Monday, March 23, 2015

TV POLYTRON DIVA 21" MATI STANDBY

TV Polytron diva problem mati standby. Jadi gejalanya adalah setelah di power on tidak mau nyala dan kembali ke posisi standby.

Jenis kerusakan seperti ini biasa disebabkan oleh adanya beban berat karena fbt short atau juga bisa disebabkan pin protek ada yang rusak karena ada komponen rusak/putus atau berubah nilai. Menurut pengalaman di lapangan penyebab protek pada tv polytron kebanyakan bisa disebabkan pin protek pada jalur ic vertikal ada yang bermasalah.

Langkah mudahnya adalah dengan mengurut pin protek pada ic micom yang menuju ic vertikal. Biasanya disebabkan elco 1uf/50v dalam kondisi kering. Jika diamati elco ini tidak kelihatan jika rusak bahkan diukur menggunakan kapasitor meter kadang juga normal tidak menunjukkan gejala kerusakan. Tapi langsung saya ganti saja dengan yang baru. Ada 2 elco 1uf/50v di daerah dekat ic vertikal ganti saja dua-duanya. Posisinya dekat ic vertikal.

Setelah melakukan penggantian komponen tv bisa nyala kembali. Perlu dipahami gejala kerusakan pada tv anda bisa sama tapi penyebab kerusakan bisa berbeda. Penyebab protek banyak sekali dan ini adalah salah satunya dan yang paling sering terjadi kerusakan. Mungkin anda menemukan kerusakan yang tidak kunjung ketemu kerusakannya karena tidak ada satu pun komponen yang terdeteksi kerusakannya.

Anda bisa coba ganti dua elco 1uf/50v dekat ic vertikal. Siapa tahu karusakan hanya disebabkan oleh kerusakan dua kapasitor itu. Jika masih belum bisa nyala berarti kerusakan ada komponen lainnya. Selalu usahakan cek solderan bila ada yang kendor. Karena penyebab tv protek bisa disebabkan juga karena solderan kendor. 

10 comments:

  1. Mas, sy jg lagi garap tv polytron diva, tv skrg protek 115v ad, cm sy bingung tr horizontalnya MD1803DEH kok colektornya bukan 185v tapi 300v.... apa emg sgtu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mas sonny. Silahkan coba ganti dulu elco 1uf/50v area vertikal. Untuk kolektor md1803deh jangan dimasalahkan dulu. Jika elco 1uf area vertikal sudah diganti masih tetap protek, baru di cek lebih lanjut. Ic program/chroma pakai tipe berapa? Biar bisa dilacak titik pin proteknya.

      Delete
  2. maaf posisi ic verticalnya tuh disebelah mana ya mas? saya mau coba belajar, mksh sblmnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tvnya merek apa mas? Rusaknya apa? Posisi ic vertikal biasanya ic kaki 5 berdiri, ada heatsinknya, tapi ada juga yg ic sirip. Anda cari saja di google, jenis ic vertikal.

      Delete
  3. Tv polytron diva saya protek.. setelah saya ganti elco 1mf nya deket ic vertical tv nyala normal. Tapi hanya bertahan 2 hari.. saya ganti sampe tiga kali.. trs terakhir saya ganti pakai 4,7mf bertahan 3 hari...
    Kenapa kok Bisa begitu ya? Kira kira apanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aneh juga ya. Selama ini cuma ganti elco itu saja. Coba cek elco sekitarnya, mungkin ada yang kering. Elco ganti dengan 1uf/50v. Kalau gak salah ada 2 elco 1uf, ganti keduanya. Solder ulang bagian ic utama dan ic vertikal.

      Delete
  4. tv polytron di rumah nenek saya juga kondisinya sama seperti itu kang (mati standby), karena sudah tidak ada remotnya pernah saya pencet itu tombol untuk berganti channel pada panel tv nya, kadang-kadang ada suara dan nyala sebentar (>1 detik)dan muncul pula sedikit gambar, tapi polytronnya model u-slim (kalo tidak salah). apa kira-kira kerusakanya sama gak yah kang dengan kerusakan seperti di post kang bahar tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sama mas. Kebanyakan tv polytron protek di ic vertikalnya. Yaitu elco 1uf area vertikal biasanya kering.

      Tapi bisa juga karena kerusakan lain.

      Delete
    2. selain karena elco 1uF yang kering, umumnya parts apa lagi yah kang yang biasa bermasalah di area vertikal tersebut?

      kalau untuk pabrikan panasonic apa kira-kira problemnya sama juga yah kang? kondisinya mirip si polytron, sudah lama gak dinyalakan pas iseng iseng dinyalakan cuma indikator stand by nya saja yang nyala kedip kedip.

      Delete
    3. 1. Ya ic vertikal bisa rusak. Elco supply kering. Banyak penyebab mas. Kalau masih awam memang masih susah untuk mencari titik kerusakannya. Jadi harus banyak jam terbang dulu baru bisa. Anda bisa belajar banyak di internet mas.

      2. Gak sama. Mungkin itu tr horisontal short atau flyback short. Atau juga bisa karena elco supply ada yang kering, khususnya elco b+.

      Delete