Saturday, October 15, 2016

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.

Sistem 2 way adalah output pembuangan speaker dibagi menjadi dua bagian yaitu low midle dan high midle. Ada juga yang menambahkan crossover 2 way. Ada juga yang mengatakan speaker 1 way yang tanpa crossover. Karena suara masih bercampur menjadi satu. Speaker yang bertugas sebagai low midle hanya akan mengeluarkan bass dan midle.dan Speaker high midle hanya akan mengeluarkan suara high dan midle. Pada sistem ini dibutuhkan speaker 18" dan 15" beserta tweaternya atau apeaker 15" untuk low midle dan 12" untuk high midle tanpa tweater. Berikut gambar instalasinya.

Pemasangan 2 way dengan tambahan crossover.

Sistem 3 way adalah output dibagi menjadi 3 bagian yaitu Low, Midle, high. Pada sistem ini suara yang dihasilkan lebih akurat, karena setiap bagian mempunyai tugas sendiri-sendiri yang dipisah dan diproses menggunakan perangkat crossover aktif untuk memisah frekuensinya. Fungsi dari bagian 3 way adalah Low hanya akan mengeluarkan bass subwoofer yang ditugaskan pada speaker 18". Midle hanya akan mengeluarkan suara midle yang ditugaskan pada speaker 15". High mengeluarkan suara treble yang ditugaskan pada speaker 12" bersama tweaternya. Berikut gambar instalasinya.

Pemasangan instalasi sound system pada gambar diatas yang 2 way diawali dengan mixer, kemudian masuk ke equalizer, kemudian masuk Power amplifier, kemudian diumpan ke speaker. Pada sistem 3 way diawali dengan mixer, kemudian masuk ke equalizer, kemudian masuk crossover untuk dipisah frekuensinya, kemudian masuk Power amplifier yang dipisah menjadi 3 bagian low, midle, high. Kemudian diumpan ke speaker yang mempunyai tugas masing masing low, midle, high.

Fungsi dari beberapa perangkat diatas adalah.

Mixer. Berfungsi sebagai pengatur masukan pertama dari sumber suara. Mixer mempunyai fungsi yang sangat penting, karena untuk mengatur karakter dari berbagai macam sumber suara. Diantaranya adalah vokal, gitar, keyboard, alat musik dan sumber suara lainnya. Misal dvd player, mp3 player atau perangkat handphone.

Equalizer. Berfungsi sebagai pengatur keseluruhan sumber suara dari mixer. Agar bass lebih mantap, midle lebih terasa dan treble lebih cring. Dan juga berfungsi untuk mengkoreksi frekuensi audio yang tidak dibutuhkan atau mengganggu dengan cara meredamnya. Sehingga dengan equalizer suara yang dihasilkan akan lebih sempurna.

Crossover. Berfungsi sebagai pemisah frekuensi seluruh sumber suara dari proses equalizer. untuk 2 way akan memisah frekuensi low midle dan high midle. Untuk 3 way akan memisah frekuensi low, midle, dan high. Sebelum diumpan ke PA.

Power amplifier. Berfungsi sebagai penggerak speaker. Untuk PA mempunyai watt masing-masing dan juga karakter sesuai dengan karakter frekuensi yang dihasilkan. PA low biasanya berdaya watt lebih besar, karena mendrive speaker 18" dan nada bass. PA midle berdaya sedang untuk mendrive speaker 15".  PA high berdaya kecil, untuk mendrive speaker 12" beserta tweaternya.

Speaker. Berfungsi mengeluarkan sumber suara menurut karakter frekuensi masing-masing. Low menggunakan speaker 18" subwoofer. Midle menggunakan speaker 15". High menggunakan speaker 12" dan tweater. 

Dengan mengetahui urutan instalasi audio sound sytem yang benar, akan menghasilkan suara yang jelas dan sempurna enak didengar telinga. Untuk bagaimana cara merakit mixer sound system dan diagram koneksinya bisa dibaca disini

UPDATE!!!
Ada yang bertanya, bagaimana instalasi audio sound system secara sederhana? Lengkap dengan reverbnya. Tanpa Crossover. Untuk memperjelas berikut gambarnya.


Instalasi dilengkapi equalizer.

Jadi silahkan anda pilih, mau  yang pakai crossover atau tanpa crossover. Sesuaikan dengan kebutuhan, jika anda mau hemat, maka pakai rangkaian yang dibawah tanpa crossover. Jika ingin lebih lengkap, maka pilih rangkaian yang pertama. Jelas membutuhkan biaya agak banyak, karena membutuhkan power amplifier lebih banyak dan penambahan crossover. Untuk Monitor out bisa dihilangkan, jika memang tidak diperlukan. Semoga bermanfaat

267 comments:

  1. Aslm,,,wrb
    Mas nie punyaku semua rakitan yt 1.power,mixer,tone conrol para metrik,audio frosessor,BB.jd ke 5 macam aku minta cara urutan instalasinya secara tulisan dan kekurangannya apa yg akan di tambain lg.tlg mas penjelasanya.mkc.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Dengan komponen diatas urutan instalasinya adalah MIXER->PARAMETRIK->AUDIO PROSESOR->BBE->POWER AMP. Susunan itu sudah bagus mas. Kalau mau ditambah lagi, maka tambahkan equalizer. Jadi urutannya akan menjadi MIXER->EQUALIZER->PARAMETRIK->AUDIO PROSESOR->BBE->POWER AMP.

      Delete
  2. Ia mas jelas bangat penjelasax.
    Mas,,,andai kata jika 2 power at lebih sepert yg di jelaskan di atas yt crossover funfsix ut pembagi frekuwensi kepower 1 da 2 at 3. Jd mohon dgn penjelasan lg secarA tulisan berurut dgn posisi crossover trsbt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yang 3 way urutannya adalah MIXER->EQUALIZER->CROSSOVER->OUT LOW TO POWER AMP1. OUT MIDLE TO POWER AMP2. OUT HIGH TO POWER AMP3.

      Delete
    2. Jd utk SISTEM 2 way dan 3 way. AUDIO FROSESSOR DAN BB tdk usah di pake ya mas. maksudx tdk berfungsi jika ada CROSSOVER.

      Delete
    3. Untuk sistem urutan sederhananya seperti diatas mas. Itu sudah cukup. Tapi jika anda mau menambah aksesoris lainnya tidak masalah. Jadi urutannya seperti ini jika mau pakai semua aksesorisnya. MIXER->EQUALIZER->PARAMETRIK->AUDIO PROSESOR->BBE->CROSSOVER->OUT LOW TO POWER AMP1. OUT MIDLE TO POWER AMP2. OUT HIGH TO POWER AMP3.

      Delete
  3. Ok mas SISTEN WAY mantap penjelasax aku uda paham.

    Trus yg jalur cotrol-power-speaker.
    itu fungsinya buat apa mass?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk control speaker di panggung dan control speaker untuk operator sound system. Untuk mengecek suara sebelum di umpan ke main output. Sehingga pada saat main out speaker utama bunyi, suara yang dihasilkan langsung bagus, karena sudah di setel dulu lewat monitor output

      Delete
  4. posting saya di g+ belum sampeyan balas mas,tak tunggu,mas bahar lagi sibuk,ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas. Di post yang mana? Soalnya kadang koment di blog dan di g+. Akan saya cek dulu mas.

