Saturday, July 2, 2016

CARA BTL POWER AMPLIFIER

Menjawab komentar blog beberapa waktu lalu mengenai cara btl atau bridge power amplifier. Karena jawaban dari masalah ini membutuhkan uraian yang agak panjang, akhirnya saya janjikan untuk membuatkan posting tersendiri untuk membahas bagaimana cara mem-btl power amplifier agar lebih jelas. Tujuan membtl power amplifier tidak lain adalah untuk menambah daya watt power amplifier agar lebih besar. Dengan biaya minim cara btl power amplifier terbilang sangat mudah dan ringan dari segi biaya. Bagaimana tertarik untuk membtl power amplifier anda? Jika ya, simak lebih lanjut.

Banyak cara orang untuk memperbesar daya power amplifier dari mulai menambah jumlah transistor final, mengganti tipe tr final, memperbesar trafo dan tegangan, dan mencoba berbagai macam rangkaian power amplifier dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kemudian munculah ide untuk mem-btl power amplifier yang katanya bisa menambah daya watt power amplifier, apakah benar seperti itu? jawabannya silahkan dicoba sendiri.

Saya dulu mengenal power btl dari mencoba membuat rangkaian power amplifier TDA2030 pada saat sekolah dulu. Ada dua versi rangkaian power TDA2030 pada saat itu yaitu versi biasa dan versi btl. Tapi pada saat itu saya tidak mengetahui apa perbedaan dan kelebihan dari rangkaian btl pada power amplifier ini? Sampai saya membuat percobaan kecil-kecilan untuk membedakan dengan membuat dua rangkaian power TDA2030 versi biasa dan TDA2030 versi btl, bagaimana hasilnya? Lanjut.

Percobaan pertama menggunakan rangkaian power versi biasa, dengan setingan volume hampir penuh, suara yang dihasilkan sudah terdengar pecah. Kemudiaan percobaan kedua menggunakan rangkaian versi btl, dengan setingan volume yang sama, suara yang dihasilkan lebih bulat tidak pecah. Dari hasil percobaan tadi saya menyimpulkan bahwa power btl lebih mempunyai daya lebih besar dari power biasa tanpa btl. Cara btl-nya pun cukup mudah, tanpa penambahan rangkaian, hanya penambahan beberapa resistor pada rangkaian power pun sudah bisa di btl.

Kemudian muncul ide bagaimana jika power amplifier yang di btl pada dasarnya sudah mempunyai daya yang besar misal power ocl 150 watt, kemudian di btl, apakah juga akan menghasilkan daya yang lebih besar pula seperti pada percobaan saya tadi diatas? menurut saya jawabannya adalah ya, bisa menambah daya lebih besar dari versi power biasa. Tapi kabarnya power btl sangat rawan membuat spul speaker cepat rusak atau jebol. Mungkin daya yang dihasilkan power btl terlampau besar dan tidak diimbangi dengan beban speaker yang memadai, sehingga terjadi over daya pada speaker yang menyebabkan spul cepat panas kemudian terbakar.

Mari kita lanjut bagaimana cara mem-btlnya. Ada beberapa metode atau cara mem-btl power amplifier. Dari cara yang paling sederhana dan ada juga yang menggunakan tambahan rangkaian btl. Tujuan penambahan rangkaian btl ini adalah untuk membalik fasa suara 180 derajat yang kemudian diumpankan pada dua power amplifier mono atau satu power amplifier stereo. Yang mana power Left mendapat sinyal fasa positif, kemudian power Right mendapat sinyal fasa negatif. Output speaker pada rangkaian power btl tidak menggunakan GND atau ground. Kenapa tidak menggunakan ground? Karena sudah digantikan dengan out fasa negatif dari power amplifier satunya yang diberi input dengan fasa negatif. Sehingga output speaker adalah dari output speaker kedua power amplifier. Yang mana power Left adalah output positif dan power Right adalah output negatif. Semoga disini anda sudah paham.

Supaya lebih paham, berikut adalah gambar bagaimana sistem dua power di btl.

Dari gambaran rangkain diatas dapat disimpulkan bahwa untuk mem-btl power amplifier hanya dibutuhkan R-BTL dengan nilai 33K yang diambilkan dari output speaker power atas, kemudian diumpankan munuju inverting input power bawah untuk menghasilkan output fasa negatif. Sehingga jika di aplikasikan pada rangkaian ocl 150 watt hasilnya seperti dibawah ini.

Gambar diatas adalah gambaran bagian penguat input saja untuk memudahkan penjelasan. Gambar diatas terlihat R-BTL 33K sudah dirangkai seperti pada gambar sebelumnya. Output power atas masuk R-BTL 33K kemudian diumpankan menuju jalur inverting input power bawah untuk menghasilkan fasa negatif dan input power bawah di groundkan. Berikut adalah gambar aplikasi pada pcb ocl 150W yang diberi R-BTL.

Cara diatas adalah cara paling sederhana untuk mem-btl power amplifier. Ada juga cara mem-btl power amplifier dengan penambahan rangkaian pembalik fasa. Perbedaannya jika anda menggunakan rangkaian pembalik fasa, maka power amplifier tidak perlu di rubah atau dimodifikasi menggunakan R-BTL, karena sudah ada rangkaian pembalik fasanya. Sehingga tinggal pasang output fasa positif dan output fasa negatifnya pada kedua input power amplifier. Berikut beberapa rangkaian btl pembalik fasa. Ada dua rangkaian btl pembalik fasa yang bisa dicoba, menggunakan ic dan transistor.

Rangkaian btl pembalik fasa menggunakan ic op-amp.

Gambar diatas adalah rangkaian btl pembalik fasa menggunakan ic op-amp. Tipe ic Op-amp LF353 bisa anda ganti dengan ic op-amp 4558 atau TL072 yang banyak dipasaran. Cara memasangnya tinggal membuatkan supply tegangan simetris 15V-CT-15V untuk rangkaian ini, bisa anda ambilkan dari output extra pada trafo atau dengan trafo sendiri atau dengan penambahan ic regulator 7815 dan 7915 yang disatukan dengan tegangan power amplifiernya. Kemudian output positif masuk ke input power Left dan output negatif masuk input power Right. Output speaker menggunakan output dari kedua output power amplifier. Output power Left adalah output speaker positif dan output power Right adalah output speaker negatif. Tanpa ada settingan yang lain rangkain ini bisa langsung bisa digunakan. 

Rangkaian btl pembalik fasa menggunakan transistor.

