Sunday, October 22, 2017

CARA MEMASANG INVERTER MOBIL 12V TO CT 42V

Next posting kali ini adalah cara memasang kit inverter mobil 12volt to CT 42volt. Salah satu solusi untuk power berdaya besar, agar bisa dipasang di mobil hanya dengan tegangan 12 volt dari accu. Untuk merubah tegangan 12 volt DC accu menjadi tegangan CT 42 volt membutuhkan alat yang namanya kit inverter. Ada banyak banyak varian tegangan output dari kit inverter ini, dari mulai out CT 18v, 24v, 32v, 42v, tergantung kebutuhan. Kalau saya lebih suka yang out CT 42volt he..he.. biar maksimal. Untuk sumber tegangan kit inverter ada dua macam yaitu tegangan 12 volt dan 24 volt. Tentu saja sesuaikan dengan voltase accu yang ada di mobil anda. Kemarin ada yang bertanya bagaimana koneksi penyambungan kit inverter ini? Bagaimana cara koneksinya, simak lebih lanjut ya.

Untuk menghasilkan kualitas audio mobil yang mantap, tentu saja membutuhkan biaya yang banyak. Mulai dari pemilihan power audio mobil, speaker, dan berbagai aksesorisnya. Bagaimana cara menghasilkan power audio mobil dengan biaya murah? Pastinya harus menggunakan komponen power rakitan yang bisa dipasang di mobil. Bagaimana dengan supply tegangannya? Bisa ditambahkan kit inverter untuk merubah tegangan 12 volt dari accu menjadi CT 42 volt, sehingga cocok untuk power amplifier rakitan.

Sebenarnya prinsip dasar sebuah power audio mobil sama saja dengan power audio rumahan. Perbedaannya hanya pada tegangan inputnya. Yang mana pada power audio mobil menggunakan tegangan tunggal DC 12 volt dari accu. Sedangkan power audio rumahan menggunakan tegangan CT dari trafo. Padahal kalau anda melihat komponen yang berada dalam power audio mobil sebenarnya sama saja dengan power audio rumahan, cuma sudah include atau sudah ditambahkan inverter tegangan yang dipasang didalam box, gunanya untuk merubah tegangan 12 volt DC dari accu menjadi CT untuk power amplifier. Jadi kesimpulannya adalah supply power audio mobil sebenarnya sama saja menggunakan tegangan CT seperti power audio rumahan pada umumnya. Cuma pada power audio mobil sudah dilengkapi dengan inverter tegangan, sehingga kita tidak perlu lagi menambahkan kit inverter.

Jadi pada intinya power audio rumahan pun bisa dipasang pada audio mobil dengan tambahan kit inverter tegangan, supaya dapat bekerja pada tegangan 12 volt accu. Untuk memasang kit inverter ini lihat dulu tegangan accu anda berapa volt? 12v atau 24v? Supaya tidak keliru. Kemudian berapa volt output yang diinginkan untuk power amplifier? Jika sudah mari kita lanjut ke pamasangannya. Berikut gambar koneksi inverter mobil 12v to CT 42v untuk power amplifier.


Anda bisa lihat gambar diatas. Ada tiga buah komponen utama yaitu accu, kit inverter dan power 400w sanken. Pada jalur kit inverter ada tiga lubang input yaitu GND, REM, +12V. 

GND = Konek ke tegangan negatif accu.
REM = Tegangan standby, konek ke +12V.
+12V = Konek ke +12V.

Untuk output dari inverter ini sudah berupa tegangan DC simetris yaitu +42V CT -42V. Jadi tidak perlu lagi tambahan dioda dan elco. Langsung konek ke supply power amplifier. Untuk pemasangan saklar power anda bisa pasang pada jalur tegangan input inverter. Rangkaian power ini bisa ditambahkan subwoofer aktif untuk dirubah sebagai power subwoofer yang menggelegar. Tinggal tambahkan speaker subwoofer agar respon bass lebih bagus. Jadi deehh, bisa buat sendiri power audio mobil dengan biaya murah meriah he..he.. Semoga bermanfaat.

51 comments:

  1. Mas... kira2 power yg stelah inverter tdi kn 42 ct 42.
    Dn klo lhat d gmbar pean kn mono..
    Snggupkah mono itu ngangkat 4 speaker yg msing2 4ohm dan 2 tweeter 8ohm.. smuax d paralel mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih mampu mas. Tapi lebih baik tr sankennya tambah lagi 1 set. Jadi satu power mono dengan 2 set sanken.

      Delete
    2. Mkasih mas cocok... hehehe pke sanken 2922 atw yg d atasx mas

      Delete
    3. Pakai yang 2SC2922 dan 2SA1216 gak masalah mas.

      Delete
    4. Mas saya pernah buat bentor mas accu gak tahan lama mudah rusak apa ada mas alat agar accu tahan lama.kalau ada pakai apa mas

      Delete
    5. Harusnya sih gak bikin accu mudah rusak. Gak ada alat yang bikin accu tahan lama mas he..he.. Selama ini saya pakai gak masalah tuh mas.

