Monday, October 2, 2017

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Next posting berikut adalah cara menambah volt dan mikrofarad elco atau kapasitor. Beberapa waktu yang lalu ada pertanyaan di g+ menanyakan bagaimana cara menambah kapasitas mikrofarad elco? Kemudian saya jawab dengan mudah, ya tinggal paralel saja mas he..he.. Eehh.. Ada yang nambahin dari rekan yang lain, bahwa ada cara selain bisa menambah mikrofarad juga bisa sekalian menambah voltase dari elco tersebut. Yaitu dengan kombinasi hubung SERI-PARALEL. Dari pertanyaan itu saya baru tahu bahwa ternyata kemampuan volt elco bisa ditambah. Padahal selama ini yang saya tahu hanya bisa menambah mikrofarad saja. Bagaimana caranya, simak lebih lanjut ya.

Sama dengan Resistor, sebuah elco atau kapasitor ternyata bisa dihubung seri dan paralel. Tapi ada perbedaan hitungan rumus antara resistor dan elco. Yang mana jika resistor dihubung paralel, maka nilai resistor akan berkurang atau lebih kecil. Tapi pada elco, jika dihubung paralel, maka nilai kapasitas mikrofarad akan bertambah dan volt tetap. Begitupun sebaliknya jika resistor dihubung seri, maka nilai ohm resistor akan bertambah. Dan pada elco, jika dihubung seri, maka nilai kapasitas mikrofarad akan berkurang atau lebih kecil dan volt bertambah. Tidak saya jelaskan lebih detail mengenai rumusnya, tapi lebih kepada koneksi penyambungan pada elconya bagaimana? Untuk rumus lebih detail akan saya bahas di posting berikutnya.

Dari sedikit penjelasan diatas, kita ambil 2 kesimpulan bahwa sebuah elco atau kapasitor dapat kita tambah kemampuan volt dan mikrofaradnya. Penjelasannya sebagai berikut.

ELCO DI SERI = Mikrofarad berkurang dan Volt bertambah.
ELCO DI PARALEL = Mikrofarad bertambah dan Volt tetap.

Jadi selama ini yang sering kita lakukan adalah memparalel elco guna menambah kapasitas mikrofarad kapasitor, tapi kemampuan voltase elco tetap. Misal kita memparalel 2 elco 10000uf/50v, maka jika dihubung paralel, elco tersebut menjadi 20000uf/50v. Bagaimana sudah jelas? Inilah yang sering kita lakukan pada umumnya. Tapi jika sudah berhubungan dengan high voltage atau tegangan tinggi diatas 50v, maka 2 elco 10000uf/50v ini sudah tidak bisa digunakan lagi. Apakah benar seperti itu? Jawabnya tidak. Kedua elco tersebut ternyata masih bisa kita gunakan dengan tegangan diatas 50v dengan cara elco tersebut kita hubung seri. Tapi dengan satu konsekuensi bahwa jika elco dihubung seri, maka kapasitas elco akan menjadi berkurang 2x lipat, tapi keuntungannya adalah volt dari elco tersebut juga bertambah jadi 2x lipat. Misal jika 2 elco 10000uf/50v tadi kita hubung seri, maka akan didapat sebuah elco yaitu elco 5000uf/100v. Yah mikrofarad akan berkurang jadi 2x lipat jadi cuma 5000uf, tapi kita dapat volt elco jadi 100 volt he..he.. Untuk rumusnya nanti saja pada posting berikutnya. Sekarang kita fokus pada prakteknya dulu ya. Praktek nomer 1 teori nomer 2 he..he.. Lanjut.

Apakah sudah jelas sedikit penjelasan saya diatas? Kalau sudah jelas mari kita lanjut pada gambar koneksinya. Berikut gambar koneksi elco jika kita menginginkan kemampuan voltase elco dapat bertambah 2x lipat yaitu dengan dihubung seri.


Gambar diatas dapat kita lihat dengan jelas, 2 buah elco 10000uf/50 yang dihubung seri menjadi sebuah elco 5000uf/100v. Mudah bukan? Yah seperti itulah caranya. Jika ada yang bertanya, apakah cara ini aman? Saya jawab, aman 100%. Tapi ya itu tadi kapasitas mikrofarad jadi turun 2x lipat karena elco dihubung seri. Ada rumusnya, nanti saya jelaskan diposting berikutnya. Terus bagaimana jika kita ingin mendapatkan elco dengan nilai 10000uf/100v dengan menggunakan elco 10000uf/50v? Jawabnya bisa. Yaitu dengan menggunakan 4 buah elco 10000uf/50v yang kita hubung SERI-PARALEL. Penjelasan dibawah ini. Berikut gambar koneksinya.


Gambar diatas adalah gabungan hubung seri dan paralel. Untuk mendapatkan nilai sebuah elco 10000uf/100v, maka dibutuhkan 4 elco 10000uf/50v yang kita hubung seri-paralel. Pertama adalah elco kita hubung seri dulu seperti gambar nomor 1. Untuk mendapatkan sebuah elco dengan nilai 5000uf/100v. Kemudian jika kita ingin mendapatkan sebuah elco 10000uf/100v, maka dibutuhkan 2x elco 5000uf/100v yang kita hubung paralel. Jadi kita buat 2 elco dihubung seri dan 2 elco dihubung seri, kemudian diparalel. Untuk lebih jelas, silahkan lihat gambar nomor 2. 

Nah setelah kita tahu bahwa elco dapat kita hubung seri untuk mendapatkan kemampuan voltase naik 2x lipat. Terus bagimana jika kita ingin agar elco dapat kita tambah kapasitas mikrofaradnya sekaligus tambah voltasenya? Yaitu dengan mengkombinasikan koneksi SERI-PARALEL. Hubung SERI untuk mendapatkan voltase 2x lipat. Kemudian hubung PARALEL untuk mendapatkan kapasitas mikrofarad 2x lipat. Jadi komplit sudah anda bisa mendapatkan keduanya, tambah volt dan tambah mikrofaradnya sekalian, yaitu dengan hubung SERI-PARALEL. Bagaimana caranya? Berikut gambar lengkap sebuah power supply simetris HIGH VOLTAGE untuk power amplifier dengan hanya menggunakan 8 buah elco 10000uf/50v, untuk dijadikan 2 buah elco dengan nilai 10000uf/100v.


UPDATE!
Ada yang bertanya lewat g+. Bisakah 4 buah elco dijadikan power supply simetris seperti gambar diatas? Jawabnya bisa. Dan berapakah minimal jumlah elco yang bisa kita hubung seri untuk dijadikan power supply simetris high voltage power amplifier? Jumlah elco yang dibutuhkan adalah minimal 4 buah elco. Jika hanya ada 2 elco, maka tidak bisa kita koneksikan untuk menambah volt dalam rangkaian power supply simetrsi. Jadi jumlah elco minimal adalah 4 buah. Berikut gambar power supply simetris high voltage menggunakan 4 buah elco 10000uf/50v untuk dijadikan elco 5000uf/100v.


Memang kelemahan dari hubung seri menggunakan 4 elco diatas adalah nilai mikrofarad nilainya turun kita bagi 2. Tapi sisi keuntungannya adalah volt elco akan naik jadi 2x lipat. Digambar sudah jelas, bagaimana koneksi menggunakan 4 buah elco yang dihubung seri untuk menambah volt dalam rangkaian power supply simetris. Misal 4 buah elco itu nilainya 10000uf/50v, jika dihubung seri, maka akan jadi 2 elco dengan nilai 5000uf/100v. Untuk lebih jelas, silahkan lihat gambar nomer 4.

Bagaimana sudah jelas bukan? Jadi jika kita ingin menaikkan tegangan supply, tapi terkendala dengan volt elco yang kurang besar, maka rangkaian diatas bisa dijadikan solusi buat anda. Anda cukup tinggal merubah koneksi SERI-PARALEL pada elconya. Dan kita tidak perlu lagi membeli elco lagi dengan volt yang tinggi, karena kita masih bisa mengakalinya dengan cara diatas. Untuk jumlah elco anda bisa menambahkannya sendiri sesuai kebutuhan. Gambar diatas hanya contoh koneksi penyambungannya saja. Untuk jumlah mikrofarad dan volt yang dibutuhkan, anda bisa menambahkannya sendiri.  Untuk dioda atau kiprok silahkan anda sesuaikan sendiri dengan besar Amper trafonya. 

UPDATE !!!
Banyak yang bertanya lewat g+ tentang hal ini. Ada beberapa pertanyaan yang nanti akan coba saya bahas disini. Pertama, bagaimana cara koneksi 3 elco dihubung seri? Apakah hasil voltasenya juga bertambah 3x lipat? Jawab,betul. Jika 3 elco dihubung seri, maka voltase yang didapat adalah jumlah total volt elco yang ada atau jika ketiga elco tersebut mempunyai voltase yang sama, maka voltase elco tinggal kita kali 3. Tapi jika voltase elconya berbeda, maka silahkan tambah dan jumlah total volt elco yang ada. Misal ada 3 buah elco dengan volt yang sama yaitu 50v, kemudian diseri, berapa total voltase elco ini setelah dihubung seri? Jawabnya adalah 50x3=150v. Jadi jika 3 elco 50v dihubung seri, maka hasil total voltase elco adalah 150 volt. Tapi kekurangan jika elco dihubung seri adalah kapasitas elco akan menurun. Semakin banyak elco yang dihububung seri, maka kapasitas mikrofarad semakin kecil. Contoh misal ada 3 buah elco 10000uf/50v, jika dibubung seri semuanya, maka akan jadi sebuah elco 3333uf/150v. Berikut gambar koneksinya.


