Skip to main content

Rangkaian VU Meter Led Sederhana untuk Power Amplifier

Berikut adalah rangkaian vu meter led sederhana tanpa ic untuk power amplifier. Rangkaian ini sama sederhananya dengan rangkaian vu meter jarum pada postingan sebelumnya. Yaitu sedikit komponen dan tanpa supply tegangan. Dan menariknya lagi rangkaian ini tanpa menggunakan IC atau transistor sebagai penguatnya. Ibaratnya rangkaian vu meter led ini adalah rangkaian pasif, jadi tanpa ic dan supply tegangan. Tapi lagi-lagi kelemahan rangkaian ini tidak bisa dipasang untuk out rangkaian op amp misal tone control, mixer, dll dan hanya bisa bekerja  pada out speaker power saja. Tapi tidak masalah menurut saya, karena rangkaiannya sendiri sederhana sekaligus sebagai indikator level power kita, tanpa mengeluarkan biaya banyak. Tentu saja jika ditambah vu meter led ini akan mempercantik penampilan power amplifier kita he..he.. Simak lebih lanjut.

Karena rangkaian ini bersifat pasif, maka mau tidak mau jika ingin menyalakan rangkaian ini dibutuhkan sinyal suara yang kuat yaitu out speaker pada power amplifier agar rangkaian ini bisa bekerja. Sinyal-sinyal dari out speaker inilah yang nantinya kita ubah menjadi tegangan DC sehingga lampu led akan menyala sesuai dengan besar kecilnya suara yang masuk. Lampu akan menyala dimulai dari level terendah bawah sampai level tinggi led akan menyala semuanya. Rangkaian berfungsi sebagai indikator sinyal output power amplifier. Selain sebagai indikator level, rangkaian ini juga bisa berfungsi sebagai indikator kerusakan power amplifier. Jika terjadi short atau ada tegangan yang keluar melalui jalur output speaker, maka led akan menyala sesuai dengan besar tegangan yang masuk. Jika tanpa sinyal suara, rangkaian ini menyala, bisa dipastikan power amplifier anda bermasalah, karena ada tegangan yang keluar pada jalur out speaker, yang dapat merusak spul speaker anda.

Kelemahan dari rangkaian ini adalah tidak bisa dipasang pada output rangkaian op amp misal tone control, mixer, dll. Karena rangkaian ini tidak dibekali komponen penguat dan tegangan supply, maka tidak akan bisa menyalakan lampu led dengan output sinyal yang lemah. Jika ingin rangkaian ini dapat dipasang pada out rangkaian op amp, maka dibutuhkan komponen penguat misal ic atau transistor sebagai pendorong sinyal agar bisa menyalakan lampu led. Tentu saja jika pakai komponen penguat, maka jelas rangkaian ini pasti membutuhkan supply tegangan. Berikut adalah gambar rangkaian vu meter led sederhana tanpa ic untuk power amplifier.


Anda bisa lihat rangkaian diatas terdiri dari deretan lampu led dan dioda. Cara kerja rangkaian adalah lampu led akan menyala dari mulai paling bawah dan akan naik menyala semua pada saat level maksimum. Lampu led akan menyala mengikuti level sinyal AC audio yang diberikan pada inputnya. Jika tidak ada sinyal masuk, maka tidak ada lampu led yang menyala. Jika level sinyal inputnya rendah, maka hanya led1 dan led2 yang akan menyala. Dan pada saat level sinyal input paling kuat, maka semua lampu led akan menyala, termasuk lampu led7. Untuk lampu led gunakan lampu led biasa bukan led untuk lampu, karena tegangan kerjanya beda. Led untuk lampu tegangan kerjanya terlalu tinggi, sehingga akan sulit untuk bisa menyala pada saat level input rendah. Rangkaian diatas adalah rangkaian mono, sehingga jika anda ingin membuat untuk rangkaian stereo, maka dibutuhkan 2 rangkaian yang sama seperti diatas. Gunakan variasi beberapa warna lampu led agar terlihat lebih cantik. Misal LED1, LED2 warna hijau. Kemudian LED3, LED4, LED5 warna kuning. Kemudian LED6, LED7 warna merah. Sehingga menghasilkan perpaduan warna lampu led yang bagus. Atau silahkan pilih sendiri warna lampu led sesuai selera.

Penjelasan proses kerja rangkaian. Proses pertama adalah sinyal masuk R1. Besarnya nilai R1 disesuaikan dengan kemampuan power amplifier yang digunakan, anda bisa mencoba menggunakan R 1,5 ohm hingga 22 ohm, sesuaikan dengan tingkat kepekaannya. Khusus untuk R1 gunakan Resistor 1 watt, agar tidak panas. Kemudian masuk C1 ini sebagai filter audio output sebelum masuk rangkaian, sehingga jika terjadi problem di rangkaian ini, tidak sampai balik ke power. Kemudian masuk D2 untuk disearahkan dan diratakan dengan C2 hingga menjadi tegangan DC. Fungsi D1 disejajarkan pada jalur input rangkaian adalah sebagai protektor rangkaian jika anda secara tidak sengaja terbalik posisi inputnya dan menahan sinyal negatif, sehingga yang lolos adalah sinyal positif saja. Setelah jadi tegangan DC, maka tinggal kita distribusikan ke semua led dengan metode drop down tegangan secara bertahap melalui media dioda IN4148 yang dipasang sejara berjejer dan resistor penahan di setiap lampu led. Semakin banyak dioda IN4148 berjejer, tegangan yang masuk yang melaluinya akan semakin drop. Sehingga nyala led di ujung paling akhir akan menyala terlambat atau baru akan menyala jika tegangan benar-benar sudah tinggi. Jadi pada posisi maks ini, semua lampu led akan menyala. 

Bagaimana koneksi rangkaian ini pada pcb power? Berikut gambar koneksi VU meter led pada pcb power amplifier.


Untuk pemasangan koneksi rangkaian pada pcb power mudah bukan? Ada 2 jalur koneksi yaitu out speaker dan ground pcb power. Silahkan konek input rangkaian ini pada out speaker pcb power. Kemudian konek ground rangkaian pada ground pcb power. Dan VU meter led anda sudah bisa menyala. Ingat rangkaian ini tidak membutuhkan tegangan supply, jadi tidak perlu dikonek ke tegangan supply power. Hanya perlu konek ke out speaker dan ground pcb power saja. Untuk rangkaian vu meter led yang menggunakan ic, akan saya bahas di next posting berikutnya.

UPADATE !!!
Ada yang bertanya di g+, bagaimana penambahan lampu indikator pada rangkaian vu meter ld diatas? Karena memang rangkaian vu meter led diatad tidak dilengkapi dengan lampu indikator power, maka akan saya update untuk gambar koneksinya. Berikut gambar koneksi penambahan lampu indikator pada rangkaian diatas.


Karena kemarin yang bertanya belum tahu cara koneksinya bagaimana pada rangkaian diatas, maka saya buatkan gambar koneksinya. Hanya dengan penambahan lampu led merah sebagai indikator power dan sebuah resistor dengan ukuran 2K2 sebagai penahan tegangan lampu lednya. Jadi lampu indikator power ini akan menyala terus pada saat power ON dinyalakan. Menandakan tegangan sudah masuk. Warna led bisa anda ganti sendiri sesuai selera. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. kalau pkek diode zener bisa ga kang???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa. Hanya bisa pakai diode IN4002 atau dioda 1A. Atau bisa juga pakai diode IN4148.

      Delete
    2. led biasa seperti apa mas... apa yg yg berwarna kecil itu ... klu yg biasa putih itu bisa gak

      Delete
    3. Ya betul led kecil warna-warni. Asal bukan lampu led untuk lampu emergency.

      Delete
  2. oya mas saya udah coba. alhamdulliillah bisa... tpi untuk tegangan 45 vac untuk indikator powernya resistor panas yg 2k2. ada solusigak mas.

    ReplyDelete
  3. Kalo di tambah potensio gimana mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja mas. Tapi menurut saya gak perlu, cukup pakai Resistor saja.

      Delete
  4. Ngoneksikan inputnya bagusnya kemana mas y? Soalnya led vu sya kayaknya kurang sensitif,sya ngoneksikan ke input dr PA,tp bs nyala klo tegangan inputnya besar,klo pelan gk nyala sama sekali mas... Knp y kira2nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Led vu nya pakai rangkaian diatas atau led vu yang ada icnya?

      Delete
    2. Yang ada ic nya mas,led vu 10 led mono,sya pake 2 kit

      Delete
    3. Itu di kit led vunya kan ada VRnya mas, untuk setting kepekaan nyala lampunya. Silahkan coba di setel lewat VR tersebut.

      Tapi nanti hasilnya jika terlalu peka, maka pada saat volume besar, nyala lampu akan mentok semua. Jadi setel secukupnya saja.

      Delete
    4. Gak ada VR nya yg sya mas,jd dr inputnya pake resistor trs ke ic

      Delete
    5. Resistornya ukuran berapa mas?

      Delete
    6. Duh lupa mas unk,mesti buka boxnya dlu hhe

      Delete
  5. Mas pake R1 nya pakai 10 ohm,...saat bass full,...mulai berasap dan gosong,..elco 220uf juga panas....cocoknga R1 d ganti berapa ohm

    ReplyDelete
  6. Mas kalo ocl 150w ditambahin crossover 3way cocok ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Crossover pasif atau aktif mas?

      Delete
    2. Pasif mas
      mas cara ngerangkai rangkaian ini gimana mas ko jalur gnd nya ada dua A gnd sama D gnd ga paham mohon bantuannya?


      http://1.bp.blogspot.com/-NDxMhzQO6F8/Ujyd_Gm8MQI/AAAAAAAAAZU/Yl_7kj-avTs/s400/Skema+Rangkaian+Echo+Repeater+PT2399.gif

      Delete
    3. Cocok mas. Cuma kelemahan dari crossover pasif adalah suara jadi sedikit tertahan karena proses filter.

      Agnd dan Dgnd sama sama saja mas. Satu jalur ground.

      Delete
    4. Mas cara instalasi rangkaian diatas gimana mas?

      Delete
    5. Nah sekarang echonya mau diaplikasikan untuk apa? Mixer atau tambahan echo untuk power amplifier. Atau mau dipakai untuk mic yang gak ada echonya?

      Delete
    6. Sikahkan baca di sini mas.
      http://www.baharelectronic.com/2016/10/cara-merakit-mixer-audio-sound-system.html?m=1

      Untuk echonya silahkan beli jadi saja. Namanya echo dtk satu mic.

