Wednesday, October 12, 2016

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Sebenarnya sudah banyak yang membahas masalah ini, tapi tidak fokus pada bagaimana cara merakitnya atau cara penyambungan koneksi kabel didalam mixer itu sendiri. Sehingga banyak rekan kita yang ingin membuat mixer sendiri sedikit kesulitan. Sudah membeli kit mixer, tapi belum tahu cara penyambungannya bagaimana? Nah di posting kali ini akan saya jelaskan lebih ke arah merakitnya atau diagram koneksinya, bukan cara membuat rangkaian mixernya. Karena sudah banyak dijual kit mixer sudah jadi dan siap pakai, tinggal cara penyambungannya bagaimana? Ini yang penting. 

Di dalam sebuah mixer, ada beberapa rangkaian komponen yang harus kita ketahui. Berikut beberapa komponen rangkaian di dalam mixer yang perlu kita ketahui dan fungsinya paling sederhana.

  1. Trafo. Berfungsi sebagai pensupply tegangan semua rangkaian di dalam mixer.
  2. Penstabil tegangan simetris. Berfungsi sebagai pengatur dan penstabil besarnya tegangan yang akan di supply ke dalam mixer.
  3. Penguat mic/mixer. Berfungsi sebagai pengatur sinyal input audio.
  4. Echo/effect. Berfungsi sebagai penambah effect gema atau reverb pada sinyal input audio.
  5. Master audio. Berfungsi sebagai portal terakhir pengatur semua sinyal input audio sebelum di umpan ke power amplifier.
Nah beberapa komponen di atas adalah rangkaian sederhana dalam membuat mixer. Tentunya masih banyak lagi tambahan rangkaian yang lain di dalam mixer audio yang tidak saya sertakan, misalnya LED VU sebagai indikator besarnya level sinyal audio. Jadi supaya lebih sederhana dan mudah dalam merakitnya, hanya komponen dasarnya saja yang saya sertakan. 

Berikut diagram koneksi penyambungan mixer audio.


UPDATE !!!
Ada yang kasih masukan lewat komentar. Jalur inputnya mana untuk mic dan DVD Playernya? Kemudian caranya bagaimana jika ingin membuat mixer lebih dari dua chanel. Sebagai koreksi akan saya sertakan satu gambar lagi diagram koneksi mixer audio 4 chanel, beserta koneksi jalur inputnya. Terima kasih atas masukannya. Berikut gambar yang sudah saya koreksi. Silahkan dilihat kembali gambar dibawah ini.


UPDATE!!!
Ada masukan dari komentar di Google plus. Bagaimana cara koneksi mixer yang dilengkapi dengan out Monitor. Awalnya bertanya, kenapa pada Monitor out tidak keluar effect reverbnya? Sebagai jawaban sekaligus gambar diagram koneksinya di bawah ini. Mixer 4 channel dengan Monitor out.


UPDATE!!!
Untuk nilai resistor 47K tidak harus pakai 47K, anda bisa menyesuaikan sendiri menurut selera. Jika dirasa suara kurang keras atau plong, bisa dikecilkan nilai Resistor tersebut. Ada yang mencoba pakai Resistor 2K2 hasil suara lumayan keras dan plong. Tapi setiap mixer punya penguatan sinyal berbeda-beda, jadi belum tentu nilai R 2K2 cocok di mixer anda.

UPDATE!!!
Ada komentar masuk di g+ menanyakan, bagaimana koneksi menggunakan master 3 pot? Karena bikin gambarnya agak ribet, maka agak lama prosesnya he..he.. Perlu diketahui bahwa master 3 pot ada dua macam, yaitu pertama master 3 pot dengan setelan bass, treble, vol. Yang kedua adalah master 3 pot dengan setelan PHONES, RETURN, SEND. Nah yang ditanyakan adalah koneksi master 3 pot yang kedua yaitu master 3 pot dengan setelan Phones, Return, Send. Karena terlalu lama proses gambarnya, akhirnya sampai ditagih sama yang bertanya he..he.. Baiklah, berikut adalah diagram koneksi mixer 4 channel with master 3 pot. Monggo disimak nggeh.


Sedikit penjelasan tentang skema diatas. Untuk koneksi tegangan master out L R dan master 3 pot tidak saya koneksi ke power supply, karena keterbatasan waktu dan gambar yang agak rumit. Jadi silahkan dikonek sendiri seperti biasa jalur tegangan simetrisnya jadi satu semua untuk mixer, master out L R, master 3 pot, saya harap anda sudah paham untuk koneksi tegangannya. Gambar diagram diatas saya fokuskan kepada koneksi input dan outputnya. Mungkin ada yang bertanya, kok gak ada kit Echonya? Ya, memang pada koneksi menggunakan master 3 pot ini, koneksi echo memang sebaiknya diluar mixer. Sama halnya dengan menggunakan Effect diluar misal Reverb. Jadi rangkaian diatas ini, lebih baik pakai echo diluar. Atau kalau memang rencana dipasang didalam mixer, juga gak masalah. Yang penting koneksinya benar. Tapi  cocoknya rangkaian diatas pakai Effect diluar. Sehingga anda dapat dengan mudah mengganti effect echo ataupun menggunakan reverb.

UPDATE !!!
Ada pertanyaan dari rekan g+ yang masuk, menanyakan bagaimana cara memasang effect di luar? Maksudnya adalah menambah jalur untuk output effect di luar yaitu jalur SEND dan RETURN. Apakah effect yang didalam mixer dilepas? Terus bagaimana cara agar kedua effect ini berjalan bersama? Katanya meniru effect mixer built up, yang ada efek bawaan mixer dan jalur SEND dan RETURN nya untuk pemasangan effect di luar. Begitulah beberapa pertanyaan yang masuk di g+ dan coba saya angkat untuk solusinya bagaimana mengenai hal ini. 

Sebenarnya untuk menambah jalur SEND dan RETURN, maka kita tinggal memparalelkan saja jalur input dan output effect didalam mixer. Karena masih banyak yang bingung, bagaimana gambar koneksinya, maka akan saya update dan tambahkan gambar koneksi mixer dengan effect out dibawah ini. Monggo disimak.


Sedikit penjelasan tentang gambar diatas. Anda bisa lihat jalur input dan output pada effect diparalel, ada tambahan resistor 2K2 berfungsi agar kedua effect ini suaranya tidak tabrakan dan bisa berfungsi secara bersama-sama. Anda bisa menggunakan kedua effect ini bunyi secara bersama atau menggunakan salah satu saja, yaitu effect dalam atau effect luar, dengan cara menutup salah satu potensio volume effect. Untuk nilai Resistor anda bisa setting sendiri sesuai selera, jika dirasa nilai Resistor diatas kurang pas. Karena tidak menutup kemungkinan rangkaian dan mixer yang anda gunakan karakternya berbeda, maka diperlukan penyesuaian untuk nilai Resistornya. Tapi jika anda menggunakan nilai Resistor diatas, dan didapat hasil yang sudah pas dan bagus, maka tidak perlu dirubah lagi nilai Resistornya.

UPDATE!
Penambahan output phones pada mixer rakitan. Berikut gambar koneksi output phones pada mixer rakitan.