Gambar kedua diatas adalah rangkaian btl pembalik fasa menggunakan transistor. Kelihatan sederhana memang, tapi dibutuhkan penyetingan awal dulu sebelum dipasang pada rangkaian power amplifier. Kenapa harus ada penyetingan awal? Gunanya adalah mencari titik balik fasa yang paling optmal mendekati 0, meskipun agak susah minimal sudah mendekati itu sudah baik. Pada rangkaian ada sebuah VR yang berfungsi untuk menyetel fasa kedua output. Bagaimana cara menyetel VR tersebut?

Cara setting trimpot VR pada rangkaian diatas adalah sebagai berikut.
  1. Jadikan satu, resistor output 4K7.
  2. Umpankan gabungan output kedua resistor tersebut ke input power amplifier non BTL.
  3. Setting trimpot VRnya hingga suara paling pelan pada speaker (nyaris tak terdengar), jika masih ada suara yang cukup keras, berarti pembalikan fase belum 180 derajat dan itu berarti belum berhasil.
  4. Jika sudah didapat suara terpelan pada speaker berarti sudah selesai. Siap diumpankan pada dua driver PA non BTL. 
  5. Untuk tegangan supply bisa anda ambilkan dari positif power amplifier.

Perlu diperhatikan dalam pemasangan power BTL ini harus hati-hati. Karena jika ada kesalahan bisa menyebabkan spul speaker anda terbakar atau rusak/jebol. Sebenarnya anda tidak usah takut merakit power BTL, asalkan anda pahami dulu maksud dan tujuan anda mem-btl power amplifier anda untuk apa? Jika dengan kondisi daya watt power amplifier biasa sudah mampu, mengapa harus di btl? Kecuali memang dibutuhkan daya yang extra besar untuk mendrive speaker besar misal 18 inch keatas dengan daya speaker yang juga besar, maka sistem btl ini bisa digunakan untuk membuat power amplifier dengan biaya murah. 

Sistem power BTL sebenarnya juga sudah banyak digunakan pada power mobil. Yang mana BTL digunakan pada power amplifier mobil dengan tegangan terbatas 12VDC. Jadi, supaya bisa menghasilkan daya lebih besar, maka dibuatlah sistem BTL.

300 comments:

  1. Numpang nanya dong mas....
    aku punya Powermizer pro fx PMX 224.
    masalahx R(-) & L(-) pd output Powermizer tdk ada bunyi ke PA.
    sdh sy coba cek RCA yg ke PA gak ada mslh..begitu jg dgn RCA ke source.
    Mohon pencerahanx mas...
    Trima kasih sblmx...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemasangan anda yang keliru itu mas. Powermixer sebenarnya kit yang berfungsi untuk mem-btl power amplifier. Anda baca lagi keterangan di kertas petunjuknya. Output L+ dan L- masuk input power 1. Kemudian output R+ dan R- masuk input power 2. Ingat kedua power tersebut harus stereo, karena akan di btl. Nantinya output speaker tidak menggunakan ground lagi, tapi menggunakan output kedua power tersebut. Untuk lebih mudah anda pahami dulu keterangan petunjuk pemasangannya. Jadi rangkaian ini hanya untuk mem-btl power amplifier bukan untuk yang lain.

      Delete
  2. makasih mas atas responx....
    Cm yg sy maksud dsni Powermizer dlm mode Power Optimizer L( ) & R(-) dgn polaritas speaker R dibalik...bukan Mono BTL ataupun Stereo BTL.
    Sekedar info, aku punya 2 bh Powermizer & 4 PA stereo. Yg 2 bh aku BTL utk Subwoofer, sdgkn yg 2 lagi cm aku optimalkan utk Midlow & Midhigh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin anda yang lebih paham tentang masalah ini. Untuk penggunaan dalam mode power optimizer ya tinggal ubah outputnya saja mas. Tapi menurut saya output tetap harus L+ dan L-, kemudian R+ dan R-. Bukan L- dan R-.

      Delete
  3. Makasih mas...
    cm kalo outputx diambil dr L( ) & L(-) menurut telinga sy audiox jd gak stereo.
    Tapi syukurlah masalah sy sdh teratasi. Penyebab gak ada output dr jalur R(-) & L(-) itu krn VRnya (trimpot) error.....
    Skali lgi makasih krn sdh mau berbagi ilmu & pengalamanx...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok trims juga sudah berkunjung dan share pengalaman di blog ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi rekan-rekan yang lain yang membutuhkan.

      Delete
  4. malam min,,,,saya mau tanya saya ada kipas angin yang no 1 berputar nomr 2 dan 3 gak mau berputar,,,apa masalah nya tu gan,,,,thankssss gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk riyan. Bisa disebabkan saklarnya rusak atau tidak konek. Bisa juga sambungan antar lilitan di dalam dinamo ada yang putus.

      Delete
  5. Kang bahar...kalok power ocl 150 tr TIP 31 TIP 32..dan tr vinal jengkolan 2 set.
    Di kasih tegangan berapa enaknya.
    Di kasih 32 gak panas ta...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk roman. Jangan dikasih tegangan 32V, biasanya jengkol cepat panas kemudian gampang jebol. Tegangan paling pas untuk jengkol adalah menggunakan tegangan 25V-CT-25V dari trafo. Jika lebih dari itu jengkol gampang rusak.

      Delete
  6. Okee kang...soalnya tak kasih 18 ct 18 kurang setrumnya....

    ReplyDelete
  7. Kang bahar elco yang enak buat power ocl berapa volt dan berap uf elco yang besar deket travo itu lo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang sering dipakai adalah elco 10.000uf/50v

      Delete
  8. Okee kang berangkat belii...

    Tadi aku sekalian beli kit mp3.kan di situ minta tegagangan 12 volt,dan saya kasih 12 volt dari galaxi turb bas kenapa ic kit mp3ne panas kang...

    Mohon pencerahanya gan baru blajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Normalnya memang seperti itu mas. Jika ingin lebih dingin, turunkan tegangan supply mp3nya, aslinya kan pakai 12v, nah anda turunkan menjadi 9v atau 6v. Pakai ic regulator 7809 atau 7806.

      Delete
  9. mas bahar asalamualaikum..
    mau tanya yo mas..
    trafo 10a ct 32v itu yg bgus elconya berapa buah dan berapa ukuranya.dan diode kuproknya berapa amper..
    untuk menyupply power sanken 400w..
    matur suwon sng akeh mah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Trafo 10A, diode kuproknya pakai 15A, 20A, 25A atau 30A, pilih salah satu. Intinya amper diode kuprok harus diatas amper trafo. Untuk elco, jika PA stereo, gunakan 4 buah elco 10.000uf/50v. Jika PA mono gunakan 2 buah elco 10.000uf/50v.

      Delete
  10. sip mas makasih..
    kalo voltase elconya lebih dri 50v hasilnya(pengaruh) gimana mas..
    d tunggu responya yo mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau voltase elco lebih dari 50v, malah lebih baik, tidak ada pengaruh apa-apa. Cuman harga elco diatas 50v lebih mahal. Jadi kalau anggarannya cukup gak masalah.

