Monday, November 17, 2014

CARA MENGGABUNGKAN 2 TRAFO CT UNTUK MENAMBAH AMPERE

Kali ini ingin berbagi info tentang cara menggabungkan dua trafo ct untuk menambah ampere. Bagaimana caranya? Silahkan baca lebih lanjut.

Salah satu cara untuk menambah kemampuan ampere trafo adalah dengan penggabungan 2 trafo yang sama. Memang dari segi hasil masih lebih baik menggunakan satu trafo dari pada menggunakan dua trafo yang digabungkan. Ini hanya sebagai alternative cara untuk menaikkan ampere trafo.

Cara ini pernah saya pakai untuk mensupply power amplifier 400 watt sanken dengan menggunakan dua buah trafo 3Amper. Kemudian digabungkan untuk mendapatkan arus 6Amper. Menggunakan 4 diode sebagai penyearah dan 2 kapasitor atau elco. Syarat penggabungan ini adalah tegangan harus sama. Karena jika tidak, menyebabkan transistor final panas sebelah disebabkan tegangan tidak seimbang. Daya ampere kedua trafo juga harus sama.

Ada yang bertanya bagaimana caranya jika menggabung dua trafo menggunakan diode kiprox? Berikut saya update gambarnya. 
Sebenarnya ada lagi koneksi untuk menggabung dua trafo diatas, tapi tidak saya sertakan karena tidak sesuai dengan penggunaan trafo CT diatas. Karena dua cara lagi mengharuskan kedua trafo dirubah tunggal bukan CT. Sehingga menghilangkan dari fungsi penggunaan dari trafo CT tersebut diatas. Gambar diatas sudah mewakili untuk menggabung dua trafo menggunakan diode atau kiprox. Gambar tersebut sudah saya update dibawah ini.

Berikut gambar koneksi dua trafo menggunakan kiprox dengan trafo non CT.

Dengan gambar diatas, maka kita dapat mengkonfigurasi koneksi trafo CT menjadi koneksi trafo non CT. Dengan cara menggunakan kedua pin tegangan trafo, tanpa menggunakan pin CT. Sehingga penggunaan pin CT tidak dipakai lagi pada koneksi ini. Tapi perlu diingat bahwa jika pin CT tidak digunakan, maka tegangan kedua pin akan menjadi dua kali lipat. Sehingga untuk mendapatkan tegangan supply 24v, maka gunakan pin 12v dan pin 12v saja pada trafo, CT tidak dipakai. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar.

Gabungan dua trafo pakai kiprox dengan menghasilkan tegangan sekitar 24v-25v.

Gabungan dua trafo pakai kiprox dengan menghasilkan tegangan sekitar 36v.
Dengan mengetahui macam-macam koneksi menggabung dua trafo ini, Mudah-mudahkan dapat membantu dan memudahkan anda dalam merakit atau membuat power supply dengan dua trafo sekaligus. Semoga bermanfaat.

139 comments:

  1. boss iku lek gae 5a banci kro 10a bisa g
    .trus gae 32v ddi piro metune

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asline isoh mas, tapi nek trafone ampere bedo, dadine gak imbang antara tegangan + dan -. Misal tegangan + oleh 5A, nah tegangan - palih oleh 10A. Iku nek menurutku mas, amper trafo kudu podo. Mboh mane nek sampeyan duwe cara liyane sing isoh nyeimbangno, nek gawe trafo bedo amper?

      Delete
  2. aq dwe 10a nganggur g bermerek kpegen tag gae nambah vol karepku
    .iku kan nambah amper lek nambah vol piye po dtukokno 20a ae haha.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah yo iku mau mas. Trafone sing digabung kudu podo, nek gak podo gak isoh mas. Meskipun gawe nambah volt. Seandaine isoh, tegangane yo opo? Mosok trafo 10A digandeng trafo 5A, lak dadi mudun ampere. Wis pokoe syarate trafo kudu podo mas he..he..monggo dishare be e onok sing nduwe cara gabung trafo bedo amper?

      Delete
  3. tak glek travo neh neg loak,an

    ReplyDelete
  4. yo ayo tak bonceg bos......
    .ic 8050 kenek pora gae mixer bos kraktere piye

    ReplyDelete
  5. Mas lah aq nggabung 2 trafo banci 5A ben nambah amper..lakok ndengung yo?opo e sing salah?tk cek brulang2 podo karo skema kok.Trafo & dioda yo normal2 ae.Opo e yo sing salah..???
    Sak durung e nang elco kui opo gk butuh kiprok maneh ta..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu mas. Aku tau nyobak gak masalah iki mas. Kudune gak dengung. Saiki sampeyan coba gawe rangkaian satu trafo koyok biasane, hasile bengung opo ora mas?