UPDATE!
Penambahan output Rec pada mixer rakitan. Berikut gambar koneksi output Rec pada mixer rakitan.


UPDATE!
Gambar diagram jalur koneksi out Rec mixer untuk proses audio recording.


UPDATE!!!
Banyak sekali pertanyaan yang masuk tentang cara memasang led vu display pada rangkaian mixer ini. Berikut adalah cara pasang atau diagram koneksi led vu display pada mixer rakitan. Untuk kit pcb rangkaian led vu display bisa pakai yang pakai ic LB1403 untuk 5 led dan yang pakai ic LM3915 untuk 10 led. Yang bisa Anda dapatkan dan beli di toko elektronik terdekat. Kemungkinan besar ada kok dan harga kit pcb ini sekitar 20 ribuan.


Beberapa komponen di dalam mixer yang perlu anda ketahui.

Trafo.


Power supply simetris 7815 dan 7915.


Mxer 6 potensio.


Mixer 7 potensio.


Mixer 8 potensio.


Echo DTK 1 mic.


Master mixer 1 potensio.


Nah itulah diagram koneksi dan beberapa komponen mixer audio sederhana. Semoga anda dapat merakit sendiri mixer dengan baik dan benar. Sehingga menghasilkan suara yang bagus dan memuaskan. Jadi lebih bisa menghemat biaya, daripada membeli mixer jadi yang jauh lebih mahal. Kalau anda bisa merakitnya sendiri, kenapa tidak? Untuk mengetahui bagaimana urutan instalasi audio sound system yang benar bisa dibaca disini. Semoga bermanfaat. 

688 comments:

  1. Sebagai pembagi sinyal audio mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk nilai R tidak harus 47K. Silahkan di mix sendiri sesuai selera. Jika pakai R 2K2 juga gak masalah.

      Delete
  2. Om2 mau tanya ya lek mixer 8 potensio kalow buat muter dvd koug pas gaint nya d putar koug suaranya serak knp ya mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gain itu untuk menguatkan sinyal masukan mas, bukan untuk volume. Jadi jika potensio gain terlalu terbuka, maka sinyal input akan over dan terdengar serak. Gunakan gain jika input terlalu lemah, jika input sudah kuat misal DVD, maka gain gak udah dibuka.

      Delete
  3. Mas bahar mohon penjelasnnya. Kenapa saya rakit mixer 2 chnnel kok suara input dari dvd player terdengar suara putaran vcd di speaker.. Suaranya gak jernih.. Bagaimana mengatasinya? Tapi kalo input dri hp tetep jernih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suara putaran dvd yg keluar itu normal. Tapi masih tahap wajar. Kalau terdengar terlalu keras, berarti dvdnya yg gak beres. Coba pakai dvd lain, apakah problem sama? Cara mengatasinya adalah dengan menjauhkan perangkat dvd player dari mixer atau power amplifier. Selalu gunakan kabel RCA yang bagus.

      Delete
  4. Salam Kenal Mas.. Kalau 2 output dari 2 kit Mixer 6 potensio dihubungkan ke input tone control stereo bisa ga mas? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Langsung gabung saja kedua output mixer, kemudian Konek ke input tone control.

      Delete
  5. Power 450w×2,travo10 amper bisa mak simal pake sepeker berapa biji kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya. Pakai speaker 12" 8 biji. Dengan komposisi 4 speaker 12" untuk chanel R dan 4 speaker 12" untuk chanel L. Atau menggunakan speaker 12" 4 biji dan 15" 2 biji. Dengan konfigurasi 2 speaker 12" dan 1 speaker 15" untuk chanel R, dan 2 speaker 12" dan 1 speaker 15" untuk chanel L.

      Delete
  6. Mohon bantuannya lagi Mas...Saya sudah merakit mixer 7 potensio sesuai skema diatas, nah saya ingin tambahin channel buat headset dan juga channel buat Rec Out gimana ya skemanya? dan Kit apa yang perlu saya siapkan lagi?. Trims atas ilmu dan bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu sudah saya tambahkan untuk monitor mas. Out monitor bisa untuk rec out. Untuk headset perlu tambahan power ampli kecil untuk menguatkan suara dari monitor out. Jadi monitor out bisa difungsikan sebagai rec out dan juga bisa difungsikan untuk headset dengan tambahan amplifier kecil.

      Delete
  7. Nanya lagi Mas.. untuk penguat mix roland 7 potensio produk CKJ, pada input mic terdapat 3 koneksi kabel yang harus di solder "0-In-Mic". Gimana tuh cara nyambungnya? Trims ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti input bisa dua fungsi. 0-in untuk input DVD, dll. 0-mic khusus untuk input mic. Jadi nantinya ada 2 input, input in dan input mic. Tapi kedua input tersebut tidak bisa dipakai secara bersama, harus satu-satu. Kalau pakai in ya in, kalau pakai mic ya mic, tidak bisa dipakai bersama dalam 1 satu mixer.

      Delete
  8. Output r/l dari mixer biar bisa masuk ke amplifier mono semua gimana cara sambungnya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Out L R mixer digabung saja pakai resistor 10K. Jadi out L kasih R 10K, out R kasih R 10K, kemudian out dari kedua resistor tadi digabung, kemudian konek ke input ampli mono

      Delete
  9. nanya mas bro... kit echo agar tidak kasar dirubah apanya ya...apakah perlu rangakaiann tambahan.terus ada skema anti fedback gk ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai kit echo yg mana mas? Pakai transistor apa ic? 1 mic atau 2 mic? Kasar effect echonya atau suara micnya? Skema rangkaian anti fedback saya belum ketemu mas.

      Delete
  10. Mau tanya bos,, klau nyari kerusakan ampli, kalau di colokin langsung ke luar swara kaya ngegron, kaya setrum balik, itu panyakit mya di mna mas,, mkasih, yatno.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Groundnya kurang bagus mas. Coba Pakai kabel scerem untuk input dan outputnya. Kualitas trafo juga pengaruh, pakai box dari besi atau almunium agar ground bisa merata. Titik penyakitnya ya itu mas kalau ngeground.

      Delete
  11. kit echo mic pke ic pt2399 dan jrc4558...dngan input 2 mic.suara hum atau dengung terlalu tinggi solusi gmn y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kit echo 2 mic dengan ic 4558. Itu kan ada 2 mic dan 2 potensio volume mic. Jadi jika salah satu mic tidak digunakan, maka lebih baik potensio volume mic yang tidak digunakan ditutup saja. Suara hum atau dengung bisa jadi dari input mic yang terbuka, maksudnya input mic yang tidak dipakai dengan posisi volume terbuka, akan terjadi kebocoran sinyal input yang bisa menyebabkan dengung. Coba lakukan yang ini dulu mas.

