Sunday, December 4, 2016

CARA PENYAMBUNGAN PCB POWER OCL 150W

Posting kali ini adalah cara penyambungan pcb power ocl 150watt. Sebenarnya ini jawaban dari komentar rekan yang sudah lama bertanya penyambungan untuk power ocl itu bagaimana? Baru ada kesempatan kali ini untuk membuatkan posting tentang diagram penyambungannya baik menggunakan tr TIP atau pun tr jengkol.

Mungkin sudah banyak yang tahu bagaimana merakit dan menyambung kabel sendiri pada rangkaian power ocl 150w, tapi tidak ada salahnya saya posting kembali dengan lebih sederhana dan mudah dipahami. Karena beberapa rekan yang lain mungkin juga belum mengetahui cara penyambungannya bagaimana, maka saya buatkan posting ini untuk membantu agar perakitan dan penyambungan kabel pada power ocl ini dapat berhasil dan tidak salah pasang.

Pcb yang saya gunakan pada gambar adalah pcb power ocl 150w mono. Ini sebagai dasar saja, agar lebih mudah dalam penjelasannya. Untuk pcb stereo anda bisa mengembangkan sendiri dengan gambar diatas, karena rangkaian stereo sendiri juga terdiri dari dua rangkaian mono yang dijadikan satu dalam satu pcb. Untuk tr final dalam gambar, hanya menggunakan satu set saja. Untuk paralel tr final anda bisa baca disini.

Ada dua gambar koneksi dibawah ini, yaitu menggunakan tr final TIP dan jengkol.

Koneksi menggunakan tr final jengkol.

Koneksi menggunakan tr final TIP.

UPDATE!!!
Berikut gambar PCB Power ocl 150w.

Berikut gambar skema Power ocl 150w.

Berhubung kemarin ada yang komentar, gambar pcb dan skemanya mana kok gak ada? Akhirnya ada kesempatan saya update gambarnya, biar lebih jelas he..he..

Nah mudah bukan. Mudah-mudahan dengan gambar diatas rekan kita yang masih bingung dengan diagram koneksinya, bisa membantu penyambungannya dengan benar. Dan tidak lagi salah pasang he..he.. Untuk koneksi penyambungan pcb power safari 400w ada disini. Untuk tr final bisa diganti menggunakan sanken, jika ingin lebih kuat dan daya watt bertambah. Tapi jika anda hanya menggunakan trafo kecil 5A, lebih baik gunakan saja tr TIP atau jengkol. Untuk tr sanken gunakan minimal trafo 10A. Semoga bermanfaat.

130 comments:

  1. mas jengkolnya susah di solder kakinya walaupun sdah dikerik dan diamplas 7 hari 7 malam hehe
    solusi mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngamplasnya harus pakai perasaan mas he..he.. Setelah dikerik, pakai lotfet solder biar nempel. Tapi selama ini dikerik sudah nempel mas. Atau mungkin timah soldernya yg jelek.

      Delete
  2. hehe timahnya merk paragon 0.8 mm ya gak jelek amat mnurut ku hihi

    lotfet apa mas baru tahu namanya
    dan harga skitar brp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lotfet sejenis pasta solder, kalau dulu namanya arpus. Sekarang sudah gak banyak yg gunakan, karena timah jaman sekarang sudah ada lotfetnya. Jadi intinya jika anda pakai timah paragon, sudah bisa nempel tanpa pemakaian lotfet.

      Delete
  3. lam kenal mas bahar..
    saya mau nanya nih..
    dioda 4148 yang di power safari bisa di ganti nggak dengan dioda in 4007..terima kasih

    ReplyDelete
  4. kalau mau menambah transistor final..resitor driver ada nggak yang perlu di ganti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transistor driver pakai TIP31/32. Kalau sudah pakai itu, gak perlu diganti lagi.

      Delete
    2. ok..terima kasih mas bahar atas bantuan'y..

      Delete
  5. Gan, Ane baru ngrakit Ocl 150w. Baru ane coba tpi trafo panas sampe kbakar. Trus suarany kresek2 itu masalahny apa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kualitas trafonya jelek mas.

