Cara Membuat Charger Aki Motor Menggunakan Trafo 5A

Next posting kali ini adalah cara membuat rangkaian charger aki motor menggunakan trafo 5A. Mungkin sudah banyak yang tahu caranya. Rangkaian ini adalah yang paling sederhana, karena tidak membutuhkan banyak komponen. Hanya menggunakan beberapa diode saja sebagai penyearah dan sebuah trafo 5A. Ini juga sebagai jawaban dari rekan kita yang bertanya lewat g+, menanyakan cara membuat charger aki kering motornya, yang kebetulan lagi tekor katanya he..he.. Simak lebih lanjut ya.

Jika anda kebetulan punya aki atau accu sepeda motor yang drop atau tekor, mungkin bisa dicoba di charger dulu, siapa tahu masih bisa digunakan lagi. Menurut saya alat charger aki ini penting, jika kebetulan aki kita  lagi drop atau tekor, maka kita bisa mencharge nya sendiri he..he.. Jadi lebih hematkan, daripada dibawa ketempat cas aki. Rangkaian ini menggunakan minimal trafo 5A kecil atau biasa. Lebih besar daya amper trafo, lebih bagus. Bisa pakai trafo 0 atau engkel atau pakai trafo CT. Usahakan  cari trafo yang ada tegangan 15V nya, karena kita akan pakai tegangan 15V ini untuk mencharge aki. Mungkin ada yang bertanya, kenapa kok tidak pakai tegangan 12V dari trafo? Jawabnya adalah, merupakan syarat wajib jika kita ingin mencharger aki 12V, maka arus tegangan pada trafo harus lebih besar dari 12v, agar tegangan bisa masuk ke aki dan mengisinya. Maka gunakan tegangan trafo diatas 12V, yaitu dengan menggunakan tegangan 15V.

Untuk penggunaan trafo tidak harus pakai trafo 5A, anda bisa menggunakan trafo 10A atau 15A, asalkan ada tegangan out 15V nya. Untuk diode penyearah, anda bisa menggunakan diode biasa bijian atau pakai diode kiprok. Usahakan amper diode lebih besar dari amper trafo. Misalkan anda menggunakan trafo 5A, maka gunakan diode atau kiprok 10A atau 15A. Agar diode tidak panas. Rangkaian ini tidak menggunakan elco, hanya diode saja kemudian langsung masuk aki. Tapi jika anda ingin memasang elco, juga tidak masalah. Karena yang dibutuhkan aki bukan dari rata atau tidak tegangan yang dihasilkan, melainkan besarnya tegangan out trafo harus diatas 12V. Jadi tidak dipasang elco, tidak masalah. Yang penting tegangan bisa keluar diatas 12V.

Ada dua rangkaian charger berdasarkan dari jenis atau model trafonya, yaitu rangkaian menggunakan trafo 0 atau engkel dan rangkaian menggunakan trafo CT. Kedua rangkaian ini sangat sederhana dan saya yakin anda bisa membuat dan merakitnya sendiri di rumah. Berikut adalah gambarnya.

Rangkaian charger aki menggunakan trafo 0 atau engkel.


Gambar kedua adalah rangkaian charger aki menggunakan trafo CT.


Nah mudah bukan, silahkan anda buat dan rakit sendiri dirumah. Tujuannya adalah untuk keperluan dan langkah antisipasi yang kadang mendadak, jika aki tiba-tiba drop atau tekor, anda bisa cherger sendiri. Kemudian mungkin ada yang bertanya, apakah rangkaian charger ini bisa digunakan untuk charger aki mobil? Jawabnya tentu saja bisa. Asalkan aki mobil yang 12V ya. Untuk waktu dan lamanya pengecasan, tergantung dari besar dan kecilya daya amper trafo yang digunakan dan juga tergantung dari besar dan kecilnya daya amper akinya. Jika kita mau mencharger aki mobil, jelas dibutuhkan waktu yang agak lama, dibanding mencharger aki sepeda motor. Mungkin dibutuhkan waktu kurang lebih 2-3 jam untuk mencharger aki sepeda motor sampai penuh. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Siang mas...Setelah baca baca di Blog ini Saya dapat banyak ilmu mas..sebelumnya saya ucapkan banyak terima Kasih kepada mas bahar ,postingannya keren2 Dan bermanfaat Bgt bagi Saya ..Saya tertarik dengan postingan mas bahar di atas.rencana mau experiman..Hehehhe..tapi Ada salah satu pertanyaan mas ..kalo pake 15 v setelah lewat dioda Kan voltase pasti Naik mas APA gak malah merusak Aki..sementara saya pernah baca di Google pengisian alternator dari Mobil ke Aki berkisar antara 13.00volt sd 14.80 volt..APA harus di Kasih regulator ic 7815 mas??? Ataukah mending pake tegangan 12 volt dari trafo??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas koreksinya mas. Yah ini perlu diluruskan he..he.. Memang tegangan 15v dari trafo akan mengalami kenaikan jadi lebih dari 15v, tapi jika rangkaian diatas kita tambahkan elco. Karena rangkaian diatas tidak pakai elco, maka tegangan akan tetap di 15v atau lebih sedikit, tapi kondisi itu belum ada beban mas. Nah pada saat dibeban dicharge ke aki, maka tegangan akan drop atau turun, berkisar sekitar 14-13v, nah drop tegangan sekitar itu yang kita butuhkan untuk charge aki. Jadi menurut saya aman mas. Kalau misal kita pakai tegangan 12 dari trafo juga gak masalah mas, tapi tegangan akan drop pada saat dibeban, jadi kurang dari 12v, jelas ini gak bisa buat charge aki. Solusinya jika anda ingin pakai tegangan 12v dari trafo, maka sebaiknya ditambahkan elco, agar tegangan jadi naik diatas 12v. Maka baru bisa dibuat charge aki. Kalau pakai ic 7815 gak kuat arusnya untuk charge aki. Jikalau kuat proses charge akan lama. Koreksi anda memang benar adanya he..he.. Jadi silahkan jika anda mau pakai tegangan 12v dari trafo gak masalah, tapi perlu ditambahkan elco supaya tegangan bisa naik lebih dari 12v. Kalau pakai tegangan 15v dari trafo, maka tidak perlu pakai elco.