      Delete
  12. Sip mas saya memang bingung caranya ngerangkai kit mixer...dimana mana gk ada caranya cuman disini aja...terimakasih mas...proyek berhasil berkat kepandaian mas bahar ulum...sekali lagi terima kasih ilmunya..moga ALLAH membalas kebaikan mas bahar

    ReplyDelete
  13. Mas Bahar..mixer 7 potensio ouputnya kan L/R bin Stereo, Mon outnya sudah terpakai untuk mini ampli Headset atau Rec Out. Nah saya kan merakit 2 power ampli, 1 Ampli Stereo 4000W dan 1 lagi Ampli Mono 1000W. Output mixernya kan sudah terpakai untuk ampli yang stereo, ampli yang mono saya sambung kemana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa disambung ke out mixer L atau R salah satu. Jadi out L atau R diparalel salah satu, kemudian konek ke input power mono. Bisa di paralel langsung dari power satunya, tanpa ambil out dari mixer, jika power satu dan dua berdekatan.

      Delete
  14. Mas.. saya mau tanya..kan di gambar skema yg di blog mas itu trafox 18v out x bru pakai power suplay simetri dngan out 15 v... dan saya mau pasang chenel mic tapi di papanx tertulis AC IN 12 volt bagaimana tuh mas bisa ji kah di pakai...? Makasih mas sebelumx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat dulu ada ic 7815 nya gak? Jika tidak ada, maka harus dibuatkan suplay sendiri mas

      Delete
    2. Mass tolong di jawab
      Saya pake elko sama kiprok..tanpa power suplay simetris

      Delete
  15. Replies
    1. Bisa mas. Konek supply simetris langsung dari elconya mas, jangan lewat diode. Jika lewat diode, maka harus out dari trafo.

      Delete
    2. Waduh saya kurang mengerti mas.. maaf sebelumx

      Delete
    3. Untuk lebih mudahnya pakai trafo sendiri saja. Pakai trafo 1A dengan tegangan 12v-ct-12v. Lebih aman.

      Delete
    4. Iyya mas saya pakai trafo 1 A.. tapi di skema di atas dari trafo trus masuk ke power suplay simetris kan dari trafo 1A ada out put 12volt,15volt dan 18volt. Nah saya berpedoman dengan skema dari mas... yaitu output dari travo 18 volt masuk ke input power suplay simetrsis yang mempunyai out put 15 volt.

      Delete
    5. Atau dngan cara out put dari trafo 1A kita langsung pakai 12 volt trus masuk ke input power suplay simetris... atau bagaimana mas.. maaf mas banyak tanya

      Delete
    6. Yup pilihan kedua itu benar. Pakai tegangan 12v dari trafo, terus masuk input power supply simetris.

      Delete
    7. Trimakasih banyak mas.. blog anda sangat membantu. Dan jawaban mas sngat mudah di pahami.. smoga jadi berkah bagi orang lain mas...

      Delete
  16. Mas.. saya mau tanya..kan di gambar skema yg di blog mas itu trafox 18v out x bru pakai power suplay simetri dngan out 15 v... dan saya mau pasang chenel mic tapi di papanx tertulis AC IN 12 volt bagaimana tuh mas bisa ji kah di pakai...? Makasih mas sebelumx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi konek langsung dari elco. Tidak lewat diode.

      Delete
    2. Konek langsung ke trafo gitu mas. Nda usah pakai power suplay simetris. Karna tulisanx AC IN

      Delete
    3. Betul mas. Tapi pakai tegangan trafo 12v-ct-12v, jangan lebih, nanti elconya meletus. Jika ingin disupply dg tegangan 24v-ct-24v dari trafo, ganti dulu elco supplynya jadi 2200uf/50v x2 agar tidak meletus.

      Delete
    4. Nah terus mas.. kit yg lain contoh kit echo dtk 1 mic kan di situ INnya tertulis 12 volt. Itu kan tegangan IN DC bukan kayak tadi IN AC..cara nyambungx bagaimana mas kan dari power suplay simteris out putnya 15 volt sedangkan input dari kit echo dtk 1 mic yaitu 12 volt.... makasih sebelumnya mas bahar

      Delete
    5. Sudah saya jawab diatas mas. Pakai tegangan 12v dari trafo, terus masuk input power supply simetris.

      Delete
  17. Tanya mas,,, kira kira untuk mixer 2 chanel butuh dana berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga 1 kit mixer bervariasi mas. Antara 30-80rb. Kalau untuk 2 chanel kurang lebih habis 300rb-an.

      Delete
    2. Apakah dri mixer ini bsa langsung tncap ke pc? Apakah ini sdh ada phantm powernya? Katnya biar bsa mask pc harus pake phantom power biar peka... soalnya saran temen suruh pke behringer yenix usb 302 th harganya lumayan mahal..
      Soalnya sya sndiri mash blm paham soal elektro

      Delete
    3. Gak perlu pakai phantom mas. Phantom adalah injeksi tegangan +48v untuk mic Condensor, jenis mic super peka yg harus pakai tegangan phantom agar bisa berfungsi. Beda dg mic dinamic yg tegangan phantom bisa berfungsi. Jadi out dari mixer bisa langsung masuk PC lewat LINE IN. Tanpa phantom.

      Delete
    4. Nah,,, kebetulan yang ingin saya pake adalah MIc condensor samson c01,,, ada akun facebook mas?

      Delete
    5. Silahkan komentar di blog di blog atau di google plus, untuk bisa upload gambar silahkan koment di google plus, insyaalloh kalau ada waktu akan saja jawab.

      Delete
    6. maf banyak tanya. sebenarnya pahntm power itu sendiri alatnya seperti apa ya mas? apa pre amp mic yang harga 5000n di toko elektronik itu di sebut phantom power

      Delete
    7. Phantom itu bukan alat mas. Tapi Injeksi tegangan +48v ke mic condensor, biasa ditemukan di mixer built up. Pre amp mic 5rb-an itu bukan phantom, tapi preamp mic biasa yg bisa dipakai mic dinamic maupun mic condensor. Kenapa pre amp mic 5rb-an ini bisa untuk mic condensor? Karena pada input pre amp mic ini diinjeksikan tegangan supply dari tegangan pre amp mic itu sendiri, tapi tidak +48v. Jadi hasil suara juga biasa, pokoknya asal bunyi. Jadi kesimpulannya adalah, untuk membuat phantom hanya membutuhkan supply tegangan +48v agar mic condensor dapat berfungsi.

      Delete
    8. Nah, kalau gitu untuk membuat mixer 3 chanel dan yang 1 chanel di kasih suply 48 vol pake trafo apa ya? soalnya lihat di google phantom power 48 vol itu adaptornya cuma pake 18 vol,,, apa itu tidak maksimal? ataukah harus pake adaptor 10 amper?

      Delete
    9. Untuk tegangan supply phantom idealnya pakai +48v, tapi karena untuk mendapatkan tegangan sebesar itu sulit. Agar lebih mudah, maka biasanya tegangan phantom diambilkan dari supply simetris mixer, tapi yg diambil tegangan +15v nya. Gak perlu trafo besar untuk supply phantom, cukup 1A. Bisa diambilkan dari tegangan +15v mixer, atau pakai trafo sendiri. Gak harus pakai +48v untuk phantom, asalkan ada injeksi tegangan untuk mic condensor sudah cukup dan berfungsi dg baik.