      Delete
  11. ya mas makasih responya..
    mas speaker acr pro 12" 500watt d jadikan subwoofer hasilnya gimana ya..(tidak fullrange)
    ada saran mungkin mas..
    saya ada pcs speaker trsebut..
    makasih lagi😃😃..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Speaker acr pro full range, gak bisa dirubah ke subwoofer, karena desain spul dan kerangka beda. Jika dipaksa hasilnya tidak maksimal. Jadi speaker sudah ada karakternya masing-masing tidak bisa dirubah.

      Delete
  12. hadeehh brati ttep untuk midle aja ya mas..
    trus 12in yang ccok untuk sub bas ky gimana mas..

    mas saya ada msalah di kit speaker protector
    kalo tanpa kit spker protector hasil suara plong jelas dan jos..tapi bunyi mak DUG..
    tapi klo di psang kit spker protect suaranya ga sebagus kalo tanpa kit spker protect..
    pdahal pmsanganya udah bener tuh..
    salah apanya ya mas kira2..
    pusing mkirin ini dr tdi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling bisa dirubah ke woofer, tinggal ganti daun speakernya saja. Ingat penggantian daun speaker gak bisa sembarangan, jika tidak pas/center, spul bisa geser, kecuali jika anda sudah mahir dalam hal ini. Untuk speaker protektor, suara gak plong, kemungkinan relay kurang bagus. Gak ada hubungannya dengan rangkaian PA, karena yang di sensor hanya output speaker. Sebagai kontak otomatisnya hanya pada relay sebagai penyambung dan pemutus speaker dan PA.

      Delete
  13. hhheee nda berani saya...
    mas menurut sampean kit power yang suaranya bersih/real dan cenderung basnya pulen itu jenis apa..tapi yang standar aja nda modif
    saya pake power safari suaranya bagus di midle aja..untuk bas suaranya kaya bedug mesjid..
    kasih info dan ilmunya mas..hhheeee jngan bosen ngajarin saya y mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bunda anez. Masalah pemilihan kit power itu tergantung selera. Karena jika saya menyarankan power A belum tentu menurut telinga anda cocok. Jadi menurut saya, kit apapun tidak masalah. Masalah bass pulen atau tidak? Tergantung penyetelan audionya saja, bukan dari kit powernya. Itu menurut saya loh mas, mungkin beda dengan yang lain.

      Delete
  14. maap mau nanya apa cara semua btl power sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk amir. Maaf baru balas. Cara btl semua power sama. Yang berbeda adalah komponen atau rangkaian yang digunakan. Ada yang langsung, ada yang menggunakan transistor dan ic op amp. Silahkan pilih salah satu diantara itu. Mana yang baik? Coba saja semua cara diatas. Paling sederhana dan murah adalah dengan cara langsung menggunakan R33K. Caranya sudah saya jelaskan di atas.

      Delete
  15. aslmkm slm knl boleh dong nanya sbb lg tarap belajar

    ReplyDelete
  16. cara btl pake transistor tipenya berapa trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa menggunakan tr tipe C945, C828, C1815, C536 dan yang lain yang sejenis.

      Delete
  17. maaf mau tanya kalau untuk membuat output btl ke biasa bagaimana ya?mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ari. Maaf baru balas, Out btl menjadi biasa. tinggal rubah jalur speaker yang tadinya (+)(+) dari power, menjadi (+)(-) dari rangkaian powernya. Kemudian input dipisah menjadi input L dan R.

      Delete
  18. mas mau nannya kenapa meteran kwh saya berdaya 900 saya pasang stavolt 5000va kok turun ya mcb meteran, apa penyebabnya....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk abu. Maaf baru balas. Itu stavolnya benar 5000VA atau 500VA. Jika stavolt 5000VA jelas trip mas karena kurang daya. Harusnya stavolt yang digunakan tidah lebih dari 900VA.

      Delete
  19. trimakasih banyak mas, maap jangan bosen yah

    ReplyDelete
  20. mas mau tanya saya pnya kit safari 400 watt mono

    cara pasang tr finalnya gimana?
    di kitnya cuma ada kode A B C - 0 D
    dan mohon penjelasannya trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak susah jelasinnya kalau tidak pakai gambar. Nanti akan saya posting mas untuk penjelasan lebih lengkap. Itu urutan yang benar adalah A B GND + GND - C . Untuk A konek ke kaki basis tr sanken 2SC2922. Untuk B konek ke gabungan Resistor kapur 0,5ohm/5w dari kaki emitor, juga sebagai output (+) speaker . Untuk GND konek ke CT dan (-) speaker. Untuk + konek ke supply +. Untuk - konek ke supply -. Untuk C konek ke basis tr 2SA1216. Jika masih bingung, tunggu posting dari saya.

      Delete
  21. Replies
    1. Konek ke simetris power supply (+) (-) (ct).

      Delete
  22. kalau yanv A B C D ini yg aku bngung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas, tunggu saja posting dari saya biar lebih jelas.

      Delete
  23. Replies
    1. Untuk ilham. Sudah saya posting mas cara penyambungan pcb power safari 400 wattnya. Bisa dilihat biar lebih jelas, berikut linknya http://bahar-electronic.blogspot.co.id/2016/09/cara-penyambungan-pcb-power-safari-400-w.html

      Delete
  24. Numpang Tanya mad..
    Kalok TR finalny 4 pasang ...
    Kan sebelah r 33k ada 2.....
    Gmn tu Cara btl btl??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan cari R btl 33K yang dijalur output speaker, bukan R 33K yang lain. Diatas sudah ada gambarnya mas. Silahkan di cek lagi.

      Delete
    2. Kalok yg gambar mas ..
      Itu TR finalny cmn 2 pasang..
      Jd 33k NY cmn satu..
      Pnya saya ocl 300 watt.
      TR finalny 4 pasang..
      R 33k yg ke speker kanan ADA 2
      Yg kiri ADA 2...

      Delete
  25. Oh iya mas ketemu..
    Rupanya yang 2 yg 330 ohm..
    Maaf mas kurang mrmperhatikan..
    Jd kalok 300 watt stereo..
    Kluar NY kira2 brp watt kalok CT 24
    5ampere??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai tr final 3055/2955 2 pasang, menghasilkan daya kurang lebih 200 watt.

      Delete
  26. Soalny TR final saya 4 pasang..
    Tip 3055/2955
    Untuk speaker 500 watt..
    Kmngkinan tahan ya mas??
    Rencanane buat bass guitar..
    Trimakasih ya mas infony bermanfaat bnget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih mampu untuk maksimal 2 speaker. Jika pakai hanya satu speaker saya rasa masih mampu.

