Saturday, October 8, 2016

SAMBUNGAN SERI DAN PARALEL SPEAKER SUBWOOFER DOUBLE COIL

Next posting kali ini adalah cara penyambungan seri dan paralel speaker Subwoofer double coil. Banyak yang bertanya lewat komentar blog mengenai hal ini. Bagaimana sih sambungan yang benar pada speaker dobel coil? di paralel atau di seri? Terus impedansinya berapa ohm? Nah pertanyaan-pertanyaan ini sering ditanyakan di komentar blog. Nah supaya lebih jelas dan gamblang, berikut cara dan gambar sambungan seri dan paralel speaker double coil.

Speaker dobel coil sering kita jumpai pada sistem audio mobil, khususnya pada speaker subwoofer. Tujuan buat apa sih kok dibuat dobel coil? Supaya jenis speaker ini dapat bermain di berbagai impedansi ohm, sehingga memudahkan kita untuk menyesuaikan dengan impedansi Power amplifier. Yang mana pada power amplifier mobil biasanya bermain di impedansi 4 ohm. Dengan speaker dobel coil kita bisa menyesuaikan impedansi speaker dengan mudah, dengan cara konfigurasi koneksi ke dua spul coil tersebut, mau di seri atau di peralel untuk mendapatkan impedansi ohm yang kita inginkan.

Pada dasarnya speaker doble coil terdiri dari 2 spul coil dengan impedansi masing-masing 4 ohm. Ada tiga macam koneksi spul dobel coil yang dapat kita sambung untuk mendapatkan 3 impedansi ohm yang berbeda dalam satu speaker. Jadi speaker dobel coil dapat bermain di impedansi  2 ohm, 4ohm, dan 8 ohm. Sehingga dapat kita pilih salah satu impedansi sesuai dengan yang kita butuhkan, agar sesuai dengan impedansi Power amplifier atau untuk konfigurasi sambungan speaker lebih dari satu, misal sambungan 2 speaker subwoofer sekaligus. Berikut adalah gambar 3 jenis koneksi sambungan speaker doble coil.

Sambungan 2 ohm. Untuk mendapatkan impedansi 2 ohm, maka kedua spul coil harus dihubung secara paralel. Untuk lebih jelas lihat gambar.

Sambungan 4 ohm. Untuk mendapatkan impedansi 4 ohm, maka kita cukup menggunakan salah satu spul coil yang ada. Bisa menggunakan spul coil yang kanan atau kiri sama saja. Karena kedua spul coil tersebut berimpedansi masing-masing 4 ohm, maka cukup gunakan salah satu spul coil saja. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar.

Sambungan 8 ohm. Untuk mendapatkan impedansi 8 ohm, maka kedua spul coil harus dihubung seri. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar.
Dengan mengetahui beberapa koneksi sambungan pada speaker dobel coil, diharapkan anda dapat memasang dan menyambung speaker dobel coil dengan benar. Untuk mengetahui koneksi sambungan seri dan paralel pada dua speaker subwoofer double coil, bisa dibaca disini. Semoga bermanfaat.

179 comments:

  1. Kalau ane pke d ocl 150w. Pling bagus seri apa paralel gan?
    Tolong solusinya, thank...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau suaranya enteng, diparalel mas. Tapi jangan terlalu keras nyetelnya he..he.. Biar spul gak rusak.

      Delete
  2. Mas, ane pke PA OCL 150w. Mau sya kasih speaker legacy 10". Hasilnya bgus nggak. Trus kalau nggak yng bgus speaker apa ya untuk PA ane??
    Mohon pencerahanny. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mestinya bagus dong. Saya pernah coba pakai speaker subwoofer legacy 6", suaranya lumayan bagus bassnya.

      Delete
  3. Dari beberapa cara penyambungan...klo pingin bass yg mamtab seri apa paralel ms...mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kebutuhan mas. Tapi kalau ingin bass lebih open, memang diparalel bass akan lebih ringan keluar, kerena impedansi kecil, tapi juga harus hati-hati spul jebol jika dipaksa untuk bass besar, jika impedansi tidak sesuai. Jika ingin menyiasati, maka dihubung paralel, tapi nyetelnya kalem saja, jangan terlalu keras.

      Delete
  4. Kalau saya pake Power subwofer 200watt
    Speaker legacy 10 in 250 watt bagusnya sambungan yg mana om?
    2 ohm/ 4ohm /8 omh
    Kemarin sempat bermain di 4 ohm transistor powernya ada yg mati
    NB: saya pakai inverter 12v to 32v DC
    power ampli subwofer boombaster 200 watt sanken
    Suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kualitas tr finalnya kurang bagus. Memang seharusnya bermain di 8 ohm, cuma kadang banyak orang tidak suka bermain di 8 ohm, karena suara kurang bertenaga. Sebenarnya gak masalah bermain di 4 ohm, asalkan pendingin powernya bagus dan tidak overheating.

      Delete
  5. gan masih newbie nih ane beli audio untuk Sound quality speaker ane 3way ane pake monoblock 2chanel, dan subwofeer double magnet, nah yq ane tanya apakah power monoblock nya bisa ikut support ke power ap hanya support ke subwofeer nya aj?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau monoblocknya sudah ada powernya, berarti memang untuk di konek langsung ke speaker subwoofer. Apakah support ke power? Bisa digabung, asalkan monoblocknya ada line outnya. Kalau gak ada line outnya, maka bisa dikonek ke out speaker, tapi beri resistor dulu sebelum masuk input power. Selain sebagai pengaman, juga agar suara dapat disetel.

      Delete
  6. Siang mas, ne sy punya power 800 watt, tapi klw pake speaker american boss 10" selalu protek klw dibesarin volumenya,... gimana jalan keluarnya,. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proteknya dari mana mas? Memang ada kit protektornya. Mungkin impedansi speaker terlalu kecil. Sehingga overload di powernya.