      Delete
  5. Mungkin speakernya kurang mas. Ganti trafo 10A tegangannya tetap saja. Trafo 15A pakai tr final 2set dg tegangan 32v masih kuat, tapi mubadzir trafonya.

    ReplyDelete
  6. permisi mas..
    sy mau tanya" nih..
    sy punya 1set sound sytem..
    - DVD player DAT
    - mixer betavo JL-60USB
    - PA 1000W open air sdh termasuk parametrik BELL & galaxy bass dg travo TRONIC 20A
    - speaker ACR BLACK 2x15" & ACR PRO 2x12"
    yg jadi masalah klo volume dibuka 1/2 suara_y geber gak enak bgt & klo dipake buat mic/MC/biduan itu suara gak mau keluar plong spt tertahan & harus buka volume mentok tp bermasalah di music yg kebesaran & storing..
    mixer input DVD sdh setel kecil & mixer input MIC setel mentok tp tetep gak enak bgt suara_y..
    mohon pencerahan_y mas gimana supaya bisa dipakai buat rental hajatan sederhana..
    trims mas bahar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di lepas galaxi bassnya. Untuk urutannya coba seperti ini, Mixer-parametrik-power ampli.

      Delete
    2. parametrik (tone control) sudah digabung jd satu sm PA open air dlm satu kotak..
      galaxy bas klo dilepas dia gak keluar bas empuk..
      apakah pengaruh mixer atau speaker yg terlalu banyak atw mungkn jenis speaker_y yg gak cocok atw jangan" ukuran box speaker_y yg salah ya..
      mohon dibantu penjelasan detail_y..
      trim kang bahar info_y..

      Delete
    3. Untuk lili. Itu mixernya ada setelan GAINnya gak setiap chanel? Atau hanya volume saja?

      Delete
    4. ada kang..
      low, mid, high..
      merk BETAVO JL-60USB..

      Delete
    5. Jika potensio Gain ada, maka pada chanel mic, buka potensio gain separuh atau 3/4 putaran. Untuk chanel input dvd atau lainnya, biarkan potensio gain tertutup. Tujuan potensio gain dibuka pada chanel mic adalah untuk menguatkan sinyal mic sebelum diumpan ke power. Untuk input dvd gak perlu gain, karena output dvd sudah kuat, tidak perlu dikuatkan lagi menggunakan gain.

      Delete
  7. Mas bahar mau nanya..untuk sound system kan powernya kan mempunyai ciri dan wat masing untuk low,mid dan high..yg sya tanyakan jika masing" power di buat 2chanel atau di buat streo semua itu out spekernya yg di pake L atau R apa di pake semua...trs pembagian pada bok spekernya gmn..trimksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau powernya stereo, lebih baik dipakai keduanya. Caranya adalah input power stereo diparalel atau digabung jadi satu. Kemudian out bisa dua dengan dengan satu karakter, misal low, jadi out lownya ada dua pada power tersebut. Untuk pembagian box speakernya harus imbang antara out L R. Misal out L pakai 2 box, maka out R juga harus 2 box.

      Delete
  8. Brati klo satu bok 2 speker harus di kasih soket sendiri" nu mas...trs kabel buat ke bok speker juga harus banyak pula..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampangnya anda bagi langsung boxnya, bukan speakernya. Jika ada 2 box isi 2 spk, tinggal bagi saja 1 box untuk R dan satu box untuk L. Bukan satu box terus dibagi, jadi koneksi speaker dalam box gak usah dirubah mas, tetap. Yg dibagi jumlah boxnya. Pertanyaannya, bagaimana jika box speakernya ganjil? misal ada 3 box. Tetap harus dibagi, 1 box untuk R dan 2 box untuk L, boleh sebaliknya. Jadi gak imbang dong. Bagaimana lagi, daripada satu chanel gak kepakai, mending buat ngangkat 1 box.

      Delete
  9. Klo misal 1 jagrak isi 4 bok lebih baik di kasih power yg mono atau streo mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau hanya 4 box, pakai 1 power stereo sudah cukup mas.

      Delete
  10. 4 box itu terdiri dari sub,mid sma high mas bahar...berati butuh 3 power stereo masing" box sya kasih 2 speker trs untuk high sya kasing 4 buah speker dan twiter..itu klo menurut mas bahar gmna enaknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba smpyn jelaskan 4box itu isi apa saja? Semuanya termasuk jenis speakernya subwoofer, woofer, atau full range? Kalau tidak ada detail jenis speakernya pada setiap box, saya belum bisa membaginya.

      Delete
  11. Box pertama isi 2speker 18" subwofer,box kedua isi 2speker 15" wofer,box ketiga dan empat masing" isi 2speker 12" ful ring dan satu twiter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik mas. Jika ingin bermain 3 way, maka butuh 3 power mono atau stereo. Kalau pakai power stereo, maka gunakan satu chanel saja, yang L atau R sama saja. Power low konek ke box isi 18". Power midle konek ke box isi 15". Power high konek ke 2box 12" + tweater. Untuk power high anda bisa pakai power stereo, untuk L satu box 12" dan R untuk satu box 12", untuk tweater paralel saja dengan box 12". Karena tweaternya hanya satu, maka konek ke L atau R salah satu.

      Delete
    2. Agar lebih mantap, tambahkan crossover aktif untuk memisah nada low, mid, high. Sehingga suara yg dihasilkan lebih maksimal, sesuai dengan karakter speakernya.

      Delete
    3. Maaf ikut nimbrung, kalau main 3way, watt power harus sama atau beda? Misal woofer 400watt, midle 200watt, tweeter 100watt apa diperbolehkan?

      Delete
    4. Beda boleh, sama boleh. Cuma kalau didukung dan disesuaikan dengan karakter power, maka suara akan lebih mantap.

      Delete
  12. Trs untuk elco setiap power berbeda" kan mas bahar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utamakan power untuk speaker 18" elconya lebih besar, karena butuh daya besar untuk proses nada bass. Untuk power yg lain bisa pakai elco yg sama.

      Delete
  13. Oke mas bahar...trmksh udh di kasih pencerahan

    ReplyDelete
  14. Mas bahar..cara memasang aluran listrik dari dinamo diesel yg benar gmn ya..trs cara memasang vol meter juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari out dinamo diesel sudah berupa tegangan 220v, maka kita tinggal rangkai saja seperti instalasi dirumah. Yaitu dengan dipasang MCB terlebih dahulu sebelum masuk stop kontak. Cara pasang voltmeter yaitu dengan dikonek setelah MCB.

      Delete
  15. Menggunakan voltmeter yg di colokin ke stop kontak sma sja kan mas bahar

    ReplyDelete
  16. Mas bahar trs min di ambilkan dari arde atau gmn soale kan mcb gk bisa di buat min plus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel keluaran dari dinamo kan ada dua, LINE dan NETRAL. MCB untuk line atau fasa. Kemudian NETRAL langsung saja ke stop kontak. Atau lebih baik dan aman lagi, pasang 2 MCB untuk kedua kabel out dari dinamo.

      Delete
  17. Salam mas.. Kan saya punya satu trafo.. Dan saya punya PA sama mixer.. Bisa gk satu trfo untuk mensupply PA SAMA mixer.. Cara nya gmna yah mohon mas bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Pakai tegangan extra trafo yang ada dibelakang trafo, untuk supply mixernya. Untuk out trafo yang didepan tetap dipakai untuk supply power ampli.