      Delete
    2. Yg bgus kira2 brpa mas, ini saya beli cma 80rbuan. .heheh

      Delete
    3. Mungkin memang cacat produksi mas trafonya. Atau mungkin ada konsleting di power supply atau powerya. Jika ingin dicoba lagi, test power jangan terlalu lama dulu, test +-1menit kemudian sentuh body trafonya, amati jika sudah panas, jangan diteruskan, berarti ada yg konslet. Tapi jika trafonya hangat normal, setelah di setel beberapa menit, berarti trafo normal.

      Delete
  6. Mas bahar mau tanya masalh TR bisa gak ya TR sanken sa 1216 dipararel dgn sa 1494?k2 TR ini kan kmngkinan beda karakter
    Mhon pncrhanya..mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Bisa mas, kalau pakai tegangan tidak terlalu tinggi. Hanya beda pada volt maksimalnya.

      Delete
  7. Assalamualikum mas bahar.. Saya mau tanya nihh.. Saya mau ganti power ocl 150 watt pake aki. Trafonya tak lepas ganti inverter ct.. Kiproknya di lepas apa tidak? Sambungnya input "rem" dari inverter kemana?.. Mohon penjelasaannya.. Makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kiprox dilepas mas. Input REM pada inverter adalah untuk standby. Kabel "REM" Konek atau gabung di positif 12v aki.

      Delete
  8. pak. ampli ocl 150watt, abis dirakit awalnya normal. setelah tiga hari resistor r100 gosong yg letaknya antara tr d400 ke bd 140, suaranya mati sebelah (suara dan desis kecil banget hampir tak ada suara) setelah r100 yg gosong di ganti tetep ga ada suara, di pegang input powernya juga ga ada suara duut, sementara yg sebelahnya normal. kira2 komponen apa yg rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti tr D400, BD139, BD140, kemudian ganti tiga diode IN4148 jejer. Ganti juga R kapur. Cek dulu tr final normal gak? Kalau perlu ganti saja.

      Delete
  9. Maaf mas saya mau tanya sekitar power ocl 150 watt..knp saat saya kasih tegangan 35 volt pada trafo lalu elko di pa nya melembung?lantas kalau sy ganti ukuran elco nya menjadi 1000uf 50 volt yg tadinya 4700uf 50 volt apa bisa bikin transistor jengkolnya panas?..mohon solusinya..terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin pemasangan elco ada yang salah atau memang dari kualitas elco yang jelek. Elco besar tidak bikin tr final mas. Yang bikin panas adalah tegangan terlalu besar. Jika OCL 150w cocok dengan tegangan 25v-ct-25v.

      Delete
  10. Maaf mas bahar kl saya ganti elko yg tadinya 4700uf/50V jadi 10000uf/50V efeknya apa ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak ada efek apa-apa mas, malah tambah bagus, tegangan lebih stabil.

      Delete
  11. Oo iya mas sy kan pake power ocl 150 watt di pcb nya untuk supply (+)25 ct (-)25 ac..berarti harus pake power supply apa langsung dari trafo?..mohon solusinya mas maklum pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilihat dulu, pada pcb power ada elco besar dan diodenya gak? Kalau ada berarti bisa dikonek langsung ke trafo.

      Delete
  12. mas bahar maaf agak nyelentang dari pembahasan diatas saya punya power ocl modif driver nya pake mospec dan finalnya pake sanken 5dy kenapa ya mas yang panas bukan final nya malah yang panas itu resistor kapur 5 watt nya kira kira kenapa ya mas? tolong mas fast respon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasil suaranya normal gak? Biasanya ada jalur putus, atau salah satu tr ada sedikit short.

      Delete
    2. Mas bahar mohon bimbingan dong..umumnya transistor jengkolan 1 pasang 150w jd x2 300w
      Kalau saya mau buat 5000w..takaran travo brp ampere..dan baiknya buat lapangan apakah power buat mono.apa buat streo.?makasih mas

      Delete
    3. Lah kalau mau buat power 5000w pakai jengkolan, pakainya sekarung mas jengkolannya he..he.. Yang benar 1 pasang jengkolan hanya mampu menghasilkan daya sekitar 75w mas. Cocoknya untuk power daya kecil. Kalau dibuat power daya besar ya gak cocok mas.

