Skip to main content

TV SHARP WONDER MATOT INDIKATOR BERKEDIP

Dapat panggilan servis tv sharp wonder 21" matot indikator berkedip mirip problem protek. Kalau dikatakan protek memang protek karena tv ini tidak bisa menyala normal hanya lampu indikator saja yang berkedip.

Pengecekan awal adalah dengan mencoba melepas semua beban pada regulator, terutama tegangan B+ flyback. Cek juga transistor horisontal dengan cara melepas dari PCB supaya hasil pengecekan lebih akurat. Dari hasil pengecekan tr horisontal, ternyata tr hor dalam kondisi normal. Biarkan dahulu tr hor dalam kondisi terlepas, kemudian melangkah ke pengecekan selanjutnya.

Cek jalur kapasitor tegangan B+ ternyata short dengan ground. Coba lepas elco B+ ternyata dalam kondisi baik. Cek juga diode masih dalam kondisi baik. Kemudian coba putus jalur beban B+ dengan melepas pin B+ flyback ternyata sudah tidak short lagi. Kemudian test lagi pin B+ flyback langsung dengan GND ternyata short. Berarti Flyback dalam kondisi rusak short pin B+ dengan GND.

Tipe flyback yang digunakan tv sharp wonder ini adalah F0194PEN1-SA dengan data pin sebagai berikut COL_B+115V_GND_40V_12V/16V_AFC_185V_GND_H_ABL. Untuk tipe sharp wonder 14" biasanya menggunakan fbt F0193PEN1-SA untuk ukuran 21" menggunakan fbt F0194PEN1-SA.

Setelah flyback dilepas dari PCB, cek lagi jalur B+ pastikan dalam kondisi tidak short lagi. Jika sudah dipastikan tidak short, maka pemasangan flyback baru siap dilakukan. O..ya tambahan untuk melepas flyback ini, lepas dahulu dua baut yang berada didekat flayback yang berfungsi sebagai pengunci FBT. Jika anda lupa untuk melepas kedua baut ini, maka flyback akan sulit diangkat dari PCB.

Setelah flyback baru terpasang, siap dicoba. Alhamdulilah sudah bisa menyala dengan normal dan lampu indikator menyala berubah menjadi hijau tidak berkedip lagi. Test beberapa saat, matikan dan hidupkan lagi, ternyata sudah bisa langsung menyala dan tidak protek lagi.

PERLU DIPAHAMI ADA BANYAK PENYEBAB INDIKATOR BERKEDIP PADA TV SHARP. JADI BELUM TENTU KERUSAKAN TV ANDA JUGA DISEBABKAN KARENA FLYBACK YANG RUSAK.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.