      Delete
  18. mas bahar. mixer 9pot ,master,revet 7 pot,power 400w.saya coba gak enak..digunakan pada saya vokal..adakah yang kurang tlong penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak enaknya gimana maksudnya mas? Pemasangan mixernya apakah sudah benar urutannya.

      Delete
  19. udah benar urutannya mas...
    suara kurang mantap .kurang bas -dengung berkurang tapi suara ngosos susah dihilangkan jika pot master diputar setengah.padahal out master ke DNR terus ke PA.
    selain revet apa ada pengganti yg lebih mantap.?
    dalam kit ada SUB untuk apa dan cara gunakannya?
    sebelumnya saya ucapkan makasih bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah-wah lengkap sekali ada DNR nya. Jika rangkaian anda menggunakan cara diatas, coba kecilkan nilai R 47K jadi 10K semuanya. Echo dipasaran yang paling bagus Reverb DTK 7ic, Reverb yang bagus lagi yang built up, contoh Boss atau alesis. SUB mungkin subwoofer mas, saya belum tahu fungsinya apa.

      Delete
  20. mas. mixer rakitan yg paling bagus berapa pot dan pakai ic apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung selera dan kebutuhan mas. Kalau menurut saya pakai yang paling sedikit potensio, lebih mudah pengaturannya, paling banyak pakai ic 4558.

      Delete
  21. oh iya mas bagaimana pemasangan r 47k sudah ada sen & rtn..? untuk menambah bass yg empuk pakai apa?
    trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal lepas echo. Dan input jadi send, dan output jadi Return. Macam-macam mas, coba tambah equalizer.

      Delete
  22. assalamualaikum om bahar sy mw nanya mw rakit power 2000 wtt komponen apa aja om mhon penjelasn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jelasin dari awal dong he..he.. Tinggal beli saja mas kit jadi, terserah mau pakai apa? Blazer, Apex, dll, yang 2000w. Trafo minimal 20A, tegangan 42v-ct-42v, elco 100000uf/100v x2. Kalau 2000w, berarti pakai sanken 10 set per chanel.

      Delete
  23. mas bahar mau tanya klo tiga power setero jalur inputnya apakah bisa digabung pakai satu kit tune kontrol? apakah ketiga power membutuhkan trafo masing2" mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Jalur ketiga input bisa digabung. Untuk trafo lebih baik pakai sendiri-sendiri untuk satu PA stereo.

      Delete
  24. makasih mas bahar
    ada yg saya tanyakan lagi..
    mixer rakitan saya 9 pot 2 cenel,tapi bagian 2 monitor kupotong tak digunakan,echo saya ganti reveb 7ic ,master yg menggunakan lampu v.saya hubungkan ke PA 400w ,2 pot .2 box speker 12in
    saya bingung mas ,suara dah lumayan,tp sering terdengar bunyi KRAk pd sepeker,tp jika salah satu pot PA saya matikan bunyi krak hilang,...?
    mohon mas bantuannya..mksih mas ngrepotin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Kok aneh, sudah dikasih milar 102 belum pada bagian input PAnya?

      Delete
  25. Mas,mau tanya fungsi reverb yg tersambung ke mixer pada gambar di atas apa ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk memberikan effect suara ruang pada semua input chanel mixer. Jadi cukup satu reverb untuk semua chanel mixer. Agar suara terdengar lebih luas dan enak didengar, tidak polos tanpa effect.

      Delete
  26. mas mau tanya klk untuk susunan buat track recording gmnaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk recording bisa anda ambil dari jalur monitor, jika main out anda gunakan untuk speaker luar. Tapi jika dipakai khusus untuk recording, maka main out yang anda gunakan, dan monitor untuk kontrol speakernya.

      Delete
  27. ternyata PA jalur ct/gron harus langsung ke speker...mas.
    gimana mas cara hilangkan suara ngosos..?
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngosos maksudnya gimana mas? Tanpa sinyal atau dengan sinyal? Mungkin dari aksesorisnya, coba salah satu, salah satu ada yang masalah.

      Delete
  28. sinyal yg gimana mas..
    bila vol mixer dan master besar ngosos ,terutama pd master.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah memang seperti itu mas, kalau gak ada input atau suara yang masuk. Biasanya disebabkan output ke master terlalu besar, coba di beri R 10K. Atau juga bisa disebabkan ground yang kurang baik.

      Delete
  29. Selamat malam mas bahar, saya mau tanya nih. .
    Saya punya kit power ampli stereo 300watt ct24volt. .
    Klo transformernya saya pakai yang 10ampere apa bisa mas?
    Maklum baru belajar mas
    Hehehe
    Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, malah tambah bagus. Voltase trafo pakai tetap 24v, kalau gak ada bisa pakai tegangan 25v-ct-25v dari trafo.

      Delete
  30. Terima kasih atas sarannya mas. .
    Kalau elco dan diodanya harus pakai yang berapa besar ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai elco 10000uf/50v x2. Diode pakai diode 6A x4 atau pakai diode kiprok 10A atau 15A.

      Delete
  31. trimakasih mas ..perhatian dan bantuannya slama ini..
    salam kenal ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas. Trims juga sudah berkunjung di blog ini.

      Delete
  32. mas ..minta bantuannya.
    cara menurunkan 12 v/ 15v ct/ non ct..menjadi 6v..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasang ic regulator 7806 pada rangkaian supplynya. Ic 7806 berfungsi menurunkan tegangan 12v/15v menjadi 6v.

      Delete
  33. gimana mas, trafo bekas tv non ct 17,5v.di jadikan power supply Simetris Ct ,gunakan
    ic 7915_7815 dan
    ic 7912_7812 dan
    ic 7906_7806.
    kalau trafo non ct menjadi ct saya sudah tau.
    saya dah lihat skema simetris mas bahar.gimana mas yg harus dirubah supaya keluar 15 v ct. 12v ct. 6v ct ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah betul mas, tambahkan ic 7815/7915 untuk out 15v ct. Ic 7812/7912 untuk out 12v ct. Ic 7806/7906 untuk out 6v ct. Gak ada yang perlu dirubah, rangkai saja trafo non ct jadi simetris, sudah tahu kan? Kemudian tinggal tambahkan ic regulator diatas. Untuk pemasangan ic regulator 7815/7915 anda bisa baca disini, supaya gak keliru.
      http://bahar-electronic.blogspot.co.id/2017/02/cara-membuat-power-supply-simetris-15v.html?m=1
      Untuk ic regulator lainnya,sama saja, tinggal lihat seri 78 apa 79?

      Delete
  34. Assalamualaikum ...
    mas ...
    saya punya power 20 amper ..
    klau di pasang dengan speaker 18 inc maksimal 1000 watt .. kira2 berapa speaker yang harus saya pakai.

    ReplyDelete
  35. Mas bahar klo mau buawat power yg bisa di buat di rumahan trs bisa di mobil itu nambah apa ya mas...soale klo di mobil kan setrum aki dc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambah rangkaian kit inverter DC 12v to simetris 25v-ct-25v. Jadi rangkaian inverter ini berfungsi untuk mengubah tegangan DC 12v dari aki menjadi tegangan simetris untuk power amplifier.

