Cara Memasang Inverter Mobil 12V to CT 42V

Next posting kali ini adalah cara memasang kit inverter mobil 12volt to CT 42volt. Salah satu solusi untuk power berdaya besar, agar bisa dipasang di mobil hanya dengan tegangan 12 volt dari accu. Untuk merubah tegangan 12 volt DC accu menjadi tegangan CT 42 volt membutuhkan alat yang namanya kit inverter. Ada banyak banyak varian tegangan output dari kit inverter ini, dari mulai out CT 18v, 24v, 32v, 42v, tergantung kebutuhan. Kalau saya lebih suka yang out CT 42volt he..he.. biar maksimal. Untuk sumber tegangan kit inverter ada dua macam yaitu tegangan 12 volt dan 24 volt. Tentu saja sesuaikan dengan voltase accu yang ada di mobil anda. Kemarin ada yang bertanya bagaimana koneksi penyambungan kit inverter ini? Bagaimana cara koneksinya, simak lebih lanjut ya.

Untuk menghasilkan kualitas audio mobil yang mantap, tentu saja membutuhkan biaya yang banyak. Mulai dari pemilihan power audio mobil, speaker, dan berbagai aksesorisnya. Bagaimana cara menghasilkan power audio mobil dengan biaya murah? Pastinya harus menggunakan komponen power rakitan yang bisa dipasang di mobil. Bagaimana dengan supply tegangannya? Bisa ditambahkan kit inverter untuk merubah tegangan 12 volt dari accu menjadi CT 42 volt, sehingga cocok untuk power amplifier rakitan.

Sebenarnya prinsip dasar sebuah power audio mobil sama saja dengan power audio rumahan. Perbedaannya hanya pada tegangan inputnya. Yang mana pada power audio mobil menggunakan tegangan tunggal DC 12 volt dari accu. Sedangkan power audio rumahan menggunakan tegangan CT dari trafo. Padahal kalau anda melihat komponen yang berada dalam power audio mobil sebenarnya sama saja dengan power audio rumahan, cuma sudah include atau sudah ditambahkan inverter tegangan yang dipasang didalam box, gunanya untuk merubah tegangan 12 volt DC dari accu menjadi CT untuk power amplifier. Jadi kesimpulannya adalah supply power audio mobil sebenarnya sama saja menggunakan tegangan CT seperti power audio rumahan pada umumnya. Cuma pada power audio mobil sudah dilengkapi dengan inverter tegangan, sehingga kita tidak perlu lagi menambahkan kit inverter.

Jadi pada intinya power audio rumahan pun bisa dipasang pada audio mobil dengan tambahan kit inverter tegangan, supaya dapat bekerja pada tegangan 12 volt accu. Untuk memasang kit inverter ini lihat dulu tegangan accu anda berapa volt? 12v atau 24v? Supaya tidak keliru. Kemudian berapa volt output yang diinginkan untuk power amplifier? Jika sudah mari kita lanjut ke pamasangannya. Berikut gambar koneksi inverter mobil 12v to CT 42v untuk power amplifier.


Anda bisa lihat gambar diatas. Ada tiga buah komponen utama yaitu accu, kit inverter dan power 400w sanken. Pada jalur kit inverter ada tiga lubang input yaitu GND, REM, +12V. 

GND = Konek ke tegangan negatif accu.
REM = Tegangan standby, konek ke +12V.
+12V = Konek ke +12V.

Untuk output dari inverter ini sudah berupa tegangan DC simetris yaitu +42V CT -42V. Jadi tidak perlu lagi tambahan dioda dan elco. Langsung konek ke supply power amplifier. Untuk pemasangan saklar power anda bisa pasang pada jalur tegangan input inverter. Rangkaian power ini bisa ditambahkan subwoofer aktif untuk dirubah sebagai power subwoofer yang menggelegar. Tinggal tambahkan speaker subwoofer agar respon bass lebih bagus. Jadi deehh, bisa buat sendiri power audio mobil dengan biaya murah meriah he..he.. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Mas... kira2 power yg stelah inverter tdi kn 42 ct 42.
    Dn klo lhat d gmbar pean kn mono..
    Snggupkah mono itu ngangkat 4 speaker yg msing2 4ohm dan 2 tweeter 8ohm.. smuax d paralel mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih mampu mas. Tapi lebih baik tr sankennya tambah lagi 1 set. Jadi satu power mono dengan 2 set sanken.

      Delete
    2. Mkasih mas cocok... hehehe pke sanken 2922 atw yg d atasx mas

      Delete
    3. Pakai yang 2SC2922 dan 2SA1216 gak masalah mas.

      Delete
    4. Mas saya pernah buat bentor mas accu gak tahan lama mudah rusak apa ada mas alat agar accu tahan lama.kalau ada pakai apa mas

      Delete
    5. Harusnya sih gak bikin accu mudah rusak. Gak ada alat yang bikin accu tahan lama mas he..he.. Selama ini saya pakai gak masalah tuh mas.

      Accu mudah rusak pasti ada penyebabnya. Mungkin bisa dari tegangan charher aki terlalu tinggi atau terlalu rendah. Ini berpengaruh pada daya tahan accu.