      Delete
    7. Mas kalo untuk mic yg ga ada echonya gimana mas?

      Delete
    8. Tinggal konek saja mas out echo ke input mic bawaan. Kemudian input echo sebagai input yang baru.

      Jadi urutannya adalah.
      Spul mic->echo->input mic.

      Delete
  7. Makasih mas
    kalo R1 mau diganti potensio berepa K mas?
    Mas kalo nyuntik rangkaian subwoofer di bawah ke ampli gimana mas?





    http://3.bp.blogspot.com/-S_zrFWjCMnE/TiLt2UcTzAI/AAAAAAAAAEU/53N5_Ie5zfc/s1600/skema+sub+wofer.bmp


    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai VR 100 ohm mas.

      Saya belum pernah coba rangkaian diatas.

      Delete
  8. tanya om..itu efeknya ke power ampli apa.?itu outnya kan ke spiker..apa gk bikin TR power ampli tmbh panas kh.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak mas. Kan sudah ada R1 dan D2 sebagai filter. Jadi tidak akan membuat konslet.

      Andaikan saja lampunya konslet, maka konslet akan tertahan di D2, dan tidak akan masuk ke power. Jadi tr final aman.

      Delete
    2. ok om..sdh di praktekin rangkayannya dn brjln dgn yg di kehendaki..makasih ats rangkayannya dn terus berkarya smgga sukses sellu..

      Delete
  9. Replies
    1. Mohon maaf untuk komentar silahkan lewat koment blog dan g+ saja.

      Delete
  10. Klo led nya pakai led yg biasa di SMD bisa gx mas,,,, contoh sya pakai led yg nempel di bekas ampli mobil..

    ReplyDelete
  11. lampu dikurangi boleh mas jumlahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mas, gak masalah. Usahakan kurangi lampu dari yang paling kanan.

      Delete
  12. trima kasih mas ,tapi kalau korslet aman ngak mas untuk pa (dan pengamanya di bagian mana mas ,sekalian belajar)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman mas. Pengamannya ada di D2 diode 1A. Yang berfungsi sebagai pembatas dan penghalang jika terjadi konslet di lampu atau rangkaian, akan tertahan di diode ini. Tidak sampai balik ke power.

      Delete
  13. mas kalau dioda di setiap lampu kan ada 2 kalau dikurangi 1 bagaimana terus kalau setiap dioda diberi 2 lampu kalau yg mas posting kan ada 2 lampu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah diode dikurangi 1, jadi cuma pakai 1 diode saja. Penggunaan 2 diode adalah agar waktu atau jeda nyala antar lampu bisa bagus stepnya. Jika pakai 1 diode, maka nyala lampu seperti terlihat nyala bareng.

      Kalau pakai 2 lampu gak masalah.

      Delete
  14. maksutnya 2 dioda 1 lampu dan ingin saya buat 1 dioda 2 lampu bisa gak mas yg atas itu salah ketik mas

    ReplyDelete
  15. nanya lagi y mas pa ku kan 150 wat terus vccnya 20 terus kalau buat ngangkat subwoofer pas bas kok lampu powernya kedip udah kayak lampu sinyal aja apa kurang besar mas vccnya terus apa perlu + elco (uf nya 4700 jmlnya 4) trus trnya tip 3055 dan 2955 2 set seterio kalau diganti sanken 2sc2922 dan 2sa1216 bisa gk mas terus kalau diganti pengaruhnya apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu trafonya kurang besar, bukan voltasenya yang kurang. Kalau pakai TIP3055/2955 sudah cukup, kenapa harus diganti sanken? Malah gak kuat trafonya he..he..

      Delete
  16. 1 dioda 2 lampu bisa ya mas terima kasih udah mau jawab, nanya lagi y mas trafonya berapa amper mas kalau tip 3055/2955 dan ambil berapa volt dari trafonya ,mas apakah cara paralel transistor 150 wat sudah mas posting terus kalau tip diatas kalau diparalelkan untuk power 150 wat apakah trnya jadi lebih dingin (semoga allah membalas kebaikan mas)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Pakai trafo 5A tegangan ct 25v.

      2. Sudah saya posting. Silahkan lihat posting terbaru saya. Halaman depan.

      3. Ya betul, tr akan lebih dingin.

      Delete
  17. mas maaf banyak nanya cara pasang modul mp3 untuk pa gimana mas kalau boleh minta skema nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada waktu nanti akan saya posting skemanya.

      Delete
  18. terima kasih mas bahar untuk rangkaian paralel tr power 150 wat nya semoga sukses terus

    ReplyDelete
  19. mas pasang ground amplifier itu bagusnya dimana dan dari mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari saja di google Star grounding power amplifier.

      Delete
  20. mas di tabel kuning tr 2955 wat nya 90 ya terus di bawah kok MOSPEC -> TIP3055 - TIP2955 -> Wattnya = 150 watt 15 A apa itu dijumlahkan wat nya terus apakah ada rumus nya untuk menghitung wat tr maaf mas masih pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu nilai watt minimal dan maksimalnya mas, dalam satu set tr final.

      Kalau dilihat di datasheetnya, maka tr final yang TIP3055 dan TIP2955 dayanya sekitar 90w.

      Untuk jengkolan 2N3055 dan MJ2955 dayanya sekitar 115w.

      Jadi mungkin range antara 90w-150w. Mohon maaf kalau salah tulis.

      Gak ada rumusnya mas, itu adalah spek dari pabriknya.

      Untuk mengetahui daya watt tr final, maka cari datasheet tr final tersebut. Jadi gak pakai rumus ya.

      Delete
  21. maaf mas saya comment disini soal nya mau comment di posting an mas yg macam macam tr dan pasangannya ngak bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah masuk kok koment nya. Tapi mungkin lagi error mas.

      Delete
  22. mas cara cari bce transistor tip dan sanken pakai avometer mas ada nggak kalau ada tolong diposting y mas kalau boleh h h

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah ada mas. Silahkan di search saja di google cara cek tr final amplifier. Semoga ketemu.

      Delete
  23. mas ini ada temen transistor final power ocl 400 wat mau diganti sebelumnya sanken 1216/2922 bisa nggak diganti tr tip3055/2955 karena ditoko lagi habis stoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Cuma suaranya gak sepadat tr sanken. Tapi kalau untuk beban speaker sedikit sih gak masalah.

      Kalau untuk nyetel musik pelan dan gak perlu sampai keras, gak masalah. Suara masih bagus. Tapi kalau untuk digeber keras, tr tip pecah suaranya. Masih bulat pakai tr sanken.

      Delete
  24. kalau diparalel 2 set apa juga tetep pecah mas kalau posisi volume keras ,terus kalau tr 3055/2955 speaker nya berapaan mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung beban speakernya mas. Kalau speakernya banyak, ya pecah kalau volume keras.

      Maks pakai speaker 4x12". Jika ditambah lagi sudah ngoyo he..he..

      Delete
  25. o gitu y mas saya jadi tambah banyak ilmu setelah menemukan blog ini terus kalau tc ku kan stereo sudah ada gigabasnya 2 terus itu tombolan mas kalau di ganti potensio bisa gk mas terus ukuran berapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Coba saja pakai potensio stereo ukuran 20K atau kalau gak ada bisa pakai potensio stereo 50K.

      Delete
  26. tapi nanti suara l dan r bas nya sama dong mas kalau dibuat sendiri sendiri bisa kan mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Berarti Pakai 2 potensio mono, 1 untuk L dan 1 untuk R he..he..

      Delete
  27. mas kalau dioda 1n 4148 diganti semua pakai dioda 1n 4002 boleh gk mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, cuma nanti nyala lampunya kurang peka.

      Delete
  28. mas maksud kode potensio 50k dan 20k atau yg lain maksudnya apa?
    apa beda pakai 50 k dan 20k

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu adalah Kode resistansi sebuah potensio. Menandakan range resistansi potensio. Potensio sama seperti resistor, tapi potensio adalah resistansi variable yang dapat diatur resistansinya sesuai range tadi 20K, 50K, 100K. Itu adalah range resistansinya.

      Beda range resistansinya mas, antara pot 50K dan 20K. Kalau pot 50K, maka rangenya adalah mulai dari 0 sampai 50K. Kalau potensio 20K, range resistansinya adalah mulai 0 sampai 20K.

      Delete
  29. askum mas
    r1 dirubah 2k2 boleh mas karena r selain 1 keecil kecil nya sehingga volume kecil udah terang banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Boleh mas. Nilai R1 memang bisa dirubah, jika dirasa nyala lampu terlalu terang.

      Coba dulu pakai R 1K mas, jika masih terlalu terang, baru coba pakai R 2K2.

      Jika masih terlalu terang, boleh dibesarkan lagi nilai resistornya.

      Delete
  30. assalamualaikum mas bahar

    mau tanya
    1 apakah ic hwcat csc2882 dan ic hwcat csc2003p ic yg bisa dipakai buat lampu indikator sinyal seperti yg mas posting di cara buat lampu indikator yg pakai ic itu lo mas itu ? terus apakah ada cara cek ic normal / tidak? h h

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Sepertinya saya belum pernah buat lampu indikator pakai ic mas he..he..?

      Yang ada tanpa ic. Dan saya belum pernah lihat kode ic diatas.

      Delete
  31. assalamualaikum
    1 mas bahar diatasnya ada kode lagi tang 1 60582k dan satunya lagi 60768 ? perasaan saya mas pernah posting buat lampu vu meter pakai ic h h

    2 mas kalu tip 41/42 dipasang untuk tr final power 150 cepet jebol kalau begitu tr final saya ganti saja dgn tr 3055/2922 ,tapi ada st dan mospek bedanya apa mas? bagus yg mana h h

    3 terus tr driver saya pakai tip 31/32 atau tip 41/42 mas bagus yg mana ? hanganya kan sama h h
    sebelumnya bd 139/140 kaki kaki nya sama kan mas ?
    terus penggantian nya apakah (bd139 untuk ganti tip41) dan (bd140 untuk ganti tip 42)

    3 mas terus kalau pasang tr final kan harus dilapisi mika terus kalau tidak punya mika diganti apa mas beli juga tidak ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      1. Ini sudah saya cari di posting blog saya, gak ketemu mas. Coba kalau sampeyan ada linknya, kirim ke saya.

      2. Sama bagusnya. Pilih salah satu.

      3. Pakai yang TIP31/32. Posisi kakinya beda. Kalau TIP31/32, posisi tulisan menghadap kita urutan kakinya BCE. Kalau BD139/140, posisi tulisan menghadap kita urutan kakinya ECB. Awas keliru. Betul BD139=TIP31 dan BD140=TIP32.