      Delete
  6. Mas, nek gae dioda kiprok piye carane?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ditya. Maaf baru balas. Sebenarnya bisa pakai dioda kiprox, tapi harga beli komponen jadi lebih mahal, karena tetap butuh 2 kiprox untuk rangkaian diatas. Tunggu saja, akan saya update mas, akan saya sertakan gambar beberapa metode menggabung 2 trafo untuk menambah daya amper menggunakan kuprox ataupun menggunakan dioda.

      Delete
    2. Sudah saya tambahkan gambar menggabung dua trafo pakai kiprox. Silahkan dilihat posting diatas.

      Delete
  7. kalo untuk nambah ampere dan volt gimana???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya harus salah satu mas. Jika mau nambah amper, maka voltnya tetap. Jika mau nambah volt, maka ampernya tetap. Perlu dipahami, Untuk menggabung dua trafo, maka kedua trafo tersebut harus sama amper dan voltnya. Jika tidak sama, maka tegangan dan daya tidak bisa seimbang antara tegangan plus minusnya.

      Delete
  8. Mas kalo travo sama-sama 5amper tapi 1 travo volnya sampe 32 dan yg satunya volnya sampe 45.. tapi tetep yg di gabung 32 vol apa bisa?

    ReplyDelete
  9. Terus nilai diodanya yg berapa mas? Untuk menggabung travo 5a..dkasih dioda kiprok nggak sebelum ke elco.?. maaf pemula mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diode 5A. Pakai diode atau kiprox sama saja mas. Sudah ada di gambar diatas.

      Delete
  10. Ok trimaksih mas. Sangat membantuπŸ‘πŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
  11. Aslmkm mas bahar.,kalo pakai 2 trafo 1 kiprok bisa gak,?
    Trafoku 10a kecil.,kiprok sudah ada 1

    ReplyDelete
  12. Mas,maaf mo nanya,,,apa benar dioda + dan dioda -yang ada di gambar disatukan jadi ct

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mas. Dari kiprox masing-masing trafo.

      Delete
  13. Mas, saya mau nanya nie...

    Saya ada 2trafo 5ACT dengan voltase 12, 18, 24 dan 30...
    Saya punya 2 kit dengan daya 200watt 24VDC dan 300watt 35VDC...
    Bisakah saya join 2trafo itu untuk memenuhi arus 2 kit itu?
    Maksud saya gini, saya join 24VDC dari 18VAC setelah kiprok dan 35VDC dari 24VAC...
    Jadi, nantinya saya akan punya 4kiprok dan 8pasang elco...
    Mohon bantuannya Mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini cara baru ya? Saya sih belum coba mas, tapi kalau Menurut saya mungkin bisa dengan cara sampeyan, saling join 2 trafo dengan supply silang. Nanti kalau hasil ok, bisa dishare disini mas he..he..

      Delete
  14. permisi mas, nanya.
    berbahaya gk 2 trafo (beda Ampere) diletakkan berdekatan? tapi itu tidak 1 rangkaian mas, yg 1 untuk ampli sedangkan yg 1 untuk adapter. mungkin jaraknya sekitar 5cm mas. nantinya ini mauu tak kasih kipas 1 aja. itu kira2 berbahaya gk mas? makasih.
    #Newbie

    ReplyDelete
  15. Mas. Kalau mau pakai yang 12v boleh kah? Dan gunain kapasitor berapa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh saja mas, sesuai kebutuhan. Kalau untuk keperluan standart, pakai elco 4700uf/50v x2 sudah cukup. Tapi ingat syarat menggabung 2 trafo adalah kedua trafo harus sama Amper dan tegangannya.

      Delete
  16. mas aku mau tanya. klo gabung trafo 5A ct. dioda yang digunakan ukuran berapa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diode 6A. Diode yg paling besar. Jika tidak ada, pakai kiprok 10A saja.

      Delete
  17. pak klo dua trafo beda volt, yg satu 5a 22volt yang satu 5a besar 25volt. klo digabung untuk nambah ampere aman ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak aman, karena beda amper dan beda volt, nanti hasil tegangannya tidak imbang. Syarat untuk menggabung dua trafo adalah sama ampernya dan besar kecilnya, volt juga harus sama. Kalau beda lebih baik tidak digabung.

      Delete
    2. tanya lagi pak, tone control 4tr, cuman ada pot trabel dan bass, volume, suaranya kok lebih banyak ke trable, sementara bassnya kecil. gimana cara nyeting atau modif biar bassnya nambah m empuk.