      Delete
  27. Mas nanya lagi klu ocl 150w jengkolan ganti dengan sanken bisa ngga ada perubahan di suara ngga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Perubahan suara ada. Tapi bukan tambah bass dan treble loh ya. Suara akan terdengar lebih bulat gak gampang pecah pada beban maksimal. Dan bisa untuk tegangan 32v dari trafo. Tapi jika trafonya kecil ya percuma pakai sanken. Minimal trafo 10A, baru kuat untuk dorong tr final sanken.

      Delete
  28. Mas bisakah power ic tda7266sa dbtl..jd lgsung d ambilkan out positf sm positif..
    Trimkasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. TDA7266 desain aslinya memang sudah di BTL. Jadi menurut saya tidak bisa di BTL lagi mas, karena out speaker sudah dari out kedua ampli dan sudah tidak menggunakan ground pada out speakernya, kecuali ic power yang masih single power dan masih menggunakan ground pada out speakernya, baru bisa di BTL.

      Delete
    2. Mas admin.. jika power steroe 150 watt. Jika diberi tr final 2set 5200 .per kanalnya. N dg daya 32ct volt . Itu keluar brapa watt

      Delete
    3. Antara 100-150 watt mas. lebih bagus daripada TIP3055/2955.

      Delete
  29. Perlu diperhatikan dalam pemasangan power BTL ini harus hati-hati. Karena jika ada kesalahan bisa menyebabkan spul speaker anda terbakar atau rusak/jebol.
    Maksudnya kesalahan yg gimana mas..trus apa benar pd sistem btl tr final mudah jebol. klo ya itu kenapa. terimakasih mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut ane ..gunakan catu daya rendh dulu. Mngkin tr gmpang panas /jebol tu krna kelebihan daya . Mngkin gain kanal kiri n kanan belum seimbang. Mksde panase gak imbang kiri ma kanan. Bisa sja pemasangan jalur r33 belum pas .menurut ane ● pasang r33 pada bagian speker trus jumper dg kabel ke tr driver basis A564 yg terhubung dg r47/r33 pda driver● .usahakan pake volt kecil buat testing. Klu dah imbang panase .lu kasih yg lvih besar / bertahap .

      Delete
    2. Sudah dijawab sama agan diatas ini. Mantap mas.

      Delete
    3. oke makasih kang Duwi kang Bahar...
      klo yg pake op amp itu apa yakin gain out + dan - sama/seimbang..bgm cara nge test nya ..apa spt yg pakai tr...
      dari ke 3 cara di atas mana yg paling bagus dan aman menurut sampean..suwun

      Delete
    4. Caranya sama seperti yg pakai tr. Cuma untuk yg pakai ic op amp tidak dibutuhkan penyetelan lagi, karena ic op amp sudah seimbang inputnya, beda dengan tr. Ketiga cara btl diatas pada dasarnya sama. Kalau pingin murah dan mudah, pakai cara pertama. Kalau ingin lebih bagus pakai yang ic op amp.

      Delete
    5. makasih mas infonya.. makasih banget

      Delete
  30. Mas bahar...di rmh power ocl sya yg L atau yg R sya lupa terbakar cara memulihkan seperti asal yg hrs di ganti apanya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terbakarnya di posisi mana? Coba ganti tr driver dan final, R kapur, diode IN4148.

      Delete
  31. Mksh mas..akan sya coba..mksh banyak mar bahar ulum

    ReplyDelete
  32. salam kenal mas bro, ikut nyimak jadi ikut tanya, mohon pencerahan, kalau dua buah power ocl masing masing di bridge( btl) terus di jadiin satu itu bisa jadi satu power stereo nda mas, maksudnya 2 power stereo digabung setelah masing2 di btl mas, kira kira gimana,? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah membaca ulasan tentang power BTL terus di BTL lagi. Tapi menurut saya gak bisa mas, yang bisa hanya PA stereo kemudian di BTL. Setelah di BTL tidak bisa di BTL lagi.

      Delete
  33. Mas bahar biasanya power sahabis di btl tr final atau jengkolan akan tambah panas..yg sya tanyakan bagaimna cra mengatasinya supaya tdk panas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perbesar pendingin dan tambah fan kipas angin.

      Delete
  34. selamat malam mas bahar salam ketemu lagi...saya berniat menyusun/membuat spieker 10" 500-1000 wat/spieker dgn cara 5 kiri dalam 1 box dan 5 kanan dalam 1 box, power bagaimana yang saya akan gunakan ? rencana yang dorong spieker adalah power patent, kira2 pada power patent dengan spek apa dan bagaimana yg saya akan gunakan ? tx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya pakai Power apex atau blazer stereo 1000 watt keatas dengan tr final 5 set sanken kanan dan 5 set sanken kiri. Trafo 15A dengan tegangan 32v-ct-32v. Jika dirasa terlalu mahal, bisa gunakan PA safari stereo 400 watt dengan tr final 2 set kanan dan 2 set kiri. Trafo 10A dengan tegangan 32v-ct-32v.

      Delete
    2. terima kasih mas, saya akan mencoba saran mas...kalo sdh sy coba, saya akan beritahu mas kurang dan lebihnya yang saya buat.

      Delete
  35. Mas me btl power ocl 150w streo r33k di gabungkan kemana soale pcb yg mas contohkan di atas sma punya sya berbeda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda lihat gambar yang kedua mas. Jadi anda urut saja Jalur speaker, akan menuju sebuah resistor 33K. Yang mana satu kaki konek ke speaker dan kaki satunya lagi konek ke kaki basis tr A564 inverting. Nah anda ambil satu resistor 33K, kemudian konek Ke speaker out chanel L. Kemudian kaki satunya konek ke R 33K chanel R yang jalur ke basis tr A564. Kemudian input chanel R disambung ke gnd. Jadi inputnya sekarang lewat input chanel L, kemudian output speakernya chanel L sebagai out +, dan out chanel R sebagai out -.

      Delete
  36. Di power sya tr nya tdk A564 mas tp A733...itu gmn mas

    ReplyDelete
  37. Di power sya tr nya pake A733 mas..trs r33k ada dua yg satu di atas dan yg satu lagi di bawah itu yg mana mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda lihat cari R 33K yang terhubung dengan out speaker mas. R33K yg lain biarkan.

      Delete
  38. Wuihhh....suwarane muantep mas habis sya btl..sangat elegan sya suka banget apa lagi di mainkan sma mixer rakitan sya tmbh josss..matur sembah nuwun mas bahar

    ReplyDelete
  39. Habis di btl klo mau masang galaksi gmn mas itu kan streo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Out dari galaxi yang stereo itu digabung jadi satu menggunakan 2 resistor 10K. Jadi out galaxi L beri R 10K, out galaxi R beri R 10K, kemudian out dari kedua resistor tadi digabung jadi satu, kemudian konek ke input PA.

