Cara Membuat Rangkaian Soft Start Power Amplifier

Posting awal bulan yang agak telat he..he.. Berikut adalah cara membuat rangkaian soft start power amplifier. Berawal dari pertanyaan rekan kita di g+, beliau menanyakan kenapa setiap menghidupkan power amplifier pertama kali, listrik rumah pasti anjlok. Bagaimana caranya agar listrik tidak anjlok? Kemarin saya berikan pilihan menggunakan alat auto start 1500w yang biasa buat TV, dll. Tapi bagaimana cara agar alat ini bisa dipasang di dalam box amplifier, menjadi satu kesatuan dari power amplifier. Jawabnya adalah menggunakan rangkaian soft start.

Ada banyak model rangkaian soft start, tapi tidak semudah rangkaian dibawah ini, yang hanya menggunakan beberapa komponen saja dan satu relay. Relay berfungsi sebagai pemutus dan penyambung arus baypass dan tertahan pada supply primer trafo. Prinsip kerja dari rangkaian ini adalah menahan tegangan supply 220v selama beberapa detik menggunakan resistor, sebelum terkonek baypass langsung oleh kontak relay menuju primer trafo. Kenapa tegangan 220v menuju primer harus ditahan? Agar beban trafo tidak langsung penuh pada saat power dihidupkan. Karena pada saat awal menghidupkan awal power amplifier, maka elco supply akan mulai terisi dari posisi nol. Proses inilah yang sering menyebabkan listrik anjlok.

Rangkaian sudah saya tambahkan diode zener 24v untuk membatasi tegangan 24v yang menuju elco dan relay. Agar tidak terjadi over voltage yang dapat menyebabkan meletusmya elco dan rusaknya lilitan relay. Rangkaian ini jelas beda dengan rangkaian speaker protektor, karena yang diproses adalah tegangan supply trafo, kalau speaker protektor, yang diproses adalah out speaker power. Nah, sudah tahu kan perbedaannya? Lanjut.

Berikut adalah gambar rangkaian soft start power amplifier.


Prinsip kerja rangkaian ini adalah sama dengan rangkaian tunda atau delay, karena menunda terisinya elco 2200uf/50v, sebelum akhirnya didapat tegangan 24v penuh yang menghidupkan relay. Setelah relay hidup, maka sekaligus merubah posisi kontak dari relay, dari posisi tertahan dengan Resistor menjadi baypass. Dan akhirnya trafo dapat berkerja maksimal, sesuai tegangan dengan cara ini, maka listrik dirumah tidak anjlok lagi, setelah power amplifier di power ON. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Mas bahar... saya mau tanya..
    Saya pake bell parametric machintosh mc 9707 trafo 1a 18v.. hasilx ada noise.. kira2 itu pnyebab voltase kbesaren atau ad lgi mas.
    Cz sbelumx pake tc biasa g ada noise

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau voltase gak mas. Tapi coba saja diturunkan voltase menjadi 15vct.

      Delete
    2. Askum, pagi mas, mo nax penyebab jebolx tahanan batu 15 watt pd soft start ap ya???

      Delete
    3. Bisa dari relaynya rusak, gak bisa kontak. Atau bisa juga waktu tunda terlalu lama, sehingga Resistor batu 15w, terlalu lama menahan tegangan, akibatnya panas berlebih dan akhirnya rusak/putus.

      Coba cek relay, apakah kontak relay masih berfungsi normal. Cek juga waktu tunda, apakah tidak terlalu lama, perpindahan kontak relaynya.

      Jika waktu tunda terlalu lama, Anda bisa mencoba mengganti elco 2200uf dengan elco 1000uf. Sehingga waktu tunda bisa dipercepat dan beban Resistor batu 15w dapat berkurang.

      Delete
  2. Mlm kang bahar. Itu R yg 220ohm resistor kapur apa yg biasa kang.