      Delete
  7. Mauntanya ms .. Saya pake monoblok pca trus pake subwofer jbl 2 ... Biar suara bas empuk wnak dk dengar pake nya sambungan yg mana ya ms ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan orang lebih suka dihubung paralel, karena suaranya lebih Keluar. Itu 2 speaker subwoofernya, boxnya jadi satu atau terpisah? Jika satu box isi dua, maka kedua speaker dihubung seri. Karena dobel coil, maka masing-masing speaker diparalel dulu kedua spulnya, atau hanya main satu spul saja, kemudian di seri. Kalau boxnya terpisah, maka masing-masing speaker bisa main satu spul, atau dua spul diparalel. Jika ingin suara lebih keluar atau bass lebih keluar, maka masing-masing speaker kedua spulnya diparalel. Jika ingin main nyantai atau soft, maka masing-masing speaker bisa pakai satu spul saja, atau kedua spul dihubung seri.

      Delete
  8. Maf gan.kalaw speaker di posisi 8 ohm sam 2ohm.itu mkan watnya besar yang mna y bos.
    Soalnya ampli saya 200w.trus pke 2speaker doble coil 6inch yng 150 what.mhon jawabnya bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daya watt speaker akan tetap sama, meskipun bermain di 8 ohm atau 2 ohm.

      Delete
  9. Permisi mas... Bagaimana rangkaian aman buat speaker dobel coil 2/4/8 ohm 150watt 2buah dirangkai sama power ampli 500 watt 2chanel...??? Suwon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk lebih amannya, silahkan bermain di impedansi 8 ohm. Yaitu dengan cara menseri kedua spul speaker. Maksudnya adalah satu speaker kan ada dua spul, maka dihubung seri dulu. Jadi nantinya ada dua speaker subwoofer dengan konfigurasi seri dalam kedua spulnya. Karena untuk mendapatkan impedansi 8 ohm, kedua spul harus diseri. Karena ada dua speaker dan 2 channel power, maka gunakan 1 speaker untuk channel L dan 1 speaker untuk channel R.

      Delete
    2. Klo speaker 1sy bikin 8 ohm ,speaker 2 bikin 8 ohm juga... Trus speaker 1 dan 2 sy rangkai jadi 4ohm seperti yg ada digambar rangkaian 2 speaker 2 coil... Piye mas... Jd ada 1speaker impedansi 4 ohm 300watt... Trus di PA nya sy sambung bridge... Mohon petunjuk...

      Delete
  10. Klo 1 subwofer L dan 1 subwofer R ... Apa ndak hangus nnt speaker nya mas..? Karena 1speaker itu cuma 150watt.sedangkan Powernya 500watt.. Pemikiran saya klo 2 chanel 500watt itu brati 1 chanelnya 250watt... Piye mas... Mohon petunjuk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya gak masalah. Yang penting kedua spulnya diseri dulu biar aman. Jika anda ragu dan takut speaker hangus, maka bisa dipasang elco 2200uf/50v yang dipasang seri di spul speaker. Jadi koneksinya adalah kabel minus power konek ke minus speaker. Untuk koneksi kabel positif power jangan dikonek langsung dulu ke positif speaker, tapi dipasang elco dulu, baru konek ke positif speaker. Tujuan pemasangan elco adalah sebagai pengaman tegangan out power, jika terjadi hal yang tidak diinginkan, maka tegangan akan tertahan melalui elco sebelum masuk positif spul speaker.

      Delete
  11. Klo 2 speaker 8 ohm dirangkai jd 1 speaker 4 ohm.. Jd dapat speaker 4 ohm 300watt.trus powernya di bridge piye mas...mohon petunjuknya lagi mas...

    ReplyDelete
  12. Enter your comment...misi pak, numpang nanya,
    psu smps wimog 10A 45vdc, power blazer 500watt mono dengan tr final sanken kw1. filter suboofer, speaker subwoofer pegasus 15 800watt, yg mau tanyakan kenapa kalo volume dibesarin bassnya pecah ada suara brek, apakah daya powernya kurang gede, atau speakernya kurang cocok ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi filter subwoofernya yang kurang sip. Suara brek pada saat volume tinggi, menunjukkan terjadi over. Nah over disini bisa disebabkan dari filternya atau supply tegangannya yang drop atau terjadi clip. Kalau dari power menurut saya enggak. Jadi coba cek dulu tegangan supply smps pada saat normal dan pada saat beban puncak atau sampai keluar suara brek tadi, ngedrop gak voltasenya?

      Delete
  13. makasih pak pencerahanya, ternyata bener, penyebabnya over gain dari sumber audio ampli, setelah tak coba dengan hp/vcd di low input, hasil nya normal,

    ReplyDelete
  14. Mf om saya masih awam banget soal doubel koil.. Makanya saya mohon pencerahan dari panjenengan.

    Begini om,, saya beli subwoofer bekas temen. Merk OWL,, double coil.
    Terus saya beli power 2 channel.

    Yang ingin saya tanyakan ini pemasangNnya gimana?
    Apakah 1 coil untuk 1 chanel atau 2 coil trsebut masuk ke 1 chanel.

    Mohon penjelasan om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya satu speaker untuk satu channel pak. Dobel coil tersebut untuk pilihan impedansinya, bukan untuk 2 channel.

      Delete
  15. Kalau power 1500 watt wofer legacy 300 watt 12 inc biar suaranya bagu pake sambungan yg berapa ohm ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau speakernya woofer, ya cuma ada satu spul mas he..he.. Gak gak bisa di apa-apain, cuma bisa bermain di impedansi 8 ohm. Kalau subwoofer dobel coil, baru bisa bermain di impedansi 2 ohm, 4 ohm dan 8 ohm. Standard power amplifier rakitan bermain di impedansi 8 ohm. Maka usahakan speaker bermain di impedansi 8 ohm. Kalau speakernya woofer, hanya satu spul, maka gak perlu dirubah. Kecuali ada beberapa speaker, misal 2 atau 4 speaker woofer.

