa amper, dan elconya brpa biji dan brapa volt, dn speker nya brp inch dan brpa biji? mohon pencerahannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung budget mas. Minimum pakai 2 set sanken, trafo 10A tegangan 32v-ct-33v, elco 10000uf/50v 2biji. Mampu untuk speaker 4x12" dan 2x15". Yah itu yang pernah saya coba.

      Delete
  40. data sanken nya brapa mas? oh iya mas ini mono apa setreo mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Power pakai stereo mas, dengan 4 set sanken 2SA1216/2SC2922. Dua set untuk chanel R dan dua set untuk chanel L.

      Delete
  41. brarti klo dikasih dua set sanken percenelnya,otput chenel L dan R Masing2 mempunyai daya 400 wat ya mas? oh iya mas ini perchenelny bisa anngkat brpa spekar dan brpa inch? mohon pencerahanya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Per channel masih mampu untuk beban 2x12" dan 1x15".

      Delete
  42. brarti percenelya bsa angkat tiga buah speker ya mas? misalny satu box isi 2 12" dan satu box lagi isi 15" trus dipralel bgitu ya mas

    ReplyDelete
  43. Salam kenal mas

    Saya mau tanya..rencana mau rakit power dengan kit driver dari Apex tipe GM A5001 (belum transistor final) di pcb ada tertera A,B,GND,IN dan juga ada PRO itu maksud dan fungsinya apa mas ya?
    Mohon pencerahannya...matur suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih belum pernah buat kit rangakaian ini. Tapi saya lihat pcbnya, kemungkinan.

      A B berfungsi untuk BTL power.
      GND ground/ct
      IN ya untuk input
      PRO adalah protect untuk memproteksi speaker jika terjadi kerusakan pada PA, biasanya terhubung ke kit rangkaian speaker protektor.

      Jadi jika anda hanya menggunakan pcb ini saja, tanpa perlu BTL, tanpa perlu protektor, maka A B dan PRO tidak perlu dikonek. Pakai jalur IN dan GND saja.

      Delete
  44. Kalau boleh saya bisa minta WA nya mas bahar gak??? Biar saya bisa belajar banyak dari mas bahar...matur suwun..kalau boleh bisa kirim ke email saya h.santoso83@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan komentar di blog atau g+ saja. Insyaalloh kalau ada waktu akan saya jawab.

      Delete
    2. Matur swn mas bahar atas ilmunya...
      Mau nanya lagi itu rencana pakai 2 kit tersebut buat L dan R mas...apa penyambungannya seperti biasanya mas? Dari PSU ke kit A terus dari PSU ke kit B gitu mas? Apa antara kit A dan B perlu di sambung mas?
      Mohon petunjuknya....

      Delete
    3. O ya mas nambah lagi pertanyaannya....hehehe maklum awam di elektro....
      Itu kit belum transistor final...rencana pakai toshiba sa1943 dan pasangannya..lha untuk pasangnya apa sesuai petunjuk yg di pcbnya (kit A sa1943 (4)+sc5200 (4) dan kit B sama juga untuk masing2 kit atau kit A hanya pakai sa1943 (8 pcs) dan kit B hanya pakai sc5200 (8pcs)
      Matur suwun.....

      Delete
    4. 1. Pasangnya sama seperti pasang power pada umumnya. Dari PSU ke kit A dan kit B.

      2. Itukan satu pcb mono mas, jadi ya satu kit pcb pakai sesuai dengan tulisan yang ada di pcb, yaitu 4 pasang tr final. Jadi 4 pasang untuk channel R dan 4 pasang lagi untuk channel L. 4 pasang maksudnya 4 2SA1943 dan 4 2SC5200 per kit pcb. Jadi intinya pasang tr final seperti yang tertulis pada pcb, jangan dirubah.

