Penyebab Nasi Cepat Kering pada Magic Com dan Magic Jar

Sebenarnya magic com dan magic jar mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk mengolah nasi. Sama-sama bisa untuk menghangatkan nasi. Perbedaannya magic com bisa menanak nasi sekaligus menghangat dan magic jar hanya untuk menghangatkan nasi saja.

Mungkin diantara kita pernah mengalami kenapa nasi yang saya masukkan magic com kok cepat kering? Padahal belum sampai 12 jam nasi udah kering dan warna menjadi kuning. Yah banyak sekali pertanyaan tentang hal ini dan bagaimana cara mengatasinya. Akan saya jelaskan secara singkat cara kerjanya.

Yang saya jelaskan adalah cara kerja pada saat proses WARM atau menghangatkan bukan pada saat COOKING atau menanak. Agar pembahasan sama. Karena pada magic com kerusakan bisa terjadi pada saklar otomatis proses COOK dan WARM. Baik tidak usah panjang lebar. Pada saat proses WARM atau menghangatkan pada magic com atau magic jar terjadi proses otomatis untuk menjaga suhu tetap stabil 70-80 derajat celcius untuk menjaga nasi tetap enak dimakan. Jika temperatur terlalu rendah akibatnya nasi menjadi lembek dan mudah basi. Jika suhu terlalu tinggi akibatnya nasi menjadi cepat kering. Semua proses otomatis itu dilakukan oleh satu alat namanya thermostat.

Ada dua jenis thermostat yang sering dipasang pada magic com dan magic jar. Keduanya mempunyai fungsi yang sama untuk menstabilkan suhu pada posisi warm magic com atau magic jar. Berikut gambar kedua jenis thermostat tersebut.

Thermostat jenis panjang.

Thermostat jenis bundar.

Thermostat ini berfungsi sebagai saklar otomatis untuk menjaga suhu tetap stabil. Cara kerja thermostat adalah memutuskan tegangan listrik pada saat suhu mencapai titik maksimal kemudian menyambung kembali pada saat suhu turun. Sehingga suhu tetap stabil. Jika thermostat ini rusak atau lemah maka bisa dipastikan suhu tidak stabil.

Karena pada saat element pemanas bekerja untuk memanaskan temperatur dan saat mencapai titik maksimal panas alat thermostar tidak bekerja mematikan tegangan listrik. Sehingga element terus-menerus menyala mengakibatkan panas berlebihan dan nasi menjadi kering. Jika anda mengalami hal seperti ini bisa anda coba untuk mengganti thermostatnya.

Sesuaikan batasan suhu thermostat. Biasanya ada kode atau tulisannya. Biasanya yang sering digunakan adalah thermostat KSD301 atau KSD201 dengan batasan suhu kurang lebih 80-85 derajat celcius. Mudah bukan?

UPDATE!!!
Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana sih gambar thermostat center per magic com? Alat ini biasanya terpasang di bagian tengah-tengah magic com. Alat ini berfungsi sebagai otomatis jika nasi sudah matang, maka otomatis akan berpindah ke mode Warm atau menghangatkan. Jika alat ini rusak, biasanya akan menyebabkan nasi tidak bisa matang sempurna atau nasi menjadi kering. Jadi jika anda mengalami problem seperti itu, bisa dicoba diganti thermostat per ini. Berikut gambar thermostat center per magic com.

Untuk penggantian alat diatas, usahakan untuk membawa contoh aslinya, agar bisa dicocokkan dengan alat yang baru. Karena ada beberapa bentuk yang sedikit berbeda, untuk antisipasi jika tidak cocok. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Untuk mas tonni. Diganti 82 baru ndak pa2 mas. Jika ndak ada bisa diganti thermostat yang 85. Jangan lebih dari 85 derajat. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti pakai thermostat yang dibawah 85°C. Misal thermostat 80°C atau 82°C.

      Memang thermostat yang banyak dijual di pasaran adalah 85°C. Tapi sebagian toko elektronik ada kok yang jual thermostat dibawah 85°C. Jadi coba cari dulu ya.

      Ya kalau bisa sih ganti thermostatnya pakai sama persis dengan thermostat bawaannya 78°C.

      Delete
  3. Untuk mas atho. Untuk mengganti thermostat nya harus dibuka dulu penutup magic com yg bagian bawah. Biasanya thermostatnya menempel pada bagian samping kaleng bagian dalam. Konektornya ada dua. Dibolak-balik gk masalah. Ada tulisannya KSD301 atau seri yg lain dengan derajat yg berbeda-beda. Semoga membantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah mas. Mungkin nanti hasilnya nasi agak sedikit kering

      Delete
  4. Kang punya aku,kl pas posisi warm(kurang lebih 6jam) jadi banyak air yg menetes ke nasi,nasi sih tidak basi cuman udah gak layak konsumsi.kira-kira apanya yang rusak ya? Padahal baru beli kira-kira 2 bulan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk saniyo. Coba anda cek element bagian atas, posisi dibawah tutup magic com masih panas apa tidak? Kalau tidak hangat berarti element atas rusak atau ada kabel putus penghubung element atas kebawah, biasanya kabel mudah putus di area engsel penutup. Jika element atas hangat, berarti kerusakan di sensor thermostatnya. Posisi di dalam bagian samping kaleng magic com. Untuk menggantinya harus buka penutup bagian bawah.