      Delete
  40. Di gabung ke tone kontrol apa PA mas..trs inputnya juga sama di gabung jadi satu apa gk..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg digabung cuma out galaxinya saja mas. Disambung setelah tone control.

      Delete
  41. Kang bahar maaf saya mau tanya , di PCB power ampli saya dioda bawaannya pakai 1n4148 sedangkan di PCB tertulis 1n4002 saya mau ganti dengan 1n4007 apa bisa ?
    Mohon pencerahan nya makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Diode IN4002 sama dengan IN4007, cuma beda di tegangannya saja. IN4007 bisa untuk tegangan maksimal 1000v. Sedangkan diode IN4002 mampu maks 100v.

      Delete
    2. Makasih mas atas pencerahanya , trus kit power ampli BTL streo 300 watt apakah sudah BTL apa harus di BTL lagi ?

      Delete
    3. Lihat saja rangkaian mas. Kalau stereo berarti ada dua pilihan biasanya. Bisa stereo, bisa BTL. Ada jumper atau switch untuk memilihnya.

      Delete
    4. Makasih mass bahar , setelah saya koreksi lagi ternyata powernya Streo tapi saya ganti 330 OHM dengan 33K
      Suara nya jadi pulen ?
      Tpi sebelum saya BTL ada kendala sama dioda nya ,setelah saya ganti dengan 1n4007 knapa ya volume di nada rendah jadi kecil klo sebelum di ganti itu udah paling gede menurut sya
      Kira" apa masalah nya ya mas ?

      Delete
    5. Coba diode balikin pakai IN4148, suaranya gimana? Itu R yg diganti sebelah mana mas?

      Delete
    6. Udh mas bahar suara nya keras di nada rendah tpi trebel aga pecah dikit , tpi klo di nada tinggi adem tpi bass nya kurang pas di telinga , yang conect ke out speaker bukan ?

      Delete
    7. Ya itu plus minusnya mas. Kalau saya milih bassnya kurang tapi treble gak pecah.

      Delete
    8. Iyh makasih mass atas pencerahan nya , sukses selalu masss trus berkaryaa hehe :D (y) I like

      Delete
  42. tertarik mem BTL om bahar mohon dukungannya.., langsung praktek oh ya om bagus nya saya beli power ocl stereo yang baru ya.., apa bisa langsung BTL mas tanpa otak atik yang lain dulu terima kasih..., di tunggu responnya om bahar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ocl stereo kemudian di btl. Bisa langsung di btl. Caranya lihat skema diatas mas. Pakai cara yg pertama, yaitu dengan menambah Resistor 33K.

      Delete
  43. Sorry mas Bahar, ijin share pengalaman utk tmn2 elektro,
    lagi beres2 brg2 elektro di gudang,,ehh ketemu trafo 10A 40vac. Iseng2 gw rakit pake blazer hyperplus stereo, 3set kiri & 3set kanan (toshiba). elco 10.000uf/100v 4bh. bridge 35A. Speaker 15" DAT 200w 2bh. Coba gw conect lewat powermizer mode Power Optimizer PMX 224, Hasilnya...Kaca & atap rumah bergetar pd posisi VR jam 11.
    Nada 3 way semuanya clean. (grafik eq semuanya flat).
    Gw coba jln keluar rmh kira2 400m, semua frequency terdengar jelas. Tapi semakin jauh semakin low...Utk mode BTL gw coba Blackspider 18" 750w 2bh. Hasilx bisa utk woofer organ tunggal minimalis....
    Sekali lagi sy tdk bermaksud apa2 cm share pengalaman sja.
    Makasih Mas Bahar...

    ReplyDelete
  44. om bahar, abis langsung praktek di TKP, btl dari r33k ke speaker L sudah ku lakukan sesuai sekema yang di atas, tapi yang bikin bingung auput capasitor 4.7 itukan di grounkan tapi di sekema power ocl ku udah grounding secara sendirinya apa perlu di grounding ulang mas, alhasil btl udah jadi sich awal di grounding tapi suara tidak keluar tapi pada saat ku tempel grounding langsung suara mantabb cuma yang bikin ragu aja tr pinalku panas sekali padahal udah aku seri jadi 2 pasang yang awalnya satu pasang sesuai skema pembelian pertama. mohon pencerahan om bahar. terima kasih sory banyak tanya maklum lagi mulai hobi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba voltase trafo diturunkan jadi 32v-ct-32v. Tambahkan kipas atau fan mas. Biar lebih dingin.

      Delete
  45. senang sekali dengan om bahar setiap pertanyaan pasti di jawab.semoga sukses om, ohya om, perlu naya lagi ni om, aku pake trafo 10A tegangan 18 volt, driver power streo, udah aku btl, trus transistor driver ku buat 2 tinkat mengunakan tip 41 dan 42, transitor pinalku ku buat 2 pasang yang awalnya hanya satu pasang, tr pinal mnggunakan TIP 2955 dan TIP 3055 tapi transistor pinal masih panas om hanya naekan volume sedikit aja transistor pinal udah panas jadi aku gk brani sampai setengah om apa lagi dalam waktu 5 menit takunya tr pinalku rusak om, kiri-kira ni masalah nya dimana om ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin penyebabnya adalah anda modifikasi tr driver jadi 2 tingkat. Coba tr driver kembalikan seperti semula 1 tingkat mas. Jangan 2 tingkat.

      Delete
  46. Om bahar mau nanya lagi jika power BTL amplifier streo 300 watt merek PUMA/ PJ300 watt enak nya pake trafo berapa Amper ?

    Sedangkan power btl 300 watt saya saya pake 12 CT 12 trafo 5A , tapi PSU nya kurang daya , jika pke 25 CT 25 kenapa jebol ya ?
    Kira kira masalahnya di mna ya mass bahar ?
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. PA 300w pakai trafo minimal 10A biasa.
      2. Mungkin kualitas tr finalnya jelek. Tr finalnya pakai tipe berapa?

      Delete
    2. 1.10 A biasa ga ada , adanya yang murni Sama 5 A murni bisa ga mass bahar ?
      2.MJ2955+2N3055 punya malesyia , tpi klo yang jebol itu KW1 merek toshiba

      Delete
    3. Mass bahar maaf mau tanya lagi , cara pasang sound protector itu gimna ya ?
      Klo boleh bisa di kirim ga layout nya ke (blackmambo7666@gmail.com)
      Saya tunggu respon nya ?