      Kalau mau dibuat power daya watt besar, maka tr final yang cocok adalah pakai tr final sanken atau toshiba.

      1 set sanken mampu menghasilkan daya watt sekitar 200w. Kalau mau buat power 5000w tinggal bagi saja. 5000/200 = 25. Jadi untuk membuat power 5000w dibutuhkan tr final sekitar 25 set he..he..

      Trafo minimal 20A tegangan CT 45v.

      Tergantung kebutuhan mau dibuat mono atau stereo. Biasanya untuk power khusus bass atau low, dibuat mono, karena butuh watt besar.

      Untuk power khusus vokal atau high dan midle, biasanya pakai power stereo. Karena hanya butuh daya watt sedang dan kecil. Tidak butuh power besar.

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Met siang maz bahar..
      Maaf ganggu lg nih. Maz saya Coba beli mini rangkaian IC PAM8403 sewaktu saya pasang kenapa suaranya sember/gembret padahal volume separuh belum full. Sudah saya coba gunakan tc pasif & tc aktif. suara masih sember. Saya pasang crossover pasif malah gk kluar suwara. Saya coba beli rangkaian lg tetap sama. Saya beri tegangan baterai 3.7v 890mAh ttp sember,saya kasih charger 5.0v 500mA juga ttp sember solusinya gmn ya mz supaya tidak sember/gembret.

      Delete
    2. Mungkin memang sudah cacat dari ic powernya. Gak bisa dirubah, memang sudah dari bawaan icnya. Cari kit rangkaian lain, yang tidak pakai ic pam8403.

      Delete
  14. Mas mau nanya... sy punya kit ampli ocl 150 watt stereo tr final pke jengkol. Apakah bs angkat 2 speaker 12 inch per channel? Klo ga bisa.. yg perlu d modif apa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehee... baru bljar soalnya. Takut kluar jin nya

      Delete
  15. Mas saya mau tanya...kalo PA yg pake tr tip41c dan tip42c kira2 diagram nya gimana mas Bahar.stereo
    100watt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja mas. Kakinya kan sama B C E dengan tip 3055/2955.

      Delete
  16. mas, ocl jengkol 2n3055 dan psangan 2 set, sepeker acr 500w wofer, hentakan bas kurang tebel gedein volum bas dikit nyember, knpa yo mas? pa perlu dtambah jengkolan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Itu pakai tegangan berapa volt powernya? Pakai aksesoris apa saja?

      Delete
  17. tegangan 25v,kipas,toon parametrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu setelan parametriknya kurang pas. Memang kalau parametrik setelan bassnya geber jika terlalu over, jadi harus diimbangi dengan setelan bass bossternya. Jadi buka potensio bass bosster 1/4 atau 1/2 bukaan, kemudian baru buka pot bassnya. Kalau bass bosster ditutup, bass akan jadi lembek dan geber. Usahakan imbang dengan setelan midle dan treblenya, jangan over bass.

      Delete
  18. jd gkda cara laen y mas biar bas bisa power full,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada, itu murni disebabkan penyetelan parametrik yang kurang pas.

      Delete
  19. ok mksih. tp msh kurang puas je mas,sanken yang paling bagus yang seri apa mas? trus jika 4 set smpsnya yg berapa v?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bagus gaknya itu sama saja, cuma beda di kekuatan voltasenya saja. Biasanya sanken tipe 2SA1295/2SC3264 dan 2SA1494/2SC3858. Itupun harus pakai tegangan 42vct keatas. Umumnya sanken kuat pakai tegangan 32vct dari trafo.

      Delete
  20. 2SA1295/2SC3264 2 set, kit drivernya merek apa biar gk ngrubah komponen, smps yang pas v berapa dan merek apa? biar gak bingung pas di toko, mhon bntuan mas mkasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk driver silahkan cari sendiri mas. Takutnya nanti gak sesuai dengan hasilnya. Smps volt 32vct atau 42vct 10A.

      Delete
  21. mas mau nanya kl tr final jengkol 3055 n 2955 ocl 150w sterio DC 32v kalau diganti tr sanken bisa tidak? n kl bisa tipe brp max y n biar bassy empuk apa perlu diganti komponeny...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Pakai sanken 2SA1216/2SC2922. Ganti tr driver dengan TIP31/32. Yang lain gak perlu diganti.

