Skip to main content

Skema Power OCL 150 Watt Mono

Untuk melengkapi dan menambah koleksi skema di blog ini saya buatkan katagori atau label tersendiri di bagian SKEMA RANGKAIAN. Disana rencana saya akan kumpulkan beberapa skema rangkaian elektronik yang mudah sebagai bahan referensi jika terjadi kerusakan untuk mengetahui semua komponen yang ada. Berikut adalah skema power OCL 150 watt mono original.

Maksud original disini adalah skema belum dimodifikasi masih asli. Ya kita tahu bahwa power ini banyak sekali digunakan untuk berbagai keperluan misal untuk power rumahan, masjid, acara kecil-kecilan, rapat, sekolah, dll. Karena rangkaiannya yang mudah dan murah, suara yang dihasilkannya pun juga bisa dibilang lumayan bagus tidak mengecewakan.

Tidak ada penyetelan VR macam-macam yang biasanya ada pada power amplifier lainya, misal Setting bias, setting gain, dll. Semuanya sudah di paten menggunakan R. Untungnya nilai Resistor ini bisa dirubah untuk mendapatkan suara yang seperti kita inginkan. Tapi sebenarnya tanpa perubahan pun rangkaian ini sudah bisa langsung digunakan dan hasilnya bagus.

Lanjut sedikit penjelasan dari beberapa komponen ocl 150 watt ini. Mulai dari input awal menggunakan penguat jenis transistor tipe A564 atau A733 sama saja. Kemudian dikuatkan tr tr D400 atau D438 sebelum munuju tr driver. Kemudian tr driver menggunakan BD139 dan BD140. Kedua tr driver ini bisa diganti menggunakan tr D313 dan B507 atau menggunakan tr TIP31 dan TIP32. Kemudiann tr final menggunakan tr jengkol 2N3055 dan MJ2955. Tr final ini juga bisa diganti menggunakan tr TIP3055 dan TIP2955.
Berikut adalah gambar skemanya.

Comments

  1. Kang power ocl biar bas nya empuk gmn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk teratin. Maaf baru balas. Jika ingin bassnya empuk gunakan tr final TIP3055 dan TIP955. Kalau tr jengkol karakter suara lebih midle, tapi kalau tr TIP lebih bass. Selain itu pemakaian tone control juga pengaruh mas. Tambahkan kit turbo bass jika kurang bass.

      Delete
  2. ruriandriuk9@gmail.com
    Boleh tanya tanya via email pak
    Mau tanya tentang ampli nih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mas. Koment di blog saja mas. Nanti akan saya jawab.

      Delete
  3. Slmt mlm Mas Bahar,, mohon bantuannya Mas, cara hitung jumlah lilitan spul speaker gimana Mas. Trims sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..saya belum pernah hitung lilitannya mas. Mungkin ada rumusnya, tapi saya belum tahu. Biasanya saya langsung ganti spul baru, banyak dijual dipasaran, tinggal pasang.

      Delete
    2. Kang bahar tlg gambarkan sekema DC-1 utk HT supaya bisa di colokan ke power suply.

      Delete
    3. Kurang paham maksudnya DC-1 mas?

      Delete
  4. Pagi mas bahar. Maaf mau tanya
    Kl power 150w apa bisa pake tr final 2 set atau lebih, dan apa ada yg perlu di ganti yg drivernya, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada yang perlu diganti. Paling tr driver ganti dengan TIP31/32, dan tr pendorong tr driver dari tr D438 ganti dengan TIP31.

      Delete
  5. Iya makasih mas.
    Tanya lg mas.. Untuk nada midle apa ada rangkainya yg bisa di pake di speker aktif. Tksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk nada midle sebenarnya hanya butuh tambahan filter saja berupa milar dan resistor. Cuma dari pada ribet, beli saja tone control yang ada pot midlenya.

      Delete
  6. Saya mau modif power 400watt mono kira2 apa aja yg perlu di ganti, tksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama ganti tr driver dengan TIP31/32. Diode IN4148 ganti dengan diode IN4007. Sudah hanya itu mas. Kalau kedua komponen itu sudah pakai diatas, ya gak perlu diganti lagi.

      Delete
  7. Mas bahar. Kalo mau gabung travo satu 10 amp, satunya 5 amp, beda merek. Bisa pa gak, trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya gak bisa. Syarat untuk menggabung 2 trafo adalah daya Amper dan Voltase harus sama.

      Delete
  8. Mas bahar,, travo saya 10a tp out cm 32v, kl di out 45 gmn bisa ya. Skema supply, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalau maks volt trafonya cuma 32v, gak bisa dibuat 45v.

      Range tegangannya berapa saja trafonya? Mungkin bisa pakai cara ini mas.
      http://bahar-electronic.blogspot.co.id/2017/01/cara-menambah-tegangan-output-trafo-ct.html?m=1

      Delete
  9. Mantap maz bahar

    Jangan lupa di update terus blognya biar pengunjung betah

    sukses ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas atas kunjungannya. Ya mas insyaalloh akan saya update terus blognya, semoga dapat bermanfaat untuk semua rekan lainnya.

      Delete
  10. mantap, mas bahar juga ada skema power class D nggak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Power class D belum punya mas. Ini masih dalam tahap uji coba dulu.

      Delete
  11. Mas klo pake thosiba kok suaranya sember wktu dinaikan volumenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kebalik pasang tr toshiba nya mas. Cek lagi mana tr toshiba dijalur positif (+) dan tr toshiba dijalur negatif (-)?

      Kalau kebalik ya sember suaranya mas.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.