      Delete
  18. Mas saya kan rakit mixer sesuai skema di atas.. tapi untuk channel micx saya pakai bsx A3.. nah di situ nda ada lubang untuk efekx kayak channel2 lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dibuatkan sendiri mas jalur effectnya. Silahkan tiru saja mixer yg ada effectnya.

      Delete
  19. bang,kalau master mixer yang ada 3potensio send return monitor kalau duetin sama penguat mic/mixer roland.dimasternya ada input r/l output r/l in efc send retrn in monr/l output mont ,bagaimana cara nyambungnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhh, ini yang agak rumit, gak bisa dijelasin disini mas.

      Delete
  20. bang kalau master mixer 3 potensio ki roland,send,return,dan monitor nyambungnya gmn dengan kit mixer 8pot

    ReplyDelete
  21. Mas mau nanya .....saya masang echo ud bunyi ....tp kalau volume echo d buka kluar suara dengung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengung feedback atau dengung dari echonya? Mungkin supply tegangan yang kurang bersih.

      Delete
  22. Mas mau nanya .....saya masang reverb suda bunyi tp kluar suara dengung kalau volume d buka ...padahal q suda pakai ic 12 volt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini reverbnya dipasang di mixer atau dipakai langsung mas, tanpa mixer?

      Delete
    2. Langsung ud sama maxer jg ud ...sama2 kluar suara pantulan g berhenti2 ....kalau bru d nyalain g bunyi mas ...tp stlah mic d kasih suara dkit ja bunyi ....weng.....weng......weng.....gtu trus mas

      Delete
    3. Itu jenis echo atau reverb mas? Kalau echo, mungkin potensio TIME atau DELAY terlalu terbuka penuh. Coba posisikan kedua potensio tersebut pada posisi ditengah atau buka separoh. Cek hasilnya.

      Delete
    4. Ini jenis reverb mas ....ad 5 ic mas .....

      Delete
    5. Kalau reverb, mungkin salah setting VR delay per ic. Disitu kan ada 5 VR pada masing-masing ic, nah kedudukan posisi ke lima VR tersebut harus sama, gak boleh ada salah satu VR yang beda sendiri. Cek apakah ke 5 VR ic tersebut posisinya sama? Jika sudah sama, dan problem masih ada, coba putar ke 5 VR tersebut pada posisi minimum semuanya, dengan cara diputar kekiri berlawanan jarum jam sampai mentok, ingat semua VR nya. Cek hasilnya.

      Delete
    6. Iya mas ...ic nya rusak ......trimankasih mas .....heheheh

      Delete
  23. Stlah smua q kecilin suara weng wengnya pelan2 mas . tp masih tetep bunyi ...tp ad satu yg sangat pengaruh mas .....kalau d putar weng2nya berubah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu mas. Coba posisi ic yang kalau diputer pengaruh tadi dilepas mas. Icnya yang dilepas satu saja. Mungkin salah satu ic dari 5 ic itu ada yang rusak.

      Delete
  24. bang,sudah saya coba mixer roland 7pot 4chanel+kit echo +master mix 1pot 2kit.pakai box bekas dvd berbahan plastik,yg saya bor"in.tp knp noise,dan hum tinggi jika volume dibesarkan.dimanakah letak kesalahanku....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu boxnya pakai plastik, groundnya kurang bagus mas, Coba groundkan semua potensio, dengan cara solder pada semua body potensio, kemudian konek semua dengan kabel semua potensionya, kemudian konek ke ground ct elco simetris. Memang yang bagus untuk box mixer adalah dari bahan plat atau aluminium yang bersifat induktor, ground bisa bagus merata.

      Delete
  25. Salam knal mas.. Mau nya nih.. Bisa gk satu trafo ct bwat dua fungsi.. Contoh saya mau suplly mixer sama power amply.. Tp hanya mnggunakan satu trafo.. Itu gmna ya mas caranya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Pada trafo besar minimal 5A biasanya ada tegangan extra yang terletak di bagian belakang trafo sisi primer. Nah tegangan extra ini bisa difungsikan untuk mensupply mixer. Sedangkan out trafo sisi depan, tetap digunakan untuk supply power ampli.

      Delete
  26. Mas bahar sy sedang merakit mixer 8 potensio sesuai skema yang sdh mas bahar posting tapi ada masalah ni mas, master mixer potensio kalau diberi tegangan malah dak bunyi alias dak keluar suara tapi kalo dilepas bisa binyi tapi pelan kurang nyaring, kira2 apanya yang salah ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda cek lagi pemasangan supply tegangan master apa sudah benar? Pemasangan in dan out master apakah sudah benar. Kalau dilihat masalahnya, problem di kesalahan pemasangan master mas

      Delete
  27. mas,saya coba pake mixer roland .4 chanel.dah jadi.pakai box bekas dvd yg terbuat dari plastik.
    saat dicoba pakai mic ,gain dibesarkan ada hum.atau noise.tapi saat bodi potensio di pegang,hum ga ada dan bersih.padahal semua potensio body dah kukerik dan kusambung keground.
    bagian catu daya juga dah bagus,alias pake filter noise.
    pengaruh dari apa mas ya.
    masa kalau pake mic,dipegang terus body potensionya.biar ga hum.kan ga lucu mas,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel mic pakai yang bagus mas dan spul micnya juga yang bagus. Biasanya karena kualitas kabel mic yang jelek. Kemungkinan kedua bisa karena memang karena ground bodi mixer yang kurang merata.

      Delete
  28. semua body potensio dah dikonex mas,dan ku sambung ke ct trafo.
    gmn cara akalin body plastik ini biar ground bisa merata.gmn kalau bagian dalamnya semua ku lapisin aluminium coil.yg buat nambal panci.ada hasilkah mas,ground bisa merata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas. Lapisi body plastik dengan aluminium foil, tapi ground bodi potensio tetap dipasang. Agar ground tetap terkonek dengan merata.

      Delete
  29. oh ya mas,dimixer roland kan ga ada potensio volume buat perchanelnya.kalau kita kasih volume dipasang dmn bang,sebelum input mixer perchanel atau dioutput mixer perchanelnya.trimakasih.

    ReplyDelete
  30. bang,punya roland 7pot ngga ada volume perchanel.cara pasang gmn untuk volume perchanel.jika dikasih potensiometer.
    sebelum input gain,atau output mixer perchanel.saya bingung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Output mixer per chanel mas, tapi ambil jalur out mixer dari preamp, yaitu jalur out sebelum dipisah menggunakan Resistor R dan L.

      Delete
  31. di output nya kan R ground L.berarti saya harus pakai potensio stereo apa mono bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai potensio mono mas, jangan ambil dijalur itu mas, tapi ambil out jalur sebelumnya, yaitu out yang dari ic preamp setelah elco. Jadi jalurnya dipotong dulu, kemudian konek potensio mono, kemudian out potensio konek lagi ke jalur out L R. Jika anda bingung, coba anda cari skema mixer, dan perhatikan koneksi outputnya. Atau anda beli saja satu kit mixer yang ada volumenya, kemudian anda tiru koneksi outputnya. Memang membingungkan mas, jika anda belum paham mengenai jalur mixer.

      Delete
  32. kalau dioutput mix potensionya,berarti saat volume chanel ditutup.suara harusnya ga keluar.tapi saat volume efek perchanel dibuka kenapa suara masih keluar.harusnya kan tetep ga keluar bang.