      Delete
    3. Kalau suara treble terlalu menonjol dan bass kalah. Untuk treble, Coba anda kecilkan nilai milar treble, posisi di sekitar potensio treble, nilai milar aslinya adalah 4n7 atau 472, ganti dengan milar 2n2 atau 222, agar treble lebih halus, jumlah milar ada dua.

      Untuk bass, ganti 4 milar 393 atau 473 disekitar potensio bass, ganti dengan milar 683 atau 104, agar bass lebih empuk. Selain dengan cara diatas, adalah dengan menambah kit rangkaian galaxi atau turbo bass, untuk menambah nada bass.

      Delete
  18. bantuanya kang,,saya punya trapo 5a 2buah tapi yg 1 cuman 12 ct 12,,,yang satunya 12- 32,ct,,
    nah rencan mau saya gabungin biar dapet 10a,,,,tapi 24 ct 24 atau lebih,,,,
    gimana ya kang caranya,,bingung,,,,yg satu cuman 12 v,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau beda volt, mending jangan digabung mas. Nanti hasil tegangan tidak seimbang.

      Delete
  19. ini volnya sama kang,, yg satu 12ct12 nah itu aja outputny,,dan yg satunya 12ct12 sampi 32,,,2 buah itu 5a,,,nah apa bisa kalau di gabung bisa menghasilkan 24ct24/10a,,,,
    saya bingungnya trapo saya yg 1 itu outputnya cuma 12ct,gx ada yg lain,dan saya butuhnya 24ct/10a,,gimana kang solusinya,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Anda bisa lihat 5 gambar skema di posting ini, nah silahkan lihat gambar no.4, anda bisa konek seperti gambar no.4 tersebut. Sudah sesuai juga pakai tegangan 12v-ct-12v. Jadi gak apa-apa mas kedua trafo tersebut digabung, asal pakai tegangan yang 12V saja, biar tegangan sama kedua trafo tersebut.

      Delete
  20. ok kang,kalau pakai dioda yg biasa bisa gx kang,dan butuh berapa buah,,?
    ,itu menghasilkan berapa amper kang kalau 5amper,,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Pakai diode total sebanyak 8 buah. 4 diode di bridge untuk satu trafo dan 4 diode di bride lagi untuk satu trafo lainnya. Bisa toh cara membridge 4 diode? He..he.. 4 diode di bridge sama dengan satu buah kiprok.

      Delete
    2. Yah kurang lebih 10A mas. Tapi masih lebih bagus trafo 10A asli. Tapi jika dibandingkan pakai satu trafo 5A dengan dua trafo 5A digabung, masih bagus dan kuat yang pakai 2 trafo 5A digabung.

      Delete
  21. ok lah kang,,,makasih ilmunya kang,,,semoga berkah,,,,,,

    ReplyDelete
  22. Sy punya 2 power Amplifeir mono dirakit dalam 1 tempat akan menahsilkan stereo bgaimana caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya 2 power mono sama saja dengan 1 power stereo. Power stereo itu ada 2 power mono dijadikan satu dalam satu pcb. Jadi kalau 2 power mono mau dijadikan stereo, maka tinggal buatkan 2 input L R, dan 2 output L R.

      Delete
  23. Bg travo 5 amper 47 volt sanggup gak untuk kit 3 set sanken 2922 dan 12 16

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tr Sanken 2SC2922/2SA1216 gak kuat untuk tegangan diatas 32v. Jadi gunakan maksimal tegangan 32v-ct-32v dari trafo.

      Delete
  24. Jadi pengen ikut nanya jga nih ke kang Bahar buat tambah ilmu..Hehe
    Jadi Input AC 220 nya tinggal di jamper saja kah 0 di jamper ke 0, sedangkan 220 nya di jamper ke 220 juga,,,
    Seperti itukah,,,terima kasih.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul mas. Sorry pada gambar diatas tidak saya sertakan koneksi pada bagian primernya, lupa mas he..he.. Yang penting anda paham. Selamat mencoba.

      Delete
    2. Siaaap kang Bahar...πŸ™πŸ˜πŸ˜€

      Delete
  25. Mas saya punya 2 travo 10a 32 ct tpi saya butuh volltase diatas 32 20a... Bila travo 1 diambil 25v dan ct disambung dengan ct travo ke2 tapi ctnya nanti tidak akan dijadikan titik 0.... Hanya untuk menyambungkan jadi 20a saja... Sedangkan travo ke 2 juga diambil 25v... Dan 25v travo ke1 itulah yg akan saya jadikan titik 0 atau ct... Dan 25v dari travo ke2. Akan dipasang dioda kiprok... Yang akan saya ambil untuk mensuplay -25v dan +25v seperti cara menambah volltase pada travo.... Nah yang saya tanyakan apakah rangkaian seperti itu bisa dilakukan untuk menambah amper sekaligus volltase..... Dan kalo bisa aman tatau tidak.... Mohon bantuannya.... Trimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya koreksi mas penjelasan sampeyan diatas. Jika anda menghendaki penambahan voltase dan amper, maka untuk koneksi seharusnya pin CT kedua trafo tidak digunakan atau tidak dikonek. Untuk koneksinya adalah :