      4. Harus pakai mika mas. Kalau gak, bisa konslet. Banyak kok dijual di toko elektronik. Kalau sampeyan bisa dapat TR TIP3055/2955 di toko elektronik, mestinya ada mika TIP di toko tersebut.

      Delete
  32. https://www.baharelectronic.com/2018/03/skema-5-led-vu-display-menggunakan-ic.html?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sampai lupa kalau pernah posting. Ternyata ngumpet di kategori skema.

      Ya saya kok masih bingung dengan kode yang Anda tanyakan he..he.. 60582K dan 60768? Komponen yang mana?

      Delete
  33. assalamualaikum
    mas sebenernya mika nya ada sih mas tapi kebetulan lagi ketinggalan/ nggak dibawa oleh penjualnya mas karena penjualnya tidak menetap mas (pulang pergi h h) tapi saking saya semangatnya ingin perbaiki power saya yg rusak jadi saya memutuskan nanya ke mas siapa tau ada cara hemat h h.salah ketik itu mas yg benar beli juga PAS nggak ada h h

    2 saya ingin menanggapi jawabannya mas no3 ,jadi kalau saya menggantikan tr bd139 dgn tr tip 41 saya harus membalik posisinya y mas ( contoh kalau sebelumnya tr bd 139 di driver tulisan menghadap saya kalau saya rubah dgn tip 41 posisinya tulisan jadi menghadap kesebaliknya y mas? kan kakinya kebalikanya mas h h

    3. kalau tip 41/42 apa sama posisi kakinya mas?

    4. mas kalau kaki tr dgn kaki ebc kan jauh dari lubang driver bce mas terus kalau e saya jamper dgn kabel boleh mas?
    5. terus kalau tr yg jejer 3 itu mas A733 kalau dicampur dgn misal A564 atau tr yg sejenis boleh gk mas ? kemungkinan gk bisa y mas karena beda spek nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kalau gak ada mika, bisa pakai kertas karton. Atau kertas bekas buku tulis yang luar.

      2. Ya betul mas.

      3. Sama posisinya.

      4. Boleh, asal tetap konek ke Emitor.

      5. Bisa mas. Yang penting sama jenis PNP nya. Cuma lebih baik seragam. Jika pakai tr A733, maka pakai A733 semua.

      Tapi jika gak ada gantinya pakai tr A733, maka boleh pakai tr A564. Karena sama PNP nya. Cuma lebih baik seragam.

      Delete
  34. assalamualaikum mas
    1 kalau saya ada tr c 9014/9015 kalau ingin saya buat lampu indikator sinyal lampunya 10 gimana mas
    terus nyala lampu nya berurutan ,kata mas kan kalau pakai 1 tr cuma bisa nyala barengan terus lampu saya 10 rencana saya minta sekema mas kalau bisa untuk buat lampu sinyal kalau suara kecil nyala nya cuma 5 lampu dengan 1 tr ,dan jika suara besar tr 2 juga kealiran arus dc sehingga nyala juga lampu 5 sisanya seperti dua tingkat gitu mas (dari kiri 5 led tr1 nyala kalau suara kecil terus kalau suara tambah keras led 5 di tr2 sisanya ikut nyala bisa gk mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam. Coba rangkaian ini mas.
      https://www.baharelectronic.com/2018/03/skema-10-led-vu-display-menggunakan.html?m=1

      Delete
  35. assalamualaikum
    kenapa mas sudah 2 hari gk kok ngrespon padahal pas butuh informasi dari mas h h
    1 mas kalau elco di driver power saya cek kok nggak kembali ke nol y tapi gk ada 1 strip mas cuma sedikit ke kanan nya apa itu kalau tetep dipasang membuat power rusak lagi mas?

    2 terus harga tip 3055/2955 12 ribu itu asli apa kw mas

    3 memang benar kata mas cek komponen harus dilepas karena saya cek dioda 4148 di pcb normal tapi setelah dilepas saya cek short semua h h
    kalau cek resistor gk usah dilepas gk papa y mas?
    terus saya ganti dgn dioda 1n 4002 mas,

    3 mas kalau saya cek power dgn tr final 3055/2955 pakai 12 v dari trafo nyala gk y mas? kalau gk nyala itu apakah karena tr final kurang vdc mas terus yg mampu bekerja dgn suplai 12 volt dari trafo tr final apa mas, apakah tip41/42, biar tambah ilmu mas h h

    4. terus kan jalur pcb ada yg putus bagian solderan kalau gk aku jamper tapi aku amplas sedikit agar kelihatan warna emas dibagian jalur pcb terus baru disolder apa itu sudah kealiran arus mas ?(maksudnya sudah bekerja dirangkaianya)

    5. kalau diamplas / dikerik jalur pcb sedikit apa berbahaya mas misalnya membuat korslet?

    6. mas biasanya kalau njamper mencari yg sejalur kan mas terus solderan yg terdekat?
    7 masih inget gk mas dulu mas
    njanjiin (skema pasang modul usb untuk pa) dan rangkaian vu display (1 tr 5 lampu) semoga tetep inget h h

    TERIMA KASIH banyak mas bahar semua jawabannya sangat bermanfaat h h

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Mohon maaf lagi slow response he..he..

      1. Memang ada elco yang seperti itu. Lebih baik ganti saja dengan elco yang baik. Yang bisa balik ke nol.

      2. Asli.

      3. Nyala, tapi kurang daya. Kalau dikerasin suaranya pecah. Pakai tr final TIP41/42, tetap saja. Karena desain powernya bukan untuk tegangan 12v mas. Kalau ingin dipaksa pakai tegangan 12v, bisa he..he.. Tapi...banyak yang dirubah komponennya. Tidak rekomended, kecuali terpaksa.

      4. Sudah mas. Justru akan lebih rapi.

      5. Ya gak mas. Asal nyoldernya gak belepotan kanan-kiri ha..ha..

      6. Ya betul.

      7. Ya ingat mas. Tapi belum bisa buat postingnya nih.

      Delete
  36. terima kasih banyak mas bahar ,MAS BA MEMANG YG TERBAIK H H

    1 kalau nggak diganti gimana mas soal nya terlanjur aku pasang mas apakah elco yg seperti itu bahaya buat power mas misalnya menjadikan tr final panas ? gitu mas,tolong dijawab y mas (PENTING)

    2. tapi elco kan yg dipower itu ada 2 (elco perata tegangan) dan( pas filter) perbedaan letaknya dimana mas?

    3. mas dirumah aku nemuin tip 41/42 lagi masih bagus bekas power ocl juga kalau dibuat tr final dgn supply 12 v yg kemarin gampang jebol gk mas,tapi driver yg lain kan dulu banyak kegagalan merakit mas jadi numpuk banyak driver h h
    4. pertanyaan nya transistor gampang jebol atau tidak itu tergantung beban speaker atau tergantung vcc mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Gak mas. Cuma elco seperti itu kualitasnya kurang bagus, bukan rusak. Untuk memastikannya ukur pakai kapasitor tester, kalau perlu cek juga ESR elco nya juga. Kesimpulannya, elco tersebut boleh dipakai, asal elco tersebut baru, bukan bekas.

      2. Elco peratas tegangan, berada dijalur tegangan supply dengan ground. Kalau Elco pas filter, berada pada jalur audio, input atau output dengan ground.

      3. Gak masalah, pakai saja buat tr final. Kalau pakai tegangan 12v, aman. Ingat harus pakai isolator mika ya TIP41/42 nya. Awas konslet, bodi tr nya.

      4. Keduanya mas. VCC kebesaran atau juga beban speaker yang terlalu banyak juga bisa bikin tr jebol.

      Delete
  37. assalamualaikum
    1. mas maksudnya tip41/42 itu untuk power 150 lo mas boleh ,tapi rencana nya saya kecilkan vcc nya jadi 12 v tadi.(untuk power mono ke 3 yg rusak tr final nya mas)

    2. alhamdulillah mas power dgn tip3055/2955 sudah jadi mas tapi sebelah nya belum ( stereo) dan suara nya lumayan tidak jauh berbeda dgn power saya yg masih ori dari pabrik, meskipun sudah oprekan h h

    3. mas kalau power stereo tr1 tip 3055/2955 tr2tip 41/42 boleh gk mas dgn vcc yg aman untuk keduanya. cth 18 v apakah aman untuk tip 41/42.kalo boleh sekalian perbaiki yg sebelahnya power yg saya omongin di atas yg stereo

    4. elco nya yg tidak balik ke 0 itu baru kok mas tapi nggak tau yg 2 tidak balik ke 0, dan yg 3 balik ke0 dan semuanya terlanjur terpasang h h,emang pengaruhnya apa mas kalau elco tidak balik ke nol itu?

    5. rangkaian vu display tanpa ic juga sudah saya buat mas lumayan bagus mas h h
    tapi kalau pakai ic harganya berapaan mas ic dipostingan mas itu? kok aku cari kemarin gk ada

    6. mas kalau power stereo tidak di btl terus output ldan r dihubungkan ke 1 speaker seperti menjadi (+) dan(-) bisa gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.

      1. Boleh mas.

      2. Siip.

      3. Boleh mas. Pakai supply ct 18v dari trafo, aman mas.

      4. Ya gak masalah mas. Itu kan pengecekan elco pakai avometer, tidak bisa buat acuan. Hasil pastinya harus pakai alat kapasitor tester dan esr. Pengaruhnya sih biasanya panas. Tapi kalau dipakai pada jalur input, gak masalah.

      5. Kan ada banyak seri icnya, bisa pilih salah satu. Mungkin yang banyak dipasaran yang ic seri LB1403. Untuk 5 lampu led. Harga mungkin sekitar 5rb-10rb mas.

      6. Ya bisa. Cuma suaranya jadi aneh, kayak surround. Gak ada bassnya.

      Delete
  38. assalamualaikum
    mas perjelas soal no 3 diatas
    3. tip 3055/2955 dan tip41/42 itu maksudnya buat tr final power stereo lo mas
    power kiri tip3055/2955 dan kanan tip41/42
    takutnya mas beda pemahaman sama saya maksud saya buat tr final kedua duanya dan maksud mas buat tr driver yg tip 41/42nya h h
    apa boleh ?
    maaf mas ulang ulang pertanyaan tapi kan kalau saya tanya banyak dan sejelas mungkin bisa bermanfaat untuk banyak orang h h

    2. terus ada pertanyaan yg sangat penting mas nanya disini gratis kan mas h h h h

    MAS BAHAR memang yg terbaik h h karena pertanyaan apapun pasti mau jawab semoga sukses terus

    wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      3. Ya gak masalah. Untuk power stereo kan? Power kanan pakai tr final TIP3055/2955 dan power kiri pakai tr final TIP41/42. Asal tegangan pakai ct 18v dari trafo. Jika diatas itu, tr tip41/42 bisa jebol. Oh ya satu lagi, mungkin nanti hasil suaranya akan beda, karena beda tr final. Power Yang pakai tr final tip41/42 mungkin sedikit pelan dan pecah, jika kena bass.