    ReplyDelete
  33. oke paham mas.kalau dari output elco kecil sekitar 1uf-10uf diinput jalur.berarti harus motong jalur dulu.selama ini saya pasang potensionya di input gain.berarti salah bang.
    kalau dipasang dioutput R dan L pas saya coba volume ditutup dan volume efek dibuka tetep suara tetep keluar,soalnya input efek echo masih dapat signal.
    berarti memang harus motong jalur dielco.
    trimakasih bang.
    satu lagi bang,andai saya ingin menambahkan kit mp3 output mp3 masuk kemana.agar mp3 juga dapat efek echo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langkah sudah betul. Mp3 ya tetap konek ke input mixer mas. Effect pasti ngikut. Kalau bikin jalur sendiri gak bisa ribet, mending tambah kit mixer lagi khusus jalur mp3.

      Delete
  34. elco setelah ic pre amp pertama,apa preamp ic terakhir setelah treble midle bass bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ic pre amp terakhir mas. Langkah anda diatas sudah betul mas.

      Delete
  35. Replies
    1. Gambar belum sempat buat mas. Cari skema saja atau beli jadi kit mixer yang ada volumenya, kemudian bandingkan dan urut jalurnya.

      Delete
  36. Mas gimana cara mengilangkan suara feedback pda mic ...atau suara nyuling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Jika anda pakai mixer, maka kurangi pot gain nya. Gunakan spul mic yang bagus. Modif pre ampnya dengan menurunkan R gainnya.

      Delete
  37. Mas bisa gk, kit BSX A3 memakai trafo 3 ampere ?
    Dsni trtulis kit ini memakai trafo 1 12v-ct-12v.
    Tpi trafo punya saya 3 ampere, juga ada 12v-ct-12v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dipakai mas. Tetap gunakan tegangan 12v-ct-12v dari trafo.

      Delete
  38. Permisi om bahar saya mau na?ya carax nyambung dr mixer k mixer??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tujuannya untuk menambah chanel, maka out main mixer 1 masuk chanel input mixer 2. Kemudian out main mixer 2 masuk input power.

      Delete
  39. Waktu ane hadiri kondangan di suatu tempat terbuka (outdoor).modulasi soundsystem sangat jernih (tanpa dengung tanpa desis tanpa ada bunyi disela sela suara seorang MC pas tarik nafas) seperti layaknya speaker diputusi kabel dari power amp. Bilamana ada nama skema khusus modulasi Tolong di posting RANGKAIAN KITnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang saya tahu ada tambahan aksesoris khusus yang ditambahkan, misalnya audio compressor. Tool ini bisa membantu menekan noise dan menyeimbangkan sinyal input rendah dan tinggi, sehingga level suara bisa sama dan stabil, lewat pengaturan Time Attack nya. Kalau alat itu belum bisa dibuat sendiri. Tapi jaman saya dulu pernah membuat yang namanya DNR atau DNL. Dinamic Noise Reduction atau Dinamic Noise Limtter. Kedua alat itu pernah saya buat, untuk menekan noise yang muncul ketika tidak ada suara atau sinyal yang masuk, bahkan input bisa off otomatis jika beberapa detik tidak ada sinyal suara masuk. Itu dulu mas. Tapi sekarang sudah jarang yang pakai, rata-rata sudah pakai Audio Compressor semua untuk sound systemnya.

      Delete
  40. Assalamualaikum, Mas Bahar ngapunten mau tanya kalau mixer agar suara vokal terkesan berbobot ( antep coro jowone) itu ditambai rangkaian apa lagi ya mas, biar suara pembicara suaranya lebih mantep mak ces ces ces gitu. Matursuwun mas ngapunten ngrepoti. Wassalamualaikum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisanya cukup ditambahi equalizer, tapi equalizer yang bagus, misal dbx. Tambah lagi dengan audio compressor dan reverb yang bagus misal alesis. Yang jelas biar bisa ces.ces.. Maka harus ada effect reverbnya. Equalizer berfungsi untuk mengkoreksi nada yang tidak enak didengar dan membosst nada tinggi di frekuensi diatas 12khz, frekuensi diatas 12khz ini yang bisa membuat suara lebih cis..ciss.. Selain didukung dengan tweater agar nada tinggi lebih kental terasa.

      Delete
  41. Ngapunten Mas Bahar, rakitan sy berupa kit mixer 7 potensio out masuk ke in reverb lalu out reverb masuk ke PA. Jadi penambahan equalizer ada di urutan mana pemasanganya ya mas, matursuwun ngapunten.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pasang out reverb masuk ke in equalizer, kemudian out equalizer masuk PA.

      Delete
  42. Matursuwun Mas Bahar, Salam Audio Lovers Sukses selalu.

    ReplyDelete
  43. Assallamualaikum, Mas Bahar ngapunten tanya sy punya equalizer stereo 10 chanel 2x merk bell. Klu sy konekkan ke PA ( VCD to Equal lalu ke PA) kok noise banget ya mas. Maksut sy equalizernya sy fungsikan sbagai tonecontrol vol jam 10 noise banget. Gimana solusinya ya mas. Maturnuwun ngapunten merepotkan. Wassallamyalaikum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Harusnya gak noise pak. Tapi kalau out EQ masuk ke master atau preamp pasti noise, karena inputnya peka. Jadi harusnya out EQ langsung masuk in power, tanpa penambahan kit apapun diantara EQ dan Power. Yang menyebabkan noise, karena ada rangkaian lain diantara EQ dan power. Misal master, tone control, preamp dll. Jadi jalur out EQ ke input power harus langsung tanpa ada rangkaian lain.

      Delete
  44. Mau tanya mas.cara membuat socket out utama mixer lebih dari satu.gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda bisa tambahkan rangkaian pembagi ouput, dari 1 output bisa dipecah jadi 2-4 output sekaligus. Untuk rangkaiannya belum saya posting mas. Anda juga bisa menggunakan 2 atau 4 master untuk memecahnya.

      Delete
  45. mas mau nanya ni ,kalo mau ditambah pot. geser dibawah , harus disambung kemana pot.nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bawaan mixernya sudah ada potensio volumenya, maka potensio volume ini bisa dilepas, kemudian konek dengan kabel ganti dengan potensio geser. Tapi jika bawaan mixernya gak ada pot volumenya, maka anda bisa konek melalui out ic preamp terakhir sebelum menuju effect, monitor dan out main. Jadi harus anda potong dulu jalur out itu, kemudian konek pot gesernya disitu. Kalau anda kurang paham, anda bisa melihat jalur out mixer yang ada pot volumenya. Disitu anda bisa lihat jalur out potensionya, amati, tiru dan koneksi pot geser anda sesuai mixer itu. Memang jika belum paham jalur out mixernya, akan sedikit membingungkan mas.

      Delete
  46. Siang mas... mau nanyain.. kalau input stereo digambar dibutuhkan 2 kit mixer untuk in R dan L. Untuk masing masing kit mixer potesionya disatukan dan diganti dengan stereo apa bagaimana....? Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tetep 1 kit mixer dengan potensio sendiri-sendiri, tidak digabung mas. Kalau mau stereo, maka dibutuhkan 2 kit mixer.

