Cara Membuat Volume Power Amplifier

Mohon maaf sebelumnya karena saya lebih dari satu minggu ini sakit, jadi aktifitas ngeblog istirahat dulu. Baiklah berikut artikel ringan bagaimana membuat volume power amplifier? Mungkin sudah pada paham tentang masalah ini, tapi tidak ada salahnya saya posting kembali siapa tahu ada yang belum tahu.

Tujuannya buat apa sih pakai dipasang volume segala? dipasang langsung kan bisa. Memang benar power amplifier tanpa diberi potensio volume pun juga tidak apa-apa, toh kan ada pengontrol lewat tone control atau mixer. Tapi saya pribadi lebih senang jika PA dipasang potensio volume tersendiri.

Apa kelebihan jika ditambah potensio volume sendiri pada power amplifier? Menurut saya akan lebih aman saja jika terjadi gangguan pada tone control atau mixer, maka kita tinggal tutup volume power amplifier dan power kita aman dari sinyal yang merusak. Kemudian jika kita ingin test mixer atau tone control kita bisa mengatur seberapa besar sinyal input yang akan kita umpan ke power amplifier lewat potensio volume ini. Kebanyakan semua perangkat sound system lapangan menggunakan sistem volume ini.

Yup bagaimana penasaran ayo kita lihat langsung pada skema. Maaf gan gambar agak jelek hasil paint, yang penting anda paham.

Nah mudah bukan, caranya tinggal konek saja seperti pada skema, maka power amplifier anda sudah terpasang volume tersendiri pada PA anda. Ini bukan suatu keharusan loh ya, hanya sebagai alternatif pengaman tambahan pada power amplifier anda. Jadi anda pasang silahkan, tidak anda pasang pun juga silahkan. Pilihan terserah anda.

UPDATE!!!!
Ada yang komentar, mas gambarnya kurang jelas. Posisi potensionya itu menghadap kemana? Supaya lebih jelas saya sertakan gambar koneksi beserta gambar potensionya. Baik koneksi untuk PA mono dan stereo.

Untuk power amplifier mono.

Untuk power amplifier stereo.

UPDATE!!!
Ada yang bertanya melalui komentar blog. Cara pemasangan untuk potensio stereo bagaimana mas? Sebenarnya hampir sama dengan gambar diatas, yang menggunakan dua potensio. Agar lebih jelas pemasangannya seperti apa, silahkan lihat gambar dibawah ini. Pemasangan potensio stereo pada power amplifier

Semoga dengan gambar diatas lebih jelas untuk koneksi penyambungannya, baik untuk power amplifier mono dan stereo. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Ass al wr wb,,,,
    Mas punyaku power pcb 1200 watt alfa AHG.POWER TERSENDIRI TRUS TONE CONTROL TERSENDIRI MASING2 box.di box power q kasi volume gain nono body besar 50k.nyambungx sperti petunjuk di atas,tp d naikan 1/4 volume gainya dengun.tu apa kendalax mohon penjelasax mas tlg ut mengatasix

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk hasan. Maaf baru balas. Aplikasi diatas hanya diperuntukkan untuk penggunaan potensio saja, tidak ada penambahan rangkaian lain. Harusnya tidak dengung mas, jika dengung bisa jadi pengambilan grounding tidak tepat atau tabrakan dengan grounding power. Jadi pasang dulu potensio saja seperti rangkaian diatas. Jika ingin menambah rangkaian, maka posisi pemasangan sama kaya input biasa melalui jalur input power yang sudah diberi potensio. Jangan terbalik, potensio dulu baru rangkaian, tapi rangkaian penguat dulu baru potensio. Jadi fungsi dari potensio ini adalah sebagai master volume akhir power.

      Delete
  2. Mkc mas bantuax,suda mencoba hasilx mantap.

    Satu lg mas paralel 1nf ke R input power dan masang R10 ohm ke ground input. Blm ngerti,tlg mas cara paralel gimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu maksudnya bagaimana saya kurang paham? Kalau dipasang R 10 ohm ke ground input, ya mati mas suaranya. Mungkin maksudnya dipasang milar 1nf pada resistor 100K yang ke ground input. Tujuannya untuk memfilter nada tinggi, sehingga suara lebih stabil, tidak gampang mencuit.

      Delete
    2. Tolong kasih gambarnya mas ... Tentang milar 1nf di input pa

      Delete
    3. Untuk gambar gak bisa share di sini mas. Saya kasih gambaran saja ya.

      Input power itu kan ada 2 pin, yaitu in(+) dan ground. Nah kaki milar 1nf itu kan ada 2, silahkan konek saja kedua kaki milar tersebut pada in(+) dan ground. Milar boleh dipasang bolak-bolik. Yah sudah cuma itu saja mas.

      Delete
    4. Terima kasih Mas ......

      Delete
  3. O iya mas jadi R10-22 ohm ndak perlu.
    Trus maksudx kaki satunya capasitor milar 1nf di pasang/di solder di kaki R 100k di input L at input R pd power ampli dan kaki milar satunya di arahkan di solder ke gron input power ampli. Gitu ya mas.mohon lbih jlasx supaya powerku stabil frekuensix.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau milar 1 nf nya dipasang di out, ground kaki potensio volume bisa tidak Mas .....

      Delete
    2. Bisa mas, gak masalah. Cuma lebih optimal jika dipasang pada input power langsung.

      Delete
  4. mkc byk mas bantuax,smg mas bahar sekeluarga pjg umur(sht wal afiat) dan memudahkan semua urusan n mudah rezeki.Amin amin amin

    maaf q suda merepotkan by Hasan
    Asal kota bau-bau kab.buton sulawesi Tenggara.