      2. Loh kok jadi no.2 he..he.. Gratis mas.

      Delete
  39. assalamualaikum
    1. mas tip 41/42 buat tr final panas banget mas padahal suplainya cuma 18 apa perlu jadi12 v y mas? buat power mono kemarin mas
    yg stereo belum saya selesaikan,coba tes dulu mas pakai driver yg mono mas h h

    2. mas tip 41/42 ditempat saya ukuran fisiknya kok kecil banget y mas kaya bd140 tapi lebih pendek apa memang segitu mas ukurnya ,kemarin saya beli kok heran sama penjualnya dikasih kecil banget padahal yg saya lihat diinternet besaran dikit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.

      1. Mungkin transistornya palsu. Coba pakai saja tr driver BD139/140. Harusnya sih gak panas tr driver itu mas. Tapi hasil suaranya normal gak?

      2. Lah itu. Kok sepertinya palsu. Coba pakai dulu tr driver BD139/140, panas gak?

      Delete
  40. assalamualaikum
    1. yg power ini saya pakai bd 139/140 driver nya mas,(tapikan yg saya maksud tip 41/42 nya buat tr final lo mas bukan buat tr driver).
    yg ingin saya tanyakan bentuk fisik nya mas apa sekecil bd 139 atau gedean dikit persis tip 3055
    kalau harga 5000 sepasang,itu harga yg normal dipasaran kan mas?

    kalau tip31/32 ukurnya apa sama seperti tip41/42?

    suara nya agak kecil mas kan finalnya tip41/42 aku kencengin pasti jebol takutnya mas h h

    2. mas milar dipower itu fungsinya untuk apa yg warna coklat ukuran +- 102 itu ,terus elco non pollar warna hijau itu fungsinya juga apa?
    kalau dibesarin / dekecilin ukurannya gimana ?
    3 kalau suara biar ulem komponen pa yg diapanya mas? apa elco bisa mas dan dibagian mana?

    4.dirumah ada kulkas mas 1 pintu,sebenernya hemat listrik yg 1 pintu atau sama saja dgn 2 pintu sekalipun?

    5. saya kemarin browsing nggak sengaja nemuin blog mas tentang power bank ,kebetulan saya juga punya power bank tapi driver nya pasti panas banget mas untuk ngecas mas punya rangkaian sederhana nggak untuk membuat driver power bank/ charger android?rencana saya mau paralel baterai yg banyak mas,biar arus (mah) nya gede tapi kalau driver rusak kan percuma h h

    6. mas kalau gulung trafo itu kalau panjang gulungan misalnya dulunya 3 meter kemudian digulung ulang 2 1/2 meter apa itu mengecilkan vcc nya tertera dibodi trafo,(baru belajar gulung mas)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      1. Bentuknya lebih besar dari BD139. Harga ada yang jual 3500 per biji. Tapi beda toko, beda harga. TIP31/32 dan TIP41/42 ukurannya sama. Ya karena memang bukan jodohnya mas he..he..

      2. Keramik coklat itu nilainya 100pf atau 100 atau 101, bukan 102. Fungsinya untuk tapis nada tinggi, biar gak mencuit. Milar warna hijau itu nilainya 100nf atau 104, fungsinya untuk filter input audio.

      3. Kalau suara itu sebenarnya gak bisa dirubah mas. Kalau pun bisa, hasilnya gak bisa normal.

      4. Hemat listrik yang kulkas 1 pintu, karena tidak ada heater pemanasnya. Kalau kulkas 2 pintu ada heater pemanasnya, fungsinya untuk mencairkan bunga es di frezer secara otomatis, sehingga ruangan frezer tetap bisa beku, tanpa ada bunga es.

      5. Gak punya mas. Karena sistem rangkaian kontrol power bank menggunakan sistem dc to dc converter. Menjadikan arus yang kecil menjadi besar dengan tegangan tetap stabil 5v, walaupun tegangan baterai tidak sampai 5v. Jadi ada rangkaian penaik tegangan dan arus ampernya. Banyak dijual di internet kok mas rangkaian modul power bank, dengan harga tidak sampai 50rb.

      6. Betul mas. Kalau jumlah gulungan berkurang, maka volt akan mengecil.

      Delete
    2. assalamualaikum

      sebelumnya saat resistor kapur panas ternyata ada yg konslet mas yaitu bekas solderan dan kabel hasil jamper yg seharusnya tidak terhubung terus ini terhubung ,tapi tr final saya cek aman mas,

      3.apa resistor kapur fungsinya bisa untuk pengaman juga mas agar jika konslet kerusakan komponen tidak menyeluruh?

      4. power nya sih bunyi mas tapi satu tr pnp nya panas mas , yaitu tip 42 nya yg untuk power stereo kemarin kalau yg 41 aman
      (apa karena beda merek y mas yg 41 hanoya dan tip42 st )saya belinya 1 set mas terus dikasih itu sama penjualnya

      5. terus resistor kapur yg bagus dicek pakai avo meter hasil nya gimana mas?

      6. sekalian cek dc di jalur speaker cara gimana mas posisi probe nya? dan selectornya,(biar lebih jelas saya tanya sendiri langsung mas h h)

      Delete
    3. Waalaikumsalam.

      1. Berarti ada yang konslet ya.

      3. Tidak, resistor kapur bukan pengaman. Tapi sebagai penahan dan penyeimbang output kedua tr final. Jika konslet, ya tetap rusak.

      4. Ya itu, karena beda kualitas trnya. Kalau punya tr BD139/140 yang sama, itu lebih baik. Coba ganti pakai tr BD139/140 lagi.

      5. Resistor kapur sulit dicek resistansinya pakai avometer. Indikasinya cuma ada dua. Kalau R kapur di cek nyambung, jarum avo bergerak kekanan, berarti bagus. Kalau R kapur dicek, jarum avometer gak gerak, berarti R kapur rusak/putus.

      6. Untuk cek DCO. Pertama konek input power ke ground dulu. Jadi input (+) sambung ke ground. Kemudian set avometer pada skala DCV 2000mV atau 2V atau 20V. Beda avo, beda range. Lebih detail pakai avometer digital. Kemudian konek probe hitam ke ground power, dan probe merah ke output speaker. Speaker dilepas dulu. Kemudian nyalakan power, lihat keluar berapa volt? Nilai paling bagus adalah 0volt, tapi jarang. Yang banyak biasanya keluar DCO sekitar 0,2v sampai 0,5volt. Itu normal.

      Delete
  41. assalamualaikum
    mas bahar lama nggak nanya h h

    1. kalau tr final panas sebelah penyebab nya apa mas? yg pnp mas
    2. terus resistor kapur juga,penyebab nya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.

      1. Tr finalnya pakai apa? Ada dua kemungkinan, bisa dari tr friver atau tr final. Kalau tr final, biasanya tr kualitas jelek, misal tr jengkol, tr tip kualitas murah. Biasanya gak imbang HFE nya. Jika tr finalnya bagus, bisa dari tr drivernya. Penyebabnya sama, karena ada beda HFE yang terlalu besar. Coba ganti dulu tr drivernya.

      2. Kalau R kapur panas sebelah, ini malah jarang. Bahkan harusnya R kapur gak panas pada kedua tr final.

      Tapi dengan kondisi seperti itu, apakah hasil suaranya normal?

      Delete
  42. terus kolom coment kok jadi aneh mas di blog mas h h saya jadi bingung h h jadi maaf kalau salah nempat pertanyaan h h

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anehnya bagaimana mas? Ada tulisannya ya? Memang kalau koneksi internet agak lambat, sering muncul tulisan pada kolom komentar selama beberapa detik, sebelum kolom komentar terbuka sempurna dan bisa ditulis.

      Apakah keanehannya seperti itu mas? Terima kasih atas reportnya.

      Delete
  43. Assalamualaikum mas bahar
    suara normal tapi panas sebelah setelah saya cek driver dhort yg bd 140 mas

    1. Setiap ada masalah power nggak bunyi ,tr panas sebelah, resistor kapur panas ,power korslet kok mas bahar sering suruh cek tr final dan driver serta dioda dan resistor y ,terus tr bias dan penguat pre amp jarang di suruh ngecek,apa tr bias dan penguat pre amp jarang rusak?

    2. Terus kalau tr bias dan penguat pre amp rusak atau short pengaruhnya apa saja /atau dampaknya apa saja mas,tolong disebutkan y mas h h ?

    Terus apakah bisa membuat tr driver dan final panas kedua duanya kemudian short ,karena kan tr driver dan final sumber arusnya dari kedua tr ini ? 

    Dan kalau tr finalnya panasnya cuma sebelah apa berarti mungkin short dari tr driver dan final saja, tr bias dan penguat preamp tidak rusak?
    MAAF BANYAK REQUEST h h

    3. power yg tr final 42 nya panas ternyata setelah saya cek tr drivernya yg bd 140 e nya short mas,
    Apa saya perlu cek tr penguat pre amp dan bias-nya ? (panasnya sebelah yg tip42)

    4. Terus tr final 41 yg npn kan normal nggak panas mas,apakah berarti tr npn di bagian tr driver yaitu tr bd 139 juga normal ,
    tanpa harus cek dan lepas dari driver nya mas ? karena kan sejalur mas dan kalau short pastinya ada tanda tr final yg sejalur mungkin panas gitu? (ngehemat tenaga mas h h)

    5. Mas cara ngukur resistance resistor gimana mas ?saya bisanya cuma melihat berdasarkan warna mas itupun pakai aplikasi,karena nggak apal urutan warnanya berdasarkan nilainya mas hh,

    tapi kalau pakai avo belum paham ini resistor normal / tidak, jika dengan penghitungan nilai toleransi,apa mas mungkin sudah punya potingannya ?

    6. Mas kalau tr final sudah dipasang terus tidak dikasih beban speaker apa bisa membuat tr final langsung jebol,
    Terus kalau dihubungkan langsung apa nggak bikin speaker rusak kalau seumpamanya tr bocor dan arus dc ngalir ke speaker?
    Jadi apa seharusnya dicek dulu sebelum dipasang kespeker, tapi ada suatu blok yg ngomong kalau tr final sudah dipasang terus tidak dikasih beban speaker membuat tr final langsung jebol jika diberi input,apa bener mas?meskipun kalau input kecil?