      Delete
  45. Terima kasih mas....mantap tenan penjelasane....o ya mas minta bantuan cara merangkai power supply tambahan...untuk keperluan aksesoris power ( preamp,vu meter,kipas,dsb) biar gak mencuri PSU untuk drivernya mas....dan bahan opo ae seng di perlukan...matur suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak mau mencuri dari psu power, harus pakai trafo sendiri mas, tapi kan jadi gak praktis. Selama ini untuk keperluan aksesoris saya ambilkan dari tegangan extra trafo yang ada dibelakang trafo. Tinggal kasih diode dan elco, tapi untuk supply kipas kalau bisa sendirikan, karena jika digabung akan keluar distorsi magnet kipasnya. Atau gunakan kipas tegangan AC 220v.

      Delete
    2. O gitu ya mas....diodanya brp A dan elconya brp uF/V mas? Di rangkai seperti PSU buat power ta mas?

      Delete
    3. Tergantung tegangan extra trafonya engkel apa CT? Kalau ct dirangkai seperti supply power, menggunakan 4 diode 1A dan elco 2200uf/50v x2. Jika tegangan extranya engkel bisa anda baca disini
      http://bahar-electronic.blogspot.co.id/2016/11/cara-membuat-power-supply-simetris-dari.html?m=1

      Menggunakan 2 diode 1A dan elco 2200uf/50v x2.

      Delete
    4. Ok mas di coba ........matur suwun

      Delete
    5. Mas bahar itu kit (GM A5001) kan antara transistor final sc5200 sa1943 ada 3 transistor kecil....apa itu transistor juga harus pakai heatsink mas....kalau misal tidak pakai heatsink afa pengaruhnya gak?....

      Delete
    6. 3 tr kecil diantara tr final. Dua tr kecil kanan-kiri adalah tr driver dan tr kecil ditengah adalah tr bias. Menurut saya gak perlu di baut di pendingin/heatsink. Gak ada pengaruhnya. Tapi jika memungkinkan lebih baik dikasih pendingin, karena tr driver juga akan panas jika ada beban. Kalau dilihat dari desain pcbnya, memang ke tiga tr tersebut dibaut ke pendingin jadi satu dengan tr final. Jangan lupa pasang sekat mika isolator pada bodi ketiga tr kecil tersebut, usahakan ke tiga tr kecil tersebut nempel ke pendingin, tapi tidak konek ke pendingin, jika konek bisa konslet. Maka dari pada ribet, ketiga tr kecil tersebut biarin saja berdiri tanpa pendingin.

      Delete
    7. O ya mas,sesuai dengan penjelasan mas,kalau kit tsb (gma 5001) ada tulisa PRO..kata mas bahar itu untuk protector speaker ya....lha saya ada protector speaker BELL...di situ tertera ( L in,R in,R out,L out) CT..12 V..12 V...terus cara pemasangane piye mas dengan kit power di atas ( gma 5001)...matur suwun

      Delete
    8. Kalau sudah pakai kit protektor speaker, ya gak usah dikonek ke pin PRO power, karena kit speaker protektor sudah dilengkapi pengaman jika ada kerusakan pada power. Jadi pin PRO gak usah dikonek ke speaker protektor. Sebagai gantinya mungkin bisa dipasang lampu led pada pin PRO sebagai indikator protek power amplifier.

      Delete
    9. Maksudnya speker protec nya belum terpasang mas....rencananya mau di conect pada kit tersebut...lha aku gak ngerti carane mas....tolong di bantu mas......

      Delete
    10. Gak perlu dikonek mas, biarin saja, kan sudah ada kit protektornya, jadi gak perlu dikonek ke kit protektor lagi.

      Delete
    11. Itu kit apex belum ada protecnya mas bahar.....lha kebetulan ada protec Bell mau di pasang....lha iku masalah e aku gak eroh e carane......

      Delete
    12. O yo mas kalau pake kit apex tsb untuk spek power supply piye....trafo piro A..? Elco piro uF + jumlah e piro?