      Delete
  22. kl toshiba seri brpa mas yang cocok,n perbandingany sama sanken dari segi empuk audiou gmn,mgk mas bahar bisa menilai buat perbandingan..kl tr y nanti mau ganti..n mau ny kl dganti sanken atau toshiba nnti pasangany yang mn biar tidak ketukar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari segi kekuatan menang sanken. Toshiba mungkin lebih bass.

      Toshiba 2SC5200 dan 2SA1943

      Sanken 2SC2922 dan 2SA1216.

      Delete
  23. kalau yang seri toshiba yang brp mas, n perbandingany sanken sama toshiba lebih empuk mn dari segi audoy n yg suaray lantang n bass menggelegar...hee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toshiba 2SC5200 dan 2SA1943.

      Plus minus mas. Kekuatan menang sanken. Mungkin bass menang toshiba.

      Delete
  24. mas bahar kl seumpama buat PA sendiri tr final milih sanken atau toshiba,n kebayakan sound sistem yang ada skarng kl dengar audioy menurut mas bahar pakai yang mn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan pakai sanken mas. Karena lebih kuat gak gampang jebol. Kalau tr toshiba belum coba untuk high voltage.

      Delete
  25. ok mas...trs sanken 2922 pengganti jengkol 3055 dan sanken 1216 pengganti jengkol 2955..benar mas.tlong dikoreksi kl nnti dpssng g kblik..

    ReplyDelete
  26. mas jengkolan sdh sy ganti sanken tapi kok g keluar bunyi, padahal sambungany sdh sesuai dengan jenkolany....

    ReplyDelete
  27. pa mgk suply daya y kurang,saya pake elco 4700mf 50 v n ditrafoy di kasih teg 35v trafo 10 amper pa mgk elconya kurang besar atau gmn mas solusiy di pcb y tertera 150 ocl stereo...pa mgk g kuat ngangkat kl dganti sanken tp menurut mas bahar g masalah n kuat ngangkat gmn mas solusiy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya itu harusnya bunyi normal, justru lebih bagus suaranya daripada jengkol.

      Mungkin ada salah koneksi kaki B C E nya mas. Kemudian jika anda pakai heatsink atau pendingin untuk tr final sanken, jangan lupa pakai mika isolator senken, sebelum di baut di pendingin. Jika tidak pakai mika isolator, maka tr sanken akan konslet.

      Delete
  28. sdh ada mikay,kl emang krng voltasey biasay kan bunyi mas walau sedikit ini tidak bunyi sama sekali,tapi setelah dites pakai jengkolan ada suaray n normal pa mgk BCE sanken yang tipey beda kaki2y beda jg.kl seumpama pcb yg stereo dipasang 1set sj g masalah mas mgk bisa ngangkat buat tes ngangkat pa tidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya cuma satu mungkin salah konek. Anda lihat baik-baik gambar diatas. Perhatikan kaki B C E nya. Jangan sampai tertukar NPN PNP nya.

      Delete
  29. knp resistor kapury panas mas padahal baru dinyalain sebentar....

    ReplyDelete
  30. salah sambungy di pcb y atau d tr y mas, kl dicatatn blog y dr kiri BCE,atau basisy dr kanan ke kiri kalau sanken.trs cr nentuin PNP n NPN di rangkaiany gmn mas soaly sesuai ptnjuky mas bahar yg 3055 dganti 2922 n 2955 diganti 1216 pa tak kirimi foto rangkaiiany mas mgk bisa ngasih solusi

    ReplyDelete
  31. dan model pcby bkan sepeeti yang digambar tapi model jengkol....

    ReplyDelete
  32. mas sdh ketemu dan dah hidup n sesuai perkiraan mas bahar trrnyata setelah diperhatikan gmbar yang jengkol kaki BCE pemasangany sy kbalik yang basis ke colektor dan colektor ke basis setelah diteliti lagi gambary pemasangy sy yng kebalik n sekarng sdh hidup setelah dirubah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaaapppp.. Akhirnya lulus juga mas he..he.. Siipppp... Alhamdulilah.

