Sunday, February 24, 2019

Service Mode TV Sanyo Flat Slim

Alhamdulilah. Lanjutan dari artikel kemarin cara masuk service mode tv sanyo flat slim. Mungkin masih banyak yang bingung, cara masuk service mode itu bagaimana caranya mas? Kok saya coba, gak bisa masuk? Loh yang keluar kok menunya lain? Cara melihat menu sebelum dan sesudahnya bagaimana? Cara merubah nilai parameternya bagaimana? Cara keluar dari service mode? Dan banyak pertanyaan lainnya. Nah supaya tidak banyak tanya dan tidak bingung, jika masuk service mode tv sanyo flat slim, simak lebih lanjut. Cara ini khusus untuk tv sanyo flat slim.

Mungkin ada beberapa rekan merasa bingung jika sudah berhubungan dengan service mode tv. Apa itu service mode tv? Service mode adalah menu tambahan yang lebih lengkap untuk mengatur semua fungsi pada tv. Menu ini biasanya tersembunyi dan tidak dapat diakses langsung lewat tombol remote ataupun tombol manual di tv. Menu service mode hanya dapat dibuka dan diakses menggunakan kombinasi tombol ataupun angka pada remote dan tombol manual tv. Tujuannya agar mencegah service mode tidak diotak-atik yang bisa merusak tv itu sendiri, jika kita tidak tahu maksud dan tujuan merubah suatu parameter didalam service mode tersebut. Jadi kita harus hati-hati merubah nilai dari parameter di dalam service mode. Jangan lakukan perubahan nilai, jika memang tidak diperlukan.

Yang menjadi masalah dilapangan, jika kita mau masuk service mode biasanya menemui banyak kendala, misal gak bisa masuk, merubahnya bagaimana, dll. Padahal sudah menggunakan caranya dengan benar, kenapa kok gak bisa masuk? Nah ini point terpenting jika kita ingin berhasil masuk service mode. Karena menggunakan kombinasi tombol remote dan tombol manul tv, maka pastikan kondisi tombol remote dan tombol manual tv dalam kondisi baik dan normal. Biasanya yang menjadi masalah adalah rusaknya tombol manual tv. Sehingga pada saat kita melakukan kombinasi, tidak bisa berjalan sempurna. Bisa juga remote yang kita gunakan tidak asli bawaan tv. Untuk mengatasi hal tersebut, maka lakukan penggantian tombol-tombol baru manual di tv, jika memang sudah bermasalah. Gunakan remote asli. Jika kedua point diatas sudah dibenahi, maka masuk service mode akan lebih mudah.

Bagaimana cara masuk service mode pada tv sanyo flat slim ini? Berikut gambar dan cara kombinasi tombol yang harus dilakukan. Pertama, tekan tombol MENU di remote (tahan). Kemudian tekan tombol VOL+ di tv.


Ingat pastikan tombol manual tv berfungsi normal. Jika tidak, maka Anda akan kesulitan masuk service mode. Langkah ini adalah yang utama. Jadi pastikan semua tombol berfungsi normal. Setalah Anda melakukan kombinasi tombol diatas, maka Anda akan masuk menu service mode. Seperti gambar dibawah ini.


Gambar diatas adalah gambar menu didalam service mode. Jika Anda gagal melakukannya, silahkan coba lakukan kembali dari awal langkah diatas. Sampai bisa masuk menu service mode. Jika memang masih belum bisa masuk, Anda bisa mencoba kombinasi tombol yang lain, yaitu dengan tekan MENU di tv (tahan). Kemudian tekan tombol angka 1 di remote. Tapi percobaan saya kemarin, cukup menggunakan cara yang pertama, sudah bisa masuk service mode. Nah jika sudah masuk menu service mode seperti diatas, bagaimana cara mencari menu lainnya, sebelum dan sesudahnya. Kemarin juga sempat bingung juga, tombol yang mana untuk merubah menunya? Ternyata eh ternyata pakai tombol TIMER dan MUTE di remote.


Anda bisa melakukan pencarian parameter menu pada service mode menggunakan tombol Timer dan Mute di remote. Tombol Timer untuk next menu dan tombol Mute untuk prev menu. Akhirnya bisa juga mencari menu yang lainnya he..he.. Jika Anda kebablasan mencari menunya, tinggal next dan prev saja menunya. Karena menunya banyak, akan cukup lama jika kita mau mencarinya dari awal. Jika ada tombol prev, maka kita bisa mencari menu sebelumnya tanpa mulai lagi dari awal. Setelah ketemu cara next dan prev menu di service mode, tinggal cara merubah nilai parameter dari menunya bagaimana? menambah dan mengurangi nilai parameter menu. Caranya adalah menggunakan tombol VOL- dan VOL+ di remote.


Untuk merubah nilai dari parameter menu, cukup menggunakan tombol Vol- dan Vol+ di remote. Setelah nilai parameter dirubah, untuk keluar dari service mode cukup tekan tombol MENU di remote satu kali dan matikan tv. Setelah tv dinyalakan kembali, maka parameter baru sudah digunakan. Jika ingin melakukan perubahan kembali, silahkan ulangi semua langkah diatas. Agar mudah masuk service mode, maka pastikan semua tombol berfungsi normal, baik tombol remote atau tombol manual tv. Dan usahakan selalu menggunakan remote asli. Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Kang saya mau nanya nih,PSU saya ko waktu di ukur output nya tidak sesuai output trapo?
    Saya menggunakan trapo 5A dg out 32,ct,32.rangkaian nya 2 elco 10.000uf/50v dan kiprok 5A.di coba pake 4 dioda 6A sama ajah waktu di ukur pake avo out PSU nya di bawah 20v.
    Dan saya pake USB blotht jd ngga bersih ,ada suara nyelekit gitu tp bukan dengung,tolong mas solusinya dan maaf banyak nanya.
    Sukses selalu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sebelumnya mohon maaf, kemarin sempat mau saya buatkan tutorialnya, tapi terbentur waktu, jadi belum jadi.

      Ya itu karena hasil tegangannya gak bener mas. Coba Anda cek lagi rangkaiannya, mungkin ada yang salah. Harusnya jika rangkaian Anda benar, maka hasil outputnya sekitar 45v.

      Delete