Cara Masuk Service Mode TV Cina IC LA76931K 7N 5AM3

Untuk bisa mensetting data yang ada dalam ic program, maka kita harus bisa masuk service mode atau factory setting tv. Karena setelan ini tidak ada dalam menu pada umumnya. Fungsi kita masuk service mode adalah kita bisa menyetel parameter yang tidak bisa disetel lewat menu. Contoh H.size, V.size, RGB, setelan audio video, PAL, Ntsc, dll. Nah setiap model televisi mempunyai kode tersendiri agar bisa masuk service mode. Jadi satu tv dengan tv yang lain tidak sama kode factory setingnya. Kali ini bagaimana cara masuk service mode tv cina dengan ic LA76931K 7N 5AM3. Kalau masih ada remote bawaannya, mungkin tidak jadi masalah jika ingin masuk service mode. Tinggal tekan tombol tersembunyi pada remote bawaan, kita sudah bisa masuk factory settingnya.

Dimana letak tombol tersembunyi pada remote bawaan tv cina. Berikut letak posisi tombol tersembunyi pada remote tv cina. PERHATIAN : MASUK SERVICE MODE DAPAT MENYEBABKAN KERUSAKAN PADA TV, JIKA TERJADI KESALAHAN PENULISAN PARAMETER YANG ADA DI DALAM SETTINGAN. TIDAK DISARANKAN BAGI YANG BELUM PAHAM PARAMETER UNTUK MASUK SERVICE MODE. Dimana letak tombol tersembunyi untuk bisa masuk service mode tv cina? Semua remote tv bawaan mesin tv cina pasti ada tombol tersembunyi ini.


Nah sudah pada tahu kan dimana letak tombol tersembunyi tersebut. Hampir semua mesin tv cina bisa menggunakan tombol tersembunyi ini. Pertanyaannya sekarang, bagimana jika remote bawaan tv cina ini hilang atau rusak? Bagaimana cara masuk servive modenya, berhubung tombol tersembunyinya tidak ada? Kejadian ini sempat saya alami pada waktu memperbaiki tv cina untuk mensetting setelan frekuensi audionya. Karena remotenya sudah diganti pakai remote lain, jadi susah juga untuk masuk service modenya. Cara ini khusus untuk mesin cina yang menggunakan ic LA76931K 7N 5AM3. Untuk mesin cina yang menggunakan ic lain kemungkinan tidak bisa, karena beda kodenya. 

Banyak cara di internet untuk cara masuk service mode tv cina ic LA76931K 7N 5AM3. Hampir semua cara tidak bisa digunakan. Akhirnya dapat cara bagaimana cara masuknya, tapi tidak bisa masuk service mode secara keseluruhan. Karena langkahnya ada yang salah. Berikut cara masuk service mode tv cina ic LA76931K 7N 5AM3 yang sudah saya uji coba dengan beberapa percobaan langkah untuk bisa masuk semua parameternya.

Berikut langkah-langkahnya, simak lebih lanjut ya.
  1. Nyalakan tv dengan remote ON. Setelah tv menyala, turunkan volume sampai batas minimum atau  sampai volume 0. 
  2. Jika sudah, lanjut tekan MENU pada remote. Kemudian tekan angka 6 5 6 8 secara berurutan. Akan masuk factory mode, bagian pertama.
  3. Untuk masuk factory mode selanjutnya, silahkan anda ulangi langkah nomor 2, yaitu dengan menekan MENU pada remote kemudian tekan  angka  6 5 6 8 secara berurutan. Akan masuk bagian kedua. Silahkan cari parameter yang ingin anda setel. Jika tidak ada, ulangi lagkah nomor 2 untuk masuk bagian berikutnya.
  4. Untuk memilih parameter gunakan channel up down untuk memilih parameter. Untuk merubah nilai parameter gunakan tombol volume up down pada remote.
  5. Jika sudah selesai menyetel parameter. Untuk keluar dari service mode, silahkan ikuti lagi langkah nomor 2, sampai keluar tulisan pada atas layar "BUS OPEN". Jika sudah keluar tulisan BUS OPEN, maka semua tombol tidak akan berfungsi. Ini menandakan settingan anda sudah berhasil di simpan. Kemudian cabut kabel power. Dan nyalakan tv, maka anda sudah berhasil masuk sasuai setelan anda. 
Itulah cara yang sudah saya uji coba pada mesin tv cina yang menggunakan ic LA76931K 7N 5AM3 dan berhasil. Untuk jenis mesin tv cina yang lain mungkin berbeda cara masuknya. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led