      Delete
  47. Atau cukup dengan 1 kit mixer dengan penambahan apa biar bisa input R dan L.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada penambahan apa-apa. Cukup pakai 2 kit mixer untuk stereo.

      Delete
  48. Assalamualikum, Mas Bahar ngapunten tanglet di kit preamp/tone control itu ada elco kecil antara 1 uf 50 volt, itu untuk apa ya, trus klu diganti kramic apa bisa dan ukuranya apa harus tetap sama, lalu klu pakai elco polaritasnya bolak balik apa gak masalah? Matur suwun ngapunten.Wassalamualaikum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Elco posisinya dimana pak? Di input atau output? Kalau Elco 1uf/50v pada pada input dan output berfungsi sebagai filter atau tapis audio, agar audio bebas dari tegangan supply. Menurut saya bolak-balik gak masalah, kecuali untuk supply tegangan, maka tidak boleh terbalik. Jika bawaannya pakai elco, terus diganti milar, sebenarnya gak masalah, tapi bass akan sedikit berkurang, karena nilai milar tersebut.

      Delete
  49. Maksut saya kapasitor di input dan output preamp mas, ngapunten. Matursuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya jawab diatas pak. Sebagai filter dan tapis audio, agar bebas dari tegangan supply, juga sebagai filer nada, semakin kecil nilai elco yang dipakai, maka bass akan berkurang. Untuk input preamp mic ideal pakai elco 1uf/50v, hasil suara mic lebih bass daripada pakai milar. Yah itu menurut pengalaman saya pak.

      Delete
  50. Nggih Mas sampun jelas, matur suwun.

    ReplyDelete
  51. Mas Bahar minta maaf mohon saran sy mau merakit lagi PA 500 watt/chanel, menurut pengalaman Panjenengan, kit PA apa dipasaran yang bagus dalam arti hi-fi, jernih natural dan mantep. Ngapunten mas matur suwun sanget atas saran panduannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum ada rekomendasi untuk power itu pak. Karena belum coba beberapa kit yang ada di pasaran. Jadi belum tahu hasilnya. Ada beberapa merek yang belum saya coba, yaitu power APEX, Blazer, Yiroshi dll. Tapi dilihat rangkaiannya sedikit rumit pak, jarang saya pakai. Yang sering saya pakai power safari, DTK 2 tingkat, 3 tingkat. Kalau masalah hasil suara itu tergantung selera. Jadi saya gak bisa mengatakan power A lebih bagus dari power B he..he.. Kembali ke selera masing-masing.

      Delete
  52. Nggih Mas Bahar salam sukses selalu.. thank you very much! It means a lot for me. I wish you all the good things brother he he he...... Matur suwun,

    ReplyDelete
  53. Assalamualaikum, Mas Bahar ngapunten bade tanglet, berbagai solusi menghilangkan noise pada pre amp apa saja ya mas, apa saja yg perlu dimodif, dari PSU atau dirangakaian preampnya. Matur suwun mas ngapunten. Wassalamuallaikum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Menurut saya pak, semua rangkaian audio itu pasti menghasilkan noise. Seberapa besar noise yang dihasilkan sebuah rangkaian preamp, tergantung jenis komponen yang digunakan, itu yang utama. Tapi bukan berarti komponen tersebut bebas noise, tapi komponen tersebut menghasilkan noise paling rendah. Contoh utana adalah penggunaan ic opamp. Ada banyak jenis ic opamp dengan tingkat noise berbeda-beda. Ini belum penggunaan komponen pendukung lainnya misal resistor, milar, elco dll. Bahkan jenis pcb pun diperhatikan. Selain dari semuanya itu, tingkat penguatan gain sebuah preamp juga berpengaruh terhadap noise yang dihasilkan. Semakin kuat gain, maka noise yang dihasilkan semakin besar. Untuk solusi mengurangi noise ada banyak cara, bisa mengganti komponen opamp yang low noise, resistor metal film, milar mkp, elco tantalum dll. Dan banyak lagi pak.

      Delete
  54. Matur suwun Mas Bahar, bimbingan yang luar biasa bermanfaat untuk saya, salam sukses selalu buat Mas, semoga seeluarga sehat dan banyak rizki nya. Aamin YRA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn. Semoga tambah ilmu he..he.. Terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
  55. Bang saya sudah coba bikin skema di atas sudah bisa tapi ada kendala kenapa kalau volume master mixser di buka separuh dan volume mixer di buka full suara jadi serak seperti kekurangan tegangan padahal 15v .... Mohon koreksinya bang?
    Maaf baru belajar bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti R 47K yang dari out mixer ke master, ganti dengan nilai diatasnya misal R 56K, 68K, 82K, 100K. Coba salah satu, sampai suara serak hilang. Suara serak disebabkan out mixer terlalu besar yang menuju ke master, sehingga master menjadi over dan suara menjadi pecah.

      Delete
  56. mas bahar mawu tanya PA saya klo dinyalakan gk kluar suara cuma kluar dengung miskipun diksih sumber suara trus travonya panas berlebihan tapi klo PA nya dilepas dari power sply trfonya gak panas penyebabnya apa ya mas? mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti powernya bermasalah, mungkin ada yang konslet. Penyebab utama biasanya dari tr final rusak/short, atau koneksi kabel ada yang salah, konslet antar jalur pcb. Coba cek dulu tr finalnya, bagus apa gak?

      Delete
  57. numpang nanya mas rencana saya mau belajar rakit mixer 4 chanel yang cocok untuk ampli 400 watt, alat dan bahan yang lumayan bagus dan merek apa, kira-kira saya siapkan dana berapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua merek mixer punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi yang buat patokan adalah yang paling gampang atau sederhana saja. Gunakan mixer yang 6 pot, contoh ada diatas, kemudian box mixer 4 channel, kalau gak ada bisa buat sendiri. Kemudian trafo 1A tegangan 18v-ct-18v. Kemudian power supply simetris, elco 4700uf/50v x2. Kurang lebih dana sekitar 400rb mas.

      Delete
  58. tanya lagi mas cara menentukan kaki tr final b c e nya gimana mas klo misalnya tulisan tr nya menghadap ke kita trus cara cek tr nya gimana klo pake avometer mohon pencerahanya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan posisi tulisan tr terbaca menghadap ke kita, kaki paling kiri adalah Basis, kaki tengah adalah Colector, kaki kanan adalah Emitor. Cek tr, set avometer skala 1K.

      Untuk tr TIP3055, konek probe hitam ke kaki basis, kemudian probe merah ke kaki colektor dan emitor, jika jarum bergerak kekanan, berarti ok. Lanjut konek probe merah kekaki basis, krmudian probe hitam ke kaki colector dan emitor, jika jarum tidak bergerak, berarti ok.

      Untuk tr TIP2955, konek probe hitam ke kaki basis, kemudian probe merah kekaki colector dan emitor, jarum tidak bergerak, berarti ok. Lanjut konek probe merah kekaki basis, kemudian probe hitam ke kaki colector dan emitor, jarum bergerak ke kanan, berarti ok.