      Kedua mungkin juga bisa beban accu terlalu banyak, jadi over melebihi kemampuan accu.

      Ketiga bisa juga sering telat isi air accu. Yang ini sangat fatal akibatnya. Sekali telat isi air accu, dijamin accu akan cepat drop dan mudah rusak.

      Delete
  2. Replies
    1. Master bahar gimana dengan amper setelahelewati inventer ...berapa amperkah

      Delete
    2. Macam-macam mas, tergantung kit inverternya. Ada yang 7A, 10A, 15A. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan power dan aki.

      Semakin besar Amper inverter, maka semakin besar pula daya amper aki yang dibutuhkan.

      Umumnya sih yang banyak dipasaran adalah kit inverter 12v to ct 42v 7A.

      Delete
    3. Tanya mas, kalo yg inverter out 7a apakah benar 7a? Pgn beli, tp gx ada salahnya tanya dulu :-)

      Delete
    4. Daya realnya bisanya hanya 75% dari daya yang tertulis. Jadi kalau inverter out 7A, maka daya realnya sekitar 5,25A mas. Jadi daya 5,25A itu daya optimal inverter tersebut.

      Delete
  3. Bisa tidak pakai adaptor 12 volt dc sebagai pengganti aki? Biar bisa dipakai di rumah dan biar tidak pakai trafo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tapi pakai adaptor minimal 5A. Kalau dibawah itu, biasanya akan ngedrop mas tegangannya.

      Delete
    2. Mas bahar ulum,numpang tanya nih klo dari aki -ke + 12 volt di sentuhin sebentarkan ga papa,nah klo kit imperter dari 12 volt ke 24 volt bersentuhan - + y kebakar ga imverter y,

      Delete
    3. Ya kalau lama mungkin kebakar mas. Biasanya sih ada tanda lampu protek menyala dari inverternya mas.

      Delete
  4. Oke mas,saya dah nemu adaptor switching led 12 volt 5 ampere,bolehkan mas pake adaptor seperti itu?
    Saya mau tanya lagi,saya punya speaker 8 inchi 8 ohm max 300 watt 2 buah,mau pakai kit ampli bell hr-r3 2.1 chanel yang pake tr toshiba C5200 dan A1943 4 pasang,trus pake kit inverter dc to dc 15 ampere 35-45 volt ct,
    Bisa tidak mas seperti itu saya pakai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Kalau untuk beban speaker 2x8", pakai SMPS 5A masih mampu.

      Delete
    2. mas saya mau tanya kalau tr 3858&1494 cocoknya pake resistor apaya

      Delete
    3. Resistor apa ini maksudnya mas?

      Delete
    4. resistor 10ohm ½watt pada tr final sudah cukup mas.

      Delete
  5. Kenapa ya mas waktu pasang inverter 12 to 24v dc di aki... kok kabelnya lngsung pnas...??? Fuse lngsung putus

    ReplyDelete
  6. restan buat penahan basis dan emitor tr 3858&1494

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umumnya pakai R basis pakai 10 ohm/1watt. Dan R emitor pakai 0,5ohm/5watt. Walaupun memang ada yang pakai R emitor pakai 0,22ohm/5watt. Jadi terserah mau pakai yang mana dua R emitor tersebut. Mau pakai yang 0,5ohm atau 0,22 ohm, sesuai selera mas he..he.. Hasilnya tidak ada perbedaan.

      Delete
  7. Mz bahar kit inverter bs g buat power suply tegangan - + aja soalnya aw ada kit power tp dstu power suply cuma + - aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kit powernya pakai tegangan berapa volt loh mas? Kalau tegangan powernya tunggal 12v, maka gak perlu pakai inverter, langsung konek ke accu saja.

      Tapi kalau tegangan supply powernya diatas 12v, maka boleh pakai inverter penaik tegangan. Untuk koneksi adalah gunakan pin (+) dan (ct) saja. Pin (-) gak usah dikonek.

      Jadi jangan pakai pin (+) dan (-) mas. Tapi pakai pin (+) dan (ct) dari inverter.

      (+) konek ke (+) power.
      (ct) konek ke (-) power.

      Delete
  8. 24 vdc mz.. Aq prnh cb pke aki cuma ky krg bertenaga nymbungnya ke elco ap gmn? coz di kitnya sdh ada diodanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyambungnya langsung ke elco bukan ke dioda. Karena tegangan out inverter itu sudah DC, jadi gak perlu disearahkan lagi pakai diode.

      Delete
  9. Ok mksh mz bahar

    Easy mas bahar tw kit power digital TPA 3116 kan?
    Aq pake kit power itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tahu dari internet, tapi belum coba he..he..

      Katanya sih suaranya halus banget. Dan masuk jenis power class D.

      Delete
  10. Ea mz suara bening aq pake subwoofer 8inc pke adaptor tp krg nendang ap mgkin dr power suplynya mz bahar y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adaptornya berapa amper? Mungkin perlu tambahan aksesoris lagi mas, misal turbo bass atau galaxi.

      Delete
  11. mas bahar....minta bantuan dulu boss...power ampli mobil monoblock pnya tetangga awalx ga bunyi uda ta baikin malah transistor finalx panas berlebihan disaat imput dc tanpa beban spieker...mohon di pandu dulu boss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin masih ada kerusakan pada driver powernya.

