Saturday, October 21, 2017

TV LCD LG GAMBAR BERGETAR DOBEL SEPARUH

Kali ini datang kerjaan tv lcd lg dengan problem gambar bergetar dan dobel separuh, model M2241AN. Banyak kasus dan problem pada tv lcd ataupun led dengan kerusakan gambar bergetar dan dobel. Kebanyakan solusi yang ada adalah dengan memotong salah satu jalur CKV, CKVB. Dengan memotong salah satu jalur tersebut kiri atau kanan, diharapkan problem gambar bergetar dapat diatasi. Saya dalam hal ini juga masih pemula dan masih dalam tahap belajar memperbaiki tv lcd atau led. Jadi masih harus belajar mengenal jalur-jalur dan test point penting yang ada di dalam tv tersebut. Dan kadang masih kesulitan menentukan titik kerusakan, karena pengalaman dalam hal memperbaiki tv lcd dan led juga masih kurang he..he.. Istilah basa jawanya GERABAK dulu, karena masih buta dalam mengenal jalurnya. Tapi berbekal keinginan untuk bisa memperbaiki tv lcd dan led, sedikit demi sedikit insyaalloh pasti bisa. Bagaimana petualangan saya dalam memperbaiki tv lcd kali ini? Simak lebih lanjut ya.

Seiring perkembangan jaman, teknologi televisi berkembang sangat cepat dengan ditemukannya teknologi tv lcd dan led. Maka teknologi generasi tv tabung pelan-pelan juga akan ditinggalkan. Jika ini terjadi, teknologi tv tabung akan jadi kenangan he..he.. Atas dasar inilah, maka bagi para teknisi elektronik mau tidak mau harus belajar teknologi ini. Karena jika tidak, maka akan tertinggal oleh perkembangan jaman yang semakin cepat. Meskipun keberadaan tv tabung masih banyak yang pakai, tapi secara perlahan orang sudah mulai berpindah menggunakan tv lcd dan led. Karena dari segi harga, sekarang tv lcd dan led sudah sangat terjangkau untuk bisa dibeli oleh kalangan masyarakat kelas menengah kebawah. Otomatis keberadaan tv lcd dan led semakin banyak. Sedangkan teknisi berpengalaman dalam hal ini masih sedikit. Karena keterbatasan pengetahuan dan ketersediaan komponen spare part yang sangat sedikit, menjadikan kita juga agak sedikit kesulitan, jika ingin belajar memperbaikinya.

Tapi jangan takut atau khawatir, karena sekarang sumber informasi banyak di internet yang dapat kita ambil dan pelajari dari pengalaman para master lcd dan led. Berkat jasa kerja keras merekalah kita dapat mengambil ilmu yang bermanfaat. Sehingga dapat kita gunakan untuk belajar dalam memperbaiki sesuatu, khususnya tv lcd dan led. Kembali ke topik. Banyak di internet jika menghadapi problem kerusakan gambar bergetar dan dobel, maka indikasi pasti mengarah pada kerusakan layar lcdnya. Baik itu karena kabel lcd kotor atau terjadi kerusakan pada komponen Tcon layar lcdnya. Bisakah kerusakan layar lcd ini diperbaiki? Jawabnya bisa dan tidak. Adakalanya bisa diperbaiki dan adalakalanya juga gagal tidak bisa diperbaiki. Jadi untung-untungan, kadang bisa dan kadang tidak. Tergantung tingkat kerusakannya.

Banyak macam kerusakan tv lcd dan led mulai dari mati total, standby, dan satu ini yaitu layar gambar bergetar dobel separuh. Dari pengalaman para master, bahwa jenis kerusakan seperti ini kebanyakan disebabkan kerusakan pada layarnya yaitu pada bagian Tcon nya. Dan dapat diatasi dengan jalan cut salah satu jalur CKV, CKVB, dengan prosentase keberhasilan 50% dan dapat kambuh atau kembali rusak dengan problem yang sama. Jika ini terjadi, maka layar lcd sudah benar-benar rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi.

