Sunday, August 14, 2016

SKEMA PRE AMP MIC 1 TRANSISTOR

Next posting kali ini adalah membuat pre amp mic 1 transistor. Posting kali ini sebenarnya adalah janji saya kepada seseorang yang bertanya lewat komentar blog tentang pembuatan pre amp mic. Skema rangkaian pre amp mic ini termasuk generasi awal dan mungkin sudah bisa dikatakan jadul he..he.. Tapi jangan remehkan loh, skema ini pernah populer dahulu pada saat saya masih sekolah di kelas 6 SD dan rangkaian ini sering saya buat untuk keperluan penguat mic pada zaman dahulu.

Menengok sekilas kebelakang skema pre amp ini termasuk rangkaian yang hampir setiap perangkat elektronik audio pasti menggunakan rangkaian ini sebagai penguat micnya. Dan di zaman sekarang pun rangkaian ini masih saya jumpai di sebagian alat elektronik audio misal speaker aktif kelas bawah dengan harga murah. Dulu rangkaian pre amp mic 1 tr ini sering saya buat untuk penguat mic pemancar FM, sehingga kualitas suara mic bisa lebih peka dan enak didengar, bahkan suara jangkrik pun bisa tertangkap mic pada malam hari karena sangat pekanya.

Skema ini tergolong sangat sederhana dan mudah dalam perakitannya. Sudah dilengkapi potensio volume untuk mengatur sinyal audio output. Penggunaan tipe transistor yang juga sangat fleksible bisa diganti-ganti misal transistor C828, C945, C1815, C458, C536, dan seri transistor yang lain yang sejenis. Kemudian pre amp mic ini bisa digunakan untuk jenis mic kondensor atau mic electret yang membutuhkan tegangan supaya bisa digunakan. Dan rangkaian ini bisa juga digunakan untuk jenis mic dinamic yang tidak membutuhkan tegangan untuk menggunakannya, otomatis ada resistor yang dilepas jika menggunakan mic dinamic ini.

Tegangan supply yang digunakan pre amp mic ini bisa menggunakan tegangan mulai dari 6 volt sampai 25 volt. Yang jelas rangkaian pre amp mic ini merupakan idola saya pada zaman dulu karena kesederhanaannya dan mudahnya dalam perakitan. Rangkaian ini sekarang pernah saya jumpai pada rangkaian echo DTK 1 mic yang menggunakan transistor dengan hasil suara yang lumayan bagus. Mungkin diantara rekan-rekan sudah pada ngerti rangkaian ini, tapi tidak ada salahnya saya update lagi bahwa rangkaian pre amp mic 1 transistor ini masih layak digunakan dan hasilnya menurut saya lumayan bagus.

Berikut gambar skema beserta daftar komponennya. Nanti akan saya sertakan juga beberapa modifikasi kecil untuk memaksimalkan fungsi dari rangkaian ini.

Pada gambar terlihat komponen C1 yang tidak tertulis pada skema pada jalur input mic, gambar skema sudah saya perbaiki. Komponen C1 tersebut bisa diganti dari elco 0,1uf atau milar 104 diganti menggunakan elco 1uf/50v untuk menghasilkan suara yang lebih bass dan mantap. Kemudian R1 bisa dilepas jika anda menggunakan jenis mic dinamic. Nah itulah beberapa perubahan komponen untuk menghasilkan suara mic yang lebih bass dan mantap. Jika suara yang dihasilkan kurang peka, anda bisa mengganti nilai R2 dari 220K menjadi lebih besar misal 330K, 470K, 560K, tapi perubahan komponen ini bisa menyebabkan suara akan pecah pada saat suara keras.

UPDATE !!!
Ada komentar blog masuk menanyakan gambar diatas kok gak ada titik koneksinya, apakah disambung semuanya he..he..? Bagi yang sudah paham mungkin gak masalah melihat gambar diatas. Sebagai update dari posting ini, maka gambar sudah saya koreksi menggunakan titik koneksi rangkaian, agar lebih mudah dipahami dan dirakit. Berikut gambar yang sudah saya koreksi.


