Cara Memperbaiki Stavolt Mati tidak Keluar Tegangan

Penstabil tegangan atau stabilizer atau biasa disebut stavolt adalah alat yang digunakan untuk menstabilkan tegangan sehingga output tegangan yang keluar bisa stabil dan tidak naik turun. Bebagai macam merek stavolt dengan keunggulan masing-masing bisa anda pilih diantaranya merek Matsunaga, Matsutama, Matsuyama, Matsumoto, Matsugawa, Minamoto, Montero, Volger VR, ICA FR, OKI, Hossoni, Kenika AR, dan berbagai macam merek lainnya. Kemarin dapat kerjaan memperbaiki stavolt merek montero dengan kerusakan mati dan tegangan output tidak keluar.

Stavolt yang saya kerjakan ini model motor servo control. Yang mana menggunakan motor  dinamo sebagai penggerak stabilizernya. Ditambah rangkaian control  berupa IC dan beberapa transistor sebagai sensor tegangan dan mengendalikan dinamo motor tersebut. Beberapa kerusakan yang sering terjadi diantaranya mati, tegangan output tidak keluar, konslet, dinamo motor macet, tegangan terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Kebetulan saya kerjakan ini dengan problem output tidak keluar tegangan, tetapi lampu power masih menyala. Dinamo tidak bergerak alias macet.berikut penampakan jeroan stavolt montero.
Pengecekan awal mulai dari sekering ternyata masih normal tidak putus, berarti tegangan sudah masuk. Lanjut ke rangkaian kontrol. Cek beberapa diode IN4007 masih normal, IC, transistor dan beberapa resistor masih dalam kondisi normal, tapi kenapa tegangan output tidak keluar dan motor dinamo tidak bergerak? Mestinya rangkaian kontrol ini sudah bekerja, tapi motor dinamo tidak ada respon.

Pengecekan selanjutnya adalah memeriksa tuas dinamo yang berhubungan dengan brushles karbon yang menempel pada lilitan tembaga trafo. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini.
Dugaan awal saya mungkin karbon ini sudah sedikit aus sehingga kurang menempel pada lilitan tembaga, yang menyebabkan rangkaian kontrol tidak mendapat isyarat tegangan. Sehingga motor dinamo tidak bergerak karena tidak adanya input dari rangkaian kontrol. Terlihat digambar banyak karbon menempel pada lilitan tembaga trafo, silahkan dibersihkan dulu. Tujuannya adalah agar kontak antara karbon dan lilitan lebih maksimal.

Selain mengganti karbon, anda bisa menyetel kedudukan tuas ini lebih tinggi atau lebih rendah dengan menarik tuas keatas atau kebawah kemudian dikencangkan kembali menggunakan sekrup pengunci tuas ini agar tidak bergerak. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini.
Setelah dirasa pas karbon sudah menempel dengan baik dengan tembaga, saatnya dicoba. Pastikan kotoran debu karbon sudah bersih dari area trafo dan rangkaian control yang bisa mengakibatkan konsleting. 

Penyebab lainnya bisa disebabkan switch pengaman rusak. Ada dua switch yang bisa anda cek apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak? Karena jika salah satu switch ini rusak, maka rangkaian kontrol tidak akan bekerja yang menyebabkan dinamo tidak bergerak.
Setelah dilakukan pengecekan hasilnya stavolt sudah bisa keluar tegangan kembali dengan normal. Jarum voltmeter sudah menunjukkan angka tegangan normal 220-240 volt AC. 

Untuk memastikan rangkaian kontrol berfungsi apa tidak, silahkan diberi beban kipas angin atau lainnya. Jika rangkaian normal, maka dinamo motor akan bergerak untuk menstabikan tegangan. Jika rangkaian kontrol problem, maka dinamo tidak bergerak meskipun tegangan output sudah keluar. Dan masih banyak lagi penyebab lainnya yang menyebabkan stavolt mati tidak keluar tegangan. Mudah-mudahan salah satu diantara cara ini bisa membantu anda memperbaiki stavolt anda sendiri dirumah. Semoga bermanfaat.

Hasil test stavolt setelah diperbaiki.

Comments

  1. Kalo rotor tidak berputar tetapi tetap difungsikan, apakah outputnya sama seperti tidak pake stabilizer ataukah malah lebih baik tidak dipake stabilizernya ? Makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yuliana. Jika rotor tidak berputar, berarti proses stabilizer tegangan tidak terjadi dan tegangan akan tetap pada posisi terakhir rotor itu berhenti. Masalahnya anda tidak tahu berapa tegangan yang keluar pada saat rotor itu berhenti. Bisa lebih tinggi dari 220 volt atau lebih rendah dari 220 volt. Kalau masalahnya seperti itu lebih baik tidak dipakai stabilizernya.

      Delete
    2. Permasalahan klo di hiedupin voltage mellibihi batas 250 mentok me swite keluar percikan gulungan keluar asap.

      .TRUS SAYA CABUT
      SALAH SATU KABEL DARI GULUNTGAN TEMBAGAGA KE PCB BUKAN KABEL DINAMO YANG DI CABUT TP DR GULUNGAN TEMBAGA

      NORMAL TIDAK MELEBIHI BATAS TP SY PUTER PIRING NYARI TITIK VOLTAGE DI 220V

      tp motor tidak bergerak ADA EFEK BAHAYA GAK YAH

      solusi apa yah jd sy manual aja voltage saya putar sendiri nyari pas 220 KERUSAKAN APA ITU MASTER

      Delete
    3. Efek bahaya sih gak mas. Cuma malah jadi trafo step up he..he.. Efek bahaya sih mungkin bisa saja jika tegangan input melonjak naik, maka output juga akan ikut naik, karena tuas tidak bergerak untuk menstabilkan. Ini bahaya untuk alat elektronik.

      Jika seperti itu, menurut saya mending dilepas saja, gak usah pakai stavolt. Kecuali memang listrik ditempat Anda ngedropnya parah, dibawah 200v. Maka Anda pakai stavolt dengan tujuan untuk menstep up tegangan jadi 220v, ini boleh. Tapi jika sewaktu-waktu tegangan input pln naik, maka output stavolt bisa sangat tinggi. Karena tuas gak berfungsi. Ini yang harus diwaspadai. Karena stavoltnya jadi manual he..he..

      Coba cek dinamo, berputar gak? Pada saat ON? Jika tidak, coba cek pakai tegangan adaptor 12v, kemudian konek ke dinamo, jika dinamo bisa berputar, maka dinamo normal. Tapi jika dinamo tetap tidak berputar, berarti dinamo rusak.

      Cek relay, biasanya rusak. Cek juga switch up-down nya. Cek tr final penggerak dinamo.

      Delete
  2. Cari-cari untuk karbon stabilizer gak nemu di pusat services electronik Bekasi, gak abis akal beli batu baterai yang ukuran agak besar bongkar dan didalamnya ada karbon bulat tabung, kemudian di pahat sedemikian rupa sesuai bentuk, pasang dan... jreng... stabilizer kembali berfungsi. Note : Karena plat karbon patah. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk cecep. Terima kasih atas ide kreatifnya mengganti karbon menggunakan karbon baterai. Semoga ide-ide kreatif seperti anda ini dapat bermanfaat bagi semua orang.

      Delete
    2. Mf...mau tny beli dinamonya saja ap ada ya? Sy pny stavolt matsugawa 3000 watt.

      Delete
    3. Mungkin ada mas. Coba saja dilepas dinamo yang lama, kemudian bawa contohnya ke toko elektronik terdekat.