      Delete
    2. Askum...Encik Bahar...Saya azmy Dari Pahang malaysia...Mahu ditanya...Encik Bahar ada membuat Inverter...? Jika ada Boleh diPoskan Didalam Ruangan ini...Berserta diagram...Yang Pernah Encik Bahar Cuba jika ada..Inverter 12V To 230V..atau yang lain2nya......Trima Khasih

      Delete
    3. Waalaikumsalam. Terima kasih atas saran dan ide yang diberikan. Insyalloh kalau ada waktu dan kesempatan akan coba saya posting di blog ini, tentang rangkaian inverter 12v to 230v yang mudah dibuat dan dirakit.

      Terima kasih juga atas kunjungan Anda di blog ini. Semoga bermanfaat.

      Delete
  2. Oke terima Kasih penjelasannya...lanjut pertanyaan berikutnya mas hehehe...Saya Ada trafo 5 amper kecil..setelah saya bongkar lilitan sekundernya 4 gulungan menghasilkan 1 volt .berarti kalo ingin mendapatkan 15 volt berarti butuh 60 gulungan ..Saya liat data di Google kalo ingin mendapatkan arus 5 amper murni kawat email yang digunakan diameter kawat yang digunakan 0.8mm sd 1mm....
    Pertanyaan saya ..Apakah kalo kawat email saya doble Dan saya gulung bersamaan sebanyak 60 gulungan Apakah amper juga ikut Naik menjadi 10 amper.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya sama mas. Jadi mendobel tembaga dalam satu gulungan akan menaikkan daya amper sekunder trafo. Cuma yang menjadi masalah adalah apakah tempat kor atau kern gulungan tembaga muat jika di isi tembaga dobel? Kalau masih muat, menurut saya tidak masalah jika tembaga sekunder di dobel. Tapi dari yang pernah saya coba itu gak muat jika di isi kawat tembaga dobel atau di isi dengan diameter kawat lebih besar 0,8-1mm. Dalam teorinya memang benar, tapi dalam prakteknya belum tentu bisa di aplikasikan mas.

      Delete
  3. Kang, ini pake dioda brpa amper.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung trafonya mas. Kalau pakai trafo 5A, maka gunakan diode 6A atau kiprok 10A.

      Delete
    2. Saya bingung mas, mau tanya.. Kalau trafo 5A, bisa nggak kita pakai 4biji dioda biasa 2A, lalu kita rangkai bridge? Maksud saya apakah keempat dioda (yang dirangkai menjadi bridge) itu menjadi 8A?

      Delete
    3. Bisa mas. Tapi dioda 2A akan tetap jadi 2A meskipun sudah dirangkai bridge.

      Menurut saya lebih baik pakai dioda 5A atau 6A yang dirangkai bridge mas. Lebih kuat. Tapi jika anda tetap pakai dioda 2A juga gak masalah, tetap akan bisa dipakai. Tapi daya mentok di 2A. Jika lebih dari 2A, maka dioda akan panas.

      Delete
  4. Mas mau tnya untuk rangkaian nya pake trafo 10a ct pemasangan diodanya seperti apa

    Maaf mah pemula jd bingung
    Di google kebanyakan 5A

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemasangan diodanya sama dengan gambar kedua diatas mas. Cuma gambar diatas pakai trafo 5A, maka sama saja rangkaiannya jika anda pakai trafo 10A, kan sama-sama trafo ct nya. Untuk diode pakai dioda paling besar, biasanya diode 6A. Diode 6A masih kuat untuk trafo 10A. Untuk dioda 6A keatas sebenarnya ada, cuma susah carinya. Kalau mau kuat bisa pakai diode 35A yang biasa dipasang di mesin las listrik, tapi cari barangnya susah, tidak semua toko jual. Pakai dioda 6A saja gak masalah mas.

      Delete
  5. Tanya mas untuk carger hp berarti sama dengan pembuatan power supply 15 volt ya mas, cuma tdk pakai elco ya, tp kalau di tambah elco gimana mas apa pengaruhnya.. tks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk charger hp, beda mas.

      Tegangan harus stabil dan pas 5 volt. Gak boleh kurang dan gak boleh lebih. Harus pas 5 volt.

      Harus pakai elco. Karena yang dicari stabilnya. Kalau gak pakai elco, jelas gak bisa.

      Jadi beda mas, charger aki dan charger hp he..he..

      Delete
  6. maaf mas maksud saya kalau bikin charger AKI berarti sama kayak bikin PSU 15 volt ya... maaf bukan charger hp, salah ketik hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he.. Saya kira mau bikin charger aki buat ngecharge hp he..he.. Bisa meleduk tuh hpnya.

      Ya sama mas kayak bikin psu 15 volt. Sebenarnya tegangan charger aki yang pas adalah 13,8VDC. Kenapa kok pakai tegangan 15 volt dari trafo? Ini bertujuan mengantisipasi dropnya tegangan pada saat charge. Harapannya pada saat dropnya tegangan akan nyampek 13,8VDC.

      Kenapa kok gak pakai elco? Karena jika pakai elco tegangan akan semakin naik dan Menimbulkan panas. Inilah alasan tidak pakai elco, karena proses charge cukup butuh dioda tanpa elco.

      Apakah bisa ditambahkan elco? Bisa, tapi tegangan pada trafo harus diturunkan, tidak pakai tegangan 15VAC, tapi pakai tegangan 12VAC. Diharapkan jika pakai tegangan 12VAC setelah disearahkan diode dan elco, tegangan akan naik sampai 13,8VDC.

      Untuk kecepatan charge menurut saya sama mas.

      Delete
  7. Kalo pake trafo 2A 15v bisa gk mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Cuma chargenya agak lama. Tapi masih bisa ngisi kok mas.