      Delete
    4. 1. Bisa mas, tambah bagus. Kalau mau maksimal pakai saja yg 10A murni. Kalau hanya untuk keperluan dirumah, pakai saja yg 5A murni.
      2. Coba ganti saja dengan sanken mas.

      Delete
  47. Asslmualkm, mas mau nanya btl ocl 150w kuat ngga utk sepiker 18" dan berapa sepiker

    ReplyDelete
  48. tanya kang, power ic stk4192II stereo 50w, bisa ndak kang di btl?, kalo bisa gimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertiya bisa mas. Gunakan rangkain btl saja biar mudah. Gambar skema ada diatas. Atau beli rangkaian btl untuk ampli yang jadi banyak. Caranya tinggl pasang rangkaian btl, out ada 2 masuk ampli, kemudian input dari rangkain btl ada satu untuk inputnya. Supply ikutkan pada ampli.

      Delete
    2. kalo liat skema power ampli ic ada yg bisa btl hanya cuma input yg satu dgrondkan pake resistor...
      utk stk4192II saya liat didatasheet ndak ada skema btl-nya

      Delete
    3. Memang gak ada mas. Tapi sebenarnya bisa mas di btl. Diatas kan saya kasih pilihan yg gampang, gk udah modif rangkaian icnya, tinggal tambah rangkaian btl dan selesai. Untuk modif btl rangkaian ic STK4192II tanpa rangkaian, perlu pembahasan sendiri mas. Tidak bisa hanya sekedar menggroundkan salah satu input saja.

      Delete
  49. biar maksimal pake power apa mas, dan perlu btl apa ngga utk sepiker 18" dan brapa spikernya trimakasih infonya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau belum buat, mending buat power biasa saja mas. Coba power apex 600watt untuk satu speaker 18". Mungkin 2 buah masih mampu.

      Delete
  50. salam kenal mas
    bagaimana memasang vr trimpot untuk bias pada power 400 watt? dimana pasangnya..? terimakaih buanyak sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mas. Untuk jenis power ampli yang gak ada VR biasnya, sebenarnya gak perlu lagi dipasang VR bias, karena bias sudah disetting pas dan gak perlu diset lagi. Jika tetap ingin ditambah VR bias, ada tambahan beberapa komponen tr dan R, bukan hanya dengan VR saja. Perlu pembahasan sendiri mas.

      Delete
  51. wuih....cepet banget responnya
    teri makasih mas. semoga panjang umur..

    ReplyDelete
  52. mas,utk power apexnya perlu di btl apa ngga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya, jangan di BTL dulu mas. Test saja dulu dengan power amplifier biasa, hasilnya bagaimana? Kalau hasilnya sudah bagus, ya gak usah di btl.

      Delete
  53. Aslkum mas bahar..,ampli ku tak gawe btl,,trafonya kok panas ya..,apa emang begitu klo btl?tp sy coba 2 jam gak ada mslah,,,cm panas aja di trafonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang begitu mas, bisa diberi kipas atau fan agar lebih dingin.

      Delete
    2. Misalnya saya tambah trafo 1 lagi dgn amper dan merk yg sama apa agak mendingan panasnya mas? Soalnya sy pakai trafo 10a kecil.,Tr pakai thosiba 5200 6set?mohon bantuannya mas...,,trimx

      Delete
    3. Bisa mas. Caranya digabung saja trafonya. Caranya bisa anda baca disini mas http://bahar-electronic.blogspot.co.id/2014/11/cara-menggabungkan-2-trafo-ct-untuk.html?m=1

      Delete
  54. Maap mas nanya lagi mas aku kan pingin buat sound sistem powernya berapa buah yah, utk masing masing sepiker dan pake power apa aja, dan yg 18" pake power apex dan yg lain pake power apa aja utk yg 15" 12" dn twiter trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minimal pakai power 3 buah. 1 buah untuk bass 18", 1 buah untuk bass midle 15", 1 buah untuk midle treble 12" plus tweater. Untuk power pakai apex semua. Untuk yang 15", 12", tweater gak usah di btl.

      Delete
  55. Numpang Tanya mas, pemasangan spkr protector pads power btl gimana yaa? Out power btl man visa do bolak balik jd apakah harus memakai spk protected stereo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ketut. Speaker protektor kan biasanya juga stereo. Jadi pemasangannya seperti ini mas, kabel out speaker kan ada dua, nah pilih salah satu untuk dipotong, yg satunya biarin tersambung. Nah Setelah salah satu kabel dipotong, kabel yg dari out ampli masuk ke IN speaker protektor, kemudian kabel yg dari speaker masuk OUT speaker protektor, GND gak usah dipakai, karena PAnya btl. Jadi yang dipakai salah satu kabel saja mas yang diputus. Kabel satunya biarin tersambung. Seperti anda pasang saklar lampu.

      Delete
  56. salam kenal mas Bahar Ulum. Numpang tanya,pada Reisistor RX( 270 ohm ) pada ampli stereo kit 150watt kebakar dan setelah diganti baru tetap sama kebakar lagi. kira kira apanya lagi yang rusak? mohon bantuannya terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu resistor RX sebelah mana mas? Kok saya baru tahu ada resistor RX 270 ohm. Setahu saya gak ada R 270 ohm di power 150watt.

      Delete
    2. letak resistor 270 ohm tepat disamping 12v ct 12v mas bahar.

      Delete
    3. resistor 270 ohm (Red,Violet,Brown,Gold)hanya ada 2 resistor dan semua itu gosong lagi setelah beberapa diganti.letaknya disamping in 12/18v ct 12/18v.

      Delete
    4. Coba foto saja mas. Kirim ke google plus.

      Delete
    5. pake bbm saja klo ada mas bahar,agar lebih mudah 5787E040 bila berkenan. terima kasih

      Delete
    6. Only on google plus mas he..he..

      Delete
  57. Mas bahar...untuk power sound system powernya yg buat sub 18" perlu power brpa wat..trs cara membuat canel A canel B itu gmn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kebutuhan mas. Kurang lebih 1000 watt. Menurut saya chanel A B itu sama dengan stereo L R mas.

      Delete
  58. Trs cara membuat suara midle sma tuwiter itu nambah apa di powernya mas bahar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya gak perlu nambah apa-apa mas. Cuma butuh crossover saja untuk memisah nada low mid high. Jadi keluaran dari pengatur suara nantinya ada tiga low mid dan high, hubungkan ke power masing-masing sesuai dg tugasnya. Out low untuk power low, out midle untuk power midle, out high untuk power high. Jadi power gak perlu dirubah atau ditambah rangkaian, karena suara sudah dipisah oleh crossover.