Anda bisa lihat gambar diatas, tiga elco 10000uf/50v yang dihubung seri untuk menghasilkan voltase elco menjadi 150v. Sisi kelemahannya adalah kapasitas mikrofaradnya berkurang menjadi 3333uf saja. Karena mikrofarad ketiga elco ini sama 10000uf, maka untuk mencari jumlah mikrofaradnya tinggal kita bagi tiga. Yaitu 10000uf/3=3333uf.

Kemudian karena voltase ketiga elco tersebut juga sama 50v, maka volt elco tinggal kita kali tiga. Yaitu 50v x3=150v. Terus bagaimana jika ketiga elco ini votasenya berbeda, berapa total voltasenya? Kalau ketiga elco tersebut beda voltase, maka tinggal kita tambahkan dan jumlahkan saja semua voltase elconya. Contoh misal ketiga elco tersebut voltnya adalah 50v+70v+80v, berapa total voltasenya? Tinggal kita tambahkan saja, berarti total volt elconya jadi 200 volt. Jadi kemampuan volt elco jadi 200 volt.

Berikut contoh koneksi elco beda volt dihubung seri. Ini sekaligus menjawab pertanyaan kedua dari rekan kita di g+ yang menanyakan, bisakah 2 elco beda volt dihubung seri, untuk menambah volt? Jawab, bisa. Berikut gambar koneksinya.


Anda bisa lihat gambar diatas adalah 2 elco beda volt diseri, yaitu elco 70v dan 50v. Bolehkah kedua elco beda volt ini dihubung seri untuk menambah volt? Jawab, boleh. Berapa hasil total volt elconya? Untuk hasilnya tinggal kita tambahkan saja kedua volt elco tersebut, yaitu 70v+50v=120v. Jadi volt elco akan menjadi 120 volt. Bagaimana dengan kapasitas mikrofaradnya? Karena kedua elco ini mikrofaradnya sama, maka total mikrofarad tinggal kita bagi 2. Yaitu 10000uf/2=5000uf. Jadi total mikrofaradnya adalah 5000uf. Jadi jika kedua elco 10000uf/70v dan 10000uf/50v dihubung seri, akan menjadi sebuah elco 5000uf/120v. 

Pertanyaan ketiga. Bagaimana jika 2 elco yang akan kita hubung seri mempunyai mikrofarad berbeda? Apakah bisa kita hubung seri? Jawab, bisa. Bagaimana cara menghitungnya? Untuk elco beda mikrofarad, jika kita hubung seri, maka harus menggunakan rumus. Rumusnya sama dengan rumus resistor. Berikut adalah gambar koneksi 2 elco beda mikrofarad diseri.


Anda bisa lihat gambar diatas. Ada dua elco yang dihubung seri yaitu elco 47000uf/50v dan 33000uf/50v, berapa total kapasitas mikrofaradnya setelah dihubung seri? Kita pakai rumus dulu.

1/C1+1/C2=Ctotal
1/47000+1/33000=
33/1551000+47/1551000=
80/1551000=
1551000/80=
19387,5uf

Jadi total mikrofarad kedua elco tersebut adalah 19387,5 uf. Karena kedua elco tersebut voltasenya sama 50v, maka tinggal kali 2, yaitu 50x2=100v. Jadi kedua elco 47000uf/50v dan 33000uf/50v jika dihubung seri akan menjadi sebuah elco 19387,5 uf/100v.

Pertanyaan ke empat, sekaligus pertanyaan terakhir adalah bagaimana jika kedua elco ini beda mikrofarad dan beda voltase, bisakah dihubung seri untuk menambah volt? Jawab, bisa. Jawaban dari pertanyaan yang ke empat ini adalah hasil gabungan dari pertanyaan kedua dan ketiga. Berikut gambar koneksi 2 elco beda volt dan mikrofarad diseri.


Anda bisa lihat gambar diatas. Ada dua elco yaitu elco 47000uf70v dan 33000uf/50v. Bisakah kedua elco beda volt dan mikrofarad ini diseri? Jawab, bisa. Untuk cara menemukan hasil dari mikrofarad anda bisa lihat pertanyaan ketiga. Jadi hasil mikrofarad adalah 19387,5 uf. Untuk jumlah total voltase, anda bisa lihat pertanyaan kedua. Jadi total voltase kedua elco ini adalah 120v. Jadi kedua elco 47000uf/70v dan 33000uf/50v jika dihubung seri akan menjadi sebuah elco 19387,5 uf/120v.

Itulah beberapa pertanyaan dari rekan kita di g+, sekaligus jawabannya. Menurut saya perlu untuk di update di postingan, agar tidak hilang dan bisa dipelajari untuk semua rekan yang lain. Karena pertanyaan-pertanyaan diatas kadang masih ada yang belum mengerti, bagaimana cara koneksi dan menghitung jumlah volt dan mikrofaradnya. Semoga dengan sedikit penjelasan diatas dapat menjadi pencerahan buat rekan-rekan yang lain. Semoga bermanfaat

210 comments:

  1. mas mau nanya yentang dioda yang bijian sama yang kiprok.kalau yng kiprok kan dah jelas ada ampere y tapai kalau bijian yang dirangkai 4 niji kl 1 bijiy senilai 6 ampere kalau 4 biji jadi berapa ampere mas...yg digabung sama elco itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang untuk diode yang bijian yang ada paling besar di pasaran adalah 6A. Kalau dirangkai 4 biji menjadi full bridge seperti kiprok, maka dioda akan tetap jadi 6A. Dan Itulah kelemahannya. Jadi kalau mau dipakai dengan trafo diatas 10A, maka harus cari dioda bijian dengan Amper diatas 10A. Sebenarnya ada kok mas dioda bijian diatas 10A, tapi ya agak susah carinya. Saya pernah menjumpai ada dioda dengan Amper sampai 35A.

      Nah karena kesulitannya mencari dioda bijian dengan Amper besar, maka solusi paling gampang adalah pakai kiprok. 4 dioda Full bridge itu sama saja dengan sebuah kiprok. Jadi gak masalah jika rangkaian diatas diganti pakai kiprok.

      Delete
  2. jadi kl yg bijian mentoky 6 ampere mas..jd kl lebih dah pakai yg kiprok, n untuk kelipatny yg kiprok brp mas apa dr 10 15 20 dst..apa kelipatan 5,sΔ·i lg terima kasih mas penjelasany mudah di mengerti n fast respon he..hee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih mudahnya seperti itu mas. Kiprok 5, 10, 15, 20, 25, 30, 35 Amper, dst.

      Jika anda rencana pakai kiprok, tips buat anda adalah pakailah Amper kiprok lebih besar dari Amper trafo. Contoh jika anda pakai trafo 10A, maka lebih baik gunakan kiprok 15A atau 20A. Meskipun pakai kiprok 10A gak masalah. Cuma supaya lebih kuat saja.

      Delete
    2. wah...penjelasan.nya mudah di mengerti...mantap...makasih boss

      Delete
  3. oh ya mas ada yg lupa nanya lagi.kalau pa pakai 10 ampere trs dioday pake 6a 4 biji bearti ampere dioday kurang besar..n hrs di atas 10 ampere dioday...n pengaruhy apa mas kl ttp pakai 6 ampere dioda n trafo 10 ampere

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya selaman ini merakit power menggunakan 4 dioda 6A full bride, dengan menggunakan trafo 10A gak masalah mas, aman saja. Gak ada pengaruh apa-apa. Normal saja. Cuma aman sampai maksimal trafo 10A ya. Kalau diatasnya, langsung ganti pakai kiprok.

      Klau pakai trafo 15A, ya jangan pakai dioda 6A lagi, langsung ganti kiprok saja.

      Delete
  4. ok terima kasih penjelasany mas..semoga ilmuy bermanfaat bagi saya terutama pembaca blog y mas bahar...smg pertanyaan saya mewakili yang lainnya.

    ReplyDelete
  5. Mas mau nanya cara menentukan nilai elco mikrofarad nya berapa sama volt nya gimana ya mas untuk power supplay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nilai mikrofaradnya tergantung mas. Lebih besar lebih bagus. Yang terpenting adalah voltnya. Jika anda pakai tegangan 25vac dari trafo, maka harus dikonvert dulu ke DC berapa hasilnya? Baru ditentukan besar volt elconya. Misal jika anda pakai tegangan 25vac dari trafo, maka dikonvert ke Dc adalah 25VAC x 1,414 = 35,35VDC. Maka volt elco harus diatas tegangan DC tersebut. Jika hasilnya 35VDC, maka volt elco yang diperlukan adalah elco 50volt. Jadi intinya tegangan elco harus lebih besar dari tegangan DC yang dihasilkan.

      Delete
    2. Nanya lagi mas 1,414 itu di dapat dari mana mas

      Delete
    3. 1,414 adalah satuan untuk menkonvert tegangan dari AC ke DC. Secara hitungan. Dari mana asalnya saya belum tahu. Kebanyakan pakai satuan itu untuk menkonversi tegangan AC ke DC. Itu hanya hitungan pak, cuma buat acuan perkiraan saja. Hasil pastinya ya harus dicek pakai avometer.

      Kalau disuruh cari angka itu dari mana asalnya? Bukan keahlian saya untuk mencarinya he..he.. Saya tinggal pakai saja. Asal hasilnya tidak beda jauh, menurut saya gak masalah pakai satuan itu.

      Delete
  6. Nanya Mas,...
    Gmn kalo 12 Elco 10000uf/80v dirangkai dgn cara seperti diatas, utk trafo 20a 47v ct 47v. apakah pengaruhnya akan bagus, semakin bagus, atau tidak perlu lg dirangkai seperti itu ???