      Delete
    13. 1. Kit Speaker protektor Bell nya kan ada pin tegangan supplynya, silahkan konek ketegangan yang sesuai. Kemudian ada In L dan Out L, ada lagi In R dan Out R. Cara pasangnya.

      In L konek ke out power L, kemudian Out L konek ke speaker.

      In R konek ke out power R, kemudian out R konek ke speaker.

      Jika pada kit protektor tidak disertakan ground, maka semua ground speaker bisa di konek gound power atau CT elco.

      2. Tergantung kebutuhan mas. Standart minimal bisa pakai trafo 10A dengan tegangan 32v-ct-32v, elco 2x10000uf/50v. Diode kiprok 15A atau 20A.

      Delete
    14. Sudah di coba pasang seperti yang di maksudkan mas bahar....tapi tidak berfungsi ( suara tidak keluar mas) relay berfungsi dengan normal...piye mas bahar...apa mungkin harus pake protec keluaran apex juga mas? Soalnya yg aku bingung ada pin PRO di kit powernya....lha di kit protec Bell gak ada mas....

      Delete
    15. Mas sampean orang pacet.mojosari sebelah mana mas....aku wong Trawas...

      Delete
    16. Loh kok aneh. Prinsip kerja protektor hanya main kontak relay saja. Saya di jalan mojosari-pacet, desa Pesanggrahan, kec Kutorejo. Sebelah selatan balai desa pesanggrahan. Itu rumah orang tua saya, sekarang tinggal di Bangil, pasuruan. Cuma kadang pulang ke pesanggrahan, kalau pas liburan minggu.

      Delete
    17. Oooo gitu ya..
      Ini penjelasan dikit mas ya...
      0 trafo extra > ct protec
      12 v trf extr > 12 vac protec
      Sp out ampli > R in protec
      R out protec > R speaker
      Gitu mas......
      Ada yang salah gak?

      Delete
    18. Apa CT kit power di gabung juga masuk di CT protec mas.....?????

      Delete
    19. Ya betul. CT kit power gabung dengan CT kit protektor. Jadi harus konek kedua CT tersebut.

      Delete
    20. Berarti urutanya....
      (0 trafo extra + ct psu utama) > ct kit protec
      12 vac trafo extr > 12 vac kit protc
      R out kit power > R in kit protc
      R out kit protc > R loudspker
      Gitu ya mas bahar......

      Delete
    21. O ya mas sekalian tanya setelah kita selesai merakit sebuah power...hal apa sa yg perlu di tes/ ukur terutama dengan multitester baik analog/digital...dan berapa nilai yang semestinya....jadi sebelum di konek dengan sumber listrik kita yakin bahwa rakitan kita sdh siap....tolong di bantu mas ya

      Delete
    22. Misalkan tes tegangan psu nya,,arus dc nya,,,dsb.
      Gitu mas atau kalau boleh usul mas bahar posting tema tersebut mas ya...matursuwun

      Delete
    23. 1. Siipp. Betul mas.
      2. Pertama test tegangan supply (+ct-), apakah sudah benar dan keluar tegangannya? Berapa volt DCnya sebelum dikonek ke power? Hal ini untuk menentukan berapa volt DC yang akan kita supply ke power, tergantung tr finalnya. Kalau pakai jengkolan 3055/2955, jelas tidak mungkin kita supply dengan tegangan 42V DC. Jadi ini yang penting.
      3. Ya insyaalloh, kalau ada waktu akan saya buatkan postingannya.

      Delete
    24. Mas tetep gak bisa e protec e..ct kit power mash ambil dari ct elco mas....apa ct power ambil dari ct kit protec mas.?

      Delete
    25. Semua ct baik kit power dan protektor harus digabung jadi satu, kemudian konek ke ct elco supply. Jadi jangan dipisah antara ct kit power dan protektor.