    7. Mas di gnd dan output speaker kok ada tutorial yg dikasih milar sama resistor 10 ohm fungsinya sebagai apa sih mas,katanya peredam frekuensi liar apa betul mas?

    8. Tr bd 149 sepasang berapa ditempat mas?

    Tapi alhamdulillah mas meskipun percobaan service driver saya belum 100 % berhasil karena kendala tersebut,tapi setidaknya power nya sudah berbunyi,dan itu berkat blog mas bahar ini  meskipun harus 2 x beli alat karena short h h,tapi itu pun kesalahan saya sendiri karena kurang hati hati,dan meskipun saya pemula dan ilmu saya tidak seberapa tapi saya yakin tutorial dari mas bahar betul 98% karena yg 2 persen salah nulis kadang h h,dan insyaallah kalau ada driver saya rusak lagi saya bisa perbaiki sendiri,pastinya minta bantuan dari mas bahar h h,karena dulu habis rusak pasti langsung beli baru,padahal rusaknya nggak parah,
       
    Terus mas kalau driver nya 400/500 wat apakah cara perbaiki nya sama dan letak komponen nya  juga mirip,karena saya juga punya power 400 wat tapi nggak pernah saya buka karena beli jadi mas,sayang kalau saya oprek,kalau yg saya buat latihan power 150 sudah cukup h h

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalailumsalam.
      1. Tr bias dan tr preamp jarang rusak. Tapi Bukan berarti tidak dapat rusak.

      2. Kalau tr bias dan preamp rusak, biasanya power dengung dan ada tegangan DCO keluar lewat speaker. Memang mirip kerusakan tr final dan driver. Kalau masalah panas tr driver dan final, penyebabnya bukan dari tr bias dan tr preamp. Tapi karena kesalahan komponen. Selama pemasangan komponen Anda benar, saya yakin tidak akan ada masalah pada power tersebut. Jika ada masalah, berarti ada yang salah dengan komponennya. Jadi gak bisa dibantah lagi, jika power sudah benar, tapi masih ada masalah. Saya pernah menjumpai kasus kayak itu, yang punya power ngeyel kalau powernya sudah benar, tapi kenapa kok masih problem??? Setelah power saya bawa dan cek, Anda tahu kesalahannya dimana? Ternyata pasang tr drivernya kebalik. Lah gitu kok ngeyel kalau powernya sudah benar he..he..

      3. Gak perlu. Tr drivernya itu harus benar masangnya.

      4. Gak bisa buat acuan itu mas. Lihat kasus kerusakannya seperti apa? Gak asal analisa. Kalau karena tr final short, jelas tr driver harus dicek keduanya. Bisa juga memang bukan jodohnya pakai tr final TIP41/42. Karena bisa jadi trnya jelek.

      5. Paling gampang pakai avo digital, biar keluar angkanya. Toleransi R ada yang 5% dan 2%. Ada sudah saya bahas penggunaan avo digital dan analog di blog ini.

      6. Gak benar itu mas. Walau tanpa speaker, power gak akan rusak. Kecuali konslet. Speaker akan langsung rusak, jika power bermasalah. Cek dulu tegangan DCO pakai avometer pada output speaker, sebelum dikonek ke speaker. Jika ada tegangan DCO pada out speaker, maka jangan dikonek ke speaker. Benahi dulu powernya, sampai normal. Gak akan bikin power rusak, jika dinyalakan tanpa speaker, walaupun ada inputnya. Kecuali terjadi konslet di jalur speaker. Selama tidak terjadi konslet, gak ada alasan lagi power rusak.

      7. Ya betul. Tapi tidak semua power cocok dipasang rangkaian itu. Jadi jangan dipaksa dipasang pada power yang memang gak ada milar dan R nya. Karena bisa saja gak cocok.

      8. Agak murah, sekitar 3rb-4rb sepasang. Memang gak ada yang 100% benar mas he..he.. Karena beda kasus dan masalah. Problem boleh sama, tapi titik kerusakan bisa berbeda.

      Delete
  44. assalamualaikum mas
    saya menanggapi jawaban mas no 4 kalu tr finalnya keduanya sudah saya cek normaal mas yg npn dan juga pnp,yg saya cek cuma jalur tr yg panas (tr42) yaitu tr driver (bd140) pnp dan ternyyata short mas, dan ini saya mau beli lagi mas ,semoga sukses y mas,dan anda juga murah rejeki karena berbagi ilmu dgn iklas h h

    2. skala saat cek dco itu disesuaikan dgn vcc input / gimana mas,misalnya vvc besar skala buat ngecekk juga besar gitu, kok saya coba di 50dc nggak jalan jarumnya

    3. mas kira kira penyebab tr driver saya short apa karena konslet kemarin y?karena pasangnya sudah benar,takutnya saya ganti short lagi karena tr final gk cocok?tapi menurut saya shortnya karena konslet kemarin mas karena tr driver ikut panas,karena instalasi kabel yg semrawut dari saya dan akhirnya menyebabkan short

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      1. Kalau penyebab kerusakan/problem belum ketemu, bisa jadi tr BD140 akan rusak lagi.

      2. Untuk cek dco pakai skala DCV 2V atau 10V.

      3. Kalau menurut saya, karena tr final gak cocok. Atau Kualitasnya jelek.

      Delete
  45. assalamualaikum mas
    saya diberi oleh saudara saya tip41/42 kalau tr driver dan final sama tip41/42 boleh nggak mas?

    2. tambahan soal no 2 diatas posisinya cek dc0 itu saya cek pas ada input mas tapi jarum tidak bergerak saat selektor di dc 50 mas,kata nya kalau posisi ada input jarum bergerak itu bukan dco tapi sinyal suara,tapi ini ada sinyal suara tapi jarum tetep gk bergerak. jadi apa cek dco disesuaikan dgn vcc,vcc besar selector besar vcc kecil selector kecil,gitu mas?

    saya cek pakai selector dc50 sebelumnya ngikutin tutor diinternet mas ,sebelum mendapat penjelasan dari mas h h

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      1. Sebenarnya gak boleh mas. Karena harusnya jika dipakai untuk tr final, harus mempunyai spek yang lebih tinggi daripada tr driver.

      2. Ya skalanya salah. Caranya juga salah. Untuk cek dco harus tanpa input, atau input di ground. Pakai skala DCV 2V atau 10v.

      Delete
  46. assalamualaikum mas
    berarti saat power konslet seperti punya saya kaki tr final semuanya saling terhubung karena pertama saya pasangnya pakai kabel mas dan juga salah satu jamperan nyambung ke resistor kapur yg seharusnya tidak, ini tidak berpengaruh dgn rusaknya tr bagian driver mas, kalau gak cocok tapi powernya bunyi lo mas h h suaranya enak tanpa tc

    2. terima kasih banyak mas jawabannya sangat bermanfaat terus kan ada kit equalizer cara pasangnya gimana mas di pa tanpa harus pakai mixer,apa harus pakai mixer,karena di power 400 wat beli jadi ada aqualuzer,jadi pa rakitan saya ingin saya kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      1. Kalau sudah ngomong masalah konslet, ya lebih baik di cek tr drivernya. Ya gak masalah sih, selama tidak ada problem, pakai saja mas he..he..

      2. Gak pakai mixer, gak masalah. Ya tinggal konek saja out EQ ke in power, dan in EQ jadi input.

      Delete
  47. assalamualaikum

    1. mas kalau pasang kipas dc12v untuk pa yg benar pakai suplay plus dan gnd atau plus dan min

    2. dan di suplay tc kan ada plus sama gnd tapi itukan dikasih plus aja bekerja, terus apa bedanya kalo dipasang gnd juga,tapi apa bisa kalau gnd dikasih min mas?

    3. terus suplay tc apa ada yg plus minus sama gnd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      1. Pakai plus dan gnd.
      2. Karena gnd ikut gnd input power. Kalau gnd TC dikasih min, jadi konslet mas.
      3. Supply TC ada dua macam. Ada yang plus dan gnd, ada juga yang plus minus dan gnd. Tergantung TCnya.

      Delete
  48. assalamualaikum mas bahar

    dirumah kan listik pln 450 wat ,terus biasanya kalau buat ngangkat pasah listrik mcb suka ngenol mas,terus dipasangi alat automatis start langsung kuat, sebenarnya apa fungsinya,apa sama seperti rangkaian penghemat listrik buatan mas? bedanya apa mas dipasangi sama tidak,apa listrik jadi lebih awet / lebih boros?
    + terus kalau pasang automatis start terus output diparalel banyak apa boleh,bikin cepet panas dan rusak y mas ?
    + apakah fungsinya agak sama sama koverter?

    2. mas lampu led saya sering rusak setelah saya buka ternyata ada elco yg jebol,kalau ingin saya ganti ukuran lebih besar/ lebih kecil uf dan v nya apa boleh,seperti perbaiki pa?
    karena banyak mas terus masalahnya sama

    3. urutan pasang aqulazer di pa yg benar gimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      1. Fungsinya adalah menahan beban start awal pakai Resistor. Beda fungsinya mas. Lebih hemat mas. Auto start gak boleh untuk beban banyak, karena bisa panas dan terbakar. Beda fungsinya dengan konverter.

      2.boleh, cuma selisihnya jangan terlalu banyak. Tapi kalau bisa ganti sesuai dengan nilai aslinya lebih baik.

      3. TC-EQ-power.

      Delete
  49. assalamualaikum
    tambahin soal no 3 + tc mas
    apa begini ? input+tc+aqualizer+power+output

    ReplyDelete
  50. askum mas

    1 kalau psang aqualizer mono di power dan tc stereo bisa gk,carana gimana apa ada tambahan resistor?kalau bisa saya mau beli mas dan kemarin adanya mono mungkin h h

    2 terus fungsi sebenarnya apa sih mas,kalau cari diinternet bahasanya sulit dipahami mas lebih baik tanya ke mas bahar yg lebih berpengalaman ,apa bas bisa ditingkatkan di setinganya


    3 kalau 5 chn mono dan 5 chn stereo ,itu bedanya apa mas? dan per chn itu setingan untuk apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      1. Bisa mas. Perlu resistor untuk membagi 2 outputnya.

      2. Equalizer fungsinya adalah untuk memperbaiki atau mengkoreksi nada berdasarkan frekuensinya. Sebenarnya bisa, tergantung ic nya.