      Delete
  33. ya alhamdulillah mas untung ada blogy mas bahar shg sy brni gnti tr y..kl d pcby ada perbhn lg g mas yg perlu d ganti biar bass y tambah nendang gitu..hèè..atau sdh ada blogy..yg mengulas tentang modif ocl 150 w

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti tr driver dengan TIP31/32, kalau sudah pakai itu ya gak perlu diganti lagi. Komponen lain tetap, gak perlu diganti.

      Delete
  34. mas mau ny sy kan sdh beli kit filter subwofer tapi setelah dipasang suara wofery g masuk mgk mas bahar bisa ngasih perunjuk skemay begini mas dr input dipecah jd dua satu ke subwofer satuy ke TC,tapi yang subwofer g bunyi atau salah urutany mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu. Input dipecah itu harus dikasih Resistor dulu. Coba kasih resitor 2K2 pada input subwoofer dan input TC. Kemudian baru boleh digabung.

      Urutannya sudah betul. Cuma pada saat input dipecah ke subwoofer dan TC tidak dikasih Resistor dulu. Fungsi resistor ini adalah sebagai penahan input agar bisa dipecah, tanpa harus tabrakan input.

      Coba di kasih R 2K2 dulu mas pada input subwoofer dan TCnya, baru digabung satu input.

      Delete
  35. trs yang outputy subwofer n TC y yang ke power penyambungany gmn mas...trs R2k2 btuh brp mas pa cm dua,trs kl sdh inputy di kasi R, input sub n TN digabung...kl pake R 10K gmn mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Output subwoofer masuk power langsung. Dan out TC ke power juga langsung tanpa R. Kalau rangkaiannya stereo, maka butuh 4 buah resistor 2K2. Dua resistor dipasang pada input subwoofer dan dua resistor dipasang pada input Tone control. Setelah input subwoofer dan TC dikasih Resistor, baru digabung.

      Pakai R 10K gak masalah mas, coba saja.

      Delete
  36. suaray tetep g keluar mas yg keluar cm vol TC y sedangkan filter sub y g bunyi padahal sdh dkasih R baru digabung ke input audio pa krn R g sm yg 10k ke TC n yg 4k7 ke filter sub
    diagramy d filtery kl lhat dr atas dr kiri:OP G 0 - + IP n sub potensioy cm satu n bentuky kecil pkai ic 4558

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begini saja mas. Kok sepertinya kit subwoofernya bermasalah. Coba pasang pakai kit subwoofer saja, apakah bisa bunyi normal?

      Delete
  37. sdh mas dr audio langsung ke kit subwofer langsung ke power tapi ttp g suaray....mgk jg rusak kit y!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siipp.. Itu mungkin memang kit subwoofernya yang rusak. Pastikan dulu kit subwoofer bisa bunyi normal, baru bisa digabung dengan tone control.

      Delete
  38. mas ini setelah diganti filter subwofer ttp g bunyi pa mgk salah konek n jalury yg g bener...diagramy kyak gini mas dr input RL masuk ke sub, satunya masuk ke volume trs ada R68k masuk keTC trs ke R4k7 baru gabung sama out y sub pake R10k ke Power mgk mas bahar bisa ngerti skemay...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda pakai kit subwoofer apa? 1 pot atau yang lain? Mungkin salah pasang. Coba cek teganganya pakai apa? Ct atau engkel? Jangan-jangan ct anda kasih engkel. Atau salah pasang pasang power supplynya.

      Delete
  39. cm satu potong 1 potensio,ukuran 2,5×4,5 cm
    n dipcby ada tulisan filter subwofer pa mgk bkan khusus subwofer mas..beday apa mas engkel sama CT ya mgk salah sambung cm kl sambungan kTC bunyi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah.. Itu sambungan supplynya mungkin salah. Silahkan koment di g+, di salah satu posting saya. Nanti akan saya bantu disana. Biar bisa kirim gambar. Kalau lewat tulisan susah jelasinnya mas.

      Delete
  40. mas klau suaray power tidak bunyi knp mas apa ada komponeny yang rusak.td otak atik pakai kit subwofer malah g bunyi meski kit y sdh dilepas...