      25v(trafo1) = out 50v

      25v(trafo1) = jadi CT
      25v(trafo2) = jadi CT

      25v(trafo2) = out 50v

      Untuk koneksi yang ditengah itu digabung jadi satu, menjadi CT. Sebelum dikoneksi ke power, test dulu berapa tegangan outnya dan pastikan koneksinya benar. Aman, selama tegangan dan koneksinya benar, maka baru boleh dikonek ke power. Jangan sekali-sekali langsung mengkonek ke power, sebelum anda memastikan rangkaian anda benar.

      Delete
  26. Oh iya mas lupa kalo cara yg saya sampaikan itu bisa apakah volltase yang di ambil 25v dari kdua travo itu apakah volltasenya menjadi 50v? Makih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul, tegangan akan naik jadi 50v. Tapi koneksinya seperti yang saya jelaskan diatas.

      Delete
  27. Untuk memperjelas lagi mas... Dari pada salah soalnya dananya. G mendukung... Kalo smpe salah kan bisa gulung tikar hhhh... Jadi 25v dari travo 1.a... disambung ke dioda (~) trus 25v dari travo 1.b... disambung ke 25v travo 2.a dan dan disambung ke elko untuk dijadikan ground... Dan 25v travo 2.b disambung ke dioda (~) dan jka benar hasilnya kurang lbih +50v ct -50v/20A seperti itu kah mas.... Mohon koreksinya kembali mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas he..he.. Setelah dirakit, tolong dicek dulu tegangannya mas. Jangan dulu dikonek ke power ya.

      Delete
  28. Ok... Oh ya mas mau tanya lgi mas... Apa yg di maksud menjadikan power menjadi dua tingkat seblum di btl... Menurut yg saya baca dri internet itu menyambungkan tr secara seri baru di btl agar tr final tidak gampang jebol apa yg di maksud dengan menseri tr itu menambah/memparalel tr final...?? Trus 1 lagi mas jika power mono 200watt itu dinaikan menjadi 600watt/lebih selain menambah tr final adakah komponen lain yg harus diganti dalam rangkaian kittnya, mungkin dari resistor atau elko... Mengingat semakin besar watt power semakin besar pula tegangan yg dibutuhkan, takut ada yg kebekar soalny asalnya power cma 200watt dengan 32 voll.... Mohon penjelasannya mas ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Saya kurang Begitu paham mas mengenai modifikasi power menjadi dua tingkat. Menurut saya kalau mau di btl, gak perlu dirubah mas. Memparalel dan menseri tr itu beda mas. Kalau yang anda maksud di modif menjadi dua tingkat, maka tr driver yang di dobel, tapi dihubung seri, bukan paralel.

      2. Yang dirubah tr driver dan tegangan supply ditambah. Komponen lain gak perlu dirubah. Beberapa komponen elco dirubah voltase dinaikkan, dari 50v menjadi 100v. Kemudian resistor daerah depan yang berhubungan dengan tegangan supply dan tr driver, diperbesar wattnya, dari R 1/2w diganti jadi R yang 2watt. Cuma itu saja sih menurut saya mas.

      Delete
  29. Ok mas makasih penjelasannya.... Maaf banyak nanya.... jangan bosen dengan pertanyaan kita kita ini mas... Karna ilmu mas jadi lebih bermanfaat dengan adanya kita yg belum mengerti.... Semoga tambah sukses mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini.

      Delete
  30. Permisi mas mau tanya lagi klo pwer mono dngan 3 set sanken untuk elconya idealnya ukuran berapa dan brapa pasang... Klo pake 10000/80volt 4 biji cukup kah untuk tegangan sekitar 40-50 volt

    ReplyDelete
  31. Mas, kalau gabung 2 trafo ct 5a, tetapi dg 1 dioda kotak, jadi sebelum masuk ke dioda tegangan trafo digabung dulu baru masuk ke dioda. Cara ini aman gak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa mas, itu sama saja dengan menshortkan trafo.