      3. Kalau 5 channel mono, berarti 5 channel itu hanya untuk satu channel (mono). Kalau 5 channel stereo, berarti 5 channel itu untuk 2 channel (stereo). Settingan adalah low, low mid, mid, mid high, high.

      Berikut range pengaturan frekuensi nadanya.

      Low: frekuensi 60hz
      Low mid: frekuensi 330hz
      Mid: frekuensi 1khz
      Mid high: frekuensi 3,3khz
      High: frekuensi 10khz.

      Delete
  51. assalamualaikum mas

    saya cek dco di power dgn final 41/42 jarum bergerak sedikit mas sekalanya 500 dc mv, input saya nol kan,tidak saya groundkan terus sudah bunyi mas apa itu normal?

    2. terus yg pakai jengkolan 3055 dan 2955 pakai dc mv500 kok ful mas jarumnya apa karena tr nya outputnya besar mas terus skala buat ngecek kekecilan?

    apa selektor kekecilan?

    * terus tadi pas buat ngukur yg power dgn final 41/42 apa pilihan selektor pas karena output kecil
    * terus dibagian yg dilihat angkanya yg mana di bagian dcv dan dc ma dilayar mas, kan ada 0-250,0-50,0-10 apa saya harus cek dco nya yg pakai 10v agar mudah karena dilayar sudah ada tulisanya buat 0-10v. saya pakai avo analog mas
    saya bingung kalau pakai 500 dcma
    3. mas faktor apa saja kalau saya komponen dan cara cek sudah bener seumpamanya, tapi dco tetep keluar apa elco?, kalau r dan tr driver final dan bias dan pre amp normal mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      1. Ya itu sudah normal.

      2. Gak mas. Kalau jarum mentok, berarti ada tegangan di jalur speaker. Berarti ada tr final yang bocor atau rusak. Pakai skala 10v.

      3. Tr final gak beres. Bisa bocor atau short. Tapi tidak ketahuan he..he..

      Delete
  52. asalamualaikaum mas

    tapi trnya baru semuanya mas,kalau pakai skala 500 dcma jarum ful apa karena skala kecil mas jadi apa itu bisa dikatakan normal kalau seumpamanya dicek pakai dc 10 terus jarum bergerak sedikit

    tr fianal,dr.bias, pre amp saya cek normal mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Untuk dco normalnya bisanya antara 0,2-0,5v. Memang akan gerak sedikit.

      Yang penting suara bisa normal.

      Delete
  53. assalamualaikum mas
    kalau power input volumenya di nolkan agak sedikit ndengung itu aman gk mas, saya mau bandingkan sama power saya yg normal malah kebetulan dibawa kerumah saudara semua

    dan hasilnya pakai 10v dco nya gerak ke setengahnya angka 1 mas apa itu aman, apa itu yg dimaksud 0,5 v, yaitu setengah dari garis angka 1 di layar avo itu y mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Aman. Asal gak dengung sekali he..he.. Ya harusnya sih gak dengung mas, bersih.

      Ya betul. Itu dco nya keluar 0,5v. Aman mas.

      Delete
  54. assalamualaikum mas
    kipas dirumah kok nggak muter tapi cuma dengung mas dinamonya,terus sekarang udah nggak dengung lagi,seperti mati total mas, kemungkinan apanya y tolong dibantu mas?

    2. terus kenapa mas ini masalah power saat saya matikan kok jalur spk nyetrum dan di elco juga kaya nyetrum,setelah jalur + - dan g suplay saya lepas dari kit power,sudah nggak nyetrum,sepertinya listrik mau balik ke trafo mas trnya saya ganti tip 3055 sepasang itu gimana mas?

    3. terus kalau cek c dan e transistor gerak 1/2 garis aja udah gk bunyi y mas terus suaranya cuma dengung keras,padahal tr baru lo mas,saya tanya karena tr yg normal sudah saya pasang mas terus gk mau lepas lepas lagi untuk perbandingan h h

    4. mas terus kalau power suara gk bersih kayak serak ,tapi kalau dimatikan sebentar suara bersih lagi itu elco suplay y mas?mungkin kering

    5. mas kalau suara pecah saat volume 5 dari hp pakai tr tip41/42 terus dipasang tc +turbo bas apa suara pecah bisa diminimalisir mas,karena tr nya nggak panas mas normal sama kayak pakai tr 3055,suplay nya 12 mas dari trafo?
    6. mas saya punya trafo brkas radio tapi besar mas disisi satu ada 2 kabel apa kemungkinan ini yg 0 & 220?
    - dan sisi dua ada 2 kabel di bagian atas dan 3 bagian bawah apa ini bagian skundernya,karena gk ada tulisanya mas,terus
    saya cek yg 2 kabel atas salung terhubung, terus 3 bawah juga saling terhubung ,tapi 2 dan 3 kabel atas dan bawah tidak terhubung mas? apa yg 2 atas non ct dan 3 bawah pakai ct?

    7. mas sekalian ngecek arus di trafo dan elco yg benar gimana,saya ngikuti tutor di internet mas tapi untuk kepastiannya saya tanyakan lagi sama mas bahar yg lebih berpengalaman siapa tau salah h h h

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      1. Itu akibat awalnya adalah macet, kemudian dibiarin dan dipaksa nyala. Akibatnya dinamo akan mati. Dinamo mati ada 2, bisa terbakar atau putus lilitannya. Bisa juga lilitan tembaganya mengalami korosif dan akhirnya putus. Untuk memperbaikinya harus bongkar dinamonya. Cek dulu As nya macet gak?

      2. Ya mungkin tangan sampeyan basah he..he.. Ya itu berarti ada arus bocor. Solusi bisa coba digroundkan ke tanah body trafonya.

      3. Kalau C dan E dicek jarum gerak, walaupun sedikit, itu berarti ada kebocoran tr nya. Kalau dipasang, maka tegangan bisa lolos ke speaker. Tr seperti itu memang sudah gak bisa dipakai dan harus diganti dengan tr final baru, yang C dan E nya gak bocor.

      4. Bisa sih dari elco, cuma sulit untuk deteksinya. Kecuali coba diganti elconya. Tapi kalau problem masih tetap, berarti bukan elconya he..he..

      5. Ya kalau suara awalnya sudah pecah, kalau ditambah tc+turbo bass, ya tambah pecah suaranya mas.

      6. Bisa jadi, cek dulu pakai avometer, nilai tahanannya berapa? Kalau nilai tahanannya besar, berarti benar itu adalah lilitan primer 0-220v. Betul, yang kabel 3 adalah ct dan kabel 2 adalah non ct.

      7. Belum pernah cek mas he..he..

      Delete
  55. assalamualaikum
    kipas dah normal mas ternyata kotor as nya,
    cek tahanan di trafo gimana mas? ngelihat angka dan posisi selector + probe nya

    saya menanggapi jawaban mas no 2 terus kalau kalau dibagian elco suplay nyetrum apa gk ada masalah di powernya mas

    no4 terus kalau bukan elco apa lagi mas?

    mas,menurut pengalaman mas apa pernah perbaiki power semua komponen dah ok tapi masih belum bunyi dan tr final jebol lagi,kalau pernah solusinya apa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      1. Siipp. Ya memang kipas harus dirawat mas he..he.. Untuk cek tahanan trafo itu tidak patokan berapa nilainya. Ada 2 macam lilitan pada trafo yaitu lilitan primer dan lilitan sekunder. Lilitan primer berhubungan dengan tegangan pln 220v dan mempunyai nilai resistansi besar. Kalau lilitan sekunder berhubungan dengan tegangan output trafo dan mempunyai nilai resistansi kecil. Untuk ngeceknya pakai skala ohm X1. Tes probe boleh bolak-balik pada lilitan primer dan sekundernya.

      2. Sebenarnya gak masalah, itu cuma arus liar. Harus digrounding ke tanah kalau mau hilang.

      3. Bisa dari tegangan supply power kurang.

      4. Gak pernah mas. Selama semua komponen normal dan koneksi sudah benar, insyaalloh dijamin pasti bisa bunyi normal. Kalau belum bunyi dan tr final jebol, jelas ada yang tidak beres.

      Pengalaman saya selama ini, jika semua komponen normal dan koneksi benar, insyaallon power akan bunyi normal. Sudah tidak ada alasan lagi. Kalau masih problem, berarti ya masih ada yang tidak beres dan belum ketemu problemnya.

      Delete
  56. assalamualaikum
    1. mas tapi hasilnya resistansi kabel yg 3 bagian bawah mas yg besar karena jarum tidak ful (ditengah)terus yg dua kabel baik sisi satu dan dua,jarum nunjuknya full

    2. apa berarti resistansi kabel yang isi 3 besar karena jarum tdk full terus apa ini kemungkinan primer, dan 2 kabel sisi 1 & 2 skundernya
    saya bingung mas h h

    3. kalau jarum full resistansi malah kecil y mas,terus sebaliknya kalau tdk full berarti resistansi besar, apa bener mas

    4. terus apa tr jengkolan kalau rusak trafo bisa ikut terbakar

    5.saya kira mas kalau komponen dah ok semua tapi belum bunyi mas suruh belu driver baru h h karena masih bahar pernah koment begitu h h
    tanggapan jawaban no 2 apa nggak ngrusak trafo mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      1. Ya itu sudah betul.
      2. Berarti yang kabel 3 itu yang primer. Yaitu 0-110v-220v. Yang jarumnya mentok itu sekunder. Tapi kita gak tahu berapa voltase outputnya.

      3. Ya betul. Patokannya kalau resistansi besar itu adalah lilitan primer dan resistansi kecil itu adalah lilitan sekunder.

      4. Bisa. Kalau sudah tahu short, tapi tetap dihidupin terus powernya he..he..

      5. Ya itu adalah solusi terakhir mas. Karena memang sudah mentok gak ketemu penyakitnya he..he.. Daripada pusing-pusing lebih baik ganti saja. Kalau saya pribadi bakalan tak oprek sampai kena he..he..

      Tapi kalau sudah mentok, ya jangan dipaksakan mas, ganti saja driver powernya pakai yang baru. Tapi kalau masih tetap problem, berarti koneksi salah.

      Gak ngrusak mas. Aman.

      Delete
  57. assalamualaikum mas

    kalau elco di seri paralel 4/lebih, apa bisa nambah vcc banyak dibanding dgn pakai 2 elco mas (power supply)

    dan suaranya kan tambah bulet tapi tr jadi cepet panas y mas,? punyaku kok iya,ellco 4 (1000uf) sebelunya elco 2 nggak panas tr tip3055/2955

    terus kalau tr driver diganti tip 41/42,tr final pakai tip 3055/2955
    tr lain dirubah gk mas,terus pengaruhnya apa mas sama suara?
    apa bisa jadi super ocl mas kok ada yg ngomong gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Mohon maaf baru balas he..he..
      1. Tergantung koneksinya mas. Kalau elco di hubung seri, maka akan menambah volt elco, tapi mikrofarad berkurang. Kalau pakai 2 elco ya volt tetap mas.