      Untuk jenis tr diatas hanya contoh, sama juga dengan tr final sanken.

      Delete
  59. Siang mas.. kalo master mixer todak pake tehangan makaudnya ake potensio volume biasa bisa tidak..? Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau master volume dengan hanya menggunakan potensio biasa dan tanpa rangkaian, bisa mas gak masalah. Bedanya kalau hanya pakai potensio, maka tidak ada penguatan suara, karena tidak ada penguat opamp nya.

      Delete
  60. Assalamualaikum, Mas Bahar ngapunten tanya, sy merakit mixer pakai reverb yg pakai 5 ic dan 5 VR, yg sy tanyakan potensio wet dan dry tak putar2 kok gak begitu ada reaksi ya mas, matursuwun. Wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalur koneksinya apakah sudah betul pak? Tegangan supply apakah sudah masuk? Normalnya pot wet dan dry ada reaksinya, anda coba kit reverb saja langsung ke power, fungsi apa gak?

      Delete
  61. alhamdulilah PA saya udah bunyi lagi, bener kata sampean mas ternyata penyebabnya ada pada tr ny, tanya lagi mas suaranya serak dan kurang bersih dalam posisi volume kecil penyebabnya apa ya mas? dan agak dengung sedikit klo semua pot dibesarkan suara serak dengungnya ikut besar mas , mohon pencerahanya mas



    ReplyDelete
    Replies
    1. Tone controlnya mungkin mas. Coba test power saja langsung tanpa tone control.

      Delete
  62. iya mas munkin soalnya klo semua pot diputer2 bunyi kressek2 , oh iya mas cara mengatasi gimana mas? saya pakek box PA nya dari kayu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada cara lain selain ganti potensio. Box kayu gak masalah mas. Nanti semua bodi potensio bisa disambung ke ground/ct, agar bisa mengurangi dengung.

      Delete
  63. Ok.. makasih banyak.. o iya mas.. satu lagi kalau mau ditambah dengan equalizer posisinya bagaimana mas ...?

    ReplyDelete
  64. oh iya mas cara sambung bodi potensio ke ct elco gimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sambung saja pakai kabel dengan cara dibelitkan ke potensio atau disolder, kemudian sambung ke ct elco.

      Delete
  65. oke mas makasih, mawu tanya lagi mas ini ct elcony klo dsentuh pakek tangan suara dengungnya agk kecil mas tpi klo dilepas agk keras lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti grounding kurang mas. Usahakan semua pcb tidak kontak dengan box kayu. Misal pcb power, jangan disekrup langsung ke kayu, tapi pakai baut panjang, lalu pcb power ada diatas/ngangkat sedikit dari kayu. Kemudian pcb tone control, lapisi dengan alumunium foil pada triplek/kayu sebelum potensi tone control di baut di panel depan box.

      Delete
  66. Matur suwun Mas Bahar, salam sukses selalu.

    ReplyDelete
  67. iya mas pcb PA saya mimang masih menempel ke box kayu pantesan suaranya kurang bersih,oh iya mas cara menamba gronding gimana mas? biar grond sempurna mohon pencerahanya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lapisi semua bagian dalam box kayu dengan alumunium foil, kalau gak ada bisa pakai seng talang, pokoknya lembaran konduktor. Kemudian konek bagian alumunium foil dengan gnd/ct elco. Tapi hati-hati pemasangan pcb konslet dengan alumunium foil pada jalur pcbnya he..he.. Jadi hati-hati, lekatkan secara kuat alumunium foilnya, supaya tidak lepas atau terkelupas.

      Delete
  68. trafonya punya saya 2 buah mas , yng satu trfo utuk PA
    dan yng satu lagi trafo untk tune control apa kdua ct elco dikonik ke almuniom semua mas?

    ReplyDelete
  69. oke trimakasih mas bahar ilmunya sangat membantu apalagi untuk orang awam sperti saya,sekali lagi trimakasih

    ReplyDelete
  70. mas bahar..,sy ngrakit mixer sprti di atas,bsa gk 2 efek di msukan dlm 1 kit mixer tsbt.sy pke effect reverb 7 pot,tpi drasa krg suara echo nya gk ada.sy cba bli lg kit echo mic 3 pot,tpi klo di input kit echo ke in mic mixer suara nya jdi brantakan.,ngilang2 gtu suara mic nya,jd gmn mnmbh kn kit echo nya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tinggal paralel saja input dan output echonya seperti rangkaian diatas. Untuk jalur in echo bisa langsung diparalel, untuk jalur out echo, pasang dulu 3 resistor seperti gambar diatas, kemudian paralel di jalur sebelum resistor.

      Delete
  71. Om...pa driver gx pakai tone pre amp tp lngsung pakai parametrix bisa nggak..

    ReplyDelete
  72. Assalamualaikum, Mas Bahar ngapunten tanya, apakah beda suara kalau urutan pasang audio sbb. : out vcd masuk equalizer dan out equ masuk mixer lalu masuk power dibandingkan out vcd masuk mixer out mixer masuk equalizer lalu masuk PA. Lalu mana yang palibg benar. Maturnuwun. Wassalamualaikum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Beda pak. Kalau equalizer dulu baru mixer, biasanya akan noise. Urutan yang benar adalah VCD-mixer-equalizer-power.

      Delete
  73. Assalamualaikum, maaf mas Bahar maaf satu lagi pertanyaanya, sy sdh rakit kit mixer 6 pot, out mixer langsung PA, noise banget, solusinya bagaimana ya mas. Matursuwun Wassalamuallaikum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Itu mixernya ada potensio GAIN nya gak pak? Kalau ada biasanya GAIN terlalu besar. Kemungkinan kedua adalah out kit mixer terlalu besar sebelum masuk master, jadi coba anda pasang R 22K pada jalur out mixer L R sebelum masuk input Master.

      Delete
  74. Matursuwun Mas Bahar, Alhamdulillah ilmu yg bermanfaat bagi saya. Semoga Mas Bahar sekeluarga sehat dan banyak rizkynya. Aamin YRA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn. Terima kasih juga pak sudah berkunjung di blog ini.

      Delete
  75. Mas saya rakit mixser Yamaha tanpa master. KK suaranya serak kenapa ya mas. Mohon penjelasan dan solusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek tegangannya, sudah benar apa belum? Penyebab suara serak biasanya karena tegangan gak beres.

      Delete
  76. Kang bahar saya ngrakit mixer pakek skema diatas kok sember swaranya kira2 apnya kang.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek dulu tegangan supply, sudah benar apa belum? Pastikan tegangan supply ke mixer sudah ada dan masuk.

      Delete
  77. mas saya ngrakit kit echo reverb 7 potensio 5 ic utk suply simetris +12v 0 - 12v .... standarnya sy hrs pakai travo brp amphere mas. apa klu kurang besar travonya echo dan reverbnya bisa kurang kluar efeknya gitu mas ? soalnya sy kasih 1A kok gak muncul efeknya .... thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai trafo 1A sudah cukup. Masalah effect kurang keluar, bukan karena trafonya, tapi karena setelan echonya kurang pas, atau karena resistansi pada effect mixer yang terlalu besar.