    ReplyDelete
  41. padahal sdh dr input lgsung ke power ngetesy...kira2 knp ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin jalur input tersambung ke ground, anda cek lagi. Cek supply tegangan (+ ct -) power apakah sudah masuk. Jalur speaker apakah sudah konek?

      Delete
  42. ternyata kabel out put yg dari power ke speler salah zambung...mas saya tes speker kanan kiri knp yang satuy suaray kemeresek n saya nyalain sebentr transistor yang kiri saya raba panas..sedangkan yang satuy suaray normal..pa rusak.kl iya apa transiator tip 31 n 32 ganti semua kl cm satu yang panas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek saja dulu tr final dan tip31/32 nya. Cek juga jalurnya. Mungkin salah jalur lagi.

      Delete
  43. cek y gmn mas...pa dites pakai avometer...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk cek tr final dan driver bisa pakai cara ini.
      http://www.baharelectronic.com/2017/04/cara-mengecek-transistor-final-power.html?m=1

      Delete
  44. sdh ketemu mas ternyata solderany agak longgar yang dTR finaly.setelah disolder ulang tip y g pnas lg...

    ReplyDelete
  45. mas bahar knp PA yg sdh dmatikan ke spemer kok masih ada arus dengung y.biasay kan langsung mati tapi suaray jedug gitu.biar tidak ada suara jedug y gmn mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sisa tegangan yang masih tersimpan di elco mas. Itu normal. Kalau gak ingin bunyi jeduk, maka silahkan potensio volume power ditutup dulu sebelum power dimatikan.

      Untuk mengurangi atau menghilangkan itu, bisa coba pakai speaker protektor.

      Delete
    2. mas kalau output dari power ada arus DC y itu yang rusak komponen apanya mas...

      Delete
    3. Biasanya sih kerusakan tr driver atau tr final. Silahkan cek dulu tr driver dan tr finalnya.

      Posisi pengecekan tegangan DC offset pada out power harus dalam keadaan power tanpa suara. Atau dalam kondisi volume power tertutup.

      Kalau anda ngeceknya pas ada suara musiknya, ya pasti keluar tegangan mas, tapi bukan tegangan DC offset tapi sinyal suara.

      Jadi ngeceknya harus dalam kondisi power tanpa suara. Apakah sudah benar langkah pengecekan anda?

      Delete
  46. sdh seperti yang mas bilang tadi malahan tes y belum d pasang speker..tapi mash ada tegangan DC yg masuk.n untuk ngecek tr drivery sama dengan seri tip 3055 n 2955..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keluar berapa volt sih mas teganganya? Tapi selama suara normal, dan gerakan speaker tidak over, menurut saya gak masalah. Jika out DC nya ada tapi kecil, gak masalah.

      Tapi kalau ada problem suara, baru itu masalah. Untuk cara cek tr final bisa baca disini.
      http://www.baharelectronic.com/2017/04/cara-mengecek-transistor-final-power.html?m=1

      Delete
    2. mlm mas bahar mgk bisa bantu analisa power mati sebelah kan stereo.prrtama gini mas kan ada perombakan komponen awaly saya ganti komponen dioda in4001 yg 1 amper yg 3bbuah dekat tr driver mas, trs setelàh dicoba g keluar bunyi n waktu sy cek DC outy keluar tegangan tra saya ganti dioda asliy ttp g bunyi..saya bongkar semua komponen menyisakan resistor n c100n trs saya coba cek tidak ada arus DC y setelah saya kasih tr driver tip 31 n 32 ada tegangan DC lagi mas tapi kalau tip 31 dicopot tidak ada tegangan DCy.trs saya coba ganti tr driver dwngan yg baru tapi tetap ada tegangan DC y jd bingung yg rusak yg mana mas..maaf bila ceritau agak panjang he.
      hee.

      Delete
    3. Mohon maaf baru balas. Nah itu kenapa kok diodenya diganti mas? Cara pengecekan dc offset bukan seperti itu mas. Pengecekan dc offset yang benar adalah dalam kondisi power terpasang lengkap dengan tr finalnya, baru dicek dc offsetnya.