      Delete
  16. Sy pke power sma sub embassy...enk ny d bkin rangkaian pa yakk buat sub ny?? Biat sura ny kluar....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diparalel kedua spulnya mas. Jika terjadi over bass, maka spul bisa dihubung seri.

      Delete
  17. Askum mas...
    Sya punya monoblok (di body sih ada tulisan "mosfet 1200w bridgade 2ch") & spkr kikers 12" singgle coil dua buah. Klo sya paralel apa efeknya bwt powernya. Krn slama ini sya cm pake 1 spkr aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada efek apa-apa. Cuma kalau diparalel, maka impedansi speaker jadi 4 ohm, suara akan jadi lebih keras. Untuk power masih mampu dg impedansi 4 ohm

      Delete
  18. Mikum mas maaf nih mau tnya,subwoofer jbl dvc 4ohm 275watt rms 1100 watt peak sma power pca 4ch type 4.175 bgs y d paralel atau di seri mohon pencerahan y trma ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau diparalel suara lebih kenceng, kalau diseri suara lebih kalem. Kalau dari segi keamanan lebih aman diseri, cuma suaranya agak pelan.

      Delete
    2. Sya sudah coba d paralel tpi ko suara y ga keluar gtu mas apa ga imbang sma power y mas?soal y power y kecil cma 400watt mohon pencerahan y trma ksh

      Delete
    3. Bisa jadi powernya gak imbang. Tapi kalau hanya untuk beban sedikit harusnya masih mampu. Coba pakai power lain mas.

      Delete
  19. Master ane punya satu speaker legacy doble coil 6inch 100w dan power ampli subwofer boombaster 200 watt sanken cara pemasanganya mending seri atau pararel biar aman

    ReplyDelete
  20. Malem ms mau tanya nih power saya momentum type gt 4012 4 chenel sub dual coil mrk R2 msalahnya klo di volume tinggi powernya panas bgt dan protec suara jd gak keluar kira kira masalahnya kenapa ya ms apa ada pengaruh di pemasangan kabel subnya.. Cara masang plus minus di sub gmna ya sama saran impedansi brapa ohm yang aman buat volume tinggi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena speaker dobel coil, maka coba dihubung seri kedua spul tersebut. Agar impedansi jadi 8 ohm.

      Delete
  21. Kang bahar.. saya mau tanya..saya mau pasang subwoofer double coil ke monoblok .nah saya liat ada contoh di manual book monoblok nya..itu sambungan kabel / coil langsung ke monoblok..jadi pas sama2 4 katub.. sub ada 4 katub dan mono da 4 katub .( 2 katub (-) dan 2 katub (+)) itu langsung dihubungkan sesuai katub..tanpa membuat terlebih dahulu rangkaian paralel atau seri dari sub nya. Nah pertanyaanya apakah itu lbih kencang bas nya dari dari pada yang model paralel dan seri. Katanya sih dengan bgitu impedance nya lbih rendah..jadi bass lebih kenceng..mohon pencerahanya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang option yang ada di powernya bisa untuk koneksi dobel coil sekaligus, gak masalah mas. Mungkin koneksi seri dan paralelnya sudah diatur dalam power monobloknya. Bisa lebih kenceng, mungkin saja, karena bisa saja dobel coil tersebut di drive 2 power sekaligus, sehingga out lebih kenceng.

      Delete
  22. Mas, saya punya amplifier, kadang kadang saat di putar lagu mati sendiri suara nya, tapi lampu di amplifier masih hidup .kira kira itu kenapa ya ? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada yang kendor. Bisa dari socket konektor speaker atau socket input RCA. Atau bisa juga dari saklar input atau potensio rusak.

      Delete
  23. Maaf mas mo tnya. . Satu speaker 4ohm n 1speaker 8ohm kalau dpararel pengaruh ma suaranya g?? Mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pengaruh mas, cuma nanti speaker yang 8 ohm bunyinya akan lebih pelan dari speaker yang 4 ohm.

      Delete
  24. Mksih ms..Mo tnya Lg power ocl 150 Watt bisa ngangkat 2 buah speaker 10". Trafo 5a kecil..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Pakai tegangan 25vct dari trafo, elco 2x10000uf/50v.

      Delete
  25. Misi gan mau nanya :
    Saya power 1200 watt kalau di gabung dengan monoblock 350 watt untuk subwoofer JBL double coil 12" kira² bagus gak ya??? Dan untuk JBL nya bagus 2/4/8 ohm ya???
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Standartnya sih bermain di 8 ohm.

      Delete
  26. bang boleh tanya ni masalah subwoofer saya dimain ohm ke berapa yang cocok
    power pioneer 1600 watt 1 ohm
    subwoofer pioneer 1400 watt 4 ohm double coil

    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena powernya 1600 watt 1 ohm, maka speaker subwoofernya bisa bermain di 2 ohm. Dengan cara menghubungkan secara paralel kedua spul coilnya, sehingga didapat impedansi speaker 2 ohm.

      Delete
  27. Permisi om bahar...
    Saya mau tanya, saya punya power blazer 800 watt, speaker subwoofer 12 inc plus difilter pake filter subwoofer bell, tengangan 80 volt, tpi ko suaranya kurang keluar, speaker gk maksimal suaranya. Itu knp ya om.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa benar tegangan supply 80Volt? Kok besar sekali. Kalau memang benar tegangan sebesar itu, seharusnya gedhe banget outputnya he..he..