      Delete
  78. mas mixer ku aku tambahi master mixer kok gak bunyi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek input dan output apakah tidak terbalik. Grounding apakah sudah terpasang dengan dengan benar. Supply tegangan apakah sudah masuk ke master?

      Delete
  79. Assalamualaikum, ngapunten Mas bahar tanya, dipasaran ada kit TC 4 TR merk Pinokio plus sub menggunakan supply ( - & +) saja. Sedangkan ada TC yg serupa plus sub juga merk primer menggunakan supply ( - CT +) itu apa bedanya ya mas? Apa ada beda suaranya, lalu bagus yg mana mas? Matursuwun ngapunten. Wassalamuallaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikuksalam. Masalahnya saya belum coba pak kedua kit diatas. Jadi belum tahu karakternya. Saya belum bisa ngasih rekomendasi pak, karena belum coba. Kalau saya pribadi lebih suka TC yang pakai supply simetris. Masalah enak yang mana, saya belum tahu.

      Delete
  80. " Mixer "
    Untuk input DvD Bsa pake satu tone control RL Biasa ga mas?

    ReplyDelete
  81. Nggih matursuwun mas Bahar, salam sukses selalu. Aamin.

    ReplyDelete
  82. Assallamualaikum, Mas Bahar ngapunten tanya, beda potensio linier dan logaritmic pada tonecontrol itu apa ya, trus saya kadang lihat kit TC untuk supply ada yg pakai 0 dan + saja itu maksutnya apa ya, apakah sama dgn supply - dan +. Matursuwun ngapunten. Wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. potensio linier adalah perbandingan putaran terhadap resistansi yang bergerak linier. Artinya perbandingan skala putaran terhadap nilai resistansi bergerak secara selaras dan sesuai. Pot jenis ini yang sering kita gunakan.

      Potensio logaritmis adalah perbandingan putaran terhadap resistansi yang bergerak mengikuti aturan logaritma. Skala yang di-log kan adalah 0 sampai 10. Jadi potensio yang ada skalanya.

      0 dan + sama saja dengan - dan +. Tapi beda dengan simetris (- ct +). Jika pakai supply simetris, maka TC dengan tegangan 0 dan +, harus dikonek ke CT dan +, bukan - dan +.

      Delete
  83. Nggih Mas Bahar trimakasih share ilmu yg sangat bermanfaat. Salam sukses dan selalu berkah untuk kita semua. Aamin YRA.

    ReplyDelete
  84. Assallamualaikum, Mas Bahar ngapunten banyak tanya, klu potensio pada TC diganti yg logaritmic apa ada efek perubahan warna suara ya mas, matursuwun ngapunten. Wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Bisa pak, dan gak ada perubahan suara, sama saja. Malah lebih bagus pak, ada skalanya 0 sampai 10 klik he..he..

      Delete
  85. He he he matursuwun mas, sukses selalu all Everything runing well he he he...

    ReplyDelete
  86. Maaf gan mau tanya,klo vu meter pada mixer d hubungkan dari apa........
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini VU meter lampu apa VU meter jarum? Kalau vu meter lampu, kan sudah ada rangkaiannya, tinggal pasang supply tegangannya, kemudian in vu meter konek ke out main mixer, out paling akhir dari out master. Jika pakai vu meter jarum yang ada skalanya kayak avo, perlu penambahan sedikit rangkaian dulu, baru bisa dipakai. Koneksinya sama, supply tegangan dan in konek ke out main mixer dari out master.

      Delete
  87. Assallamualaikum, Mas Bahar ngapunten tanya, penggunaan potensio pada TC pakai 50k atau 100k bedanya apa ya mas, apa mempengaruhi karakter suara. Matursuwun ngapunten. Wassallamuallaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, untuk detailnya saya belum tahu. Kalau menurut saya perbedaannya ada pada resistansi kelinierannya. Maka perbedaannya yang kelihatan mencolok adalah ketika potensio dibuka 1/4, pada pot 50K akan terdengar lebih pelan, dan pada pot 100k akan terdengar lebih keras. Untuk putaran volume up/down nya pot 50K akan terdengar lebih slow kemudian keras. Beda dengan pot 100K akan terdengar lebih cepat keras. Dari segi suara, jelas pot 100K akan lebih terdengar lebih lantang, karena resistansinya besar dibanding pot 50K. Tapi pada aplikasinya tidak begitu kelihatan perbedaannya. Biasanya untuk pot bass, midle, treble menggunakan pot 100K, agar didapat bass, midle, treble lebih terasa. Kemudian untuk potensio volume menggunakan pot 50K, agar didapat up/down yang slow dan lebih soft.

      Delete
  88. Nggih Mas Bahar matursuwun sanget pencerahannya, salam sukses selalu mas ngapunten ngrepoti. Suwun.

    ReplyDelete
  89. Assalamualaikum, ngapunten mas Bahar tanya, sy sdh ngrakit mixer sesuai ilustrasi diatas, yg mau sy tanyakan apakah OUTPUT dari MASTER mixer menuju PA apakah di seri dengan R 47 k lagi atau tdk usah. Suwun ngapunten. Wassalamuallaikum.

    ReplyDelete
  90. O iya ngapunten Mas Bahar, klu ngrakit mixer 4 chanel apakah cukup hanya pakai satu travo 2 ampere saja dan satu kit regulator 15 volt, mengingat pakai 4 kit mixer 7 potensio, satu reverb 5 ic, dan dua master mixer Matursuwun ngapunten.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup pakai satu trafo dan kit regukator. Trafo 2A sudah lebih dari cukup pak.

      Delete
  91. Nggih Mas Bahar matursuwun pencerahan ilmunya, salam Sukses selalu untuk kita semua. Aamin YRA.

    ReplyDelete
  92. mas bahar,saya sudah berhasil merakit mixer 4 chanel,alhamdulillah.
    nah,saya ingin menambahkan kit reverb 7 potensio bagaimana cara pemasangannya yg benar.

    mixer saya selama ini,seperti yg diskema mas bahar.yaitu kit mixer,echo dtk,dan master mixer,serta psu.

    saya bingung cara pemasangan kit reverb 7 potensio ini,harus ambil dari mana.input serta output reverbnya.
    mohon pengarahannya mas bahar.trims.saya tunggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda pakai salah satu saja mas, pakai echo DTK atau reverb? Tinggal ganti kit echo dtk dengan reverb, jalur input dan output sama, untuk supply tegangan reverb yang simetris, bisa konek sama mixer. Jika anda ingin jalan dua-duanya, maka input dan output echo dan reverb tinggal diparalel saja mas. Nanti anda bisa pilih efek bunyi salah satu atau bunyi keduanya. Insyaalloh kalau ada waktu akan saya update gambarnya tentang hal ini.

      Delete
  93. oke mas,secepatnya gambarnya diupdate ya.hehe...

    ini saya juga masih saya praktekkan diparalel sama echo dtk,(reverb 7 pot nya)

    sebenarnya echo dtk + reverb 7 pot,lebih baik diparalelkan apa diseri ya mas?
    dari segi suara yg dihasilkannya.

    ReplyDelete