      Delete
  36. Trs masang inverternya itu sesudah trafo atau sebelum terafo...klo misalkan tegangan aki 24v gmn mas tolong pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 2 jenis inverter mas. Pertama adalah inverter untuk mengubah tegangan 12v DC aki menjadi tegangan AC 220v, ini pasangnya sebelum trafo. Kedua adalah inverter untuk mengubah tegangan 12v DC aki menjadi tegangan simetris (-25v)-ct-(+25v), ini pasangnya setelah trafo, konek pada kedua elco supply sesuai polaritasnya. Jika pakai aki 24v, maka cari inverter untuk aki 24v. Kalau inverter DC 24v to AC 220v harganya mahal. Kalau inverter DC 24v to simetris (-25v)-ct-(+25v) lebih murah. Silahkan pilih salah satu saja mas.

      Delete
  37. Mas mau nanya...
    Sy punya travo 10A(12v,24v,30v,42v,47v).
    Power 400w 2set sanken...
    Speker 12"x2,15" x1...
    Kira2 volt yg dbutuhkan untuk menyuplai power berapa volt mas,24v,30v,/42v...
    Maturnuwun...

    ReplyDelete
  38. Mas bahar cara memasang eko dtk 2 mik itu gmn soale pake ct..di kasih setrum sendiri atau di ikutkan ke power

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diikutkan trafo power mas, tapi pakai rangkaian diode dan elco sendiri, kemudian konek ke tegangan 12v-ct-12v dari trafo. Jika tidak ada tegangan 12v nya, bisa diambilkan tegangan 15v atau 18v dari trafo, tapi tambahkan ic 7812 dan 7912, untuk menurunkan tegangan dari 18v-ct-18v jadi 12v-ct-12v. Untuk caranya anda bisa baca disini, tinggal ganti ic pakai 7812/7912.
      http://bahar-electronic.blogspot.co.id/2017/02/cara-membuat-power-supply-simetris-15v.html?m=1

      Delete
  39. asalamualaikum,kang bahar saya punya speaker woofer 12" acr pro 2buah,fullrange black magic 12" sebanyak 2buah juga,setiap speaker dalam 1bok sendiri",dan saya punya power 500watt stereo.
    mixer rakitan 8chanel,tone parametik,bbe.
    gimana cara penyambungan speaker yg pas.
    masalahnya speaker fullrange suara pecah jika dapat bass ekstrim dikit.saya sudah coba pake crossover pasif tapi diluar ruangan kurang loss suaranya.gimana instalasi yg pas.
    oh ya,saya juga ada crossover aktif,tapi belum saya pake.karena hanya ada satu power stereo doang 500 watt.trimakasih,mohon bimbingannya mas .

    ReplyDelete
  40. saat ini yg saya lakukan,speaker woofer dan fullrange nya saya paralel dalam penyambunganya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk koneksi di dalam box speaker, 2 spk dalam 1 box adalah di seri. Jadi kedua box isi 2 speaker tersebut di hubung seri dulu. Jadi impedansi dalam satu box spk adalah 16 ohm. Kemudian sambungan antar box speaker adalah diparalel. Jadi impedansi kedua box speaker jadi 8 ohm setelah diparalel, baru di konek ke power.

      Delete
  41. mas bahar terima kasih sangat membantu.
    tp sya aa kendala. saya ngrakit mixer 11 chanel sebelum saya pasang reverb,dipakai mic sebanyak 6 /lebih suara lantang tetapi setelah saya pasang reverb, dipakai 4/lebih suara serak/ngorok/sember.tapi kalo kurang dari 4mic suara mantab. mohon pencerahanya. terimabkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada yang salah konek atau ada salah satu kit mixer yang bermasalah. Coba anda balik dari channel 11 ke channel 8 dst, apakah suara juga masih sember?

      Delete
  42. mas kalo hanya pake tone control sama equalizer,pemasangan.nya yang mana dulu,eqializer atau tone.nya dulu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk Tone control dulu, baru masuk equalizer.

      Delete
  43. Mas mau tanya.saya punya pa stereo 400watt +tone control dan spk 2x12"acrpro wofer + tweter.
    Yang saya tanyakan kl saya mau tambah spk 2x15"fullrange apa harus nambah pa lg atau pa 400 sy msh bs digunakan trus bgmna dengn kualitas suaranya.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu nambah PA mas. Tinggal koneksi saja secara paralel dengan speaker yang 12". Jadi koneksi speakernya seperti ini, speaker 12" dan 15" paralel untuk channel L. Kemudian spk 12" dan 15" paralel lagi untuk channel R. Kualitas suara jelas, nanti bass akan bertambah, karena penambahan speaker 15" tadi.

      Delete
  44. Kang slamat malam. Apakabar. Kang mau tanya saya punya power btl 400w transistor sanken. Saya kasih 2x12" ACR MK II 500w. Dua box masing2 bok 1spiker 1twiter. Trafo 10a kalo di kasi volume potensio baru setengah suara basnya ngeprek kira2 apanya ya kang. Rencana sih mau saya carikan power btl 1 lg kang biar 1spiker 1power. Oya kang dengung pada tun control apa penyebabnya ya kang dan gimana cara ngilanginya. Semua sudah di kasi gronding tp masih dengung kang. Mohon poncerahanya kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti instalasi kabelnya ada yang kurang pas. Power ngeprek mungkin power btlnya yang bermasalah. Coba pakai kit driver power biasa yang bukan btl, apakah problem masih sama?

      Delete
  45. Pagi mas bahar.
    Saya punya PA 150watt stereo, equalizer 20 chanel stereo, parametrick tone control stereo terpisah, dan kit power subwofer 300 watt sekalian spiker nya subwofer.
    Pertanyaan saya mas apa bisa di fungsikan mas subwofer nya sedang driver nya 300 watt tapi drive pA cuma 150 watt kalau pun bisa di fungsi kan subwofer nya bagaimana urutan instalasinya mas bahar trimz...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja mas. Urutannya Input-parametrik-eq-PA150w. Jika kit power subwoofernya terpisah, maka input bisa digabung di input parametrik.

      Delete
    2. Iya mas bahar kitt subwower terpisah mas. Ga jadi masalah ya mas trimz atas waktunya mas

      Delete
    3. Maaf mas bahar msh blm faham ni maksudnya input subwofer di gabung input parametrick maksudnya detail gimana mas bahar trimz

      Delete
    4. Maksudnya itu kan ada 2 power ya mas. Power ocl 150w sama power subwoofer. Nah power tersebut apakah sudah dilengkapi tapis low pass nya atau hanya power biasa tanpa low pass filter? Jika sudah ada, maka power tersebut hanya perlu input biasa tanpa proses apapun, karena sudah ada low pass filternya, jadi bisa digabung di input awal, yaitu input parametrik. Jadi power subwoofer yang sudah dilengkapi low pass filter tidak perlu lewat parametrik dan equalizer. Tapi jika power subwoofernya tidak ada low pass filternya, maka input bisa digabung di input power ocl 150w.

      Delete
  46. Oh begitu ya mas ok mas bahar trimz atas waktunya?

    ReplyDelete
  47. Mas Bahar,sy punya 2 PA,yg pertama trafonya 10 amp tergabung satu box dg mixer sedang PA satunya lg mau sy jadikan mono Unt ngangkat sub woofer.
    Yg sy tanyakan adalah urutan/susunan perangkat yg sy punya,pre amp,equalizer,power+mixer.Selanjutnya Unt merubah stereo menjadi mono,apa saja yg mesti dilakukan dan apakah perlu perangkat tambahan termasuk trafonya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Urutannya adalah MIXER-EQUALIZER-PREAMP-POWER.