Bagaimana sudah jelas gambar diatas. Silahkan bagi yang masih bingung, bisa melihat gambar yang sudah saya koreksi. Satu lagi yang lupa saya sertakan pada postingan ini adalah berapa tegangan supply rangkaian pre amp mic 1 TR ini? Rangkaian ini bisa di supply mulai tegangan 5 Volt DC sampai 25 Volt. Jadi sangat fleksible dan dapat beroperasi dengan tegangan tinggi. Jika anda menggunakan tegangan supply diatas 12V untuk rangkaian ini, maka ganti semua elconya dengan elco yang bertegangan 50V. Yaitu elco C1= 1uf/50v, C2= 47uf/50v, C3= 4,7uf/50v. Dan untuk penggunaan transistor tidak harus pakai C828, anda bisa pakai tipe transistor yang lain yang sama NPN nya. Diantara TR yang bisa dipakai adalah C945, C1815, C536, dan TR lainnya yang NPN bisa dipakai. 

Jika anda menggunakan jenis Mic Dinamic, maka R1 dilepas. Dan jika anda menggunakan jenis Mic Condensor yang membutuhkan tegangan agar bisa bunyi, maka R1 dipasang sebagai supply Mic Condensornya agar bisa berfungsi. Jika R1 tidak dipasang, maka Mic Condensor tidak akan bisa berfungsi. Untuk semua Resistor bisa pakai yang 1/4watt atau 1/2watt. Semoga bermanfaat.

53 comments:

  1. Salam mas Bahar,sy mau tanya untuk blazer 2x500watt sanken 4set,elco 10000 80v 6 buah,travo 15A ct 45v, sbaiknya dipasang untuk voltasenya yg 40/45 di travo nya z,,suwun mas

    ReplyDelete
  2. Ok suwun mas,td nya memang 40,cm aku pikir daya kurang max maknya tak rubah yg 45,alhasil Sanken cepet panas bngt,aku pikir si normal,,ternyata kelebihan itu z mas? Suwun

    ReplyDelete
  3. Maaf mas nanya lg kl boleh,, trs power tsebut max bisa pake speaker berapa inc n berpartisipasi Watt? Kl aku pake 2x12 inc untuk R,trs yg L tk kasih 15 inc 850 Watt mampu maximal gk z power tersebut? Suwun mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komposisi speakernya sudah pas itu mas. Chanel R untuk speaker 2x12", kemudian chanel L untuk speaker 15" 850 watt. Untuk maks speaker sebenarnya sebenarnya tidak masalah lebih banyak dari itu. Menurut saya buat acuan saja maks speaker 3 x watt power, ini bukan rumus pasti loh mas, hanya sebagai acuan saja. Jadi jika power anda 500 watt, maka maks speaker total 1500 watt. Ingat ini hanya sebagai perbandingan saja. Hasil di lapangan bisa saja berbeda.

      Delete
    2. Suwun pnjelasane mas,mau nanya lg ms,pwer blazer ku yg R kn ada dua set Sanken 2SA1295 dan 2SC3264,disaat power bekerja kok salah satu Sanken 2SA1295 itu panasnya berlebih z,,pdhl Sanken yg 3 panasnya normal,tp suara tetep normal atau gk cacat,,kira* panas yg brlebih itu normal gk z mas?

      Delete
    3. Mungkin salah satu tr sankennya ada yang sedikit jelek, hfe nya beda. Tapi jarang terjadi mas. Untuk memastikan, coba anda tukar tempat tr sankennya, kemudian coba, apakah tr sanken yang tadinya panas bisa normal? Ataukah posisi panasnya tetap?

      Delete
  4. Ok,kl misal ditukar tetap panas solusinya gmn? Trs kl TR yg lain di tempakn disitu panas jg n yg td nya TR panas jd normal solusinya gmn jg z mas,suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda coba dulu mas, hasilnya seperti apa? Nanti bisa di share disini.

      Delete
  5. Sudah sy tuker Sanken nya mas,TR yg panas trsbt sdh normal, trs yg TR satunya ganti yg panas(jalur Dr PCB yg awalnya panas tetap panas) ada saran gk kira* mas, suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda ganti tr driver dan R kapur di jalur pcb yang panas. Kalau perlu tr driver ganti keduanya.