      Delete
    2. Brarti pake dioda berapa amper mas

      Delete
    3. Supaya kuat pakai dioda 3A atau 5A mas.

      Delete
  8. saya punya trafo tipe 0, 5 A murni, saya buat cas aki mobil 12V/50 A, dioda kiprok 35 A. outputnya saya ambil 15 V. tapi kenapa kabel output charger nya panas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu normal mas. Kabel charger panas menandakan tegangan sudah bisa masuk ke aki. Solusi pakai kabel charger yang lebih besar. Minimal pakai kabel serabut dengan diameter 1,5mm atau 2mm. Lebih besar lebih bagus, lebih adem kabelnya, lebih cepat chargernya.

      Delete
  9. Bisa cas aki basah gak mas? Lalu kl pakai aki 2a kira2 lama casnya berapa? Assalamu'alaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tergantung mas. Untuk pastinya saya belum tahu. Mungkin kurang lebih 1-2 jam sudah penuh mas.

      Delete
  10. Mas, aku ada travo ct 5a kecil.
    Pake yang 18v sama dioda kiprok, pas di tes di avo kluarnya cuma 15v ga pake elco, itu bisa ta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 15v tadi d sambung ke aki 12v 5a drop jadi 14.5, itu perkiraan penuh berapa jam mas?

      Delete
    2. Ya memang akan drop mas, jadi 14,5 volt itu sudah bisa ngecharge. Perkiraan kurang lebih 3-4 jam penuh mas.

      Delete
  11. Mas, kalau rangkaian trafo ct 2A d prarel 2 biji bsa ga?? Ingin mnjdikan arus nya 4A?? Untuk charge aki

    ReplyDelete
  12. Mas, kalau rangkaian trafo ct 2A d prarel 2 biji bsa ga?? Ingin mnjdikan arus nya 4A?? Untuk charge aki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau tanya mas. Kalau rangakaian seperti di atas kalo di pasang kipas sama lampu led indikator caranya gimana mas suwun

      Delete
    2. 1. Kalau mau dipasang kipas, tinggal konek langsung saja ke tegangan outputnya. Maksudnya paralel dengan tegangan chargernya.

      2. Kalau hanya indikator power saja, maka lampu bisa konek di output chargernya. Jika pakai lampu led, maka tambahkan R 1K sebelum konek ke tegangan charger.

      Jika yang diinginkan adalah lampu indikator full charger, maka gak bisa langsung. Harus pakai rangkaian dulu.

      Delete
  13. Mau nanya mas. Kalau rangkaian seperti di atas kalo di pasang kipas sama lampu indikator caranya gimana mas suwun ๐Ÿ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kalau mau dipasang kipas, tinggal konek langsung saja ke tegangan outputnya. Maksudnya paralel dengan tegangan chargernya.

      2. Kalau hanya indikator power saja, maka lampu bisa konek di output chargernya. Jika pakai lampu led, maka tambahkan R 1K sebelum konek ke tegangan charger.

      Jika yang diinginkan adalah lampu indikator full charger, maka gak bisa langsung. Harus pakai rangkaian dulu.

      Delete
  14. mas kalau dikasih tambahan ampere meter gmn masangnya...n lampu led trs cara kerjag amlere meter gmn ,apa tanday kalau full jarum ke nol atau sebaliknya..n kalau perbaiki aki kering apa dikasih air zuur atau yang biasa..maaf kalau kbyakan pertanyaan hee..hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Ampere meter dipasang seri dengan tegangan positif charger. Cara kerja adalah kalau full jarum ke nol. Kalau hanya lampu indikator power, maka cukup konek ke tegangan chargernya. Jika pakai lampu led, tambahkan R 1K sebelum konek ke tegangan charger. Tapi jika lampu indikator full charger, gak bisa langsung, harus ada rangkaiannya dulu.

      2. Menurut saya aki kering gak bisa diperbaiki, meskipun di isi dengan air zuur. Karena saya sudah mencobanya, aki kering tetap rusak. Jikalau pun bisa keluar tegangan, itupun lemah.

      Delete
  15. mas kalau dikasih tambahan ampere meter gmn masangnya...n lampu led trs cara kerjag amlere meter gmn ,apa tanday kalau full jarum ke nol atau sebaliknya..n kalau perbaiki aki kering apa dikasih air zuur atau yang biasa..maaf kalau kbyakan pertanyaan hee..hee

    ReplyDelete
  16. kalau aki sepeda hanya 3.5 AH baiknya pakai trafo brp ampere mas
    .

    ReplyDelete
  17. mas kalau pakai adaptor 12 v bisa untuk cass aki..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan cek dulu tegangan outputnya pakai avometer. Jika tegangan yang terbaca di avometer diatas 12v, maka bisa buat charger.

      Syarat tegangan charger aki adalah harus diatas 12v atau tegangan charger adalah 13,8volt. Agar bisa mengisi tegangan, maka tegangan charger harus diatas tegangan aki atau sekitar 13,8volt.

      Delete
  18. kalau belum dikasih beban 15 volt mas tapi setelah dibuat cass aki droop jd 7 volt,kayaky g bisa karna g nyampek 13,8, kalau seumpama buat cass n keluarnya sekitar 17 volt setelah dibebani aki masih aman g mas buat aki y apa volty kegedean n cara nuruniny apa hrs pakai lm 7815 apa,karna menurut mas bahar setelah terbebani idealy atau max volty harus brp mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda pakai trafo 5A kecil mas ya?

      Memang semua charger akan mengalami drop tegangan ketika proses charger. Tapi ini sebenarnya normal mas. Anda coba charger dulu sekitar 2-3 jam dalam kondisi tegangan drop 7 volt tadi, kemudian test lagi tegangannya setelah 3 jam pengisian. Harusnya tegangan akan naik jadi sekitar 12 volt. Jika hasilnya seperti itu, maka itu normal dan rangkaian charger bekerja normal.