      2. Untuk merubah stereo jadi mono. Sebenarnya cara paling mudah adalah anda cukup menggunakan salah satu channel saja, channel satunya biarkan kosong tidak terpakai. Atau dengan dengan cara merubah power stereo menjadi BTL, caranya disini
      http://bahar-electronic.blogspot.co.id/2016/07/cara-btl-power-amplifier.html?m=1

      Delete
  48. Mas saya ada 3 PA dan speaker 18 15 dan 12 ...apakah bisa masing masing PA dikasih equalizer...kemudian urutan penempatan seperti apa bila ditambah crossover setelah dari mixer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bisa, tapi percuma jika anda rencana pakai crossover. Lebih baik cukup pakai 1 equalizer dipasang setelah mixer. Jadi urutannya adalah Mixer-Equalizer-crossover. Output crossover ada 3 yaitu Low, Mid, High. Tinggal konek ke masing-masing power sesuai karakter speakernya.

      Delete
  49. mas bahar,mo nanya sound di rumah saya pake mixer 4ch_equalizer_parametic,baru power ampli mono _12 inch 2 buah,,semua beli di toko,kecuali power sama speaker ngrakit di jasa perakitan,,yg saya tanyakan, supaya music lebih enak,bas empuk,di ajak keras juga gak sakit di telingga,,caranya gimana mas,kalo mau upgrade apa yg harus saya beli??mohon pencerahannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin mixernya itu mas yang kurang enak. Atau penyetelan anda yang kurang pas.

      Delete
    2. oo gitu ya mas,kalo dari mixer kan outputnya 2 jack ,setelah sampai power inputnya cuma 1 jack,apakah pengaruh di kualitas suara mas?trus kalo mau menambah kualitas instalasi di atas ,langkah apa menurut sampeyan yang tepat guna?terima kasih mas,maaf sebelumnya,masih awam,mohon pencerahannya mas

      Delete
    3. Gak pengaruh mas. Coba rubah urutan pemasangannya. Coba lepas parametrik. Pasang mixer-equalizer saja. Atau pasang mixer-parametrik saja. Usahakan tidak digabung equalizer dan parametriknya.

      Delete
  50. Salam.Mas Bahar Ulum, Mohon pencerahan, Saya punya power mixer 6 channel dan sepasang speaker pasif 12 inch, Saya gunakan untuk penguat audio reciever parabola. dan Saya ingin menambah subwoofer aktif, yang saya tanyakan benarkah input R + L subwoofer diambil dari AUX power mixer,sedangkan Jack/konektor AUXnya cuma ada satu..?! Terimakasih

    ReplyDelete
  51. mas tolong diperjelas lagi urutan intalasinya
    bisa ditambahkan apa saja...
    kalau gunakan intalasi dasar kurang memuaskan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ditambahkan equalizer atau aksesoris lainnya. Setelah mixer.

      Delete
    2. contohnya apa aja mas..
      dari mixer sampii ke power ?

      Delete
    3. Ya itu tadi equalizer, BBE, prosessor, dll. Semua aksesoris itu gak harus mas. Tergantung kebutuhan dan selera masing-masing.

      Delete
  52. berikan contoh aksesorisnya mas.dari mixer sampai ke power ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minimal pakai equalizer mas. Untuk aksesoris lainnya hanya tambahan, tergantung kebutuhan.

      Delete
  53. menurut kang bahar,bagaimana settingan pas di croos aktif untuk low nya,apakah vokal kaya dibingkem,atau keluar tapi tebal,atau gimana passnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya, settingan LOW biasanya ada pengaturan frekuensi untuk mengatur frekuensi yang pass untuk nada bassnya. Untuk suara low harusnya tidak keluar suara vokal sama sekali dan hanya bass saja. Untuk vokal diproses lewat out midlenya. Secara garis besar untuk vokal lebih baik keluar tapi tebal daripada dibingkem. Tapi harusnya vokal keluar di proses midle bukan low.

      Delete
  54. mas,mesin tone saya yg sebelh suarany bersih dan yg sebelah kotor.udh saya bolak balik L R ny tetep gtu,smua dh sy priksa kykny gk da salah.kira koira knp y mas,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin power yang sebelah bermasalah. Jika posisi suara yang kotor tetap di posisi yang sama, setelah dibalik.

      Delete
  55. klu power msh oke mas,alnya saya tukar tone yg lain LR nya oke.
    bhkan ic tone nya saya ganti msh jg gtu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok aneh ya. Yang saya maksud, suara yang kotor itu apakah di posisi yang sama atau pindah setelah tone L R dibalik?

      Coba pakai power saja tanpa tone control, apakah problem masih sama?

      Delete
  56. Misi mas mau tnya, saya masih pemula soal soundsystem, itukan kalo di gambar untuk satu speaker pakai satu PA, apa gak bisa kah kalo pakai satu PA lalu di paralelkan mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa mas. Karena outnya sudah ada fungsinya masing-masing. Kecuali jika anda hanya bermain stereo atau mono saja, maka cukup satu PA, kemudian speaker tinggal paralel semua.

      Delete
  57. Maaf masih pemula, kalau power amplifier itu bisa 2 channel (L/R) tidak mas. Kalau iya umpamanya dari line out CO 2 channel 2 way berarti yg dibutuhkan PA ke loudspeaker karena 2 way jadi ada 2 PA. 1 PA utk 2 channel high way dan 1 PA untuk 2 channel low way atau dalam masing2 1 PA 2 channel input masing" 2 channelnya high dan low way?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Yang benar adalah yang pertama. Yaitu 1 PA utk 2 channel high way dan 1 PA untuk 2 channel low way. Jadi power akan fokus dalam proses suara, tidak tercampur sinyal lain. Tapi bukan berarti 1PA tidak bisa buat high dan low, bisa. Tapi bagusan 1PA untuk High dan 1PA untuk Low.

      Delete
    2. Mas ukuran watt PA yg paling rendah itu ada berapa watt sebagai sound system tingkat rendah?

      Delete
    3. Umumnya sih pakai watt pa 200w sampai 400w. Dengan trafo 5A murni atau 10A. Tegangan rendah 25vct dari trafo.

      Delete
  58. Kang, kalau pakai crossover pasif, apakah impedansi speakernya tdk udh di hitung?
    Mislakan 3 driver speaker masing2 8ohm, kemuadia dipasang crossover pasif 3 way.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang dihitung adalah impedansi speaker yang besar saja. Untuk speaker midle dan tweater gak perlu dihitung. Jika dalam sistem 3 way hanya ada 1 speaker besar, maka impedansi yang dipakai hanya pada speaker besar saja.

      Delete
  59. Maaf mengganggu mas.....say mau ty,peralatan sy ada mikser,ekluiser 231,parametik,krossofer,audio prosesor dan PA 2 buah,spiker 12x4,15x6.bagimana
    Cara sambungnya...makasih sebelumya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk urutan aksesorisnya, karena terlalu banyak, maka akan saya pilih yang perlu saja. Anda bisa menambahkan sesuai selera.

      Mixer-audio prossesor->equalizer->power. (Sistem stereo biasa)

      Mixer->audio prosesor->equalizer->crossover->power. (sistem 2way atau 3way)

      Anda bisa menambahkan parametrik sesuai selera. Tapi menurut saya sudah diwakili oleh equalizer.