      Delete
  6. Mas power 400w sanken sa1216/2922
    PSU 10a ct 32v
    Saya ganti komponen standarnya
    TR driver saya ganti mnjadi TIP41/42 tadinya bdxxxx(lupa)hhhee
    Elco di kit power nilainya saya ganti mnjadi lbih kecil. Yang tadinya 47uf50v saya ganti mnjadi 22uf/50v..3buah elco yang saya ganti

    Hasil bagus basnya mak jlegeeeeer tapi TR sanken jebol smua..
    Ini salah modif di mananya dan solusinya gimana mas..mohon di bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk deni goro. Maaf mas baru bisa balas. Kok bisa jebol semua mas? Harusnya jika pemasangan anda benar, hal semacam itu tidak akan terjadi. Jika sampai terjadi seperti itu berarti ada kesalahan pemasangan atau pemasangan komponen yang salah. Penggantian tr TIP41/42 dan beberapa elco tidak menyebabkan tr final jebol, kecuali jika pemasangan komponen anda ada yang terbalik atau kualitas komponen yang kurang baik.

      Delete
  7. Kang numpang nanya saya punya ocl 150 w,sebelah suaranya serak kang,kira2 apanya kang sueun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek tr final. Jika ok, cek kedua resistor kapur biasanya putus. Jika ok, cek tr driver TIP31/32. Jika ok, cek diode IN4148. Jika semua ok, berarti ada jalur putus di area tr driver atau lainnya.

      Delete
  8. Matur suwun kang,r kapur nya yg putus,maunanya lagi kang,power450w×2,trafo10a bagus nya berapa vol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling bagus dan aman gunakan tegangan 32v-ct-32v dari trafo. Nantinya setelah melewati diode kuprox dan elco, tegangan akan naik sekitar 45v-ct-45v, nah tegangan itu yang paling aman. Jika kita kasih tegangan diatas 32v dari trafo, maka tegangan setelah melewati diode dan elco akan naik diatas 50v, nah tegangan ini sering bikin tr final jebol.

      Delete
  9. Kok suaranya sama,ama pake travo 5a,32v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak kelihatan mas kalau nyetelnya pelan-pelan, baru terasa perbedaan pada saat input volume maks. Kemudian tergantung juga pada beban speaker, jika beban speakernya sedikit ya tidak kelihatan bedanya.

      Delete
    2. Klau menyambung sepeker12"2,ama10"2 nyambung nya pararel/seri

      Delete
    3. 2x12" di seri. 2x10" diseri. Kemudian di paralel.

      Delete
    4. Maksut nya buat R ama L kang bukan jadi satu

      Delete
    5. Buat yg R 12"×2/10"&12"dan sebakik nya

      Delete
  10. Soalnya daerah saya dari pln nya ngedrob,cmn 170vac,gak ad 220v jadi dari travo 32v keluar dari kiprok cmn 35v,gmnbiar nyampe 45v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu masalahnya, jika seperti itu, maka daya power tidak akan maksimal. Meskipun anda coba naikkan tegangan sekunder trafo menjadi diatas 32v, hasilnya tetap tidak akan maksimal, karena supply daya dan tegangan yang masuk pada primer trafo tetap kurang. Solusinya ya harus distabilkan tegangan plnnya menjadi 220v menggunakan stabilizer/stavolt. Tapi jika anda tidak masalah dengan kondisi itu dan power anda pun juga masih tetap bunyi meskipun dengan tegangan pln drop 170vac, saya rasa tidak perlu pakai stavolt.

      Delete
  11. Maksut nya mic dinamik itu mik biasa yg di gunakan karaoke dsbgnya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya benar mas. Mic condensor itu yang kecil. Dan biasanya pakai baterai.