      Jadi idealnya yang jadi acuan adalah tegangan sebelum terbebani. Jika tegangan tanpa beban adalah 15v, kemudian drop jadi 7 volt, biarkan dulu, coba charger terus selama 3 jam, kemudian test lagi tegangannya. Tegangan drop tersebut adalah proses pengisian. Jika aki sudah penuh, maka tegangan charger akan sama atau lebih tinggi sedikit dari tegangan aki.

      Delete
  19. mas kalau untuk cas aki volt y yg bwner sebelum dikasih beban atau setelah dikasih beban,seumpama dari vct pakai 15 trs setelah d searahkan jd 19 v tapi kalau dikasih beban aki 12 v yg masuk 15 v ,sebenary yg pas teg dari ac atau dari dc untuk caa aki?trs kalau aki full 13,8 atau 14,4 untuk aki kering

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Sebelum dikasih beban.
      2. Tegangan dari DC.
      3. 13,8v mas.

      Delete
  20. tegangan sdh saya rubah mas sesuai petunjuk mas bahar jd saya ambil yg 12vct jd klau disearahkan dah jd 15vdc,yg pengen saya tanyakan cara menaikkan ampere ditambah komponem apa mas,krn sy pakai travo 2A arusy hanya 0,20 ampere jadi pengin dinaikkan jd 1 atau 2 ampere..biร r pengisian agak cepat yg semula 8 jam mgk nanti jd 4 jam gitu mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya gak bisa mas, karena daya amper trafonya segitu. Mau gak mau ya harus diperbesar trafonya kalau mau lebih cepat.

      Delete
  21. saya pernah baca diartikel ini yg bisa nambah amper dengan TR apa g bisa kalau pada cass aki mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa mas. Penambahan tr penguat memang akan menambah amper, tapi tergantung juga dengan Amper trafonya. Kalau trafonya cuma 3A, ya gak mungkin bisa menaikkan jadi 5A mas he..he.. Jadi tergantung juga pada Amper trafonya.

      Delete
  22. Om,,, klo rangkaian tersebut di jadikan penggerak dinamo DC, dan diberi speed control, apakah ada komponen lain yg harus ditambahkan, dan seperti apa rangkaianya. Thx om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dibuat penggerak dinamo DC, maka tambahkan elco supply, sebesar 2200uf/50v. Untuk kontrol speed harus ada rangkaiannya mas. Dan tegantung dinamonya.

      Delete
    2. Bikin artikel lg dong om, untuk rangkaian yg seperti saya inginkan, soalnya saya cari di google informasinya masih minim bngt. ane punya motor dc bekas cordless yg bekerja dgn batre vape 18650, ane pernah coba pake aki motor 12v 5A masih bisa jalan, tp klo pake adaptor cctv 12vdc 4.5A muternya tersendat kaya org cegukan

      Delete
    3. Kok aneh. Pakai aki motor 12v/5A bisa normal jalannya. Tapi aneh pakai adaptor 12v/4,5A jalannya nyendat? Padahal Amper hanya selisih 0,5A.

      Menurut saya jenis adaptor cctv gak cocok untuk penggerak motor DC. Mungkin jenis SMPS, jadi tegangannya memang gak cocok untuk dinamo DC. Coba pakai adaptor lain yang pakai trafo mas atau rakit sendiri pakai trafo 5A.

      Jangan pakai adaptor SMPS, contoh adaptor laptop, cctv, dll. Tapi pakai adaptor yang pakai trafo mas.

      Delete
    4. Oh gitu, makasih om nanti dicoba

      Delete
  23. ya ok lah mas kalau dah g bisa nambah lagi...oh ya mas mau nanya kalau cas aki untuk ngukur amper y gmn ya, saya kan py tester digital pa mgk nnt kluary 1 ampere kalau trafo 2Ampere kl menurut mas bahar biasay brp..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya gak sampai 2 Amper. Cara ceknya set dulu multitester di range Amper 10A. Kemudian konek probe merah ke positif dan probe hitam ke negatif, sesaat saja. Nanti akan terbaca ampernya.

      Delete
  24. ya maksudy kalau trafo 2 ampere bjany jf 5 ampere,tapi hampir menyamai 1 amperee gitu...

    ReplyDelete
  25. Pak ikut tanya juga, kalo ini ad trafo 5A tetapi output tegangan minimalnya 18vac. Apakah kalau utk charge aki msh bisa digunakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebesaran pak kalau pakai tegangan 18v. Maksimal pakai tegangan 15vac dari trafo.

      Delete
  26. Mas kalo pake trafo 2 amperebisa ga,output trafo 15 volt tapi setelah dipasang dioda cuma 13,2 volt mentok ga lebih, volt segitu bisa cas aki 12 volt 3 ah ga mas

    ReplyDelete
  27. mas bahar.. saya punya adaptor merk NISSON 12v 5A masih berfungsi, mau saya rubah jadi charger aki
    saya ambil jalur travo dan dioda kiproknya trus di tes make multimeter... koq tegangan ga bisa di cek ya? apa itu normal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skala avometernya sudah benar belum? Awas keliru skala ACV dan DCV nya. Range tegangannya.

      Delete
  28. Mas mau tanya, katanya tadi klu pakai tegangan 12v bisa di pakai buat cas aki asalkan di tambah dengan elco, nah elconya di pakai yg ukuran berapa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi 12v itu tegangan dari trafo ya, bukan 12v dari power supply selain trafo.

      Jadi pakai tegangan 12v dari trafo, searahkan pakai diode, kemudian pakai elco 4700uf/25v.

      Misal pakai tegangan 12v dari power supply charger atau power supply smps 12v, maka penambahan elco tidak akan berfungsi. Karena tegangan dari PSU itu sudah searah DC dan sudah ada elconya.

      Jadi penambahan elco hanya berfungsi untuk output dari tegangan trafo biasa.

      Delete
  29. Klo aki udah penuh apa gk meledak? Klo rangkaian sangat sederhana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya sih gak mas. Kecuali Anda pakai trafo besar, misal 30A he..he..