      Delete
  59. Trs..ukuran diesel dan dinamo yg di gunakan berapa besar mas..trs dalam koneksi membutuhkan sekring sprti di rmh atau dari dinamo lnsng ke audio

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umumnya orang rental menggunakan diesel 12pk dan dinamo 10000watt. Harus pakai sekering sebelum ke audio. Selain sekering, pasang juga voltmeter 220v pada dinamo, untuk melihat tegangan keluaran dinamo. Jadi jangan dipasang ke audio dulu, sebelum tegangan dari dinamo stabil 220v. Setting putaran dinamo sampai menghasilkan tegangan 220v, tunggu beberapa menit, apakah tegangan sudah stabil 220v, jika sudah stabil, baru konek ke audio. Untuk sekering pakai yg model MCB, pakai MCB 6A atau 10A. Tergantung beban.

      Delete
  60. Untuk skring pakai 1 atau 2 mas trs pakai yg brpa vol...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai 2 MCB 6A 220v. Satu untuk audio dan satunya untuk lampu.

      Delete
  61. Oke mksh mas...ma'af nanya trs hehe

    ReplyDelete
  62. Berati cukup mcb aja ya mas bahar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, ditambah voltmeter untuk cek tegangan outputnya.

      Delete
  63. Maaf mas bahar, btl speaker aktif bisa gak mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, tapi buat apa, speakernya nanti kasihan, gak kuat. Toh nanti jika di btl, power jadi mono.

      Delete
  64. Mas mau tanya..? aku mau btl power amp bell 300w yg dah ada capasitornya.bisa gak ya di BTL...? tolong kasih tahu line power travo ama audio in nya ya mas....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan upload gambar pcb power di google plus. Nanti saya jelaskan disana. Kalau tanpa gambar pcb, sulit menjelaskannya.

      Delete
  65. Mas klau power 300w bell pakai tone control parametic bell c40,gimana koneknya klau dah di btl...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Power kalau sudah di BTL akan menjadi mono, dari stereo menjadi mono. Output L R dari parametrik di gabung menggunakan R 2K2, kemudian konek ke input power BTL.

      Delete
  66. Makasih mas,maaf baru buka.inshaallah tambah ilmu dan rezeki nya,gak pelit ngasih ilmu....!

    ReplyDelete
  67. iya mas,tp kan audio in nya kabel nya RGL,dipcb GL kiri,RL kanan.yg dishot diantaranya kan mas, audio in nya pake yg mana..?RL,RG,apa LG...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan sudah jelas ada di gambar atas contohnya. Itu bukan RGL mas, tapi GL dan RG. Artinya gnd-left dan gnd-right. Lah yang dikopel chanel yang mana? Lihat lagi contoh gambar diatas, sudah ada contoh mana input yg dipakai dan mana input yg digroundkan?

      Delete
  68. oh ya mas,mau ty lg nih...?power bell sx 200w bisa gak dijadkan 400w..?bisa gak pake tr pinal malaysia 2n3055/mj2955..? apa aja komponennya yg diganti/ditambah...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dilihat dari pcbya, mirip power ocl 150w. Bisa tinggal ganti sanken. Gak ada yg perlu dirubah. Bisa pakai jengkol malaysia 2N3055/MJ2955, tapi maks tegangan 25v-ct-25v.

      Delete
  69. kang,pnyaq mesti angus dbagian TIP BD 139 kadang BD140 bserta r300 n dioda ZD. pdhal udh gnti2 bru, ni pake power ampli 200watt mono,tone control stereo subwofer.psu elco 6800uf 50v×8.trafo 5A.speaker 8" 2buah.apax yg salah bang???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin salah pasang posisi/kebalik tr driver BD139/140. Tr BD139 ada dijalur (+) dan BD140 ada di jalur (-). Kaki BCE nya apakah sudah benar dan tidak terbalik? Cek juga tr final, mungkin tr final sudah short/konslet.

      Delete
  70. pagi kang...!kang aku punya travo 3A,rencana buat test power aja.outputnya (ac9v,ac12v,ac15v)bisa gak ya dibuat ct...? soalnya ov nya gak ada...?

    ReplyDelete
  71. oh ya kang,aq pny travo bks antena parabola 5A.kabelnya kubukain lupa...!kabel yg lebih kecil ada 4,1234.12,10ohm.,34,50ohm.gmn buat ac 220v/110v...? yg besar ada 10 kabel.semuany 5ohm.gmn cara buat volt masing2nya..?cara buat ctnya..? maaf klau susah mahaminya...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh susah mas. Gak bisa diomongkan disini mas. Perlu cek satu per satu. Takutnya salah konek.

      Delete
  72. Mas,aku punya 2 buah travo.yg 3A,rencananya untuk test power ampli aja.tegangan outputnya 9v,12v,ama15v.bisa gak dijadiin ct..? soalnya 0v nya gak ada...!,yg 5A,lupa kabel emailnya.lilitan primernya ada 4 pin,pin 1dan2 10ohm,pin,3 dan 4 50ohm.gimana nyari 220/110v nya...?lilitan secundernya ada 10pin,semuanya 5ohm.gimana cara th volt nya dan buat ct nya...? pening ya mas...? apa lagi aku,super pening heee...heee.heee...!maaf ya mas klau kalimatnya susah di cerna....!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang susah mas, kalau gak ada tulisannya. Mending gak usah dipakai mas, daripada salah konek.

      Delete
  73. Kang,ocl aku kok sebelah diukur dijalur out speaker ada tegangan...?tapi aku buka r 1k7,bagus.cuma arah ke jalur audio in msh ada.audio in rgl ku ukur bagus.apanya itu ya kang...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngapain diukur segala mas. Test aja langsung keluar suara gak? Normal apa tidak suaranya? Kalau suara sudah normal, ngapain ribet ngukur tegangan out segala.

      Delete
  74. soalnya mas r kapur ama tr jengkol yg ada volt nya yg di speaker out panas banget...?oh ya mas apa kira2 penyakitnya,trBD,139,140,sama D400 kuukur bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti tr finalnya, jika masih panas, ganti sekalian tr drivernya BD139/140 sekalian D400 nya. Ganti juga beberapa diode di area itu. Penyebab panas tersebut adalah ada salah satu tr, entah tr final atau driver ada yang bocor atau short E dan C nya.

      Delete
  75. iya sih kang.cuma penasaran aja,yg sebelah kanan bagus.out speaker ov.kenapa yg kiri ada tegangannya sekitar 12v dc.entar dipasang jengkol nya jebol lagi.rencana sih mau buat 8 shet jengkolnya perkanal.senens sih nengok jengkol apa lagi di rendang..wkwkwkwk,oh ya kang klau dijadikan 8shet perkanal naiknya wattnya...? komponennya yg mana aja diganti..? trafo perlu gak di besarin...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he.. Apalagi buat semur jengkol ha..ha.. Memang saya sendiri suka karakter suara si jengkolan ini. Terutama midlenya yang menonjol, bagus memproduksi suara vokal. Komponen yang lain gak perlu dirubah, trafo gak perlu besar-besar, pakai 10A cukup.