      Delete
  32. Salam Mas Bahar,... Met mlm ..
    Mohon Bimbingan lg ni Mas .
    Begini,... Saya Pny 2 Trafo 10A & 20A sama2 ada CT 47V .
    Saya Ada Liat di Google Kedua Trafo trsebut Bisa & Aman Jika digunakan dgn mnggabung kduanya untuk mndapatkan watt yg lbh besar, Yang rencananya akan saya gunakan untuk merakit PA 800watt mono x2 .
    Yg ingin saya tanyakan apakah kdua Trafo trsebut bisa & aman apa bila saya gunakan dgn sistem penggabungan utk 800watt Mono x 2, atau sebaiknya saya rakit PA nya dgn mnggunakan 2 Kit Power brbeda, Trafo 10A utk 600watt mono . Trafo 20A utk 1200watt mono ???
    Mohon Bimbingannya ya Mas :) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya, pilihan kedua yang benar mas. Syarat untuk menggabung 2 trafo adalah besar amper dan tegangan harus sama. Jika amper berbeda, jelas tidak bisa digabung mas. Maka pilihan kedua anda benar, jika trafo 10A untuk supply power 600w mono, trafo 20A untuk supply power 1200w mono. Dan perakitan supply kedua trafo juga harus terpisah. Jadi intinya dalam satu box ada dua power dengan supply sendiri-sendiri.

      Delete
  33. Terima kasih ya Mas atas Bimbingannya, Dgn Referensi & Penjelasan Sperti ini, Rasanya jd sdikit lbh yakin utk mnntukan pilihan ..
    Skali lg Thank's ya Mas ..

    ReplyDelete
  34. Permisi mas bahar mau nanya ni..
    Kalau 5 ampere besar dan kecil bisa tidak ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa mas. Karena beda amper. Meskipun tulisannya sama 5A, tapi fisiknya beda, maka amper juga jelas beda.

      Delete
  35. Assalamu'alaikum. Mas maaf, mau tanya. Saya nemu trafo jaman dulu yang lilitannya dibungkus casing plat. Gak ada tulisan apapun baik ampere atau voltase, cuma kabel - kabel saja ( Kayaknya trafo CT krn ada kabel warna hitam 1 buah, warna merah 2buah dan warna biru dua buah dibagian skundernya ). Ada switch 110 - 220. Kalau pingin tahu voltase sekundernya gimana yah mas cara ngukurnya, pake mutitester analog bisa ga mas....makasih sebelumnya...matur sembah nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Bisa mas. Posisikan avometer analog pada skala ACV 50V. Kemudian ukur tegangan pada kabel hitam dan merah, kemudian test lagi kabel hitam dan kabel merah satunya, keluar berapa volt? Kemudian untuk dua kabel warna biru itu adalah tegangan tunggal, cek pakai avometer bolak-balik gak masalah, keluar berapa volt? Jadi trafo anda tersebut ada 2 keluaran tegangan, yaitu simetris kabel warna merah-hitam-merah, dan tegangan tunggal kabel biru-biru.

      Delete
  36. Mas kalo power suplly smps diubah 55vdc jadi 45vdc gimana caranya mad

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bisa, tapi saya belum pernah coba. Biasanya power supply SMPS sudah dilengkapi VR pengatur tegangan untuk mengatur tegangan sesuai dengan yang kita inginkan. Coba cek apakah ada VR pengatur tegangannya?

      Delete
    2. VR pengatur teganganya gak mas .

      Delete
    3. Kalau gak ada berarti sudah di fix gak bisa dirubah. Tidak bisa dijelaskan disini mas, karena butuh percobaan perubahan beberapa komponen untuk adjust tegangannya. Nah posisi komponen ini yang harus di cek dulu.

      Delete
  37. Kang,sya punya trafo 10a n 5a,bisa gk digabung bwt nambah amperenya jd 15a? Klo bs apakah aman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa mas. Syarat untuk menggabung trafo adalah amper dan voltnya harus sama.

      Delete
  38. bos nanya., ane kn punya trafo 5a dua ., kalo d gabung hasilnya jd 32v 10 ampere bukan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalau anda pakai tegangan 32volt, maka amper akan jadi 10A.

      Delete
  39. makasih gan., soalnya mau nyoba ngerakit

    ReplyDelete
  40. Mau nanyaas bahar,
    Untuk.input tegangan tone comtrol +_G,
    Apa bisa hanya menggunakan 2 dioda dan 1 elco?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai trafo apa dulu mas? Ct apa engkel? Trafo sendiri atau dobel?

      Kalau pakai trafo ct, maka koneksi bisa menggunakan 2 dioda dan 1 elco, untuk mendapatkan tegangan (+_G).

      Delete
  41. Assalamu alaikum kang bahar,,
    mohon bantuannya untuk skema atau gambar dari aki truk 0-24v jadi CT 24v- 24v+
    terima kasih atas bantuanya semoga sehat selalu dgn segala rezekinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Amiinn. Secara skematik gak bisa dibahas di komentar mas. Nanti kalau ada waktu akan saya post jalur skemanya.