      Delete
  12. Ok...siap boss nanti ta koreksi lagi...

    ReplyDelete
  13. Kang Bahar, gimana cara menaikkan tegangan Inverter tsb. Saya punya 32 V. Maunya dinaikkan ke 42 untuk ngangkat Sankey biar lebih jedhug. Sempat saya bongkar toroidalenya untuk saya tambah sekundernya . Tapi malah get nya mati. Arah lilitan pada toroidnya yang benar gimana? Saya lupa. Kalau bisa kasih contoh nya. Satu lagi, mohon petunjuk ya untuk merubah power supply PC biar bisa simetris dengan output 42 V. Saya hanya bisa berhasil sampai 24 V dengan beban. Alhasil power kedodoran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mas, untuk modifikasi inverter saya belum coba. Begitu juga dengan modifikasi psu komputer untuk dirubah ke simetris he..he.. Jadi mohon maaf belum bisa ngasih solusi.

      Delete
  14. Om bisa pesan inverter 12v ke 70v ct dengan amppere besarkah buat power class d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya belum ada mas inverter dengan keluaran 70v. Yang ada masih mentok inverter 12v to CT 42v mas.

      Delete
  15. mas mau tanya...
    saya pernah merangkai power ampli buat d mobil pakai kit modul inventer 12 to 24,klou pakai aki 12volt 3,5 ampare masih kuat bunyi.x joos tpie klou pakai aki 12 volt 60ampare kok bunyi.x pelan putus" gtu.

    kira" apa.x yaaa mas
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ground atau massanya kurang bagus. Coba ambil kabel ground langsung dari negatif accu.

      Delete
  16. assalamuk alaikum
    mas mau tanya, apakah kit inverter 42v bisa ngangkat power blazer 1000watt mono?

    ReplyDelete
    Replies
    1. atau ada assesoris tambahan supaya bisa menyuplai pa 1000watt mono

      Delete
    2. Bisa mas. Tapi butuh supply arus yang besar. Jadi mungkin akan membuat aki cepat habis jika tidak di iringi dengan putaran mesin atau posisi mobil berjalan.

      Delete
    3. makasih mas infonya, jadi tidak perlu assesoris tambahan kayak elco atau fetnya d tambah
      sekali lagi terima kasih, saya banyak ambil pelajaran dari postingan2 mas bahar

      Delete
  17. mas klo rakitanya udah jadi input di ambil kan dari output power bawaan mobil atau gimana. biar tetep rapi di dasboard.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih ditempatkan di belakang, kalau memang di depan atau dasboard gak ada tempat. Tapi kalau tujuannya untuk upgrade power dan koneksi speaker tetap sama, maka ya harus ditaruh didepan.

      Untuk desain biar rapi, silahkan Anda konsultasi pada bengkel audio mobil. Mereka lebih paham dalam hal interior mobil. Kalau saya bukan bidangnya he..he.

      Delete
  18. Salam kenal mas, nih saya pasang power ampli sanken yg 200 watt, mono pakek inventer, tone control dan speaker 8 inch double coil,
    Pertanyaanya, kok basnya kurang nendang ya mas dan lampu hijau di inventer kayak gak stabil, kedip2 gitu mas, terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inverternya pakai berapa volt? Mungkin aki nya ngedrop mas. Atau koneksi kabel setrumnya kurang bagus.

      Coba koneksi langsung ke aki dengan kabel yang agak besar.

      Delete
  19. Assalamu'alaikum. Mas mau nanya, saya punya Kit speaker aktif bell bsx a5, dalam kit tersebut sudah terdapat rangkaian power supplynya, tinggal menambahkan trafo saja. Rencana saya akan membuat speaker aktif portable dengan menggunakan aki, dan untuk speaker woofer 6" 200 watt 2 buah, tweeter 2 buah. Apakah bisa dengan inverter tersebut dihubungkan dengan kit PA saya yang sudah ada rangkaian power supplynya?
    Dan 1 lagi, jika saya ingin menambahkan modul mp3, apakah bisa juga langsung mengambil tegangan dari aki tanpa melalui inverter? Kira-kira mampu atau tidak aki tersebut untuk menampung semuanya?
    Mohon bimbingannya. Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Out tegangan inverter itu sudah DC (+ ct -). Jadi rangkaian psu di power sebenarnya sudah tidak diperlukan lagi. Tapi daripada dibongkar, maka Anda bisa konek tegangan out inverter (+ ct -) langsung ke elco supply power.

      Untuk koneksi mp3 player gak bisa Anda konek ke aki langsung, bisa konslet. Karena power sudah lewat inverter, maka supply mp3 juga harus lewat inverter.

      Karena tegangan out inverter besar, maka perlu diturunkan dulu pakai ic regulator 7812, agar tegangan bisa pas dengan mp3 player.

      Delete
    2. Terima kasih banyak mas bimbingannya.

      Delete
  20. Mas me tanya klu cara nyambung TC nya gimana klu pakek inventer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilihat dulu supply TCnya pakai tegangan tunggal atau CT. Terus berapa volt tegangan tc nya? Jika tegangan pakai ct 15v, maka perlu diturunkan dulu pakai kit power supply simetris 15v pakai ic 7815/7915. Sebelum masuk tc.