    ReplyDelete
  3. Mf mnyimpang Mas bahar..
    tanya lgi mas...
    Mnurut mas bahar speaker 8 inch subwoofer yang kualitasx bgus harga antara 300-500 itu merk ap mas bahar..
    Trus klo 10 inch antara nitrous dg legacy mas bahar lebih recomend yg mna???
    Mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he.. Saya kalau ditanya merek speaker, kadang gak bisa jawab, karena memang nyatanya saya belum coba mas he..he.. Kalau speaker subwoofer 8" pernah beli merek legacy. Ada merek lain saya lupa, yang ingat cuma JBL sama ACOUSTIC.

      Delete
    2. Hehe ya mas mkasih...
      Entah ap yg mmbuat sya bngung. Stelah gnti parametrik malah dengung ampli sya mas...
      Tk lhat power supply bawaan parametric cma pkai elco 1000mf aja.. mnurut ahli elektro d tmpatku itu trlalu kecil maux tk gnti elconya.. gmn mnurut mas bahar..
      Paramrtric bell mc9707

      Sma minta tlong pncerahan mas bahar untuk sistem star grounding mas.
      Mkasih

      Delete
    3. Ya betul mas, elco bisa diganti pakai 2200uf atau 3300uf. Koneksi yang lama gak usah dirubah, tinggal ganti saja tone control dengan parametrik

      Delete
  4. Asslmlkm mas bahar..bulan puasa tiggal brp hr lg,sy mw mrkit ampli buat musholla d desa sy, kira2 bahan2 apa sj yg hrus sy beli mas bhar? agar suara enak d dngar, dan lantang, (travo,driver,tc? Dn rgkaian pndkung lain,sprt pengamn ntk spkr toa itu sndri..mhon bimbingan dr mas bhar...mksih sblumny...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Yah ini menurut saya mas, ada 2.

      Kelas minimum, pakai trafo 5A biasa, driver ocl 150w mono, tr final jengkol malaysia 2 set, elco 10000uf/50v x2, tc pakai penguat mic mixer ditambah master di penguat akhir, bisa ditambah echo jika perlu, pengaman corong TOA, cukup pakai kapasitor 1000uf/50v yang dipasang seri pada output speaker, tegangan 25vct dari trafo.

      Kelas lumayan, pakai trafo 10A, driver pakai power 2 tingkat, tr final sanken 2 set, elco 10000uf/50v x2, tc sama pakai mixer ditambah master pada penguat akhir, pengaman corong sama dg diatas, tegangan pakai 32vct dari trafo. Kalau perlu tambah kipas/fan untuk membantu pendingin tr final.

      Delete
  5. Ok mksih mas bhar. Ocl 150watt ap standart ny aja tnp modif mas bahar? sprt ingin krkter mid doang tnp ada nada bass sedikitpun,itu komponen mn yg hrus d gnt? sklian mhon pnjelasan ny,di rgkaian ampli toa biasany trdpt travo OT, itu fgsiny buat ap mas bhar,sklian cr krjanya..mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu dimodif, pakai standart saja. Karena kita bermain di amplifier rakitan, maka kita bermain di low impedansi, yaitu hanya bisa bermain di impedansi 8 ohm. Nanti kalau beli corong TOA jangan beli yang high impedansi, tapi beli corong TOA yang low impedansi 16 ohm. Nanti beli 2 corong TOA 16 ohm, lalu diparalel, makan akan jadi 8 ohm, baru konek ke power rakitan. Jadi ingat tidak bisa digabung sama corong TOA high impedansi. Gak perlu pakai trafo OT, karena kita bermain di low impedansi. Kecuali jika anda pakai power TOA, nah baru bisa bermain di high impedansi. Jadi jangan dicampur antara low impedansi dan high impedansi, karena beda jenis power. Semua power rakitan hanya bisa bermain di low impedansi.

      Delete
  6. Ok mksih, membantu sekali masukan dr mas bahar...

    ReplyDelete
  7. Udah tk rangkai versi mas bhar, tp kndalanya skarg volum klo volume mic, di buka gk sampek separuh dh timbul distory mas bhar, mski jarak dh 10 mtr dg spkr,penguat mic pake DTK repeater 2mic d gabung dg kit mixer 8 pot, itu apa problemnya mas bhar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Versi yang mana mas? Minimum atau lumayan. Yang dimaksud distorsi itu suaranya kurang bersih atau feedback? Urutan pemasangan echo dan mixer bagaimana?