    ReplyDelete
  5. Mkc byk mas,smg allah swt kepd mas BAHAR SEKELUARGA dibrikn umur pjg(sht wal afiat,mudh sgl urusan & mudah rezeki.amin amin amin,,,,,,

    Maf sudah merepotkan.
    By Hasan asal kota BAU-BAU KAB.BUTON SULAWESI TENGGARA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn. Terima kasih juga mas Hasan sudah berkunjung di blog ini. Semoga bermanfaat.

      Delete
  6. Siang mas Bahar... mohon saran besaran potensio, jenis potensio, dan rangkaian yang tepat untuk master volume (terakhir sebelum ke speaker) power ampli 300 watt stereo, sebelumnya terima kasih... salam Benny..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Potensio mono 50K biasa. Jika PA stereo, pakai dua potensio 50K. Tidak perlu rangkaian master lagi pada PA, karena master sudah ada di mixer. Jika PA tidak pakai mixer, gunakan master volume 1 potensio sebagai volume akhir sebelum masuk PA.

      Delete
  7. fungsi master volume buat apa mas bahar? kalau langsung saja tanpa master volume apa suaranya beda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Master volume berfungsi untuk memperkuat sinyal audio. Master volume di pasang, jika sinyal suara kurang kuat. Jika tanpa master volume, suara sudah kenceng, gak usah di pasang master. Yang jelas suara dengan master volume terdengar lebih kenceng, karena ada penguatan sinyal pada master tersebut.

      Delete
  8. mas bahar potensio saya bermasalah

    kalau di nol kan suara dengung (kadang kemresek yang sangat keras) kalau di buka sedikit normal. solusinya trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti potensionya mas yang bagus. Pakai pot 50K.

      Delete
  9. saya sdah pakai 50 k merk alpha

    itu sdah lma sekali apa waktunya gnti ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya coba ganti saja potensionya mas. Untuk pot merek alpha sekarang agak susah nyarinya. Yang ada merek A-plus.

      Delete
  10. Replies
    1. Jangan disemprot pakai WD mas. Dijamin potensio gak bakalan tambah baik tapi tambah rusak parah. Ada cairan pembersih sendiri untuk potensio dan alat elektronik. Kalau gak salah namanya Contact Cleaner. Gunakan penyemprotan potensio dengan contact cleaner hanya sebagai keadaan darurat saja, karena contact cleaner hanya membersihkan kotoran pada karbon potensio. Tapi jika karbon potensio sudah aus, tidak bisa dibersihkan dengan contact cleaner. Harus ganti baru.

      Delete
  11. kalau gnti pot geser yang bgus merk apa?

    klau harganya skitar brp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Potensio geser hanya digunakan pada beberapa mixer dan equaliser. Potensio geser agak susah carinya, Kadang gak cocok dengan contohnya. Untuk merek gak ada rekomendasi. Syukur kalau ada dan sesuai contoh, itu sudah bagus. Harga kurang lebih 5 rb satu biji.

      Delete
  12. ow ya mas kalau di semprot hwk auto tune up yg biasanya membersihkan karbon seker
    aman tidak?

    ReplyDelete
  13. mas, apa potensio ini bisa juga berfungsi seperti soft start?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Caranya tutup dulu potensio volume sebelum Power amplifier dinyalakan. Maka PA akan lebih senyap tidak ada suara letupan pada saat power ON.

      Delete
  14. Bro gambar bro Bahar, itu potensio kaki menghadap bawah atau menghadap atas ya? Soalnya kaki menghadap bawah atau atas, posisi - dan + nya jadi berbeda (dengan posisi sama, tombol pengatur volume potensio menghadap saya)

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya update gambarnya mas. Silahkan dilihat kembali, sudah saya sertakan gambar potensionya. Untuk posisi potensio terserah anda, yang penting koneksinya benar.

      Delete
  15. Mass maaf mau nanya niih sebelumnya
    Saya mau ngerakit amplifier mas dengan daya 1800 watt Mono mas saya pakai kit yiroshi gan kira kira untuk mengatur volume seperti di atas bisa gak gan truus kira kira ada yang perlu di tambah gan dan kira kira pake potensio yang brapa K ? Trimakasih salam Riki

    ReplyDelete
  16. Ikut nimbrung kang,bisa gk potensio stereo di pakai buat volume sperti diatas,krna pa ane stereo,andaikan pke skema diatas kyaknya kurang rapi,so signal l&r hrs diputer satu2??

    ReplyDelete
  17. maz bro mo nanya awk pnya parametrik BGR+master mixer+PA mono 2 chanel suara cman dengung, tp master mixer di lepas suara normal kira2 troble dari mana, gnti master mixer hsil sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Problem di pemasangan masternya mas. Coba periksa lagi supply tegangan master apakah sudah betul? Suara dengung berarti supply tegangan ke master bermasalah.

      Delete
  18. Mas, nanya. Cara pemasangan potensiometer untuk yg stereo bagaimana mas? Agar bisa bunyi 2 sound+bisa buat ngatur volume? Soalnya di rangkaian saya gk bisa buat ngatur volume. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena banyak yang bertanya tentang hal ini. Gambar sudah saya update mas. Untuk pemasangan potensio stereo pada power amplifier. Silahkan baca di posting ini.