      Yang jelas harus pakai inverter 24 volt to CT 24v- 24v+. Tinggal konek saja mas, 24v inverter ke 24v aki, kemudian ada satu pin lagi yaitu pin (REM)pada inverter, itu konek ke 24v aki juga.

      Baru tegangan output inverter bisa dipakai.

      Delete
  42. Mas kalo gandeng 2 trafo 5A untuk mnambah ampere katax g kayak trafo 10A
    Bedanya dr segi apa mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari segi kekuatan Ampernya mas dan diameter tembaganya. Jelas beda karena karena pada trafo 10A asli diameter tembaga lebih besar daripada trafo 5A.

      Maka daya Amper 1 trafo 10A murni akan lebih besar dan kuat dibanding 2 trafo 5A digandeng mas.

      Delete
    2. Ohh... iya mas bahar.. kalo saya mngertix d ibaratkan 10A gabungan itu daya amperenya lebih kecil atw g smpai 10 A lah dari 10A murni..

      Delete
  43. Mas klo ga pke capasitor bsa ga?? Trafo ct

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau buat charger bisa mas gak pakai kapasitor.

      Delete
    2. Bagaimana mas rangkaian nya klo ct ?? Iyo engo nge cas aki mas
      15v

      Delete
    3. Silahkan lihat gambar rangkaian no.1 di posting ini. Ada dua trafo kanan dan kiri. Trafo sebelah kiri ada dua dioda, posisi negatif dioda ada dibawah digabung menjadi out positif.

      Silahkan lihat gambar trafo sebelah kanan. Posisi dioda positifnya dibawah digabung menjadi out negatif. Nah karena yang anda butuhkan hanya output negatif dan positif saja untuk charge aki, maka rubahlah posisi dua dioda trafo sebelah kanan sesuai dengan posisi dioda trafo sebelah kiri.

      Maka akan ada dua positif ditrafo 1 dan trafo 2. Silahkan gabung kedua CT trafo untuk jadi out negatif (-). Dan out positif dari kedua trafo juga digabungkan untuk menjadi out positif (+).

      Jika masih bingung, silahkan koment di g+, nanti saya bantu gambar skemanya disana.

      Delete
    4. Suwon mas ilmune.
      Tp mas saya mencoba yg gambar 01/pertama . Kan out dioda (-)trafo1 dan (+)trafo2. Dan (-)trafo1 saya smbubgkan ke CT trafo2 dan (+)trafo 2 sambungkan ke CT trafo1.. itu gmna mas??itu salah atau bsa sprti itu juga? Sudah saya ukur tgangan 15v dan ampere jd 4Ah

      Delete
    5. Bisa seperti itu mas. Itu sama saja dengan mendobel tegangannya.

      Delete
  44. Permisi mas bhar nmpang nanya.dlm pnggabungan 2 travo ct menambah amper seperti skema mas diatas pakai2 kiprok kiri dan kanan.itu tiap kiprok kita ambil satu tgangan + sama -.dan tegangan + dan - yg dbwah travo kita nganggurin mas..

    ReplyDelete
  45. Maksudnya kita ambil tegangan tiap kiprok kita ambil satu + sama - langsung kita sambung ke elco mas.trus tegangan + dan - masing" kiprok itu emang di kosongi y mas tidak di gabung mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh y mas,,cara menambah millar buat emi filter psu power.cara masangnya bagaimana mas ke diodanya.biar tegangan dc benar" besih mas.dan ukuran milarnya berapa mas??

      Delete
    2. Sekilas tentang EMI filter sebenarnya bukan pemasangan milar pada dioda mas. Tapi filter pada tegangan 220v pada primer trafo.

      Untuk pemasangan milar pada dioda psu power memang mirip dengan teknik emi filter, tapi saya belum tahu apakah itu juga termasuk emi filter?

      Untuk pemasangan milar pada dioda psu power amplifier bisa dibaca disini.
      http://www.baharelectronic.com/2016/07/cara-membuat-power-supply-simetris.html?m=1

      Delete
  46. Mas bahar jika kiprok trafo a dan trafo b berbeda amperex gpp ta mas bahar asalkan trafo nya voltasex sma??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa-apa mas. Asalkan amper dan voltase trafonya sama.

      Delete
  47. Sya punya 2 trafo mas yg 1 5a CT 32v dan satunya lg 10a CT 32v,klo sya gabungkan dgn pararel 2 kiprok bs gak mas? Sya ambil sistem tegannya dr masing2 trafonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum coba untuk cara ini, apakah bisa atau tidak? Tapi menurut saya percuma. Karena bisa saja short antar trafo, karena tegangannya ditabrakan.

