Thursday, October 29, 2015

Cara Memperbaiki Magic Com Tiba-Tiba Mati

Akhirnya bisa ngeposting juga setelah beberapa minggu tidak berkunjung ke dunia maya karena kesibukan di dunia nyata. Pada posting kali saya sempatkan untuk berbagi pengalaman cara memperbaiki magic com yang tiba-tiba mati. Mungkin diantara anda pernah mengalami problem seperti itu bisa anda coba untuk memperbaikinya sendiri.

Beberapa waktu yang lalu kebetulan pas lagi dapat kerjaan dua magic com merek yongma dan polytron. Kedua magic com ini kerusakannya juga sama mati. Katanya yang punya pas lagi dipakai tiba-tiba mati, indikator juga mati. Jadi bingung mau diapain, akhirnya dibawa ketempat saya untuk diperbaiki. Mudah-mudahan dengan cerita ini bisa membantu anda memeperbaiki magic com sendiri.

Penyebab kerusakan yang biasa terjadi bisa bermacam-macam. Mulai dari kabel yang putus, saklar otomatis rusak. Thermofuse atau sekering panas putus. Diantara semua penyebab kerusakan itu yang paling sering terjadi kerusakan adalah thermofuse atau sekering panas rusak atau putus.

Thermofuse adalah alat pengaman panas seperti sekering yang berfungsi untuk mencegah terjadinya panas berlebih pada magic com yang dapat menyebabkan kerusakan pada lomponen magic com itu sendiri. Jadi tujuan dipasangnya komponen ini supaya jika terjadi panas berlebih melebihi batas derajat panas thermofuse akan putus dengan sendirinya.

Penggantian thermofuse yang baru memang sangat dianjurkan. Sesuaikan juga batas derajat panas yang ada pada body thermofuse tersebut. Tapi kekurangannya adalah komponen ini mudah rusak jika terpapar suhu panas terus-menerus. Meskipun suhunya normal, jika dipakai terus-memerus thermofuse ini juga akan rusak kembali. Memang gejala kerusakan tidak langsung terlihat. Jadi magic com tiba-tiba langsung mati itu saja. Dan thermofuse harus diganti baru kembali. Kelebihannya adalah aman. Jika sewaktu-waktu terjadi overheat pada magic com Tidak menyebabkan kerusakan element atau body magic com meleleh karena panas berlebih.

Jika anda terpaksa tidak menemukan komponen tersebut. Anda bisa menggantinya dengan sekering biasa atau sehelai kabel kecil untuk membaypass tegangan langsung masuk ke magic com. Kekurangannya adalah jika terjadi overheat pada magic com, maka element akan terus menyala yang bisa menyebabkan kerusakan element dan body menjadi meleleh. Kelebihannya adalah tidak mudah putus. Sehingga umur pemakaian lebih lama. Tapi anda harus tetap berhati-hati.

32 comments:

  1. makasih gan, akhirnya masalah terselesaikan :D

    Wizam

    ReplyDelete
  2. ini tadi saya mencoba bongkar magic com polytron gan, semua kabel saya lepas dan sekarang tidak bisa mengenbalikan karena tadi lupa gak saya tandai. mohon bantuannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk masa. Perlu diagram skemanya untuk menyambung kembali, tidak bisa sekedar di omongkan. Anda bisa cari di internet tentang diagram skema magic com untuk menyambung kembali kabel yang lepas, juga untuk menghindari kesalahan penyambungan

      Delete
  3. Mantap mas semoga pahala ilmu nya dibawa sampe mati mas..aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini. Semoga bermanfaat.

      Delete
  4. Min kan klo thermalfuse putus berarti terjadi panas yg berlebih yaa..Dan panas berlebih itu di sbabkan thermistat tdak berfungsi..Jd ap setelah menggantu thermal fuse kita jg harus mengganti thermostatnya?terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu mas, cukup diganti thermal fuse atau thermofuse saja.

      Delete
    2. Hallo mas,saya mau tanya,magic com saya tiba tiba mati setelah memasak nasi, terus td saya coba bongkar dan tidak ada kabel yg putus,kira kira itu kenapa ya?

      Delete
    3. Coba ganti thermofuse nya mas. Posisinya ada di jalur kabel listrik, sebelum masuk ke element pemanas. Bentuknya seperti sekering, tapi dari logam, biasanya menempel pada bagian bawah panci magic com. Untuk menggantinya harus membuka bagian bawah magic com.

      Delete
  5. Kalau thermofuse nyq yang rusak panel led nya mati juga ya omm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betuk mas. Kalau thermofuse rusak, maka aliran listrik akan terputus, baik yang ke element ataupun panel lednya. Tapi bisa juga lampu lednya yang mati.

      Delete
  6. ini magicom saya setelah matang nasinya mndadak mati

    ReplyDelete
  7. magiccom ame merk yongma bos...
    setelah ane ganti thermalfuse-nya yg mati. bisa dipakai kembali. tapi tdk kuat beberapa lama. karna stelah dipakai memasak dan untuk masak yg kedua kalinya mati lagi. namun setelah didiamkan beberapa saat itu magiccom bisa hidup lg. tapi dipakai masak tdk bisa krna setelah 10mnitan mati lg. mohon petunjuk boss...
    thermalfuse-nya ane ganti sesuai bawaan namun beda di ampere saja. bawaan 15A ane ganti 10A.karna barang susah. thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya thermofuse gak normal itu mas. Seharusnya thermofuse jika sudah putus, tidak bisa menyambung kembali. Sama fungsinya kayak sekering.