      Mungkin box speakernya kurang cocok. Atau ada koneksi speaker yang terbalik kutup positif negatifnya.

      Delete
    2. Udh saya ukur pakai multi om. Bisa jd sh box nya, saya pakai speaker doble coil. 8 ohm, apa itu juga pengaruh om

      Delete
    3. Ya itu saya curiga kok besar sekali tegangannya. Anda pakai voltase berapa dari trafo? Pakai trafo berapa amper?

      Kalau speaker gak masalah. Kalau box berpengaruh mas.

      Delete
  28. Mo tnya mas, saya kan punya speaker putus coil nya d bagian ujungnya.. kalau tak sambung tuh ngaruh ma suaranya g??? Masih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pengaruh mas, cuma rawan putus kembali.

      Delete
    2. Yg putus bagian ujung pas alumunium mas.. TK solder.. pengaruh n awet g?? Masih...

      Delete
    3. Kalau putusnya gak pendek, mungkin masih bisa disolder. Tapi kalau ujung putusnya sangat pendek, ini yang rawan putus.

      Kalau masalah awet, bisa awet selama solderannya kuat dan dilem lagi. Suara akan tetap, meskipun disambung. Kecuali kalau spulnya rusak.

      Delete
  29. Mau nanya ms sy punya power ocl 150w stereo, kalau chanel L sama R dihubungkan masing coil gimana ms

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he.. Ide yang bagus mas. Tapi jangan dilakukan, spul speaker bisa terbakar itu mas. Jadi satu speaker dobel coil itu hanya untuk satu channel power, yang boleh dirubah adalah hubungan seri dan paralel saja antara kedua spul itu.

      Tidak disarankan pakai dua channel power untuk mendrive satu speaker dobel coil tersebut.

      Kalau anda koneksi seperti itu ya bisa bunyi. Tapi kurang aman bagi spulnya mas.

      Delete
  30. Misi mas mohon pencerahannya..saya memiliki compact dics polytron xcell hifi.kemudian saya ada subwoofer road master tapi speakernya saya ganti punya legacy 8 inchi double coil udah saya paralel tapi kenpa ko bunyi brek2 ketika saya putar lagu koplo ya..mohon bimbingannya mastah..!! Terima kasih udah berkenan menjawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dihubung seri mas kedua spulnya. Jika masih brek2, coba cek powernya. Mungkin ada masalah di powernya.

      Delete
  31. Maksudnya dihubung serie dua spulnya yang paralel 2ohm atau 8 ohm mas..terima kasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan lihat gambar no 3 dari atas. Itu hubung seri. Jika kedua spul dihubung seri, maka akan didapat impedansi 8 ohm.

      Delete
  32. Udah saya lihat kemrin malem mas ternyta watt xcell polytron 150.dan watt subwoofer road master 150 sedangkan speaker 8inch legacy 200 watt..mohon petunjuk nya mas .maksudnya diserie kedua spulnya yg gimna Dan harus diparalel berp ohm enaknya mas..terima kasih atas petunjuknya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subwoofer Saya ITU roadmaster mas 150 watt Dan speaker subwoofernya 8inch legacy 200 wat serta compact dis Saya xcell polytron 150 watt .

      Delete
    2. 1. Silahkan lihat gambar no 3 dari atas.

      2. Harusnya gak masalah mas. Mungkin memang problem di powernya mas.

      Delete
  33. Mas disini saya sekarang sedang mengunakan sambungan nomer 1 yaitu 2ohm.soalnya pada sambungan nomer 3 suaranya gk nendang atau kurg ulem pada bas mas..kiranya bermasalah gk mas kalo seandainya saya berjaln pada sambungn no 2 yaitu 2 ohm..maksih banget mas atas petunjuknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud saya pada sambungan no 1 yaitu 2 ohm ..bermasah gk mas nantinya.dan apa ada efek kalo seandainya saya berjln pd sambngan no 1 yaitu 2 ohm .terima kasih mas.berkenan menjawab..!!!!!

      Delete
    2. Gak masalah mas. Aman. Memang tujuannya adalah seperti itu dapat dipakai berbagai impedansi. Dan sesuai selera anda. Gak masalah jika anda pakai koneksi 2 ohm, kalau itu cocok buat anda. Memang koneksi 2 ohm menghasilkan suara paling kuat, karena 2 spul dihubung paralel.

      Delete
  34. Mas BAHAR ULUM thanks atas segla petunjuknya..
    memang anda bener2 suhu jenius..salam hormat dan terima kasih saya mas .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini.

      Delete
  35. Mas ikut tayak. Sya pkek audio ads 800wat 4 chnl.sya pkek yg mono.trus pkek subwfer 12" 350 wat main .4 ohm. Dputar 20mnit power panas. Mintak tlong pecrshn mas . Trimksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba subwoofernya dihubung seri mas kedua spulnya, main di 8 ohm.

      Delete
  36. Mas saya punya ampli stereo 2 chanel chamel pertama untuk speaker 2 way kiri dan chamel yang kedua untuk speaker 2way kanan tapi saya ada rencana tambah 1 subwoofee dobel coil sambungnya gimana tuh yg terbaik dan aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya anda pakai 2 speaker dobel coil biar imbang he..he.. Satu untu channel L dan satunya untuk channel R. Kalau hanya satu, maka silahkan pasang di salah satu channel mas. Channl L atau R.

      Delete
  37. Met malam mas, mau tanya. Saya rencana mau merakit box speaker pasif 3 ways. Punya tweeter, middle dan sub 8 inch double coil.Yg 4 ohm hanya sub nya saja, tweet dan mid 8 ohm. Pake crossover 3 ways pasif. Minta saran rangkaian yg terbaik hrs bagaimana terutama sub yg berbeda ohm..? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasang seperti biasa mas. Karena pakai crossover pasif 3 way, maka konek masing-masing speaker sesuai dengan fungsinya, yaitu Low, Mid, High.