      2. Harusnya sih gak pengaruh mas he..he.. Mungkin saja tegangan lebih stabil, jadi hentakan suara lebih bulat, tapi dengan efek tr final jadi panas. Menurut saya wajar mas. Power jadi lebih bertenaga dan tr final jadi lebih panas.

      3. Gak perlu mas. Pengaruh suara akan jadi lebih bulat. Gak bisa jadi super ocl he..he.. Itu sudah beda rangkaiannya mas.

      Delete
  58. assalamualaikum mas
    1. kalau power ocl150 mau saya modif jadi 400 wat selain tr final ganti apa saja,rencananya mau saya bandingkan sama yg punya saya yg beli jadi h h
    (tr final 2 set pakai sanken 1216 20 ribuan /set)buat percobaan mas

    2. mas kalau settingan bias itu sama seperti dco y?, terus kalau di power ocl kan nggak ada settinganya apa sudah diganti dgn resistor,kalau iya resistor yg dibagian mana mas,yg berapa ukuranya?
    berarti kalau iya ukuranya kalau diganti, dco nya berubah y mas?

    3. mas kalau elco didriver semua diganti 100v pengaruhnya apa mas,apa cuma tambah kekuatan input vccnya aja?
    terus gimana kalau resistor dinaikan watnya?

    4. mas di tc ku ada filter dan loudspeker ini settingan apa mas?
    kalau loudspeker kan mirip seperti gigabas mas?kalu filter untuk apa?

    5. mas kalau trafo merek he®cules sama nak*mur* bagusan mana mas?

    6. mas kalau ngambil lampu power dan kipas dc itu ngambilnya +dan- bisa nggak,kalu nggak bisa penyebabnya apa mas tolong dikasih tau mas,karena kan biasanya pakai + dan ct

    7. kan ada lampu yg kalu mati lampu masih bisa nyala itu pakai aki y mas,kok ada yg jual di rumah saya,kalu ada mas punya rangkain gk,kalau punya minta mas h h

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      1. Gak ada mas. Yaahh..tr sanken palsu dipakai 20rb-an he..he.. Nanggung mas. Beli yang asli sekalian.

      2. Gak sama mas. Ya sudah diganti dengan resistor. Sebaiknya jangan dirubah nilai resistornya mas.

      3. Ya betul, cuma nambah kekuatan input vcc nya saja. Cuma nambah kekuatan resistornya, lebih dingin, gak cepat panas.

      4. Filter= untuk menapis nada tinggi dan memperhalus suara input. Menghilangkan suara mencuit, karena over nada tinggi.

      Bukan Loudspeaker mas, tapi Loudness= fungsinya untuk memboost nada tinggi dan low secara pasif, pada volume rendah dibawah setengah putaran volume.

      Ya betul, filter untuk tapis nada tinggi.

      5. Menurut saya sama saja, masuk kelas trafo low end atau trafo biasa.

      6. Ya bisa sih, kalau tegangannya cukup. Lah pada tegangan ct, jika Anda ambil tegangan (+) dan (-), maka tegangan akan jadi 2x lipat. Jadi yang benar adalah ambil tegangan (+) dan ct.

      7. Ya, itu lampu otomatis nyala kalau pln mati. Pakai tenaga baterai mas. Beli saja murah mas he..he.. Saya belum punya rangkaiannya.

      Delete
  59. assalamualaikum mas
    vcc dari trafo contoh 18v dari trafo 3a dan 5a apa beda mas,maksudnya sama sama 18 tapi lebih kuat yg18v dari trafo 5a gitu mas

    resistor pengganti setingan bias&dco di ocl 150 yg ukuran berapa mas letaknya dimana?4k7 sama berapa

    terus milar hijau 100n dipcb nya kalau dirubah ukuranya apa pengaruhnya mas,apa bisa diganti elco kramik tolong dijelaskan y mas,bedanya apa sama suara, terus diparalel sama c ukuran 1nf,r 100k nya untuk power 150wat apa bisa mas terus fungsinya untuk apa

    Terus kalau elco dirubah 22uf apa tambah mid,dipostingan mas yg modif power amplifier,kalau y, ke4nya harus diganti semua pa tdk

    terus kebanyakan power 400 wat,tr finalnya jenis apa mas dan berapa set

    Mas kalau tr yg buat lampu jari itu sama nggak sama tr buat power,maksudnya apa boleh diganti dgn tr power yg sejenis

    Terus cek lampu jari itu harus terhubung semua kakinya atau tidak, 2 atau 4 yg harus terhubung mas

    Mas kalau antena tv digroudkan apa aman,terus apa tambah bening hasilnya saya pakai antena biasa mas

    Terus saya punya monitor tabung 3 kalau nggak nyala kira kira rusak apanya y,mas dulu pernah perbaiki 1 rusak ic nya tapi nggak jelas coba coba aja ambil dari monitor lain terus nyala,tapi yg 3 saaya bingung h h

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      1. Kalau teganganya sama mas. Tapi yang beda kuat arus ampernya. Betul, lebih kuat yang 18v dari trafo 5A mas.

      2. R 100 ohm yang paralel dengan diode IN4148.

      3. Hasil suara beda, tapi tidak terlalu kelihatan. Bisa diganti dengan keramik. Keramik karakter bassnya lebih jeduk, kurang bagus untuk suara. C 1nf diparalel R 100K, bisa. Fungsinya untuk tapis nada tinggi. Meredam suara mencuit pada input.

      4. Ya betul lebih middle. Lebih mudahnya ganti saja semua elconya.

      5. Pakai sanken. 2 set.

      6. Gak sama mas. Jangan coba-coba ganti pakai tr power. Tr bisa pecah. Untuk lampu ada transistornya sendiri, beda dengan tr power.

      7. Untuk cek lampu jari, ada 4 kabel dalam lampu tersebut. Dibagi 2 bagian. Nah kedua bagaian itu harus nyambung semua. Intinya 4 kabel itu harus nyambung.

      8. Aman. Bisa menghilangkan arus liar, yang kadang bikin sedikit kesetrum. Kalau tambah bening sih gak mas he..he..

      9. Problemnya banyak mas. Bisa solderan kendor, sekering putus, atau ada komponen yang rusak.

      Delete
  60. Assalamualaikum mas

    1. Kalau mau pasang kit mixer pada power itu langsung boleh y mas?biasanya harga 1chanel berapa mas,apa fungsinya seperti tc mas,terus per potensio itu settinan apa saja kalau 1 chanel jumlahnya potensio 8?apa ada bass,treble dan middle,serta balance

    2. Rencana saya mau dipasang sama tc dan aqulizer mas? Tapi sama saudara diminta EQnya jadi cuma sama tc aja apa bisa mas,apa nggak over?kalau sama tc

    3. Terus kalau saya mau rakit mixer contoh nya 3 chanel ,apakah setiap chanel itu kit mixernya sama apa nggak,kalu sama berarti cuma beda input aja mau kita kasih apa gitu y mas?

    4. Maaf bahas masalah power lagi mas h h karena rasanya kurang kalau cuma bisa rakit tapi kalu rusak gk bisa perbaiki ,nanya soal cek keadaan power yg rusak per tingkat apa begini
    misalnya :
    tr pre amp, apa diberi input terus diberi speker mas? Terus Ngeceknya itu tr driver dan final gk dipasang y mas apabisa bunyi mas?

    5. Terus mas kan punya rangkaian pre amp 1 tr kalau itu pakai mic besar seperti buat mushola itu bisa gk mas? saya gk tau nama mic nya mas h h

    6. Mospek dan mosfet itu beda y mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      1. Boleh mas. Kisaran 50rb keatas. Sama seperti tc. Fungsinya GAIN, TREBLE, MIDDLE, BASS, MONITOR, EFFECR, BALANCE, VOLUME. Ada mas, sudah saya sebutkan diatas.

      2. Bisa mas. Boleh mixer digandeng sama tc. Biasanya sih gak over mas. Kalau over dilepas saja tc nya.

      3. Ya harus sama 3 channel mixer tersebut. Ya betul, cuma beda input, mau dikasih apa.

      4. Kalau tanpa tr final, ya gak bunyi mas. Cara ngeceknya harus tetap pakai tr final. Cuma untuk meminimalkan kerusakan, maka pakai tegangan rendah dulu, misal ct 12v dari trafo. Anda cari deh kerusakannya sampai ketemu. Sampai bisa bunyi normal.

      5. Bisa mas. Namanya mic Dinamic.

      6. Beda mas.

      Delete
  61. assalamualaikum mas
    cara pasang modul mp3 apa mas punya postinganya,kalau ada minta mas

    ReplyDelete
  62. assalamualaikum mas bahar
    1. kan mas bahar ahli electronic pasti bisa perbaiki carger hp y,kalau bisa kalau carger hp nyetrum output nya yg rusak apanya mas?terus buat ngecas nggak bisa

    2. mas bahar blog nya tampilanya dirubah y ,tambah menarik mas dan sebelumnya terima kasih banyak ilmunya sangat bermanfaat ,semoga sukses selalu

    3. repot y mas kok responnya lama apa sibuk modifikasi halaman blog nya h h,kalau boleh nanya blog dan desain skema itu yg buat mas atau bukan,kalau iya berarti mas juga bisa desain y? mas bahar memang hebat h
    h
    4. mas apa mas juga bisa perbaiki laptop/pc,entah itu install ulang dan masalah hardware

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      1. Kalau dulu sering perbaiki mas. Masih jamannya charger jadul dan harganya mahal he..he.. Komponen masih gampang didapat dan diperbaiki. Tapi charger hp jaman sekarang sudah murah banget, jadi rugi kalau diperbaiki. Ditambah jenis komponen yang dipakai sudah menggunakan mikro cip komponen atau jenis komponen SMD, sulit untuk mengenali komponennya, jika terjadi kerusakan. Tapi masih bisa diperbaiki kalau kerusakan cuma dari kabel, atau socket usb yang kendor atau rusak. Tapi kalau kerusakan modul pcb charger, sudah angkat tangan saya he..he.. Silahkan beli baru saja, lebih murah he..he.. Kemungkinan rusak modulnya. Itu charger ori bawaan hp atau charger beli sendiri?