      Kalau trafo yang dipakai cuma 5A, maka tidak akan menyebabkan aki menjadi meledak. Karena trafo 5A tidak kuat sampai bikin aki meledak. Butuh Amper besar untuk meledakkan aki.

      Jadi prinsipnya, jika aki sudah penuh, karena tidak ada pemutus arus otimatisnya, maka arus akan tetap masuk ke aki.

      Tapi karena arus trafo yang masuk ke aki hanya 5A, maka pada saat aki penuh, akan tetap tertahan pada tegangan maksimal aki yaitu sekitar 13,8v. Untuk naik lagi tidak bisa, karena arus aki lebih besar daripada arus trafo. Jadi akan tetap tertahan di tegangan 13,8v, setelah aki penuh. Tidak akan naik lagi.

      Kecuali jika trafonya besar, maka kemungkinan arus tetap masuk bisa terjadi, karena besarnya arus trafo.

      Delete
  30. Mas kalau rangkaian yang otomatis akan putus ketika tegangan pada aki sudah tercapai atau penuh kira-kira dari rangkaian di atas memungkinkan gk mas? kalau mungkin harus ditambhakan apa? Takut aja melebihi kapasitas pengecasan dari aki. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tinggal tambahkan rangkaian pemutus arus otomatisnya. Ada dua macam rangakain, pertama menggunakan rangkaian dan Relay dan kedua menggunakan SCR.

      Belum sempat saya update gambarnya mas, yang otomatis.

      Kalau kelebihan pengecasan aki, gak masalah mas. Asal jangan sampai satu hari penuh. 6-10jam normal.

      Delete
    2. Terima Kasih Mas Infonya. Ditunggu Updatenya.:)

      Delete
  31. Mas mau tanya kalau trafo output 18V untuk ngecas aki 12V bisa gak gan? Soapnya output 15v tmpt sy soldout :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa mas, kebesaran tegangannya. Bisa rusak nanti akinya.

      Kalau gak ada, mending pakai trafo yang ada outputnya 12v. Daripada trafo output 18v.

      Delete
  32. saya punya modal travo CT 3amper tapi tidak murni,,,

    yang dibutuh kan apalagi mas untuk buat chas aki 12 volt
    trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma butuh diode 5A sebanyak 2 biji. Kemudian dirangkai power supply DC tanpa elco. Konek tegangan ct 15v dari trafo.

      Delete
  33. Mas saya baru buat cas aki pake trapo ct 3A . . Output trapo saya amvil 15 v trus pake dioda 3 amper. . . Kenapa outputnya jadi turun cuma 12.7 v?
    Akhirnya saya pake yg output 18v ditambah dioda 3A saya ukur tegangannya jadi 15.4 v. . (Pengukuran tanpa beban)
    Saya coba cas aki basah motor 5A tegangan drop jadi 12.7v. . . Setelah penuh 13.7 v(sukses) saya coba ngecas aki kering motor yg 5A saya ukur teganvannya naik jadi 16v, lalu saya cek tegangan aki (kabel cas saya lepas) cuma kebaca 11 volt. . . Lalu saya cas lg sampe 4 jam (yg 16v td jd turun 15.2 v) lalu saya copot cas lalu saya ukur tegangan aki kebaca 13 volt. .
    APAKAH HAL SEPERTI T NORMAL ATAU AMAN BUAT AKI KERING. . .
    MOHON PENCERAHANNYA MAS. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman mas. Memang seperti itu cara kerjanya. Voltase yang Anda sebutkan diatas sudah benar.

      Delete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kasih bayangan skemanya mas?
      Saya pengen buat

      Delete
    2. Itu beli jadi mas, gak bisa buat sendiri. Karena pakai komponen elektronik. Andaikan bisa, rangkaiannya rumit.

      Delete
  35. Teman saya beli cas aki kering sespeda motor otomatis saya tes pake avo meter tegangan outnya 14 v diberi beban aki. . Mau pake aki yg ngedrop 11v pun klu dicas tetep kebaca 14v (tegangannya tidak drop kecuali klu udah 10 volt baru drop tegangan 12v koma ). . . Spesifikasi cas akinya 14 volt 2.5 A. . .
    Kira2 rangkaiannya t seperti ap ya mas?
    Klau cas aki basah ngedrop mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin pakai SMPS mas. Ya mungkin didesain seperti itu mas he..he..

      Delete
  36. mas,,Bahar,,,numpang tanya, saya punya trafo 18 volt gimana caranya supaya bisa 15 volt untuk ngecas aki. apakah harus pakai dioda di seri untuk menurunkan tegangan, atau pakai ic 7815,,,,terima kasih mas,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya pakai ic 7815 ditambah tr penguat mas. Tr penguat bisa menggunakan tr tip3055 atau 2n3055.

      Kalau hanya pakai ic 7815 saja, output ampernya kecil, hanya 1A.

      Delete
  37. Mas bahar, saya punya trafo ct 2 Amper,,
    Kira2 kalo mau bikin untuk cas aki pake dioda berapa Amper ya mas??
    Kalo pake dioda 3 Amper aman ga ya mas bahar??

    ReplyDelete
  38. mas saya pakai travo 5A ct 18 terus pakai dioda 5A 2buah .saya cek pakai avometer tegangan 13.8 tapi saya pakai buat ngecas tegangan lebih dari 16 volt mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngecek tegangannya apakah sudah benar? Jika pakai tegangan ct 18v, maka hasilnya harusnya lebih dari 18v mas.

      Delete
  39. mas saya punya travo 3 ampre ct disiti cuma ad 18 v dan 12 v yang bgus pakek yang mana trus di butukan apa aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai yang 12v mas. Cukup perlu 2 diode 5A saja mas untuk penyearah. Bisa juga ditambahkan elco 2200uf 25v.

      Delete
  40. assalamualaikum

    om kalo buat generator dari diesel itu biar stabil 220 ,mengacu pada rpm diesel dan dinamo y,maksudnya disamakan
    rpmnya, terus dieselnya digas penuh ato tdk

    gas full dan setengah setengah mempengaruhi output listrik gk

    terus yg dibutuhkan apa lagi stabilizer,mcb,apa lagi

    buat posting an lah om biar jelas

    wassalam

    ReplyDelete
  41. Waalaikumsalam.