    ReplyDelete
  7. Kalau hanya pakai tegangan 47v-ct-47v, pakai elco 10000uf/80v, ya gak usah dirangkai kayak diatas mas. Volt elconya masih mampu. Kalau dirangkai kayak diatas, anda rugi karena mikrofaradnya berkurang.

    Cara diatas adalah alternatif cara menambah volt elco, jika memang volt elco kurang dari tegangan trafo. Contoh jika anda pakai tegangan 47v-ct-47v menggunakan elco 10000uf/50v, ini jelas volt elco gak mampu untuk tegangan 47vct dari trafo. Maka boleh dirangkai seperti diatas, dengan konsekuensi mikrofaradnya berkurang, tapi volt elco nambah jadi 2x lipat.

    ReplyDelete
  8. Owhh,... bgitu y Mas , Skrg sy jd smakin mngerti .
    Oya Mas, mo nanya lg ni .
    Jika satu PA walaupun antara Chanel L & R nya masing2 menggunakan rangkaian berbeda, 1trafo, Dioda Bridge, Elco masing2, ketika digunakan contoh dgn DvD, Mixer & Pre Amplifier stereo, maka suara yg kluar akan trdengar agak berbeda antara chanel L & R seperti yg satu agak mendem ke Bass & yg satu lg lebih trasa ke treble, padahal penggunaan speaker dgn jumlah yg sama ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu relatif dan banyak faktor mas.

      Bisa memang dari rekaman kepingan VCDnya, atau dari mpeg playernya. menurut saya itu wajar dan normal mas.

      Penyebab kedua mungkin bisa saja pengatur nada anda entah itu mixer atau parametrik memang ada sedikit perbedaan nada, karena setelan potensio stereo kadang ada selisih antara L dan R nya. Dan ini menurut saya normal dan wajar.

      Jika ingin membuktikan ketidakseimbangan ini, maka lakukan ujicoba dengan membalik input power dari L R menjadi R L. Apakah posisi suara berubah atau tetap?

      Delete
  9. Nanyak Mas..saya punya travo toroid 47v 10a ct,bsa tdak pake 2buah elco 60v 16000uf.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya gak bisa. Kurang besar voltase elconya. Minimal pakai elco 80 volt baru mampu untuk tegangan 47v dari trafo.

      Karena tegangan 47 volt tersebut akan naik setelah di searahkan dengan dioda dan elco. Hasilnya akan lebih tinggi dari 47v. Menurut perhitungan tegangan 47VAC dari trafo jika dijadikan DC akan menjadi 47VAC x 1,414 = 66,45VDC. Elco anda cuma 60 volt, jelas tidak mampu jika dipakai dengan tegangan 66,45VDC. Jika dipaksakan biasanya elco akan melembung dan rusak.

      Jadi untuk tegangan 47VAC dari trafo, gunakan elco dengan voltase 80 volt. Kalau elco anda hanya 60 volt, lebih baik jangan dipakai.

      Delete
    2. Maaf mas kl 2 buah elco diseri 16000uf/60v bukannya jadi 8000uf/120v bukannya sdh mampu kl 47vac..katanya kl diseri voltnya nambah..benar apa g mas

      Delete
    3. Kalau pakai elco 16000uf/60v diseri, bisa mas. Betul akan jadi 8000uf/120v.

      Tapi jika dipakai untuk psu simetris power amplifier, maka butuh elco minimal 4 biji. 2 elco diseri dan 2 elco diseri, kemudian dirakit untuk psu power.

      Delete
    4. Berarti kl hanya 2 elco saja sdh bisa kan buat psu simitris.micro berkurang tapi volt nambah!

      Delete
    5. Gak bisa mas. Kalau mau main seri untuk psu simetris, maka minimal harus pakai 4 elco. Baru bisa nambah volt.

      Kalau hanya pakai 2 elco untuk psu simetris, maka volt elco akan tetap 60v mas.

      Delete
  10. Iya Mas,.. Apa yg Mas jls kan emg bnr bngt .
    Trus Ada mo nanya lg ni Mas .
    PA saya itu kan menggunakan 2 Trafo 20a, Setiap prtama kali mo dihidupkan, Listrik rmh saya itu lgsg Balik, Tp itu cm utk start pertama aja Mas, setelah itu pemakaian Normal gak ada mslh apa2 .
    Prtanyaan saya, kira2 itu knp y Mas & Kira2 ada solusinya gak, biar start pertama gak Mbalik gitu ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu karena arus starting trafo mas. Kalau trafo 20A itu normal, kadang bikin jeglek saat start pertama dan ini normal dan wajar. Jika tidak ingin seperti itu maka diperlukan alat tambahan namanya SOFT START. Silahkan baca disini mas untuk artikelnya.
      http://www.baharelectronic.com/2017/05/cara-membuat-rangkaian-soft-start-power.html?m=1

      Delete
  11. Tanya mas.. kalau kapasitor 10.000uf 50V diseri paralel..? berapa volt maksimal yang bisa didapat dengan penambahan beberapa kapasitor. Apa bisa melebihi 100 Volt..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Bisa mas mas. Untuk mendapatkan tegangan diatas 100volt, maka dibutuhkan 3 elco 50v yang dihubung seri, jadi didapat voltase elco 3x50v. Jadi tegangan elco menjadi 150v.

      Tapi jika kita semakin banyak koneksi seri kapasitor, maka kerugianya akan semakin kecil mikrofaradnya. Jika 3 buah elco 10000uf dihubung seri, maka total mikrofarad akan menjadi 10000/3=3333uf. Jadi mikrofarad elco menjadi 3333uf/150v.

      Maka untuk mendapatkan tegangan elco diatas 100v. Diperlukan 3 buah elco 10000uf/50v yang dihubung seri. Akan menjadi sebuah elco 3333uf/150v.

      Jadi kesimpulannya semakin banyak elco yang diseri kapasitas mikrofarad akan semakin berkurang, tapi voltase elco akan bertambah.

      Delete
    2. Tks mas... tanya lagi apakah bisa dilakukan seri dari 2 elco yang beda ukuran farad dan voltnya seperti contoh elco ukuran 33000uf 50volt diseri dengan elco ukuran 47000uf 70volt.... dan kalau seperti contoh tsb brapa volt yang bisa di dapat setelah elco diseri..? Tks..

      Delete
  12. Bisa mas. Untuk volt tinggal tambah saja mas. Misal elco 50v diseri dengan elco 70v, maka akan jadi sebuah elco 120volt.

    Jika beda kapasitas mikrofarad, maka perlu rumus.
    1/c1+1/c2=c total

    1/33000+1/47000=
    4,7/155100+3,3/155100=
    8/155100=
    155100/8=
    19387,5 uf

    Jadi total mikrofarad elco 33000uf diseri dengan elco 47000uf adalah 19387,5 uf.

    Jadi mikrofarad total 19387,5 uf.

    ReplyDelete
  13. mlem mas,mau tnya lgi,klo cara seri 3 buah elco untuk nambah volt gmna mas,ma'af soalya msh pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya jawab dan saya update gambarnya di posting ini. Silahkan baca lagi di postingan ini.

      Delete
  14. Kalau elco 31.000uf 50v di seri dng elco 10.000uf 50v. Bsa ga mas? Dan jadi brp nilainya? Krn sy mau pake trafo 15a ct47v. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Untuk rumusnya sudah saya update di postingan ini. Silahkan baca lagi.

      Berarti ada elco 31000uf/50v dan 10000uf/50v yang akan di hubung seri. Berapakah total mikrofarad dan voltasenya?

      Karena mikrofaradnya beda, harus pakai rumus.

      1/C1+1/C2=Ctotal
      1/31000+1/10000=
      1/31000+3,1/31000=
      4,1/31000=
      31000/4,1=
      7560,9 uf

      Jadi total mikrofarad jadi 7560,9 uf.

      Untuk jumlah voltase tinggal kita tambahkan saja. Yaitu 50+50v=100v.

      Jadi elco 31000uf/50v dan 10000uf/50v jika dihubung seri akan menjadi sebuah elco 7560,9 uf/100v.

      Jadi akan menjadi elco 7560,9 uf/100v. Untuk voltase 47vct dari trafo masih mampu.

      Cuma sayang kedua elco tersebut jika diseri, mikrofaradnya jadi berkurang. Dan itu sudah resikonya, jika diseri, maka mikrofarad elco akan berkurang dan volt akan naik.

      Delete
  15. Ohh,ok sip mas..
    Dan mas minta bantuannya nih.
    Sy mau rakit PA lapangan untuk Midle.
    Rencana sy mau pake speaker 15" 4 atau 6 buah. Dan sy sdh punya trafo BELL 15a ct47v.
    Kira kira pakai elco brp mikro (brp buah).
    Dan brp set sanken, dan sanken type apa yg mampu dgn tegangan ct47v..
    Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Elco 4x10000uf/80v.
      5 set sanken per channel.
      Pakai Sanken 2SA1494/2SC3858 atau 2SA1295/2SC3264.

      Delete
  16. Mas bahar...
    Ini aq ad power kantor nggereng... kmungkinan kobong tu mas tr finalx
    Tk lhat ada 4 buah jengkol mj2955 aja...
    Apa bsa mas cma mj2955 aja blix tnpa psanganx..
    Trus kira2 yg bgus hrgax brp mas dn yg biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok cuma MJ2955 saja mas. Apa tidak ada 2N3055 nya?

      Belinya harus satu set 2N3055 sama MJ2955. Biasanya gak boleh kalau beli satuan.

      Yang biasa sekitar 8rb. Yang bagus sekitar 20rb.