      Delete
  3. Saya punya stabilizer oki model avr 3000,ketika dicolok ke pln,mcb selalu loncat,daya 900 watt,sdh coba matikan semua peralatan di rumah,namun tetap saja mcb loncat,sudah cb cek tr kelihatan nya bagus,apa kira2 permasalahan nya ...,mohon pencerahan nya mas.., trim's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk vino. Jika mcb trip biasanya disebabkan trafo stavolt rusak atau konslet. Ditandai ada kawat tembaga yang terkelupas atau terlihat gosong. Bisa juga disebabkan rangkaian kontrol rusak. Cek saklar switch ada dua mungkin rusak. Diode juga beberapa transistor biasa sering rusak. Jika semua komponen ok. Berarti trafonya yang rusak/konslet.

      Delete
    2. Punya saya stavol merek SAKO SVC-1000VA, ketika dicolokin ke arus PLN Normal hidup biasa, namun ketika dikasih beban saya colokin Freezer sh300 merek Sharp ke Stavol keluar percikan api di dalam stavol (sepertinya dari gesekan karbon dgn trafo/lilitan kawat di dalam stavol), yang akan saya tanyakan itu kejadian seperti itu kenapa penyebabnya ya mas. Trimakasih atas jawabannya semoga bisa membantu saya

      Delete
    3. Sepertinya karena beban berat. Kalau freezer gak perlu pakai stavolt, karena bebannya berat.

      Delete
  4. Mas, sy pnya stavolt Kasugawa 500VA sdh 10th gk sy pke, dlu sy pke utk komputer, ...lha kmarin sy bka n bersihkn dalamny krn kotor n ada sarang laba2 kcil ,,,itu trnyta ada 2kabel dr 2 terminal Voltmeter yg ujung2 lainny trlepas solderanny, ,,,,sy test ttap ada voltase output tpi volmeter gk fungsi / gk gerak jarumny ,,,itu ujung2 2kabel mngarah k mna ya? ,,,,sy curiga k PCB, ,,,tp sy check gk ada bkas solderan trlepas d PCBny ,,,kualitas kabel jg jelek. Msal sy pke utk kulkas 100W dg keadaan stavolt bgtu apa msih bgus ya? Mohn ptunjkny. TQ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk eko. Asalkan output dari stavolt masih keluar tidak masalah. Cuma voltmeter saja gak fungsi karena kabel lepas, kabel tersebut mengarah ke pcb. Jika anda tidak tahu kemana menyambungnya? Biarkan saja, asalkan outputnya ada.

      Delete
    2. Jdi itu voltase outputnya sdh mlewati travo stavol alias gk murni dr PLN alias listrik PLN sdh di-stabilkan gtu ya?

      Delete
    3. Ya betul sekali. Voltmeter berfungsi hanya sebagai indikator penunjuk tegangan saja.

      Delete
  5. Saya punya stavol matsunaga lampu on/off menyala. Tapi tidak naik tegangan...
    Apa sama dg masalah diatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin saja mas. Coba anda ganti dulu saklarnya mas. Jika masih belum ada tegangan silahkan setel dan bersihkan brushlesnya.

      Delete
  6. Jadi bgini bos..pln keparat ni parah kali.masak tegangan beban puncak 100volt,stvol oki input minimalny 140v,gmn cara merubah stavo tg input 100v,agr dpt 220 di outputnya?
    Jenis stavol oki 5000

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya mas. Beban puncak pln harusnya tidak ngedrop sampai 100v, normalnya ngedrop sekitar 180v-200v pada malam hari. Jika problemnya seperti itu, yang perlu diperbaiki adalah jaringan kabel plnnya ada yang bermasalah, mungkin kurang konek. Untuk hal ini harus dilakukan petugas pln, silahkan laporkan ke bagian teknik pln terdekat. Untuk stavolt, tegangan range stavolt mestinya masih bisa beroperasi pada tegangan 100-140v, di coba saja dulu. Untuk merubah stavolt harus membongakar gulungan trafonya, ini pekerjaan rumit, tidak bisa dikerjakan sembarangan. Yang jelas itu yang bermasalah jaringan kabel plnnya, bukan stavoltnya.

      Delete
  7. Met sore pak, saya mau tanya, saya punya Stabilizer merk Matsunaga tipe SVC-1000N, tadi pas saya nyalakan, lampu indikator power nyala, tapi, volt meternya gak naik, dan gk ada suara pergerakan servo motor, kenapa ya itu pak? Mohon penjelasannya, trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk renato. Maaf baru balas. Coba cek sekering, Cek tegangan setelah saklar, kalau perlu coba ganti saklar. Jika tetap tidak bisa, berarti ada kerusakan di komponennya. Cek transistor, diode, limit switch.

      Delete
  8. mas sy pnya stavol matsunaga 1500va
    trus dy listrik 900 va.
    tp sy cm pk utk tv dan dvd aj.tiba2 mati..trus di idupin lampu nyala tp tegagan tdk naik/ga bs nyala prglt eltro ya.knp.dan service itu n biasanya ya.apkh di service tv ??? mhon infonya mad.trimksh bnyk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk lucya. Maaf baru balas. Ada kerusakan komponen itu mas. Coba saja di bengkel service tv biasanya bisa.

      Delete
  9. oya mad.sbg tambhn sekringnya tdk ada problem.sdh dignt yg baru jg ttp ga bs..trimksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu ada kerusakan komponen, silahkan diservice saja mas.

      Delete
  10. Daya punya merk oki 10000va kondisi masih baru bukak bumgkus tapi pas disambung ke listrik langsung turun mohon pentuk

    ya trims mohon sekali petunjuk y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk fara. Maaf baru balas. Daya listrik rumah anda berapa? Jika daya listrik rumah anda kurang dari 10000va jelas tidak kuat.

      Delete
  11. Nanya lagi di sini kang,klau stang karbon gak mau berenti di 220,tapi malah sampe metok kena swit,jadi out put nya diatas 220 ,rusak apanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek kedua limit switch yang ada di sekitar trafo donat. Pastikan koneksifitas limit switch bagus. Kemudian jika masih problem, silahkna cek komponen bagian control, posisinya di sebelah trafo donat ada pcb kecil. Disitu ada beberapa komponen yang bisa di cek, misal beberapa diode dan transistor yang ada di pcb itu.

      Delete
  12. gan,saya ada Stabilizer merk Matsunaga tipe SVC-1000N, saya mau bersihkan trafonya yg bekas karbon arang itu, saya kerok pake cutter,apa ada efeknya???baiknya cara bersihinnya gmn ya? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bisa jangan pakai cutter. Cukup bersihkan pakai kuas biasa sudah cukup, tidak perlu dikerik.

      Delete
  13. Bang numpang nanya saya punya stabilizer toyosaki 10000n dlu pake buat warnet dipasang sama ahli instalasi, yang mau sy tanyakan cara pasang kabel utk menghidupkannya bagaimana dibagian belakang ada input dan output..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bagian input konek ke listrik pln. Bagian output konek ke peralatan listrik/beban.

      Delete
  14. Skalian nanya saya coba pasang di input tp lampu indikator tidak ada yang menyala tetapi jarum menunjukkan 220 dan tidak ada suara dinamo saat start.. Apakah stabilizer ini masih normal atau sy yang salah pasang.. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemasangan anda sudah benar mas. Input konek ke listrik pln. Jika jarum voltmeter menunjukkan tegangan 220v, berarti tegangan sudah masuk. Untuk mengujinya, maka harus diberi beban. Kemudian lihat pada jarum ampermeter harus bergerak meskipun sedikit. Jarum voltmeter akan bergerak sedikit menstabilkan. Jika indikasi ini ada, berarti stavolt normal. Masalah lampu tidak menyala, mungkin lampu lednya yang mati.

      Delete
  15. pak mau tanya setrum dirumah saya 180 setelah saya pakai stavol kok outputnya tetap 180 dan saat menghidupkan atau mematikan stavol nya tuasnya tidak bergerak atau tidak ada bunyi sama sekali ,, mohon bantuannya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek dinamo dan tuasnya pak, mungkin macet?

