Monday, February 23, 2015

TV Sony Trinitron 14" Mati Total

Beberapa waktu yang lalu dapat kerjaan TV Sony trinitron 14" dalam kondisi mati total. Mungkin lebih tepat mati konslet.

Jenis tv sony trinitron adalah salah satu garapan yang bisa dibilang gampang-gampang susah karena beberapa komponen kadang sulit dicarinya. Sebenarnya waktu itu tv yang saya kerjakan adalah tv polytron dengan gejala kadang mati sendiri. Nah disela-sela perbincangan saya dengan yang punya tv. Beliau mengatakan bahwa masih punya satu tv lagi merek sony trinitron 14" yang katanya sudah lama sekali rusak dan sudah tidak dipakai lagi. 

Kemudian saya tanya kenapa pak kok gak diperbaiki saja kan sayang tvnya merek sony? Beliau menjawab, itu rusaknya parah, maksudnya ada suara letusan dari dalam dan keluar asapnya kemudian konslet listriknya. Menurut bapak ini rusaknya benar-benar parah dan tidak bisa diperbaiki lagi. Kemudian bapak ini bertanya kepada saya apakah tv sony ini masih bisa diperbaiki apa tidak? Kemudian saya jawab, dicoba saja pak siapa tahu bisa. 

Pengecekan awal saya mulai dari bagian regulator. Regulator menggunakan STR S6307. Pertama dengan mengukur kabel stop kontak tv disini terukur short. Lanjut ke pemeriksaan visual terlihat ada kapasitor milar yang pecah nilainya 222/1KV. Lanjut cek beberapa transistor dan diode baik-baik saja. Beberapa resistor juga masih baik. Akhirnya saya putuskan mengganti STR S6307 dengan yang baru dan milar 222/1KV. Jangan kaget sob harga str ini agak mahal sekitar 30 ribuan.

Barang sudah dapat. Kemudian pasang. Waktunya dicoba. Masih belum bisa hidup. Padahal saya cek sudah gak ada yang rusak. Setelah agak lelah istirahat dulu sambil minum teh dan makan buah rambutan yang di sediakan bapak ini. Sambil memandangi tv ini apanya lagi yang rusak? 

Akhirnya STR S6307 saya lepas lagi kemudian trafo regulator juga saya lepas supaya komponen resistor yang kecil-kecil bisa terlihat dan bisa dicek lebih teliti. Beberapa resistor kecil ukuran 1/8 watt saya cek lagi. Ternyata ada resistor yang putus yang kelewatan. Waktu di cek di pcb gak ketahuan, saat dilepas baru ketahuan kalo putus. Saya lihat nilainya 0,47ohm 1/8 watt. Saya cari resistor ini gak ada yang jual yang ada 2watt. Ahkirnya saya coba dengan resistor 1ohm 1/4 watt yang diparalel dua biji menjadi 0,5 ohm. 

Menurut saya tidak masalah selisih sedikit 0,47 ohm ke 0,5 ohm tidak terlalu jauh. Kemudian saya pasang kembali semua komponen. Saatnya dicoba  langsung nyala. Ada suara desis ini darimana? Coba matikan lampu kamar untuk melihat kebocoran flyback. Terlihat kabel fbt ada sedikit lecet jadi sedikit menyembur sehingga keluar suara desis. Kalo flyback diganti sayang masih nyala, juga agak sulit mencarinya. Saya putuskan untuk di isolasi hitam. Saya solasi agak banyak supaya kuat dan tidak kendor. Saatnya coba lagi tv nyala sudah tidak desis lagi. 

16 comments:

  1. permisi mas bahar mau tanya sony trinitron 21" gak bisa nyala, blok regulator bunyi tik tik tik, teg tandby 115volt, lampu led nyala apabila tekan remot, mohon solusinya trims..

    ReplyDelete
  2. Saya mau tanya. Apa mas punya playback tv sony tinitron kode 8-598-925-00 kalau punya saya mau beli mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, gak punya mas. Saya gak jualan komponen he..he..

      Delete
  3. Mohon solusinya mas gv sony saya kapasitor milar 222/1kv meledak tv mati total,sydah saya ganti kapasitor sama str masih tidak mau nyala,tegangan pada elco primer kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek semua komponen, termasuk resistor, diode, zener di area primer regulator. Kemumgkinan masih ada kerusakan komponen lainnya.

      Delete
  4. Ada gambar atau fotonya mesin tv sony nggak mas biar lebih mudah untuk mencari komponen yg rusak di bagian mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gak punya mas. Silahkan coba diganti saja komponen di jalur primer regulator. Yaitu jalur yang berhubungan dengan tegangan 220vac. Atau area sekitar kapasitor 222/1kv tersebut.

      Delete
  5. Ok mas saya coba dl semoga ketemu permasalahanya,terima kasih.

    ReplyDelete
  6. Mas bahar klo kapasitor 222/1kv yg meledak di ganti kapasitor 222/800 bisa g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan mas. Voltasenya beda. Kalau gak ada cari kapasitor milar dengan voltase diatasnya. Misal milar 222/2kv. Baru bisa. Jangan dibawah voltase, tapi diatasnya.

      Delete
  7. Pusing nih gan blm nyala jg,tegangan di elco primer cm 48 v ada solusi...di kaki dioda bridge yg ac di ukur jg kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusi terakhir bisa pakai gacun mas. Jadi komponen bagian primer regulator sudah gak dipakai lagi, diganti pakai gacun.

      Delete
  8. Klo saya urutkan jalur tegangan AC yg masuk ke kaki dioda bridge melewati resistor 47 ohm 15 watt,apa mungkin resistor tsb yg rusak jd tegangan yv masuk ke dioda bridge jd kecil...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi mas. Coba saja cek pakai avometer. Beberapa tv lama memang ada yang menggunakan penahan resistor pada jalur input tegangan primer regulator. Jika R tersebut rusak, maka tegangan supply tidak akan masuk ke input regulator.

      Delete
  9. Alhamdulillah mas tv dh nyala lagi ternyata resistor 47 ohm 15 watt yg putus setelah di ganti langsung cling...nyala lg,terima kasih ilmu dan saranya mas bahar

    ReplyDelete