Kasus ini sama dengan kasus yang saya alami yaitu gambar bergetar dobel separuh pada bagian bawah.  Tapi setelah saya cari pada pcb Tcon, tidak ada keterangan tulisan CKV atau CKVB. Bagaimana bisa dperbaiki jika titik jalurnya tidak ketemu. Tidak ketemu apa memang belum tahu he..he..?  Yang jelas keduanya yaitu belum tahu dan belum ketemu he..he.. Jadi pusing kepala, Hampir seminggu tv lcd ini tidak kunjung ada solusi untuk memperbaikinya. Saya cari di internet kebanyakan solusi potong jalur CKV, CKVB sudah beres. Tapi kenapa jalur itu kok tidak ada dalam layar lcd yang saya kerjakan? Saya sempat berpikir mungkin layar lcd ini jenis lama, sehingga teknologinya pun berbeda. Hampir saja menyerah, karena tidak ketemu solusinya. Karena tidak ketemu. Akhirnya alhamdulillah ada sedikit pentunjuk yaitu dengan cara test point beberapa tegangan pada papan pcb Tcon. Ternyata ada salah satu tegangan bermasalah. Sebelum ke proses perbaikannya, mari kita lihat dulu gambar problemnya seperti apa sih? Kerusakan gambar bergetar doble separuh itu? Berikut adalah gambar yang sempat saya foto pada sebelum proses pengerjaannya.


Kadang juga seperti ini.


Dan juga kadang seperti ini.


Jadi gambar kadang muncul problem seperti itu disertai gambar dobel. Kerusakan yang disebabkan dari Tcon dapat menyebabkan gambar blur, klise, pause atau gambar berhenti, berbayang, kurang terang atau low contrast, blank dst. Kerusakan gambar seperti ini biasanya disebabkan karena ic gamma atau ic power supply Tconnya bermasalah. Komponen ic ini sulit didapat. Sebelum mentok kena icnya, Alangkah lebih baik, jika dicek test poinnya dulu. Ada beberapa titik test poin yang bisa anda cek tegangannya. Berikut titik test pointnya.

VCC IN (+12V)
VGH +/- (+24V). Kekurangan atau kehilangan tegangan ini dapat menyebabkan gambar berbayang, gerak lambat atau agak gelap.

VGL +- (-5,6v). Kehilangan tegangan ini dapat menyebabkan gambar berhenti, kemudian layar blank dan motif garis vertikal.

VS +/- (+15/18V) Kekurangan tegangan ini dapat menyebabkan gambar gambar gelap, low contrast.

VDD 3,3V untuk tegangan ic controller. Hilangnya tegangan ini dapat menyebabkan layar gelap/blank/Tcon tidak kerja.

Semua hasil  diatas dapat berbeda dengan perangkat yang lain. Hasil diatas hanya saya gunakan sebagai acuan saja. Untuk mempemudah pengerjaannya. Dari hasil pengecekan saya ditemukan kejanggalan pada titik VGL. Yaitu tegangan pada titik ini jika diukur menggunakan multitester analog terlihat bergoyang tidak stabil. Berikut gambar tata cetak komponen.


Pada gambar bisa terlihat letak komponennya. Yaitu pin VGL yang tegangan tidak stabil. Ada 2 koneksi pada jalur ini yaitu R302 dan C915. R302 adalah R dengan nilai 000 atau sama dengan fuse resistor. Coba lepas 2 komponen tersebut, dan setelah dicek ternyata benar gambar sudah bagus. Berikut gambar 2 komponen yang sudah saya lepas.


Setelah komponen dilepas, kemudian coba test apakah tegangan sudah normal pada titik ini. Lanjut ke pengecekan gambar, ternyata hasilnya sudah bagus. Tapi ada sedikit cacat yang muncul yaitu muncul 1 garis melintang pada bagian atas gambar. Anda bisa lihat gambar dibawah ini.


Anda bisa lihat ada satu helai garis yang terlihat pada gambar. Menurut saya tidak terlalu menggangu jika hanya sehelai saja dan gambar masih bisa dinikmati. Begitulah cerita pengalaman saya dalam memperbaiki tv lcd dan led. Walaupun masih dalam tahap belajar he..he.. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment