Cara Membuat Lampu Indikator Signal dan Power Amplifier

Berikut adalah cara membuat lampu indikator signal dan power pada power amplifier. Ada banyak sekali aksesoris rangkaian sebagai indikator parameter dan pelengkap pada sebuah power amplifier. Dari mulai rangkaian clip, vu meter, dll. Nah kali ini ada satu rangkaian pelengkap lagi, yang bisa dibilang sangat sederhana dan mudah sekali dalam pembuatannya, yaitu lampu indikator signal dan power. Rangkaian ini mirip dengan rangkaian sebelumnya yaitu lampu vu meter sederhana tanpa ic, tapi kali ini hanya kita pakai satu saja lampunya sebagai indikator signal dan ditambahkan indikator lampu power. Jadi nanti ada dua lampu yaitu lampu signal dan lampu power. Bagaimana rangkaiannya, simak lebih lanjut ya.

Sebenarnya ini adalah pertanyaan dari rekan kita di g+ yang menanyakan bagaimana cara membuat lampu indikator signal pada power amplifier? Ada banyak rangkaian indikator signal yang ada menggunakan komponen penguat sebagai drivernya. Tapi kali ini kita akan buat yang mudah saja tanpa komponen penguat ic atau transistor. Ya bisa dikatakan rangkaian pasif he..he.. Tapi meskipun pasif, masih bisa nyala dan dapat digunakan sebagai indikator power amplifier kita loh he..he..

Karena rangkaian ini bersifat pasif, maka otomatis rangkaian ini tidak bisa kita pasang pada rangkaian op amp, misal out tone control, mixer dan rangkaian op amp lainnya. Karena lampu tidak akan bisa menyala disebabkan tidak adanya rangkaian penguatnya. Jadi rangkaian ini hanya bisa digunakan pada out power amplifier saja. Karena hanya out power inilah yang nantinya digunakan sebagai tenaga supply sekaligus sensor tegangan yang akan kita umpankan kepada lampu led. Sehingga lampu led signal bisa menyala mengikuti irama musik yang masuk pada input power amplifier.

Cara kerja rangkaian cukup sederhana, yaitu dengan mengubah tegangan out power amplifier menjadi tegangan  DC melalui diode D1 IN4148. Sehingga out power yang sudah jadi tegangan dc dapat menyalakan lampu sesuai dengan besar kecilnya sumber suara pada input amplifier. Semakin besar input yang masuk pada input power amplfier, maka lampu indikator signal akan menyala lebih terang. Dan jika tidak ada input yang masuk pada input power amplifier, maka lampu indikator signal juga tidak akan menyala. Lampu indikator signal ini juga dapat kita fungsikan sebagai pengganti speaker untuk cek dan test power amplifier. Juga untuk mendeteksi adanya arus DC yang mungkin keluar pada out power amplifier. Sehingga lampu indikator signal ini akan menyala meskipun tidak ada suara yang masuk pada input power amplifier. Jadi jika lampu indikator signal ini menyala tanpa beban suara, maka jangan konek dulu speaker. Kemungkinan besar pada out power amplifier ada arus DC yang keluar atau memang ada kerusakan komponen misal tr final short dan sebagainya.

Selain lampu indikator signal, rangkaian ini juga dilengkapi dengan lampu indikator power. Untuk mendeteksi tegangan yang masuk pada power amplfier. Cara kerja rangkaian lampu indikator power ini sama seperti rangkaian lampu power pada umumnya yaitu dengan memberikan resistor penahan tegangan untuk menurunkan tegangan sebelum di umpan ke lampu led. Sehingga lampu led juga akan awet dan tidak gampang rusak karena tegangan tinggi power amplifier. Selain lampu bawaan pada saklar power, lampu indikator power ini berguna untuk mendeteksi tegangan supply positif langsung pada rangkaian power amplifier. Sehingga jika lampu led power ini tidak menyala atau redup, kemungkinan besar ada kerusakan komponen short atau sekering atau fuse putus. Sehingga tegangan positif yang menuju power amplifier terputus atau short. Berikut gambar rangkaian lampu indikator signal dan power amplifier.


Daftar komponen :
R1=10 ohm
R2=330 ohm
R3=2K2
C1=220uf/50v
C2=10uf/50v
D1=IN4148
LED1=Lampu led merah
LED2=Lampu led hijau

Nah anda bisa lihat gambar rangkaian diatas, mudah bukan. Mungkin ada yang bilang sudah tahu mas, ya sudah ini buat yang belum tahu kok he..he.. Untuk warna lampu led anda bisa menyesuaikan dengan selera anda. Anda bisa memasang indikator lampu ini pada power amplifier anda, sehingga menambah menarik penampilan dari power amplifier anda. Yang mana lampu indikator signal akan menyala sesuai dengan alunan musik yang keluar pada out speaker power amplifier. Ditambah dengan lampu indikator power yang akan menyala sesuai dengan tegangan yang masuk pada power amplifier. Ketika saklar power di ON, maka lampu indikator power akan menyala, mengindikasikan tegangan sudah masuk pada rangkaian power amplifier kita.

Untuk setting kepekaan nyala lampu lednya anda bisa mengubah nilai Resistor R1 dengan nilai yang lebih besar. Nilai R1 10 ohm diatas adalah untuk settingan nyala lampu paling terang. Jika dirasa nyala lampu terlalu terang, anda bisa mengganti R1 dengan nilai yang lebih besar dari 10 ohm, misal R 100 ohm, 220 ohm, dll. Sesuaikan dengan nyala lampu yang anda inginkan. Untuk  D1 IN4148 bisa diganti dengan dioda 1A atau dioda IN4002 yang banyak dipasaran. Semua resistor menggunakan R 1/2 watt. Lanjut bagaimana gambar koneksi rangkaian ini pada pcb power amplifier. Berikut  gambar koneksinya.


Lengkap sudah gambar rangkaiannya. Jadi ada tida jalur koneksi pada rangkaian lampu ini yaitu GND, OUT SPK, +Supply. Silahkan anda konek gnd pada gnd pcb power amplifier. Kemudian konek Out Spk pada out pcb power amplifier. Kemudian konek +supply ke positif supply pada pcb power amplifier. Semoga anda bisa membuat sendiri rangkaian lampu indikator signal dan power ini, sebagai indikator tambahan dan pelengkap dari power amplifier anda.

UPDATE !
Anda yang bertanya di kolom komentar youtube saya, cara pasang lampu led signal power amplifier itu bagaimana yang mudah dan sederhana? Tidak banyak komponen dan mudah cara pasangnya. Disini yang dipasang adalah lampu led signal saja, tanpa lampu power. Cara membuatnya cukup mudah, hanya menggunakan 1 buah lampu led biasa dan 1 buah resistor sebagai penahan tegangan, agar lampu led tidak mati. Nilai resistor adalah antara 100 ohm sampai 1K. Fungsi resistor ini selain sebagai penahan tegangan, juga sebagai pengatur tingkat kepekaan dan kecerahan cahaya lampu led. Secara standart Anda bisa menggunakan resistor 470 ohm. Tapi jika nyala lampu terlalu terang atau kurang terang, maka nilai resistor boleh dibesarkan atau dikecilkan. Berikut adalah gambar skema lampu led signal audio power amplifier.


Anda bisa lihat gambar diatas. Sangat sederhana dan mudah dirakit. Untuk nilai resistor adalah antara 100 ohm - 1K. Untuk mengatur tingkat kepekaan dan kecerahan nyala lampu lednya. Kemudian untuk koneksi kaki lampu led, Anda bisa memasang kaki lampu led secara bolak-balik. Tidak harus sesuai dengan kutub positif negatif lampu led. Kaki lampu led dipasang sembarang, gak masalah. Lampu led signal akan tetap menyala. Walaupun dalam posisi kutubnya terbalik. Rangkaian diatas tidak membutuhkan tegangan supply. Cukup mendapat tegangan dari output speaker power amplifier. Jadi koneksinya adalah antara output speaker dan Gnd. Berikut gambar cara pasang lampu led signal pada pcb power amplifier.


Jadi jalur koneksinya adalah antara jalur output speaker dan Gnd. Tanpa menggunakan tegangan supply. Cara yang terakhir ini, sering saya pakai untuk uji coba power dan bisa dipasang di box power amplifier sebagai lampu led signal. Sehingga tampilan dari box power amplifier kita semakin bagus. Cara merakit dan memasangnya juga mudah, tidak perlu pakai banyak komponen. Tidak perlu pakai kit dan tidak pakai supply tegangan. Untuk video tutorialnya bisa Anda lihat di channel youtube saya dibawah ini. Semoga bermanfaat.

Link ke channel youtube
https://youtu.be/QEV73583Jh8

Comments

  1. Assalamu alaikum..mas mu tanya...klo kit power 500 watt itu buat speaker berapa biji dan berapa inch ...terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk power 500w ideal pakai speaker 4x12" dan 2x15".

      Delete
    2. Itu ngefek kesuara nggak mas

      Delete
    3. Tidak mas, kan sudah ada filter elco dan diodenya.

      Delete
  2. Mas saya lupa.kit power nya itu MONO tapi bisa mas pake ukuran speaker 4x12 atau 2x15 inch..nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa mas. Stereo lebih ok he..he.. Coba dulu saja pakai mono mas.

      Delete
    2. Mas klo amplifer supaya bass nendang itu di tambahin apa.ya ...contoh dari elconya di seri atau palarel...saya pake 4 buah elco..

      Delete
    3. Saya pake 4 buah elco 10000uf/100v

      Delete
    4. Kalau elconya sudah 10000uf/100v, maka diparalel saja mas. Supaya mikrofaradnya nambah.

      Nah sekarang aksesorisnya pakai apa saja mas?

      Delete
    5. Trus klo ngambil ct ny dari mana mas...

      Delete
    6. Ya tetap mas, kan tinggal paralel saja.
      (-+)ct(-+)
      (-+)ct(-+)

      Delete
  3. Travo 15a dioda brigh 35a elco 4 buah 10000uf/100v kit power mono 500 watt x2 tr sanken 8 set ..
    Ada yg kurang gk mas...pengen jd streo.nuhun

    ReplyDelete
  4. Maaf mas Bahar numpang comment disini, tapi beda dgn artikel diatas, saya punya speaker aktif advance digital (komputer) speknya rms 35 watt trafo non CT 1A 10v masalahnya pada bagian input dan output ada degungnya tapi kalau groundnya dipegang dengungnya hilang kalau mau dihungkan ke trafo CT trafo tidak ada CTnya gimana ya mas ilangin dengungnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu inputnya memang harus dihubungkan ke perangkat mas, misal hp atau dvd. Yah kalau dibiarin kosongan yang mesti dengung, karena tidak ada sinyal suara masuk.

      Delete
    2. Assalamualaikum mas bahar mau nanya klo outpunya 65vcc ada perubahan R tak. Soalnya power amp saya ct 65

      Delete
    3. Ganti R3 dengan 10K.
      Ganti R1 dengan 1K.
      Lepas C1, kemudian baypass saja.

      Delete
  5. Mas bahar..
    Kmrn buat prcbaan lgi..
    Safari 400 tk bri trafo 10a kecil 2 set sanken..
    Buat ngangkat legacy 10"x2.
    Hasilx brek2 speakerx g kuat.
    Dn kn tk bri kit filter subwoofer tp suarax g kluar.. hnya speaker brek2 aja g ada bassx.. itu dr apax mas.. posisi speaker d seri..
    Apa filter subwoofer brmasalah..

    Saya jga pnya power 1 lagi...
    Misal out power 1 langsung tk masukan out power 2 tnpa filter itu hsilx gmn mas.. boleh kah dg hnya d tmbahi resistor??

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kok sepertinya powernya yang bermasalah mas. Coba pakai power lain.

      2. Boleh mas. Memang seperti itu carannya. Gunakan R 100K pada out power 1 sebelum masuk input power 2.

      Delete
  6. Dan, bisa tidak merubah input mono jadi stereo kalau bisa caranya bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jadi stereo beneran gak bisa. Kalau hanya sekedar biaa membagi inputnya jadi dua, tinggal tambahkan 2 Resistor 10K pada input. Yang mana kedua ujung R satu digabung jadi satu masuk input. Kemudian ujung R satunya dipisah jadi 2 untuk jadi input1 dan input2.

      Delete
  7. Maaf mas masih gagal faham cara membagi 2 resistornya bagaimana? Apa benar 2 resistor ujung satunya disambung input mono dan kedua ujung lainya dicabang seperti huruf (Y) jadi 2 input?

    ReplyDelete
  8. Untuk rangkaian signal power diatas saya cari C1 belum ketemu bisakah diganti selain elko 220uf 50v?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Pakai elco 330uf/50v atau 470uf/50v juga boleh. Atau jika gak ada bisa pakai elco 100uf/50v.

      Delete
  9. Kalo pakai elko 4700uf 50v gimana hasilnya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak masalah mas. Cuma kegedhean mas he..he..

      Delete
  10. Mas utk buat indikator power dgn tegangan travo 12v apa R berubah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nilai R tetap juga gak masalah mas. Tapi jika nyala lampu led terlalu redup dan anda ingin nyala lampu led sedikit lebih terang, maka nilai R boleh diganti pakai R 1K mas.

      Delete
  11. Mas bahar kalo out power d tujukn k input power 2 apakah nnti hsil power 2 hnya bass saja kayak subwoofer polytron psw700 dn sbangsax atau jga tetep bass middle dll mas bahar??? Hsilx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasil suara akan sama dengan power 1 mas. Kalau suara power 1 adalah subwoofer, maka suara di power 2 juga akan jadi subwoofer.

      Delete
    2. Ground Out power d ambilkn dri elco bsar bleh ya mas bhar

      Delete
    3. Boleh mas. Memang bagusnya ambil disitu. Yaitu konek di CT elco. Tapi ingat jangan ambil di CT trafo ya, bisa bikin dengung.

      Delete
  12. Mas mu tanya.klo TR sanken terlalu panas ataw panas berlebihan itu gimana ya solusinya saya pake travo 10a 32v ct 32v
    Kit power drivernya pake 500watt mono elco 10000uf/100v x2. Supaya aman mohon solusinya.terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi suaranya normal apa tidak mas? Coba anda turunkan tegangan pakai 25v-ct-25v dari trafo, apakah masih over panasnya?

      Untuk out speaker dapat kaki emitor atau colektor dari Tr final mas?

      Delete
    2. Klo suaranya lumayan bagus mas.saya coba turunkan ke 25v suaranya gak enak agak pecah gitu...

      Delete
    3. Kalau dalam posisi tegangan 32v, dalam posisi volume power tertutup atau tanpa suara, apakah masih panas tr sankennya?

      Delete
    4. Anda pakai berapa set tr sankennya mas?

      Delete
  13. Kang mau tnya, apa bdanya power ampli trnsstor final komplementer dgn final dobel trnsstor, misalnya dobel tip 41 tnpa tip 42, prnah jga liat dobel sanken 2sc2922 tnpa 2sa1216..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sebagai pengguna saja mas, tidak mempelajari tentang macam sistem dari power amplifier tersebut. Mengenai perbedaan mungkin dari penguatannya saja. Misal dobel tip41/42. Untuk jenis power dengan satu jenis tr final saja, misal hanya pakai tr final PNP saja tanpa pasangannya, memang ada. Tapi menurut saya masih bagus power dengan tr final PNP dan NPN. Dari segi komponen, jelas anda akan kesulitan mencari tr final hanya PNP saja he..he.. Yang ada tr final satu set, PNP dan NPN. Terus tr NPN nya buat apa he..he..?

      Delete
  14. Bnar juga kang soalnya prnah tman mnta tlong bnerin powernya, pke tr final dobel snken 2sc2922. Krna blinya hrus spsang sya bli 2 psang, tp yg d pke hnya 2922 rugi yg 1216 tdak d pake..

    ReplyDelete
  15. Kang klo dobel npn 2sc2922 bsa d jdikan tr final, kira2 dobel pnp 2sa1216 bsa tdk d jdikan tr final juga..

    ReplyDelete
  16. Bisa tidak mas sebuah perangkat elektronik khususnya perangkat audio dipasangi kabel arde/ground bentuknya 3 kabel pada stekernya +,-,ground. Kalau bisa cara nyambungnya bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Untuk kabel arde atau ground biasanya warna kuning dengan strip hijau. Untuk koneksi anda harus pakai kabel dan stop kontak dengan 3 kabel juga. Jalur koneksi groundnya bisa konek di box amplinya mas.

      Delete
  17. Potensio volume mixer saya kalau diputar kok bunyi kresek2 ya tapi cuma sebelah pada speaker R saja. Yang spek L normal?