      Accu mudah rusak pasti ada penyebabnya. Mungkin bisa dari tegangan charher aki terlalu tinggi atau terlalu rendah. Ini berpengaruh pada daya tahan accu.

      Kedua mungkin juga bisa beban accu terlalu banyak, jadi over melebihi kemampuan accu.

      Ketiga bisa juga sering telat isi air accu. Yang ini sangat fatal akibatnya. Sekali telat isi air accu, dijamin accu akan cepat drop dan mudah rusak.

      Delete
  2. Replies
    1. Master bahar gimana dengan amper setelahelewati inventer ...berapa amperkah

      Delete
    2. Macam-macam mas, tergantung kit inverternya. Ada yang 7A, 10A, 15A. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan power dan aki.

      Semakin besar Amper inverter, maka semakin besar pula daya amper aki yang dibutuhkan.

      Umumnya sih yang banyak dipasaran adalah kit inverter 12v to ct 42v 7A.

      Delete
  3. Bisa tidak pakai adaptor 12 volt dc sebagai pengganti aki? Biar bisa dipakai di rumah dan biar tidak pakai trafo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tapi pakai adaptor minimal 5A. Kalau dibawah itu, biasanya akan ngedrop mas tegangannya.

      Delete
  4. Oke mas,saya dah nemu adaptor switching led 12 volt 5 ampere,bolehkan mas pake adaptor seperti itu?
    Saya mau tanya lagi,saya punya speaker 8 inchi 8 ohm max 300 watt 2 buah,mau pakai kit ampli bell hr-r3 2.1 chanel yang pake tr toshiba C5200 dan A1943 4 pasang,trus pake kit inverter dc to dc 15 ampere 35-45 volt ct,
    Bisa tidak mas seperti itu saya pakai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Kalau untuk beban speaker 2x8", pakai SMPS 5A masih mampu.

      Delete
    2. mas saya mau tanya kalau tr 3858&1494 cocoknya pake resistor apaya

      Delete
    3. Resistor apa ini maksudnya mas?

      Delete
    4. resistor 10ohm ½watt pada tr final sudah cukup mas.

      Delete
  5. Kenapa ya mas waktu pasang inverter 12 to 24v dc di aki... kok kabelnya lngsung pnas...??? Fuse lngsung putus

    ReplyDelete
  6. restan buat penahan basis dan emitor tr 3858&1494

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umumnya pakai R basis pakai 10 ohm/1watt. Dan R emitor pakai 0,5ohm/5watt. Walaupun memang ada yang pakai R emitor pakai 0,22ohm/5watt. Jadi terserah mau pakai yang mana dua R emitor tersebut. Mau pakai yang 0,5ohm atau 0,22 ohm, sesuai selera mas he..he.. Hasilnya tidak ada perbedaan.

      Delete
  7. Mz bahar kit inverter bs g buat power suply tegangan - + aja soalnya aw ada kit power tp dstu power suply cuma + - aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kit powernya pakai tegangan berapa volt loh mas? Kalau tegangan powernya tunggal 12v, maka gak perlu pakai inverter, langsung konek ke accu saja.

      Tapi kalau tegangan supply powernya diatas 12v, maka boleh pakai inverter penaik tegangan. Untuk koneksi adalah gunakan pin (+) dan (ct) saja. Pin (-) gak usah dikonek.

      Jadi jangan pakai pin (+) dan (-) mas. Tapi pakai pin (+) dan (ct) dari inverter.

      (+) konek ke (+) power.
      (ct) konek ke (-) power.

      Delete
  8. 24 vdc mz.. Aq prnh cb pke aki cuma ky krg bertenaga nymbungnya ke elco ap gmn? coz di kitnya sdh ada diodanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyambungnya langsung ke elco bukan ke dioda. Karena tegangan out inverter itu sudah DC, jadi gak perlu disearahkan lagi pakai diode.

      Delete
  9. Ok mksh mz bahar

    Easy mas bahar tw kit power digital TPA 3116 kan?
    Aq pake kit power itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tahu dari internet, tapi belum coba he..he..

      Katanya sih suaranya halus banget. Dan masuk jenis power class D.

      Delete
  10. Ea mz suara bening aq pake subwoofer 8inc pke adaptor tp krg nendang ap mgkin dr power suplynya mz bahar y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adaptornya berapa amper? Mungkin perlu tambahan aksesoris lagi mas, misal turbo bass atau galaxi.

      Delete
  11. mas bahar....minta bantuan dulu boss...power ampli mobil monoblock pnya tetangga awalx ga bunyi uda ta baikin malah transistor finalx panas berlebihan disaat imput dc tanpa beban spieker...mohon di pandu dulu boss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin masih ada kerusakan pada driver powernya.

      Delete
  12. Ok...siap boss nanti ta koreksi lagi...