      Delete
  16. Pak mau tanya, saya baru beli stavolt Matsunaga 1000.tapi kepa stavoltnya tidak bisa menaikkan tegangan, stavoltnya hanya mengikuti tegangan listrik di rumah (170v) sementara ketika saya menggunakan stavol lain punya teman dapat menaikkan tegangan ke 220 dari semula yang cuma 170

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya bisa mas. Coba anda nyalakan stavoltnya, kemudian dengarkan ada suara gak setelah stavolt di ON kan. Jika stavolt normal, maka ada suara tuas dinamo bergerak kreeekkk...didalam stavolt dan itu normal. Jika tidak ada suara sama sekali, berarti tuas dinamo macet. Kemudian bandingkan juga dengan stavolt punya teman anda, apakah ada suara setelah stavolt di ON kan?

      Delete
    2. Ada suara mas, cuma itu tidak bisa menaikkan tegangan. Cuma mengikuti tegangan listrik rumah yang cuma 170v. Sekarang malah volmeternya tidak jalan, padahal ini stavol masih baru beli 3hari

      Delete
    3. Waduh apes mas. Kalau masih garansi, kembalikan saja. Jika tidak dan anda belum paham tentang stavolt, serahkan kepada orang yg tahu tentang stavolt/tukang servis. Karena mungkin ada kerusakan di dalamnya, baik trafo maupun komponen kontrolnya.

      Delete
    4. Iya ini sudah dikembalikan dan direkomendasikan beli stavol merk oki harganya 2kali lipat katanya dinamonya lebih bagus. Sementara saya nyari yang merk idata yang benar benar bisa menaikkan tegangan cuma sekarang sudah gak ada yang jual stavol merk idata lagi. Kira menurut mas stavol merk apa yang paling recomended yang bisa menaikkan tegangan 170 ke 220v

      Delete
    5. Benar mas. Stavolt merek biasa memang tidak mampu untuk tegangan yang drop 170v. Saya tidak ada rekomendasi mas untuk merek stavolt, karena belum coba untuk tegangan drop 170v. Saya biasa pakai stavolt matsunaga, tapi untuk tegangan drop hanya 200v masih mampu. Coba merek matsuyama yang biasa dipakai stavolt di pom bensin.

      Delete
    6. Jangan lupa lihat range tegangan stvoltnya bekerja ditegangan berapa? Usahakan range tegangannya 160-240v. Jika tidak jangan dibeli.

      Delete
  17. Mau nanyak gan stavol kenika ar 600va gk bisa naik 220v cuman kurang 10v saja.trus tuas saya arahkn ke tengah trus gerak smp mentok.apakh stavol saya normal apa bermasalah.trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya kurang 10v itu tidak masalah mas, masih normal. Karena masih masuk dalam batas toleransi. Untuk mendapatkan tegangan pas 220 ya gak bisa mas, pasti ada toleransi plus minusnya. Kalau di set di tegangan 220v, maka nanti toleransi naiknya tegangan juga akan jadi tinggi. Seharusnya tuas penggerak gak boleh digerakkan manual mas, karena berhubungan dengan rangkaian kontrol. Jika anda menghendaki tegangan pas di 220v, maka bukan tuasnya yang disetel, tapi VR rangkaian kontrolnya yang harus disetel. Tapi ingat batas toleransinya. Setelan diatas itu sebenarnya sudah ok mas, gak perlu dirubah lagi.

      Delete
  18. Ok gan trimakasih.VR rangkaian ny sudah saya setel.setelah di hidupin tuasnya posisi mentok itu tidak masalah kn,tp volmeter ny gerak gerak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Voltmeternya gerak-gerak juga harus diikuti gerakan tuasnya sedikit-sedikit untuk menstabilkan tegangan. Jika voltase outnya sudah stabil, berarti sudah ok mas. Jika saklar power on off di tekan, harus diikuti gerakan tuasnya kembali ke titik awal, kemudian di ON, tuas bergerak ke posisi tegangan terakhir.

      Delete
  19. Klo di hidupin masih gerak sedikit

    ReplyDelete
  20. Mau tanya saya punya stavolt kasugawa 500v kl tegangan berubah cm gerak jarumnya aja dan ga bunyi treeett.... Apa itu normal? Maaf br prtama beli seconnya jd ga tw..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu jenis stavolt yang model motor kontrol atau trafo. Stavolt yang berat atau ringan? Soalnya ada dua jenis stavolt, stavolt dengan elektro motor kontrol dan stavolt dengan trafo. Yang berat stavolt yang pakai motor dan yang ringan pakai trafo. Kalau yang pakai motor akan ada bunyi treett, tapi juga ada yg tidak, tapi yg pakai trafo tidak akan keluar bunyi. Kalau tegangan sudah keluar dan stabil 220v, berarti sudah normal mas, meskipun gak ada suara trreett, karena tergantung jenis stvoltnya.

      Delete
  21. karbonnya longgar rupanya stavolt ane, nanya: apakah engkol mesti nyentuh switch pertama kalau dimatiin ya gan? karena sebelumnya nyentuh, nah setelah karbon diketatin/diturunin engkol tidak sampai nyentuh kalau dimatiin? makasih gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas, terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini.

      Delete
  22. Mau tanya, kalo swicthnya patah apa stavoltnya nggak bisa berfungsi ? Sebelumnya memang patah tp masih berfungsi, trus pas pindah kostan, indikator nyala tapi nggak ada arus outputnya, ada sarankah ? Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bersihkan dulu karbonnya mas, seperti cara diatas.

      Delete
  23. mau nannya mas, aku ada stavol yg 1000n
    dipasang untuk kipas + kulkas
    3 jam pada saat voltase turun tapi posisi kulkas pas lagi naik
    tiba tiba ada suara kaya petasn cabe, sama asep.
    bgitu saya cek, ada pecahan elco.

    itu knapa mas ya ko bisa terjadi begitu, apa elconya saja yg rusak atau ada kemungkinan komponen yg lain mas.

    trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu jenis stavol yang pakai motor atau tidak? Mungkin tegangannya terlalu drop dan beban berat. Mungkin ada komponen lain yang rusak. Untuk pastinya saya belum tahu, karena harus cek satu-satu komponennya.

      Delete
  24. Malamas,maaf mau nanya.saya beli stavol matsunaga 500. Kenapa tegangan output hanya kisaran 190volt. Padahal listrik saya ukur mendekati 220 volt.mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok aneh mas. Harusnya tegangan tegangan out stabil antara 220-230v. Memang pas beli gak di coba mas/cek tegangan outnya? Kalau mau, coba anda set VR pengatur tegangan yang ada di rangkaian kontrol dalam stavolt.

      Delete
  25. Mas mau nanya,saya beli stavol 5000 va..apakah tidak masalah dipasang dirumah yg berdaya 2200 va..terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah mas, cuma daya stavolt gak sampai 5000va. Sesuai dengan daya va yang masuk. Dan jangan dibebani dengan beban diatas 2200va.

      Delete
  26. Gan saya punya stavol Oki 5000 VA. Permasalahannya Adalah PADA Saat stavol di nyalakan motor ya ngak Bergerak naik padahal arus pada volt meter kurang dari 220v. Tapi Saat stavol dimatikan motor Bergerak turun. Yang Mau saya tanyakan kira2 di bagian APA yang mengalami krusakan Dan APA Masih bisa di perbaiki
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba set VR nya mas. Ada di pcb rangkaian kontrolnya.