    ReplyDelete
  18. Kalau di bersihkaqn dgn contact cleaner gimana mas apa bertahan lama soalnya mixer behringer itu potensionya jenis alps beda dgn ptensio pd umumnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai contact cleaner, tapi gunakan yang khusus untuk potensio. Jangan pakai WD ya, bisa hancur itu potensionya he..he.. Bisa bertahan cukup lama, cuma nanti biasanya kambuh lagi.

      Memang mixer built up kendalanya di potensionya, kadang kresek-kresek. Cukup disemprot pakai contact cleaner saja mas.

      Delete
  19. Mas bahar mu nanya lg . klo speaker aktif suaranya kecil sebelah itu penyebab nya dari apa ya ada komponen yg rusak atw gimana .makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dari potensionya mas. Coba ganti semua potensionya mas.

      Delete
  20. Mas saya ingin merakit mic condenser yg kecil itu dan bisakah langsung saya tancapkan ke mixer yg udah ada fasilitas phantom power, micnya tanpa baterai/preamp. Lalu kalau bisa rangkaiannya bagaimana dan di jack xlr female out mixer yg routing/jalur phantom power pada pin apa mas yg hot/sleeve (di xlr 1/2/3? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Bisa mas.
      2. Mic condensornya gak perlu pakai baterai lagi. Kan sudah ada tegangan phantomnya.

      3. Yang hot.

      Delete
  21. Jalur out supply phantom power mixer itu pada /-/ground?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalur phantom itu positif (+) mas. Jadi injeksi tegangan sebesar +48VDC pada mic condensor kaki (+).

      Karena mic condensor tidak akan bisa bunyi, kalau tidak ada tegangan injeksi pada kaki (+)nya. Maka dari itu tegangan phantom dibutuhkan untuk menginjeksi (+) mic condensor supaya bisa bunyi.

      Delete
  22. Terima kasih ya mas atas jawabannya. Tapi ada yg ingin saya tanyakan lagi. Dampaknya apa to mas kalau musik hp pada out hedset/hedpon disambung langsung ke amp/mixer? Hubungannya sama impedansi itu bagaimana? Semoga ilmunya barokah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sih gak ada dampak apa-apa mas. Selama semua perangkat sound system kita bebas dari arus liar atau tegangan liar yang kadang muncul. Biasanya perangkat frekuensi tinggi misal power supply SMPS ini menghasilkan arus atau tegangan liar yang bisa merusak hp.

      Tandanya jika ada arus atau tegangan liar muncul adalah pada saat kita menyentuh ground atau jack input mixer, ada terasa sedikit rasa kesetrum. Rasa kesetrum inilah arus/tegangan liar itu. Nah pada kondisi seperti inilah dapat merusak hp. Solusinya harus digroundingkan dulu ketanah semua perangkat sound systemnya, khususnya yang menggunakan power supply SMPS. Baru bisa aman. Atau dengan cara melengkapi jaringan listrik kita dengan ground yang include di stop kontak. Ini pernah anda tanyakan beberapa waktu lalu, tentang pasang grounding kabel 3 pada stop kontak.

      Tapi kalau tidak ada arus atau tegangan liar, maka penggunaan hp menurut saya aman gak masalah mas.

      Gak ada hubungannya dengan impedansi. Impedansi pada input adalah tingkat kepekaan atau respon pada input tersebut. Jika impedansi input tinggi, maka inputnya bisa sangat peka. Sehingga dengan sumber suara input kecil, maka suara yang dihasilkan akan bisa sangat besar.

      Delete
  23. Itu klau power nya stereo, kan ada 2 out speker nya mas, L R,,, apa bisa di ambil dari salah satu nya saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Cuma lebih baik pakai 2 untuk L R nya. Sehingga termonitor keduanya.

      Delete
  24. Kalau kurang peka di ganti resistor berapa bang? , kalau nyala lampu led nya terang tapi kurang peka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lepas C1. Kalau nyala lampu led sudah terang, berarti sudah bagus mas. Kalau dibuat lebih peka, maka lampu akan menyala lebih terang lagi pada posisi volume tinggi.

      Delete
  25. Berarti pada volume tinggi membuat lampu LED tidk awet y mas

    ReplyDelete
  26. Mas bahar. Saya mau buat indikator power amplifier. Jd ketika -3dB turun stengah power maka alarm. Buat parameternya gmna y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fungsinya buat apa mas -3db? Bukanya suara hanya menurun sedikit, kenapa di buat alarm he..he..?

      Delete
  27. Mas mau nanya, saya punya ampli jadul. Kabelnya ada yg putus. Jadi dari trafo nyambung ke led, dari led ini ada kabel lagi nyambung ke yg lain, cma putus jdi kemana harus di sambung kabel terusan +- dari led tsb ?
    Smentara blm saya smbung, tapi lampu nyala smua nyala tapi, cuma speker kiri brek2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh maaf saya belum bisa bantu mas. Karena harus lihat barangnya, jadi belum tahu jalurnya.

      Delete
  28. Mas, sy lagi mau bikin pengeras suara mono untuk digunakan di outdoor krn Selama ini sy kesulitan harus membawa2 speaker aktif 15inch ke lapangan. Apakah suaranya akan bisa tetap keras bila saya menggunakan
    1. power amp mono 100watt,
    2. hubungan paralel 2 buah speaker all range 90watt/8 ohm ber-diameter 3,5inch 3. Vocal tweeter

    Apakah diameter speaker akan sangat berpengaruh pada keluaran suara yg dihasilkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk digunakan di outdoor atau luar ruangan, diameter speaker sangat berpengaruh mas. Jika dipakai untuk outdoor, maka diameter speaker lebih besar lebih baik, jangkauan suara akan lebih luas. Minimal speaker 12" full range.

      Kalau speaker berdiameter 3,5 inch, menurut saya kurang besar jika dipakai di outdoor. Ya bisa bunyi, tapi kurang maksimal. Minimal pakai speaker 12" full range mas. Atau kalau gak ada, boleh pakai speaker 10", cuma kurang maks.

      Delete
  29. Mas klau untuk power diatas 500watt apakah ga ada component yng hrus di rubah, di karenakan v+ dn out spekr nya sngat besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti R1=10 ohm dengan 1K/1watt.

      Ganti R2=330 ohm dengan 330 ohm/1watt.

      Ganti R3=2K2 dengan 10K/1watt.

      Yang lainnya tetap.

      Delete
  30. saya andre di genteng banyuwangi jawatimur
    maaf mas bahar saya mau tanya, saya punya speaker aktif keadaan bila di hidupkan bunyi dengung keras gak kluar suara sama sekali , coba coba saya bongkar sendiri skalian blajar ternyata transistor final yg pakai TIP 41/42 gosong , stelah saya ganti dg yg baru tetep aha dengung keras, TR yg kecil kecil C1815 ada 2 buah a1015 ada 4 buah udah di ganti tetep dengung ,cek tip 41,42 jebol lagi , saya ganti yg bari lagi tr.final nya , gantian tr c1815 kembali jebol, cek dioda silikon ada 5 buah semua aman mas, R final dan driver juga masih aman , itu kira kira apa nya ya mas yg harus saya cek kembali , trimakasihh bantuannya mass bahar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Powernya mono apa stereo mas? Jebol power L R atau salah satu?

      Ya itu tr TIP41/42 nya kualitasnya kurang bagus, gampang jebol. Ya mungkin juga masih ada komponen yang rusak mas.

      Makanya saya perlu tahu, power Anda itu mono apa stereo? Kalau stereo, yang jebol yang mana?

      Delete
    2. Ganti semua tr nya mas, tr drivernya. Resistor area depan. Ganti semuanya.

      Untuk tr final TIP41/42 bisa diganti dengan tr final TIP3055/2955, biar lebih kuat gak jebolan.

      Untuk tr driver, ganti pakai tr TIP31/32 mas.

      Delete
    3. oke mas saya coba ganti lagi , trimakasih petunjuknya mas bahar

      Delete
  31. Mas bahar mau tanya apakah bisa misalnya supply tegangan travo 18 v tapi pada kit ampli 32 v. Apakah ada dampak bruk.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tidak ada dampak buruk. Kalau untuk keperluannya dalam ruangan yang tidak membutuhkan beban banyak dan tidak butuh volume tinggi, mungkin tidak masalah, power masih bisa bekerja normal.

