Trik Jumper IC LV1116N TV Sanyo Flat Slim

Alhamdulilah. Next posting kali ini adalah cara atau trik jumper IC LV1116N pada tv Sanyo Flat Slim. Setelah sebelumnya saya posting problem suara gembrodok atau kemresek pada tv sanyo ini, dengan menggunakan cara menahan tegangan Vcc 9 volt pada ic LV1116N. Ternyata percobaan pada waktu itu gagal dan hanya bertahan hanya beberapa hari, problem suara gembrosok muncul kembali. Problem muncul lebih parah yaitu muncul noise pada suara meskipun volume pada posisi nol. Dan jika volume dibuka, maka suara menjadi tidak jelas dan ngeprek. Akhirnya pengerjaan tv ini pun berlanjut he..he..

Karena trik no.2 yaitu dengan cara menahan tegangan Vcc ic LV1116N gagal, maka salah satunya cara adalah menggunakan trik no.3 yaitu trik jumper ic LV1116N. Yang dimaksud menjumper ic LV1116N adalah mematikan fungsi dari ic LV1116N dengan cara membaypass jalur input power langsung ke output audio ic utama pada tv sanyo yaitu ic LA76938. Ternyata cara atau trik jumper ic LV1116N pada tv sanyo flat slim ini berbeda dengan trik jumper pada tv LG flatron. Kenapa kok bisa berbeda mas? Ya karena sudah saya coba dengan memotong dan membaypass jalur input dan output pada ic LV1116N sesuai dengan trik no.3 pada tv LG flatron, dan hasilnya suara langsung keras dan gak bisa disetel besar kecilnya suara. Walaupun sudah dilakukan penyetelan parameter pada service mode dengan merubah parameter S-ST menjadi nol. Sempat bingung juga, kenapa trik jumper no.3 pada tv LG flatron ini tidak bisa diterapkan pada tv sanyo ini? Apa yang membuatnya beda? Setelah lama saya amati, ternyata perbedaannya ada pada jalur output audio ic utama kedua tv tersebut.

Pada ic utama LA76938 tv sanyo, audio outputnya terpisah antara mono dan stereonya. Saya kurang begitu paham dengan jalur sistem stereo pada audio tv sanyo ini. Yang jelas singkatnya adalah jika kita mau merubah audionya menjadi mono, maka kita juga harus mengganti jalur outputnya menjadi mono lewat jalur audio output pada ic LA76938 tersebut. Dan tidak bisa dilakukan hanya dengan membaypas input dan ouput ic LV1116N saja seperti dilakukan pada tv LG flatron. Jadi jalur input power harus dijumper langsung ke pin audio output ic LA76938. Pada pin berapa output audio pada ic LA76938 ini? Silahkan lihat gambar dibawah ini.


Jalur audio out ic LA76938 ada di pin no.6. Jadi untuk menjumpernya dengan out ic LV1116N, silahkan konek pada pin 6 ini. Bagaimana cara mengkoneksinya? Berikut gambar skema koneksi pin audio out LA76938 ke pin audio output ic LV1116N.


Sebelum menjumper potong dahulu jalur pin 14 dan 23 ic LV1116N. Jalur ini adalah jalur yang menuju input power amplifier. Jadi ini adalah cara termudah untuk melakukan jumper audio tanpa harus ribet mencari titik jumper dan mencopot komponen. Trik ini tidak perlu melepas komponen dan tinggal konek saja langsung ke pin 6 ic LA76938. Setelah memotong jalur pada pin 14 dan 23 ic LV1116N, maka kedua jalur tadi kita gabung jadi satu, kemudian tinggal konek langsung ke pin 6 ic LA76938. Berikut gambar penyambungan langsung pada pcb.


Silahkan lakukan penyambungan seperti pada gambar diatas. Yaitu gabungan dari pin 14 dan 23 ic LV1116N, kemudian konek langsung ke pin 6 ic LA76938. Setelah melakukan penjumperan seperti diatas, lakukan perubahan paramater dulu dengan masuk service mode. Untuk merubah parameter mode ST menjadi nol. Agar volume bisa disetel lewat remote dan tombol volume pada tv.

Untuk merubah mode ST harus masuk masuk service mode dengan cara tekan MENU di remote (tahan), bersamaan tekan VOL+ di tv. Nanti akan masuk service mode. Kemudian cari parameter Sound ST atau S-STE. Silahkan rubah parameter S-STE dari 1 menjadi 0. Berikut gambar posisi parameter service mode S-STE yang harus dirubah.


Gambar diatas adalah posisi service mode sebelum saya rubah nilai parameternya. Silahkan rubah nilai parameter S-STE dari 1 menjadi 0. 


Parameter S-STE sudah saya rubah menjadi nol. Untuk keluar dari service mode, slihkan tekan MENU di remote satu kali, kemudian matikan tv. Setelah itu coba nyalakan tv dan test suaranya dengan menekan tombol Vol+ dan Vol-, baik pakai remote atau pakai tombol manual di tv. Jika percobaan Anda berhasil, harusnya hasil suara sudah bersih dan dapat diatur suaranya lewat tombol Vol+ dan Vol-.

UPDATE: Untuk langkah step by step cara masuk service mode atau bagi yang masih bingung cara masuknya bagaimana? Bisa dibaca disini.

Perhatian: Dengan melakukan trik ini, maka otomatis fungsi dari ic LV1116N akan mati dan otomatis setelan BASS dan TREBLE pada menu tidak akan berfungsi. Begitu juga dengan fungsi SURROUND dan EXTRA BASS tidak berfungsi. Tapi fungsi Vol+ dan Vol- tetap bisa berfungsi normal. Jadi harap dijelaskan terlebih dahulu pada pemilik tv, tentang perubahan yang akan terjadi, sebelum Anda melakukan penjumperan. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led