      Delete
  19. Asslmlkum mas Bahar..mhn saran dan solusinya mas bgn mas sy punya mini kompo samsung dpt dr beli online tnpa remot masalahnya tampilan menu di lyr lcd mntrnya normal tp gk ada keluar suara sm skli walau vol udh di besarkan kira kira mslhnya dimana mas..trmksh banyak atas atensinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Agak susah juga mas, karena problem suara hilang ada dua kemungkinan. Pertama problem di rangkaian kontrol volume, bisa dari kabel yang putus atau potensio rusak, tapi kalau vol digital lebih susah lagi, karena vol dikontrol dengan ic. Kedua bisa dari power amplinya yang bermasalah. Semua harus cek dalamnya.

      Delete
  20. om nanya klo untuk mmfungskan lmpu UV ngambil jlur dr mana om mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya lampu VU meter ya? Lebih baik ambil supply dari tegangan extra trafo yang ada di belakang trafo.

      Delete
  21. terus nymbung.a supaya lmpu vu nya berjln sesuai suara gmn om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. In vu bisa dikonek ke in power atau out speaker. Kemudian setting vr pada vu untuk menyesuaikan responnya.

      Delete
  22. OM MF NUMPNG NANYA LG LEBIH ENAK MANA NENDANGNYA BASS PAKEK DRIVER BTL SAMA YG NON BTL..
    TRUS PERKIRAAN BERPA JUTA KLO RAKIT 20A
    SANKEN PAKEK BRP SET PER CANEL, DAN BERPA SET ELCO OM
    MAKSIH SBELUMNYA MGA DTAMBAH ILMUNYA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Kalau power btl lebih cocok untuk beban speaker besar 18" keatas. Masalah tendangan bass itu tergantung pada aksesorisnya.

      Delete
  23. Mas cara gabungin input stereo menjadi mono gmn misa saya kan ada 6power stereo smua selain saya harus pakek crossover kan hanya 6 out audio nah sedangkan power stereo klo saya jemper langsung ground hum dan semacemnya untuk mengatasinya gmn ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya tinggal paralel saja mas inputnya. Atau gunakan satu chanel saja, chanel lain gak usah dipakai. Maksudnya jika power stereo L dan R, maka gunakan salah satu. Tapi lebih baik gunakan keduanya.

      Delete
  24. mas saya mau tanya.. saya punya power 400 watt mono.. mau saya tambahin tone control sub. pensuplayan tone control minta dc ct 15 v terbagi.. ( gnd-), apa perlu saya menambah trafo lagi atau pensuplayan di ambil dari trafo utama, kalau tidak perlu komponen apa saja yg harus saya tambahkan.. trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda bisa ambil supply dari tegangan extra trafo yang ada dibelakang trafo. Buat supply simetris seperti biasa untuk supply sub controlnya. Jangan lupa pakai ic 7815/7915 agar tegangan stabil.

      Delete
  25. siip mas makasih, tapi masih ada yang blm saya paha.. volt xtra di blakang itu kan kayak nya engkel ya mas, berarti saya harus merubah menjadi ct terlebih dahulu baru suply.. gt ya mas?

    ReplyDelete
  26. oke mas trima kasih sekali atas bantuanya.. sallam kenal, sukes selalu buat mas bahar...

    ReplyDelete
  27. Assalamualaikum, mas Bahar ngapunten tanya, cara pertama menguji kelayakan PA yang baru dirakit niku nopo mawon nggih, saya pernah dengar cek bias, DC offset dll. Mohon pencerahannya mas Bahar. Matursuwun ngapunten. Wassalamuallaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Memang ada beberapa kit power ada adjusment Bias, DC offset dll. Tapi yang paling sering ada adalah VR Bias. Nah biasanya pak kalau anda beli kit jadi, adjusment sudah dilakukan di pabriknya dan kita tidak perlu menyetel lagi VR tersebut. Istilahnya tinggal pakai saja pak. Tapi jika anda mau tahu cara menyetelnya bagaimana? Maka ada tahapannya, gak bisa dijelaskan disini.

      Delete
  28. Mas Bahar maaf nanya satu lagi, sy sdh rakit PA stereo ( dua modul), tapi kenapa panas sebelah ya, padahal jumlah dan type tr final sama, suply PSU tegangan sama, trafo sendiri sendiri, beban speaker pun juga sama. Kira2 apanya ya mas. Matursuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kit PA nya pakai apa pak? Biasanya disebabkan karena perbedaan adjusment VR bias. Anda cek lagi posisi VR bias kedua kit PA tersebut, sudah sama apa belum? Karena kalau ada beda pada settingan VR bias, meskipun sedikit, akan berpengaruh pada panas tidaknya tr final. Hal tersebut yang membuat kedua kit PA panasnya tidak sama. Anda bisa setel sendiri salah satu VR bias, agar mendapatkan panas yang seimbang pada kedua PA tersebut.

      Delete
  29. Assalamualaikum, ngapunten Mas Bahar, itu kit PA nya tidak ada VR nya mas, sebelumnya sih panasnya sama, skarang kok beda panas lumayan ya, memang tdk sampai overheat sih, dan suara tdk ada beda ( sama sama normal). Kira2 apa ada R atau komponen lainnya yg harus dimodiv ya mas. Matursuwun ngapunten ngrepoti. Wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Mungkin beda beban pak, antara out power L R nya. Menurut saya kalau hasil suara tidak masalah, ya gak perlu dirubah. Mungkin ada perbedaan nilai R atau tr kedua modul power tersebut. Perbedaan mungkin sedikit pak, tapi berpengaruh. Untuk komponen mana yang perlu diganti? Ini harus coba-coba, try error, karena karena kondisi power normal, jadi belum tahu komponen mana yang harus diganti.