    ReplyDelete
  13. Kang Bahar, gimana cara menaikkan tegangan Inverter tsb. Saya punya 32 V. Maunya dinaikkan ke 42 untuk ngangkat Sankey biar lebih jedhug. Sempat saya bongkar toroidalenya untuk saya tambah sekundernya . Tapi malah get nya mati. Arah lilitan pada toroidnya yang benar gimana? Saya lupa. Kalau bisa kasih contoh nya. Satu lagi, mohon petunjuk ya untuk merubah power supply PC biar bisa simetris dengan output 42 V. Saya hanya bisa berhasil sampai 24 V dengan beban. Alhasil power kedodoran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mas, untuk modifikasi inverter saya belum coba. Begitu juga dengan modifikasi psu komputer untuk dirubah ke simetris he..he.. Jadi mohon maaf belum bisa ngasih solusi.

      Delete
  14. Om bisa pesan inverter 12v ke 70v ct dengan amppere besarkah buat power class d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya belum ada mas inverter dengan keluaran 70v. Yang ada masih mentok inverter 12v to CT 42v mas.

      Delete
  15. mas mau tanya...
    saya pernah merangkai power ampli buat d mobil pakai kit modul inventer 12 to 24,klou pakai aki 12volt 3,5 ampare masih kuat bunyi.x joos tpie klou pakai aki 12 volt 60ampare kok bunyi.x pelan putus" gtu.

    kira" apa.x yaaa mas
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ground atau massanya kurang bagus. Coba ambil kabel ground langsung dari negatif accu.

      Delete
  16. assalamuk alaikum
    mas mau tanya, apakah kit inverter 42v bisa ngangkat power blazer 1000watt mono?

    ReplyDelete
    Replies
    1. atau ada assesoris tambahan supaya bisa menyuplai pa 1000watt mono

      Delete
    2. Bisa mas. Tapi butuh supply arus yang besar. Jadi mungkin akan membuat aki cepat habis jika tidak di iringi dengan putaran mesin atau posisi mobil berjalan.

      Delete
    3. makasih mas infonya, jadi tidak perlu assesoris tambahan kayak elco atau fetnya d tambah
      sekali lagi terima kasih, saya banyak ambil pelajaran dari postingan2 mas bahar

      Delete
  17. mas klo rakitanya udah jadi input di ambil kan dari output power bawaan mobil atau gimana. biar tetep rapi di dasboard.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih ditempatkan di belakang, kalau memang di depan atau dasboard gak ada tempat. Tapi kalau tujuannya untuk upgrade power dan koneksi speaker tetap sama, maka ya harus ditaruh didepan.

      Untuk desain biar rapi, silahkan Anda konsultasi pada bengkel audio mobil. Mereka lebih paham dalam hal interior mobil. Kalau saya bukan bidangnya he..he.

      Delete
  18. Salam kenal mas, nih saya pasang power ampli sanken yg 200 watt, mono pakek inventer, tone control dan speaker 8 inch double coil,
    Pertanyaanya, kok basnya kurang nendang ya mas dan lampu hijau di inventer kayak gak stabil, kedip2 gitu mas, terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inverternya pakai berapa volt? Mungkin aki nya ngedrop mas. Atau koneksi kabel setrumnya kurang bagus.

      Coba koneksi langsung ke aki dengan kabel yang agak besar.

      Delete
  19. Assalamu'alaikum. Mas mau nanya, saya punya Kit speaker aktif bell bsx a5, dalam kit tersebut sudah terdapat rangkaian power supplynya, tinggal menambahkan trafo saja. Rencana saya akan membuat speaker aktif portable dengan menggunakan aki, dan untuk speaker woofer 6" 200 watt 2 buah, tweeter 2 buah. Apakah bisa dengan inverter tersebut dihubungkan dengan kit PA saya yang sudah ada rangkaian power supplynya?
    Dan 1 lagi, jika saya ingin menambahkan modul mp3, apakah bisa juga langsung mengambil tegangan dari aki tanpa melalui inverter? Kira-kira mampu atau tidak aki tersebut untuk menampung semuanya?
    Mohon bimbingannya. Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Out tegangan inverter itu sudah DC (+ ct -). Jadi rangkaian psu di power sebenarnya sudah tidak diperlukan lagi. Tapi daripada dibongkar, maka Anda bisa konek tegangan out inverter (+ ct -) langsung ke elco supply power.

      Untuk koneksi mp3 player gak bisa Anda konek ke aki langsung, bisa konslet. Karena power sudah lewat inverter, maka supply mp3 juga harus lewat inverter.

      Karena tegangan out inverter besar, maka perlu diturunkan dulu pakai ic regulator 7812, agar tegangan bisa pas dengan mp3 player.

      Delete
    2. Terima kasih banyak mas bimbingannya.

      Delete
  20. Mas me tanya klu cara nyambung TC nya gimana klu pakek inventer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilihat dulu supply TCnya pakai tegangan tunggal atau CT. Terus berapa volt tegangan tc nya? Jika tegangan pakai ct 15v, maka perlu diturunkan dulu pakai kit power supply simetris 15v pakai ic 7815/7915. Sebelum masuk tc.

      Jika tegangan tcnya tunggal, maka konek ground TC ke ground/ct inverter. Kemudian positif (+) tc konek ke positif (+) inverter. Jika tegangan TCnya 12v atau 15v, maka perlu diturunkan dulu menggunakan ic regulator 7812 atau 7815.

      Delete