      Delete
  5. Maaf ikut numpang tanya setelah bagian bawah dibuka yang ada 150-10A-250V, elemen tutupnya putus, benar juga ada kabel putus dibagian engsel nasi kering setelah 24 jam terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk i wayan. Sama-sama mas semoga bermanfaat. 150-10A-250V itu sekering thermal mas atau biasa disebut thermofuse. Alat itu berfungsi untuk mencegah terjadinya panas berlebih pada saat proses cook. Komponen Thermofuse ini juga mudah rusak ditandai magic com mati total.

      Delete
    2. Kemarin baru beli mengapa nasi cepat kering, sudah dicoba dengan menambah air hanya bertahan 2 jam nasi sudah jadi kering apakah thermofuse terlalu panas, tetapi belum dibuka krn baru beli rencana komplain terimakasih

      Delete
    3. Dicoba saja mas di komplain. Jika tidak bisa anda bisa coba ganti thermostatnya bukan thermofuse loh yaa. Posisinya menempel disamping kaleng ada dua kabel. Untuk menggantinya anda harus buka penutup bagian bawah. Jika dilihat problemnya sepertinya kerusakan pada thermostatnya. Thermostat berfungsi sebagai sensor pengontrol panas otomatis untuk menstabilkan suhu agar nasi tetap hangat. Jika nasi cepat kering thermostat ini perlu dicurigai.

      Delete
  6. wah makasih om infonya, kebetulan lagi pusing sm magic com, dirumah samapi ada 3, merk sharp belum 6 jam nasi udah berkerak,kuning, satu lagi yg model kotak digital, sama juga.. dah 6 bulan ini sya coba pake yongma yg 2.5 litr, nah ini bagus 2 hari nasi masih bagus, cuma masalhnya 3 hari yang lalu pas mau makan dibuka nasi gosong, dan Magic com nya Mati total, kira kira apanya ya om, mau pake garansiinya susah banget hubunginya

    ReplyDelete
  7. Maap nunpang nanya kang, kenapa magic com saya kalau untuk menanak nasi, tapi nasi nya nggak matang, tapi kalau untuk menghangat bisa, merknya miyako,,mohon bantuanya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda ganti saklar dan thermostat per. Thermostat yang posisinya ada ditengah berupa per. Silahkan ganti satu set.

      Delete
  8. Mas nasi ku matang tapi cepet kering(kurang dari 12 jam/lebih ) dan kurang dari 24 jam udah basi..knpa ia mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Problem di thermostatnya mas. Silahkan ganti thermostatnya. Jangan lupa sesuaikan derajat suhu thermostatnya.

      Delete
  9. Cara cek thermostat masih bagus atau tidak bagaimana bang ?
    apakah bisa pakai multimeter saja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ienjoy. Maaf baru balas. Untuk thermostat tidak bisa di cek menggunakan avometer. Avometer hanya bisa untuk cek thermostat putus atau tidak. Jika untuk mengecek stabil tidaknya thermostat tidak bisa, selain harus ganti baru.

      Delete
  10. info yg bermanfaat, mau nyoba ah.
    Tapi.... ada gambar termostatnya gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk paero. Sudah saya update postingan ini dan sudah saya sertakan gambar thermostatnya. Silahkan dilihat di atas postingan ini. Semoga bermanfaat.

      Delete
  11. Mau tanya mas, pnya saya miyako ketika sdg mananak nasi ko magiccom sampai tutup nya itu panas semua dtmbah lagi ada smacam bau trbakar . Itu apanya ya mas? Trm ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi nasi sudah matang, pas tutupnya mau dibuka terasa panas dan bau terbakar

      Delete
    2. Sepertinya yang bermasalah pada element atas. Element atas dalam kondisi normal harusnya tidak sampai terlalu panas, meskipun dalam kondisi ON terus. Coba anda ganti element bagian atas/tutup nya.

      Delete
    3. Tapi seluruh badan magic com tuh panas mas, nasi sebagian matang sebagian lagi masih basah, apa thermostat nya atau apa?

      Delete
    4. Coba saja mas diganti thermostatnya.

      Delete
  12. Om..numpang tanya..
    Sya punya magicjar Miyako tipe mcm706 digital,jd g ada saklarnya cmn tombol aja..problemnya nasi masak tp nasi jd kuning kering,trus tak cek thermostatnya trnyata g kyak thrmstat yg biasa,kyak smacem dioda tp bukan thermosfuse,kira2 bsa diganti g itu,trus nilainya brp cz g ada tulisnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yg versi digital, saya belum pernah bongkar mas, jadi belum tahu sistemnya seperti apa? Coba saja dibelikan di toko elektronik dengan membawa contohnya.

