Wednesday, October 18, 2017

Cara Mengecek Transistor Horisontal TV yang Benar

Next posting kali ini adalah bagaimana cara mengecek transistor horisontal tv? Kemarin ada pertanyaan dari rekan kita di g+, bagaimana cara cek tr horisontal D1555? Karena memang tidak bisa saya jawab melalui tulisan, akhirnya saya buatkan postingan tersendiri mengenai cara mengeceknya. Kalau pakai tulisan atau omongan akan sulit untuk dipahami, karena banyak langkah yang harus dilakukan untuk mengecek transistor horisontal ini, maka dibutuhkan gambar untuk menjelaskan langkah-langkahnya, agar dapat dipahami dengan mudah. Bagaimana cara mengeceknya, simak lebih lanjut ya.

Ada banyak sekali jenis dan nomor tipe transistor horisontal tv, sesuai dengan kemampuan dayanya masing-masing. Tapi relatif hampir semua tipe tr horisontal bisa digunakan sebagai pengganti tr horisontal yang mati, jika kebetulan nomor seri yang asli tidak ada. Tinggal kita cocokkan untuk tv berapa inch? Untuk 14" dan 21" kebanyakan nomor tipe tr horisontalnya sama dan bisa digunakan di kedua tv tersebut. Berbeda dengan tv 29", jenis dan nomor seri tr horisontalnya berbeda dengan tv 14" dan 21". Karena tv 29" mempunyai daya yang lebih besar, maka tr horisontalnya dayanya juga harus besar. Jika pakai tr horisontal kepunyaan tv 14" atau 21" biasanya gampang jebol, karena tidak kuat dengan daya wattnya. Jadi jangan sembarangan memakai jenis tr horisontalnya ya he..he.. Yang terpenting adalah harus dilihat dulu untuk tv berapa inch? Baru tentukan jenis tr horisontal yang akan kita pakai.

Bagaimana cara mengecek tr horisontal ini? Apakah sama dengan mengecek transistor biasa pada umumnya? Ada sedikit perbedaan dalam mengecek tr horisontal, jika dibanding dengan tr biasa. Jadi jangan salah langkah atau bingung, loh kok begini ya transistornya. Transistor normal dikira rusak he..he.. Padahal memang ada sedikit perbedaan dalam pengecekannya. Nah berangkat dari hal ini, maka saya rasa sangat perlu sekali penjelasan tentang langkah-langkah pengecekannya bagaimna? Agar tidak salah langkah lagi dan bisa mengecek tr horisontal dengan benar.

Kembali ke pertanyaan rekan kita di g+ tadi. Cara cek tr horisontal D1555. Sebenarnya cara ceknya sama saja dengan nomor tipe yang lain. Yang membedakan cuma daya watt dan voltnya saja. Berikut gambar penampakan tr horisontal D1555.


Anda bisa lihat bentuk fisiknya diatas. Ada tiga kaki sama dengan transistor biasa. Fungsi kakinya juga sama yaitu BCE. Tapi ada sedikit perbedaan nanti pada langkah pengecekannya. Jadi simak lebih teliti agar tidak salah langkah. Transistor D1555 ini juga bisa diganti dengan tr horisontal yang lain misal yang banyak dipakai seperti tr horisontal D2499. Cara ceknya pun juga sama saja. Berikut gambar penampakan tr D2499.


Anda bisa lihat gambar tr D2499 diatas, sama dengan tr D1555. Kedua tr horisontal itu bisa dipakai sebagai pengganti tr horisontal yang rusak. Lanjut bagaimana cara mengeceknya. Ada 6 langkah pengecekan untuk tr horisontal ini, agar diketahui rusak atau tidaknya tr tersebut. Usahakan jika ingin mengecek tr horisontal anda lepas dulu dari pcb mesin tv. Karena jika dalam posisi tr horisontal menempel di pcb, maka hasil pengecekan bisa kacau dan mungkin bisa dianggap rusak. Berikut adalah gambar 6 langkah pengecekan tr horisontal tv. 


Silahkan lihat gambar diatas, ada 6 langkah dalam pengecekannya. Pertama anda set dulu multimeter anda pada skala X10. Kemudian tempelkan probe sesuai dengan langkah- langkah diatas. Hasil pengecekan harus sama persis seperti pada gambar diatas. Jika ditemukan satu atau ada beberapa perbedaan hasil pengecekan, maka dapat dipastikan konsisi tr horisontal tersebut rusak. 