      Delete
  46. Salam kenal mas, seandainya kit yiroshi dibuat 200w mono, gimana modifnya, n kira2 karakter suaranya apa msih dominan low, trimakasih sebelumnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tinggal pakai 1 set sanken saja mas, kalau mau dibuat out 200w. Karakter suara tetap dominan low, seperti aslinya. Gak perlu ada yang dirubah.

      Delete
    2. Untuk catu daya, lebih baik trafo ato smps mas, dan satu set sanken di kit yiroshi idealnya buth brp volt n ampere, trimakasih sebelumnya mas.

      Delete
    3. Dari segi kualitas tegangan bagus trafo, dan dari segi ke praktisan smps lebih praktis dan ringan. Yah itu terserah anda mau pakai trafo atau smps. Kalau saya pribadi lebih suka pakai trafo, karena lebih awet he..he.. Idealnya pakai tegangan 32v-ct-32v dari trafo. Pakai trafo 10A cukup.

      Delete
    4. Trimakasih bnyak mas atas penjelasannya...nuwun.

      Delete
  47. master, kalo tr nya pake jengkol tosiba 1set bisa ga ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tapi tegangan pakai tegangan 25v-ct-25v dari trafo

      Delete
  48. salam kenal mas

    saya mau tanya mas, suara ampliefier saya bunyi.nya cuman dengung apabila volume dibesarkan...kira" apa kerusakan nya ya...tolong di bantu mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Powernya pakai apa? Coba cek tr finalnya mas.

      Delete
  49. powernya 400 watt ..sudah saya cek mas gpp tr final.nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu rangkaiannya hanya pakai power saja atau ada tambahan aksesoris lain, misal tone control, mixer, atau parametrik? Coba nyalakan hanya power saja, input langsung ke power. Mungkin problem di aksesorisnya.

      Delete
  50. mas kalo saya punya 4 speaker 2 acr classik yang 2 acr pro . mau saya jadikan satu box . itu bagusnya pakai rangkaian seri atau gimana ... minta masukan dan gambar rangkaiannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 spk acr dihubung seri dulu, kemudian 2 spk acr pro dihubung seri juga. Nah dari masing-masing kedua spk yang sudah di seri tadi, kemudian dihubung paralel, menjadi satu input. Untuk gambar koneksi, silahkan koment di g+.

      Delete
  51. mlm mas, q punya mixer n parametrix trus speakerx ada 10 buah 4 yg 15" n 6 yg 12" tpi ada 2 boks yg doble speaker 12", bgusx mas smbung pararel atau seri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Yang 2 box dobel speaker, dalamnya dihubung seri. Untuk lainnya diparalel saja.

      Delete
  52. mas saya menggunakan power 150 watt,trafo 10amper ,tr final toshiba asli 4set suara enak didengar,bass juga nendang, tapi setelah diganti power safari 400 watt kenapa volume diangka jam 9 suara keprek-keprek ? mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Drivernya bermasalah mas. Balikin saja pakai driver power 150w. Atau pakai driver power lain.

      Delete
  53. mas mau nanya, saya udah ada kit sanken400wat, disitu cuman tertera 5dy 1set terus mau dtmbah 1set lgi gmn? sya pakai travo 10a biasa 32ct32 elco 2x10rb/80vdc sedangkan di kit itu rkapurnya 5w0.48ohm, harus dganti apa dbiarkn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal konek saja kaki B dengan B, kaki C dengan C, kaki E dengan E. R kapur dibiarkan saja.

      Delete
  54. mas, power 400 watt yang bagus itu mereknya apa ya ? mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang umum dan banyak dipasaran power safari 400w. Mungkin banyak merek, tapi desain sama.