      Untuk instalasi power dan speakernya, bisa dibagi 2.

      Untuk power 1 pakai speaker 12"x2 paralel dengan 15"x1 untuk channel L dan 12"x2 paralel dengan 15"x1 untuk channel R.

      Untuk power2. Konek speaker 15"x2 untuk channel L dan 15"x2 untuk channel R.

      Delete
  60. om bahar..,numpang tanya maklum newbie nih ..,mixer sy merk behringer 1202 fx tidak ada pngturan equalizer di mixer nya utk channel dvd ,tpi mmpunyai line input dvd di mixer nya..,jd apakah sy hrus mnmbah pre amp external tone control lgi ya sblm kita kita msukan pd line input cd di mixernya?trus adakh ukuran pre amp trtentu agar mixer nya tidak rusak mnerima pnguatan input suara dri tone control trsbut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya mixer behringer yang pernah saya pakai seri UB1222fx pro, dan ada pengaturan equalizer dan line in CD nya. Pada saat saya konek ke line in CD, pengaturan equalizer tetap berfungsi mas.

      Kalau memang equalizer tidak berfungsi pada line in CD, maka boleh ditambahkan tone control sebelum masuk line in CD. Tidak ada ukuran tertentu mas, pakai tone control sembarang. Intinya adalah dapat mengatur nada pada input CD.

      Delete
  61. Salam kenal mas Bahar,
    saya baru beli amplifier Max. rated output power : 150w x 4 ( merek yg terkenal ), kemudian saya sambungkan ke 2 pasang speaker : 1 pasang 12" dan 1 pasang 15" maks power 500W.
    Ketika kita setting suaranya sekitar 10 - 15 menit pada kondisi volume tidak sampai setengah tiba tiba amplifier meletup dan mengeluarkan asap,...
    mohon pencerahannya mas, kesalahan saya dimana.
    hal ini sudah terjadi 2x ( dgn amplifier yg berbeda ), dan
    penyambungan dari ampli ke speaker dilakukan oleh profesional ( teman yg buka service elektronik )
    2 pasang speaker yg saya gunakan adalah speaker rakitan dan sudah saya tambahkan cross over.
    mohon bantuan penjelasannya mas,saya sekarang jadi was - was, karena harga ampli yg lumayan mahal
    atas penjelasannya saya ucapkan terimakasih

    saya adalah orang yang awam elektronika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya penyebab terbakarnya power adalah karena adanya crossover didalam speaker. Jadi arus balik ke power.

      Lebih baik dilepas saja mas crossovernya. Konek speaker biasa saja. Jadi gak perlu pakai crossover.

      Delete
    2. Terimakasih banyak Mas Bahar Ulum,atas penjelasannya.
      Mas, saya mau nanya lagi, apakah speaker nya nanti gak gampang jebol apabila crossovernya saya lepas, karena tujuan awal saya menambahkan crossover itu agar speakernya awet ( karena sebelum kejadian ampli meletup ini speaker saya yg sering jebol, hehehe )
      o ya Mas, penggunaan speaker ini untuk ruangan aerobic.
      Sekali lagi saya minta tolong penjelasannya Mas Bahar, karena saya benar2 tidak faham masalah ini
      Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas penjelasan Mas Bahar

      Delete
    3. Jika anda tidak ingin speaker jebol. Tambahkan beberapa speaker lagi, dengan ukuran yang sama. Kemudian dihubung seri sebelum konek ke power.

      Delete
    4. Terima kasih banyak atas penjelasannya Mas Bahar,
      sangat bermanfaat buat saya.

      Delete
  62. Selamat Sore Mas, mohon info kalau saudara saya ada :
    speaker CS 550 V MKII
    speaker PA 470 PRO
    graphic equalixer dbx 231
    mixer (ultraslim mixer 6-16)
    sonic maximizer
    amplifier AM 9900
    monitor screen stand
    karaoke juke box
    dvd player
    untuk sistem pemasangannya gimana ya mas mksdnya kabel2nya , unit apa tersambung ke unit apa dan yang perlu masuk ke TV yang mana saja ya soalnya mau bikin almari set nya, maklum masih newbie dulu ybs beli di luar kota, skrng bingung untuk pemasangannya.. mohon bantuannya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh banyak banget aksesorisnya. Bingung juga masangnya kayak apa he..he.. Untuk detailnya tidak bisa dijabarkan disini. Karena saya sendiri juga belum tahu detail dari masing-masing komponen tersebut.

      Saya bantu untuk koneksi dasarnya saja.

      Untuk koneksi mixer dan aksesoris.

      DVD PLAYER->MIXER->SONIC MAXIMIZER->EQUALIZER->AMPLIFIER->SPEAKER.

      Untuk detailnya mohon maaf saya gak bisa bantu.

      Delete
  63. Mas untuk crossever passive. Pemasangannya setelah PA atau sebelum PA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk crossover pasif pemasangannya setelah PA. Jadi konek di jalur out speaker power sebelum ke speaker.

      Delete
    2. Tanya lagi mas. Saya kan punya PA stereo. Mau saya kasih crossover pasif. Cara nyambunginnya gimana ya mas. Kan di PA ada 2 out L&R sedangkan Crossovernya cuma 1 input saja...? Apakah out PAnya untuk L&R di sambung jadi 1 dan di kasih R10K atau gimana..? Mohon pencerahannya

      Delete
    3. Wow-wow jangan dikonek jadi satu bisa meleduk powernya he..he..

      Untuk penggunaan crossover pasif adalah 1 crossover pasif untuk 1 channel power. Maksudnya jika power anda streo L R, maka anda harus menggunakan 2 crossover pasif, yang dipasang pada masing-masing out speaker power L R nya.

      Jadi bukan 1 crossover pasif untuk 2 channel power atau power stereo, tapi untuk 1 channel power saja.

      Delete
  64. Hehe iya mas. Soalnya saya nggak pernah make crossover. Pngen coba" aja. Tapi speker saya cuma ada 3. Twet fullrange sama subwoofer
    Misalnya mas. Ini chanel R saya kasih 1 crossover dan cuma saya konek untuk high dan mid. Dan chanel L saya konek 1 crossover untuk low saja bisa nggak mas..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya jika anda pakai untuk power stereo L R, maka crossover pasifnya harus pakai 2 buah.

      Jika memang crossover pasifnya sudah pakai 2 buah, dan dikoneksi seperti yang anda maksud diatas, maka bisa mas.

      Delete
  65. Mas...bisa kah aux mixer,,,misal aux 1...jek OUT kita hubungkan ke IN low crossover terus Ke PA dan OUTPUT PA Ke speak SUBBWOFEE..jadi untuk volume speaker subbwoffee kita mnggunakan AUX 1 untuk volume SUBBWOFR nya...

    ReplyDelete
  66. mas mau tanya, beda nya parametric dengan audio prosesor itu apa mas,
    soalnya saya awam mas,kmaren ada temen yg mau jual audio prosesor tp saya bingung mas fungsinya untuk apa,
    kalau parametric setahu saya kn bisa menambah bas dan treble (bahasa saya mas,maklum mas orang awam) nah kalau audio prosesor apa juga sama fungsinya dg parametric mas ? trimakasih bantuan nya mas bahar

    ReplyDelete
  67. mas mau nanya, bedanya parametric dg audio prosesor itu apa mas ? maaf mas soalnya saya awam tentang elektro
    ceritanya kan ada temen yg mau jual audio prosesor mas tp saya gk ngerti fungsinya, kl parametric kn bisa menambah bass dan treble (bhasa saya orang awam)
    nah kl audio prosesor itu apakah sama mas dg parametric bisa untuk menambah bass dan treble, mohon penjelasan sebenere gimana mas yg bener, trimakasih bantuannya mas bahar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya sama bisa menambah bass dan treble. Tapi beda proses saja.