      Jika tegangan tcnya tunggal, maka konek ground TC ke ground/ct inverter. Kemudian positif (+) tc konek ke positif (+) inverter. Jika tegangan TCnya 12v atau 15v, maka perlu diturunkan dulu menggunakan ic regulator 7812 atau 7815.

      Delete
  21. Mas bagaimana cara menambah trafo pada inverter supaya bisa buat aki dan bisa buat listrik rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tinggal tambahkan trafo lengkap dengan rangkaian Psu nya, yaitu diode dan elconya. Kemudian tinggal gabung saja (+ ct -) dari trafo dan dari inverter.

      Usahakan tegangan psu trafo dan inverter sama. Atau selisihnya sedikit. Misal tegangan inverternya ct 42v , maka tegangan trafo gunakan yang ct 32v. Agar nanti setelah jadi DC akan jadi sekitar 45VDC.

      Jadi tegangan inverter adalah (+42v ct -42v) digabung dengan tegangan psu trafo (+45v ct -45v).

      Jika sudah digabung seperti ini, maka penggunaan tegangan input power harus gantian, gak boleh bersama. Misal sudah pakai tegangan aki, maka tidak boleh trafo ditancapkan ke tegangan pln. Bisa tabrakan nanti antara tegangan psu trafo dan tegangan inverter. Jadi harus gantian.

      Delete
  22. Assalamualaikum... met mlm mass Bahar..
    Jd klo udah pakai inverter gini.. udah gak perlu pakai elco lagi ya.. buat psu ke kit driver..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu mas. Karena output dari inverter itu sudah DC (+ ct -). Jadi gak perlu lagi tambahan elco dan diode,langsung konek ke power.

      Delete
  23. Master.. Mau tanya, kalo aki itu kita ganti dengan travo 0-12V 1A bisa ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas.
      Bisa mas, cuma amper trafo kurang besar, minimal pakai trafo 5A.

      Kemudian harus dirangkai dan disearahkan dulu menggunakan diode dan kapasitor, agar menjadi tegangan DC 12v.

      Delete
    2. iyah ngga gpp mas,
      saya juga baru isi kuota.hehee

      ooh gitu.. iya trimakasih mas

      Delete
  24. mas bahar mau nanya..punya saya jack rca output dari head unit menuju input power panas kaya short sampai resistor head unit kebakar knpa ya..tapi kalau output dari hp aman2 saja..apa masalahnya ground inverter dan ground head unit jadi satu itu ya…sampai pinjem head unit teman juga sama aja..tpi klo HU di kasih sumber arus lain bukan aki yg sama aman2 saja mas..trus solusinya gmn..,trim's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya ground inverter dan ground head unit boleh digabung mas. Karena jalur ground inverter dan negatif (-) head unit itu satu jalur, harusnya sih gak masalah.

      Kemungkinan penyebab terjadinya konslet adalah karena jalur RCA output head unit itu yang bukan ground, tapi dikoneksi ke input power, yang mana input power menggunakan ground.

      Untuk memastikan jika memang ground inverter dan ground head unit bisa digabung adalah silahkan coba pasang kembali head unit, tapi jangan dipasang dulu jack rca ke input power, biarkan kosong. Kemudian pasang juga inverternya, nyalakan. Jika dalam kondisi ini, head unit dan inverter dapat nyala normal, berarti tidak ada yang konslet.

      Untuk menghindari konslet, maka jalur input power bisa diambilkan melalui jalur output Headphone. Biasanya ada di panel depan HU pakai jack 3,5mm. Harusnya dalam kondisi bisa nyala normal dan tidak konslet.

      Delete
    2. Ground inverter dan ground HU(-)kyakny gk satu jalur ms,cba saya gbung kbelny panas kya terbkar.

      Delete
    3. Ya berarti memang gak bisa disatukan kayaknya mas.

      Coba sih urut jalur tegangan negatif (-) inverter itu mengarah kemana? Apakah satu jalur dengan output CT inverter atau gak?

      Saya sih baru menemukan kasus kayak ini mas. Selama ini sih gak ada masalah dengan ground inverter dan ground (-) HU.

      Delete
    4. Ok trimksih bnyk mas...nanti sya cek lagi..

      Delete
    5. ternyata stelah saya cek trafo teroid inverternya da yg short jd groundny brtegangan..trimkasih mas dan sukses selalu..

      Delete
  25. kit inverter beli jadi di toko kenapa kok cepet sekali rusak mas? padahal cuma buat power 300watt ( tulisan di kardus ) dan pakai 1 speker 6inch. volume jg gak keras. apa memang harus dimodif inverternya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya gak perlu dimodif. Paling penyebabnya kepanasan. Kit inverter biasanya bawaan pendinginnya kecil. Maka bisa dicoba diperbesar atau ditambah pendinginnya biar lebih adem dan gak gampang rusak.