      Delete
    2. Lha itu mas bahar...
      Aq bngung mstix 1 set kok cma 1 aja g ad psanganx..
      Tp klo d pasang mj2955 aja kok bsa??
      Bngung

      Delete
    3. Kit powernya pakai apa mas? Ocl 150w atau safari 400w?

      Delete
    4. Kalau pakai ocl, berarti powernya sudah dimodif pakai MJ saja mas.

      Delete
  17. Malam mas bahar...aku salut blokx ni...banyak postingan yg bermanfat.
    Mas aku belajar ngerakit power specx travo 10ax2(biasa) ct 42, kiprok 35ax2, elco 10000uf/50vx8 kit vandem, tranaistor 2sc3858, rencanx: travo ta paralel untuk naikan Amperx (ikutin postingan mas bahar), Trus bias power keluarx maksimal tapi kendalax di volt elco mass, jadi Aku minta saranx pakai rangkaian yang mana biar elcox bisa bisa trima arus dari travo 35 atau 42 volt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas. Anda bisa rangkai seperti gambar no.3 dari atas mas. Pakai 8 elco 10000uf/50v. Hubung seri paralel.

      Delete
  18. mau nanya nih mas
    boleh gk kalo elko 1000 uf 250 v di seri dengan 10.000 uf 100v..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh saja, tapi mikrofaradnya akan jadi kecil. Jika diseri dengan elco 1000uf/250v, maka nantinya mikrofarad akan jadi dibawah 1000uf. Meskipun anda seri dengan elco 10000uf, akan tetap jadi dibawah 1000uf hasilnya.

      Dan menurut saya rugi mas he..he.. Jadi jangan diseri deh.

      Delete
  19. mas mau nanya kalau power yang dibutuhkan mikepfarad yang besar atau kecil atau volt y.biar bassy empuk.kalau 2 elco yg diseri 4700uf/50v berarti hasy 2350uf/100v bnar g mas..berati kalau pengin mikrofaraty nambah bearti 1 elco harus beda mikroy n volt y sama gitumas..seumpama ditambah 6800uf/50v jadi sekitar 11000uf/100v gitu mas.mgk dikoreksi kl keliru mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bass empuk yang dibutuhkan adalah mikrofaradnya yang besar. Untuk volt elco menyesuaikan tegangan dari trafo. Jika pakai tegangan 42vct, maka gunakan elco dengan volt 80v.

      Perhitungan anda yang pertama sudah benar, jika 2 elco 4700uf/50v diseri, maka akan jadi satu elco 2350uf/100v.

      Kalau ingin mikrofaradnya nambah, maka dibutuhkan 2 elco 4700uf/50v, kemudian diseri. Setelah jadi elco 2350uf/100v, baru diparalel dengan elco 2350uf/100v yang pertama.

      Kalau beda mikrofarad, jika diseri hasilnya akan tetap kecil mas mikrofaradnya. Misal elco 4700uf/50v diseri dengan elco 6800uf/50v, maka hasilnya bukan jadi 11000uf/100v. Tapi ada rumusnya.

      1/4700+1/6800=Ctotal
      6800/31960000+4700/31960000=
      11500/31960000=
      31960000/11500=
      2779uf

      Maka akan jadi satu elco 2779uf/100v mas.

      Bukan 11000uf/100v.

      Delete
  20. trs solusiy biar elcΓ² yang lama bisa dipakai harus disamain dngan yang lama biar mikrofarady bisa nambah...sdh itu solusiy ya mas.atau ada alternatif lain biar mikrofady tinggi...dengan elco sedkit...

    ReplyDelete
  21. mas kalau elco 4 buah 4700mf/50v biar mikrrofaraty besar sepeeti gambar no.2 pa 4 mas..kl swpweti nomer 4 ct u yang mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tujuannya hanya untuk menambah mikrofarad dan voltnya tetap, maka anda cukup dengan cara paralel 4 elco tersebut.

      Kalau dibuat supply simetris, maka paralel dua-dua elconya.

      Dua elco paralel untuk supply positif dan dua elco paralel untuk supply negatif.

      Pada gambar no.2 adalah cara koneksi menambah mikrofarad dan volt elco. Memang ada 4 elco, tapi itu dalam koneksi seri paralel. Jadi sama dengan satu elco mas. Jadi gak ada CT nya.

      Pada gambar no.4 itu adalah gambar koneksi 4 elco dalam koneksi seri. Adalah untuk menambah volt elco, tapi tidak menambah mikrofarad.

      Kalau yang anda butuhkan adalah hanya menambah mikrofaradnya saja, tanpa menambah volt. Maka cukup diparalel saja seperti biasa. Jangan gunakan gambar koneksi no.2 dan 4. Karena itu koneksi untuk menambah volt elco.

      Delete
  22. kalau 4 elco diparalel trs yg ct y gmn mas...kan butuh tegangan ct

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan sudah saya jelaskan diatas mas. Untuk membuat power supply simetris atau ct dibutuhkan minimal 2 elco. Satu untuk supply negatif dan satu untuk positif. Jadi kalau anda mau memparalel, maka harus diparalel satu-satu. Jadi dipalelnya dua elco-dua elco. Bukan 4 elco diparalel semuanya mas he..he.. Ya jelas gak akan ada ct nya mas he..he.. Lah diparalel semua.

      Delete
  23. seumpama ada 4 elco 10000/50v kl diparalel jd brp mikro mas..n kl ada 2 elco besary sama denan yg atas jd btp mikro kl dipralel n biar ada ct y gmn?trs Δ· seri itu min ketemu plus n paralel min ketemu min plus ketemu plus br g mas mhon dikoreksi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kok saya tambah mumet ya he..he. Kalau ada 4 elco 10000uf/50v diparalel semua akan jadi satu elco 40000uf/50v, dan ini sekali lagi gak ada ct nya ya he..he..

      Kalau mau ada ctnya, maka diperlukan 2x lipat elconya mas. Jika anda pakai 4 elco diparalel, maka kalau mau ada ct nya diperlukan 8 elco. Untuk koneksinya dibagi 2. Yaitu 4 diparalel untuk supply positif dan 4 diparalel untuk supply negatif. Kemudian ujung positif dan negatif digabung jadi ct.

      Kalau njelasin lewat tulisan susah mas he..he.. Silahkan lihat saja gambar diatas.

      Delete
  24. ok mas mksh pnjlsany nnt kl ada yg krng jlas ty lagi..

    ReplyDelete
  25. Threadny bagus mas, ni sy mau tnya utk pararel/nambah mf elco tp beda volt. Saya punya elco 4 bj 10000mf/100v dan 2 biji 10000mf/80v. Kalo misalnya mau di PARAREL utk psu simetris bisa gak mas? Kan yg 2bj(1psg) beda volt. Kalo bisa pakai trafo 15A belt ct 45v kira2 aman gk? Tlg kasih itung2anny ya mas... Mksh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Kalau paralel elco beda volt, maka volt elco akan ikut volt elco terendah. Jadi kalau elco 100v diparalel dengan elco 80v, maka volt total atau maks elco akan jadi 80v. Untuk mikrofarad elco akan tetap nambah.

      Kalau pakai trafo 15A ct 45v. Kita hitung dulu volt DC nya. Kalau pakai tegangan 45VAC dari trafo, maka volt DC nya adalah 45VAC x 1,414=63,63VDC. Jadi tegangan DC nya akan jadi 63,63VDC. Jika pakai elco paralel 100v dan elco 80v, maka jawabnya masih bisa mas.

      Tegangan DCnya 63,63VDC, sedangkan tegangan elco 80v. Bisa dipakai mas.

      Delete
  26. Mlm mas bahar , saya mau tanya cuman agak lari sedikit dari topik heheheh, ini masalah grouding, kalau gronding power ampli perlu di tempelkan di kesing PA. Atau di power suplay saja mas. Suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya gak perlu, karena akan menyebabkan looping ground. Box ampli cukup sudah dapat ground dari baut pcb power dan potensio power. Jadi gak perlu tambahan ground lagi.

      Atau jika memang ingin pasang ground box ampli, maka silahkan konek di CT elco supply, bukan CT trafo loh ya. Tapi coba dulu, jika tambah dengung, lepas saja, gak usah tambah ground lagi.

      Delete
  27. Assalamu alaikum
    Izin share ya mas..
    Di Group TEI (Teknisi Elektronik Indonesia)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Saya hanya izinkan share link aktifnya, tidak isi artikelnya. Saya tidak ijinkan copas artikel untuk alasan apapun. Mohon tidak di copas dan di publish ulang. Tolong hargai dan hormati hasil karya blogger semuanya. Terima kasih.

      Delete
  28. mas mau nanya kalau 4 elco 10000uf/50v dihubungkan paralel kan menghasilkan 20000uf/50v,kalau ambil 42ct42 dari trafo 10a kira2 kuat g elconya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak kuat mas elconya. Jika dipaksakan bisa meledak elconya. Elco 10000uf/50v hanya mampu maks tegangan 32v-ct-32v dari trafo.

      Jika lebih dari 32vct dari trafo, elco bisa rusak. Dalam jangka waktu lama, elco bisa melembung.

      Delete
  29. dan dari segi empuk y suara yg diseri atau paralel mas untuk elcoy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari segi suara sama saja mas.

      Kalau diparalel mikrofarad elco akan bertambah, tapi volt tetap.

      Kalau diseri mikrofarad berkurang 2x lipat, tapi volt bisa naik 2x lipat.

      Delete
  30. kalau disambung seri paralel volt y kan nambah mas pa sdh kuat dr travo dikasih 42ct42..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul mas. Jika anda pakai cara seri-paralel elco, maka dibutuhkan minimal 4 buah elco. Baru bisa dihubung seri-paralel.

      Jadi 2 elco 10000uf/50v diseri jadi 1 elco 5000uf/100v.