      Delete
  13. Mas saya mau nanya apa ada di jual termostat per..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mas. Kalau bisa contohnya dibawa mas, karena setiap merek bentuknya beda.

      Delete
  14. Pak.klo elemen rive cookernya saya alihkan fungsi mnjadi pemanas ruangan inkubator bisa ga.ada alat lain ga.terima kasih.inkubator berukuran 1,2meter *60*60

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum coba, tapi menurut saya mungkin bisa, mungkin dibutuhkan beberapa pipa/plat aluminium untuk menyebarkan panasnya dan sebuah alat kontrol suhu untuk mengatur temperaturnya.

      Delete
  15. mas mau tanya, klw penanak nasi kadang bs masak tp setelah matang tdk bisa menghangatkan, terus saya cabut setelah lama sy colok lg itu bisa manghangatkan, tetapi besoknya tdk bisa masak.itu rusak di thermostatnya apa di thermofuse ya.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Thermofuse atau saklar switch kecil yang ditengah rusak. Bisa juga kabelnya yang masalah.

      Delete
    2. terima kasih mas, kabelnya si gak ada masalah mas,nnti saya coba2,brrti bkn thermostatnya ya.

      Delete
  16. Kenapa ya dibagian bawah,nasi jadi kering dan keras??padahal dibagian atas nasi udah matang dan lembek...pernah saya tambahin air wktu memasak,eh..bagian atasnya seperti bubur,tp bagian bawah keras atau bahas jawa nya "ngintep".
    Makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Biasanya sih problem di thermostatnya. Bisa juga dari lapisan teflon panci yang sudah terkelupas, sehingga nasi kering pada bagian panci yang teflonnya terkelupas.

      Delete
  17. Mas magic com saya baru dan langsung nempel dan kering.. itu knp ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thermostat belum stabil, karena masih baru. Pakai saja, nanti lama-lama juga akan normal. Kalau masih saja kering, bisa dicoba ganti thermostatnya.

      Delete
    2. Saya udh pake -+ 5 hari, kayanya thermostat nya ya mas.

      Delete
    3. Bisa jadi mas. Thermostat terlalu panas, akhirnya nasi cepat kering. Kalau mau bisa dibongkar mas, untuk dilihat thermostatnya. Untuk membongkarnya dari bawah. Untuk thermostat nanti ada kode dan batasan suhunya. Nah batasan suhunya berapa? Nanti kita ganti dengan thermostat dengan batasan suhu dibawahnya. Untuk gambar thermostat anda bisa lihat gambar diatas, sudah ada kode dan batasan suhunya.

      Delete
    4. Oke makasih mas, nnti ta coba bongkar...

      Delete
  18. mas rice cooker saya kalo di colokkan ke listrik, lampu cook dan warm menyala semua, itu kenapa ya mas? sebelumnya sempat terjadi konsleting ada suara letusan kecil dari rice cooker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah sekarang masih bisa dipakai gak rice cookernya? Masih normal apa gak? Kalau masih normal, ya gak masalah, biarin saja. Tapi kalau bermasalah, biasanya karena switch otomatisnya rusak, posisi ditengah bagian bawah. Switch ini berfungsi untuk otomatis COOK ke WARM. Bisa juga Resistor lampu rusak pada bagian panel lampu depan.

      Delete
    2. Ass.gan sy mw tnya ,.mejicom cosmos sy yg 1liter ko ttp kering ya penghangatny pdhl udh sy gnti thermostatnya??

      Delete
    3. Coba ganti thermostat dengan derajat suhu yang lebih rendah. Misal sekarang pakai thermostat 85°, maka bisa coba diganti dengan thermostat 82° atau 80°.

      Dengan diturunkannya derajat suhu thermostat, maka temperatur warm akan turun, jadi nasi tidak kering. Tapi jangan terlampau rendah thermostatnya, karena akan menyebabkan nasi menjadi basah dan gampang basi.

      Delete
  19. Maaf numpang tanya,,
    Klo panas berlebih sehingga menyebabkan nasi cepat kering itu apanya ya kang...?
    Terus solusinya gmn buat ngecek rusak or ga nya ?
    Thanks atas jawab nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thermostatnya mas, perlu diganti. Gak bisa dicek mas, langsung ganti saja.

      Delete
    2. Gini mas,,kan saya punya 2 magic com,, nah kmrn magic com saya xg 1 ny itu tiap dibuat masak nasi,klo udh njeglek &udah matang nasi ny itu kq gbsa panas ya mas?
      Kira" apa nya..
      Jadi gini klo buat masak nasi bisa tpi setelah matang nasi gbsa panas lagi...
      Kmrn udh aq bongkar,udh aq ganti thermopuse sama thermostatny xg model panjang tpi kq saya cba lagi kq masih sama ya mas penyakit ny..
      Kira" rusak apa nya..?
      Saya beli thermopuse sesuai ukuran ny,,klo thermostat ny kata orang xg dtko elektronik katanya sama aja buat magic com/magic jar lain nya gtu...
      Jadi sya beli itu...