      Delete
    2. Jadi inget stavolt lama sya merk Matel juga punya masalah yang sama kalau dinyalain motor ga gerak padahal outputnya cuma 200v tapi kalau dimatiin motor baru gerak dan malah turun menuju swicth yg dibawah dan kalau diulang ulang hidupin matiin mentok deh tuh tuas motornya ke swicth yg dibawah & outputnya jadi 180V kl ga salah inget, dah saya coba ganti tr ganti elco dah set VR ga ngaruh cek zener dioda normal dan malah tambah PR ada beberapa kabel yg menuju ke pcb lepas ga kelacak, coba2 solder kembali hasilnya tetep sama tapi untung ga konslet salah nyolder kabel hahahha ... kira2 apa ya atau ada yg punya skema stavolt Matel coz sayang juga nganggur digudang thanks byk sebelumnya.

      Delete
    3. Lah itu kalau sudah ada kabel putus gak ketemu posisinya dimana, ini yang susah. Saya gak punya skemanya mas.

      Delete
    4. Selamat siang mas Bahar kembali utak atik stavol (penasaran)ga taunya board controlnya udah saya foto sbelum sya bongkar beberapa hari kemudian jadi bisa sya pastikan sya ga salah nyambung hehehe, cuma ya itu stavol sya kalau sya putar VR nya (1K) ke kiri lengan engkolnya ga mau naik tapi kalau VR nya saya putar ke kanan lancar turun dan kalau saya hidupin dan matiin lama2 lengan engkolnya menyentuh swict yg dibawah, udah saya tes motornya normal, udah saya ganti VR nya ga ngaruh, sya ganti juga semua TR nya dan relay nya plus elko yg paling besar 4700 uF nya dari 16V saya ganti 35V juga ga ngaruh cuma bergerak dikit banget keatas kayak ngelost tegangannya .... mungkin ga mas kasus sperti ini berhubungan dengan salah satu elko yg udah ga berfungsi normal ?? kl untuk dioda dan ziner sya tes pakai multimeter masih oke sih mas

      Delete
  27. Kang sy punya Stavolt Matsunaga 1000N jepang,motor penggerak jalan, tpi outputnya bermasalah krn sy coba tes utk ngecas HP,ato strika listrik tidak bisa. aitu masalah ada dimana . minta infonya maturnuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek dulu output tegangan stavoltnya pakai avometer, keluar gak? Indikator VU meternya jalan gak? Kalau semua tegangan tidak keluar, cek dulu dalamnya, mungkin ada kabel yang putus. Kemungkinan juga bisa brushles nya habis atau kotor, jadi gak nyentuh di lilitannya.

      Delete
  28. Ms saya punya stavolt tadi nya kalau di kasih beban naik230,240 vol gk mau turun abis cek Tr nya kog malah gk naik..tuas posisi di tengah bila di colokin malah turun..mohon pencerahan nya mas..mksh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih belum pernah problem kayak itu mas, cek saja semua komponen area kontrol, bersihkan juga brushles dan lilitan tembaga pada tuas. Cek brushles mungkin sudah habis atau aus.

      Delete
  29. Selamat pagi pak saya ingin bertanya saya memiliki kendala dengan stavolt saya merk krisbow svc - 3000 va kendala seperti jarum (v) bergerak tidak normal (a) tidak bergerak dan tidak terdengar suara pergerakan tuas tetapi lampu indikator semua menyala. Jika beban pemakaian listrik besar terutama malam lsg drop kira" apa ya permasalahan nya saya mohon pencerahaan nya terima kasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda cek tegangan rumah anda berapa volt AC? Jika terlampau drop, maka wajar stavolt drop, karena tidak mampu mengangkat tegangan yang terlalu drop. Range tegangan stavolt umumnya antara 180v-240v. Jika dibawah itu, jelas tidak kuat stavoltnya.

      Delete
  30. Terima kasih banyak pak untuk pencerahannya dan jika diijinkan saya ingin bertanya apakah bisa stabilizer diperbaiki mohon maaf jika pertanyaan saya membingungkan karena terus terang saya awam perihal tentang ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bisa pak? Tapi di cari dulu penyebabnya apa? Kebanyakan yang terjadi adalah stavol dipasang di tegangan PLN yang terlalu turun/drop dibawah ambang batas kemampuan stavolt. Hal inilah yang menyebabkan stavolt rusak, selain penyebab lainnya.

      Delete
  31. Ini dia laman yg saya cari. Kebetulan baru aja saya dapet masalah stabilizer. Saya baru 2 minggu yg lalu beli stabilizer Lexos 5 KVA Digital. Nah hari ini tiba2 mati, padahal meteran PLN nyala. Saya coba dari genset, ternyata sama, mati, ga ada arus dan lampu indikator mati. Saya coba bypass (saklar stabilizer off, saklar pln on), digital meter indikator nyala lagi.
    Memang voltase di daerah saya kalo malem sering drop bahkan sampe ke 120 volt. Lalu saya baca di manual book ternyata rentang toleransinya mulai dari 140 volt.
    Pertanyaan saya, kira2 stabilizer saya rusak bagian apanya Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih belum pernah bongkar untuk jenis stavolt digital lexos ini. Jadi belum tahu jerohannya kayak apa? Sistem kerjanya kayak apa? Tapi coba bongkar dulu, didalam ada trafo toroid/donat gak? Karena sistem digital, maka semua kontrol akan diproses secara digital, dan biasanya ada ic mikrokontrolnya. Untuk pemeriksaan awal, cek saja dulu semua sekering/fuse yang ada di dalam stavolt tersebut, mungkin ada yang putus. Cek semua saklar, apakah koneksi saklar sudah bagus pakai avometer? Untuk step selanjutnya saya belum bisa bantu, karena saya belum tahu jerobannya seperti apa?

      Delete
    2. Ada perkembangan nih Mas. Stabilizer ini nyala kalo saya bypass dari saklar stabilizernya. Lalu iseng suatu sore saya nyalain. Eh, stabilizer berfungsi. Hanyaaa... Kipas tidak nyala. Dan 2 jam kemudian mati. Terpaksa saya by pass lagi.

      Nah, untuk kasus ini kira2 kenapa dan gimana solusinya ya? Makasih...

      Delete
    3. Mungkin tegangan inputnya terlalu drop mas.

      Delete
  32. mas mohon pencerahannya saya punya stavolt merk VISALUX 3000 watt motor bergerak tapi jarum voltage masih tetap 0 dan tidak keluar arus tegangannya.sudah saya ganti transistornya sesuai aslinya s8050 dan s8550 masih tetap gak keluar tegangan kira" apanya ya mas yg harus di perbaiki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bersihkan bruslesnya, seperti gambar diatas. Kalau ada relaynya, coba cek relay, fuse. Motor bergerak berarti sudah ada kontrol masuk, tinggal outnya yang gak keluar. Kalau ada micro switch, coba cek juga.

      Delete
  33. Mas, stavolt saya setiap dicolokkan ke pln, mcb pln nya off, apa ya penyebabnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dari trafonya yang konslet mas. Cek dulu dalamnya, apakah jenis stavolt yang pakai motor atau stavolt biasa yang pakai trafo kotak?

      Delete
  34. mas... saya punya stavolt merk matsumoto 10000N, setiap dicolokin ke PLN , MCB PLN pasti balik. saya cek stavolt tidak ada keluar asap ato bau terbakar. Didalam stavolt ada 2 gulumgan yg berbentuk donat. mungkin travo toroid ama dinamo, ama ada travo kotak yg kecil. kira2 apa ya mas penyebabnya ? makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin listrik dirumah anda yang gak kuat mas.

      Delete
  35. Mas, ini stavolt nya nyala, cuman dia bunyi2 terus selama dinyalakan.. ini bagaimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi outputnya normal gak? Biasanya kalau seperti itu, memang kondisi tegangan dirumah anda tidak stabil terus, maka stavolt akan bekerja terus untuk menstabilkannya.

      Delete
  36. Di mana ada yg jualan regulator stavol oki 3000va, mhn infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau info tempatnya saya belum tahu, tapi yang jual online banyak, silahkan cek BL dan toped. Harga sekitar 1,2 jt.