      Kemudian 2 elco lagi 10000uf/50v diseri jadi 1 elco 5000uf/100v.

      Maka akan ada 2 elco dengan kapasitas 5000uf/100v. Baru bisa dirangkai untuk supply power dengan tegangan 45v-ct-45v dari trafo. Contoh gambar ada diatas.

      Delete
  31. sya dirumah punya power amp streo 150 wat mas setelah elco dan trafo saya ganti yg baru salah satu resitor yg dibawah R kapur sblah kanan itu kebakar itu karena apa ya mas? waktu itu tr final sya ganti sanken kw
    trafo toroid 5a ct25 elco4 50/10.000mf saya seri,,
    mohon bantuanya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasang sankennya apakah sudah benar? Tr drivernya sudah diganti belum?

      Cek tr finalnya lagi, apakah masih bagus atau short? Jika ok, sebelum dipasang lagi, ganti tr drivernya dulu.

      Elconya kenapa diseri mas? Bukannya diparalel mas.

      Delete
  32. Assalaamualaikum pak bahar,
    Tentang penentuan kapasitas microfrd, apa ada rumusan ideal tertentu sehubungan dengan besar ampere trafo. Anggap dengan asumsi daya trafo sesuai dengan daya ampli dan speaker, berapa nilai ideal kapasitas elco?
    Saya pernah baca posting lain bahwa kira2 2200 uf untuk per 1 A trafo. Jadi jika amp trafo 5A, uf elco kira2 2200 x 5 = 11000 uf(atau sedikit lebih besar).
    Mohon penerangannya pak... Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Saya malah baru tahu kalau ada rumus itu mas. Kalau saya sih tidak pakai rumus, hanya lihat powernya mono apa stereo. Kalau powernya mono, maka minimal elconya 2x10000uf. Kalau powernya stereo, maka elco minimal 4x10000uf. Cara saya diatas adalah jumlah minimum elco yang dipakai. Tentu saja jika dipasang dengan jumlah lebih dari itu lebih bagus.

      Intinya lebih besar lebih bagus. Tapi ya jangan terlalu banyak, sesuaikan dengan kebutuhan.

      Delete
  33. Permisi mas, saya mau tanya,, cara menentukan nilai microfarad dan voltasenya pada elco untuk membuat PS gimana caranya mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mikrofarad tidak terbatas, lebih besar lebih baik.

      Untuk volt elco batas aman adalah 70% dari volt elco.

      Delete
  34. Mas maaf mau tanya. Saya mau ganti elco di lampu flash photo, nilainya 1600uf 360 volt. Kalau di ganti dengan 2 elco 1000uf 400volt di paralel apakah masih aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih aman mas. Kan volt elconya diatas 360v. Jadi aman pakai elco 400v.

      Kalau dua elco 1000uf/400v diparalel, akan jadi satu elco 2000uf/400v. Jadi aman sebagai pengganti elco 1600uf/360v.

      Delete
  35. Nanya mas kalu 12 buah elco 10000/50 dirangkai untuk arus 47v caranya gimana mas trus apa kelebihan sama kelemahannya,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, dengan cara koneksi seri paralel. Untuk gambar koneksi gak bisa saya jelaskan disini mas. Kalau mau bisa koment lewat g+. Nanti saya kasih gambar koneksinya di sana.

      Kelebihan ya kita tidak perlu lagi beli elco dengan volt diatas 50v. Dengan cara elco diseri, maka kita sudah mendapatkan elco dengan volt 2x lipat.

      Kelemahan jika elco di seri, maka kemampuan volt elco akan bertambah 2x lipat, misal kita seri 2 elco 10000uf/50, maka jika kedua elco ini diseri, volt elconya akan jadi 100v. Tapi kekurangannya mikrofarad elco akan berkurang 2x lipat.

      Delete
  36. Mas klau travo 10A pakai kiprok 25A pake elco 8x10.000uf80v sanken yg 200w 2 set per mono kira kira pantas gak ya...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus sih mas. Cuma rencana pakai supply tegangan berapa volt dari trafo? Kalau pakai tegangan 45v dari trafo, ya sankennya kurang mas. Minimal pakai 4 set.

      Delete
    2. berarti 8 set sanken nya klau pake tegangan 45 v 4 set per mono ya mas...?

      Delete
    3. Ya betul mas. 4 set per mono.

      Delete
    4. bisa ngangkat berapa itu mas ya cocoknya....heee...heee..heee....!!!!

      Delete
    5. Speakernya mas maksudnya....!!!

      Delete
    6. Bisa mampu untuk speaker 8x12" atau 4x12" dan 2x15".

      Delete
    7. makasih banyak mas ya semoga sukses selalu.....!!!

      Delete
  37. Mau tanya mas,untuk fambar yg nomor 2 itu posisi ct di mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada gambar no.2 itu gambar koneksi elco seri dan paralel. Jadi sebenarnya sama dengan satu elco mas. Jadi gak ada CT nya, karena sama dengan satu elco.

      Delete
  38. Mas saya punya elco
    80 vol 10000 uf
    Dan 100 vol 2300 uf
    Saya kasi tegangan 60 vol travo 15 amper
    Kok yang meledak yang 80 vol 10000 uf gimana solusinya

    ReplyDelete
  39. Maaf elconya masing masing 4 buah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mesti meledak mas. Elco yang 80v gak kuat di supply tegangan 60v mas. Harusnya pakai elco yang 100v semua.

      Ya bisa sih dengan dihubung seri. Tapi kan elconya kan sudah meledak. Sekalian saja ganti baru elconya pakai elco yang 100v semua he..he..

      Delete
    2. Ya mas sama-sama. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini.

      Delete
  40. assalamualaikum....mas bahar ulum
    mas mau tanya saya beli lampu flash saya bongkar isi nya kapasitor uk 450v220uf(m) teridiri dari 10 biji kapasitor positif dan 4 biji kapasitor negatif .rencana saya mau merakit sendiri tapi saya cari yg kapasitor negatif nya blm ketemu susah,apakah tanpa kapasitor negatif bisa? jika bisa apa pengaruh nya?terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Maksudnya apa kapasitor positif dan negatif mas?

      Delete
  41. mas ini aq ada elko 4700uf/50v 10 biji..
    misalnya saya hubungkan seri pararel untuk travo 10A 45v mampu nggk mas??
    kalau elko di pararel..
    5 elko pararel..
    4700ufx5=23500uf
    elko seri..
    4700ufx5=250v
    kalau di seri pararel hitungan.y ketemu brapa mas? 😁
    maaf masih gagal paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk dibuat power supply PA, agar elco bisa dibuat hubung seri-paralel, maka minimal dibutuhkan 4 buah elco. Kalau 5 elco gak bisa. Karena harus dibagi dua agar bisa diseri.

      Cara menyambung elconya ada diatas mas he..he..

      Pertama hubung seri dulu dua elco 4700uf/50v untuk mendapatkan nilai elco 2350uf/100v. Hubung seri juga untuk dua elco lainnya.

      Setelah dihubung seri, berarti nanti ada dua buah elco dengan nilai 2350uf/100v. Barulah bisa kita rangkai menjadi elco supply untuk tegangan 45v dari trafo. Contoh gambar ada diatas.

      Jadi yang bisa dipakai cuma 4 elco mas, kalau 5 elco gak bisa he..he..

      Delete
    2. jadi intinya kalau mau dibuat hubungan seri-pararel tidak boleh ganjil ya mas??
      misalnya 6, 8, 10 elko..
      (maaf kalau salahπŸ˜„πŸ˜„)
      skarang bnyak yg menggunakan seri pararel berkapasitas kecil untuk mndapatkan kapasitas besar,
      soalnya skarang banyak beredar elko berkapasitas besar abal2 dipasaran
      (maaf tidak menyebutkan merk karna bukan sponsor hahahahaha)

      Delete
    3. Pakai 6 elco pun gak bisa mas. Bisanya pakai 8 elco. Jadi yang bisa dipakai seri paralel adalah jumlah kelipatan 4 misal 4, 8, 12, dst.

      Ya betul kita harus berhati-hati pilih elco. Jangan tertipu dengan bodi besar, tapi isinya bolong he..he..

      Delete
  42. oh aq kira nggk masalah mas asal di seri pararel πŸ˜„..

    makan.y itu mas skarag banyak yg menggunakan elko kecil dari pada elko besar dalemnya kecil 😁..

    Alhamdulillah dapat ilmu baru..
    makasih ya mas atas Ilmu yg mas bahar pelajarkan πŸ™..
    dan maaf mas banyak nayak ini itu di artikel yg beda2..😁😁😁

    ReplyDelete
  43. maaf mas mau nayak lagi (masih ragu hehhe)
    kalau elko 10000uf/50v x2 diseri = 5000uf/100v
    kalau dikasih CT45 mampu nggk mas???
    apakah mikrofarat juga mempengaruhi suara/dentuman bas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mampu mas. Mari kita hitung. Tegangan CT 45v dari trafo jika jadi DC, maka kita kalikan 1,414. Jadi 45v x 1,414= 63,63vdc. Jika pakai elco 100v masih mampu.

      Gak mas. Cuma nilai elco 5000uf itu memang kurang jika dipakai untuk power daya besar.

      Delete
    2. misalkan pake elko 10000uf/50v x 4,
      2 elko dipararel, begitu pula elko yg satunya..
      trus kedua elko yg terhubung pararel di hubungkan seri apa nggk masalah mas meski elko yg dipake 4 elko bukan 8 elko untuk mendapatan mikrofarat dan voltase besar??
      soal.y banyak juga yg salah dalam penyabungan seri pararel elko mas

      Delete
    3. Ya betul mas. Mari kita perjelas bersama.