      Delete
  30. Nggih Mas Bahar trimakasih banyak pencerahannya, kalau ke alun alun sidoarjo monggo mampir mas. Rmh sy dekat situ biar tambah seduluran he he.. . Klu bade mampir janjian dulu, ini nomer HP dan WA sy 0821 4325 3567. sukses selalu mas Bahar banyak rizkynya. Aamin YRA.

    ReplyDelete
  31. Maap mau tanya mas, volume tertinggi pada potensio tambahan bisa lebih tinggi dari volume utama pada amplifier ga ? Misal di amplifier utama volume sampe 3 apa keluaran potensio bisa sampe 10? Mohon pnjelasannya,. Trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau power amplifier sudah ada potensionya, ya gak perlu dipasang potensio volume lagi. Tidak terjadi penguatan sama sekali, karena tidak pakai Preamp. Jadi suara murni asli, pada level tertinggi, potensio buka penuh, sama dengan input langsung tanpa potensio.

      Delete
  32. Tanya mastah
    sya lgi bingung hubungkan antara input ke potensio
    input pkai RCA sedangkan PA mono dan output pkai rca, rncna mau psng protector jg
    lengkapnya sprti ini
    apakah sudh benar
    terima ksih sblumnya

    ReplyDelete
  33. Mllm om.
    Sya mau nnya, sya pnya PA 150 watt stereo..
    Masalah nya sya tmbh galaxy boom bass. Suara bass udh ok sma treble jga udh ok. Cmn suara vokal agak ke cekit. Yg hrus di renop apa nya ya???

    ReplyDelete
  34. Mllm om.
    Sya mau nnya, sya pnya PA 150 watt stereo..
    Masalah nya sya tmbh galaxy boom bass. Suara bass udh ok sma treble jga udh ok. Cmn suara vokal agak ke cekit. Yg hrus di renop apa nya ya???

    ReplyDelete
  35. Kurang keluar suara vokalnya om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti nada midle kurang, over di nada bass dan treble, akhirnya midlenya tenggelam. Solusi bisa dengan cara mengurangi nada bass dan treble dengan harapan nada midle bisa naik. Atau dengan cara mengganti tone control dengan tone control yang ada setelan midlenya, sehingga nantinya dapat setel nada midlenya. Suara vokal lebih mengarah ke nada midle, sehingga untuk menonjolkan atau lebih mengeluarkan suara vokal, maka nada midle harus dinaikkan.

      Delete
  36. Iya om trima kasih atas waktu.
    Maklum om baru pemula. Jdi sering nnya di bloger.

    ReplyDelete
  37. maaf mas agak mlenceng. klo equaliser 40ch kluar suara grodok grodok+dengung yg jalur R saja n jalur L ny normal. elco tak gnti semua smpe travo jg gnti tp te2p. kira pa ny maz, pa potensio geserny pdahl uda disemprot cclener.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba solder ulang kaki ic, kalau perlu dikerik. Mungkin juga dari potensio geser yang memang sudah rusak dan perlu diganti, tidak bisa hanya dengan disemprot cleaner.

      Delete
  38. ok tak cba dlu maz, kl untuk mengetahui potensio geser yg rusak to baik gmn maz mslae kn da 20 pot per chenel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa dicek mas. Salah satu cara adalah dengan melepas satu persatu pot geser, kemudian test. Maksudnya coba lepas satu-satu potensionya, jika pas dilepas grodok-grodok hilang, berarti potensio tersebut rusak.

      Delete
  39. ok maz matur suwon ats saran n pencerahanya.

    ReplyDelete
  40. Asalamualaikum,, ,mf mas mau tanya? Saya punya powerampli trus output ny d pake 4 speaker, ,,, gmana caranya stiap speaker punya volume,, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah powernya mono apa stereo mas? Jika anda ingin 4 speaker tersebut punya volume sendiri, maka dibutuhkan 4 channel power, yaitu 2 power stereo atau 4 power mono. Baru bisa dikasih volume sendiri tiap channel. Nah kalau powernya cuma mono atau stereo, untuk 4 speaker dengan volume sendiri, ya gak bisa mas. Masak dipasang potensio di out power, ya gak mungkin mas he..he.. Potensio volume ya dipasang pada jalur input power, bukan out power. Kalau powernya mono, berarti cuma 1 potensio volume. Kalau powernya stereo, berarti cuma 2 potensio L dan R. Kalau dibikin 4 volume, yang 2 potensio ditaruh dimana mas he..he..?

      Delete
  41. Makash mas,, ,lg d suruh bikin alat komunikasi buat tunarungu,, ,jd cara kerjanya,, ,guru ngomng d mic terdengar 4siswa namun d stiap speker siswa ad pengaturan volume buat mengetahui seberapa dia bisa mendngar,,,gto mas,, ,minta pencerahanya sekali lg buat ngerangkainya,, ,makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu tadi mas, dibuatkan 4 channel power untuk menghasilkan 4 output dengan pengaturan volume sendiri-sendiri, untuk caranya anda bisa lihat gambar diatas. Nanti dari 4 input tadi yang sudah dipasang potensio volume sendiri-sendiri seperti gambar diatas, digabung jadi satu, menjadi satu input, yang nantinya akan kita konek ke sebuah preamp mic atau mixer, sebagai penguat micnya. Jadi nantinya akan ada 4 volume, yaitu 1 volume untuk 1 power. Anda bisa mengatur setiap volume power tergantung kebutuhan. Untuk volume master ada di premp mic atau mixer, yang akan bisa membesarkan dan mengecilkan volume seluruh channel. Jadi untuk mengatur besar kecilnya suara tiap speaker, anda bisa mengatur lewat potensio volume tiap channel. Dan jika anda ingin mengatur besar kecilnya suara seluruh channel secara bersama, anda bisa mengatur lewat potensio master yang ada di preamp mic atau mixer. Semoga dapat dipahami mas he..he..