      Delete
  8. Mas... mau tanya ni.. cra hitung rms speaker gmn yaa... cz speaker rta2 hnya diktahui max power aj

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumusnya saya belum tahu, tapi rata-rata biasanya 70% dari max power.

      Delete
    2. 1 box speaker di isi speaker 10in dan 8 in plus tweetr... yg bagus speaker 8 dan 10 nya di sket atau tanpa sket mas..
      Boxku si ukuran 30x40x68 cm.
      N kira2 lubang box nya ukuran brp ya??

      Delete
    3. Saya bukan ahli box mas he..he.. Menurut saya gak perlu disekat, dibuat loos saja tanpa sekat. Lubang box buat angin-angin, dibuat standart saja seperti biasa pada umumnya.

      Delete
  9. Yg minim mas,spker toanya dh ada sjk dulu mas, corong toa yg biru dh dpt 10 tahun lebih, cm ampli ny sndri suarany berat gk los mas, jd sy kpikir buat ngerakit andri,yg sy mksud distory slalu timbul ngiiiing..ngiiing...tu mas jd gk sampek kebuka lantang dh ngiing duluan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu problem feedback mas. Jadi suara ada yang kembali, gak bisa keluar. Biasanya penyebabnya adalah

      1. posisi corong terlalu dekat dengan mic atau menghadap mic atau kurang tinggi, sehingga suara gak bisa looss.

      2. Ada speaker tambahan yang posisinya didalam ruangan masjid yang terlalu dekat dengan mic atau menghadap mic. Usahakan antara speaker dalam masjid dan corong luar, jangan digabung atau dijadikan satu ampli dengan corong. Kalau bisa dipisah amplinya.

      3. Kualitas spul micnya kurang bagus. Coba ganti dengan spul mic yang bagus.

      Solusi: kalau ada speaker didalam masjid, bisa dicoba dilepas dulu, untuk menghindari feedback. Nyalakan hanya speaker corong luar saja, kemungkinan tidak akan nggiingg. Kecuali memang ada ada corong yang posisinya ada dibawah. Jadi untuk corong memang posisinya harus diatas minimal 10 meter. Kalau dipasang di atas kubah masjid, usahkan kubah tertutup, agar suara corong tidak kembali kedalam. Jadi intinya adalah bagaimana memenimalisir suara yang bisa kembali ke dalam, yang bisa menyebabkan feedback.

      Delete
  10. Bukan msjid tp musholla mas bhar, cuma pake corong ja 1set, gk ada spkr controlny,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Posisinya dimana corongnya. Di atas masjid atau pakai tiang? Berapa meter ketinggiannya mas. Ada berapa buah corongnya, satu atau dua?

      Delete
  11. Corong lawas 2buah mas merk toa yg wrn biru, pake tiang tingginya kira2 12 mtr,

    ReplyDelete
  12. Sangat membantu ilmunya,,sukses sll om...aminnn

    ReplyDelete
  13. Mas bahar saya mau tanya lagi..
    Ini saya yg kmrn pake power stereo 400watt sanken 2 set..
    Buat ngangkat speaker legacy 2x250watt..plus acr kok g kuat powerx mas .. g kluar bass sma skali.. klo tk cpot speaker acr nya baru bisa kluar bass.. lha rncanax mau tk tmbah 2set sanken lagi..
    gpp ta mas bisa nambah wattx ta,?
    Kn 2 set stara 400watt..
    Apa kalau 4 set bisa 800watt sdangkan power cma 400watt??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau problemnya seperti itu, bukan karena powernya yang gak kuat. Mungkin polaritas salah satu speaker ada yang kebalik. Jika polaritas plus minus speaker ada yang kebalik, akan berakibat bass hilang. Coba anda cek lagi polaritas plus minus speakernya, pastikan sudah benar dan tidak ada yang terbalik.

      Kalau ditambah 2 set lagi, daya akan bertambah menjadi 800watt, tapi bukan berarti problem akan hilang. Kalau menurut saya pakai 2 set sanken saja sudah cukup.