      Tapi kalau dipakai diluar ruangan dengan beban banyak dan volume tinggi, maka power biasanya akan ngedrop, ditandai suara bass pecah.

      Delete
  32. Mas bahar mau tanya saya sudah buat rangkaian seperti di atas tapi kenapa lampu signalnya tidak bisa nyala ya mas padahal saya sudah cek semuanya dan itu sudah benar. Saya pake driver power sanken stereo mas.. Mohon solusinya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas.

      Coba lepas kapasitor C1 dan di baypass saja.

      Delete
    2. Ok mas bahar saya coba dulu.. Terimakasih.

      Delete
  33. Pgi mas....pendatang bru mau tnya...klu kit 400wt streo sanken ori.pke elco 4x10.000 50v travo 5a 25volct..apa eclonya tdk kebanyakan mas...mohon pencerahannya mas

    ReplyDelete
  34. Mat pagi mas bahar pendatang bru mohon bantuannya tone control saya ketika balance diputar kekiri atau kekanan suara menjadi kenceng tapi kalo posisi atas PKL 12 suaranya turun bassnya hilang saya pake tone macinthos power yiroshi 20a 47v tr Sanken 5ps mohon solusinya mas terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau power Anda mono, maka output stereo dari tone control jangan diparalel. Cukup gunakan salah satu channel saja.

      Kecuali power Anda stereo, maka tidak masalah konek langsung output TC ke power stereo.

      Delete
  35. Maaf mas banyak komentar begini mas pertama power saya ocl stereo 2x800 speaker acr black 500w suaranya sgt bagus full pwr terus sy ganti speaker magnum 500w maka suaranya jd jelek sprt tadi pikir sy powernya nggak bisa ngangkat trus sy ganti driver yiroshi stereo 2x1000 monoblok 20a tapi ttp sprt itu suaranya, apakah spker magnum nggak cocok dgn power rakitan yaa atau ada yg hrs dinambahin pd power,tc dll maaf masih belajar mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas. Kalau menurut saya, bukan speakernya yang gak cocok mas. Tapi mungkin kualitas speakernya yang kurang bagus. Kenapa? Karena pada saat Anda pakai speaker black ACR suaranya bisa bagus.

      Kualitas dari speaker juga menentukan hasil akhir dari sebuah sound system. Berapa pun besar powernya, kalau speaker kurang bagus, hasil akhirnya tetap jelek. Sebaliknya jika powernya pas-pasan, tapi speakernya bagus, maka hasil suara masih lebih bagus dari pada speaker jelek.

      Saya bukan mengatakan speaker magnum jelek, karena saya sendiri belum coba speaker tersebut. Tapi dari hasil suara, busa dipastikan speaker kualitasnya kurang bagus.

      Kalau speakernya bagus, hasil suara biasanya bisa plong, full power, menghentak suaranya, walaupun pakai power biasa.

      Jadi kualitas speaker juga menentukan hasil akhir sound system, maka pilihlah kualitas speaker yang lumayan bagus.

      Delete
  36. Maaf mas yang menjadi pertanyaan kenapa ya kalo balance putar kekiri aja suara speaker bagus full power atau sebaliknya kekanan aja suara speaker juga full power sehingga pikirku tenaga speker saling tarik menarik dipower tp menurut Google speakernya buatan luar tapi tidak menjamin ya speakernya bagus kalo begitu saya pingin ganti kembali speakernya karena sy kehabisan akal maaf masih belajar makasih masukannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba saja dulu mas, dibalik kutub positif negatif salah satu speakernya.

      Mungkin dengan dibalik polaritas salah satu speakernya bisa bagus. Kalau memang terjadi tarik menarik suara.

      Delete
  37. Ok mas sy coba dulu ya makasih..

    ReplyDelete
  38. Maaf mas baru dibalas karena br selesai utak atik tapi sama saja mas tapi ada yang saya pingin coba pake input balans tapi sy tidak tau cara sambungnya di kitnya ada tertulis in rca dan canel a dan b dan yang lainnya itu sambungnya kemana saja mas pliss dimohon bantuannya yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. In RCA untuk input Unbalance atau input biasa.

      In channel A dan B untuk input Balance. Digunakan untuk output yang balance juga.

      Kalau gak punya output balance, ya percuma pakai input balance.

      Delete
  39. Terimakasih atas bantuannya mas jadi harus ada output balance juga yaa sy belinya input aja habis nda ngerti sih apa aja yg diperlukan lagi pula sambung kemana aja nda tau sy mas.. melanjuti masalah kemarin power yang sy buat monoblok sy rubah lagi pake satu trafo dan sy coba dibalikin kutub positif negatif salah satu speaker dan udah jadi skarang mas wah senengnya...tapi yg menjadi pertanyaan apakah nda akan timbul masalah lain yaa..dan kenapa jadi seperti itu yaa..apak apa tidak ada cara lain maaf mudah mudahan gurunya nggak bosan bosannya menjawab makasih yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sih gak masalah mas, walaupun kutun salah satu speaker kebalik, tidak berpengaruh ke power. Yang penting sekarang suara sudah bisa ploong, gak tarik-menarik.

      Itu cara termudah dan aman.

      Ada cara lagi, tapi agak ribet, yaitu harus cek sumber inputnya. Mungkin ada salah satu perangkat aksesoris yang salah satu op-amp nya ada yang terbalik. Bisa dari kit btl atau kit balance, itu juga bisa membalik fasa kutup op-amp.

      Kalau kutub di input power terbalik, maka otomatis hasil output power juga akan terbalik. Inilah penyebab mengapa speaker Anda kalau kutub speaker disamakan, suara malah turun. Kalau dibalik salah satu bisa ploong.

      Secara garis besar gak masalah, kutub speaker dibalik salah satu. Kalau memang hasil suaranya lebih baik. Power aman.

      Delete
  40. Ok mas terimakasih atas bantuannya sukses selalu.

    ReplyDelete
  41. Salam kenal mas bahar...? Sy mau tanya sdikt mas bahar...mengenai lampu led di atas apa bisa untuk power 2000 watts, dan komponen mn yg hrs di gnti, dan nilai x brp,,,di tggu mas bahar??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas.
      Ganti R3 dengan 10K.
      Ganti R1 dengan 1K.
      Lepas C1, kemudian di baypass saja.

      Delete
  42. Bang bahar,ko lampunya udah nyala padahal suara kecil,trus klo di pasang konslet pada out spk power ampli tapi cuma
    tembus dikut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti R1 dengan resistor 1K.

      Lampu power hijau, akan nyala terus, selama power menyala.

      Lampu signal merah, akan menyala, jika ada suara. Dan akan mati jika tidak ada suara, atau posisi volume power tertutup.

      Delete
  43. Thanks mas bahar ilmu yg sangat membantu. Sukses ya mas.

    ReplyDelete
  44. kalau di taro di input power bisa gk mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa mas, karena tidak ada penguat op ampnya. Jadi lampu signal tidak akan menyala.

      Tapi kalau ditaruh di output speaker, lampu signal akan menyala. Karena terbantu oleh penguat power.

      Delete
  45. cara pasang tr di paralel di power 150 wat bisa mas kalau bisa cara nya gimana mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Nanti saya buatkan postingnya, agar lebih jelas. Khusus power ocl 150w.

      Delete
  46. askum mas buat lampu sinyal 1 transistor bisa gk mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Nanti akan saya posting rangkaiannya.

      Delete
  47. Replies
    1. Pakai 5 lampu led, bisa. Tapi hanya bisa nyala bareng ya, gak bisa kayak vu display. Nyala satu-satu.

      Delete
  48. maaf nanya lagi mas c1 dan c2 diganti dgn v sama uf lebih besar bisa gk mas terus dioda nya bebas ya asal 1 amper/ boleh lebih besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nilai C1 dan C2 boleh diganti dengan ukuran yang lebih besar, baik mikrofarad dan voltasenya. Diode bebas, asal 1A.

      Delete
  49. Saya mau tanya yang mungkin kurang nyambung dikit :-), jika saya ingin pasang satu led, power suply 24v 10A, dan akan menyala jika ada daya terhubung. Nah masalahnya mau dipasang bersamaan dengan motor DC untuk miter saw DIY sebagai indikator power ON, apa dengan dengan diberi resistor dan dengan dirangkai paralel dengan motor DC (Dinamo DC) tidak akan terbakar?