      Delete
  26. Assalamualaikum mas, mau nanya mas, inverter in 12v, out 24 nih sy konek ke kit ampli 200 wat + tone control.. daya inverter bisa narik tuh, soalnya gk mantep, atau bisa gk make inverter 42v atau gmna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilihat dulu tr final powernya pakai apa? Kalau pakai sanken, boleh pakai inverter 42v. Tapi kalau pakai jengkolan atau TIP, jangan pakai inverter 42v, maksimal pakai inverter 32v.

      Mungkin tegangan out inverter kurang besar hanya 24v, maka hasilnya kurang mantap. Bisa coba Anda ganti pakai inverter 32v mas.

      Delete
  27. Waalaikumsalam. Pakai saja PSU komputer standart yang 450w.

    ReplyDelete
  28. Ass.mas mau tanya inverter kit 42v dipasang ke modul speaker aktif ct32 Tr kebakar ya padahal pake Tr2292 terus habis diganti yg kebakar malah TrBD139 nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin tr finalnya palsu. Jadi gak kuat untuk tegangan tinggi.

      Mestinya Anda pakai kit inverter yang outputnya ct 32v.

      Prosedur pemasangan Anda salah. Harusnya Anda coba dulu power pakai tegangan rendah, kalau sudah normal, baru tegangan bisa dinaikkan. Kuatirnya dari awal power memang sudah bermasalah. Bisa dari komponen yang gak kuat tegangan tinggi atau memang ada kerusakan komponen.

      Kalau power pakai tegangan rendah dulu, maka kerusakan komponen dapat diminimalisir dan kita bisa cek komponen satu persatu.

      Delete
  29. Om aku nyobak ko kebakar om padahal fet nya aku pararel 4set om z44 aku ganti 3205 4set tapi waktu mesin of oke om ga ada masalah om buat musikan 1-1 1/2 jam tpi pas aku start mesinnya fet lngsung mletus.....amper aki 33AH.. Mohon pencerahannya om...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tolong jangan dikonek dulu ke inverter. Cek dulu tegangannya pada mobil, pada saat mesin off, berapa volt? Kemudian jangan dilepas dulu avometernya, kemudian start mesinnya, amati pergerakan avometernya, apakah ada kenaikan tegangan pada saat start mesin? Walaupun sesaat. Tegangannya berapa volt saat mesin nyala? Saat di gas berapa volt?

      Dugaan saya mungkin terjadi kenaikan tegangan pada saat start mesin. Lah ini yang perlu diketahui dan dicek.

      Ingat jangan dikonek dulu ke inverter ya. Sebelum tegangan aman.

      Delete
  30. mas kalo nambah lilitan pada inventer mobil gimana ya mas?
    dari 20vdc menjadi 30vdc apakah bisa?

    ReplyDelete
  31. Bagaimana kalo seumpama saya pasang tipe mobil pakai 1 accu. Otomatis groun ct sama - accu jadi shot , atau sambung. Itu bagaimana, sialnya sata pernah coba, ivertnya ngebul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang benar ground ct itu gabung dengan tegangan negatif (-) accu. Karena satu jalur pada rangkaian inverternya. Silahkan Anda lihat jalur tegangan (-) pada inverter, nanti akan gabung jadi satu dengan groudn/ct.

      Harusnya gak short. Yang gak boleh gabung adalah tegangan negatif (-) accu dan tegangan negatif (-) output inverter. Ini gak boleh jadi satu, atau konek ke ground. Jika konek ke ground akan short.

      Jadi jika ground/ct jadi satu dengan tegangan negatif (-) itu gak masalah dan gak short. Karena memang jalurnya seperti itu. Yang gak boleh konek adalah tegangan negatif (-) accu dengan tegangan negatif (-) output inverter.

      Delete
  32. Mas. Bahar,numpang tanya klo dar aki 12 volt jadi 24 volt trus di alirkan ke setrum ikan atau setrum belut kuat ga mas,trus gimana klo setik kanan bersentuhan dengan setk kiri,apa kah konslet atau tidak mas kit inverter y,trus setik kanan kiri kan masuk ke air apa kah kit y kuat mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuat ya mas,tpi apa ngga konslet klo setik kanan bersentuhan dg setik kiri mas,,

      Delete
    2. Yang konslet kan setrum belutnya, bukan inverternya.

      Ya kalau nempelnya lama, rusak juga mas he..he.. Tapi kalau bersentuhan sebentar, menurut saya gak masalah.

      Delete
    3. Tpi Klo setrum blut sih ngga mungkin konslet,paling kabel setik y itu gosong,sekarang sya mau nyari tpi di kota sy blum menemukan inverter apa itu klo ditoko nama y mas,

      Delete
    4. Ooh itu ya nama y,,makasih mas bahar ulum atas informasi y,semoga bermanfaat,,

      Delete
  33. Mas bahar numpang tanya. Inverter kit tersebut bisa pasang di truk? Sedangkan di truk inputnya 24volt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Cuma nanti beli inverternya yang 24v to CT. Bukan yang 12v to CT.

      Delete
  34. Bos mau tny untk tone control dengan menggunakan inverter 12 to 42,knp tone controlnya terbakar,mohon pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda pakai tone control yang model apa? Tegangan supply TC nya berapa volt? Yah kalau tc-nya 12-15v dikonek ke 42v yang terbakar mas he..he..😀😁.