      Delete
  42. Kang.kalau mau ganti pot.non ct ke ct gimana.apa bisa di pakai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dipakai mas, tapi pin CT nya gak perlu dikonek.

      Delete
  43. Kang bahar mau tanya ni.. buatin skema lampu led 7 segment untuk potensio volume power amplifier..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum bisa mas he..he.. Kalau ada nanti akan saya post.

      Delete
  44. nanya pak, setelah aku rakit ampli, + subwoofer, dengan skema tc bifet>filter subwoofer >power ampli, yg saya tanyakan kok suaranya terlalu besar padahal pot volume diputar cuma dikit, gimana cara menurunkan gain tc bifet, apa dengan mengganti potensio atau gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, ganti potensio volume dengan potensio 10K atau 20K.

      Delete
  45. Malam mas,,mohon bantuannya ni...
    Ane newbie yg penasaran dan coba coba...
    Ane ada speaker rusak,,dan dpt saran dri kawan lebih baik ganti kit power skalian,,krna yg lama terbakar bagian resistor yg dket TR final...trus ane beli kit power merk jaguar dng TR tip31 tip32...
    Pertanyaan saya bingung pasangnya krna beda dengan pcb yg lama...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini susah juga kalau belum paham jalurnya. Saya belum bisa jelaskan secara detail disini mas. Karena saya harus tahu dulu jalurnya. Gak bisa asal ngomong. Lebih baik anda minta tolong teman anda yang paham jalurnya.

      Delete
  46. Maaf mas bahar sy mw tanya..sy punya 2 kit tda7293 mono..dimana jalur inputnya hanya (+) dan (-)..bagaimana cara menjadikan 2 kit ini menjadi stereo dgn menggunakan tone control stereo...mohon jawabannya mas bahar dan trimakasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk jalur input (+)(-). Yang input negatif kedua power digabung, kemudian positif jadi L dan R.

      Untuk supply tegangan tinggal paralel saja.

      Delete
  47. mas ada skema rangkaian master volumenya tolong uploud,terima kasih lagi pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak macam mas. Belum sempat upload. Kalau ada waktu akan saya post.

      Delete
  48. Mas potenso setreo bisa di pake buat power 2kit mono,ada efek samping nda?

    ReplyDelete
  49. yg stereo itu jdny input L pakek 2 kabel gtu a mas

    ReplyDelete
  50. Btl whitbear btlmas jika posisi of dengung full juga terlalu keras kira punya solusi

    ReplyDelete
  51. Mas kalau PA nya pakai input balance ? Di kit input balance stereo masing2 ada 3 lubang (vol R/gnd/Out R) dan (vol L/gnd/Out L).

    Ada yg bilang bagian Vol ke potensio, dan Out nya ke input PA...kalau sudah kyak input PA perlu ke potensio lagi gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ralat : kalau sudah kyak gitu, input PA perlu ke potensio lagi gak ?

      Delete
    2. Masalahnya itu belum tahu, output dari rangkaian itu apa benar sudah melewati potensio.

      Kalau menurut saya, lebih baik tetap pakai potensio volume power. Karena ini adalah portal terakhir, menurut saya tetap harus ada volume power, meskipun dapat input dari berbagai macam rangkaian.

      Delete
  52. Assalamualaikum mas, saya mau tanya? Apakah volume master bisa di ganti dengan master mixer?

    ReplyDelete
  53. Assalamualaikum....
    Mas mau tanya power amplifier saya klau di buka volumenya kok terasa berat suaranya di speakernya....minta tolong di bantu mas...trim wasalam...

    Dr andy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aksesorisnya pakai apa saja pak? Itu juga bisa pengaruh dari sumber inputnya. Misal anda pakai HP, ini biasanya suaranya memang kurang keras. Beda dengan out dvd player. Coba anda pakai dvd player, apakah suara juga masih berat?

      Delete
  54. Tanya mas... kalau untuk volume nya pakai potensio B20K bisa n mana lebih bagus kalau dibandingkan dengan pemakaian yang B50K. Tks....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai pot B20K bisa mas, gak masalah. Bedanya jika pakai pot B50K adalah kenaikan suara dari posisi minimal ke besar lebih cepat. Maksudnya jika volume dibuka pada pot B50K akan lebih cepat keras dibanding pot B20K.

      Standart untuk volume power pakai pot B50K mas.

      Mana yang lebih bagus..??
      Jawabnya sama mas. Beda di step up nya saja.

      Delete
    2. Tanya lagi mas kalau posisi potensio volume ini harus jauh dari trafo ya mas biar nda dengung, sedangkan pada box posisi input sinyal saya jauhkan dari trafo akan tetapi posisi trafo jadinya mendekati potensio volume ini. Karena antara input sinyal dan potensio volume berlawanan tempat. Mohon pencerahannya tks...

      Delete
    3. Kalau memang karena kondisi tidak memungkinka, maka gak masalah mas jika potensio volume dipasang dekat dengan trafo. Gak akan menyebabkan dengung.

      Delete
    4. Berarti yang harus jauh dari trafo yaitu input sinyal pada driver power nya ya mas biar nda dengung atau kit driver power yang harus jauh dr trafo. tks...

      Delete
  55. Numpang tanya mas, kalo potensio mono PA di konek led kontrol caranya gimana mas...

