Problem TV Gambar Blank Putih Polos yang Unik

Beberapa minggu yang lalu dapat pekerjaan memperbaiki tv cina dengan kerusakan gambar blank putih polos. Saya katakan unik disini karena problem sebenarnya mudah tapi bikin pusing kepala, sampai tiga hari baru selesai kerjaan. Karena coba satu persatu tidak ada yang berhasil. Terus ada pertanyaan kenapa kok artikelnya panjang? Problemnya kan mudah. Biar ada ceritanya buat kenang-kenangan he..he.. Semangat.

Pada satu hari saya dapat sms dari orang yang tidak saya kenal ingin memperbaiki tvnya yang rusak. Kemudian saya tanya, bapak tahu nomer telepon saya darimana? Kemudian bapak ini menjawab, dari internet lewat blog yang saya tulis. Baik pak, saya berangkat. Kebetulan rumahnya tidak jauh dari rumah saya sekitar 7 km di desa sebelah.

Salah satu problem kerusakan yang kadang susah untuk ditebak kerusakannya adalah gambar blank. Ada banyak macamnya kerusakan gambar blank. Cuma saya fokuskan kesatu permasalahan yaitu gambar blank putih polos. Tidak ada dominasi warna apapun yang muncul hanya warna putih polos. Juga tidak disertai garis blanking horisontal seperti pada short katoda.

Pasti anda bingung dan banyak asumsi kerusakan yang muncul. Mulai problem ic chroma, ic memori error, jalur IK pada sirkuit RGB ke ic chroma ada masalah. Transistor pada rangkaian RGB yang rusak. Kemudian problem dari tabung crt itu sendiri seperti short katoda atau short G2 screen. Dan yang terparah adalah tabung crtnya yang memang benar-benar rusak.

Saya sendiri waktu itu sempat mengira kalau tabung crtnya yang rusak. Karena sudah saya coba semua cara tapi tidak ada yang berhasil. Saya curiga tabung crtnya problem. Kemudian saya cek menggunakan crt restorer untuk melihat apa ada yang short baik katoda maupun G2 screen hasilnya tidak ada masalah. Sampai saya coba pakai mesin tv lain yang masih normal hasilnya juga sama blank polos.

Kemudian penggantian flyback pun saya lakukan tapi hasilnya tidak ada perubahan. Kecurigaan saya adalah pada saat menyetel potensio screen dan fokus flyback tidak ada perubahan. Hanya perubahan gelap kemudian terang itu saja tapi gambarnya tidak muncul sama sekali. Akhirnya saya putuskan ganti flyback tapi hasilnya masih blank.

Karena semua cara sudah saya coba tidak ada hasil. Kecurigaan mengarah pada socket crt. Saya awalnya tidak mempermasalahkan socket ini karena biasanya tidak seperti ini ciri kerusakannya. Dilihat dari fisik juga masih baik. Tapi karena sudah mentok akhirnya saya coba ganti saja socket crtnya ternyata hasilnya berhasil. Gambar bisa muncul. Setting potensio screen dan fokus normal. Akhirnya selesai juga pekerjaan hari ini.

Artikel saya tulis panjang karena problem kerusakan seperti ini banyak sekali penyebabnya. Dan jarang yang memposting penggantian socket crt ini. Karena kebanyakan problem seputar kerusakan ic chroma dan problem pada tabung crt short. Hal yang mudah ini mudah-mudahan membantu masalah anda mengatasi gambar blank putih polos.

Comments

  1. mantap gan info nya sangat brmanfaat

    ReplyDelete
  2. Gan.. Bk tmpt svc d jakarta ga? Saya ada kasus yg sama ni kaya agan..

    Brati kl tv mnddak blank putih polos itu problem d socket ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya di mojokerto mas. Kemungkinan besar di socketnya mas kotor/korosif.

      Delete
  3. bang socket nya ga di pasang juga ttp blankkira kira apanya ya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya harus dipasang mas socketnya. Jangan sekali-sekali menyalakan tv tanpa socket crt nancap di pin tabung crt, karena bisa menyebabkan kerusakan pada tabung crt permanen dan tidak bisa diperbaiki.

      Delete
  4. Mantap&simple..semoga brmanfaat bagi semuanya..lanjutkan..! Semoga sukses sllu.

    ReplyDelete
  5. ini yg saya cari, thanks semoga bermamfaat, sukses slalu

    ReplyDelete
  6. Memang kerusakan macam macam dan kita harus lebih banyak mencobanya,thanks mantap artikelnya

    ReplyDelete
  7. pengalaman pribadi..
    kassus sama. pergantian soket crt dah di lakukan namun penyakit gak sembuh...
    tapi kejadian ini jika tv sudah on beberapa menit/jam baru kumat blank nya...
    apa ya penyababnya???
    mohon solusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dari fbt bermasalah, potensio screen fbt kadang aus. Sehingga gambar tiba-tiba blank putih sendiri. Bisa juga disebabkan kerusakan komponen lain mas.