      Delete
  55. Mas saya punya kit power 150 watt, di TR final ada tulisan seri jengkolan mj2955 dan 2n3055 , aku ganti dg TIP5200 toshiba tp kok gk mau bunyi y kit power itu baru beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin salah pasang atau kebalik tr finalnya. Tr 2SC5200 sebagai pengganti tr 2N3055, kemudian tr 2SA1493 sebagai pengganti tr MJ2955. Jadi bukan hanya pakai tr 2SC5200 saja, tapi pasangannya juga 2SA1943.

      Delete
  56. Mas saya punya driver safari stereo, per chanel( mono) ada transistor final 1set saja, apa bisa maksimal 400watt outputnya?

    ReplyDelete
  57. Salam Kenal ya Mas,Blog nya sangat membantu..
    saya mau tanya kalo power safari ini buat angkat subwoofer mobil. apakah aman?? oya ada rekomendasi power yang bagus gak? untuk angkat subwoofer mobil yang bagus untuk angkat subwoofer mobil dirumah.. makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara umum pakai power safari gak masalah. Tapi koneksi subwoofernya dirubah dulu ke 8 ohm, dengan cara dihubung seri kedua spulnya. Gak ada yang khusus pak, pakai power sembarang, dengan tambahan low filter aktif seperti kit subwoofer aktif yang banyak dipasaran.

      Delete
  58. Maaf saya tanya lagi,, berarti power safari ga boleh main di 4 ohm mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh saja mas. Cuma power rakitan itu memang impedansinya 8 ohm, beda dengan power mobil.

      Delete
  59. Untuk membAngun ampli 3 way, apa boleh tipe amplinya berbeda? Contohnya woofer pakai power safari 400watt, midle ocl 200watt, tweeter 150 watt? Atau harus sama semua powernya?

    ReplyDelete
  60. Terimakasih banyak mas bahar, saya mau tanya lagi, power safari stereo 400watt rencana saya pasang 2set sanken 2922 & 1216 per mononya, dicatu 32vac kuat ga mas? Apa ada komponen yg harus diganti?

    ReplyDelete
  61. Ikutan nanya mas kalau r2k2 input sampai terbakar masalahnya apa ya mas terus kira2 merembet ke komponen yg lain ngak mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok aneh. Jarang sekali R input sampai terbakar mas. Kecuali ada arus yang masuk ke input. Tapi jarang sekali saya menemukan kasus kayak itu. Jelas sasarannya adalah tr final.

      Delete
  62. Salam kenal mas, sy mau nanya mas kemaren saya merakit driver yirosi sy pake 2 set sanken dg catu daya 32 vol ct 5 ampr, yg saya tanyakan setelah dicoba suaranya kok serak pdi volume kecil,, mohon penjelasannya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah bukan dari speakernya ya? Suara serak pada volume kecil, selama tidak menggangu tidak masalah. Asalkan pada saat volume tinggi suara normal.

      Delete
    2. Mas mau nanyak kalo R kapur di transistor sanken 2 set R kapurnya 4 biji beda ukuran 0.22 omh sama 0.7 omh, apa boleh mas? Mohon penjelasane mas?

      Delete
    3. Kalau bisa usahakan sama nilai Resistornya. Jika anda pakai R 0,22 ohm, maka pakai R 0,22 ohm semua. Memang tidak terlalu pengaruh, tapi bisa menyebabkan tr final panasnya tidak imbang.

      Delete
    4. Mas mau nanyak lg,soalnya sy mau beli speaker tpi bingung pilihnya,,power 400 watt dikasih speaker audak 18inch 600watt apa enak mas suaranya?

      Delete
    5. Kalau powernya khusus buat speaker 18" mungkin masih kuat. Enak tidaknya tergantung pengaturan.

      Delete
  63. Assalamu alaikum mas Bahar.
    Pamit mw nanya mas.
    Safari 2kit mono. Sama dgn streo ya mas, maklum pemula mas,
    Trus klo pkek yg 2kit mono, gmana cara nyambungnya mas. Terimakasih.
    Rencana mw merakit PA kaya sound system lapangan itu mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 kit power mono dengan 1 power stereo itu sama mas. Bedanya cuma kalau power stereo itu, 2 power dijadikan satu dalam satu pcb. Jadi sama mas.