      Delete
    3. Coba ganti switch nya mas, posisi di bawah. Jika switch normal. Berarti element ada yang putus. Ada 2 element yaitu element samping dan element atas, jika salah satu element ada yang rusak atau putus, maka tidak bisa panas. Cek element atas dan samping. Cek kabel element mungkin ada yang putus. Biasanya yang sering putus adalah kabel dan element bagian atas, posisi di tutup. Jadi harus dibuka tutupnya.

      Delete
    4. Switch itu xg mna mas...?
      Klo untuk elemen xg bawah kmrn udh aq test pke avo masih nyambung mas begitu dg kabel" ny...
      Klo soal xg elemen atas sy gtw mas krn gtw model&bentuk kek gmn...
      Tolong bimbingan ny mas,buat saya belajar biar bisa paham..
      Terimakasih..

      Delete
    5. Saya belum sempat untuk post gambarnya, silahkan cari di google, ada kok yang bahas di blog sebelah mas. Atau di youtube.

      Delete
    6. Kalo element atas tu tempat nya dmn mas..?
      Apa hrus buka total tutup magic com nya..?
      Xg sampean maksud element samping tu xg mana..?
      Krna setelah sya buka cman liad elemen bawah aja mas..

      Delete
    7. Element atas tempatnya di tutup mas. Harus bongkar total, bongkarnya dari bawah tutup, dicongkel pakai obeng minus pada pinggiran tutup. Memang agak susah mas bongkarnya, hati-hati pecah. Jadi nanti tutup akan terbuka, ada dua bagian, atas dan bawah. Posisi element ada di tutup bagian bawah. Untuk element samping posisinya di dalam melingkar di panci bagian dalam magic com. Harus bongkar dari bawah, kemudian lihat kaleng panci, ada element melingkar di panci tersebut.

      Delete
    8. Ohh begitu...
      Maaf mas klo boleh,,ada numb wa ga..?
      Biar saya lbh mudah tnya" ny...

      Delete
    9. Untuk tanya jawab, silahkan komentar di blog atau g+ saja. Insyaalloh kalau ada waktu akan saya jawab.

      Delete
  20. Punya sama kyknya jg Thermostatnya mas... ini lama kelamaan kering nasinya tp ini yg kecil magic comnya ukuran 1/2kg.
    Untuk Thermostatnya ukuranya 67 mass kalau diganti yg 82 bisa terbakar nanti... ini diganti dibawahnya 67 ya mas gimna saranya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba diganti dengan thermostat ukuran aslinya dulu 67. Kalau masih kering, baru dicoba dengan thermostat dibawah 67. Biasanya kalau sudah diganti aslinya, sudah sembuh.

      Delete
  21. Bisa minta contoh gambar thermostat per yang gmn bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Sudah saya update posting diatas dan sudah saya sertakan gambarnya. Silahkan dilihat kembali.

      Delete
  22. Beli therMostat untuk warm dimana ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di toko elektronik. Usahakan membawa contoh aslinya, agar bisa dicocokkan dengan alat yang baru, agar tidak keliru.

      Delete
  23. Panas element magic jar maksimal nya brapa derajat om pada posisi cook?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belem pernah cek mas he..he.. Jadi belum tahu titik maksimal element cook nya.

      Delete
  24. Thermostat sudah diganti jd T85°c, tp bodi rice cooker msh aga panas n nasi bagian bawah masih ada yg kering..knapa y mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Ganti dengan thermostat T83°C atau T82°C. Bisa juga disebabkan lapisan teflon pancinya sudah rusak.

      Delete
  25. Mas, kamren thermalfuse putus, bawaannya 150°C, saya ganti dengan 157°C, hasilnya magic com menyala, proses cooking bisa dan bisa pindah ke posisi warm, tapi semua body magic com menjadi panas, apakah itu karena thermalfuse tidak cocok, atau ada masalah sama thermostat utk proses warmingnya? Atau ada yang lain mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thermofuse hanya berfungsi sebagai sekering pengaman, tidak ada hubungannya dengan panas pada body.

      Selama fungsi warm normal dan nasi tidak kering, maka thermostat normal. Gak perlu diganti.

      Masalah body panas, memang semua bodi magic com akan mengeluarkan panas yang dihasilkan oleh element body pada saat warm, dan itu normal, selama proses warm normal.

      Kalau proses warm tidak normal, misal nasi menjadi kering, bisa disebabkan oleh thermostat ini.

      Delete
  26. Tapi knapa pas saat cook, body nya terlalu panas, tidak bisa dpegang lama karna terlalu panas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada saat proses cook memang panas mas, sekitar 100 derajat celcius. Itu normal, selama proses cook nasi bisa matang sempurna. Dan body magic com anda tidak meleleh. Kalau sudah bodi magic com meleleh, baru itu tidak normal.