      Delete
  48. Mas bahar kmrn aq bca2 ada nggabungin 2 trafo volt sma ampere sma..
    Cma plus kiprok 1 dan plus kiprok 2 d gandeng dan minusnya jg di gandeng minus. trus d msukan k elco
    Jdi d kirpok g ad yg nganggur. Bleh ta gitu mas bahar??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang ada mas. Kemarin dari beberapa rekan yang lain juga menanyakan hal sama, terus membandingkan dengan rangkaian diatas.

      Dalam hal ini saya belum melakukan uji coba hasilnya mas. Jadi belum tahu hasilnya, apakah dengan cara seperti itu bisa dipakai dan dapat menambah daya ampernya?

      Nanti kalau ada waktu akan saya lakukan uji coba dulu mas untuk mengetahui hasilnya.

      Delete
  49. Mas kalau 2 buah trafo 5A sudah digabung, cara ukur arusnya gimana ya biar kita pastikan hasilnya 10A !?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa diukur mas. Kita hanya bisa tahu pada saat dipakai di power. Perbedaan suara akan kelihatan, sebelum dan sesudah diparalel trafonya.

      Delete
  50. Mas ijin bertanya,
    Perbedaan trafo 5 ampere besar dan 5 ampere kecil apa mas bahar?

    ReplyDelete
  51. Mau nanya mas...
    Sesudah gambar diatas apakah masih menggunakan power suplay lagi...,apa udah bisa langsung ke power kit'y?
    Mohon penjelasannya mas...

    ReplyDelete
  52. Mas saya kmrn pasang trafo paralel..
    Hasil suarax ok banget
    Sipp..
    Lha dpt dua hari mas trnyta tk nyalak in dpt 2 lagu trafox kbakar 1..
    Kira2 apa penyebabx mas. Kok hanya kbakar 1 aja.
    Trus apa mgkn vbias power bsa mnyebabkn trafo kbakar..
    Mkasih mas mhon d bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari V bias, kayaknya sih gak mas.

      Anda pakai rangkaian yang mana?

      Mungkin kedua trafo tersebut beda ya mas? Gak sama persis, sehingga salah satu trafo kalah.

      Delete
    2. Aq pakai yg rangkaian prtma mas buat nambah ampere... yg gmbar no 1.
      Trafoku sma mas mmang sngaja tk blikan merkx sma volt sma ampere sma..
      2 hari tk pakek enk bnget mas pas d hti..
      Hri k 3 dpt 3 lagu kok lngsung hangus.
      Trus kira2 bner g mas..
      Kta ahli elektro d tmptku..
      Klo yg d panel 0-240 yg kbakar. Mgkn 0-220 msih bsa d pakai bla yg d bakar d lilitan yg 240..??
      Mkasih mas

      Delete
    3. Kok aneh ya. Pada waktu sebelum kebakar trafonya, apakah pernah anda cek panas kedua trafo tersebut, apakah panas dari kedua trafo tersebut sama panasnya?

      Kalau yang kebakar lilitan primernya, walaupun di 0-240, maka artinya ya tetap kebakar semua baik di 240v ataupun di 220v.

      Atau mungkin memang kebetulan kualitas trafonya jelek.

      Nah jika anda berniat mengganti trafo baru lagi, jangan lupa untuk cek panas kedua trafo tersebut. Panas trafo harus sama. Saya kuatir kemarin panas trafo gak sama. Sehingga trafo satunya kebakar.

      Delete
    4. Ya itu mas. Kyakx panas trafo g sma cz pas saya buka stelah kbakar. Yg kbakar itu panasx lbih panas dri yg satux..
      Pnyebab panas sbelah gitu apanya mas??

      Brarti klo yg skunder misal yg kbakar 42ct42. Mgkn yg 35ct35 msih bsa mas??
      Atau mgkn udh mnta d buang.. wkwkkwkw

      Delete
    5. Bisa, kalau mau digulung ulang mas he..he.. Kalau gak mau ribet buang saja.

      Delete
  53. Trafox sma maas. Merknya sma..
    Yg satu blix 15 tahun lalu satunya baru.
    Tp yg lama kok malah aman..
    Mgkn kualitasx mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mungkin saja trafo yang baru kualitasnya kurang baik he..he..

      Delete
    2. Mkasih mas..
      Kyakx memang pakai 1 trafo aja.. wkwkkwkwk listrikx jga biar hematπŸ˜†πŸ˜†

      Delete
  54. mw tanya maas...jika saya pnya travo ct...trus ct nya dibelah main stnggh glombang....apa itu bisa menambah amper

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Amper trafo itu tetap mas, meskipun rangkaiannya berubah. Itu hanya variasi rangkaian supply saja.