      Untuk koneksi 2 power mono, ya tinggal paralel saja untuk jalur supply (+)(-)(gnd). Kemudian input power jadi L R dan output power jadi L R. Untuk ground bisa disatukan jadi satu antara power 1 dan power 2.

      Delete
  64. Terimakasih banyak gan, sangat bermanfaat sekali bagi saya.!

    ReplyDelete
  65. Mas bisa minta bantuan nya, saya punya kit driver DTK 400 Watt, rencana saya mau up jadi 800 Watt , bagaimna skema transistor final nya mas? TR Sanken , and kira2 PA 800 Watt cocok apa gak untuk penggunaan outdor? Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Untuk cara paralel tr final, bisa anda baca disini mas.
      http://www.baharelectronic.com/2016/05/cara-paralel-transistor-final-power.html?m=1

      2. Untuk outdoor skala kecil masih mampu mas. Untuk ngangkat speaker 8x 12" dan 2x 15" masih mampu. Agar hasil maksimal gunakan minimal trafo 10A dengan tegangan CT 32v.

      Delete
    2. Trafo 10A CT32V lebih cocok pakai elco dan dioda yg brapa mas? Mkasih

      Delete
    3. Pakai dioda kiprok saja mas. Pakai kiprok 15A atau 20A dan elco pakai minimal 2x 10000uf/50v.

      Delete
  66. Sore mas, minta pendapatnya dong, driver DTK leopard PD1000S itu kira2 kualitasnya gmna yah? Apakah cocok untuk driver ampli watt besar kisaran 800 ato 1000 terima kasih, mohon saran dan masukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sih belum pernah coba untuk kit tersebut. Tapi kalau dilihat dari skema mirip dengan power ocl cuma ada modifikasi. Karakter flat dominan ke vokal. Kalau untuk power watt besar gak masalah, cuma gunakan selain untuk bass low, misal subwoofer, karena karakternya yang flat. Gunakan sebagai high, midle dan Low mid.

      Delete
  67. Mas bahar salam kenal, saya mau tanya power 400W sanken 1 set bisa gak buat angkat spr 15in 1biji.

    ReplyDelete
  68. Kang saya bikin power dan driver nya seperti di atas, trafo 20a ct 45, supply 47000uf/100v 2 biji buat supply 2 driver masing² 5 set sanken atas nya 5dy buat angkat LR 2 speakeran 12", apakah aman..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman mas. Cuma menurut saya powernya kegedean he..he.. Beban speaker bisa ditambah lagi mas, pakai speaker 2x 15" perchannel. Jadi 2x 15" untuk channel L dan 2x15" untuk channel R.

      Delete
  69. Tr final bisa pake 2 set toshiba gk? Trafo saya 10A 32v ct
    Trims

    ReplyDelete
  70. mas bahar postingan sampean selama ni seputar audio sound lapangan rumah oprek kit driver ya maz. kalo sound untuk corong saya rasa blm pernah ya. bole awak request kpn2 mas bahar mengorek orek audio corong untuk mushola atau masjid. komppnennya apa aja. acesoris pendukungnya apa aja pokokoke seputar ampli corong gimana mas. matur swon mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas, terima kasih atas pertanyaannya akan saya tampung.

      Sekilas tentang audio corong, Sebenarnya sama saja kok mas dengan audio rumahan. Cuma disini perlu kehati-hatian saja, jika ketemu dengan corong high impedansi dan low impedansi. Karena powernya juga beda. Nah disini sebenarnya sudah ada audio khusus yang digunakan untuk corong.

      Tapi kalau saya lebih suka saya buat low impedansi semua, agar power dan corong bisa pas. Dan pengaturan power dan aksesorisnya akan lebih mudah.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led