    Sebab motor DC arusnya bisa berubah-ubah seiring beban yang terjadi pada motor, bisa sampai 10A kalau buat gergaji berat, apa tidak berpengaruh dengan LED-nya?

    Terus tanya juga, bagaimana kalau dirangkai seri dengan motor DC-nya? Apa makin berisiko terbakar?

    Tanya lagi, kalau kutub positif berubah apa lampunya tetap menyala? karena motor DC-nya bisa dibolak-balik arah putarannya dengan mengubah kutubnya?

    Terima kasih sebelumnya, dan ditunggu jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow lengkap sekali ya pertanyaannya he..he..

      1. Dinamo DC tidak akan terbakar, asal sesuai dengan tegangan dinamonya. Kalau misal dinamonya tegangannya 24V, maka sudah benar pakai supply 24v. Untuk lampu led harus dipasang paralel sesuai dengan tegangan positif dan negatif motor DC. Harus pakai R pada lampu led, karena lampu led tidak mampu disupply tegangan 24v, makanya diberi R penahan, agar led tidak terbakar. Tidak akan berpengaruh pada lampu led, meskipun beban motor DC berubah-ubah. Karena supply berdiri sendiri-sendiri.

      2. Kalau lampu led dirangkai seri dengan motor DC, ya gak bisa mas. Harus dipasang paralel. Agar lampu led dan motor DC bisa menyala bersama.

      3. Kalau kutub positif berubah, maka lampu led akan mati, karena lampu led punya polaritas kutub. Dan gak boleh terbalik kutub positif dan negatifnya. Kalau terbalik, maka lampu led akan mati. Meskipun motor DC tetap menyala, tapi lampu led mati, karena kutubnya berubah. Jadi lampu led tidak bisa dibolak-balik kutubnya. Kalau kutub terbalik, lampu led tidak akan menyala.

      Delete
    2. Terima kasih, sudah menjawab dan membuat saya tidak ragu lagi memasang led di campur dinamo. Sayang sekali lampu tetap mati kalau dibalik kutubnya, hehe, malas mau bikin rangkaian saklar di alatnya, sebab pembalik kutub ada diluar alatnya.

      Delete
  50. cara pasang tr di paralel di power 150 wat apa sudah mas posting ,sebelumnya terima kasih sudahmemberi ilmu yg bermanfaat buat saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ini bahan sudah saya siapkan, tinggal tunggu waktu saja untuk postingnya.

      Delete
    2. Sudah saya posting mas, cara paralel tr final di power 150w. Silahkan cek posting terbaru saya.

      Delete
  51. mas kalau nanya soal janset bisa bantu nggak (soalnya janset dirumah 1000 wat tapi untuk nggangkat pompa air 450 + magicom 150 wat kok gak kuat colokanya 2 mas apa itu cara ngukurnya colokan 1=500 colokan 2=500 wat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut yang saya tahu. Genset 1000w itu tidak murni 1000w. Standartnya daya asli maksimum genset cuma 75% saja dari tulisan yang tertera.

      Jadi kalau genset 1000w, maka daya maksimumnya cuma mampu hanya 750w saja. Itu belum rugi-rugi lainnya. Paling murninya hanya 50% saja he..he..

      Hitungan Anda keliru, untuk beban magic com itu ada dua. Yaitu posisi cook/masak sekitar 300-400w. Kemudian posisi warm/menghangatkan sekitar 100-150w.

      Ya wajar gak kuat mas, kalau posisi magic com pada posisi cook/masak. Bisa bayangkan berapa bebannya. 450w+300w=750w.

      Untuk colokan 1 dan 2 sama. Itu cuma paralel saja mas. Jadi jelas problemnya adalah gensetnya yang gak kuat.

      Solusinya bisa dipakai gantian. Misal pompa air nyala dulu, magic com mati. Setelah pompa mati, baru magic com nyala. Jangan dinyalakan bareng.

      Delete
  52. mas kalau driver power nya rusak katanya bisa ngerusak power suplay juga y, terus cara mengatasinya agar power supply tidak ikut rusak bagaimana apa mas punya sekema / cara nya agar power supply tidak ikut rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya sih gak mas. Asal jika sudah ketahuan power atau drivernya bermasalah, ya jangan dinyalakan terus.

      Selama ini saya gak pakai pengaman apapun untuk power supply. Jika terjadi kerusakan driver, maka otomatis pasti ada tanda baik dari speaker atau muncul kebulan asap he..he.. Segera dimatikan saja powernya. Insyaalloh aman.

      Pengaman sederhana untuk power supply cukup gunakan sekering saja pada tegangan positif dan negatif power supply. Apabila tejadi kerusakan driver, maka otomatis sekering akan putus.

      Delete
  53. mas kalau di driver power kan ada banyak resistor dan elco terus kalau ada yg rusak terus ingin. diganti tapi tidak ada ukuran yg cocok terus kalau dirubah ukuran menjadi lebih kecil / lebih besar bagaimana mas (baik uf dan v nya untuk elco dan resistansi/ ohm nya untuk resistor) trus nanya lagi mas dioda 1n 4148 kan itu bentuknya seperti dioda zener tapi sebenarnya bukan y mas , sebelum nya trima kasih banyak mas bahar h h

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh diganti dengan ukuran lebih kecil atau lebih besar, asal selisihnya tidak banyak.

      Misal R 12K diganti dengan 10K atau 15K. Misal elco ukuran 10uf/50 diganti dengan elco 22uf/50v. Ini boleh, asal selisih perbedaannya tidak terlalu jauh.

      Diode IN4148 bentuknya seperti zener, tapi bukan zener.

      Delete
  54. Kalau di supply 63v boleh tak.

    ReplyDelete
  55. assalamualaikum
    sebelumnya maaf mas aku nanya banyak banget y
    1 Mas temen aku kan punya power 150 wat stereo terus tr final,dioda 1n4148 dan tr yg dibawah nya juga short semua kalau mau di perbaiki yg mono, yg satu aja nggak dua duanya (baiknya tr yang short dan dioda 1n4148 di power mono yg satunya dilepas dulu atau nggak mas karena juga short takutnya short lagi komponen yg di driver satunya yg saya perbaiki)?

    2 mas terus dioda 1n4148 diganti dioda 1n4002 yg ada di DRIVER POWER itu boleh mas?

    3 mas terus kalok cek resistor kapasitor dan transistor itu yang benar di pcbnya langsung / di lepas dulu, kalau saya ini saya lepas semua dulu baru di cek, bedanya apa mas biar tambah ilmu biar ahli seperti mas bahar h h?

    4 Mas di power 150 kan ada 3 tr seri ini namanya tr vas y mas tipenya (a733)? pengganti nya yg mudah dicari tipe apa mas?

    5 terus ada tr atasnya 1 tipenya c2001 kalau gk salah mas ini tr bias ya mas ? Terus pengganti nya apa mas yang serinya mudah dicari? karena short juga dan pengganti aku bingung

    6 Terus atasnya lagi tr bd 139/140 ini tr driver y mas terus bisa diganti tr apa saja?

    7 terus tip41/42 bisa buat tr final gk mas? kalau bisa tr driver,bias dan vas nya pakai apa?

    kalu salah mohon dikoreksi mas soalnya saya pengen perbaiki driver yg rusak,dirumah banyak karena dulu buat latihan ngrakit udah berhasil tapi setelah beberapa bulan pasti driver terbakar semua h h? KALAU SALAH MAAF MAS LAGI BELAJAR

    8 Elco sebagai filter tegangan dan elco dan elco sebagai pass filter bedainya gimana? mas maaf tanya banyak banget mumpung bisa tanya langsung pada ahlinya (MAS BAHAR)
    Mas tolong di jawab semua y meskipun banyak

    TERUS ADA PERTANYAAN YG TIDAK KALAH PENTINGNYA TAITU KENAPA RESPONYA KOK 2 HARI BIASANYA CEPET BANGET MAS H H H H

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Cukup dilepas tr finalnya saja. Aman untuk kedua power. Perbaiki satu persatu dulu.

      2. Diode IN4148 boleh diganti pakai diode IN4002.

      3. Untuk hasil yang akurat, lebih baik komponen dilepas dari pcb, baru di cek. Kalau dicek, tapi komponen masih nempel, kadang hasilnya ngacau, gak sesuai nilainya.