    Tergantung rpm dinamo untuk mencapai voltase normal.

    Pengaruh ke output tegangannya.

    Sudah cukup mas pakai itu.

    Ya mas, terima kasih

    ReplyDelete
  42. assalamualaikum

    om kenapa blognya komentar nya disett tidak tampil langsung,dibalikkin ky dlu aja lebih pro

    dichannel yt buat review power lapangan om biar banyak subcribernya

    sampean power lapangan nya pakai apa om dan berapa harganya untuk low ,high,mid
    tolong sebutin merk om

    saya ada mixer sound quin tulisan 14 ch
    saya bingung maksudnya bit dan khz itu
    apa tulisannya 24 bit 40 khz

    kalau untuk acara wayang minimal berapa ch

    high itu spekernya pakai tweeter atau tweeter itu beda lagi,dan cara pasang nya gimana,seri / paralel pakai elco atau tidak

    direview aja powere sampean di yt atau kalau belum siap diblog aja biar rame + banyak sub

    wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.

      Sebelumnya terima kasih atas masukannya, untuk perkembangan blog dan channel youtube kedepannya.

      1. Mengenai kolom komentar yang tidak langsung tampil, memang ini sengaja saya setting demikian. Karena beberapa bulan kemarin, blog saya kena serangan komentar sampah puluhan kali, di hampir semua postingan. Bahkan setiap hari komentar sampah selalu ada, sehingga mengganggu saya untuk menjawab komentar dari rekan-rekan semuanya. Maka dari itu saya mohon maaf, untuk ketidaknyamanannya komentar saya moderasi dulu. Jadi gak langsung muncul. Tapi akan muncul kembali setelah saya jawab.

      2. Kedepannya akan saya buat seperti itu. Terima kasih masukannya.

      3. Untuk power saya pakai standart mas. Baik untuk low, mid, dan high. Untuk power pakai driver magic atau power simetris. Tapi ini jangan jadikan acuan, karena setiap orang punya selera dan ciri khas masing-masing dalam hal manajemen sound system.

      4. Maksudnya 24bit adalah jenis suara digital atau analog yang dapat diproses mixer tersebut, semakin tinggi bit nya semakin bagus dan real suaranya. 40khz adalah respon frekuensi yang dapat diolah mixer tersebut sampai 40khz. Jadi respon frekuensi highnya bisa sampai 40khz. Padalah versi lama atau pendahulunya, high frekuensi hanya sampai 32khz.

      5. Untuk acara orkes dan wayang, standart pakai 32 channel mas.

      6. Untuk high ada 2 macam, bisa pakai tweater dan bisa pakai speaker full range. Bedanya kalau tweater suara yang dihasilkan hanya high saja, tidak middelnya. Makanya disebut high. Kalau pakai speaker full range, suara yang dihasilkan bisa high, tapi masih ada middelnya. Makanya biasanya disebut dengan mid-high. Cara pasang bisa pakai power sendiri khusus tweater atau bisa digabung dengan speaker mid high. Pasangnya diparalel. Lebih baik pakai elco dan resistor. Agar tidak gampang jebol.

      7. Kedepannya memang seperti itu. Tapi masih terkendala waktu.

      Delete
  43. assalammualaikum

    berarti mixer saya kurang ch kalo digabungkan 2 mikser bisa gk

    Cara pasang bisa pakai power sendiri khusus tweater atau bisa digabung dengan speaker mid high,maksudnya mid hig ini power untuk midle atau power untuk high yang pakai speker full range

    berarti powere sampean bukan built up ya,power ombro ya? pernah ikut balapan gk om

    pernah denger power built yang disetting balap gk emang yang dirubah apanya aja om

    buat postingan setting rpm diesel untuk generator donk om kok lama gk update dan jalur instalasinya

    rencana mo bli 4ch Rdw nr8004mk3 tapi bingung maksudnya 4 ch apa ya
    untuk low awet gk ya om

    terimakasih
    wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.

      1. Digabung pakai 2 mixer bisa mas.

      2. Bisa pakai power middle atau power high. Atau pakai power standart saja gak masalah. Nanti difilter pakai crossover aktif.

      3. Power saya bukan built up. Power rakitan biasa. Gak pernah ikut balapan.

      4. Saya gak pernah berpikiran kesana. Karena saya lebih suka power yang simple dan gak banyak komponen.

      5. Kalau rpm diesel tinggal setting saja sambil melihat output voltage dinamo generatornya. Kalau sudah dapat tegangan 220v ya sudah. Tinggal pakai saja. Selama ini gak ribet masalah rpm. Untuk update postingan akhir-akhir ini agak terhambat, karena kesibukan offline. Tapi sebisa mungkin akan saya update.

      6. Untuk spek power rdw, mending tanya yang berpengalaman mengenai power rdw. Kalau saya kurang begitu paham mengenai power rdw. Mungkin maksud dari 4 channel adalah, didalam power tersebut ada 4 driver power. Belum tahu apakah itu disetting standard semua atau sudah difilter menurut frekuensinya? Jadi ada high, mid atau lownya.

      Delete
  44. Saya pake travo 5a keluar 18v pas di casin ke aki motor turun emang jd 16 volt apa ga rusak akinya Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak mas. Tegangan maksimal pada saat aki penuh adalah sekitar 14v. Jadi dicas pada tegangan 16v masih aman.

      Delete
  45. assalammualaikum

    makasih om balasannya

    klo begitu saya nanya soal bok sound aja bagian line array itu bagian atas sendiri kan agak besar ukuran nya itu biasanya pakai bok jenis apa


    rencana pakai book 10" untuk middle tapi biasanya kan line array itu bagian atas sendiri ada bok yang lebih besar dan bentuknya agk kotak cari sekema yang untuk 10" gk ada,itu skemanya sama yang middle bentuk trapesium tapi ukurannya diperbesar gitu kah

    karena diinternet adanya line array adanya cuma yang kecil trapesium itu

    buat postingan bok line array lengkap ya om please

    wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.