      Delete
    2. Iya mas.. udh tk cek.. bner kok yg merah plus yg hitam minus..
      Cz acr ku cma 80 watt..
      Mau cba bli lagi yg seimbang dg legacyx mas.

      Delete
    3. Ya mungkin karena beda watt speaker. Kalau speakernya seimbang, mungkin bisa normal.

      Delete
    4. Iya mas... udh tk gnti legacy jga mas.
      Jdi skrng posisix speaker legacy 10" 2x250 dn 8" 2x200watt..
      Vol sparuh jembret mas... kta teknisi ttangga power g kuat..
      Mau tnya mas...

      Power saya kn stereo 400w.. lha kira2 klo d jdikn mono tp mono dua duax dg cara kbel L dn R d jdikn 1 di L R power.. bsa t mas

      Delete
    5. Kok aneh ya? Harusnya dengan power 400w itu sudah cukup untuk menghandel 3 speaker tersebut. Saat ini anda pakai aksesoris apa saja, selain tone control?

      Delete
    6. Trafo 10A voltase 35v..
      Elco 2x10000mf
      Power 400w
      Parametric bell mc9707 + trafo 1a masuk ke galaxy dri galaxy masuk ke power.. itu aja mas g aneh2..

      Delete
    7. Sbelumx pake speaker legacy 2x250w dn acr 2x80w... acr tk hilangkn tinggal legacyx oke power kuat...
      Kmudian bli lgi legacy 2x200w.
      Suara oke mas tp ktika volume sparuh lbih mulai jembret powerx g kuat..hahahha mau cba bberapa prcbaan sii mas tp msih ragu..

      Delete
    8. Galaxinya dibuang saja mas, bikin suara jembret. Kalau sudah pakai parametrik, gak perlu ditambah galaxi.

      Delete
    9. Oke mas mkasih... bsok g tk pkai galaxyne cba hsilx gmn..

      Delete
    10. Maaf mas bahar tanya lagi..
      Power ku kmrn yg 400watt kalo d kasih tegangan 42vac ct ngatasi g mas.
      Cz di power nya ada elco kecil2 yg hnya 50v kekuatanx.???

      Delete
    11. Kalau pakai tr final sanken, masih mampu. Tapi kalau jengkol atau TIP, gak kuat mas. Semua elco pada pcb power ganti dengan elco 100v.

      Delete
  14. Ohh.. jdi ttep gnti elco power mas..
    Hehhe wurung mas ribet nyopot power..

    Bner mas kmrn galaxy udh g tk pkai dn trnyta udh kuat skrang suarax g pecah..

    Tp ada lagi mas yg mau tk tnyakn..
    Krn speakerku subwoofer jdi nadax kurang smpurna.. mau tk blikan speaker lagi audax midrange 5inch 75 watt..
    Apa g berat sbelah antar speaker mas.. cz 1 channel tk isi subwoofer 250watt dan 200watt sma midrange 75watt tweeter 25watt.
    Kuatir kyak yg kmrn yg sub g suara blas tp yg midrange banter..
    Hehhe maaf mas mkasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah mas. Jika nanti speaker midrangenya terlalu keras, maka speaker midrange bisa ditahan dengan R 10 ohm/1w atau 22 ohm/1w, maka nanti suara midrange bisa ditekan.

      Delete
    2. Ohh iya mas... mkasih sngat mmbantu mas bahar

      Delete
    3. Kalo naruh resistor gitu di plus atw minus mas??

      Delete
  15. Mas kalo musik tiba2 kecil sendiri kemudian besar sendiri itu dri apanya yaa mas..
    Elco posisi 6800 mikro..
    Apa elco kekecilan pengaruh k situnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin konektor input atau output ada yang kendor. Atau ada solderan komponen pada rangkaian power atau tone control ada yang goyang atau lepas. Bisa juga karena potensionya.