      Delete
  38. maaf mas mau tanya, saya punya power Output 75 W x 4 Ch (4 ohm)
    150 W x 4 Ch (2 ohm), 3000 W x 2 Ch (4 ohm) dengan subwoofer 12" 2x4 ohm, bagusnya saya maen di brp ohm? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Powernya kok banyak banget mas he..he.. Untuk speaker subwoofernya anda bisa bermain di impedansi 2 ohm dengan cara di paralel kedua spulnya, atau di 8 ohm dengan cara diseri kedua spulnya.

      Untuk powernya pakai yang 3000w x 2ch.

      Delete
    2. Power mobil mas spek outputnya seperti itu, hehehe, kalo di bridge 3000w x 2ch (4 ohm) subwoofer di paralel menjadi 2 ohm masih aman ya mas? terimakasih infonya mas :)

      Delete
  39. Hallo guruku.. Minta info.
    Saya punya power monoblock Agako xt 6001. Saya punya subwoofer acustic gold Dvc 12" dan subwoofer focal Dvc 12". Kira2 bisa di pasang keduanya? Semua doble magnit.
    Klu bsa harus main brpa ohm?.
    Seandainya cuma satu kira2 klu Dvc di sambung semua ke power, artinya 4 kabel subwoofer langsung sambung ke power - + - +???
    Saya juga punya power monoblock polkaudio. Kira2 klu bisa angkat salah satu subwoofer saya?
    Klu bisa harus main brpa ohm.

    Tks suhu suhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bukan guru apalagi suhu mas he..he..

      Untuk jenis power itu saya belum pernah tahu dan coba. Tapi akan saya jelaskan dari sisi koneksinya saja.

      Untuk koneksi speaker dobel coil/spul, sebetulnya tidak boleh dikonek 2 channel dalam satu power. Seperti yang sudah anda jelaskan diatas. Jadi yang boleh adalah memparalel kedua spul speakernya saja, tapi sambungan ke power tetap pakai 1 channel.

      Kebanyakan orang bermain di 2 ohm speaker, untuk menghasilkan suara paling mantab.

      Semua power sebenarnya bisa untuk speaker subwoofer mas.

      Untuk penjelasan detail dari semua perangkat diatas, saya belum tahu. Karena saya belum tahu fisiknya dan belum mencobanya.

      Delete
    2. Hallo guruku...

      Saya punya power monoblock.
      (seperti yg di atas)

      Saya punya 2 biji subwoofer.
      (seperti yg di atas)

      Kira" bisa di pasang di power saya?

      Satu power dgn 2 subwoofer yg berbeda watt beda merek beda karakter. Yg sama ukuran sama 12" sama dvc sama doble magnit.

      Tks bosku.

      Delete
  40. Masss...
    Saya punya subwoofer DVC legacy Dan Embasy 12".
    Saya mau pasang di kit subwoofer TOMCAT SX686 kira2 yg lebih cocok speaker mana ya.?
    Dan bagusnya main di OHM brp ya?
    Maaf masih awam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih belum coba yang embasy 12". Menurut saya mungkin sama saja mas. Silahkan anda coba sendiri.

      Umumnya bermain di 2 ohm. Yaitu dengan mengkoneksi kedua spul secara paralel.

      Delete
    2. Klo saya pake 4/8 ohm bermasalah ga mas.?

      Delete
    3. Gak masalah mas. Cuma biasanya suara lebih pelan sedikit dari 2 ohm.

      Delete
    4. Terimakasih mas.
      Saya coba eksperimen sesuai petunjuk.
      Sukses selalu....

      Delete
  41. master...
    saya punya 2 sub tensfox 2200 dvc
    dan 1 monoblock LM AUDIO 3200.1
    bagaimana sambungan yg pas?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dobel spul diparalel mas. Main di 2 ohm.

      Delete
    2. 2 sub tensfox 2200 watt maksudnya dan 1 kit mono LM 3200 watt klu watt masing-masing diatas benar alangkah bagusnya suara yg dihasilkan bila coba main di 1 ohm

      Delete
    3. Ya kalau pakai 2 speaker sih bisa mas main di 1 ohm. Coba kalau pakai 1 speaker bisa gak koneksi 1 ohm he..he..???

      Delete
  42. Om.mau tanya, audio saya kan stereo 300watt 12v DC,saya kasih speaker legacy 2×6inch 100 Watt main 4ohm ,kok suaranya pecah pecah di bagian mid ya ,tolong bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Powernya pakai apa itu mas? Power mobil atau power rakitan?

      Delete
    2. Rangkaian powernya mungkin mas. Coba ganti pakai ocl 150w mas.

      Delete
  43. numpang nanya bos admin saya punya power 8chanell 3600w & 2 subwoofer 12". bisakah dimainkan semuanya gimana caranya

    ReplyDelete
  44. Mau nanya mas,,power momentum monoblock speknya seperti ini
    150w@8ohmx1
    225w@4ohmx1
    450w@2ohmx1
    500w@1ohmx1
    Maksudnya apa tpi pada powernya 2ch,,apa sama outputnya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu adalah perkiraan daya output masing-masing koneksi impedansi speakernya.

      Delete
  45. Mas nupang nanyak saya punya power 6000w,subwoofer pioneer 10 inc,1200w,biar suara nya bagus bass nya mantap,saya menggunakan rangkaian brapa ohm,untuk mobil bus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena watt powernya besar, maka coba dihubung seri saja mas. Jadi nanti jadi impedansi 8 ohm.