      Mengenai box line array, saya masih dalam tahap belajar mas. Masih belum paham mengenai ukuran dan jenis box line array. Mungkin bisa tanya ke orang yang sudah pengalaman di bidang line array.

      Mungkin ya, tapi biasanya semua box line array bagian atas sama semua. Mungkin saja ada tambahan tweater atau jenis box line array lain untuk lemparan suara jauh.

      Ya kebanyakan memang seperti itu, boxnya sama semua.

      He..he.. saya bukan ahlinya mas, box line array. Saya pakai box standart saja. Tapi nanti akan coba saya pelajari dulu mengenai box line array dan akan coba saya angkat ke postingan, dengan bahasa yang mudah dipahami.

      Delete
  46. assalammualaikum

    mirip dilink ini tapi rakitan

    https://m.inkuiri.com/site/bukalapak.com/elektronik/media-player-set-top-box/ghibran-pro-owners-sound-line-array-system-sound-gantung-sub-full-pabrikan.94a142de116d992a991c90639cd97ba1fd8aa949.id

    wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya, itu sudah ada subwoofernya bagian atas.

      Delete
  47. Untuk Cek full/tidak bagaimana mas bahar alat cek cuma avo digital

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah full, maka tegangan aki akan menjadi sekitar 14v mas. Silahkan cek pakai avometer tegangan akinya, jika sudah terukur 14v, maka aki sudah penuh.

      Delete
  48. Permisi mas, saya punya trafo bekas ups yang outputnya 6.8v. Ingin dimanfaatkan untuk charger aki kering. Bagusnya gimana rangkaiannya mas? Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aki keringnya berapa volt? Apakah aki 6v atau 12v? Jika untuk aki 6v, maka bisa menggunakan seperti rangkaian diatas. Jika digunakan untuk aki 12v, maka rangkaian psunya dibuat setengah gelombang. Agar tegangan 6,8v bisa dinaikkan menjadi 2x lipat, agar jadi tegangan 12v.

      Delete
    2. Maaf info saya kurang lengkap. Untuk aki 12v mas. Ini trafonya non CT, kapasitas ampere tidak diketahui.

      Setelah saya baca2 dari blog sampeyan dan dari sumber lain juga, saya coba naikkan tegangan pakai dua kapasitor dipasang seri, outputnya jadi naik turun antara 16.8-18v. Itu pakai dua kapasitor 6800uF 24v.

      Dari baca2 lagi, saya akhirnya tau ada makhluk namanya LM317. Nah saya pengen nyoba sambungkan dg rangkaian sebelumnya tapi ingin dinaikkan lagi kapasitas arusnya paling tidak 5A. Katanya harus ditambah transistor lagi. Gimana menurut sampeyan mas?

      Terima kasih.

      Delete
    3. Kalau trafonya non CT. Maka bisa dicoba dirangkai psu setengah gelombang, menggunakan 2 elco yang dirangkai untuk psu simetris. Jadi trafo non ct dibuat untuk tegangan simstris. Ada di blog saya.

      Setelah dirangkai setengah gelombang, maka akan menjadi tegangan simetris yaitu (+ ct -). Karena Anda butuh tegangan 2x lipat dari tegangan trafo tersebut. Maka gunakan pin (+ dan -) saja pada elco supply. Tanpa menggunakan ct elco supply. Maka akan didapat tegangan 2x 6,8v.

      Jika memang hasilnya masih naik turun, maka jalan satu-satunya adalah menggunakan kit rangkaian step up tegangan. Fungsinya untuk menaikkan tegangan. Jadi trafo non CT silahkan dirangkai secara gelombang penuh pakai 1 elco dan 4 diode atau kiprok. Akan menjadi tegangan 6,8v, jika jadi DC akan menjadi sekitar 9,6 v DC. Tegangan 9,6 v ini belum bisa untuk charge aki 12v, karena tegangannya kurang tinggi. Maka harus dipasang kit rangkaian step up tegangan. Dan setel tegangan dan naikkan sampai jadi tegangan 13,8 v. Agar bisa untuk charge aki.

      Delete
  49. Siap mas. Singkat cerita saya pake 7815 & 3055 ngikut cara yg di post sampeyan lainnya. Output relatif stabil di 14.6v. Makasih mas ๐Ÿ‘๐Ÿป

    ReplyDelete
  50. Mas,rangkain carger buat aki motor apa bisa juga buat ngecas aki mobil mas.krn aki mobil kan lebih besar.
    Apa waktu pengisian ya jg beda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Sama saja. Cuma karena aki mobil ampernya lebih besar, maka waktu yang dibutuhkan aki untuk full akan lebih lama.

      Delete
  51. Assalamualaikum masBahar... Saya punya trafo non ct bekas UPS. Nilainya 18 VAC.yg saya pertanyakan...(1) Ukuran diodanya brp biar nilainya 13,8 VDC?
    (2) diodanya 4 buah apa 2 buah aja?
    (3) perlu dipasangi elco ato tidak?
    Terima kasih banyak sebelumnya
    Moga dilancarin rejeki mas bahar

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Ukuran diode menyesuaikan dengan besar amper trafonya. Hasil tegangan tidak bisa diturunkan menggunakan diode mas. Jadi tegangan 18vac jika jadi DC sekitar 25vdc. Tegangan ini terlalu besar buat charge aki. Caranya harus diturunkan menggunakan rangkaian regulator penurun tegangan ic 7815 agar tegangan menjadi 15vdc, nanti dropnya akan menjadi sekitar 14vdc. Atau menggunakan kit rangkaian step down yang banyak dijual dipasaran, yang dapat mengatur tegangan output sesuai selera. Saran saya pakai kit step down saja mas lebih mudah mendapat tegangan 13,8vdc.