      Delete
    2. Mas bahar...kalau panci kapasitas 25 kg dibuat hanya untuk penghangat saja.rangkaiannya gimana ya..? Terima kasih...

      Delete
    3. Saya belum coba mas. Kebutuhan elementnya saya gak tahu. Tapi Untuk otomatisnya bisa pakai thermostat.

      Delete
  27. Om, kalo pengen modifikasi magic jar biar panasnya stabil antara 41 - 42, bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tinggal ganti thermostat pakai derajat 41 atau 42. Masalahnya ada gak thermostat 41 derajat atau 42 derajat itu mas?

      Kalau ada, maka tinggal ganti thermostatnya pakai thermostat 41 atau 42 derajat.

      Delete
  28. Om mohon info.. magicom saya kalo buat masak pas d posisi cook ga mau otomatis njegkek k posisi warm.. itu apa yg harus d ganti om.. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti thermostat per magic com. Posisinya ditengah, bentuknya kayak per. Untuk gambarnya ada diatas, gambar paling bawah.

      Tapi sebelumnya anda cek dulu, mungkin ada yang nyangkut mekaniknya.

      Delete
    2. Bos kalo termostar di aplikasikn ke pendingan amplifier gmn cara nyambungnya.

      Delete
    3. Belum pernah coba mas he..he.. Tapi menurut saya apa sampai segitu panasnya pendingin amplifier mas?

      Delete
  29. om majicom saya nasinya gosong...pada posisi cook tidak mau pindah ke warm...otomatis per yang ada di tengah udah saya ganti,temostat ok,termoplus ok,swicth uda saya ganti tapi tetep aja ga mau pindah ke warm,uda di otak atik masih posisi cook terus...minta ilmunya om

    ReplyDelete
  30. Kalo magic com saya bisa memasak tapi tidak bisa menghangatkan jadi nasinya gosong. Apanya yg rusak ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masaknya normal, tapi gak bisa menghangatkan. Maksudnya mungkin bisa hangat, tapi gosong ya?

      Kalau gak bisa hangat, kenapa bisa gosong nasinya he..he..? Apakah proses masaknya yang bermasalah?

      Jika proses masaknya yang bermasalah, coba ganti thermostat per nya. Posisi ada di tengah, bentuknya seperti per.

      Kalau proses menghangatkannya yang bermasalah, mungkin thermostat penghangatnya yang rusak. Bentuknya bulat.

      Delete
  31. Mlam masnnumpang tanya,megic cookee buat masak bisa trus elmen sya cek semuanya saya lngsung pake kbel ac panas.tpi knp y mas pada saat hbis memasak tidak bisa buat menghangatkan mas..

    ReplyDelete
  32. Mlam masnnumpang tanya,megic cookee buat masak bisa trus elmen sya cek semuanya saya lngsung pake kbel ac panas.tpi knp y mas pada saat hbis memasak tidak bisa buat menghangatkan mas..

    ReplyDelete
  33. Mas mau tanya ukuran termostat yang model kapsul itu ukurannya berapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk thermostat yang model kapsul, saya kurang tahu ukuran derajatnya mas. Soalnya gak ada tulisannya. Umumnya sih pakai thermostat 83°C atau 85°C.

      Delete
  34. Izin nimbrung...
    Sharing aja, jangan biarkan tutup magic com/jar terbuka pada saat panci nasi dikeluarkan/untuk dicuci. Ini mengakibatkan kemungkinan besar cicak,kecoa dkk nya dapat masuk kedalam magic com/jar tersebut. Kebanyakan dari mereka masuk dan terjebak diantara pemanas cook. Bila itu terjadi maka kemungkinan besar akan menimbulkan bau tak sedap pada nasi yg dimasak, bahkan bisa mengakibatkan konslet/memutuskan Thermo fuse...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mas. Terima kasih mas tambahan pengalamannya. Memang benar cicak kadang menyelinap dan terperangkap mati didalam mekanik magic com. Menyebabkan konslet, bau tak sedap, dan kadang proses cook dan warm bermasalah.

      Delete
  35. Met mlm...gan
    Maaf mau nanya
    Kalo termostat magic com aslinya 65°C 15A sy ganti KSD301 85°C 10A masalah nggak ? Sebab nasi berair dan cpt basi padahal magicom baru 3hr
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah mas. Standart temperatur thermostat magic com memang 85°C.

      Memang benar penyebab nasi berair dan cepat basi, bisa disebabkan karena temperatur thermostat kurang panas. Sehingga uap air akan kembali jatuh ke nasi dan menyebabkan nasi berair dan cepat basi.

      Saya juga heran kenapa thermostat bawaannya pakai 65°C ya he..he..?

      Delete
  36. Pagi pak,
    Mau tanya kalau nasi sudah matang tapi ga lama kemudian agak basah dan mulai mau basi itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dua penyebab pak.
      Pertama bisa disebabkan karena element bagian atas atau element tutup tidak berfungsi. Penyebabnya bisa karena kabel putus atau elementnya yang rusak. Karena element atas tidak berfungsi, maka uap air akan kembali turun menyebabkan nasi lebih cepat bau dan basi.