      Kalau parametrik sistemnya seperti crossover. Jadi pengaturan bass, midle, treble terpisah dan berdiri sendiri-sendiri.

      Kalau audio prosessor prinsipnya sama dengan tone control, cuma ada penambahan PHASE controlnya. Yaitu pembalikan fase sinyal audio negatif ke positif. Salah satu fitur itulah Yang tidak terdapat di tone control lainnya, termasuk parametrik.

      Jika anda masih awam dan kurang paham tentang audio prosessor, mending tidak dipasang alat tersebut. Karena ada beberapa fitur yang memang beda dengan tone control. Jika anda salah mensettingnya, maka hasil suara bisa kacau.

      Delete
    2. terimakasih banyak mas atas petunjuk dan penjelasannya ,sudah sangat jelas mas ,sangat bermanfaat bagi saya yg awam, jadi gak ragu lagi untuk tidak memasangnya,
      sekali lagi terimakasih mas semoga sukses selalu buat mas bahar

      Delete
  68. lebih baik Pakai Crossover active apa passive? Terus kalau buat Subwoofer bagus pakai lowpass atau crossover Mas? Terus untuk Kit Mic (buat karaoke) andai tidak ada mixer, bagus setelah tone control atau sebelum... Thx Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas.

      1.Tergantung kebutuhan mas. Kalau keperluannya hanya untuk ruangan kecil dan gak butuh power yang besar, maka crossover pasif lebih cocok. Kalau kebutuhannya untuk ruangan agak besar atau outdoor, maka yang aktif lebih sesuai.

      2. Kalau hanya untuk speaker subwoofer, maka yang cocok adalah pakai low pas saja, bukan crossover. Kalau penggunaan crossover cocoknya jika dilengkapi dengan tweater atau midle. Kalau hanya untuk sub, maka lowpass lebih cocok.

      3. Tergantung mas. Kalau sebelum TC, maka mic bisa diatur bass treblenya. Kalau setelah TC, maka suara mic akan flat tanpa pengaturan bass treble. Jika anda pasang sebelum TC, maka input TC harus dibagi dengan mic menggunakan resistor.

      Delete
  69. Kang bahar, kalo 2 PA untuk Low, 1 PA untuk Mid & 1PA untuk High, cara konek ke crossover gimana
    Mohon pencerahan nya kang.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau power Low nya ada 2, ya tinggal kita paralel saja mas input powernya, masuk Low output crossover.

      Delete
  70. Mas bahar selamat sore. Mau tanya. Saya punya subwoofer sama power 400 watt setereo. Trus setelah saya kasih crossofer pasif kog suaranya jadi mendem gitu ya. Kurang plong. Dan bas nya sama aja. Saya pakek crossofer bell 3 way. Tp cuma saya pake 1 out aja khusus buat subwoofernya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak usah pakai crossover pasif mas, memang seperti itu hasilnya. Mending out power langsung ke speaker dan untuk subwoofer bisa dipasang filter subwoofer aktif.

      Delete
  71. Iya mas makasih solusinya. Tadi saya lepas crossofer pasif nya. Suaranya jadi plong. Tapi subwoofernya jadi campur suaranya. Trus di kasih saran ama temen saya suruh pakai LPF.
    La saya mau tanya lagi mas. LPF ama crossover aktif apa bedanya ya..? Dan mas bahar merekomendasikan yang mana untuk subwoofernya. Makasih banyak mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja mas. Filter subwoofer aktif sama saja isinya juga LPF. LPF itu kan sistem rangkaiannya Low Pass Filter. Jadi yang ada dipasaran itu nama produknya, yaitu filter subwoofer, crossover aktif, dll, isinya sama saja LPF. Cuma bedanya biasanya ada yang LPF saja, dan ada yang include dengan Main L R. Maksudnya disertakan pula dengan output stereo biasa+subwoofer.

      Nah anda tinggal pilih ada dua metode pemasangan yaitu.

      1. Penyuntikan nada LPF langsung ke rangkaian, atau

      2. Menambahkan output power sendiri khusus subwoofer. Dalam hal ini out subwoofer terpisah dengan out stereo biasa. Menjadi sistem 2.1 channel. Yang terdiri dari 2 channel stereo L R dan 1 channel subwoofer.

      Kalau speaker subwoofer anda gabung jadi satu dengan middle dan treble, maka metode penyuntikan nada subwoofer adalah pilihan tepat.

      Delete
  72. Ok mas. Makasih ilmunya. sehat slalu ya mas

    ReplyDelete
  73. maaf mas bahar ulum.
    mau tanya. critanya gini, saya punya 3 pa. 2 stereo dan 1 mono. dan 1 buah mixer 4ch. 1 buah parametic. dan 1 buah bbe.
    dan pertanyaanya. urutan cara memasang nya gimana. supaya bisa di pakek semua. buat angkat spiker nya. .
    makasih. 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Speakernya ada berapa buah dan berapa inch mas?

      Untuk urutan pemasangan pengatur suaranya adalah
      Mixer-Parametrik-BBE-Power.

      Nah untuk power yang 2 stereo silahkan diparalel kedua inputnya L R antara kedua power. Jadi input L R kedua power stereo konek ke out L R BBE.

      Untuk input 1 power mono, silahkan konek ke salah satu output BBE. Boleh konek ke L atau R.

      Delete
    2. iya mas makasih penjelasanya.
      krena listrik sering jeglek.
      jadi cuma pakek 2 pa aja mas.
      jika pemasangan pa. di bagi 2 kira - kira. salah gak ya mas.
      misal gini pembagian n
      1. mixer - parametrik - pa - 6 spiker 12' + tweter
      2. mixer - bbe - pa - 4 spiker 15'
      maaf mas. gak paham audio jadi asal sambung. tapi bunyi 🙏

      Delete
    3. Boleh mas, gak masalah. Sudah betul mas.

      Delete
    4. makasih mas.. 😉😉
      itu kan punya 3 pa. 2 stereo sama 1 mono. jika di pakek semua ke 1 mixer 4ch bisa th mas. tanpa crossover 3 way..

      Delete
    5. Bisa mas. Tinggal paralel saja input powernya.

      Delete
    6. makasih mas.
      kan ada 2 pa stereo. dan setiap 1 pa, kan ada 2 jek out . semisal 2 pa. kan jadi 4 jek out. cara paralel nya gimana mas. ��
      ngapunten tanya terus..

      Delete
    7. Kalau output powernya gak bisa diparalel mas. Yang diparalel itu inputnya bukan outputnya.

      Delete
    8. Ya tinggal kita konek saja input L dan L, kemudian konek input R dan R. Kemudian konek ku out mixer

      Delete
  74. Mas bahar mau tanya. Saya biasanya kan buat PA 400 watt pake elco 10.000uf x 4 dan trafo 10A. La sekarang mau saya ganti SMPS/PSU Switching. La yang saya tanyakan kalo pake SMPS masih perlukah di tambahin Elco seperti penggunaan trafo nggak mas..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya gak perlu mas. Karena output tegangan dari SMPS itu sudah DC, jadi gak perlu ditambahkan diode dan elco lagi. Langsung konek saja ke power.