Update!
Ada komentar masuk, menanyakan panduan atau langkah-langkah seperti gambar diatas bagaimana? Sebenarnya sudah jelas pada gambar sudah disertakan urutan langkahnya, tapi jika belum disertakan langkah-langkahnya, juga kurang lengkap. Jika mengandalkan gambar saja he..he.. Dalam update ini juga akan saya sertakan cara cek 2 jenis tr horisontal, yaitu tr horisontal dengan diode damper dan tr horisontal tanpa diode damper. Sebenarnya langkahnya sama saja, cuma ada sedikit perbedaan hasil di bagian langkah no.3 dan no.4. Baik, berikut panduan atau langkah-langkahnya. 

● Cara cek tr horisontal dengan diode damper. Langkahnya seperti gambar diatas. Set avometer di skala X10.

1. Konek probe hitam di kaki Basis. Kemudian probe merah di kaki Colector. Hasilnya jarum avometer bergerak kekanan. Jika jarum avometer tidak bergerak, berarti tr horisontal rusak atau putus. 

2. Konek probe hitam di kaki Basis, kemudian probe merah di kaki Emitor. Hasilnya jarum avometer bergerak kekanan. Jika jarum tidak bergerak, berarti tr rusak. 

3. Konek probe hitam di kaki Emitor, kemudian probe merah di kaki Colector. Hasilnya jarum avometer bergerak kekanan. Jika jarum tidak bergerak, kemungkinan jenis tr horisontal tanpa dioda damper. 

4. Konek probe hitam di kaki Emitor, kemudian probe merah di kaki Basis. Hasilnya jarum avometer bergerak kekanan. Jika jarum tidak bergerak, kemungkinan jenis tr horisontal tanpa diode damper. 

5. Konek probe hitam di kaki Colector, kemudian probe merah di kaki Basis. Hasilnya jarum avometer tidak bergerak. Jika jarum bergerak ke kanan, berarti tr horisontal bocor atau short. 

6. Konek probe hitam di kaki Colector, kemudian probe merah di kaki Emitor. Hasilnya jarum tidak bergerak. Jika jarum bergerak, berarti tr bocor atau short. 

● Cara cek tr horisontal tanpa diode damper. Langkahnya sama dengan diatas. Cuma ada perbedaan hasil di langkah no.3 dan no.4. Set avometer skala X10. Lakukan langkah sama dengan diatas urutan no.1, 2, 5, 6. Perbedaan ada di langkah no.3 dan no.4. 

3. Konek probe hitam di kaki Emitor, kemudian probe merah di kaki Colector. Hasilnya jarum tidak bergerak. 

4. Konek probe hitam di kaki Emitor, kemudian probe merah di kaki Basis. Hasilnya jarum tidak bergerak. 

Jadi kesimpulannya adalah tr horisontal ada 2 jenis yaitu, tr horisontal dengan diode damper dan tanpa diode damper. Perbedaan ada di langkah no.3 dan no.4. Yang mana pada tr horisontal tanpa diode damper hasilnya jarum avometer tidak bergerak. Sedangkan pada tr horisontal dengan diode damper, hasilnya jarum avometer bergerak kekanan. Salah satu contoh tr horisontal tanpa diode damper adalah tr C6090. 

Nah sudah lengkap tutorialnya bagaimana langkah-langkah mengecek tr horisontal tv ini. Semoga dengan sedikit penjelasan diatas bisa memberikan pencerahan dan petunjuk bagaimana cara mengecek tr horisontal yang benar. Sehingga anda dapat dengan pasti menentukan kerusakan tr horisontal tersebut, tanpa harus ragu lagi. Semoga bermanfaat.

8 comments:

  1. slmat sore mas..maf kalo dgn cara di atas semua bergerak..itu sudah pasti jebol ya mas..? trimakasih

    ReplyDelete
  2. Apakah ada efek samping nya jika d2499 diganti dengan d1555?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah mas, aman. Kan sama transistor horizontalnya.

      Delete
  3. Ok, makasih untuk info nya, langsung mau dicoba nih utk tr hor quintrix f,

    ReplyDelete
  4. Nanya bang persamaan tr HOT 1803 DFX.. terimakasih bang

    ReplyDelete
  5. Bisa minta panduan untuk cek TR regulator yang pakai gambar seperti diatas gak mas, sangat membantu sekali trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas, atas masukannya. Panduan dan langkah sudah saya update di postingan ini. Saya sertakan pula 2 macam tr horisontal beserta langkah pengecekannya. Silahkan di lihat kembali postingan diatas.

      Delete