      Delete
  76. nuwun sewu ae mas,,mw tnya,ni ad spasang speker 10" 350watt,seandainya dpasang pda ampli 500watt stereo aman gk mas? matur nuwun mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman mas, asalkan volume jangan terlalu keras.

      Delete
  77. Sore kang bahar...!kang nih power ocl kyknya dah oke,dah hilang volt yg nyasar ke speaker...,cuma belum masuk tr pinal nya.yg mau kendala kang, pcb ocl ku dah ada dioda sama elco nya 2 buah 6800uf 50 v,gimana cara koneksi psu yg udah ada pakai dioda bridge 35A elco 4x10000uf 50v ke pcb ocl ku itu kang...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diode yang di pcb ocl dilepas semuanya mas. Kemudian Rangkai dulu psu dengan kuprox 35A beserta elco 4x10000uf/50v, setelah jadi akan ada 3 jalur yaitu (+)ct(-). Nah 3 jalur itu dikonek ke elco di pcb ocl (+)ct(-).

      Delete
  78. kang,nih ocl dah hidup.cuma suara out kanan dan kiri nya kok besar sebelah..?apanya itu ya kang...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bedanya jauh ya? Kalau beda dikit, itu normal. Bisa dikarenakan input sinyalnya memang gak imbang, bisa jadi karena kualitas suara mp3/vcd yang jelek. Coba anda balik input L R nya, apakah suara yg pelan tetap di posisinya?

      Delete
  79. jauh bedanya mas.awalnya tr BD nya terbalik,aku buka ukur bagus pasang lagi test,kayak gitu deh pincang suaranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah terbalik gitu biasanya sudah open tr nya mas, meskipun gak kelihatan. Ganti kedua tr drivernya. Cek diode 3 berjejer itu biasanya ikut short.

      Delete
  80. ohya kang,klau dah dibtl berarti audio in nya gak pake ground kan RL aja,soalnya baru test dulu.travo bawaan big band polytron ct 28v kuukur outnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang gak pakai ground itu outputnya, bukan input. Untuk input tetap pakai ground, cuma salah satu chanel. Misal yg dipakai input L, tetap pakai input dan gnd. Untuk input yg R konek ke ground.

      Delete
  81. oke kang...ship dah.oh ya kang aku ada speaker model kotak 6"x 4 12 ohm.pake power 200w.perasaan sepermpat volumenya dah menggelegar buat kuping aku di rumah.bisa gak di naikin setenah volumenya...? soalnya speaker nya gak kelihatan wattnys,sekarang aku paralel/box 2 speaker aman gak ya kang...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman mas, asal jangan terlalu keras he..he..

      Delete
  82. kang,nih ocl 300w trD400,trBD139,BD140,mau kuganti paketip31,tip31,tip32.per mononya.aman gak tegangan 28vct. 5A kotor...adakah yg perlu diganti,pake tr pinal jengkol2n/mj malaysia 2 sheets perkanal...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mas, aman. Tapi sebelum tegangan simetris dari elco di konek ke power, cek dulu tegangannya berapa? Kalau diatas 42v jangan di konek ke power, tr jengkol bisa jebol. Maksimal tegangan terukur di elco adalah 35v-ct-35v.

      Delete
  83. alhamdulillah kang jadi juga,gak perlu diganti kyknya tr BD nya.solderannya gak kena di basis nya.mantap kang,cuma kok ada suara agak dengung dan desis apa lagi klau ganti lagu.apanya ya kang..? jengkolnya agak panas kayak nya normal lah.apa ada pengaruh power suplay 12v nya..?soalnya yg voltnya beda tanpa nol voltnya,aku seri semua ketemu 12v ctnya.tolong nasenatnya kang....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa jadi mas. Tegangan minimal ocl adalah 18v-ct-18v. Tegangan optimal ocl 25v-ct-25v. Tegangan maksimal ocl 32v-ct-32v. Jika kurang dari itu biasanya dengung, karena kurang tegangan.

      Delete
  84. oh ya kang sama gak kang,BD,139,140 diganti sama j44 c2073-2,k19 A940...?jengkolnya ganti sama 2955-2955 "k D1047 y925,k B817 y924....?soalnya,itu tr dari ocl 150w juga.

    ReplyDelete
  85. mlm kang,dah kelar kang,ocl 300w aku.penasaran lagi nih,klau trBD,139,ganti tip41,BD140,ganti tip42,D400,ganti tip41,tr pinal pake sanken2922/1216 2sheets.travo 5A ct28v,keluar berapa watt kang...?komponen apa aja yg perlu diganti...? sanggup gak travonya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trafonya 5A besar atau kecil mas? Kalau pakai trafo 5A kecil, kurang maksimal, suara ngedrop. Trafo 5A besar baru kuat.

      Delete
  86. Kang,bisa gak travo beda amphere dan volt nya di bridge...?klau bisa apa efeknya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya tidak bisa mas. Karena nanti jika digabung tegangan dan amper tidak seimbang. Salah satu trafo akan kalah dan panas. Yang jelas yang kalah trafo yang ampernya kecil.

      Delete
  87. Kang,kenapa penghobby electro gandrung ama tr sanken..? kok gak motorolla kyk MJ15003/15004..? klau lihat datasheetsnya gedean jengkolan wattnya...?apa karena harga..? berapa gambaran harga keduanya..?bisa gak jengolan ocl2N3055/MJ2955 diganti pake MJ15003/15004..? apa ada komponennya yg diganti...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini Menurut pengalaman pribadi saya sendiri. Tr Jengkol motorola MJ15003/15004 banyak yang abal-abal alias tidak asli. Anehnya mereka menjual tr motorala palsu tersebut dengan harga hampir sama dengan tr sanken asli, sekitar 50rb per pasang. Banyak orang beranggapan tr itu asli, tapi saya coba sendiri pakai tegangan 42v langsung jebol. Beda dengan sanken, rata-rata bagus trnya yang harga 50rb-an, saya test memang kuat gak jebol. Nah sisi perbedaan inilah yang menurut saya mengapa banyak orang gandrung sama tr sanken, karena barangnya murah, asli, terbukti kuat. Nah kembali ke tr motorola, adakah tr motorola asli? Jawabnya ada, tapi langka, harganya mahal, diatas 100rb-an yang asli. Tapi anda harus extra hati-hati, karena dipasaran banyak tr motorola palsu mirip sekali dengan asli. Daripada kecolongan, mending pakai tr sanken he..he.. Itu versi saya mas.

      Delete