      Untuk mendapatkan satu elco dengan kemampuan tegangan 2x lipat, maka dibutuhkan 2 elco yang dihubung seri. Tapi mikrofarad berkurang. Intinya adalah ini mas.

      Jika Anda ingin sekalin menambah volt dan mikrofarad sekaligus, maka dibutuhkan minimal 4 elco, yang dihubung paralel seri. Seperti yang Anda maksud diatas. Yaitu 4 elco 10000uf/50v. Kemudian 2 elco diparalel dan 2 elco lainnya diparalel juga, maka didapat dua elco dengan nilai 20000uf/50v. Kemudian dihubung seri, maka akan didapat elco dengan nilai 10000uf/100v. Ingat 4 elco tadi yang dihubung paralel seri akan menjadi satu buah saja elco dengan nilai 10000uf/100v. Mudah-mudahan tidak bingung he..he..

      Delete
    4. jadi mending di seri dong mas bisa menjadi simetris dari pada di pararel-seri mnjadi 1 buah elko..hehehe

      Delete
    5. Ya betul mas. Sesuaikan kebutuhan.

      Delete
  44. ikutan nanya ni bang bahar, saya baru.
    ada rumusnya untuk memakai transistor g...?

    ReplyDelete
  45. Selamat pagi mas Bahar,saya mau tanya tentang seri paralel elko yang 4 biji dan saya ada elko 10.000uf/100v 4 biji itu kalau kita gunakan buat suply power amplifier,ambil 0/ground'a dari mana ya apa harus langsung dari CT travo terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk 0/ground power amplifier paling bagus konek di CT elco supply.

      Memang akan terlihat sejalur antara CT trafo dan CT elco. Tapi ground yang bagus berada di CT elco supply. Jadi ambilah semua ground di CT elco supply.

      Delete
  46. Kang gimana jika yg 8 elco dijadikan 24 elco.....??? aku mau buat psu .6800uf/50v x24 elco

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak masalah, tambah bagus malahan. Cuma kelihatan rame saja elconya he..he.. Banyak banget.

      Delete
  47. Mas klo saya pake 6 elco 10000uf/80v dengn rangkaian seri paralel.. masing masing dua elco di seri,trus d paralel.. itu hasilnya gmn mas..apa bagus mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai 6 elco gak bisa untuk dihubung seri paralel. Syaratnya adalah kelipatan 4. Misal 4 elco, 8 elco, 12 elco.

      Kalau 6 elco gak bisa. Yang bisa dihubung seri paralel cuma 4 elco saja.

      Kalau dihubung seri paralel, maka volt elco akan naik 2x lipat. Tapi mikrofarad berkurang.

      Kalau pakai tegangan ct 45v dari trafo, maka lebih bagus gak perlu diseri paralel mas. Cukup diparalel saja elconya 3 dan 3. Agar mikrofarad elco nambah.

      Delete
  48. mau tanya.
    saya punya kapasitor 10000uF/63v. jumlah nya 4.
    kalau buat ps simetris. pakai 32ct32. outputnya nyampai 32v gak mas ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai tegangan 32ct32 dari trafo, itu masih berupa tegangan AC, maka setelah disearahkan diode dan elco akan mengalami kenaikan tegangan, karena berubah jadi DC. Kalau secara hitungan adalah
      32VAC x 1,414= 45,248VDC

      Jadi tegangan 32v ct 32v dari trafo, akan jadi tegangan sekitar 45,248v ct 45,248v setelah disearahkan diode dan elco.

      Elco 10000uf/63v masih mampu mas.

      Delete
    2. Mau tanya lagi mas . Apa masih membutuhkan kapasitor bypass untuk membuat PS simetris ??. Apa cuma butuh komponen dioda, trafo, sama kapasitor 10000uF/63v saja ?.

      Delete
    3. Jika mau ditambah dengan kapasitor baypass, maka akan lebih bagus mas. Hasil tegangan akan lebih bersih dari tegangan riple AC.

      Kalau saya pribadi lebih bagus dipasang kapasitor baypass, agar tegangan power lebih bersih.

      Delete
  49. Mas tanya mas,maaf orang awam,hehe.di elco komputer ada tulisan
    Elco:
    1.FZ81 1500 6.3v.
    2.SP 6.3V 152 M.
    Bisa tolong di terangkan detailnya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya
      1. Itu sebuah elco dengan kapasitas 1500uf/6,3v.

      2. Mungkin kapasitor 1,2nf/6,3v.

      Untuk kode yang lainnya saya belum tahu.

      Delete
  50. Mas klu gambar no 2 dri atas..ambil ct dri tngah,bisa ndak..?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa mas. Itu hubung seri-paralel. Lah kalau ambil ct dari tengah, maka akan jadi koneksi elco biasa, gak bisa menambah volt elco.

      Skema diatas kalau bisa jangan dirubah, sesuaikan saja dengan gambar diatas. Karena itu bukan koneksi elco pada umumnya. Tapi koneksi elco seri-paralel.

      Delete
  51. Kang bahar saya punya elco
    6800uf 50v 6buah
    Kalo seumpama di buat seri paralel gimana caranya kang

    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk dibuat hubung seri paralel, maka jumlah elco harus bisa dibagi 2. Minimal jumlah elco adalah 4, baru bisa dihubung seri paralel. Kalau 6 elco, gak bisa. Karena gak bisa dibagi 2. Baru bisa jika jumlah elco ada 8 buah. Baru bisa dibagi 2, dapat 4 dan 4.

      Delete
  52. Mas.. Aman ga elco 6pcs 10000uf/80v di pasang di travo 10a 52v atau 20a 55v?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mampu mas, cuma mendekati sekali dengan volt maks elco 80v. Menurut saya gak aman, biasanya jika dibiarkan lama, maka elco bisa mengembung, kemudian rusak.

      Maka lebih baik pakai elco yang 10000uf/100v.

      Delete
  53. Mas kalau 470uf vol 10 diganti 470uf vol 16 aman engga..seblemnya trima kasih

    ReplyDelete
  54. Mau nanya mas gambar elco yg 4 biji nambah volt dan uf utk ct nya yg mana ya mas?tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk penerapannya, silahkan lihat gambar no.4 diatas. Disitu sudah ada gambar koneksinya dan Anda bisa lihat dimana posisi CT nya.

      Delete
    2. Maksud saya gambar nomor 2 kang yg nambah volt dan mikcrofarad bukan gambar no 4 gambar no 2 itu letak ct dimana itu kang

      Delete
    3. Untuk gambar no.2 itu memang gak ada ct nya. Karena itu sama dengan satu elco mas.

      Jadi pada gambar no.2 itu adalah elco hubung seri-paralel. Empat buah elco hubung seri-paralel menjadi 1 elco. Jadi memang gak ada ct nya.

      Delete
  55. Mas bahar mau tanya,saya punya kit 400watt tak kasih transistor final toshiba 4 set. Kira" elco yg cocok berapa ya? Dan arus dari trafo yang cocok itu brapa? Trafo saya 10a biasa.terima kasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai elco 10000uf/50v x4 dan pakai tegangan ct 32v dari trafo.

      Delete
  56. Oke, terima kasih mas πŸ™ saran dan infonya.

    ReplyDelete
  57. Mas mau nanya ni, saya rakit PA dengan travo 5A 32v, elco 8x10000uf.50v,dan transistor vinalnya saya kasih 10set Tip 2955/3055_ ,kok suaranya gk bs empuk dan bersih ya mas, di mana letak ksalahannya, mohon pencerahannya dan terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya sih sudah sip mas. Mungkin TC nya yang kurang enak atau speaker kurang sip.

      Delete
  58. Sebuah mainboard membutuhkan elco 2200uf 6.3v, di ganti dengan elco 2200uf 16v.apa bisa?

    ReplyDelete
  59. Sore Mas, mau nanya. Untuk power suplay kan kita butuh I(ampere) dan V(tegangan). Untuk mendapatkan P(watt) kan dari IxV. Nah antra I dan V apakah ada kesimbangan atau kalau I=5A dan V meyesuaikan. Thanks Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kedua parameter saling mempengaruhi mas. Semakin besar V, juga akan memperbesar P. Begitu juga sebaliknya.

      Menurut saya nilai V bisa dikasih berapapun tegangannya. Semakin besar V, maka P juga akan semakin besar.

      Delete
    2. Oke mas, thanks udah berkenan seringnya yg sangat bermanfaat. Paham saya. makasih ya.

      Delete
  60. Mas saya mau tanya elco lampu saya mati 10uf 100v saya mau ganti tapi tak carikan gak ada. Kira2 klo d ganti nilai mikro yg di trunin atau voltnya mas ?? Biar aman dan bsa di pakek. Makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nilai mikro gak boleh dirubah. Dan nilai volt juga gak boleh diturunin.

      Yang boleh adalah nilai volt elco dinaikkan. Jadi kalau tidak ada elco 10uf/100v, maka boleh diganti dengan elco 10uf/160v.

      Jika masih belum ada lagi, maka boleh diganti pakai elco 10uf/250v.

      Terakhir, jika masih belum ada, maka boleh diganti dengan elco 10uf/400v.

      Jadi, ingat yang boleh dirubah adalah volt elco boleh dinaikkan dari nilai asal, tapi gak boleh diturunin volt elconya dari nilai asal.

      Yang gak boleh dirubah sama sekali adalah nilai mikro nya.