      2. Untuk trafo non ct lebih baik pakai 4 diode, agar menjadi gelombang penuh. Lebih stabil

      3. Kalau rencanannya dipasang kit step down, maka lebih baik dipasang elco. Agar tegangan lebih rata dan stabil, sebelum masuk kit step down. Nanti dari kit step down nya diatur tegangan outputnya menjadi 13,8vdc.

      Kalau trafonya non CT, maka lebih baik pakai diode 4 buah, agar menjadi gelombang penuh.

      Delete
  52. saya ingin merangkai charger ini untuk keperluan speaker meeting/ pemakaman/ tahlilan mas, rencana mau pake 2 sumber daya, AC sama DC, untuk yg dari AC, AC-Trafo 12V-Power, sedangkan untuk yg dari DC, ngambil dari aki, akinya ditaruh di dalam box soundnya, untuk charger akinya saya juga akan ngambil dari trafo yg tegangan 15V, jadi ketika sound menggunakan sumber daya AC, trafo nyuplai daya ke power sekaligus ngecas aki,,, apakah bisa ??
    kalo bisa, gimana cara mengetahui aki penuh sewaktu ngecas ? intinya saya ingin proses mengecas aki akan berhenti sendiri ketika sudah penuh biar tidak over charger,,, gimana rangkaian charger akinya.... terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jawab, gak bisa mas ngecharge sekaligus dipakai dengan cara seperti itu. Akan terjadi short tegangan. Semua rangkaian charger sederhana, tidak bisa digabung dengan cara digunakan sekaligus. Jadi kalau pas waktu ngecharge ya gak bisa digunakan dulu. Kalau dipakai barengan menurut saya belum bisa.

      Delete
    2. Kecuali menggunakan modul khusus atau alat otomatis switch yang bisa pindah otomatis saat charger dan baypass.

      Delete
    3. Kalo buat ngecas aki mobil 75 amper kira kira penuh berapa jam ya mas. Kalo keadaan kosong?

      Delete
    4. Kalau pakai trafo 5A, mungkin sekitar 15jam

      Delete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Caranya tinggal pasang diode atau kiprok, seperti rangkaian diatas, tanpa elco. Cek dan pastikan kutub positif dan negatifnya tidak terbalik pada saat pengecasan.

      Delete
    2. Ini saya mau nyoba pake kiprok grand mas, tapi bingung nyambungnya. Ini kiproknya ada 4 kaki soalnya. Duh gimana ya mau kirim gambar susah.

      Delete
  54. Itu yg charger trafo CT kok pke doubel 15v om?? Apa gk jd 30volt output nya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas. Gak mas. Itu rangkaian psu ct 15V. Tegangan akan keluar sekitar 21vdc. Tapi itu nanti akan drop karena tidak adanya kapasitor/elco menjadi sekitar 15vdc.

      Delete
  55. Itu yy charger trafo CT pke 15v om?? Apa gk jd 30volt output nya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak mas. Tegangan ct 15v diatas jika jadi dc sekitar 21vdc. Tapi nanti akan drop karena tidak adanya kapasitor/elco pada rangkaian ini menjadi sekitar 15vdc

      Delete
  56. Mas Bahar, salam alika. Sy punya charger aki Onaga 6 v/ 12 v dari saudara.Katanya dulu masih ok/jln, tp ternyata stlh saya coba ndak jalan.Sy coba bongkar ternyata slh satu kbl yg input dari listirik pln copot. Minta tlg itu pasang kabelnya gmn. Sy awam apa yg sejajar dg kbl satunya, atau yg ke dimmer potensio arus atau tegangan. Sy ingin kirim foto biar mudah atas soal ini. atau bisakah su call lsg utk tanya. Sy sdh baca n cari gamvar rangkain chrger onaga tp ndak temu2. Sy akn senang skli jika di respon. maturtengkyu sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf untuk koneksi kabelnya saya belum paham pak, karena belum pernah bongkar barangnya. Cuma yang saya tahu jika kabel listrik biasanya terhubung dengan saklar power on-off

      Delete
  57. Terimakasih responnya Mas. Yg lepas itu cuma satu kabel. Yg kabel satunya ( yg lain) masih nempel..nempelnya di primer travo ( kayaknya ini jenis travonya non ct). Lha kabel yg lepas ini mestinya apa dilekatkan pada dalemannya swicth dimmer
    ( pengatur tegangan amper dari 1a-5a) dimana kabelnya bnyak menrmpel juga di travo yg sama tp di bidang sebelahnya. Bingungnya krn kayaknya kok gak ada saklar on/off. Yg ada itu swich pilihan ke 6 volt atau 12 volt.Utk gambar luarnya charger aki onaga 6 volt - 12 volt 5 amper di link berikut Mas. https://www.tokopedia.com/marchen/charger-aki-battery-charger-onaga-5a-6-12v-rtr-12n5 Please help one more comment /respond๐Ÿ˜‰๐Ÿ™ƒ๐Ÿ˜…

    ReplyDelete
  58. dan kabel input pln yg tdk lepas itu tersolder pada /di travo yg jalurnya nyambung ke dioda kaki 4. ( nyambung jalur tepatnya ke slh satu kaki tengah, bukan yg jalur ke output dari dioda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh mumet juga saya he..he.. setelah saya lihat memang gak ada saklar on-off, yang ada pengatur amper min max. Yang diposisi min jadi off. Bingung juga ya kalau gak ada gambar. Coba sih kirim gambar lewat chat marketplace atau fb dengan nama sesuai dengan nama blog ini

      Delete
  59. Siap pak bro Bahar. Stlh hanba foto dg berbagai pose he he, sgr sy ask frend fb or chat Terimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru bisa balas. Setelah saya lihat gambar yang sudah dikirimkan. Mohon maaf saya tidak bisa bantu untuk koneksinya, karena sistemnya beda dengan charge aki pada umumnya. Karena ada pengaturan arus amper lewat trafonya. Kalau kemungkinan saya itu kabel mungkin lepas dari pin trafonya, jadi gak kedeteksi jalurnya

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led