Sunday, October 22, 2017

CARA MEMASANG INVERTER MOBIL 12V TO CT 42V

Next posting kali ini adalah cara memasang kit inverter mobil 12volt to CT 42volt. Salah satu solusi untuk power berdaya besar, agar bisa dipasang di mobil hanya dengan tegangan 12 volt dari accu. Untuk merubah tegangan 12 volt DC accu menjadi tegangan CT 42 volt membutuhkan alat yang namanya kit inverter. Ada banyak banyak varian tegangan output dari kit inverter ini, dari mulai out CT 18v, 24v, 32v, 42v, tergantung kebutuhan. Kalau saya lebih suka yang out CT 42volt he..he.. biar maksimal. Untuk sumber tegangan kit inverter ada dua macam yaitu tegangan 12 volt dan 24 volt. Tentu saja sesuaikan dengan voltase accu yang ada di mobil anda. Kemarin ada yang bertanya bagaimana koneksi penyambungan kit inverter ini? Bagaimana cara koneksinya, simak lebih lanjut ya.

Untuk menghasilkan kualitas audio mobil yang mantap, tentu saja membutuhkan biaya yang banyak. Mulai dari pemilihan power audio mobil, speaker, dan berbagai aksesorisnya. Bagaimana cara menghasilkan power audio mobil dengan biaya murah? Pastinya harus menggunakan komponen power rakitan yang bisa dipasang di mobil. Bagaimana dengan supply tegangannya? Bisa ditambahkan kit inverter untuk merubah tegangan 12 volt dari accu menjadi CT 42 volt, sehingga cocok untuk power amplifier rakitan.

Sebenarnya prinsip dasar sebuah power audio mobil sama saja dengan power audio rumahan. Perbedaannya hanya pada tegangan inputnya. Yang mana pada power audio mobil menggunakan tegangan tunggal DC 12 volt dari accu. Sedangkan power audio rumahan menggunakan tegangan CT dari trafo. Padahal kalau anda melihat komponen yang berada dalam power audio mobil sebenarnya sama saja dengan power audio rumahan, cuma sudah include atau sudah ditambahkan inverter tegangan yang dipasang didalam box, gunanya untuk merubah tegangan 12 volt DC dari accu menjadi CT untuk power amplifier. Jadi kesimpulannya adalah supply power audio mobil sebenarnya sama saja menggunakan tegangan CT seperti power audio rumahan pada umumnya. Cuma pada power audio mobil sudah dilengkapi dengan inverter tegangan, sehingga kita tidak perlu lagi menambahkan kit inverter.

Jadi pada intinya power audio rumahan pun bisa dipasang pada audio mobil dengan tambahan kit inverter tegangan, supaya dapat bekerja pada tegangan 12 volt accu. Untuk memasang kit inverter ini lihat dulu tegangan accu anda berapa volt? 12v atau 24v? Supaya tidak keliru. Kemudian berapa volt output yang diinginkan untuk power amplifier? Jika sudah mari kita lanjut ke pamasangannya. Berikut gambar koneksi inverter mobil 12v to CT 42v untuk power amplifier.


Anda bisa lihat gambar diatas. Ada tiga buah komponen utama yaitu accu, kit inverter dan power 400w sanken. Pada jalur kit inverter ada tiga lubang input yaitu GND, REM, +12V. 

GND = Konek ke tegangan negatif accu.
REM = Tegangan standby, konek ke +12V.
+12V = Konek ke +12V.

Untuk output dari inverter ini sudah berupa tegangan DC simetris yaitu +42V CT -42V. Jadi tidak perlu lagi tambahan dioda dan elco. Langsung konek ke supply power amplifier. Untuk pemasangan saklar power anda bisa pasang pada jalur tegangan input inverter. Rangkaian power ini bisa ditambahkan subwoofer aktif untuk dirubah sebagai power subwoofer yang menggelegar. Tinggal tambahkan speaker subwoofer agar respon bass lebih bagus. Jadi deehh, bisa buat sendiri power audio mobil dengan biaya murah meriah he..he.. Semoga bermanfaat.

10 comments:

  1. Mas... kira2 power yg stelah inverter tdi kn 42 ct 42.
    Dn klo lhat d gmbar pean kn mono..
    Snggupkah mono itu ngangkat 4 speaker yg msing2 4ohm dan 2 tweeter 8ohm.. smuax d paralel mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih mampu mas. Tapi lebih baik tr sankennya tambah lagi 1 set. Jadi satu power mono dengan 2 set sanken.

      Delete
    2. Mkasih mas cocok... hehehe pke sanken 2922 atw yg d atasx mas

      Delete
    3. Pakai yang 2SC2922 dan 2SA1216 gak masalah mas.

      Delete
  2. Bisa tidak pakai adaptor 12 volt dc sebagai pengganti aki? Biar bisa dipakai di rumah dan biar tidak pakai trafo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tapi pakai adaptor minimal 5A. Kalau dibawah itu, biasanya akan ngedrop mas tegangannya.

      Delete
  3. Oke mas,saya dah nemu adaptor switching led 12 volt 5 ampere,bolehkan mas pake adaptor seperti itu?
    Saya mau tanya lagi,saya punya speaker 8 inchi 8 ohm max 300 watt 2 buah,mau pakai kit ampli bell hr-r3 2.1 chanel yang pake tr toshiba C5200 dan A1943 4 pasang,trus pake kit inverter dc to dc 15 ampere 35-45 volt ct,
    Bisa tidak mas seperti itu saya pakai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Kalau untuk beban speaker 2x8", pakai SMPS 5A masih mampu.

      Delete