      Paling lebih stabil gitu saja.

      Delete
  55. Mau nyoba gabungin trafo lagi mas..
    Yg kmrn itu kiprokx yg beda kualitasx mas..
    Pa mgkn pngaruh dr kualitas kiprok jg pngaruh mas.
    Mau tk cba pake dioda aja.
    Kira2 klo msih panas sbelah apa yg hrus d lakukan mas bahar???
    Mkasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba saja dulu pakai dioda, nanti hasilnya bagaimana, share disini ya.

      Delete
  56. Gan, Misal saya buat 2 rangkaian PS Linear, Rangkain 1 yg - saya gabung dengan Rangkaian 2 yg + dijadiin CT, jadi Out nya + (R1), CT (R1+R2), - (R2). Bisa ngga? Jd Kit PS nya yg lebih Komplek, bukan cuma Elko saja. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Sudah saya bahas disini.
      https://www.baharelectronic.com/2018/05/koneksi-dua-power-supply-smps-single.html?m=1

      Delete
  57. Mas nanya mas...yg gambar nomr 1 itu kaki diodanya ada yg nganggur atau di satuin??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gambar no.1 kaki diodenya sudah terkonek semua itu mas. Mungkin gambar yang no.2, kalau pakai kiprok memang salah satu kaki kiprok tidak dipakai mas. Jangan disatukan, bisa konslet. Rangkai saja sesuai gambar.

      Delete
  58. Maaf melenceng.
    Di kit mixer roland ada dua input bertuliskan input high dan input Low.

    yang untuk microphonenya disambung kemana?
    auxnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk microphone konek ke input high.

      Dan untuk aux atau line in konek ke input low.

      Delete
  59. Selamat pagi pak bahar.. mau tanya kalau misalnya gabung 2 trafo ct tapi hanya pakai 1 buah diode kiprok kira-kira bisa nggak pak..? Kalo bisa apa pengaruhnya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Cuma harus dikoneksi tunggal dulu, maksudnya dijadikan koneksi trafo engkel.

      Kalau trafo Anda engkel atau trafo nol, maka bisa dikoneksi langsung pakai satu kiprok.

      Nanti akan saya update gambarnya.

      Delete
  60. Asalamungalaikum mas......saya punya trafo 2x10a,merek sama gedenya juga sama....voltasenya juga sama apakah kalau digabung bisa menjadi dua kali lipat ampernya.......karna buat angkat power ampli 1000 watt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Kalau hasilnya gak sama dengan dua kali lipat atau sama dengan trafo 20A. Tapi hasilnya lebih besar dari pada pakai satu trafo 10A.

      Delete
  61. Ass. Sy punya trafo jadul outputnya 4 kabel, AC lo 2 kabel(hitam) dan AC hi 2 kabel (kuning). pertanyaannya, ct nya koq ngga ada ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau konfigurasi outputnya seperti itu, out AC (low) dan out AC (high). Berarti itu ada dua gulungan sekunder terpisah dan beda tegangan. Jenis gulungan kedua output tersebut adalah tunggal atau engkel, bukan CT. Atau kalau dalam trafo biasa disebut trafo Nol atau trafo engkel.

      Ya memang gak ada CT nya mas, karena memang bukan gulugan CT.

      Tapi Anda bisa kok merangkai power supply CT pakai trafo itu, walaupun bukan CT he..he.. Caranya bisa Anda baca disini.
      https://www.baharelectronic.com/2016/11/cara-membuat-power-supply-simetris-dari.html?m=1

      Delete
    2. tapi ngga ada nolnya mas, sedangkan yg diartikel itu ada nolnya dan nolnya itu yg jadi ct (untuk mendapatkan ctnya nyambung kemana...?). tegangan di trafo ini klau diukur di skala dc dia tidak terbaca, sedangkan klau skala ac di avometer dia terbaca 10vac (kuning) 2,5vac (hitam)

      Delete
    3. Ya itu sama saja mas. Kan ada dua kabel toh.. 2 kabel kuning, berarti

      kabel (kuning 0) dan
      kabel (kuning volt). Boleh bolak-balik. Begitu juga 2 kabel hitam.

      Ya memang gak akan terbaca pakai skala DC, lah wong tegangannya masih AC he..he.. Ya harus disearahkan dulu mas pakai diode dan elco.

      Sepertinya tegangannya kecil itu mas. Cuma 10vac, kalau di DC kan mungkin akan jadi sekitar 14VDC.

      Delete