      Delete
  37. saya punya stavolt 3000W setiap dinyalakan mcb listrik pln langsung njepret/turun,trafo saya cek normal,penyebabnya apa ya?apakah posisi motor servo berpengaruh?jika iya bagaimana menyetelnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah sekarang daya listrik dirumah anda berapa watt? Pakai 900va atau 1300va? Nah kalau stavoltnya 3000w sementara daya listrik dirumah anda cuma 900va, ya jelas trip. Itu normal untuk start awal saja. Solusi coba anda tambahkan alat auto start yang banyak dijual di toko listrik. Tapi cari auto start dengan daya 3000w atau 5000w. Jadi mungkin penyebab njepretnya karena start awal.

      Delete
  38. bang minta tolong
    kalau ada yang tahu daftar komponen di sako 500vac
    mohon di emalkan ke saya ya.
    marsela.savani@gmail.com

    ReplyDelete
  39. Pak saya mau tanya, stavol di rumah saya Matsumoto 7500n. Kipasnya tidak nyala, dan ada 2 bagian kumparan (saya kurang tau apa itu) yang satu seperti dinamo, tapi tidak berputar, apakah itu normal? Meteran V normal bergerak saat dinyalakan dan A juga bergerak saat ada penggunaan listrik semacam sanyo. Dan lampu indikator juga nyala, terima kasih Pak, mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti stavoltnya masih normal itu pak. Mungkin penyebab kipas tidak berputar, bisa dari kipas rusak. Atau rangkaian power supply kipas bermasalah. Coba ganti saja dulu pak kipasnya. Itu kipasnya pakai tegangan berapa volt pak?

      Delete
    2. Ya ampun email notifikasi ada reply baru masuk di email saya, maaf ya pak saya jadi telat reply.
      Kipasnya pakai kipas warna hitam kecil itu pak, saya kurang berapa volt tegangannya. Terima kasih pak

      Delete
    3. Ya bisa anda coba lepas dulu kipasnya. Biasanya ada tulisan volt nya dibodi kipasnya.

      Bisa anda cek sekalian jalurnya itu menuju kemana, mungkin ada yang putus atau lepas solderannya.

      Delete
  40. Misi mas, ada cara kah buat mempercepat respon motornya, soalnya kalau buat AC suka telat jadi off lagi ac nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kalau AC memang berat mas. Kalau pakai stavolt biasa agak maksa. Minimal pakai stavolt yang bagus dan daya minimal 3000watt.

      Delete
  41. Bang permisi numpang tanya.
    Stavol saya merk Matsunaga 500
    Saya putar manual engkol ke arah tengah, saya nyalakan bergerak sedikit turun
    Saya kasih beban (efek gitar) menyala lancar efek gitarnya
    Lalu saya matikan, engkol bergerak turun banyak
    Tapi saya nyalakan lg engkol ga bergerak naik
    Kira2 apa masalah nya ya itu bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti digerakin manual ke atas engkol nya biar bisa nyalain beban

      Delete
    2. Coba bersihkan seperti cara diatas. Cek limit switch nya, ada dua. Kemudian cek komponen pcb rangkaian kontrolnya. Mungkin ada komponen yang rusak, biasanya transistor.

      Delete
  42. Problem di rangkaian kontrol mas. Coba cek transistor, dioda dan zener, Resistor.

    ReplyDelete
  43. mas Bahar minta pencerahannya dong, knapa yah pada layar monitor view sonic vs16020 tiba-tiba blank putih,tadinya sih lagi buat main game trus tiba-tiba blank putih itu apanya yah mas,minta pencerahannya dong mas !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mainnya lewat komputer, mungkin bisa dari VGA nya ngeblank. Coba pakai komputer lain.

      Jika masih tetap blank. Berarti dari monitornya. Coba saja pakai cara ini mas. Siapa tahu bisa.
      http://www.baharelectronic.com/2016/01/monitor-lcd-inforce-gambar-blank-putih.html?m=1

      Delete
    2. siap mas makasih infonya ane coba dulu...

      Delete
  44. Numpang tanya mas, stavolt dirumah merk Matsuyama 3kVa, kmrin rusak (matot) tp indikator digital baik yg Amp maupun yg Volt msih idup cuma tidak menunjukkan nilai sama sekali (nol). Kira² mslh nya apa ya Mas?, mohon pencerahan step by step yg harus saya lakukan utk menemukan problemnya. Makasih bnyk atas bantuannya Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek saja dulu dalamnya, mungkin ada kabel atau komponen yang putus atau lepas.

      Delete
  45. nanya mas, stavol saya merk matsunaga 1000 N, apa bisa dipakai buat kulkas, penanak nasi dan mesin cuci sekaligus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya buat kulkas dan mesin cuci bisa dipakai bersama sekaligus. Tapi untuk penanak nasi terlalu berat.

      Tapi kalau dipakai bergantian, mungkin masih bisa. Misal kulkas dan penanak nasi nyala, mesin cuci mati dulu, ini masih mampu. Jadi intinya usahakan ketiga alat ini tidak nyala bersamaan. Salah satu harus mati dulu. Baru bisa ngangkat stavoltnya.

      Delete
  46. Selamat malam pak. Saya pakai stabiliser matsunaga 500n. Waktu pertama dinyalakan jarum voltmeter berada di 220v. Setelah dipakai menyalakan tv led selama -+2jam, jarum voltmeter naik ke 240v. Saya coba matikan & nyalakan lagi tetap di 240v. Kira2 kenapa ya pak? Mohon solusinya.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya itu bisa disetel mas tegangan outputnya. Tapi sebelum melakukan itu, alangkah lebih baik jika anda lakukan pengukuran tegangan pln anda dahulu. Berapa tegangan pln pada saat itu?

      Untuk menyetel tegangan output stavolt dapat anda setel melalui VR yang ada di rangkain kontrol didalam stavolt. Contoh gambar ada diatas. Anda bisa setel putar kearah kiri sedikit demi sedikit dan lihat hasilnya. Jika volt output bisa turun, berarti sudah benar. Tinggal anda setel lagi sampai volt yang diinginkan.

      Jika masih problem seperti itu, berarti mungkin VRnya sudah rusak. Anda bisa coba ganti VR nya mas. Dengan ukuran yang sama.

      Delete
    2. Ok pak. Terima kasih bantuannya

      Delete
  47. Mas saya punya stabilizer matsunaga 500N, semalem lancar, tetapi pas dinyalain lagi tadi,lampu on of nya menyala, tetapi voltage nya tidak bergerak sama sekali, dan tidak keluar listrik dari outputnya. Sudah diganti sekring pun tetap tidak menyala. Kira kira kenapa ya mas? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan motor penggeraknya macet mas. Coba anda cek dalamnya. Jangan lupa lepas dulu kabel listriknya, biar gak kesetrum.

      Cek tuas penggerak, apakah bisa diputar. Jika bisa, coba bersihkan lilitan pada alur tuas penggerak itu, seperti cara di posting ini mas. Sekalian cek bruslesnya atau karbonnya sudah habis atau belum?

      Delete
  48. Bg kekmana stavol saya sudah lama saya biarkan karna tiba2 mati total, stavol sakho 5000w
    Stavol buat warnet awalnya stavol normal tpi suatu hari mau hidupkan komputer tdak hidup komputernya, tpi jika tidak pakai stavol atau langsung ke pln komputer hidup kira2 apa y mas?
    Jadi skarang warnet saya tdak pake stavol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi sekering stavolt putus atau kabel listrik colokan stavolt putus didalam, jadi gak kelihatan. Coba ganti sekering dan kabel listriknya.

      Delete
    2. Bg ada wa biar saya kirim gambar bg, modelnya dia input output nya dibaut bg, yg untuk AC ada tulisan L dan N tu sama aja kabelny gk masalah kan bg?