      Delete
  35. Mas bahar..mau nanya... Cara nyambung inverter apa ngambil lngsung dari aki apa pake sekring dulu,baru ke inveeter...trus dari inverter ke sekring lagi baru ke kit power/ casan dll gitu mas?? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tegangan positif (+12v) langsung ngambil dari aki, pakai sekering dulu, buat pengaman jika konslet. Kemudian REM konek ke positif (+) kontak, untuk kontrol ON-OFFnya. Jadi jika kontak mati, maka inverter akan standby. Jika kontak nyala, maka inverter akan ON.

      Untuk out inverter boleh pakai sekering lagi buat pengaman. Jadi out inverter, lalu ke sekering, baru ke power.

      Delete
  36. Permisi mas bahar untuk driver socl 504 dg 4 set Tip 3055/2955,pasnya pkai 32v apa yg 42v supaya aman & awet Trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai tegangan maks ct 32v dari trafo mas. Kalau pakai ct 42v dari trafo, jebol tr finalnya he..he.. Kecuali Anda pakai tr final sanken.

      Delete
  37. Mas aku punya psu kompi. .kl mo menaikan arusnya gmn ya..misalnya 12v ke 24v..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal belikan kit inverter 12v to ct 24v mas.

      Delete
  38. Sebelumnya permisi mas bahar. Sy punya subwoofer simbada. Rencana mau pasang ke mobil. Udah sy belikan inverter 12v to 32 v ct. Yg sy tanyakan cara pemasanganya ke kit power simbada.? Sebelumnya trimakasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilihat dulu supply tegangannya berapa volt mas? Apakah benar pakai ct 32v?

      Delete
  39. Mau nanyak mas kenapa saat bass di buka penuh kaya kekurangan daya lampu power inverter redup dan bass rusuk mohon solusinya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai power apa, berapa watt?

      Inverternya pakai out berapa volt, dan berapa watt?

      Delete
  40. mas misal inverter out dc 32v ct, untuk menunrunkan ke dc 12v ct cukup pke ic 7812 dan 7912 atau tambah elco sm zener 12v, mksh sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup pakai 7812 dan 7912. Dan keping pendingin buat icnya. Jangan dibiarkan tanpa pendingin, bisa over panasnya.

      Delete
    2. siap maksih mas informasinya.

      Delete
  41. Bisa mas. Untuk out inverter sebenarnya tanpa tambahan kapasitor gak masalah.

    Tapi kalau mau ditambah kapasitor juga gak masalah, akan lebih bagus dan stabil.

    ReplyDelete
  42. Pakai sekering 10A mas. Pakai kabel diameter 0,75mm sudah bagus mas, tapi kalau bisa yang bermerek, misal kabel merek Eterna, Fokus, Kitani, biar gak gampang meleleh. Gunakan kabel serabut.

    Kalau pakai kabel merek biasa, gunakan kabel diameter 1,5mm.

    Yang menyebabkan kabel meleleh cuma satu mas, yaitu terjadi short atau konslet secara terus-menerus, karena tidak ada pengaman sekeringnya. Jadi tegangan akan terus mengalir ke kabel dan menyebabkan panas pada kabel, karena arus tinggi dari aki, dan akhirnya kabel meleleh, karena panas.

    Kalau sudah diberi sekering, maka jika terjadi short atau konslet, maka dengan cepat sekering akan putus, dan kabel akan aman tidak meleleh.

    ReplyDelete
  43. Askum master, inverter 12 volt DC ke 18 volt DC merk LCR jika disambung sesuai diagram fuse langsung terbakar dan putus, mohon pencerahan, Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Kemungkinan supply tegangan positif dan negatifnya terbalik mas. Yang dari aki.

      Delete
  44. Cara ngilangin suara dengung/ground nya gmna ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang dimaksud adalah suara storing, karena efek kena mesin mobil. Maka solusinya bisa ditambah alat namanya anti storing mas. Yang dipasang dijalur tegangan supply inverter.

      Jadi tegangan dari aki masuk anti storing, kemudian masuk inverter.

      Tapi jika yang dimaksud dengung karena koneksi rangkaian, maka yang perlu di cek adalah kabel input dan outputnya. Atau ada kesalahan, kerusakan di head unit atau power amplifiernya.

      Delete
  45. Mau nanya mas kalau rangkaian bisa gak kalau untuk supply tone control dan mp3 player skalian, kalau bisa dikasi apa dan skemanya dong...🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai rangkaian diatas, tergantung Anda pakai inverter dengan output berapa volt? Jika pakai inverter dengan output ct 42v, maka rangkaian penurun tegangan, misal menggunakan ic 7812. Mohon maaf, belum bisa ngasih skema.

      Delete
  46. mas bahar, psu pc kan yang teg 12v arusnya 15a, kalo tak kasih inverter apakah output dari inverter tetap sama 15a arusnya mas??,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung output inverternya mas, bisa keluar 15A gak? Kalau output inverter mampu menghasilkan arus 15A, maka arus dari psu pc akan tetap 15A mas.