      Kedua bisa disebabkan karena thermostat sudah rusak. Sehingga temperatur setelah memasak tidak bisa stabil atau kurang panas. Sehingga uap air akan turun dan menyebabkan nasi lebih cepat bau dan basi.

      Solusi selain diatas, Anda bisa copot colokan listriknya, setelah nasi matang. Sehingga nasi dibiarkan dingin saja tanpa dihangatkan. Dengan cara ini, maka nasi tidak akan basi dan bau. Tapi cuma nasinya dingin.

      Delete
  37. Izin nanya mas, majikom saya rusak mas, pas di buka bawahnya thermo fusenya putus juga ada bau gosong trs mejikom mati total. Udah saya ganti, dan mejikom nyala mas. Tapi kok pinggir luarnya (body) nya kok panas ya mas?? Panas banget lagi mas...mohon bantuannya mass

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas.

      Tapi buat masak bisa normal gak mas?

      Pinggir panas banget itu pas masak atau menghangatkan?

      Menurut saya kalau proses masak bisa normal, tidak masalah mas.

      Kalau Anda takut terjadi apa-apa, setelah proses masak selesai, cabut saja colokan listriknya.

      Delete
  38. Maaf mas!!! Sdh muter2 nyari thermostat pnjang tp g ada. Seandainya di ganti thermostat bundar bisa nggak ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, asal Anda bisa meng akal tempat posisi thermostat bundarnya.

      Pakai ukuran standart thermostat yaitu ukuran 85°C.

      Delete
  39. Mas penanak nasi cosmos buat masak matang, setelah matang kok ga bs hangat, apa penyebabnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling sering penyebabnya adalah salah satu element penghangat ada yang putus atau rusak.

      Element penghangat ada 2 yaitu elemen samping dan element atas/tutup. Nah kedua element ini biasanya dihubung seri, maka jika kabel penghubung kedua element ini putus, maka element penghangat tidak akan panas, karena arus terputus di kabel.

      Kabel yang sering putus adalah kabel yang posisinya ada di engsel buka-tutup. Yaitu kabel penghubung element samping dan element atas/tutup.

      Penyebab lain, bisa dari salah satu dari kedua element penghangat ada yang putus atau rusak. Bisa juga dari thermostat penghangat rusak/putus

      Delete
  40. mas, bedanya thermostat 5A sama 10A

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja mas, cuma beda arus Ampernya. Untuk thermostat acuannya bukan di Ampernya, tapi besar-kecilnya derajat suhunya. Karena yang disensor adalah panas. Maka batasan yang dipakai adalah derajat celcius dari thermostat tersebut pakai berapa derajat?

      Delete
  41. mas mau tanya magic com, tidak mau masak, tp pancinya panas, itu kenapa ya. tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya dari thermostat masaknya yang rusak. Bisa dibaca disini.
      http://www.baharelectronic.com/2018/08/cara-memperbaiki-magic-com-nasi-tidak.html

      Delete
  42. met sore
    maaf mas bahar
    saya mau nanya, jadi gini mas mejikom saya kalo buat masak nasi waktu air mendidih kok metetan listriknya jadi mati, pas saya bongkar mejikomnya ternyata per pada thermostat center nempel sama elmen pemanasnya, menurut mas penyebab anjloknya listrik dari thermostat atau dari bagian apanya mas?
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasus yang jarang terjadi mas. Kalau thermostat yang rusak pasti kena thermofusenya putus duluan, sebelum mcb listrik anjlok.

      Thermostat center memang nempel pada element tengah mas. Yang penting per bisa gerak bebas atas bawah.

      Tapi coba saja dulu ganti thermostat centernya. Sekalian cek mekaniknya, mungkin ada yang nyangkut.

      Delete
  43. Bikin cara membuka magicomnya mas, saya ga bisa buka utk ganti termostat nya karena ada disamping

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas, terima kasih untuk masukannya. Tapi mohon maaf belum ada waktu untuk membuat postingannya.

      Tapi sudah saya catat, untuk saya buatkan postingannya. Kalau ada kesempatan.

      Delete
  44. Mas pada.posisi warm ko nasi pada awal bagus tapi selang waktu 5 jam nasi nya jadi kuning dan keras pingirannya banyak kerak terus mangkoknya panas sekali apanya yg bermasalah ...mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thermostatnya terlalu panas itu mas. Coba ganti dengan thermostat yang derajat suhunya lebih rendah.

      Delete
  45. Themsotat bekerja pada ukuran bpra volt ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ukuran thermostat magic com, bisa bekerja pada tegangan maksimal 250v mas.

      Untuk thermostat itu yang bekerja adalah suhu panasnya. Jadi jika thermostat dipakai untuk tegangan dibawah 250v, gak masalah. Tetap akan bekerja sesuai dengan derajat suhu yang ada.