      Delete
    3. Kirim gambar silahkan lewat g+ mas.

      Ya betul. Jalur AC adalah L dan N itu mas. Boleh bolak-balik.

      Delete
    4. Yg bulat besar tu ada 2 bg bawah dan atas
      Saya tdk tau sekering nya yg mana spertiny tdak ada skeribg bg

      Delete
    5. Usa saya kirim ke gmail abg ya

      Delete
    6. Masak tidak ada mas? Biasanya ada tulisan FUSE bentuknya bulat. Untuk mengganti sekering harus dibuka dulu penutup FUSE nya. Baru kelihatan sekeringnya.

      Gambar belum masuk ke email saya mas.

      Delete
    7. Uda saya kirim bg, coba kirim gmail abg, kemren uda saya kirim lewat gmail saya, tidak ada bacaan fuse bg, hanya ada 2 sakelar, on off dan satu lagi rdak tau bg

      Delete
    8. Gambar gak bisa masuk mas. Coba kirim lewat g+. Saya agak bingung juga kenapa kok gak ada sekeringnya ya he..he..

      Delete
  49. mas stavol saya minamoto tipe motor 3000va. pas mau di hidupin,pln jeglek. dimana kerusakannya mas? trims

    ReplyDelete
  50. Saya baru beli stavol matsunaga SVC-1000N tapi begitu di colok ke listrik hanya hidup sebentar kemudian on/of nya aja yg nyala dan jaru indikator nggak naik, kmd sy komplain ke tokonya dan di ganti baru, ternyata sama saja begitu hidup sebentar trus jarumnya mati lg,mmg lampu on/of tetap hidup, bebannya utk nyolok kulkas mas, kira2 kenapa ya masalahnya??

    ReplyDelete
  51. Selamat pagi mas..Saya baru beli stavol matsunaga SVC-1000N lampu on/off menyala. Tapi jarum indikator tidak naik tegangan..., kemudian saya komplain ke toko tempat saya beli stavol tsb, kmd diganti baru dan saya pasang hidup normal, eh tahunya nggak sampe satu malam saya bangun tidur pagi-pagi melihat stavol tsb sdh mati lg jarumnya gak naik hanya lampu on/of aja yg nyala, beban utk kulkas mas... kenapa ya masalahnya, apa mmg stavolnya ngga kuat ato kualitasnya jelek, kan ngga enak jg kalo komplain dan minta ganti terus ke tokonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kulkas sebaiknya jangan pake stavol mas. Stavol hanya untuk yg ampernya kecil, mgkin kulkas uda gedel ampernya, dan biasanya ada tu batasan amper di stavolnya

      Delete
    2. Sepertinya memang benar stavoltnya gak kuat untuk beban kulkas mas.

      Memang kenapa kok pakai stavolt mas kulkasnya? Harusnya kan bisa dicolok langsung ke listrik tanpa stavolt. Menurut saya kulkas gak perlu pakai stavolt mas.

      Delete
    3. Ya uda saya kirim mas
      Coba email mas aja tulis biar saya kirim gmbar lagi, stavol nya berat bnget karna bulatannya atas bawah bg

      Delete
    4. Coba kirim lewat halaman contact mas. Atau tulis link url gambarnya.

      Biasanya rekan yang lain bisa kok mas kirim gambar lewat hal contact diatas.

      Delete
  52. Saya punya matsu 1000n lama gk kpakai pas dicoba mcb PLN turun trs , dioda , resistor bgus daya PLN 450 cek phasa netral stavolt nyambung apakah konslet di trafo atau gk kuat daya pln’a om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dilihat dulu trafonya kelihatan ada gosong gak? Sekalian cek kabelnya mungkin saja konslet di kabelnya. Jika semua aman, kemungkinan memang trafonya rusak.

      Coba cek tuasnya bisa gerak gak pakai tangan? Untuk menggerakkan tuas, lepas dulu listriknya.

      Delete
    2. kasus saya sama kayak zaiz, klo misalnya tuaznya bisa gerak berati tetap trafonya yg rusak ya mas?

      Delete
    3. Kalau trafo rusak itu jarang mas. Kalau trafo rusak akan terlihat terbakar atau ada yang gosong pada tembaganya. Yang sering rusak itu karena rangkaian kontrolnya rusak atau bisa juga mekaniknya yang problem. Jika trafo terlihat bagus gak gosong mungkin rangkaian kontrol rusak.

      Delete
  53. Mau tanya, ini stavolt merk OKI, pas dicolokin kwhnya lgsg trip, itu knpa ya?

    ReplyDelete
  54. Mau tnya mass. Saya punya Stavolt 10000N. Pas dinyalakan stavolt tidak bunyi tapi (V) menunjukan 220. Pas cek pake avo, otputnya bnar 220. Masalahnya pas dikasih beban (A) tidak bergerak. N stavol tidak bunyi sama skali...
    Kira" stavolt saya bermasalah ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bebannya pakai apa dulu mas? Kalau bebannya ringan, mungkin gak gerak mas. Coba pakai beban agak berat, misal Bor listrik atau Magic com posisi masak.

      Delete
  55. Mas mau nanya , kalau beli carbon bursh buat stabilizer harga berapa ya ? Buat cadangan saja



    Kalau di toko online namanya apa ?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 50 ribuan. Namanya sama adalah Carbon Brush Stavolt. Biasanya bentuk carbonnya gak sama, jadi bisa dibentuk sendiri.

      Delete
  56. Mas saya mau nanya, saya kan br beli kulkas. Tapi baru sehari pemakaian sudah tidak dingin. Disarankan menggunakan stavolt oleh teknisinya.. pertama bisa nyala, jarum stavolt di 220. Tp tiba2 jadi nol2. Di coba nyalakan lg tidak bisa. Akhirnya ganti serkring, dinyalakan lagi jarum tetap d nol tp lampu power menyala.. ini yang bermasalah kulkasnya atau listriknya ya mas? Karena teknisinya menyalahkan kalau listrik d rumah saya yang terlalu rendah.. mohon informasinya ya mas.. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda pakai stavolt yang bagaimana, yang berat atau ringan? Kalau stavolt murahan, mungkin gak kuat.

      Coba lepas saja stavoltnya, gak usah pakai stavolt, langsung konek saja ke listrik.

      Pertanyaannya dalam kondisi tidak dingin itu, apakah kulkas menyebabkan listrik dirumah anda jeglek atau tidak? Jika tidak jeglek, berarti bukan dari listriknya, tapi masalah di kulkasnya.

      Coba kulkas jauhkan sedikit dari tembok, jangan terlalu mepet atau nempel tembok.

      Delete
    2. Yg berat mas. Beli 285rb

      Pertama kali beli d colok ke listrik tanpa stavolt kulkasnya tidak dingin. Makanya teknisi menyalahkan listriknya yg tidak stabil dan menyarankan utk membeli stavolt.

      Listrik d rumah tidak jeglek sama sekali. Posisi juga sudah tidak nempel tembok.

      Ini teknisi dari perusahaan kulkasnya ngeyel bahwa kulkas tidak dingin karena listrik di rumah sampai2 saya d suruh memanggil orang PLN tp tidak saya turuti.
      Akhirnya dia meminta untuk membawa kulkas tsb ke kantornya untuk d cek listriknya. Tapi saya masih ragu apakah benar karena listrik atau emang kulkas yg saya baru beli itu mengalami rusak mesinnya

      Delete
    3. Ya untuk memastikan bahwa itu problem di listrik atau kulkasnya, maka ada satu point yang harus dilakukan untuk memastikannya, apa itu? Yaitu dengan melakukan pengukuran tegangan listrik di rumah Anda. Untuk pengukuran sebenarnya tidak perlu memanggil pln, karena bisa diukur sendiri menggunakan Avometer. Tapi jika Anda belum bisa melakukan hal tersebut, maka ada 2 cara yang bisa dilakukan.