      4. Pengganti tr A733. Bisa pakai tr A564, A561. Ada tipe lainnya, tapi beda posisi kaki BCE nya, seperti 2N5401.

      5. Pengganti tr C2001. Bisa pakai tr C945, C828, C458, C1815. Atau kalau mau yang lebih kuat, bisa pakai tr D400, D438, BD139.

      6. Tr BD139/BD140, bisa diganti pakai tr D313/B507 atau tr TIP31/TIP32. Banyak tr lainnya, gak saya sebutkan.

      7. TR TIP41/42 bisa dipakai untuk tr final, tapi lihat pcb powernya. Kalau pakai pcb power 60w atau 80w, maka boleh pakai tr final TIP41/42. Tapi kalau pcb powernya 150w, ya jangan pakai tr final TIP41/42 mas he..he..

      8. Sama saja mas. Cuma beda penggunaannya saja. Cuma memang ada elco khusus buat pas filter. Tapi harganya mahal.

      9. Sebelumnya saya mohon maaf, karena saya gak bisa Ontime terus-menerus mas. Jadi kalau pas Online, ya saya jawab cepat. Kalau pas gak Online ya, nunggu. Maklum mas waktunya dibagi untuk hal lainnya.

      Tapi tenang, semua pertanyaan yang masuk, insyaalloh akan saya jawab semua, sesuai urutan komentar yang masuk. Jadi mohon maaf ya, balas komentnya kadang cepat, kadang lambat he..he..

      Delete
  56. assalamualaikum
    terima kasih banyak mas bahar ,mas bahar memang yg terbaik semoga sukses terus dan bisa membantu banyak orang khususnya pemula seperti saya h h

    1 ada pertanyaan lain mas masalah vu led tanpa ic ,resistornya ukuranya sulit nyarinya mas kalau dikasih ukuran lain yg lebih besar / lebih kecil bagaimana mas? ,resistor yg warna dasar nya biru sama coklat bedanya apa mas?

    2 terus masalah power mas, pas nyalain power volume gede kenapa mas kok kipasnya terasa seperti cepet dan bergetar keras ,itu yg bergetar kira kira kipas / trafonya ya
    kalau volume dikecilin langsung pelan kipasnya dan gk getar lagi,apa karena amper trafo kurang y mas terus rebutan volt sama tc karena kippas dan tc 1 power suply,tapi yg jelas bukan karena bas mas karena posisi speaker dan power jauh h h ?

    3 terus kalau pasang resistor di input power itu fungsinya untuk apa mas, dan ukuran nya biasanya berapa?

    4 mas cara cek output speaker ada arus dc nya gimana mas posisi probe? dan posisi di penunjuk apakah di dc?

    5 mas kalau sond system lapangan kan power bas,power suara,dan lainya kan sendiri sendiri lalu cara menggabungkan nya agar jadi menyatu seperti itu apakah pakai mixer itu y mas

    6 echo itu alat buat pasang mic input itu y mas,terus kalau sudah pasang echo apa sudah bisa buat dipasang mic,terus pasangannya sebelum dimana mas ,apa sebelumnya tc


    terima kasih banyak mas bahar h h

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.

      1. Boleh pakai R dengan nilai lain, asal selisih nilainya tidak terlalu jauh. Resistor warna dasar biru itu jenis resistor metal film, mempunyai toleransi nilai 1-2%. Kalau resistor warna dasar coklat itu resistor biasa atau keramik, mempunyai toleransi nilai 5%. Kedua jenis resistor tersebut bisa dipakai, campur juga gak masalah. Jadi jangan bingung ya he..he..

      2. Sepertinya itu getar dari trafonya mas. Gak masalah. Atau coba khusus kipas pakai trafo sendiri, agar beban trafo power lebih ringan.

      3. Kenapa input power dipasang R, buat apa? Langsung konek saja mas, tanpa R. Mungkin tujuan diberi R sebagai penahan input saja, agar tidak over atau noise. Tapi menurut saya gak perlu.

      4. Sudah pernah saya di posting saya, silahkan diubek lagi. Caranya lepas dulu beban speaker, kemudian groundkan sementara input power. Kemudian set skala avometer di 10VDC atau 200-500mVDC. Colok probe hitam konek ke ground/ct power, kemudian probe merah konek ke out speaker. Hasil terbaik adalah 0 volt. Atau jika ada sedikit tegangan gak masalah. Asal tidak lebih dari 1 volt.

      5. Tetap pakai mixer. Untuk memisah suaranya pakai alat namanya Crossover.

      6. Echo itu adalah efek delay mas. Membuat efek pantulan suara. Cara pemasangannya ada dua macam yaitu secara langsung atau lewat jalur efek mixer. Kalau secara langsung koneksinya echo masuk TC. Kalau lewat jalur efek mixer, maka echo in masuk out efek mixer, kemudian out echo di campur sama out mixer, masuk in master. Supaya lebih jelas, silahkan lihat dan search di google cara merakit mixer.

      Delete
  57. assalamualaikum mas

    1 mas kalau tr beda bce sama di driver nya terus apa bisa diurutkan bcenya dengan di jamper pakai kabel terima kasih banyak mas respon nya udah cepet lagi ,dan tunggu pertanyaan saya selanjutnya y mas karena pasti ada setiap harinya he he

    2 harga tip 31/32 40/41 2955/3055 kalau ditempat mas berapa h h
    3 terus kalau mau buat power yg ada input mic alat nya pakai apa mas dan dipasang dimana

    4 maksud mas saat mengecek dc di output power input digroundkan,maksudnya gimana mas

    5 mas apa fungsinya r kapur mas selain penstabil? karena dulu saat belajar rakit pa karena ada yg short resistornya aku perbaiki tapi dulu cuma asal asalan mas sebisanya tapi bunyi mas setelah bunyi karena r kapur panas aku lepas ,terus kelupaan tidak dipasang terus tr didriver hampir semua terbakar,

    6 resistor itu pasang nya sembarang kan mas tidak ada polaritasnya

    7 tr st 3055/2955 dan tr astello 3955/2855 kedua ini sama mospec y mas terus st/astello itu menunjukkan pabrikan y mas

    8 mas dirumah ada trafo 300ma kalau buat nyuplay kipas 12v bisa gk y mas tidak ada tulisan v nya mas,gimana ini mas
    tapi kalau saya pakai cara, trafo tadi dirakit jadi power supply simetris dgn elco dan dioda yg cukup besar besar baru di ukur dgn avometer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.

      1. Transistor beda BCE apapun bisa dipakai mas, asal Anda tahu posisi kaki BCE nya dimana? Jika sudah tahu posisi kaki BCE nya maka boleh dipasang di pcb sesuai urutan kaki BCE nya juga. Jadi intinya posisi kaki BCE transistor harus sama juga dengan kaki BCE di pcb. Meskipun nantinya tr nya jadi jungkir balik he..he.., gak masalah, asal kaki BCE nya sudah pas dengan di pcb.

      2. Gak bisa jadi patokan, beda toko, beda tempat/daerah, harga bisa berbeda mas. Kalau harga tr TIP31/32 dan TIP41/42 hampir sama, sekitar 5rb-10rb satu set. Kalau tr TIP3055/2955 sekitar 15rb-20rb satu set.

      3. Beli saja kit TC+mic. Sudah tinggal pasang. Sudah ada input dan sudah dilengkapi dengan mic.

      4. Input power kan ada 2 yaitu in(+) dan ground. Nah in(+) dan ground ini disatukan sementara, untuk cek DCO.

      5. Sebagai penahan arus ke speaker mas. Kalau R kapur panas, berarti ada tr yang short. Sehingga tegangan ada yang lolos masuk ke speaker. Nah ini kalau dibiarkan, bisa merusak komponen lainnya.

      6. Resistor pasangnya sembarang, boleh bolak-balik. Tapi baca nilai ohm nya gak boleh sembarangan he..he.. Kalau beda nilai, ini yang masalah he..he..

      7. Beda. Tr MOSPEC sendiri dan tr ST sendiri. Tr MOSPEC dan ST itu asli. Yang ASTELO itu tr kw.

      8. Bisa mas. Cek saja tegangan out trafonya pakai avometer. Set skala 50VAC. Lihat keluar berapa volt?

      Boleh, gak masalah. Dirakit dulu, baru dicek tegangannya.

      Delete
  58. assalamualaikum mas

    1 saya adanya untuk rakit vu display tanpa ic c1 400v tapi uf nya kecil cuma 47uf bisa gk mas? kalau gk boleh saya ada 1000 uf tapi v nya kecil cuma 10,terus 220uf 10v saya pakai yg mana mas?