      Voltase yang tertera pada thermostat adalah voltase maksimalnya mas. Jadi thermostat tetap bisa bekerja dibawah tegangan maksimalnya.

      Delete
  46. Kemungkinan kabel element putus di area engsel. Silahkan dicek kabelnya.

    Kemungkinan kedua adalah elemen atas mati/rusak atau putus. Bisa di cek pakai avometer.

    ReplyDelete
  47. Apakah thermostat Yong ma bisa digunakan ke Miyako.
    Thx...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Yang penting adalah derajat suhunya sama. Karena thermostat derajat suhunya beda-beda. Ada yang 80°, 81°, 82°, 83°, 84°, dan 85°. Nah derajat suhu thermostatnya harus sama, gak masalah. Meskipun itu beda merek.

      Delete
  48. Bisakah thermosfuse 250v 5a 81n T150 diganti dengan 250v 10a 70,ada efeknya ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa mas. Kalau pakai thermosfuse yang 70c, maka pada themperature diatas 70°C, thermofuse akan putus. Jadk harus diganti pakai thermofuse yang T 150.

      Delete
  49. Min sya mau tanya. Penyebab fuse sering mati apa ya. Bahkan setela nasi matang fuse langsung putus. Setelah ganti fuse baru. Gitu lg. Putus setelah nasi matang. Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti ada yang konslet pada posisi WARM nya. Untuk magic com itu ada 2 mode yaitu COOK dan WARM. Ketika posisi COOK selesai dan nasi sudah matang, maka akan otomatis pindah ke mode WARM. Nah mode warm nya itu masalah. Mungkin ada kabel atau element panas bagian warm nya yang konslet atau rusak.

      Delete
    2. Atau bisa juga otomatis perpindahan cook dan warm nya tidak berfungsi. Sehingga posisi tetap di mode cook, walaupun nasi sudah matang. Karena element bagian cook nya nyala terus, akhirnya fuse putus, karena over heat. Biasanya bagian mekaniknya macet, atau limit switch perpindahan cook dan warm nya tidak berfungsi.

      Delete
  50. cara menyambung menyambung kabel elemen tutup dan tengah pada thirmostat bagaimana kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kabel element aslinya masih ada, maka tinggal potong saja dan sambung kembali dengan kabel element baru. Jadi kabel aslinya jangan dibongkar total, nanti Anda tidak tahu cara nyambungnya kemana? Jadi tinggal putus dan sambung saja di kabel element yang lama.

      Jika sudah terlanjur dibongkar total kabelnya, maka perlu diurut lagi jalur kabelnya. Maka butuh gambar jalur koneksinya. Tidak bisa dijelaskan disini.

      Delete
  51. Admin tanya donk, Rice cooker yongma digital, semua indikator hidup seperti normal, ketika pencet tombol start dimulai mode cook seperti biasanya, tetapi element tidak menyala atau tidak menghasilkan panas. Apa aja yang perlu di cek ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk jenis rice cooker digital, saya belum pernah bongkar, jadi bagian dalam dan kelistrikannya belum tahu. Tapi analisa awal jika indikator hidup normal, tapi element tidak panas, berarti ada masalah di elementnya. Kemungkinan yang rusak.
      1. Kabel atau jalur element putus yang menuju ke pcb.
      2. Mungkin ada fuse atau sekering bagian element putus.
      3. Jika menggunakan kontak relay, kemungkinan relay rusak bagian element.
      4. Jika menggunakan kontrol SCR atau TRIAC, maka bisa jadi komponen tersebut rusak. SCR atau TRIAC fungsinya sama dengan relay, cuma versi elektronik.
      4. Element putus atau rusak.

      Delete
  52. Min mau tanya, pemanas air saya mati, setelah saya check ternyata thermostatnya ngefong/panas jd salah satu kabelnya terbakar.
    Nah pertanyaannya thermostatnya itu model KSD020, bisa tdk klo di ganti dgn model KSD301? Apa keduanya tdk ada bedanya? Trimakasih sbelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk thermostat KSD020 itu temperature kerjanya adalah 70°C normaly close. Sedangkan thermostat KSD301 banyak sekali range temperature nya. Jadi bisa digantikan dengan KSD301 70°C. Kalau tidak ada bisa diganti pakai KSA301 80°C. Cuma hasilnya temperature airnya jadi sedikit lebih panas, karena pakai 80°C.

      Delete
  53. Bang. Kalo ganti termostat mending pilih lebih kecil atau lebih besar dari bawaan? Bawaannya 78° sedangkan di toko adanya 76° dan 81°

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya harusnya sih pakai sesuai dengan aslinya. Kalau gak ada bisa pakai diatasnya yaitu thermostat 81°. Karena lebih panas, mungkin resikonya nasi jadi agak lebih kering. Kalau pakai thermostat 76° lebih dingin, resikonya nasi jadi lembek. Jadi dicoba saja mas, gak masalah.