      Pertama bisa minta bantuan keluarga, tetangga, teman yang paham tentang listrik dan bisa menggunakan alat Avometer untuk mengukur tegangan listrik di rumah Anda.

      Kedua, jika tidak ada atau tidak memungkinkan untuk minta bantuan diatas, maka mau tidak mau kita minta bantuan sama pihak pln, untuk cek tegangan dirumah Anda. Dengan alasan seperti yang sampaikan diatas. Bahwa kulkas baru dirumah Anda tidak bisa dingin. Agar pihak pln bisa cek tegangan listrik dirumah Anda.

      Point diatas harus dilakukan jika Anda ingin memastikan bahwa problem bukan dari listrik dirumah Anda.

      Kalau menurut saya, jika memang listrik dirumah Anda selama ini tidak ada masalah, coba anda pindah posisi kulkas anda. Maksudnya pindah colokan listriknya. Misal coba pindah colokannya di ruang depan, mungkin saja jalur listrik di ruang depan lebih baik. Pengalama teman saya juga pernah problem seperti itu, karena kulkan ditaruh di ruang belakang/dapur dengan colokan di dapur, ternyata kulkas bisa nyala, tapi tidak dingin. Anehnya setelah dicoba kulkas dipindah colokan listriknya di ruang depan, kulkas bisa dingin. Di coba dulu dipindah colokan listriknya. Siapa tahu bisa.

      Kalau tetap saja tidak bisa, maka silahkan saja bawa ke kantornya, untuk di cek lebih lanjut.

      Delete
  57. Asalamualaikum Mas bahar.mohon pencerahan untuk output stavolt yang 110vac apa bisa di turunkan menjadi 100vac dengan menyetel trimpot di dalam stavol.
    Karna saya punya spiker aktif kiriman dari jepang yang inputnya tegangan cuma 100vac ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Silahkan setel VR secara perlahan dan cek pakai multitester tegangan outputnya. Jika tegangan tambah naik, berarti putar VR nya kebalik, tinggal putar balik saja VR nya.

      Ingat putar VR nya secara perlahan ya he..he..ke kiri atau kekanan.

      Delete
  58. Stavolt yang saya gunakan matsunaga 500N mas. Saya mengambil tegangan yang 110 dan saya turunkan menjadi 100.xxVac sekring bawa.an 3amp
    Yang saya tanyakan idealnya sekring di ganti berapa amper mas ? Untuk tegangan yang di gunakan 100,xxVac

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sekering tetap pakai yang bawaannya saja mas 3A. Itu sudah ideal untuk stavolt 500w baik tegangan 220v atau 110v.

      Jadi tetap pakai sekering 3A, meskipun Anda gunakan tegangan di 100vac.

      Delete
    2. Ijin tanya ???
      Apa bisa stavolt di paralel dan output di jadikan satu ??

      Delete
    3. Bisa saja, tapi percuma daya akan tetap akan sama. Justru akan bahaya untuk kedua stavoltnya, bisa rusak. Karena arus balik.

      Saya sih belum coba, tapi cara itu menurut saya berbahaya mas.

      Delete
    4. Trimakasih sudah meresponnya...

      Delete
  59. Sangat jelas. Trimakasih mas bahar

    ReplyDelete
  60. Bisa service stavolt 5000va gak mas. Punya saya gosong kumparannya. Kalau bisa kabari mas. Lokasi saya cengkareng jakarta barat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mas, saya gak service stavolt. Untuk kerusakan kumparan trafo, coba di gulung ulang di tukang gulung trafo/dinamo.

      Delete
  61. Salam kenal pak bahar...pengalaman saya pakai stavol model servo adalah boros di motor servonya...pertama saya pakai matsunaga yg motor servonya model di dalam kumparan...itu ga awet mungkin krna kena panas kumparan jadi macet motornya...trs rusak jg krna spol kebakar konslet..krna di daerah saya listriknya tdk stabil pasti motor sering berputar untuk nyesuaikan tegangan...trs beli lagi dan yg model motor di luar itu rada awet tp trnyata ttp rusak dan ternyata tdk awet pada sikat kontak rotor nya...begitulah pengalaman saya pakai stavol model servo motor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mas. Terima kasih atas share pengalamannya.

      Delete
  62. mau nanya mas, stabilizer saya sama persis sama yg digambar ini, montero 1000, klo baru dinyalain ga gerak tuasnya, klo dimatiin baru geser kekana n, dinyalain matiin nyalain matiin, tuasnya udah nempel dipojok kanan, itu knp ya? klo rusak switch beli gantinya dmn? terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti switch nya mas. Lebih baik ganti kedua switch nya, kanan kiri.

      Ada banyak di toko elektronik. Silahkan bawa contoh switch nya.

      Delete
  63. Nanya mas. Saya punya stavolt 3000 N merk OKI. Tiba2 konslet pada arus di jarum ampere (A). Apa penyebabnya? Dan klo diganti ampere yg baru apa masih bisa hidup lagi?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebabnya konslet.

      Bisa mas. Silahkan coba ganti saja ampermeternya, sesuaikan skala ampernya. Atau bisa dibaypass saja, tapi Ampermeter gak fungsi.

      Delete
  64. Mas saya pnya stavolt 3000
    Gara2 di samber petir ampere tidak naik tpi lampu msih nyala ..kira2 mslah nya apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek sekeringnya mas. Jika aman. Berarti ada kerusakan di rangkaian pcb kontrolnya.

      Delete
  65. saya punya masalah dengan stabilizer regulator matsuka svc2000va. sy temukan short pada output L dan N. troubleshoot nya bgian mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek relaynya. Coba putar tuas kearah tengah, kemudian cek lagi.

      Ada tanda-tanda gosong gak, pada kawat trafonya?

      Delete
  66. Maaf mas mo tanya stavol saya merk Iki 2000 saya colokin k listrik kok MCB turun sy pke listrik 900 Watt ap ad pengaruhnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ya, coba pakai alat auto start mas, dipasang sebelum stavolt.

      Delete
  67. Saya punya stabiliser Matsunaga n 1500 kenapa jarumnya melibihi 240 bisa hampir 300..apa stabilisernya rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk memastikan apakah benar tegangan keluar 300v, maka diperlukan pengukuran tegangan di jalur output stavolt menggunakan avometer.

      Jika memang benar keluar tegangan 300v, maka diperlukan penyetelan VR tegangan di rangkaian kontrol stavoltnya. Agar tegangan bisa turun jadi 240v.

      Jika ternyata tegangan output diukur normal 240v, maka yang bermasalah adalah voltmeternya.

      Delete
  68. Mas saya punya stavol pro 3000 waktu dinyalakan tegangan masuk dan keluar jarumnya tidak bergerak kira-kira apanya yan mas mohon pencerahannya dan terima ksih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek kabel listriknya, mungkin saja putus didalam, kalau perlu ganti baru kabelnya. Cek juga saklar powernya. Cek juga sekeringnya.

      Delete
  69. Makasih gan infonya. Stavol sy yg rusak jd jalan kembali. Mantapp..

    ReplyDelete
  70. Pak, stavolt sya 500N, pertama beli pasang dikulkas aman, seminggu kemudian voltmeternya turun diangka nol dan kulkas sya mati, sya cek sekringnya ternyata putus, dan setelah itu sya ganti skirng baru, putus lagi sampai 6 kali, lalu sya coba di kipas angin dan penanak nasi, aman dan gak ada kendala (normal), jadi sya minta penjelasan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan stavolt kelebihan beban dan tegangan input stavolt terlalu rendah, sehingga stavolt tidak kuat ngangkat tegangan pln yang terlalu rendah.

      Coba cek tegangan pln dirumah Anda berapa volt? Apakah masih dikisaran 220v. Atau dibawah 200v?