      Tapi jika output inverter hanya bisa menghasilkan arus dibawah 15A, misal hanya bisa keluar arus 6A atau 8A, maka arus output inverter akan menjadi hanya 6A atau 8A saja. Meskipun arus dari psu pc 15A.

      Jadi tergantung dari arus output inverternya. Jika bisa 15A, maka output inverter akan tetap 15A, sama dengan arus psu pc.

      Delete
  47. Mz bhar. Mau nanya mas. Inverter 24 volt kalo mau ngasih daya 18v ct buat daya croscover actif sub yang daya nya 18v ct. Cara menurun kan tegangan nya gamana mas. Makasih

    ReplyDelete
  48. Mas. Saya pakek inverter 42 juga pwer 500 wat socl 504 tp knapa ya kok nyendat nyendat tiap vol di gede in

    ReplyDelete
    Replies
    1. Elco supply kurang besar mas. Coba tambahkan elco supply 10000uf/80v dijalur supply tegangan power ampli.

      Delete
  49. Assalamualaikum mas,jika on/off inverter di bikin stop kontak nempel di box speaker antara +&rem apakah bisa,maksut saya biar inverter on saat di butuhkan gk harus lewat kontak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Bisa mas. Gak masalah. Pin Rem adalah untuk posisi standby dan On. Jika pin Rem tidak dikonek ke (+), maka inverter akan standby dan jika konek ke (+), maka inverter akan On.

      Delete
  50. masbahar untuk tr inverter ftp18n06 persamaannya seri brp ya maz d tmpt saya susah maz. to sama g dng irf44.mks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai IRF440 mas. Jenisnya sama N Channel Mosfet. Cuma beda di daya dan voltnya. IRF440 lebih besar dari FTP18N06. Mestinya IRF440 bisa menggantikan ftp18n06.

      Delete
    2. pa beda daya dan volt akan berpengaruh pd kinerja tr final ato komponen yang lain maz. kl pake 70n06 to irf 248 gmn maz. satu lg maz beda ampere pengaruh g maz. matur suwon maz

      Delete
    3. Kalau daya semakin besar, kemampuan outputnya juga semakin besar. Jika volt lebih besar, maka kemampuan untuk tegangan tinggi lebih kuat. Ya jelas kinerja tr final output powernya akan lebih besar.

      Kalau mosfet 70N06 itu hampir sama dengan mosfet IRFZ48. Dari segi kemampuan daya wattnya hanya selisih 10w saja. 70N06 200w dan IRFZ48 190w. Vds dan Vgs sama. 60v dan 20v.

      Delete
  51. Bang kalo ada 2 kit di pararel, apa bisa jadi dobel volt nya kayak pararel trafo ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak mas. Kalau diparalel tegangan output akan tetap sama. Mungkin daya ampernya yang nambah, karena 2 kit diparalel tersebut. Tapi saya belum coba, apakah kedua kit tersebut bisa diparalel tanpa ada masalah.

      Delete
  52. Mas bahar untuk perhitungan watt power aki apa sma sj dg watt power dg menggunakan travo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas. Cuma bedanya untuk aki harus diperhitungkan waktu nyala atau tegangan minimal aki, agar tidak terlalu drop, supaya aki tidak cepat rusak.

      Delete
  53. Klo di psang d mobil pa gk cpr tekor akinx,klo pakai power ocl

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya mas mo nanya lg,klo input inventerx ambil gk lngsung dr aki bs mas?misal dri colokan korek

      Delete
    2. Mo nanya lagi mas,input inventer ambil gk lngsung dr aki,misal dr colokan korek

      Delete
  54. Mo tanya mas,gmn cara menurunkan tegangan inventer24 vol ke18 vol,pa tegangan min (-) ikut diturunkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya ada setelan VR nya untuk mengatur teganganya. Tapi jika tidak VRnya, maka tidak bisa disetel mas. Jika tegangan diturunkan, maka tegangan positif dan negatif akan ikut turun. Karena tegangannya simetris pakai ct.

      Delete
  55. Replies
    1. Untuk ct ya tetap dipakai mas. Karena tegangannya simetris. Tegangan yang turun adalah tegangan positif dan negatifnya. Ct adalah center tapnya atau titik gnd dari kedua tegangan tersebut.

      Delete
  56. Assalamu'alaikum. Ms bahar numpang nanya, kalo seumpama nya pakai out lampu dari motor (masih AC) setelah itu di searahkan pakai dioda & elco bisa gx ya mas untuk menyuplai inverter 12v toct 24v.kalau bisa mohon pencerahan ya mas. Marhaban ya Ramadhan selamat menunaikan ibadah puasa 🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Sepertinya gak bisa mas, karena tegangannya tidak stabil. Meskipun tegangan bisa dirubah ke DC,tapi tidak cocok untuk inverter. Tapi untuk charger aki masih bisa. Jadi kesimpulannya adalah tegangan dari coil spul motor tidak bisa buat mensupply inverter, karena kurang stabil. Jadi harus masuk ke aki dulu, baru bisa untuk mensupply inverter.