    2 terus c2 nya 50v 22uf?
    kalau yg ini pasti sudah tentu boleh y mas h h

    3 r2, dua lampu itu saya pasangi:220ohm boleh mas, r3:100,r4:68,
    r5:20 r6:10

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.

      1. Semuanya boleh dipakai. Terserah mau pilih yang mana. Semua elco itu bisa digunakan.

      2. Boleh.

      3. Boleh mas. Hasilnya nanti, nyala lampu akan lebih peka he..he.. Karena nilai R lebih kecil. Bisa juga nanti nyala lampu led akan lebih terang.

      Delete
  59. assalamualaikum

    terima kasih mas bahar responya sangat cepet
    tapi sebenarnya ada pertanyaan soal transistor tapi besok mas, karena sudah malem mas h h tolong disiapin jawabannya besok y mas karena saya ingin mengetahui banyak hal tentang power amplifier mas,dan beruntung menemukan blog ini yg selalu siap dengan jawaban jawabannya h h

    2 cek dc0 di output speaker =input + dan ground disatukan apa tidak membuat power rusak mas ?
    apa yg membuat power rusak itu kalau outputnya+ dan - nya yg disatukan/(tidak sengaja menyatu)

    3 kok aku seperti pernah baca kalau power seterio dan hanya punya 1 speker output l dan r dihubungkan ke speker satu ke (+) satu ke(-) tapi ke2 ground tidak dipakai apa ini benar dan aman mas?

    4 tc saya dulu belinya tidak ada mic nya mas terus kalau ingin dikasih mic alatnya namanya apa ?
    dipasang dimana ?
    terus biasanya kan klau dipasang mic ada suara dengung penyebabnya apa mas?
    dan cara mengatasinya bagaimana?

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.

      1. Pertanyaan no.1 gak ada ya he..he..

      2. Tidak. Betul yang membuat rusak ketika out (+) dan out (-) disatukan, baik disengaja atau tidak.

      3. Aman mas. Itu namanya power BTL.

      4. Namanya pre amp mic. Bisa dari kabel micnya yang jelek. Bisa juga dari spul mic nya yang jelek. Coba ganti kabel mic yang bagus.

      5. Oh sudah ya..he..he..

      Delete
  60. Assalamualaikum
    Mas bahar aku mau tanya lagi tolong dijawab y mas
    1 Pengganti tr C2001 kata mas tr bd 139 bisa tapi kan gk muat mas? Cara pasangnya gimana? He he kegedean

    2 kenapa mas kalau driver 150,tr final tidak boleh pakai tip 41/42 ? Tapi aku lihat di toko online kok ada yg pakai tr 41/42 ,untuk tr final nya?

    3 minta datasheetnya Tr BD139/BD140, dan tr TIP31/TIP32 y Mas ,trus cara menentukan tr yg dapat digunakan untuk pengganti seumpama tr rusak selain letak kaki bce,npn/pnp caranya dengan
    Melihat datasheet seperti wat ,v, yg terdekat gitu y mas?
    Terus bagaimana kalau tr di beri spesifikasi dibawahnya tr bawaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.

      1. Kalau kegedean, pakai tr D400 atau D438 saja mas.

      2. Ya bukan spek nya mas. Tr final TIP41/42 Mempunyai daya watt hanya sekitar 40w-50w. Sedangkan pcb powernya 150w. Ya bisa sih pakai tr final TIP41/42, tapi daya out powernya jadi ikut kecil.

      3. Ya betul mas. Gak masalah.

      Delete
  61. assalamualaikum mas

    1 elco 2u2 apa artinya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Elco 2u2 itu sama artinya dengan elco ukuran 2,2uf.

      Delete
  62. Assalamualaikum
    Mas bahar tolong dijawab semua y pertanyaan yg sudah saya kirim diatas walaupun banyak banget
    Terus ada tambahan lagi

    1.tr s9015 terus dibawahnya lagi ada tulisan c118 dan tr s9014 dibawahnya ada tulisan c 331,bisa untuk menggantikan tr tipe berapa ? dan tr bagian apa?

    2 terus tr ,3001dan 6822h itu jenis tr yg bisa dipakai untuk apa saja mas

    3 terus kan di output headset di power karena speaker bawaan kecil aku hubungkan lewat output headset ,terus kalau seharusnya jeknya kan 3 strip karena sterio tapi aku kasih dua strip tetep keluar bunyi di sepeker ,apa itu bisa membuat power driver rusak mas?karena korslet, kan bisa saja output l dan r menyatu di jek 2 strip tadi karena seharusnya 3 strip he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.

      1. Tr S9015 itu tr PNP. Tr S9014 itu tr NPN. Biasa dipakai untuk penguat preamp, misal Tone control, galaxi, preamp mic, dll. Bisa digunakan untuk pengganti tr C945 atau C828 dan A564, cuma posisi kaki BCE nya beda.

      2. Tr 3001 itu jenis tr high voltage untuk power supply smps dan lampu. Tr 6822h, kalau gak salah juga sama fungsinya dengan tr 3001.

      3. Gak masalah. Cuma jadinya suara jadi mono, gak bisa stereo. Karena bisa saja L R gabung, atau hanya konek salah satu saja, entah L saja atau R saja.

      Delete
  63. perbaiki soal nomer 3 diatas mas h h salah ketik
    3 kan di output power ada output headset mas karena speaker bawaan kecil aku hubungkan speker besar lewat output headset tadi ,terus kalau seharusnya jeknya kan 3 strip karena sterio tapi aku kasih 2 strip tetep keluar bunyi di sepeker ,apa itu bisa membuat power driver rusak mas?karena korslet, kan bisa saja output l dan r menyatu di jek 2 strip tadi karena seharusnya 3 strip he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah. Cuma jadinya suara jadi mono, gak bisa stereo. Karena bisa saja L R gabung, atau hanya konek salah satu saja, entah L saja atau R saja.

      Delete
  64. assalamualaikum
    mas terima kasih banyak mas bahar sudah menjawab pertanyaan saya semuanya h h
    1 jadi kalau seumpamanya input l dan r gabung dan ground dengan ground digabung gak masalah y mas, sebagai contoh kalau saya punya power mono terus dikasih tc stereo,terus kan tc nya punya 3 output, dan dipasang kan ke power 2 input karena mono (l dan r dihubung ke input power(+) dan 2 ground ke input power
    (-) ?

    2 apa yg bikin rusak power biasanya kalau ground konek dgn l/r?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      1. Ya gak masalah mas. Cuma jadi mono suaranya.

      2. Ya betul, ground konek dengan out speaker L atau R. Baik sengaja atau tidak.

      Delete
  65. asalamualaikum mas
    mau tanya lagi mas bahar h h
    1 tip 31/32 untuk tr driver dan tip41/42 untuk tr final driver power 150 wat bisa mas ? soalnya mau perbaiki power ocl 150 kemarin yg rusak semua trnya h h
    trima kasih jawabanya mas h h

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tapi tr finalnya mungkin akan cepat panas dan gampang jebol he..he..

      Delete
  66. assalamualaikum
    Mas bahar ada pertanyaan lagi nih h h

    1 mas aku kan kemarin terlanjur beli tip41/42 yg rencananya untuk tr final power 150 wat kemarin mas tapi gak jadi saya ganti dgn 3055/2955 ,terus yg saya ingin tanyakan tip 41/42 kalau aku pakai buat tr driver power yg mono yg satunya lagi boleh mas tapi yg satunya tip31/32
    Karena power stereo mas karena sayang mas gk kepakai kalau gk bisa h h

    2 Terus kata mas Tr S9015 itu tr PNP dan Tr S9014 itu tr NPN. Biasa dipakai untuk penguat preamp, misal Tone control, galaxi, preamp mic, dll dan bisa dipakai untuk menggantikan tr C945 atau C828 dan A564, cuma posisi kaki BCE nya beda.

    Terus tr A567 kan sama dengan tr A733 kata mas ? Jadi pertanyaan saya tr A 733 atau tr A564 itu tr npn / pnp mas?
    Kok bisa diganti dengan dua tr yaitu
    1 (tr s9014 yaitu tr npn ) dan Yang
    2 (tr s9015 pnp) , yang satu (npn) dan yg satunya lagi (pnp) jadi apakah tr npn dan pnp bisa dipakai penguat preamp he he
    Dan Tanpa ada aturan pnp dan npn yg penting bce nya dalam menentukan pengganti tr preamp mas? H h

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Mohon maaf baru bisa balas ya he..he..