    ReplyDelete
  56. Mas bahar cara merubah por. geser ke pot. putar gimana ya barangkali pean punya gambarnya.mks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Potensio geser yang kaki berapa? Stereo atau mono mas?

      Delete
    2. Yang kaki 6 mas (atas 3 bawah 3. Pot untuk equaliser 40ch(R20_L20)

      Delete
    3. Saya belum punya datasheet vr nya mas. Takutnya nanti salah pasang.

      Delete
  57. maaf mau nanyak.
    saya mau pasang volume untuk 2 power mono 1 untuk speaker 12" dan yg 1 untuk 15".
    dari input masing-masing power saya berikan 2 konektor jack, jika suatu saat di butuhkan untuk di jumper ke power lain.
    tapi masalahnya jika saya coba jumper input kedua power menjadi 1 input suara jadi kecil dan tidak bisa menggunakan masing-masing volume.
    volume jadi ikut yg sbelah.
    mohon solusinya.
    terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  58. Assalamualaikum kang bahar
    Cara memasang TC stereo ke
    Power mono gimana kang

    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Caranya silahkan anda gabungkan output TC L dan R pakai R 10K mas. Jadi pasang R 10K pada out L dan pasang lagi R 10K pada out R, kemudian dua ujung R 10K tadi digabungkan jadi satu konek ke input power mono.

      Delete
  59. Assalamu'alaikum, maaf mau nanya, sy punya equalizer stereo, tp yg bagian L suaranya bass kurang keluar, tp yg R mormal. Kira2 apa permasalahannya...
    Kalo mau rakit PA untuk lapangan yg bagus pake kit dan TR final apa?
    Mohon pencerahan dan trims bnyak sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kemungkinan VR bagian bass sudah gak imbang. Solusi coba ganti VRnya bagian bass, yaitu vr posisi paling kiri.

      2. Relatif mas, tergantung selera. Saya gak bisa ngomong power ini bagus dan power itu jelek. Karena penilaian tiap orang beda-beda. Kalau menurut saya power apapun gak masalah, asalkan bisa untuk daya minimal 500w. Tr final minimal 5 set per channel. Dengan trafo 20A tegangan 45vac. Elco supply minimal 2x 45000uf/100v

      Delete
  60. Tanya mas... untuk ground pada input sinyal pada amplifier apakah perlu di hubungkan ke ground PSU amplifier untuk menghindari dengung..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu mas, justru nanti tambah dengung. Cukup ground dari pcb power.

      Delete
  61. Mas kalo pake potensio yang 100k aman ga ?

    ReplyDelete
  62. Mas arep takok cara penyambungan potensio untuk sourse pada parametrik itu gmna caranya mas. Suon

    ReplyDelete
  63. Selamat malam om
    Saya mau tanya,,,
    Jadi saya ada modul untuk disambungkan ke speaker toa 30watt.
    Kalo mau dipasang pengatur volume nya, tinggal putus jalur output yg ke toa terus pasang potensiometer nya kah?
    Klo iya skema nya seperti apa dan untuk ukuran potensiometer nya berapa K?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan seperti itu mas. Pemasangan potensio volume itu dipasang di input power mas, bukan output speaker.

      Digambar kan sudah jelas, pemasangan potensio volume dipasang di input power, bukan output power.

      Delete
  64. Met sore mas....mo nanya ni mas....PA saya tu klu dihidupkan lma" ada bunyi letupan di speker sebelah tpi gak sering itu kira" apanya ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin saja ada kabel atau solderan komponen yang agak kendor mas.

      Delete
  65. numpang tanya mas..
    tone control saya tidak diberi daya tapi masih berfungsi..kira2 kalau diberi daya 12v ct apa pengaruhnya pada ampli?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebentar itu maksudnya Anda pakai tone control pasif atau aktif? Harusnya tone control gak bisa bekerja Kalau gak dikasih tegangan. Lah itu kok bisa bunyi he..he..

      Kalau TC nya memang ada supply tegangannya, maka harus dikasih tegangan mas.

      Delete
  66. mas mau nanya, pot volume, pot bass, pot sub, pot balance ama pot treble BEDA gak mas ? mohon pencerahannya trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau potensio yang dipakai sama saja mas. Yang perlu diperhatikan cuma berapa ukuran KILO nya. Kan ada pot B50K, B100K. Nah cuma itu pakai yang mana pot B50K atau 100K?

      Kalau potensionya sama saja mas.

      Delete
    2. Kalau pakai b500k bisa tidak Mas Bahar

      Delete
    3. Bisa mas, cuma terlalu peka. Maksudnya jika pakai pot B500K, maka dengan Anda putar sedikit saja, maka suara akan langsung keras. Gak bisa smooth atau halus. Karena resistansi potensio yang besar.

      Delete
    4. Terima kasih atas jawabanya ....Pas nya ukuran berapa Mas, untuk PA 400 watt

      Delete
    5. Umumnya untuk volume power bisa pakai potensio B50K atau B100K.

      Kalau mau yang setelan kenceng, pakai potensio B100K.

      Kalau mau yang setelannya kalem dan smoth, pakai potensio B50K.

      Delete
  67. mas mau nayak,
    rencana.y powerq mau aq kasih modul inbal mas, tapi modul inbal.y nggk ada potensio.y, trus gemana cara.y ngasih potensio power.y??
    mohon bantuan.y mas πŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu maksudnya modul unbalance ya? Ya tetap kasih potensio power seperti biasa mas, di input power seperti gambar di posting ini.

      Delete
    2. hehehe iya mas unbalance, maaf salah sebut,
      .
      berarti input power tetep ke potensio spert gabar diatas, trus potensio ke Out kit unbalace, gitu ya mas??

