Thursday, October 29, 2015

CARA MEMPERBAIKI MAGIC COM TIBA-TIBA MATI

Akhirnya bisa ngeposting juga setelah beberapa minggu tidak berkunjung ke dunia maya karena kesibukan di dunia nyata. Pada posting kali saya sempatkan untuk berbagi pengalaman cara memperbaiki magic com yang tiba-tiba mati. Mungkin diantara anda pernah mengalami problem seperti itu bisa anda coba untuk memperbaikinya sendiri.

Beberapa waktu yang lalu kebetulan pas lagi dapat kerjaan dua magic com merek yongma dan polytron. Kedua magic com ini kerusakannya juga sama mati. Katanya yang punya pas lagi dipakai tiba-tiba mati, indikator juga mati. Jadi bingung mau diapain, akhirnya dibawa ketempat saya untuk diperbaiki. Mudah-mudahan dengan cerita ini bisa membantu anda memeperbaiki magic com sendiri.

Penyebab kerusakan yang biasa terjadi bisa bermacam-macam. Mulai dari kabel yang putus, saklar otomatis rusak. Thermofuse atau sekering panas putus. Diantara semua penyebab kerusakan itu yang paling sering terjadi kerusakan adalah thermofuse atau sekering panas rusak atau putus.

Thermofuse adalah alat pengaman panas seperti sekering yang berfungsi untuk mencegah terjadinya panas berlebih pada magic com yang dapat menyebabkan kerusakan pada lomponen magic com itu sendiri. Jadi tujuan dipasangnya komponen ini supaya jika terjadi panas berlebih melebihi batas derajat panas thermofuse akan putus dengan sendirinya.

Penggantian thermofuse yang baru memang sangat dianjurkan. Sesuaikan juga batas derajat panas yang ada pada body thermofuse tersebut. Tapi kekurangannya adalah komponen ini mudah rusak jika terpapar suhu panas terus-menerus. Meskipun suhunya normal, jika dipakai terus-memerus thermofuse ini juga akan rusak kembali. Memang gejala kerusakan tidak langsung terlihat. Jadi magic com tiba-tiba langsung mati itu saja. Dan thermofuse harus diganti baru kembali. Kelebihannya adalah aman. Jika sewaktu-waktu terjadi overheat pada magic com Tidak menyebabkan kerusakan element atau body magic com meleleh karena panas berlebih.

Jika anda terpaksa tidak menemukan komponen tersebut. Anda bisa menggantinya dengan sekering biasa atau sehelai kabel kecil untuk membaypass tegangan langsung masuk ke magic com. Kekurangannya adalah jika terjadi overheat pada magic com, maka element akan terus menyala yang bisa menyebabkan kerusakan element dan body menjadi meleleh. Kelebihannya adalah tidak mudah putus. Sehingga umur pemakaian lebih lama. Tapi anda harus tetap berhati-hati.

10 comments:

  1. makasih gan, akhirnya masalah terselesaikan :D

    Wizam

    ReplyDelete
  2. ini tadi saya mencoba bongkar magic com polytron gan, semua kabel saya lepas dan sekarang tidak bisa mengenbalikan karena tadi lupa gak saya tandai. mohon bantuannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk masa. Perlu diagram skemanya untuk menyambung kembali, tidak bisa sekedar di omongkan. Anda bisa cari di internet tentang diagram skema magic com untuk menyambung kembali kabel yang lepas, juga untuk menghindari kesalahan penyambungan

      Delete
  3. Mantap mas semoga pahala ilmu nya dibawa sampe mati mas..aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini. Semoga bermanfaat.

      Delete
  4. Min kan klo thermalfuse putus berarti terjadi panas yg berlebih yaa..Dan panas berlebih itu di sbabkan thermistat tdak berfungsi..Jd ap setelah menggantu thermal fuse kita jg harus mengganti thermostatnya?terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu mas, cukup diganti thermal fuse atau thermofuse saja.

      Delete
  5. Kalau thermofuse nyq yang rusak panel led nya mati juga ya omm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betuk mas. Kalau thermofuse rusak, maka aliran listrik akan terputus, baik yang ke element ataupun panel lednya. Tapi bisa juga lampu lednya yang mati.

      Delete