Skip to main content

DVD PLAYER LG DV246K AUDIO OUT PROBLEM SUARA SERAK

Lagi dapat kerjaan dvd player LG tipe DV246K dengan problem audio out suaranya serak (keprek atau gembret), tapi gambar masih normal. Mungkin anda pernah menjumpai kasus kerusakan seperti ini, tapi dengan problem yang berbeda. Kerusakan seperti ini salah satunya bisa disebabkan oleh kerusakan pada bagian penguat audio atau yang disebut op-amp.

Rangkaian penguat audio atau op-amp berfungsi sebagai penguat sinyal audio out dari ic mpeg board sebelum disalurkan ke audio in televisi. Selain sebagai penguat, rangkaian penguat ini juga berfungsi sebagai pengaman kebocoran arus listrik yang dihasilkan televisi. Sehingga arus listrik yang bocor tidak langsung masuk mengenai ic utama pada mpeg board dvd player. Jika sampai terkena ic utama mpeg board, maka penggantian ic tersebut selain mahal juga sulit untuk proses pencabutan icnya. Karena jenis ic smd berkaki banyak atau biasa disebut ic laba-laba membutuhkan ketelitian dan alat khusus untuk proses pengangkatannya.

Karena fungsinya juga sebagai penguat dan pengaman, maka wajar kadang ic penguat audio ini bisa rusak. Selain dari jenis ic penguatnya sendiri yaitu jenis ic smd atau yang disebut ic chip yang mudah sekali rusak jika terkena arus listrik bocor atau tegangan statis yang dihasilkan televisi. Maka tidak bisa dipungkiri jika ic ini mudah rusak. Sebelum mengecek lebih jauh, alangkah baik nya anda cek dahulu kabel RCA output pada dvd player yang menuju televisi kemungkinan juga bisa putus atau koneknya kurang bagus.

Berikut penampakan jeroan dvd player LG DV246K.
Terlihat ic penguat audio yang masih terpasang dengan tipe 4580M. Dilihat dari datasheetnya mungkin sama dengan ic op-amp 4558. Maka perlu dilakukan percobaan dulu apakah berfungsi apa tidak?

Ic smd 4580M yang sudah dilepas dari mpeg board.

Bentuk fisik ic smd 4580M.
Karena kesulitan untuk mendapatkan ic smd 4580M, coba saya ganti menggunakan ic tipe 4558 yang biasa digunakan sebagai penguat audio amplifier pada umumnya. Karena juga kesulitan mendapatkan ic 4558 jenis smd, akhirnya terpaksa menggunakan ic 4558 yang bodinya besar. Karena bodinya besar, jadi tidak bisa dipasang langsung pada pcb. Solusinya adalah menggunakan kabel kecil sebagai penghubung kaki ic dan jalur pcb.

Ic 4558 body besar sudah terpasang pada pcb mpeg board.
Test audio out apakah sudah normal apa belum? Hasilnya ternyata sudah normal tidak serak keluaran audio out L-R nya. Sentuh bodi ic 4558 normal, tidak  panas. Test lagi dengan durasi yang agak lama, ternyata hasilnya sudah normal.

Jika dengan penggantian ic penguat audio hasilnya masih problem, maka perlu dicek komponen sekitarnya. Untuk mengetahui ic utama mpeg board masih normal atau tidak? Sebelum mengganti ic penguat, Silahkan dicoba dulu dengan menjumper jalur audio out langsung dari ic utama yang menuju ic penguat audio. Jika suara kemudian normal, berarti ic op-amp rusak. Jika audio out setelah di bypass langsung dari ic utama suara masih serak atau hilang, kemungkinan ic utama rusak.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.