      Delete
  46. Mas nanya ..... untuk pastinya biar suara bass nya mantap di sambung seri apa pararel

    Yiroshi 800 watt

    ReplyDelete
  47. Mas minta petunjuknya saya punya 2 power 4 channel dan 2 subwoofer cara pasangnya yang baik gimana ya mas biar woofernya bisa bekerja semua dengan masing" power terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya cukup pakai satu power saja pak. Untuk dua speaker subwoofer bisa diparalel saja. Kalau pakai 2 power mubazdir channel outnya dipasang dimana lagi he..he..?

      Delete
  48. Mas mau tanya. Saya punya speaker subwoofer 6 inch 4 ohm. Dan saya punya power mosfet tp recomend dr toko nggk bisa main di 4 ohm. Gimana caranya buat speaker 4 ohm jd 8 ohm tanpa harus seri/paralel speaker mas. Soalnya speakernya cuma 1 buah buat subwoofer aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu speaker subwoofer 6" nya single coil atau dobel coil mas. Maksudnya satu spul atau dobel spul mas?

      Kalau dobel coil atau spul, maka bisa anda seri kedua spul speakernya untuk jadi impedansi 8 ohm.

      Tapi jika speaker subwoofernya single coil, maka gak bisa dirubah menjadi 8 ohm mas. Selain menambah satu speaker subwoofer lagi 4 ohm untuk diseri dengan speaker tadi, untuk menjadi 8 ohm.

      Delete
  49. Oh iya mas. Speakernya single coil. Tp ibarat powernya hanya recomend untuk 8 ohm saja tp speakernya cuma impedensi 4 ohm. Bila di paksain apa yang terjadi mas..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak terjadi apa-apa mas, gak masalah. Paling power akan sedikit lebih panas. Tapi kalau hanya untuk beban satu speaker, menurut saya gak masalah. Masih aman mas.

      Delete
  50. Replies
    1. Ya mas sama-sama. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini.

      Delete
  51. Om izin brtanya, sy pny amplifier class D dg output R & L 30W subwoofer 60W. Rencana mau dipasang dg subwoofer legacy 6" tp bgg klo coilny diparalel 2 ohm lebih nendang mn yg legacy 100W atau 150W?
    Atau sy hrs cari subwoofer 60W (tp ga cari2 ga ktemu)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mas. Mohon maaf baru balas. Untuk speaker subwoofer dengan power 60w, maka speaker yang ideal adalah yang 100w. Gak harus pakai speaker subwoofer yang 60w mas he..he..

      Jika anda tanya lebih nendang mana speaker legacy 100w dengan 150w? Jelas lebih nendang yang 100w, kenapa? Karena spulnya lebih ringan, maka konsumsi dayanya pun tidak perlu besar-besar. Jika dipakai untuk power sub 60w, sudah cocok mas.

      Delete
    2. Trims Om Bahar masukannya.
      jd mantep ambil sub 100W.

      Delete
  52. Mas Bahar, maaf mau nanya mas. sy lg belajar bikin subwoofer . power pake OCL mono final tip 3055-2955,trafo 3 amp toroid bawaan speaker aktif. LPF pake produk bell yg ada vol & frek. speaker American Boss 10" posisi di 4ohm. yg warna hijau. tp hasilnya kok sember ya mas.tendangannya krg manteb. kira2 salahnya dmn ya mas? mohon masukannya mas. makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda cobanya speaker sudah pakai box belum? Input kit LPF anda konek kemana mas? Langsung dari sumber suara, atau lewat TC dulu?

      Delete
  53. Sy Dimas mas. Maaf Td pake komputer kntr beda akun gmail. Speaker baru beli mas. Konek lgsng dr hp. Tanpa TC.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah pake box. Tp boxnya tanpa lubang angin mas. Ngaruh gk ya ?

      Delete
    2. Atw mngkn mas Bahar ada rekomendasi , kira2 pake power apa ya yg bgs utk jenis spt itu.?

      Delete
    3. 1. Nah itu, pengaruh mas. Mungkin boxnya gak sesuai.

      2. Pakai power ocl itu sudah bagus mas. Pakai tegangan CT 25v dari trafo.

      Delete
    4. Tegangan dr trafo klu d ukur sih ac 20v. Klu lwt regulator jd 26an voltdc.
      Utk bpx coba nanti sy bikinin exhaust dl mas. Makasih bnyk ya mas sarannya.

      Delete
    5. Oh iya , satu lg mas, apa krn posisi kabel msh d 4ohm ? Apa perlu d pindah ke 8ohm ? Thnks

      Delete
    6. Coba saja pindah ke 8 ohm. Siapa tahu cocok.

      Delete
  54. Mas bahar mau nanya , ini kan saya abis ngrakit power sendiri dengan toshiba 4 set stereo alias 2 set permono dengan travo 5a big ct 32 terus elko 4 biji 50v10000uf terus saya belikan speaker subwoffer legacy 10" tipe 1095 double coil eh lupa drifer nya buat sub saya pakek socl 504 nah pertanyaan nya speaker saya sambung pararel untuk dapet 2 ohm apakah aman ? Soalnya pas kemaren diputer kurang lebih 2 jam an anget magnet speaker nya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman mas, gak masalah. Magnet speaker hangat itu normal. Bagaimana dengan hasil suaranya, mantap apa gak mas he..he..?

      Delete
  55. pagi mas.mau nanya saya punya power ampli rongers RA-604.ISX AMPLIFIER
    -4 channel amplifers : 60WX4CH AT 4-OHM STEREO
    150WX2CH AT 4-OHM MONO
    4500W TOTAL MAX. POWER minimum load 2ohm dan subwoofer mrz dbel coil.aman nya maen di impedesi 2/4/8 ohm mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk hasil maksimal main di 2 ohm mas speakernya.