      Kemungkinan kedua terjadi short disebagian gulungan trafo stavolt. Atau kotor di sebagian lilitan trafo yang dilewati tuas stavolt.

      Kemungkinan terakhir kulkasnya sendiri terjadi short di kompressor. Untuk hal satu ini, bisa coba kulkas ditancapkan langsung ke pln. Tanpa stavolt. Jika kulkas bisa nyala dan pln tidak njeglek, berarti kulkas aman. Tapi jika pln njeglek, maka kemungkinan kulkas bermasalah. Bisa disebabkan short kompressor.

      Delete
  71. Mas Bahar maaf tanya untuk transistor stavolt S8550 dan S8050 di ganti TIP41 dan TIP42 dengan menyesuaikan pin kaki nya bisa gak Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Asal disesuaikan dengan NPN dan PNP nya.

      Delete
  72. Wah keren nih blog!!

    Btw mas saya ada stavolt oki 1500VA, kendalanya itu si engkolnya pas dinyalain malah balik searah dgn jarum jam sampai mentok neken switch, semua komponen di pcb control sudah saya ganti sama yg baru dan 2 limit switch juga sudah saya ganti, tp gak ada perubahan. kira2 apa lg ya yg harus diganti? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kemungkinan relaynya rusak. Atau ada jalur yang putus, sehingga tidak dapat sinyal positif negatif ke dinamonya.

      Delete
  73. Izin bertanya mas

    Stavolt saya pas dinyalain normal (terdengar suara motor bergerak) dan outputnya 220v, nah masalahnya adalah setalah beberapa waktu kemudian (sekitar 15-30 menit) si engolnya jd gak gerak, gak mau stabilin tegangan, tp kalo body stavoltnya saya gebrak sedikit atau si engkolnya saya geser sedikit menggunakan obeng secara manual, baru normal lg bisa stabilin tegangan.

    Kira2 kalo kasus gtu apanya yg rusak ya mas? Terima kasih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan bisa dari carbon brush sudah habis atau kotor. Coba bersihkan lilitan dan carbon brushnya. Dan cek tekanan carbon brush ke lilitan, apakah masih ada tekanan. Kemungkinan kedua bisa dari putaran engkol yang seret atau berat, cek mungkin ada hambatan di engkolnya. Kemungkinan ketiga bisa dari dinamonya. Bisa juga dari solderan kendor di bagian pcb kontrol atau bagian lain sambungan antar kabel.

      Delete
    2. Terima kasih mas,

      Carbon brush udah disetting ulang dan lilitan udah saya bersihkan. Solderan PCB masih pada bagus. Nah tapi ada 1 yang mungkin jadi masalah yaitu gerakan engkol ke arah jarum jam sedikit agak berat dan lengket tp kalo melawan arah jarum jam gerakannya lancar, ringan. berarti apanya ya mas? tks

      Delete
  74. permisi bertanya ;)
    salam elektronika,
    generic svc-1000,
    motor servo bisa bergerak normal. jarum servo bisa bergerak dengan leluasa, pada saat start, terlihat bergerak normal berputar kekiri dan kekanan. pada saat di switch off bisa menyentuh switch dengan aman.

    kendalanya output voltase pelan pelan naik terus.dalam durasi waktu satu hari sampai seminggu.
    diukur menggunakan avometer.

    kira kira masalahnya dimana?

    salam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek VR adjustable voltage di pcb kontrol. VR ini berfungsi untuk mengatur besar kecilnya tegangan output stavolt. Jika VR ini sudah lama, biasanya mengalami degradasi atau keausan. Memang tidak terlihat kerusakan, tapi perubahan nilai di VR ini akan berpengaruh besar pada output tegangan.

      Coba ganti saja dulu VR adjus voltage tersebut. Ganti dengan nilai VR yang sama. Setelah diganti VR baru, lakukan kalibrasi tegangan output stavolt. Setting VR sampai didapat tegangan stabil tepat 220v.

      Sebelum mengganti VR adjustable voltage, alangkah baiknya dicek juga kondisi solderan di pcb kontrol. Siapa tahu ada solderan kendor yang bisa saja menyebabkan tegangan output tidak stabil.

      Delete
  75. Selamat siang mas Bahar ...
    saya ada stavolt merk Niko 1000N ... masalahnya saat nyala volt bisa naik sampai 235volt dan turun sampai 205volt, sy cek dengan Digital AC Voltmeter, sy sdh coba bersihkan arang dan lilitannya dan juga sdh ganti ke 4 transistor yang ada dan juga sdh ganti VR nya, mohon informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masih range segitu masih normal mas. Mungkin tegangan pln nya dropnya parah. Coba cek tegangan pln dirumah berapa volt? Kalau tegangan plnnya dropnya banyak, stavolt mungkin tidak mampu untuk menaikkan tegangan terlalu banyak. Dampaknya hasil tegangan output stavolt akan kurang dari 220v. Karena posisi tuas sudah mentok, karena tegangan input drop terlalu jauh.

      Delete
  76. Mas saya mau tanya kulkas saya pas di colokin ke PLN stabilizer saya on/off idup tapi ga naik jarum jamnya stak di nol itu kenapa ya mas ga berfungsi kaya biasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin jarum voltmeternya rusak mas. Coba cek tegangan outputnya pakai avometer. Jika masih normal, dan ada bunyi gerakan tuas didalam stabilizer. Kemungkinan stabilizer masih normal. Cuma rusak alat voltmeternya saja.

      Delete
  77. mas, saya mau tanya. jika stavol menerima tegangan yang sangat rendah apakah stavolt nya mati? atau tetap jalan cuma outputnya gk sampai 220?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika tegangan input stavolt terlalu rendah dibawah 180v, maka stavolt akan bekerja berat untuk menaikkan tegangan. Stavolt akan tetap jalan, tapi tegangan output akan kurang dari 220v. Karenan tuas stavolt sudah mentok untuk menaikkan tegangan lagi. Range tegangan aman stavolt adalah antara 200v sampai 240v. Minimum tegangan pln 190v. Jika dibawah itu, maka output stavolt akan drop dibawah 220v.

      Delete
  78. Mau tanya mas? Aku punyastavol mrkkenika traovox bergetar congslet apakh travox atau dari apa.

    ReplyDelete
  79. Ass... Mas saya mau tanya apakah stavolt bisa di tambahkn kit soft star sperti yg buat ampli? Dan apa bedanya auto star dan soft star. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Ya kedua istilah itu kadang hampir sama dan kadang juga ada yang menempel stikernya dengan auto star atau soft start, padahal perangkatnya sama he..he..

      Saya coba jelaskan sedikit menurut sistem kerjanya.

      Auto start adalah perangkat untuk menahan atau mengurangi beban start awal. Cara kerja alat ini adalah menahan tegangan yang masuk menuju ke beban. Sistem kerja resistansi pada alat ini bekerja terus dari awal start sampai beban itu bekerja normal. Jadi tegangan pada beban akan terkurangi karena resistansi auto start ini. Jadi sifat resistansi pada alat auto start adalah tetap. Tidak bisa pindah otomatis ke mode baypass.

      Soft start mempunyai fungsi yang sama dengan auto start yaitu menahan atau mengurangi beban start awal agar tidak terjadi lonjakan Amper yang besar. Bedanya dengan auto start adalah sifat resistansi pada alat soft start adalah bersifat sementara saja dan hanya bekerja pada saat start awal saja selama beberapa detik, kemudian akan berpindah secara otomatis ke mode baypass. Yaitu memberikan tegangan langsung tanpa lewat resistansi ke beban. Keuntungan menggunakan soft start adalah tegangan kerja pada beban akan tetap sama pada tegangan input pada soft start, karena sudah bekerja pada mode baypass. Jadi sifat resistansi pada soft start adalah sementara dan bisa berpindah secara otomatis ke mode baypass, atau tanpa lewat resistansi lagi.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led