      Tapi jika Anda ingin menambahkan elco lagi juga gak masalah, tapi gak usah pakai dioda, hanya elco saja.

      Delete
  75. Mas bahar minta bantuannya
    reverb 7 pot saya
    Supaya lebih cesssss...panjang
    Yang dirubah apanya mas.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti reverbnya mas, ganti dengan yang built up misal Alessis he..he..

      Mungkin bisa, coba setel saja VR ic nya. Setel kearah kanan semua VRnya. Semakin diputar ke kanan VR ic nya, maka semakin panjang gemanya. VR ic nya harus diputar semua dengan setelan yang sama.

      Jika hasil menjadi kacau atau tidak enak, silahkan setel kembali ke setelan awalnya.

      Delete
  76. Artikel yang bagus untuk penggemar audio dan pekerja di bidang audio,jadi lebih mengerti alur / jalur instalasi audio yang benar.Good job mas,salam sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga mas sudah berkunjung di blog ini.

      Delete
  77. permisi kang bahar numpang tanya lagi, Cara menggabungkan 2 PA ke 1 tune control gmn ya kang?..saya coba gabung tpi suaranya malah gk enak sama skali kang, #Spesifikasi PA 1 & PA 2 sama kang untuk Tc saya pkai parametrik bell,.Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya cukup diparalel saja input powernya mas. Tapi kalau ada efeknya bisa dibagi out TC nya pakai R 10K.

      Delete
  78. Mas mau tanya klo apa kelebihan nya jika di pasang audio parametrik>audio processor>bbe. ?apakah ada perbedaan yang signifikan terutama kwalitas suara yang d hasilkan antra audio parametrik-audio processor di banding hnya memakai audio processor sja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Suara lebih jooss.
      2. Ya beda mas. Masing-masing perangkat mempunyai kelebihannya sendiri-sendiri. Dan karakter itu tidak akan didapat jika Anda hanya menggunakan satu perangkat saja. Dengan mengkombinasi ketiga perangkat itu, maka semua karakter suara bisa didapatkan dan hasil suara akan lebih maksimal.

      Saya sendiri menggunakan kombinasi ketiga perangkat itu dan hasilnya maksimal. Karakter mid, high, low menonjol dan satu lagi suara terdengar lebih full power dan bertenaga.

      Delete
    2. Trima kasih mas.pnjlsan.nya bermanfaat skli..Mas..mau tanya lgi..PA sya ocl 150watt tr tip mospec 2955&3055 speaker 8"200watt trafo 5A, klo di ganti TR nya sma sangken kira2 bagus ga? Dan sagken seri apa yang cocok trus d supply brpa volt?

      Delete
    3. Bagus mas, cuma kalau untuk beban speaker segitu mubadzir mas. Cukup pakai TIP saja.

      Jika hendak ganti pakai sanken, silahkan pakai sanken 2SA1216/2SC2922. Trafo pakai 10A tegangan ct 32v.

      Delete
    4. Mas. Mixer sya merk crimson pada main output ada 4jack (2balance+2unbalance )klo di pakai ke 4 jack tersebut secara bersamaan kira2 gmna? Apakah aman dan ada pengaruh suara yang di hasilkan ga?

      Delete
    5. Ya gak masalah sih mas. Tapi juga harus disesuaikan dulu dengan input powernya.

      Balance->balance
      Unbalance->unbalance

      Jangan dicampur.

      Delete
  79. Kalau mengenai penguat mic rakitan.
    Menurut mas ic apa yg bagus.
    Yg saya tau ada
    3 ic milik roland
    2 ic milik roland/pass
    2 ic pendek dan panjang milik satrun
    2 ic sama panjang milik TOP
    MENURUT mas yg enak dan bagus yang mana.?
    Kalau milik top gimana apa mas punya gambar skema pcb nya..
    Maaf baru mau nyicil..he
    Yg memiliki karakter bass keras keluar empuk midle detail keluar jernih trible bening.
    Mohon bantuannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini yang susah, nyari yang paling jooss suaranya. Sebenarnya semua penguat mic punya kelebihan masing-masing, karena perbedaan rangkaiannya. Tapi secara garis besar sama kok hasil suaranya.

      Untuk gambar skema penguat mic saya gak punya mas.

      Kalau menurut yang pernah saya coba, tapi sekali lagi ini masalah selera loh ya, belum tentu pilahan saya cocok dengan selera Anda. Karakter bass dan treble jernih dipegang oleh penguat mic 3 ic punya Roland. Ini menurut saya karakter bassnya paling empuk dan treble jernih.

      Tapi itu bukan berarti penguat mic lainnya gak enak. Semua punya kelebihan masing-masing dan kembali lagi ke selera masing-masing orang berbeda.

      Delete
  80. Mas mau nanya, gw punya travo 5A murni, elco 10.000micro/50V 4 buah, kit power bell mono 500W 1 buah, tapi aku nambahin tr sanke dr 4 bh jadi 8 bh dan hasilnya lumayan bagus. Yang saya mau nanya apa bisa denga trafo diatas ditambahin lagi kit bell 500W dgn sanken 8 bh biar bisa hasilnya stereo? mohon saran dari mas apa" yg harus diganti klo harus nambah biar stero. Mksh sblumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja mas. Tapi menurut saya, kalau mau dibuat stereo, maka trafonya yang kurang besar. Kalau dipakai untuk beban speaker sedikit sih gak masalah pakai satu trafo 5A murni. Tapi kalau stereo menurut saya kurang.

      Trafo minimal pakai 10A atau alternatif Anda bisa pakai 2 trafo 5A murni. Jadi tinggal tambahkan satu trafo lagi untuk kit power yang baru.

      Menurut saya begitu. Karena sudah pernah saya coba kekuatan power stereo dengan trafo 5A murni dan trafo 10A murni. Power stereo yang pakai trafo 5A murni akan ngedrop suaranya ketika volume tinggi. Tapi yang pakai trafo 10A murni tidak.

      Delete
    2. Mksh banyak pnjelasnya Mas. Tapi cara nambahin trafo 5A murni gmana cara nyambungnya mas. Maaf uda banyak nanya.

      Delete
    3. Ya Anda tinggal rakit saja seperti power yang pertama. Kemudian konek titik ct elco supply trafo 1 dan ct elco trafo 2.

      Jangan gabung CT antar trafo. Tapi gabung di ct elco supply. Untuk koneksi lainnya tetap samakan dengan power pertama.

      Delete
    4. maaf mas, sya msh bingung cara penggabungan ct antar elco PSnya. Bisa disertkn gambarnya ya mas. Mf sblumnya.

      Delete
    5. Secara mudahnya adalah, silahkan Anda rakit saja 2 power supply masing-masing trafo. Berarti nanti kan ada CT elco masing-masing trafo. Nah silahkan digabung mas. Supaya kedua power dapat bunyi bersama dalam satu ground atau CT. Untuk gambar belum sempat update mas.

      Silahkan koment lewat g+ mas, nanti akan saya sertakan gambarnya disana, jika Anda masih bingung.

      Delete
  81. Mas kalo yg rangkaian 3 way ditambah prosesor cara instalasinya gimana mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasang sebelum input crossover 3 way mas.

      Delete