      Delete
  61. mas saya mau nanya nih...sy punya trafo 29volt non ct...mw saya bikin utk power suply variable...nah sy udah beli modul step down nya yg sy beli input max nya cuma 32 volt...bingung nya brp volt elco ygyhrus sy pasang di trafo?klo sy pasang elco 35 volt ?tp tegangan max input dr stepdown cm 32 volt...kalo sy pasang elco 16 volt 2 biji jd 32 volt apakah aman mas dgn output trafo yg 29 volt?saran nya mas...trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai elco yang 50v saja mas. Gak masalah, biar aman.

      Delete
    2. tp apakah aman utk modul stepdownya mas soalnya input max dr step down cm 32 volt sedangkan elco nya 50 volt?apa tidak melebihi dr batas input si stepdown?

      Delete
    3. Gak masalah mas. Untuk elco memang harus lebih besar dari tegangan input. Gak boleh di pres. Jadi misal tegangan inputnya 32v, maka sudah betul jika pakai elco yang 50v.

      Justru jika pakai elco yang 35v, ini terlalu mepet. Lebih cocok dan aman jika pakai elco 50v daripada pakai elco 35v.

      Delete
  62. gitu ya terimakasih mas respon dan penjelasanya...sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  63. kang bahar mau tanya kalo elco 10000uf volt 35 sebnyak 8 biji hasil akhirnya jadi brpa uf ...maaf sya pemula mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau diparalel semua elconya akan jadi 80000uf/35v.

      Delete
  64. Mantap...!!
    Saya suka orang yang gak sungkan2 membagi ilmunya buat sesama. Karena ilmu adalah harta yg paling beharga bagi manusia yg masih menikmati kehidupan dan hanya ilmu pulalah yg kita bawa nantinya jika hidup kita berakhir...

    Oya mas, setelah baca keterangan mas, saya jadi paham. Selama ini main tebak2an saja. Jujur, saya wkt SLTA saya di kejuruan tekhik elektronika rumpun komunikasi (dulunya STM Elektronika -komunikasi) tapi tau sendirilah mas, masa remaja itu apa yg dikatakan ortu dan guru, masuk kanan keluar kiri wkwkwkwkkwkwkk...

    Sudah bbrp kali saya rakit ampli utk pakai sendiri, tapi saya asal main tiup saja di bagian catu daya dan PA-nya. Yg menjadi pedoman saya, selalu saya usahakan voltase sebuah elco agak lebih besar dari yg diminta sebuah rangkayan PA-nya supaya gak gembung tuhhh atasannya si elco. Cuma itu yg saya ingat dari pak guru yg mengajari saya dulunya masa2 sekolah 🀭🀭🀭
    Tapi setelah saya baca thread mas, saya jadi faham sedikit2...

    Mas, saya mau tanya...
    Saat ini saya buat ampli utk subwoofer 2 speaker. Saya buat rangkayan mono 450 watt x 2.
    Apakah bisa saya pakai satu bridge (kiprok) 35A, dengan 8 buah elco 10000mf/ 80volt sambungan seri. Keluaran trafo 32VAC 10Amp ...?
    Atau,
    Apakah saya bisa pakai 2 bridge dengan masing-masing 4 elco tapi pakai 1 trafo untu kedua rangkayan mono tsb...?
    Kalo bisa pakai 2 bridge 1 trafo, tolong kasih tau cara2nya masss...
    Atas jawaban mas, sebelumnya, saya ucapkan terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berbagi pengalaman disini mas he..he..

      1. Bisa mas, pakai 1 kiprok 35A dengan 8 buah elco. Tapi kenapa elconya kok diseri??? Yang betul adalah 8 buah elco tersebut dibagi 2 menjadi 4 diparalel dan 4 diparalel, kemudian dikoneksi seperti power supply simetris mas. Bukan di seri he..he..

      2. Bisa mas, pakai 2 kiprok dengan masing-masing pakai 4 buah elco. Ya kalau ini sih agak ribet ngrangkainya he..he.. Saya ada gambar rangkaiannya. Silahkan search di google dengan kata kunci Power supply 2 kiprok untuk power stereo. Nanti ada blog saya disana.

      Delete
    2. Trims mas...
      Saya sudah baca thread mas yg lain. Ternyata sdh ada mas Bahar buat sebelumnya. Dan percis kayak yg mas katakan ini saya buat sekarang. Elco saya bagi 2 dan voltse saya paralel...

      Oya mas, mau tanya lagi ini. Karena agak dengung (mmg sedikit sih dengungnya) dan sudah saya baca thread mas ttg grounding star. Dan cocoknya grounding star dibuat di satu titik diantara gabungan elco. Saya baca disalah satu komen di thread mas itu...
      Karena saya pakai PCB elco, apakah bisa langsung kita buat di PCB elco itu titik groundingnya, atau buat plat tembaga atau PCB polos baru utk grounding tsb...?
      Dan karena elco yg 8 buah saya bagi 2 (pakai 2 kiprok 1 trafo) otomatis 2 PCB (1 PCB 4 elco.) Trus letak groundingnya cocoknya dimana dibuat ya mas...?

      Trims sebelumnya atas jawaban mas...

      Delete
    3. Kalau memungkinkan maka bisa pakai plat tembaga atau pcb polos sebagai titik ground pusatnya. Jika ada 2 supply, maka tetap koneksi ground dijadikan satu antara ct elco 1 dan ct elco 2.

      Kalau pakai plat tembaga, maka akan lebih enak, tinggal konek saja jadi satu di situ. Dan space untuk solder kabel lebih banyak. Jadi gak masalah bisa pakai plat tembaga atau pcb polos sebagai titik groundingnya.

      Delete
    4. Ok terima kasih mas atas masukannya, salam...

      Delete
  65. Assalamu'alaikum mas.....mau tanya....ampli sya 150 Watt stereo dengan trafo 5A, 2 elco 10.000uf/50volt ,4 dioda 6A (dibuat bridge).....tpi syngnya Suara bass kurang mantap.....bgaimana cara untuk mendapatkan suara bass yg lebih nendang(jedug jedug glerr)....apakah ada komponen yg harus diganti...kalau misal ada gmna cra psangnya....mhon bntuanya...maaf klo kpnjangan... soalnya sya masih pemula.....terima ksih.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Sebenarnya untuk komponen power itu gak perlu dirubah. Karena perubahannya tidak kelihatan. Lebih baik ditambah rangkaian penambah bass misal turbo bass atau filter subwoofer.

      Delete
  66. Sebenarnya sudah ada turbo bass nya tpi kok tetap krng enk ya bass-nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Speakernya pakai jenis apa? Berapa inch?

      Delete
    2. Speaker ACR 1225 memang kurang untuk bass. Suara lebih ke middle. Pantes nada bass gak bisa empuk.

      Jika ingin nada bass empuk, ya meskipun agak maksa he..he.. Karena bukan karakternya, adalah dengan menambah rangkaian kit filter subwoofer. Rangkaian ini fungsinya adalah untuk memberikan sensasi bass empuk dan gleerr.

      Delete
  67. Salam mas bahar. Sy mo nanya; sy punya 4 buah elko, 33000mf/100v 2 buah dan 33000mf/70v 2 buah. Yang 33000/100v sudah sy sambung seri untuk power suplay, sedangkan yg 33000/70v nganggur, apakah kedua elko 33000mf/100v bisa di paralel dengan kedua elko 33000mf/70v? Sedangkan voltnya bereda, kalau bisa gimana carany. Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Cuma lihat dulu pakai tegangan berapa volt dari trafo? Kalau tegangan dari trafo pakai ct 45v, maka bisa diparalel kedua elco tersebut.

      Kalau pakai tegangan diatas ct 45v dari trafo, maka elco yang 70v gak bisa dipakai.

      Delete
  68. Gitu ya master,maaf biar lebi jelas lagi, artinya 2 elko 33000/100v bisa diparalel dengan 2 elko 33000/70v asalkan input volnya tdk boleh lebih dari 40v.mohon penjelasannya. Makasih

    ReplyDelete
  69. Makasih mas atalilmunya. Moga mas dpt banyak rejeki. Salam hormat.

    ReplyDelete
  70. Mas mau tanya.
    Trafo 10a ct 45 menyupley 2biji elco 100v/47000uf dan 4biji elco 100v/10.000uf kiprok 35v 2biji.
    Trafo tersebut mampu menyupley apa tidak mas?
    Mohon pencerahannya mas...

    ReplyDelete
  71. Mas, kalo elco audio 10000uf 80Vdc di pararel dngn 10000uf 100Vdc apa bisa? jd berapa volt nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tapi voltase maksimumnya jadi ikut 80v. Jadi jika diparalel elco 10000uf/80v dengan elco 10000uf/100v, maka volt maks elco akan ikut jadi 80v. Maka akan jadi elco 20000uf/80v.

      Jadi jika ada 2 elco beda volt diparalel, maka voltase maks elco ikut volt elco yang kecil, bukan ikut volt elco yang besar.

      Delete
    2. terima kasih mas. sukses selalu

      Delete
  72. Kang saya mau nanya nih,PSU saya ko waktu di ukur output nya tidak sesuai output trapo?
    Saya menggunakan trapo 5A dg out 32,ct,32.rangkaian nya 2 elco 10.000uf/50v dan kiprok 5A.di coba pake 4 dioda 6A sama ajah waktu di ukur pake avo out PSU nya di bawah 20v.
    Dan saya pake USB blotht jd ngga bersih ,ada suara nyelekit gitu tp bukan dengung,tolong mas solusinya dan maaf banyak nanya.
    Sukses selalu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas. Berarti ada kekeliruan di pemasangan psunya. Kemarin sempat mau saya perjelas lewat video, tapi belum sempat buat he..he..

      Ya karena rangkaian psunya ada yang keliru, maka tegangannya juga salah dan tidak bersih.