      Delete
  56. Kang sy pakai power performa vompetition pc200x 4chanel subwoofer 1 buah kick enaknya bikin 2ohm/paralel atau 8ohm/seri???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau lebih nendang pakai 2 ohm/paralel mas. Tapi nanti jika suara terdengar over, coba ganti main di 8 ohm/seri.

      Delete
  57. mas,saya pakai sub aktif carman 12 inc buat mobil. main di seri 8 ohm. kalau saya buat jadi 4 ohm enakan mana ya? trus aman gak ya? trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya lebih enteng pakai 4 ohm mas. Tapi lebih aman pakai seri 8 ohm.

      Delete
  58. Kalo power ocl 150w pakai speaker subwoofer tanpa crossover atau driver tambahan (langsung pasang) kira kira bisa gak ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tapi hasil suara masih tercampur nada midle dan treble. Jadi gak bisa murni bass. Fungsi speaker subwoofer kurang maksimal.

      Alternatif jika Anda ingin pasang langsung, tanpa ada tambahan crossover dll. Maka silahkan pakai Tone Control+subwoofer. Atau penambahan kit filter subwoofer.

      Delete
    2. Oo kurang maksimal ya mas. sy mau ganti speaker masih bingung soalnya antara pakai subwoofer atau yg biasa(woofer)... Kl menurut mas bahar sendiri enakan pakai speaker apa ya antara speaker subwoofer atau speaker biasa(woofer) kl langsung di pasang tanpa tambahan kit?? Agak males bongkar2 ampli soalnya mas, heheee.

      Delete
    3. Enakan speaker subwoofer mas, karakter bass lebih empuk, walaupun tanpa tambahan apapun dan pakai power dan TC biasa. Tapi mungkin harga speakernya lebih mahal daripada woofer, tapi lihat tipe juga sih.

      Karena saya pernah rakit power biasa, pakai box speaker 2 way, dan untuk speaker bassnya saya pakai speaker subwoofer Legacy 8" dobel coil, dengan koneksi spul paralel. Hasil suara lumayan lebih gleerr untuk ruangan tamu.

      Delete
    4. Mksh jwbnnya mas,skrng sy udh ada gambaran....
      Semoga blognya makin maju & bermanfaat bagi kita semua.Jarang2 ada blog yg adminnya mau reply komen satu persatu ky gini, padahal postingan udah setahun lebih.

      Delete
  59. Maw saya bikin modif speaker dobel spool sndri.spker 10 inch..trus pake PA 200watt 2 set sanken..PA nya jd cpet panas.. apa PA nya kuang gedhe mas..mohon pnjelasannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksunya modif speaker dobel spul bagaimana mas? Apakah speaker biasa terus dijadikan dobel spul? Atau bagaimana?

      Mungkin saja impedansi speakernya terlalu kecil mas. Atau tegangan powernya kegedean.

      Delete
  60. Mas mau tanya, kalau subwofer polytron tapi speakernya rusak, enaknya pakai sepeaker legacy atau acr, berapa inch n berapa watt, terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu speaker bawaannya berapa inch mas?

      Untuk watt speakernya ngikutin saja, yang penting diameter speakernya sama. Saran saya sih kalau jenis speaker subwoofer, pakai speaker subwoofer Legacy. Untuk ukuran inch nya, sesuaikan dengan speaker aslinya. Untuk wattnya gak masalah pakai sembarang. Yang penting ukuran inch nya sama.

      Delete
    2. Speakernya asli 6 inch, jenis psw 500,isobaric klau lihat powernya sih 2x 50 watt rms, yang saya mau tanyakan bagusnya main di 4 atau 8 ohm, dan cocoknya berapa watt untuk speaker legacy 6 inc, terima kasih sebelumnya

      Delete
    3. Biar suara lebih mantap, main di 2 ohm, yaitu dengan memparalel kedua spul speakernya.

      Untuk speaker subwoofer legacy 6" biasanya wattnya 100w.

      Delete
  61. Iya mas speaker biasa saya jadikan dobel spool.. klo misalkn speaker dobel spol itu d jadikan speaker middel apa suaranya bisa lantang mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja mas. Tapi perlu diperhatikan bahwa kertas speaker bass dan full range atau midle berbeda. Jadi jika ingin dijadikan speaker midle, maka kertas speakernya juga harus dirubah pakai kertas speaker full range.

      Kalau tetap pakai kertas speaker bass, maka suara tetap akan bass, kurang midle. Karena kertas speaker bass itu lentur, sehingga hasil suara jadi kurang lantang.

      Delete
  62. Ohh gtu ya mas..makanya klo vol d keraskan kok suaranya sember.. mksih mas atas sarannya... salm sukses mas...

    ReplyDelete
  63. Assalamualaikum mas bahar. . Mau nanya ni mas, power apa yang mumpuni buat speaker jbl double coil 1000 watt mas, powernya rakitan tapi mas, soalnya kmren saya beli ampli sub aktif pke tr tosiba 2 set cuma kluar angin mas gk ngebas sma sekli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bass atau subwoofer, sebenarnya cocok pakai power class D, misal power BELL HRdb 1200w. Cuma cara ngrakit atau koneksi powernya yang agak sulit.

      Jika pakai power biasa, maka untuk bass, bisa pakai power yiroshi pakai sanken minimal 4 set.

      Delete
  64. punten kang baha saya mau nanya.
    saya punya amplifier class D 3 chanel,
    2 chanel x50w woofer,
    1 chanel x100w subwoofer,
    yg 100w subwoofer mau saya pakaikan speaker legacy 200w 8 inch.
    bagus nya pake berapa ohm ya kang.?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk hasil maksimal main di 2 ohm, dengan cara paralel kedua spulnya.

      Jika dirasa terlalu over, maka bisa coba main di 8 ohm, dengan men seri kedua spulnya.