      Bisa dilihat dari cerita Anda, bahwa magic com mati dan bisa hidup kembali setelah didiamkan beberapa saat.

      Sebetulnya patokan Range thermofuse bukan dari Ampernya, tapi dari derajat suhunya, karena yang di sensor adalah suhu panasnya.

      Coba lihat kembali thermofusenya punya ukuran berapa derajat suhunya? Standartnya sih untuk magic com biasanya pakai thermofuse ukuran 185°C.

      Untuk besarnya Amper thermofuse, menurut saya tidak masalah. Anda ganti pakai thermofuse 10A masih mampu. Yang penting bukan kemampuan Ampernya, tapi ukuran suhunya berapa derajat thermofusenya?

      Delete
  8. Replies
    1. Posisinya dibawah menempel pada bawah panci. Tersambung dengan kabel listrik, mirip sekering. Harus buka tutup bagian bawah dulu untuk mengganntinya.

      Delete
  9. Trima kasih infonya mudah"an bermanfaat ilmunya

    ReplyDelete
  10. Sudah ganti fuse trus tapu cuman masak sebentar trus fuse putus lagi,kira2 apa ya kerusakannya,posisi warm normal.rice coocker merk black dekker.tq u min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dari thermofusenya gak cocok. Temperatur kurang besar. Biasanya pakai thermofuse 135°C.

      Jika sudah, tapi masih putus lagi. Berarti mungkin problem di otomatis cooking nya gak jalan. Bisa disebabkan mekaniknya seret atau ada penyebab lain, yang menyebabkan posisi masak gak bisa pindah ke warm setelah matang. Jadi kalau pada posisi cook, pas matang, gak bisa balik ke warm. Akibatnya panas over dan thermofuse putus.

      Delete
  11. Magig com ku knp ya pas mau tak nyalain tiba2 mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin thermofuse nya putus. Thermofuse sama dengan sekering, tapi sekering untuk panas. Posisinya nempel dibagian bawah panci magic com. Untuk menggantinya harus buka dulu bagian bawah magic com

      Delete
  12. Magic com ku lampu atas mati tapi bawah hidup. Itu kenapa dan apakah dengan kodisi seperti itu nasi bisa matang?

    Magicom miyako

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin hanya lampunya saja yang mati. Coba dipakai untuk proses masak nasi. Jika bisa matang sempurna, berarti cuma mati lampunya saja. Selama nasi bisa matang sempurna, maka tidak masalah.

      Delete
  13. Misi gan, Kalau thermo fuse aslinya di rice cooker 10a 150°c,boleh diganti 10a tapi suhunya 155°c atau 160°c gak? Soalnya yg tersedia cuman itu

    ReplyDelete
  14. Mas tanya ya, punya saya magic com merk yong ma smc7047, 2 minggu yg lalu mati, saya coba cek fuse, kabel kabel, semua beres, saya colokkan kembali lalu sekita 3 menit baru nyala modulnya, terkadang sudah ditunggu 20 menit tidak nyala juga, jadi sekarang itu seperti ada delay bbrp menit untuk dia bisa nyala modulnya, kira kira kenapa ya?

    Mohon informasinya mas
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan ada masalah di bagian power supply. Khususnya elco power supply. Sepertinya ada salah satu komponen yang lemah dibagian power supplynya.

      Delete
  15. Mas tnya, magicom sya merk maspion.. Baru bli baru termofush langsug mati, akhirnya sy tkar k toko, dan terjadi hal yg sma, akhirnya sy bngkar dan thermofush mati,, sya gnti mati lagi , pdhl msi blum skli masak, apakah ad yg slah d lainya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau thermofuse mati terus, berarti ada indikasi panas yang over, melebihi kapasitas thermofuse. Kenapa itu terjadi? Biasanya otomatis perpindahan dari proses Cook dan Warm terjadi macet. Sehingga proses otomatis seharusnya pada saat nasi matang, harus pindah ke Warm, tapi masih tetap ke cook. Ini terjadi karena mekanik didalam magic com macet atau gak mau pindah ke warm. Akhirnya gak mau pindah ke warm, maka panas magic com akan naik terus secara signifikan. Hal inilah yang menyebabkan thermofuse putus terus. Karena jika ini dibiarkan juga akan bahaya, magic com bisa terbakar meleleh. Makanya dipasang thermofuse untuk mencegah terjadinya kebakaran tersebut.

      Langkah awal yang harus dicek adalah, pastikan perpindahan dari mode cook dan warm lancar, tidak macet atau berat. Lihat proses masaknya, apakah setelah nasi matang, bisa pindah ke warm?? Jika tidak, maka perlu dicek mekaniknya, macet atau tidak.

      Delete
  16. Maaf kak mau tanya,magic com sya yongma digital mati total,modulnya gosong sudah diganti masih mati,lednya juga agak gosong gitu,kira" kalo cari pcb led nya ada gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa coba diganti lampu lednya saja. Kalau setelah diganti modul baru dan berfungsi, mungkin lampu lednya saja yang rusak. Tapi jika sudah diganti modul baru, tapi tetap mati, berarti masih ada masalah/kerusakan lain yang belum ditemukan.

      Delete