      Delete
  16. Mas bahar mau nanya..cara membuat echo efek pada mixer rakitan sendiri yang pantulannya sring sring gmn...jdi kya efek mixer bel-up

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sama persis gak bisa mas, karena efek reverb built up itu jenis digital prosessor, belum bisa ditiru persis sama. Jikalau pun ada, harganya akan mahal, sama saja dong dengan beli baru. Yang ada adalah mirip reverb, harga relatif murah. Yaitu echo Reverb DTK 7 ic. Beli jadi ada di toko elektronik.

      Delete
  17. mas parametrik potensio bagian level arah jm 10 sepeker berjeduk kayak mau jebol, saat folume 0 dan lefel di gedein ada suara bising yg mengganggu, komponen yg mana yg rusak y mas? sak drenge ngturaken sugeng riyadi menawi lepat nyuwun ngapunten.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas sama-sama, mohon maaf lahir batin. Mungkin power supplynya mas yang gak beres. Atau terlalu over bass.

      Delete
  18. power supply parametrik ato power mas, bagian bass potensio arah jm 12 folum full, lha levelnya lum dibuka kan gk bunyi, giliran buka arah jm 10 wah nyember hancur bassnya.

    ReplyDelete
  19. awalnya enak bsa dbilang istmwa, tpi gk bisa dpsang dbox karna lubang box beda, llu potensio sya copot tak kasih kabel agar bsa dsesuaikan dngan lubang pada box, e.. yaitu alhasil, potensio bass dan potenso level dengung bila dsentuh, potensio trible crik crik bila disentuh, suara kurang jernih, lha yg prah bassnya, bass arah jm 10-11 dan level arah jm 10-11 sepeker berjedug mau jebol suara hncur gk karuan, potensio tak gonta ganti tetep sama, tlong dibntu agak rinci krna masih awam. mksih sblumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh... Sudah ketemu tuh problemnya. Ya karena potensio yang pakai kabel itu mas. Untuk parametrik lebih baik semua potensio terpasang di pcb, jangan pakai kabel. Jadi coba pasang kembali potensio pada pcb. Jadi lebih baik ngalahi boxnya yang di bor untuk tempat potensio parametrik. Atau pakai box parametrik sendiri. Jadi problem karena kabel potensio tersebut mas.

      Delete
  20. ok nanti tak coba deh mksih mas sarannya,

    ReplyDelete
  21. Mas bahar....
    Mau tanya mas
    Keunggulan power safari dibanding power lain apa mas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah ini menurut saya mas.
      1. Rangkaiannya simple.
      2. Mudah didapat dipasaran.
      3. Tanpa perlu setting arus bias.
      4. Irit tegangan, bisa dipakai walau pakai trafo 5A.
      5. Tr final lebih dingin, tidak cepat panas.
      6. Satu lagi, bass lebih empuk.

      Semua itu tergantung selera mas. Kesimpulan saya diatas adalah menurut pengalaman saya dulu merakit power safari dibanding power lainnya.

      Delete
    2. Iya mas bahar...
      Di banding power stereo biasa klo pean suka mna sma safari an???

      Delete
    3. Dari segi kemudahan, lebih suka power safari.

      Delete
    4. Dari segi kualitas suara mas???
      Hehhehe

      Delete
    5. Kalau dari segi kualitas suara itu relatif mas. Tergantung selera. Beda orang beda selera he..he.. Nah ini gak bisa diukur mas he..he.. Tapi power safari enak kok mas. Saya suka karakter bassnya yang empuk dibanding power lain.

      Delete
  22. Hehehe mkasih mas bahar..
    Maaf lho.. sering tanya2 g jlas mas.. cz lgi pngen gnti driver safari400 watt..
    Posisine skrng stereo drivernya pake driver power sanken merk smc 400watt..

    Msih kurang maksimal kok mas. Gara2 trafox hnya 10A kecil.. bli yg murni mahal,, mau cba smps 10A murni ya ragu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin itu sama dengan safari 400w, cuma beda merek he..he.. Power supply SMPS ? Siapa takut he..he..? Murah, efisien, ringan, stabil, cuma gampang rusak he..he..