      Delete
  57. Kang ic7815 panas kenapa ya..saat ada beban.sya pakek inverter 18v kang..sperti di foto akang..mungkin 7 ampere..mohon solusinya kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ic 7815 untuk beban apa mas? Kalau beban terlalu berat diatas 1A, maka wajar ic 7815 panas. Karena beban maks ic 7815 cuma 1A. Jika panasnya tidak terlalu over, maka bisa ditambahkan pendingin pada bodi ic 7815. Tapi jika masih saja terlalu panas, maka ic 7815 memang benar-benar tidak kuat menahan beban mas. Harus dicari solusi lain untuk mengganti ic 7815 tersebut.

      Delete
  58. Irf bisa ditambah lagi gk mas.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya sih bisa untuk menambah amper. Cuma saya belum sempat coba hasilnya.

      Delete
  59. mas saya pake inverter 12ke42 tpi klau musik mati znn di inverter terbakar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti gak beres inverternya. Atau ada beban berat di power amplifiernya. Coba ganti pakai inverter lain. Jika masih tetap sama, coba ganti driver powernya.

      Delete
  60. saya pakai ampli dengan 2 pasang tr toshiba 5200

    ReplyDelete
  61. Mas saya pakai kit inverter 12ke 42
    Dan pkai kit ampli sanken 400watt
    Tpi knp tr finall cepat panas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kualitas tr final sanken kurang bagus atau kw2. Coba pakai tr final sanken yang asli dan bagus. Dan perbesar pendingin heatshinknya.

      Delete
  62. Dan smua kit yg saya pkai sma yg sperti mas contohin di atas untuk tr final saya pakai sanken 2sa1216+2sc2922 satu set,,tpi sngat panas tr final nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin pendingin tr finalnya kurang besar atau kualitas tr finalnya kurang bagus.

      Delete
  63. Mas mau nanya. Sya pakai inverter 32vct. Ocl 500 watt pakai toshiba 5200 1 set. Apakah itu pas atau kurang tegangan nya? Makasih.
    Tambahan saya juga pakai modul bluetut langsung jumper ke aki tp aman2 aja sejauh ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah cukup mas. Selama groundnya masih jadi satu, maka gak masalah.

      Delete
  64. Maaf mas mau tanya.. kemarin saya mau merakit sendiri power amplifier untuk mobil (aki 45 ampere)... saya sudah siapkan inverter dc to ct (12 vdc ke ct 32 vdc) karena power yg sy beli inputnya ct 32 vdc (OCL 150 watt mono)..

    untuk input tegangan kabel yg bagus ukuran brp mm dan sekring pengamanya brp amper ya?

    Terus apa boleh out put inverternya ditambah 2 elko 10.000 uf 50 volt?

    Agar lebih mendapatkan suara bass.. sy beli TC input tunggal 12 vdc,., apa boleh ambil input dari aki langsung? Ataukah harus menurunkan tegangan output inverter yg 32 vdc? Kalau harus begitu apakah cukup dengan cara penambahan IC regulator 7812 dan 7912 saja? Atau ditambah resistor, kalau iya ukuran resistornya brp ya mas?

    Maaf msh pemula jd banyak tanya.. mohon pecerahanya

    Terima kasih

    Salam sehat dan sukses selalu ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Untuk kabel tegangan kalau ada sedikit lebih besar, ukuran 1,5mm cukup. Untuk sekering pengaman bisa pakai sekering 10A.

      2. Boleh, akan lebih stabil hasilnya.

      3. Untuk penambahan acc tone control, maka tegangan TC boleh ambil langsung dari aki 12v. Jika TC nya tegangan tunggal. Dan juga boleh ambil dari out inverter 32v, tapi harus di turunkan pakai ic 7812 saja, jika memang tegangan TC nya tunggal.

      Tapi jika TCnya tegangan simetris (+ gnd -), maka tidak bisa ambil dari aki 12v. Harus ambil dari out inverter ct 32v yang diturunkan pakai 7812 dan 7912, agar bisa dapat tegangan (+12v ct -12).

      Delete
  65. Mau tanya mas Bro.... kalau CT dari converter tidak di pakai apa ada masalah karena aktif speaker yang saya pakai tidak ada CT hanya ( - ) sama ( + ).... terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika aktif speakernya menggunakan tegangan tunggal (-) (+) saja, maka sambungan ke coverternya bukan tanpa ct mas.

      Tapi sambungkan tegangan negatif (-) aktif speaker ke ct converter. Kemudian sambungkan positif (+) aktif speaker ke positif (+) converter. Untuk negatif (-) converter dibiarkan kosong.

      Delete
  66. mas yg baik hati aq maw tanya, klw tone control bekas bawaan tape mobil outputx ada R-R+ dan L-L+. itu nantiya sambungn ke power itu gimana ya.. soalx kan monno...
    Trimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  67. Mas kalau pakai step up 12v ke 24v.
    Mana lebih boros makan arus utuk subwofer. Yang 12 v atau yang sudah di step up ke 24 v.

    ReplyDelete
  68. Izin bertanya mas.. kemaren tk coba bikin udah di rangkai tinggal pasang tegangan input.. sy cobain dulu pke psu, nyala. tpi pas sya konekin ke aki kok suara nya jdi pelan.. kya ada gangguan gitu.. sya cek teg output normal. Posisi power dan inverter berdekatan apakah berpengaruh? Terimakasih master

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led