      Delete
  65. salam, mas mau tanya dong, saya punya speaker american boss 15 inc dua buah, dengan box yang agak besar dan berat, itu barang peninggalan kaka saya yg dulu suka soundsystem, nah speaker itu cocoknya buat apa mas, saya pernah coba acara di luar ruangan ko suaranya ga terlalu bagus begitu, mohon penjelasannya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin itu jenis speaker bass mas. Jadi suara yang keluar agak sedikit mendem, dan gak enak didengar.

      Sebenarnya bukan gak cocok, tapi butuh speaker tambahan, yang digabungkan dengan speaker tersebut, untuk mengeluarkan suara vokal dan treble nya.

      Contoh speaker yang cocok sebagai pendamping speaker tersebut adalah speaker 12" full range. Pakai satu box isi 2 speaker 12" full range. Kemudian koneksi paralel bersama dengan box speaker 15" tersebut.

      Tujuannya agar vokal dan treble bisa keluar lewat speaker 12", dan bass keluar lewat speaker 15".

      Untuk menggerakkan semua speaker tersebut juga butuh power yang agak besar, misal pakai power 400w.

      Delete
  66. Suhu' Ampli saya 15000 Watt . Subwoofer sya pakai 1 . 1200 wt 4 ohm. Agar suara bass keluar, amannya di brp ohm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau watt powernya besar, mending main di 8 ohm mas. Yaitu dengan cara dihubung seri kedua spullnya.

      Delete
  67. saya mau pasang sndr udah punya 8 buah speaker 3 way. ukuran 4". kalo mau pake ampli biar bisa dimatikan slh satu. dan bisa juga di hidupkan semua, jadi semacam pake saklar distribusi alirannya. gimana nyusunnya...? makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai rotari switch mas. Kayak rotari switch yang ada di adaptor.

      Delete
    2. Ups..maaf, kalau pakai rotari switch hanya bisa dibunyikan salah satu dan gak bisa dibunyikan semuanya.

      Yang benar pakai switch sendiri-sendiri saja setiap speaker, kemudian semua input saklar dijadikan satu, masuk out power.

      Jadi jika ingin mematikan salah satu speaker, tinggal tekan keluar switchnya. Dan jika ingin bunyi semuanya, tinggal tekan kedalam semua switchnya.

      Delete
  68. mau tanya sy punya power rokfort x1 vs subwoofer jl audio w2 v3 12 inchi bagusx main dimana mas .. 2. 4 .8 ohm

    ReplyDelete
  69. Siang om. Numpang nnya nih... sya pakai sounstream SW 12 SE. Power embassy ea460. Kalau bass volume nya agak gedean dikit kok agak sember smber ya dispeakernya... mohon pencerahanya master... sya main di 8ohm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih belum tahu ya karakter dari power dan speaker tersebut. Jadi ini menurut versi saya saja he..he.. Penyebab suara sember.

      1. Bisa dari speakernya yang gak kuat menahan getaran bass, sehingga spull speaker bisa saja mentok. Kalau main di 8 ohm sih sebenarnya sudah mentok itu mas. Speakernya yang keteteran he..he..

      2. Bisa dari karakter powernya dan juga setelan frekuensi bassnya terlalu rendah atau low. Sehingga hentakan bass gak keluar, yang keluar hanya angin saja. Sehingga memaksa kita untuk meng-up nada bass, padahal kemampuan speaker sudah mentok he..he.. Maka perlu disesuaikan setelan frekuensi bassnya agar nada bass keluar optimal dan beban speaker tidak terlalu mentok.

      3. Bisa dari desain box speaker yang tidak sesuai, sehingga nada bass tidak keluar optimal. Lagi-lagi memaksa kita untuk meng-up nada bass, padahal speaker sudah mentok. Untuk desain box speaker harus disesuaikan dengan karakter speakernya.

      Yah dari salah satu dari ketiga itu mungkin penyebabnya.

      Karena kalau kita sudah bermain dinada bass, gampang-gampang susah. Kuncinya cuma satu, yaitu bagaimana menghasilkan nada bass optimal, dengan kemampuan power dan speaker yang kecil. Jika ini didapat, maka kita naikkan sedikit saja nada bass, maka efek bassnya akan langsung terasa, tanpa menunggu speaker mentok.

      Yah ini menurut versi saya mas.

      Delete
  70. Mau tanya mas....bisakah speaker subwoofer dobel coil masing2 di kasih power amp sendiri2..satu speaker 2 power amp... Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jangan mas, bisa rusak speakernya. Spul bisa konslet/terbakar.

      Desain speaker itu bukan untuk dua power mas. Tapi untuk mendapatkan impedansi yang sesuai, yaitu dengan koneksi paralel atau seri pada kedua spullnya. Bukan untuk 2 power he..he..

      Delete
  71. Mau tanya mas,power mobil 8000 wat buat rumahan pake subwofer soundbank 800wat,itu pake yg brp ohm ya mas,supaya bas nya nggk ngeber,

    ReplyDelete
  72. Mlm mas mau nanya bisa gk speaker woofer biasa di gabung ke speaker subwoofer

    ReplyDelete
  73. Maaf mas numpang tanya,
    Saya kan punya power mobil 10000 watt di tulisan box nya,
    Tp ini saya pakai di perumahan' dan saya pakai PS dr komputer, trs pakai parametrik, sedangkan speker 600 watt.
    Tp kenapa saat vol di kencengi ada suara brek, bas nya kurang empuk',
    Apa yg perlu di rubah mas? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah itu namanya over nada bass mas. Bisa dari speakernya kurang kuat atau kurang banyak, jadi setelan bass dimentokin saja he..he.. Alhasil over.

      Atau bisa juga psunya gak kuat.

      Kalau suara mau dikencengi, maka setelan bass jangan terlalu mentok, agar tidak over.

      Delete