      Delete
    2. Bener bang aq belikan yg 81° jd lebih kering,mgk kudu nyari yg sesuai ama aslinya. Makasih ilmunya

      Delete
    3. Mas, kl magic com saya kl buat masak,meski nasi sudah matang tapi gak mau otomatis pindah ke posisi menghangatkan,jadi bau gosong,tp kl tombolnya dipindah secara manual bisa pindah keposisi warm&normal proses warmnya,itu yg rusak per center otomatisnya atau mekaniknya ya?terimakasih.

      Delete
    4. Kemungkinan mekaniknya tidak lancar atau macet. Biasanya gerakan besi tuasnya agak berat. Bisa juga per nya yang sudah aus atau protol. Kalau kerusakan dari thermostat tengah, biasanya nasi sebelum matang akan pindah sendiri. Jadi nasi belum matang sudah pindah ke warm. Kalau nasi sudah matang, tapi gak mau pindah ke warm, kemungkinan besar mekaniknya kurang lancar gerakannya.

      Delete
  54. Bang nanya...
    Pada magic jar saya Miyako, dalam kondisi setelah saya ganti elemen samping dengan model yg beda agak pendek sedikit elemen nya hasilnya memang panas tapi nasi agak bau basi dalam hitungan 1 atau 2 jam, pertanyaannya :
    1. Apa penyebab nasi bau
    2. Kalo harus ganti termostat nya apakah jenis ksd301 250v 5a 81N T205 bawaan, saya ganti dengan ksd301 250v 81°c itu sama ...
    3. Apa artinya atau perbedaannya 81N T205 dengan 81N T150 ...
    4. Kalo 81N itu apa sih bang....
    Terima kasih banyak atas jawabannya.
    Maaf bang banyak nanya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Ada penyebab nasi bau pada magic com yaitu penyebab pertama bisa dari kerusakan thermostat. Pengatur suhu thermostat sudah tidak stabil atau melemah. Penyebab kedua bisa dari element pemanas bagian atas/tutup magic mati atau rusak. Penyebab element pemanas atas/tutup mati paling sering disebabkan kabeln putus dibagian engsel tutup.

      2. Sama, thermostat 81N dan 81°C itu sama. 81 derajat celcius.

      3. Tidak ada perbedaan, mungkin kode produksi saja. Yang penting adalah derajat suhu thermostat tersebut.

      4. Kode 81N itu besaran suhu cut off thermostat tersebut. Jadi pada suhu 81°C maka thermostat akan off dan on lagi setelah suhu menurun dibawah 81°C. Jadi suhu akan dijaga pada temperatur 81°C.

      Delete
    2. Terimakasih bang atas ulasannya
      👍👍👍

      Delete
  55. Pak mau tanya, kalau thermostat jenis panjang saya ganti dgn yg standar bulat, bisa gak ya. Atau memang secara fungsi berbeda... Mhn info nya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thermostat panjang dan bulat secara fungsi sama saja. Yang penting derajat temperaturnya sama. Dan penempatan thermostatnya sama-sama menempel ke panci.

      Delete
  56. Pagi om,numpang nanya nih,megicom saya merek kirin tp megicom nya sudah lama sih,tapi sudah beberapa hari ini nasi jadi kering dan berwarna kuning,belum sya bongkr sebelum nya,kalau saya baca komen di atas,kalau ganti thermostat standr nya 85 c terus enak nya di ganti yang berapa c om? Terimakasih mohon penjelsan nya 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk penggantian thermostat, sebaiknya sesuaikan dengan thermostat aslinya. Misal thermostat aslinya 85°C, maka gantilah dengan thermostat yang sama. Karena derajat temperatur thermostat mempengaruhi panas pada magis com. Sehingga jika thermostat terlalu panas, maka nasi akan menjadi kering, dan jika thermostat terlalu rendah, maka nasi juga akan menjadi lembek dan basah. Maka harus dicari ukuran thermostat yang pas. Yang hasilnya tidak kering dan tidak juga lembek. Umumnya memang menggunakan thermostat 85°C. Jika dirasa terlalu panas dan nasi menjadi kering, bisa diturunkan menggunakan thermostat 83°C atau 82°C.

      Delete
  57. Assalamu'alaykum wrwb
    Master, saya ingin modifikasi mode warm magic com saya jadi stabil suhunya di 40 - 50 derajat celcius, bagaimana caranya?
    Atas perhatian master saya ucapkan banyak terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikuumsalam.
      Bisa dengan cara merubah thermostatnya menjadi 40°C atau 50°C. Jadi tinggal ganti saja thermostatnya dengan suhu temperature yang diinginkan.

      Delete
  58. kalau termostat aslinya 81C tetapi diganti 85C apakah aman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman. Penggantian thermostat dengan derajat suhu yang lebih tinggi biasanya akan menyebabkan nasi lebih kering, tapi nasi akan lebih awet tidak gampang basi, karena kering tidak basah. Umumnya thermostat untuk magic com menggunakan thermostat 80°C sampai 85°C. Jadi menggunakan thermostat 85°C itu masih normal dan aman. Cuma dampaknya lebih kering ke nasi itu saja.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led