      Delete
  8. apa mungkin elco yang ber volt besar. karam ini blm di ganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya gak pak? Karena jika elco itu yang bermasalah, maka tv tidak bisa hidup. Jikalau hidup, gambar terlihat garis-garis kayak serat kayu. Ada kemungkinan juga dari pcb RGBnya, cek solderan area itu, termasuk tr driver katodanya, atau jika pakai ic, solder ulang icnya.

      Delete
  9. mas tv saya digitec 14",klu di hdupkn nnti mati sendiri.trpaksa menghidupkn lgi dgn menekan tombol chanel.nnti mti lgi dalam hitungan menit,kdangpun detik.kira kira apa sebabnya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada tegangan drop. Cek semua tegangan pada ic program. Cek semua elco pada jalur out sekunder power supply. Bisa juga disebabkan elco kering.

      Delete
  10. Maaf mo tanya tadi katanya sempet pake mesin lain hasil tetep sama..emangnya mesin penggantian yg ktnya sehat apa rusak soket nya jg

    ReplyDelete
  11. Sampai saya coba pakai mesin tv lain yang masih normal hasilnya juga sama blank polos.
    maaf saya cuma menegaskan yg ini aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas mohon maaf barus balas. Memang problem seperti itu tidak semuanya disebabkan karena socket crt nya mas. Banyak problem lain.

      Jika memang sudah dilakukan penggantian mesin lain yang normal, hasilnya tetap blank, sepertinya problemnya di tabung crtnya. Mungkin ada yang short pin tabung crtnya. Bisa pin katoda dengan G1 atau G2. Atau anda bisa cek tabung crt ya dulu pakai crt restorer. Apa mungkin tabung crtnya bermasalah?

      Delete
    2. Admin ini kok lupa ama tulisanya sendiri,yang nanya kemana....yang jawab kemana....hadeeeh.maksudnya kata admin udah coba tes pakai mesin normal tpi hasil nya ttp putih polo ,emg mesin tv nya pake soket RGB yang mana mas?klo ganti mesin tv itu kan tentunya soketnya jga ganti,laaah kok kenapa permasalahanya blm bisa teratasi katanya cuma soket?

      Delete
    3. Ya betul itu salah diantara penyebab lainnya mas. Socket crt itu salah satu yg perlu dicoba diganti. Jika pakai mesin baru, betul socket juga baru, tapi kalau masalah masih tetap sama,, berarti masalah bukan dari socketnya mas. Coba cek pakai cara lain, cek tabung crt nya pakai alat crt restorer, untuk mengetahui apakah ada short antar katoda maupun G1 dan G2 maupun fokus.

      Delete
  12. Kalau blank putih tapi lama2 keluar normal kira2 apa bro,

    ReplyDelete
  13. Cocok dpt kasus yg sama,trims mas bahar

    ReplyDelete
  14. Kalau layar putih polos osd tampil tapi gambar dan suaranya tidak ada,biasanya dari bagian apa yg rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau osd mumcul, berarti out video sudah ada. Tinggal jalur ABL dan video yang perlu di cek. Silahkan coba urut komponen di jalur abl, dari mulai flyback sampai ic chroma. Banyak ditemukan kerusakan diode zener dijalur tersebut.

      Coba masuk mode AV, bisa keluar gambar gak jika pakai dvd. Jika mode AV bisa keluar gambar, maka problem bisa jadi di video switchnya. Biasanya ada ic video switchnya rusak.

      Kemungkinan terakhir adalah terjadi error data ic eprom. Untuk kasus ini, ic eprom perlu di flash ulang.

      Delete
  15. Maaf mas, waktu sampean mencoba dengan mesin tv lain yang masih normal itu...apakah masih menggunakan soket yg lama?
    Biasanya kan mesin tv dan matrik rgb sudah gandengannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul mas. Pada saat mencoba dengan mesin tv lain masih menggunakan socket crt yang lama. Betul, karena mesin tv dan matrik RGB lain. Jadi saya lakukan jumper pakai kabel langsung ke pin socket crt lama. Nah masalahnya ternyata ada di socket crt yang lama. Makanya hasilnya tetap blank walaupun diganti pakai mesin tv lain.

      Jadi socket crt lama ada semacam resistansi atau nilai hambatan di plastik socketnya. Jika diukur pakai multimeter, plastik socketnya ada hambatan. Nah nilai resistansi pada plastik socket itulah yang menyebabkan gangguan tegangan ke pin fokus dan screen. Sehingga gambar blank dan pengaturan screen tidak bisa dilakukan.

      Delete
  16. Kasus yg saya garap kaya bgni,tp belum sempat d buka

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led