      2. Ya sebenarnya gak mau saya rubah tampilan dari blog ini. Selain susah juga memakan waktu seharian penuh untuk otak-atik template. Terima kasih banyak, sudah kasih respon tentang tampilan baru blog ini.

      3. Ya betul mas. Ganti template blog, gak semudah kita ganti tampilan. Setelah ganti selesai, tapi masih banyak tahapan yang harus disesuaikan. Proses penyesuaian ini yang memakan waktu lama. Karena proses harus sampai selesai, gak bisa setengah-setengah. Kalau tampilan ini bawaan dari blogger sendiri mas. Saya bukan ahlinya dibidang ini mas, tapi karena proses penggantian tampilan blog harus benar-benar sampai rampung, maka mau gak mau harus belajar he..he..

      4. Kalau pc pernah, tapi laptop belum pernah. Tapi hanya sekedar kerusakan ringan. Paling ngehang, lemot, kena virus, instal ulang. Tapi saya bukan ahlinya. Cuma sekedar bisa.

      Delete
  63. assalamualaikum
    bawaan dah hancur mas h h
    berarti mas punya file iso y,yg windows 10 enterprise ,kalau punya minta y mas karena download di situs resmi microsoft udah gk ada mas yg enterprise,
    kalau boleh minta windows 10 enterprise nya mas kalau ada meskipun ukuran bergiga giga h h

    Terus drivernya mas nya dapet dari mana mas,download/ dikasih saya bingung takutnya gk compatible dan malah ngehang,
    ,download nya dimana mas yg aman dari virus mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Kalau charger yang murahan harga 5rb-20rb mungkin masih bisa diperbaiki, karena masih menggunakan rangkaian lama. Tapi kalau charger hp harga diatas 20rb atau ori, susah untuk diperbaiki, karena menggunakan ic dan komponen jenis SMD. Untuk window saya gak punya mas, tapi pinjem teman he..he..

      Software yang terbaru, kebanyakan sudah kompatibel mas, jadi gak perlu takut. Jika driver gak ada, bisa di instal sendiri mas.

      Delete
  64. assalamualaikum
    charger yg pakai ic kecil di belakang pcb nya ada,dan yg tidak juga ada,kalau yg pakai tr gimana mas cara perbaiki nya dipakai nyetrum output nya mas,biasanya apanya yg rusak?nggak keluar tegangan nya mas lampu indikator juga mati?

    2. kalau lampu jari itu komponen kotak kecil di belakang pcb itu resistor apa ic smd mas kan bentuknya sama? kan ada resistor yg kotak seperti smd mas

    terus bagian apanya yg biasanya sering rusak mas,kalau gk mau nyala,maaf tanya gk penting tapi biar tambah ilmu mas h h

    3. mas kalau begitu mas punya temen yg ahli dibidang laptop y mas,kalau saya ingin tanya seputar install ulang dan hardware kapan kapan mas bisa bantu kan,kalau nggak bisa mas bahar kan bisa tanya pada teman mas,sebelum nya maaf kalau ngrepoti h h

    4. mas cara perbaiki pompa air yg nggak kuat karena kerendem air gimana, dan kumparan terbakar sedikit,apa yg kebakaran diganti aja dgn yg baru terus nyambung nya apa dibakar dulu ujung kumparan nya, agar terhubung kembali,

    masalahnya muter sih mas tapi pelan terus mcb ngenol kalo dihidupin,itu apa solusinya nya mas,biasanya yg short itu sejalur atau banyak jalur mas,kalau seperti itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      1. Charger yang pakai tr mungkin masih bisa diperbaiki. Asal tipe tr nya diketahui. Kebanyakan rusak tr nya mas dan komponen diode, zener. Masalahnya tipe tr nya tahu gak? Cuma menurut saya, daripada bahaya, mending beli baru saja mas. Karena resiko bahayanya lebih besar. Bisa kesetrum dan terbakar.

      2. Itu resistor jenis smd. Biasanya ada kapasitor dan diode smd nya juga. Paling sering juga dari tr nya mas dan resistor di kaki B dan E tr nya.

      3. Bukan ahli mas. Cuma kebetulan teman saya punya he..he..

      4. Ya itu short kumparanya mas. Harus digulung ulang.

      Delete
  65. assalamualaikum
    terimakasih mas bahar atas jawabannya
    ada pertanyaan lagi buat mas bahar h h
    assalamualaikum

    1. mas kalau buat mixer seumpamanya 2 chanel yg tetapi kit satu pakai tc terus masuk power,yg kedua kit mixer asli masuk power bisa gk ?jadi satu tc dan yg satu kit mixer,soalnya mau saya bandingkan mas setting an mixer dan tc h h

    2. Terus suplai nya apa bisa lebih atau kurang dari 15vcc seperti postingan mas?
    ,atau nurut spek driver mixer nya aja?

    3. kalau rakit suplay mixer gk pakai ic regulator boleh nggak,suplai tetep 15, dari trafo tapi hasilnyakan gk stabil mas

    4. mas kalau kit mixer tanpa pre amp bisa diberi input mic langsung mas,apayg bisa diberi input mic langsung cuma kit mixer yg ada pre amp nya?

    5. suplai 15 itu di bagi banyak kit misal 5 setiap kit diberi sendiri atau ikut satu suplai mas?

    6. tolong dijelaskan mas Fungsinya GAIN, TREBLE, MIDDLE, BASS, MONITOR, EFFECR, BALANCE, VOLUME.walaupun saya ada yg tau
    Terus kalua input nya musik dari hp contohnya apa bisa ke 8 settingan itu di terapkan? apa cuma input mic aja yg bisa diterapkan 8 settingan tersebut?

    7. mas input mixer itu mono apa stereo mas?
    8. kalau pakai mixer apa bisa input dvd/hp diset cuma suara musik aja ,suara orang di hilangkan mas?
    9. apa yg bisa kalau input langsung dari mic mas,yg bisa di set cuma musik/ cuma suara orang aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      1. Bisa mas.
      2. Bisa mas. Untuk supply mixer, maksimal ct 18v. Bisa juga pakai supply ct 12v.

      3. Untuk supply mixer lebih baik pakai ic regulator, agar tegangan bisa bersih dan tidak dengung. Kalau tanpa ic regulator, ya bisa, cuma hasilnya biasanya dengung.

      4. Untuk mixer, bisa dipakai untuk mic juga bisa untuk input biasa. Tanpa penambahan penguat lagi.

      5. Ikut satu supply semua mas.

      6. Gak perlu saya jelaskan, sudah tahu kok he..he.. Bisa mas. Gak mas, bisa mic dan bisa input.

      7. Mono mas.

      8. Gak bisa. Tergantung musiknya, versi karaoke atau biasa. Kalau karaoke bisa dihilangkan vokalnya, tapi kalau music biasa, gak bisa dihilangkan vokalnya.

      9. Bisa untuk mic dan bisa untuk input.

      Delete
  66. assalamualaikum
    1. saya perbaiki soal no 6 mas tolong dijelasin mas tau nya saya cuma volume dan bass dan trible yg lain belum paham mas?

    2. jadi input mixer langsung diberi mic bisa bunyi langsung y mas tanpa diberi pre amp lagi? terus kok ada kit mixer yg ada pre amp nya mas,kalau dipasang langsung bisa?apa untuk mempermudah pengguna aja?

    3. mas terus jek untuk mic itu namanya apa mas kala mau beli?

    4. mas terus saya rencananya besok kalau dah ngrakit selesai saya mau tes pakai mic tapi saya.nggak punya mic ,jadi harus minjam saudara,kalau saya tes sama mic bawaan hedaset bisa gk ,apa harus pakai rangkain penguat nya?

    5. mas ic lm78xx dan79xx bedanya apa mas?
    harga nya berapa mas? terus skema buat ngrakit sendiri ada gk mas? MINTA Y MAS KALAU PUNYA,saya harapmas punya h h

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      1. Gain= untuk meningkatkan kepekaan sumber input.
      Middle= setelan nada tengah, frekuensi 200khz.
      Monitor= output tambahan per channel untuk cek sound.
      Effect= untuk setelan efek suara misal delay atau reverb.
      Balance= setelan keseimbangan output L dan R.

      2. Bisa mas. Memang ada mas. Itu memperkuat sumber input saja. Agar suara mic lebih peka.

      3. Jack Akai mas.

      4. Kalau mic bawaan headset gak bisa mas. Karena itu jenis mic Condensor. Harus pakai penguat pre amp mic mas.

      5. Ic LM78xx untuk mengolah tegangan positif (+) dan LM79xx untuk mengolah tegangan negatif (-). Kisaran 3-5rb-an. Ada, silahkan ketik saja di google power supply simetris ic 7815/7915.

      Delete
  67. assalamualaikum
    1. mas kalau kit mixer 7 pot,biasanya setting annya apa aja mas, tolong disebutkan?
    saya bingung mas jadi belum jadi beli dulu h h takut salah mending tanya dulu sama mas bahar
    2. kok tadi ada panpot gitu di satu potnya itu fungsinya untuk apa?mixer 7 pot

    3. terus kit mixer 6 pot tolong juga disebutkan ke 6 pot nya?biasanya ada pa aja mas?

    4. mas output l dan r di skema mixer rakitan mas itu buat tambah kit power y ,contoh lebih dari 1 power gitu?nyambung nya di situ out l dan r

    kalu mon itu kalau gk salahkan juga buat headset mas,apa fungsinya sama dengan headphones yg dipasang dipower itu,cuma beda letaknya?

    5. harga suplai simetris 15 itu berapaan mas ,mau saya hitung dulu biayanya biar nggak kehabisan modal mas h h

    6. terus fungsinya vol phone apa untuk mengatur suara khusus dari headphones y mas?apa untuk mengatur output speaker lain bisa misal speaker 12 inch

    7. Terus apa power di sisikanan vol phone itu power khusus power phones atau bisa power diganti untuk output speker lain misal speker 12 inch gitu mas?

    8. kalau bukan khusus dirubah power 150 wat boleh mas? atau yg lain

    9. Terus kalau sudah pasang phone apa tidak boleh pasang output speaker lain karena output sudah dipasang headphones ,apa tinggal paralel saja mas?

    10. terus power lapangan itu power bas,power treble ,dibuat sendiri sendiri y mas?karena power lapangan tetangga kok mp3 dari laptop bisa dihilangkan vokal nya tinggal music aja,itu settingan apa emang musiknya yg stereo mas?kalau musiknya cara googling nya gimana mas
    11. mas kalau saya pakai master mixer apa wajib echo ?tolong disebutkan mas hal yg harus ada kalau seandainya memasang salah satu komponen rakit mixer diatas

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.