      Kalau dalam kondisi tr final dilepas, bisa jadi power dalam kondisi tidak stabil. Masalah dc offset yang keluar diatas, coba test dengan kondidi tr final terpasang. Jangan dikonek ke speaker dulu. Cek dc offsetnya dulu, dalam kondisi volume power tertutup. Gunakan tegangan rendah dulu mas, untuk meminimalisir kerusakan.

      Delete
    4. trs kalau ada tegangan DC offset y yg rusak apay mas kmrn jg sdh lengkap terpasang semua cm ttp ada ada Tegangan yg masuk...pdhl tr drivery sdh dganti baru tp ttp sj ada tegangan ini yg blm ketemu mas yg rusak apay...

      Delete
    5. Tegangan dc offset memang lebih baik adalah nol volt. Tapi jarang ada power yang bisa 0 volt. Batas maksimal adalah 0,4mV masih normal. Jadi adanya tegangan dc offser pada out power amplifier, bukan indikasi power tersebut rusak atau ada kerusakan. Selama tegangan dc offsetnya tidak lebih dari 0,5mV. Misal terukur 0,25v ini masih dalam batas normal, dan gak masalah power tersebut dipakai mas.

      Delete
    6. tgangany bukan 0.25v mas tapi 14v..n kmrn waktu masang kabel speker ada percikan tegangan di bagian out power...

      Delete
    7. Wah-wah gak normal itu mas. Pastinya keluar percikan jika konek ke speaker. Powernya pakai apa sih mas? Ocl atau safari atau lainnya?

      Tapi dalam kondisi seperti itu, apakah masih normal hasil suaranya mas? Ataukah hanya keluar suara dengung pada speaker?

      Delete
    8. ocl 150w strereo, kalau yang sebelah normal mas,saya cek nol g da tegangan masuk tapi yg chanel L yg keluar tegangan suara dengung g da suara pa mgk ada resistory yg konslet mas cm kelihatany g da yg gosong,kalau resistor mati atau konslet tau y gmn mas bisa dijelasin n kalau tes pakae avo gmn caray tau normal atau tidak?...

      Delete
    9. Kok saya curiga anda salah pasang tr driver. Entah kebalik posisinya atau atau kebalik kaki BCE nya? Atau mungkin ada jalur yang konslet di jalur itu mas.

      Kalau anda bisa cek transistor, coba cek tr driver dan tr finalnya. Pastikan tidak ada yang short atau rusak bocor.

      Kalau komponen Resistor, dll jarang rusak mas.

      Delete
    10. ya mgk ada yg konslet mas tapi blm ketemu yg mn..tp g pa lah pakai mono sj..kl ada wkt mgk dicari lg mn yg konslet...

      Delete
  47. mas bahar kalau speker 100w 2buah kalau pakai PA 400w seimbang atau tidak,n bagusy gmn apa power 400 wat kalau untuk speker 100w kegedean atau kurang spekery...trs perbandingany gmn anatara PA sama spekery.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara umum watt speaker harus lebih besar dari watt power. Jadi jika power anda 400w, maka idealnya watt speaker harus diatas 400w. Tapi bukan berarti speaker dibawah 400w tidak bisa dipakai untuk power 400w.

      Menurut saya gak masalah pakai speaker itu mas. Tapi nyetelnya jangan terlalu over kerasnya he..he..

      Delete
  48. mas kl TR final panas knp ya pakai sanken sa2922 n pas y,wkt pas nyetel lagu pa itu normal.beliy 1set 40 ribu.tapi kl waktu g nyetel dgn power On adem?padhal cm 2 speker 12" 100w/speker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Normal mas. Tapi ya jangan terlalu over panasnya. Normal panasnya jika dipegang pakai tangan, masih tahan. Anda pakai volt berapa dari trafo? Pakai berapa set sankennya?

      Delete
  49. kl panasy masih normal kl dipegang pakai tangan, dr travo 25vct kl disearahkan jd 31v itu dah mendekati volt yg dr power tsb,pakai 1set mas kalau ditambain speker woofer 15" yg brp watt mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siipp sudah benar itu mas. Kalau mau agar tr final lebih dingin, bisa coba ditambahkan satu set tr final lagi (gak harus).

      Rata-rata speaker 15" dayanya 500w mas. Gak masalah jika di umpan pakai power itu mas.