      1. Bisa mas, gak masalah. Silahkan pakai saja. Power yang satu TIP31/32 dan power dua, TIP41/42. Aman.

      2. Tr A564 dan A733 itu tr NPN mas. Bisa, karena sama jenis NPN nya dan juga posisi kaki BCE nya sama. Jadi tinggal ganti saja.

      Bisa. Ya ada aturan NPN dan PNP mas. Lah kalau ngawur NPN dan PNP, gak bunyi mas. Jadi kalau tr nya NPN ya harus diganti dengan tr NPN dan begitu juga tr PNP harus diganti dengan tr PNP. Gak bisa di oplos mas, tr NPN diganti PNP, gak bisa mas.

      Betul, yang penting Anda tahu posisi kaki BCE nya, maka bisa dipasang dimana pun tr nya, asal sama NPN dan PNP nya. Karena posisi kaki BCE tiap transistor berbeda mas. Ada yang kaki Basis di pinggir (BCE) dan ada kaki basis di tengah (CBE) dan (EBC). Maka harus hati-hati, jangan asal pasang. Harus tahu dulu posisi kaki BCE nya.

      Delete
  67. mas kalo lampu led signalx diganti dengan lampu led mobil yang 12 gimana mas?
    Ada perubahan pa saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, tapi mungkin agak berat.

      Perubahan komponen, lepas komponen R1, C1, D1 dan R2. Jadi lampu led 12v di baypass saja langsung konek ke out speaker.

      Delete
  68. saya coba bypass tapi hasilx sih bagus,
    Cuma saat voleme mencapai setengah atau lebih, led malah koid?
    gimana baikx mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti perlu diberi tahanan R pada lampu lednya. Coba pasang lagi komponen D1 dan R2 mas. Agar led tidak loss.

      Delete
  69. Bang power ocl sya stero 150 ko bgtu sya pasang tc tenaganya kya kurang jozz?kya tertahan gtu!klau g pkai tc bagus!sya coba ambil in dri tape mobil,biar volume bisa ditambah dri tape mobilnya jga!tapi malah 2x sya gagal!pertama elco di tweter meletup,ganti yg lebih besar volt elconya,test lagi!malahan yg meletup entah apanya,soalnya g ad bangkainya,tapi drivrr ocl overheat sebelah,sebalah normal!itu kenapa ya bang?pdhal sya klau pkai in dri radio fm meskipun power kya tertahan gtu tenaganya,aman2 z ko!mhon petunjuknya bang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini kesalahan yang sering terjadi, out power tape mobil konek ke in power. Tidak semua out tape mobil menggunakan ground, istilahnya power di dalam tape mobil itu sudah di btl. Sehingga out speaker tape mobil itu adalah positif semua, gak ada groundnya.

      Nah jika ini dikonek ke power, maka bisa rusak powernya. Masalah dikonek ke radio fm kok bisa keras, mungkin radio fm-nya sudah ada penguatnya.

      Masalah driver power panas sebelah, berarti ada yang bermasalah di tr final atau drivernya.

      Delete
  70. Apakah bisa led ini diaplikasikan ke power ampli menggunakan catu daya aki bang

    ReplyDelete
  71. mau nanya lg kang kalau rangkaian diatas pakai 45v keatas apa aja yg dirubah komponennya? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti nilai R3 dengan 3K3 mas. Yang lainnya tetap.

      Untuk setting tingkat kecerahan lampu signal, Anda dapat merubah nilai R1 dengan lebih besar.

      Delete
  72. Kurang paham saya kang kalau ganti nilai r1 nya takut door kira berapa nilai r1 nya cocok kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pakai R 1K mas. Jika kurang terang coba pakai R 100 ohm.

      Delete
  73. Kalo untuk irama musik ada skemanya mas?

    Bukan untuk nada bas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skema diatas untuk irama musik mas, bukan untuk bass saja.

      Karena nada bass adalah yang paling besar suaranya, makanya seperti nyala kalau ada bass saja.

      Untuk membuktikan, Silahkkan turunkan nada bass, kemudian angkat volume, nanti lampu akan nyala sesuai suara yang ada. Tergantung besar kecilnya suara yang masuk.

      Delete
  74. Replies
    1. Tidak mas. Karena sudah ada filter elco dan diodenya.

      Delete
  75. Assalamualaikum...mas Bahar
    Mau tanya,kalo travo 10a murni CT 32 buat ngangkat power btl 5000wat sama power Sanken 400wat.
    Nb :btl Sanken 2set
    :Sanken paket travel Toshiba 3set

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuat mas. Tapi dengan beban speaker yang tidak terlalu banyak. Kalau beban speakernya banyak, ya ngedrop suaranya.

      Delete
  76. Assalamualaikum mas Bahar,mau tanya lagi kalo pake CT 32 itu transistor Sanken cepat panas.idealnya pake berapa vol?
    Tanya lagi mas ,kalo dioda saya kok agak panas itu normal nggak dioda pake 25a .idealnya pake dioda berapa ampere

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Pakai tegangan ct 32v untuk tr sanken, sebenarnya sudah ideal mas. Malah ada yang pakai tegangan ct 42v dan ct 55v. Penyebab Transistor final cepat panas, bisa dikarenakan tegangan bias terlalu besar, bisa juga jumlah tr final kurang banyak.

      Normal mas. Ya mungkin karena beban powernya tadi. Diode tergantung trafo. Minimal sama atau lebih besar dari Amper trafo.

      Delete
  77. Matur suwun mas,
    Ini mau tanya lagi he..he.saya mempunyai penguat mix 7potensio saya ingin tambahkan master mixer pada out dari penguat mix .di out penguat mix itu harus ditambahkan resistor ,nah ukuran resistor itu berapa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika memang tidak ada koneksi lainnya, misal ditambah efek atau lainnya, maka koneksi out penguat mic bisa langsung masuk input master mixer. Asalkan hasil suara normal tidak pecah, gak masalah tanpa pakai resistor.

      Tapi jika ada penambahan efek echo atau lainnya, maka perlu adanya resistor pembagi. Besarnya nilai resistor tergantung kebutuhan. Biasanya menggunakan resistor 10K atau 22K.

      Atau jika hasil suara pecah, pada saat koneksi langsung dari penguat mic ke master mixer. Maka perlu adanya resistor penahan, agar suara dari out penguat mic dapat ditahan sebelum masuk input master mixer. Besarnya nilai resistor antara 10K-47K.

      Delete
  78. Maz bahar kalteng hadir trimaksih skemanya led out speker saya ,dah sukses rakit nya mksh mga" ilmunya maz bahar berkah maz bahar...tp skema led speker ini kira" apa tidak mengarui suwara speker maz....mksh sebelmya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak mas. Karena sudah ada resistor dan diodenya pada input rangkaian. Jadi rangkaian ini sama sekali tidak mempengaruhi suara speaker.

      Delete
  79. Kalau buat ampli 60 watt. Input 18 vac/25vdc ada yg diganti tidak komponennya mas..

    ReplyDelete
  80. Nyimak Mas...
    Mas Bahar.... kalo output power di kasi rangkaian / lampu sinyal apa tidak mengutangi pasokan output power ke speaker ???
    Trus tegangan arus power nya kan simetris , lalu ambil buat lampu power nya tegangan sebelah saja gitu ????
    Trimakasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak mas. Karena beban lampu kan kecil. Tidak akan berpengaruh ke hasil suara mas.

      Kebanyakan ya cuma satu untuk tegangan positif saja. Kan hanya sebagai indikator power kalau power kondisi hidup. Kalau mau ditambahkan lampu led untuk tegangan negatif, juga gak apa-apa he...he.. tinggal tambah satu lampu led lagi.

      Delete
  81. Mas kolom search di home belum ada ya?

    ReplyDelete
  82. kalo pake led strip 12v langsung ke speaker apakah bisa mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Coba saja. Tapi mungkin nyalanya agak redup. Dan harus volume keras, baru bisa menyala lampunya

      Delete
  83. Maaf kang bahar, skema ini bisa di aplikasikan ke mixer rakitan gk kang ? Sebagai sinyal per chanel. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa mas. Perlu ditambahkan rangkaian penguat, untuk menyalakan lampunya.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led