      Coba Anda cek lagi dan sesuaikan dengan skema rangkaian yang ada. Jika hasil psunya benar, maka hasil output tegangan harusnya sekitar 45v.

      Delete
    2. Assalamualaikum master bahar ulum,saya tertarik mencoba seri paralel elco,, bagaimana baikny jika jika elko saya sebanyak 12biji,?? Mengingat jika banyak seri jadi semakin kecil, terimakasih. Mohon info ke wa 0895356000259

      Delete
    3. Dilihat kebutuhannya dulu untuk apa? Dan mau dipakai di voltase berapa dari trafo?

      Penggunaan elco secara seri adalah untuk mendapatkan kemampuan voltage elco lebih besar, tapi kekurangannya adalah nilai mikrofarad elco akan semakin kecil.

      Jadi kesimpulannya adalah jika kemampuan voltase elco masih mampu untuk tegangan trafo, maka elco gak perlu dihubung seri. Cukup diparalel saja elconya untuk menambah nilai mikrofarad elco.

      Jika memang voltase elco sudah tidak mampu, atau diatas voltase elco, maka boleh dilakukan hubung seri. Tapi ingat bahwa elco dihubung seri, maka nilai mikrofarad akan semakin kecil.

      Delete
  73. assalamualaikum mas bahar
    jumlah elco yg dirangkai itu bebas y mas asal jumlahnya genap (seri paralel)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam. Ya betul jumlahnya bebas, asal jumlahnya dengan Kelipatan 4 mas. Jadi jumlah elco yang dapat dihubung seri paralel adalah kelipatan 4 yaitu 4, 8, 12, 16, 20, dst.

      Delete
  74. misal 6,10,kan kalau 4 4 sisa 2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus kelipatan 4 mas. Yaitu 4, 8, 12, 16, 20, dst.

      Jumlah 6 dan 10 gak bisa. Betul akan ada sisa 2. Jadi jumlah elco yang bisa dihubung seri-paralel adalah kelipatan 4.

      Delete
  75. assalamualaikum mas bahar
    di YouTube kok ada cara buat cas hp pakai trafo sama ic regulator,

    apa itu aman dan bisa buat ngecas hp?
    kalau bisa minta skemanya mas, karena ada trafo nganggur h h

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Ya mas, kalau ada waktu akan saya coba. Akan saya posting dan buatkan video tutorialnya. Insyaalloh.

      Delete
  76. assalamualaikum
    terima kasih mas bahar saya tunggu postingan dan vidionya

    ReplyDelete
  77. assalamualaikum
    mas bahar apa cas hp dari trafo sudah dalam tahap pengerjaan?
    saya tumggu postingan nya mas, semoga nggak lupa h h

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Alhamdulilah cara membuat charger pakai trafo sudah posting mas. Silahkan lihat posting terbaru di blog ini. Juga saya sertakan link video youtubenya. Semoga bermanfaat. Jika kurang jelas, bisa ditanyakan lewat koment di youtube atau di blog ini juga bisa. Bisa dibaca disini.
      https://www.baharelectronic.com/2019/03/cara-membuat-charger-hp-pakai-trafo-1a.html?m=1

      Delete
  78. Mas, saya mau tanya.
    Saya baru beli ampli, di sana ditulis catu dayanya 24v-CT-24v.

    1. Trafonya harus yang 24v ya Mas? Kan voltasenya akan tambah setelah dikasih dioda dan elco (x1,414). Udah gak 24v lagi hasil akhirnya. Atau apa saya harus cari trafo yang voltasenya tertulis dibawah 24v yang hasil akhirnya setelah disearahkan tepat 24v sesuai yang tertulis di pcb-nya?

    2. Berapa ampere yang cocok untuk kebutuhan catu daya segitu Mas?

    Terima kasih banyak jika Mas berkenan menjawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Dilihat tr finalnya pakai apa? Tapi kalau tertulis di pcb adalah 24v ct 24v, maka biasanya pakai tr final jengkol 2N3055/MJ2955 atau TIP3055/2955. Kalau memang benar pakai tr final diatas, maka bisa disupply pakai trafo dengan tegangan 25v ct 25v dari trafo mas. Meskipun nanti tegangan akan naik setelah jadi DC, sekitar jadi 32VDC. Tapi itu masih aman untuk tr final yang saya sebutkan diatas. Gak harus pakai trafo yang ada 24v nya mas. Gak juga harus tepat 24v seperti tertulis di pcb. Kalau saya lebih melihat tr finalnya pakai apa? Kalau jengkolan atau TIP masih aman disupply pakai tegangan 25v ct 25v dari trafo.

      2. Pakai trafo 5A mas.

      Delete
  79. Misal saya pake 4 buah elko,yang 2 merk oranda 10000 uf 50V dan yang 2 lagi rubycon 6800 uf 80V ,adakah cara supaya elko bisa di pakai semuaaa... ..??
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kedua jenis elco itu bisa dipakai mas. Karena elco beda volt, yang satu 50v dan yang satunya 80v, maka jika diparalel, acuan voltnya pakai elco yang 50v.

      Jadi jika kedua jenis elco beda volt itu diparalel, gunakan tegangan maks ct 32v dari trafo. Karena acuannya adalah elco yang 50v.

      Delete
  80. Maaf mau nanya,klo misal 1500uf diganti 1000uf voltnya sama pengaruhnya terhadap power supply gimana ya mas.terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nilai mikrofaradnya lebih kecil, maka daya simpan tegangannya lebih kecil. Otomatis tegangan akan jadi kurang bersih atau kurang daya.

      Delete
  81. gan kalo 4 elco 2200uf 25v dan 2 elco 2200uf 16v diparalel bisa nda gan????? cara menghitungnya bagaimana????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diparalel mas, cuma volt elco maksimal akan ikut jadi 16v. Jadi mikrofarad akan nambah, tapi volt elco akan ikut yang 16v mas.

      Delete
  82. Assalamualaikum pak. Trimksih ilmu nya pak.
    Maaf pak mau nnya soal nya msih awam .
    Klo elco 4700.uf 35.v 20 biji elco di seri pararel untuk ct 40 aman gk pak itu?
    Jadi 4x5 penyusunan elco nya apakah bnar itu pak?
    Misalkan bisa dan aman masin2 min plus nya dpet brpa mikro dan volt nya pak mohon pencerahan nya pak trimaksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Jumlah elco 4700uf/35v sebanyak 20 biji, rencana digunakan untuk supply 40v, maka penyusunan elco seri-paralel sebagai berikut.

      Karena ada 20 biji elco 4700uf/35v, maka harus dihubung seri, agar dapat dipakai untuk tegangan 40v. Jumlah elco 20 biji, kita bagi 2 dulu. Jadi ada 10 elco dan 10 elco.

      10 elco pertama kita bagi dua-dua. Jadi masing-masing 2 elco kita hubung seri sebanyak 5. Masing-masing 2 elco yang dihubung seri nilainya jadi 2350uf/70v. Kemudian diparalel sebanyak 5 pasang, menjadi nilai 11750uf/70v.

      Cara diatas kita lakukan juga untuk bagian 10 elco yang satunya. Agar tidak bingung, berikut gambaran koneksi elconya dibawah ini.

      (+-)-(+-)---(+-)-(+-)
      | | |
      (+-)-(+-)---(+-)-(+-)
      | | |
      (+-)-(+-)---(+-)-(+-)
      | | |
      (+-)-(+-)---(+-)-(+-)
      | | |
      (+-)-(+-)---(+-)-(+-)
      | | |
      + CT -

      (11750uf/70v)-(11750uf/70v)

      Maka elco 4700uf/35v 20 biji, yang kita hubung seri-paralel akan jadi elco 11750uf/70v sebanyak 2 buah.

      Delete
    2. Siyapp trimksih pencerahan nya bng.
      Nha klo elco 4 biji elco nilae nya 4700.uf 63.v 2 biji elco nilae nya 10000.uf 63.v. itu klo di parael aman gak bng?

      Delete
    3. Kalau volt elconya sama, aman mas.

      Delete
    4. Iya pak volt nya sama beda mikro nya sama beda merek pak apakah aman pak.
      Brrti klo di pararel volt tetep 63.v klo mikro nya jadi 9700 mikro apa bner bgitu pak perhitugan nya pak?

      Delete
    5. Kalau 4 biji elco 4700uf/63v diparalel semua dengan 2 elco 10000uf/63v, maka hasilnya adalah:

      4700uf x 4= 18800uf
      10000uf x 2= 20000uf

      18800uf+20000uf= 38000uf

      Itu kalau semua elco diparalel semua. Karena volt elco sama, maka volt akan tetap menjadi 63v. Jadi hasilnya jika semua elco diparalel adalah
      38000uf/63v.

      Tapi kalau rencana mau dipakai untuk psu simetris power amplifier, maka elco dibagi 2 dulu. Karena ada tegangan positif, ct dan negatif.

      Jadi hasilnya seperti ini. Elco yang 4700uf/63v 4 biji dibagi 2, menjadi 2 elco 4700uf/63v dan 2 elco 4700uf/63v.

      Begitu juga dengan elco 10000uf/63v 2 biji, dibagi 2 juga menjadi 1 elco 10000uf/63v dan 1 elco 10000uf/63v.

      Nah karena psu simetris, maka hasilnya seperti ini.

      2 elco 4700uf/63v diparalel dengan 1 elco 10000uf/63v, hasilnya adalah

      4700uf x 2= 9400uf
      9400uf+10000uf= 19400uf/63v
      (Untuk supply positif)

      2 elco 4700uf/63v diparalel dengan 1 elco 10000uf/63v, hasilnya adalah

      4700uf x 2= 9400uf
      9400uf+10000uf= 19400uf/63v
      (Untuk supply negatif)

      Delete