      Delete
  50. ya nnt kalau sdh ditmbah spekery mas mau dtambah 1set lg.kl dirangkai skrng nnt tidak seimbang sama spekery...he..he..

    ReplyDelete
  51. Pgi mas,, mau tnya nih mas,, cara ngilangin lonjakan arus dc pada ampli saat baru di on kan gmna mas selain pakai speaker protektor,,

    ReplyDelete
  52. Kang bahar mau tanya ni kalau tip 3055 di paralel 3 set apa perlu pake r10 ohm untuk kaki basisnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu mas. Tapi jika dikasih R 10 ohm juga gak apa-apa.

      Delete
  53. Mas kalo ocl 150w diganti tr finalnya watnya bisa nambah ya?
    kalo ditambah set tr finalnya watnya nambah ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diganti pakai tr final apa? Misal diganti sanken atau toshiba, watt bisa nambah.

      Kalau nambah jumlah set nya, maka daya watt juga nambah, tapi harus di imbangi dengan daya trafonya.

      Kalau trafonya kecil, ya jangan banyak-banyak tr finalnya. Akan mubadzir. Daya powernya besar, tapi supply arus tegangan trafonya kecil, sama saja bohong he..he..

      Delete
  54. Salam kenal pak,saya iroy,minta saran dan pengalamannya,saya ada ampli ja-dul,rencana mau dimanfaatkan dibangun kembali,drivenya gak ada lagi,pioneer sa9500,masukan travo dicek jarum,45+/-dc lebih,elko 2pc 18000/63v bawaan,tr 3055/4 2955/4,sensor gak pakai lagi,kira2 drivenya pakai apa,masalahnya keluaran dcnya 45v lebih dc,trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat dulu itu tr 3055 dan 2955 asli bawaan mesin pioner atau tr biasa yang ada dipasaran? Kalau tr asli bawaan mesin, mungkin masih kuat dengan tegangan 45v keatas. Kalau tr 3055/2955 biasa yang dipasaran gak kuat.

      Driver bisa pakai ocl 150w atau power safari 400w.

      Alternatif tr final bisa diganti pakai sanken, biar kuat dengan tegangan 45v.

      Delete
    2. Yang tr kiri to 4tr st malaysia jadul,kanan to 4tr sepertinya lambang M mexico,klo ganti tr pakai sanken apa pak,atau bisa gak volt dc diperkecil, bagaimana baiknya pak?

      Delete
    3. Klo belain tr maksudnya pararel,klo belain power suply bawaan ganti drive+tr,gara2 hanya belain tone controlnya+ boxnya he.he..bingung mau menghemat...,tolong sarannya pak,trims banyak..

      Delete
    4. Bawaan pioneernya tr jengkol dipararel,SA9500 yg pertama,

      Delete
    5. Saran saya sih pakai driver power ocl 150w dan tr finalnya ganti dengan tr sanken semua masing-masing 2 set. Jadi channel L 2 set dan channel R 2 set. Untuk seri sanken Anda bisa pakai seri sanken 2SA1494 dan 2SC3858 atau lainnya.

      Untuk menurunkan tegangan DCnya, menurut saya gak bisa. Karena out tegangan trafonya sudah besar. Jika pakai rangkaian stepdown tegangan, hasilnya kurang maksimal mas, bisa ngedrop.

      Kalau bertahan pakai tr final bawaan yang malaysia dan mexico, gak kuat mas pakai tegangan 45v. Di setel volume tinggi rawan jebol, dan biasanya panasnya over.

      Delete
    6. Terima kasih banyak pak,nanti akan saya coba

      Delete
  55. Mas mau nanya power saya baru buat pake trafo 3a terus elco pake 4700mf 6 buah saya kasih tegangan 25v kenapa dengung dan daun soiker naik ya mas terus ngak ada efek audio masuk mas . Trimakaaih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti ada yang gak beres di powernya atau ada kesalahan di power supplynya.

      Pastikan tegangan supply sudah keluar normal (+ ct -). Jangan terbalik.

      Jika sudah, masih tetap gak bunyi, kemungkinan ada kesalahan di powernya. Bisa salah pasang tr final atau tr finalnya sendiri yang rusak.

      Delete