      Delete
    3. trimakasih mas, smoga berkah.

      Delete
  68. Pagi Mas, mau nanya. Saya baru habis rakit PA. Tp kendala ada dengung kecil saat volume master nol. tp hilang begitu saya naikan volume. Apa penyebapnya ya? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu masalah grounding saja mas. Sebenarnya sih gak masalah dan gak pengaruh he..he..

      Tapi jika ingin hilang, tinggal cek lagi groundingnya. Itu komponennya apa saja mas, power, mixer, dan apalagi dalam satu box itu? Bagaimana koneksi tegangannya?

      Delete
    2. Sori baru balas. Oke mas. Itu ada Power, mixer, dan kit modul mp3. Sukses ya mas.

      Delete
    3. Terus tegangan untuk mixer an powernya terpisah atau jadi satu trafo mas?

      Delete
  69. Mas mau tanya gimana caranya tc parametrik di rubah jadi crossover

    ReplyDelete
    Replies
    1. Carananya dengan memisah output masing-masing proses suaranya pada masing-masing output ic op amp. Cuma tidak bisa dijelaskan disini mas.

      Nanti akan saya bahas di posting selanjutnya.

      Delete
  70. Assalamualaikum wr wb, mas mau tanya bagaimana cara pasang filter subwoover kalau kita pakai mixer. Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sih belum coba. Tapi coba pasang paralel dengan master mixer.

      Delete
  71. Permisi mas, mohon pencerahan. Kalo potensio stereo mau dibuat mono, tinggal dipakai salah satu baris saja atau bagaimana ya? Trmksh..

    ReplyDelete
  72. Selamat siang om, saya beberapa kali baca Web om, saya sih tertarik sama semua isinya.. Om punya channel YouTube?

    Oh iya om, mau nanya, selain hanya dengan potensiometer spt di atas, apa ada rangkaian yg khusus untuk volume master di PA yg sdh jadi dan siap pakai?

    Terima kasih ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Channel youtube ada, tapi belum ke urus. Masih fokus ke blog mas.

      Ada mas. Cuma menurut saya hanya pakai potensio saja, seperti diatas itu lebih baik hasilnya, lebih senyap, daripada pakai rangkaian. Biasanya kalau ada tambahan rangkaian, suara akan lebih keras, tapi timbul sedikit desah atau noise.

      Untuk rangkaian volume, Anda bisa pakai kit master mixer 1 potensio mas. Tapi ya itu kendalanya, mungkin suara akan jadi keras dan timbul desah, karena efek penguatan ic op-amp.

      Delete
  73. Oh gitu ya om
    Makasih banyak om udh di feedback..

    Om boleh nanya gak, kalo pake speaker fullrange itu mesti pake tahanan elco atau kapasitor gak sih? Atau kalo di crossover pasif itu nyolok nya kemana? Ke woofer, atau midrange? Atau gak usah pake tahanan sana sekali.

    Bingung saya sama speaker fullrange ..

    Tengkyu om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk speaker full range gak perlu pakai kapasitor mas. Juga gak perlu pakai crossover pasif, karena speaker full range karakternya mid high, maka jika dikonek ke woofer, maka hasil suara bass gak maksimal, malah suara jadi bungkam. Kalau dikonek ke midle, maka suara akan jadi midle dan kecil, gak ada bassnya sama sekali. Padahal speaker full range ada bassnya, walaupun ke mid, tapi ada bassnya.

      Jadi untuk speaker full range, lebih baik gak perlu dikasih apa-apa, baik elco atau crossover pasif. Konek saja langsung ke ampli mas.

      Delete
  74. Mas Bahar kalau PA dikasih potensio b500k gimana Mas ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja mas, cuma terlalu peka. Maksudnya jika pakai pot B500K, maka dengan Anda putar sedikit saja, maka suara akan langsung keras. Gak bisa smooth atau halus. Karena resistansi potensio yang besar.

      Delete
  75. Siang Mas Bahar, mau tanya. Baru jumpa malah ini dan belu nemu solisinya. Power saya kalau saya tutup potesio muncul dengung keras, tp kalau di buka pull malah sunyi senyap. Tes blm ada sinyal input. Saya udah coba cari ground blm ketemu juga, (info kit 150 st ocl jd BTL) psu Travo 5A 24V ct. Elco 4700 50V 2 buah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu BTL nya pakai Resistor atau pakai kit BTL? Kalau pakai R, mungkin channel satunya belum di groudkan.

      Kalau pakai kit BTL, jarang terjadi problem.

      Delete
    2. Pakai kit btl mas, ya mas. Cek output dcnya nol. Tp saya coba tambahkan 2 buah elco lg dengung berkurang. Apa karena kapasitasnya kurang gede ya mas.

      Delete
    3. Tapi pada saat dengung, suara bisa keluar gak? Atau cuma dengung saja? Itu power apa yang di btl?

      Delete
  76. Mas mau nanya,kemarin aku beli kit driver mono langsung jadi dan sudah di lengkapi input balanced,trus gimana cranya memasang potensi buat volume sedangkan di situ tertulis 3 colokan di inputnya(+ G -) mhon pencerahannya.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah sekarang rencana dipakai input balance atau unbalance? Jika tetap pakai input balance, maka bisa pakai potensio stereo. Yang pemasangannya seperti power stereo. Jadi dua input yang masuk ke potensio.

      Kalau rencana dibuat untuk input biasa atau unbalance, maka cukup gunakan input (+ G). Yang input (-) biarkan tidak terkoneksi.