      Delete
  12. Mas saya mau tanya...saya punya amplifier yg sdh terpasang tone control...saya kepingin pasang kit preamp mic...saya bingung jalur in out preamp mic ini kemana dlu ya..in nya kmna out nya kemana...
    Terimakasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk in preamp mic pasang socket mic untuk mic nantinya. Kemudian out preamp mic kita gabung dengan out tone control. Tapi harus dipasang Resistor dulu sebagai penahan, out L R tone control kasih Resistor 2K2, kemudian out preamp mic kan mono, kasih Resistor 2x 2K2 yang ujung satunya digabung, konek ke out preamp, kemudian ujung Resistor 2K2 yang bercabang dua, sambung bersama dengan out resistor 2K2 tone control. Setelah digabung, baru masuk input power. Jadi intinya adalah out tone control kita campur dengan out pre amp mic menggunakan resistor. Fungsinya resistor adalah sebagai penyeimbang, agar out tone control dan pre amp mic bisa keluar seimbang. Nilai R bisa anda rubah sendiri sesuai selera.

      Delete
  13. Oh..jadi jalur out tc dan preamp mic dilalui R dlu ya untuk masuk power amp..
    Tapi ini kit preamp saya udh ada 2 buah jack mic nya..lalu in nya gmana mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak usah in mas. Kan sudah jack micnya, tinggal colok saja he..he..

      Delete
  14. Cara pasang +/- kapasitornya gimana gan? Kok gak ada tandanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya koreksi gambarnya. Silahkan dilihat kembali. Terima kasih atas koreksinya mas.

      Delete
  15. Gan kalau skema di atas mau di tambah digital echo.out preamp di atas sambung kemana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai digital echo DTK yang dijual di pasaran, maka tidak perlu menggunakan preamp diatas, langsung konek saja ke INPUT digital echo. Karena digital echo DTK sudah dilengkapi dengan preamp mic, jadi bisa dikonek langsung, tanpa tambahan preamp mic lagi.

      Delete
    2. Ok gan.tapi kalau mau tambah input micx lagi.klu dtk inputx 1 mau di buat 3 mic gimana gan.dan bs di atur vol.tiap micx

      Delete
    3. Bisa mas, pakai preamp mic diatas. Kemudian semua outnya digabung jadi satu menggunakan R 100K, kemudian konek ke Input echo DTK.

      Delete
  16. Satu lagi gan.input mic jk disambung sama out dr preamp audio tdk masalahkan bos.(dr dvd out msk ke input mic).
    Apa ini cm berlaku buat mixer saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Jika pakai DVD, maka gunakan R 100K sebelum masuk Input preamp mic. Agar suara tidak pecah. Jika suara masih pecah, nilai R bisa diperbesar, misal pakai R 220K atau 330K.

      Delete
  17. Kang kit diatas bisa dikasih volume gk biar enak pengaturannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada gambar skema diatas sudah ada volumenya mas. Silahkan dilihat kembali, sudah ada VR pada jalur outnya. VR tersebut bisa diganti dengan potensio biasa dan berfungsi sebagai volume mic.

      Delete
  18. Terus gmn biar ada pengaturan bass dan treeble

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal ditambah tone control mas, pada jalur out setelah preamp mic.

      Delete
  19. mohon pencerahannya Gan... cara gabung 16 Penguat Mic Rolland gimana ya..?? kog saya gabung malah pengaturannya cuman ke 1 penguat mic roolland saja...??? mohon buatkan skemanya... sama pemberian effecknya.. terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dibaca di posting ini mas. http://bahar-electronic.blogspot.co.id/2016/10/cara-merakit-mixer-audio-sound-system.html?m=1

      Delete
  20. Saya punya speaker aktif "GMC" tapi tidak ada colokan mic-nya, saya pingin menambahkan mic, apakah bisa dengan scema diatas? Atau bagaimna simplenya yaa? (Biar bisa roke2 dikamar intinya :-) )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Untuk tegangan bisa ngikut power. Untuk out bisa gabung di input tone control. Tapi sebelumnya kasih R 2K2 dulu, biar input dvd dan mic tidak tabrakan.

      Delete
  21. mau tnya mas, itu skemanya apakah jalur2nya tu di gabung semua? gk ada yg dilangkaui gtu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mas, belum saya benahi. Semua titik temu digabung semua.

      Delete
    2. Gambar sudah saya update dengan titik koneksi supaya lebih jelas. Semoga bermanfaat.

      Delete
  22. mas bahar maaf
    itu yang c2 - nya di sambung ke groun bukan ya

    ReplyDelete