      Delete
  77. Mas Bahar mau tanya, masalah reverb 7 pot kalau volume dibesarkan keluar thot thot thot....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok aneh. Itu dipasang dimana? Dimixer atau di TC?

      Coba tahan pakai R pada input reverb, pakai R 10K.

      Delete
    2. Kalau pasangnya tak kasih bok sendiri mas, hanya inputnya saja Mas, outnya tidakkan ....

      Delete
    3. Kalau saya pakai r22k 1watt masalah nggak mas , untuk input reverb 7 pot...

      Delete
  78. Mas, , kalo seandainya di kasih suply , , gmna ngrakitnya, , biar suara agk kuat, ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai penguat master 1 potensio mas. Untuk penguat input powernya. Cuma kadang jika dikasih penguat, suara jadi agak over he..he..

      Untuk supply penguat, bisa dibuatkan supply simetris ct 15v, pakai tegangan extra trafo dibelakang trafo. Atau pakai trafo sendiri, cukup pakai trafo 500mA atau 1A. Pakai tegangan ct 15v.

      Delete
  79. mas bahar, nderek tangket nggeh, sy br ngrakit ampli dual mono yiroshi 1800 watt, tap sekering sering putus sebelah ya, yg sbelah lagi normal, kira kira apanya ya pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas. Hasil suaranya normal gak? Kalau normal, bararti arus bias gak imbang.

      Delete
  80. mas bahar cara seri potensio 500k biar bisa jadi 1M gemana ya??
    mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang bisa potensio di seri? Kok saya baru tahu potensio bisa di hubung seri he..he..

      Menurut saya setiap potensio itu punya ukurannya sendiri-sendiri, misal 50K, 100K, 500K, 1M. Dan gak bisa diseri dengan potensio lain agar jadi resistansi yang lebih besar. Andaikan bisa, mungkin akan mempengaruhi nilai resistansi asli dari potensio itu sendiri.

      Delete
    2. hahaha..kalo pake R bisa nggk mas?

      Delete
    3. Tetap gak bisa mas he..he.. Gak bisa ditawar lagi he..he.. Pakai sesuai ukuran potensionya.

      Memang buat potensio apa mas? Memang gak bisa pakai potensio lainnya.

      Delete
    4. owalah nggk bisa ditawar lago ternyata..hehehe
      buat pot nois gate mas, muter2 cari pot 1m gk nemu2, hhh
      .
      skalian bilang disini dari pada pindah2 post..
      aq minta izin untuk ngelayout PSU TUNGGAL mas, tapi aq kasih pot biar bisa di adj skalian πŸ˜†..
      aq bikin udah berhasil, aq pake PSU buat mini ampli class D + subb, aq bikin pake travo 5A out 0-24v, (Dari pada beli) hehehe,
      trus psu.y juga bisa buat mini dril 12v, kenceng bor.y..hahaha

      trus cara ngirim file jpg layout hitam putihnya gemana mas?
      biar temen2 yg lain bisa pake daripada pake pcb bolong2..hihihihi..
      ntar biar skalian dikoreksi sama mas bahar..

      Delete
    5. Coba pakai pot 500K mas. Mungkin bisa. Kalau fungsinya tidak terlalu kritis, mungkin bisa pakai pot 500K. Coba saja dulu, daripada gak ada he..he..

      Silahkan mas, wah mantab tuh bisa di adjust tegangannya he..he.. Sayang di komentar blog gak bisa ngirim gambar.

      Delete
  81. iya mas adanya pot 500k, 😁
    hehehe iya mas, blog.y mas bahar emang mantab 😁,
    lewat email bisa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya kirim fia email mas layot.y

      Delete
    2. Bisa mas. Gambar layout sudah saya terima, mantab masπŸ‘πŸ˜€πŸ˜. Tinggal layout hitam putihnya kalau ada he..he..😁

      Delete
    3. hehehe itu berkat skema.y mas bahar, tinggal apload aja biar skalo2 apload layout nggk skema mulu 😁
      aq juga layout psu mixer yg pakee tip 3055 , skema by mas bahar😁

      Delete
    4. Ok mas, terima kasih atas layout pcbnya he..he..πŸ˜€πŸ˜. Nanti kalau ada waktu akan saya upload gambarnya di blog.

      Delete
    5. siap mas,
      yg psu simetris pake tip 31 dan tr penguat pake tip3055 apa dikirim juga? 😁

      Delete
    6. Boleh mas he..he..πŸ˜€πŸ˜. Nanti akan saya tambahkan dipostingan. Agar rekan-rekan yang lain bisa mencoba psu dengan layout pcb Sampeyan.

      Soalnya psu yang versi simetris ini banyak yang cari, untuk supply mixer, dll he..he..πŸ˜€. Sebelumnya terima kasih dulu, sudah melayout pcb dari rangkaian sayaπŸ‘. Semoga bermanfaat untuk rekan lainnya.

      Delete
    7. hehehe sama2, mas soal.y saya juga butuh power supply simetris buat mixer 😊
      aq kirim mas

      Delete
    8. udah saya kirim mas layout.y,
      untuk ukuran PCBnya nggk ada, pean edit sendiri ya kasih ukuran.y 😁
      ukuran PCBnya 52.5 x 110mm

      Delete
    9. Terima kasih banyak mas, gambar layout pcb sudah saya terima πŸ‘. Tinggal tunggu posting saja he..he..😁

      Delete
  82. mas bahar mau nanya ampli . Magic 500 wat disupply tegangan trafo 20a ct 48 yang dirubah apa saja mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua tr TIP31/32 ganti dengan tr MJE340/350. Semua elco ganti dengan elco yang 100v.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led