      Delete
    2. Iya itu mas..
      Gmpang rusak yg bkin ragu..
      Usia trafoku aja ini lbih dri 12tahun msih ok..
      Cma g murni aj.
      G tau jga sii kalo 10a kecil itu real arusx brp...??? ya mskipun sbenarx dri segi suara udh enk mas... hnya saja lhat tetangga pnya power mono kok suarax lbih bulat dr stereo

      Delete
  23. Kang bahar saya mau tanya

    Saya punya power ocl 150 watt
    tidak mengeluarkan suara

    Sebelumnya bunyi
    Setelah saya ganti tempat powernya
    Malah gg ada suara sma sekali

    Setelah cek kabel ct dari power supply putus
    Lalu saya solder lagi
    Tapi masih gg ada suara
    Mohon pencerahannya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin masih ada kabel yang putus. Cek kabel speaker, apakah tidak putus juga?

      Delete
  24. Mas trafoku 10a kecil itu real arusx cma 5a ya mas???
    Merk orient mas.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini mas... kmrn aq nyoder kabel mic... lha sesudahx tk pake ngeground.
      Itu biasax kabel kbalik atw pnyoderan kurang bagus mas...???


      Yg kdua mas... trafoku yg d atas itu kira2 vs smps 10a enk yg mna mas??? Mau bli tp msih ragu mas..
      Mkasih mas bahar

      Delete
    2. 1. Mungkin kabel mic kebalik mas.

      2. Ya enak smps 10A mas, lebih besar ampernya.

      Delete
  25. Kmrn lhat2 d bukalapak ada smps 10a yg ktax murni harga 250 merk wimog..
    Kira2 smps yg bgus merk apa mas???


    Iya mas nnti cba tk blik e kabel mic nya..
    Ngegroundx g enk in kuping...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum coba kalau pakai supply smps, selama ini pakai trafo. Jadi belum tahu hasilnya bagus apa gak?

      Delete
  26. kit softstar yg membedakan 5A, 10A vs 20A apa mas,,
    maaf saya gk faham elektro,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya yang membedakan Amper relaynya.

      Delete
    2. mau nanya juga
      kemarin saya beli softstart yg ada realynya
      tak buat nyalakan power 15A out 65vdc

      kok masih ngetrip terus, mcb nya

      mohon bantuan apa yg harus saya rubah
      biar kuat

      rilay tertulis 20A 24v

      Delete
    3. Anda pakai listrik berapa VA mas? 900va atau 1300va?

      Kemudian pada power amplifier tersebut, pakai berapa mikrofarad elconya? Ada berapa biji elconya?

      Delete
  27. Pagi mas bahar...aku mau tanya beberapa minggu kmarin aku ada rakit power, travo 20a ct 45, elco 47000/100x2, kiprok 35a, kit mono dtk x 2, sanken percenel 8 set, tambahan spieker protekto dan kit softstart...digeber pakai spieker acr 15"x4/chanel...setelah kurang lebih 10 jam aman aja, skrng malah power do onkan meteran listrik anjlok..uda ta coba lepasin kit softstart jg ttap sama, uda ta coba pakai travo lain pun sama...mohon bantuanx...apanya yg bikin anjlok meteran listrik....trimakasih...di tungguya boss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti kiproknya mas. Jika masih anjlok, coba lepas kabel supply pcb power (- ct +). Nyalakan trafo tanpa power. Kemudian nyalakan apakah masih anjlok?

      Delete
  28. Kiprokx uda ta coba ganti...mash sama, trims saranx nanti ta coba lagi lepasin kabel ke PCB....

    ReplyDelete
  29. Malam mas, uda ta coba hidupin tanpa conek ke mesin (hanya softstart, travo, kiprok dan elco aja), listrikx ga anjlok...o ya sempat ta pegang elco di kit softstart ada srumx, ta pakai testpen menyala...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soft start jangan disentuh mas. Memang nyetrum he..he..

      Delete
  30. O ya stumx tu pada elco softstart 22000uf/63volt tu...
    Di tunggu ya boss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau supply pcb power dilepas sudah gak njeglek, berarti ada yang short tr finalnya mas he..he.. Silahkan cek satu-satu.

      Delete
  31. Berarti ada arus ac yg bocor pada elco softstart ga ngaruh ya....soale kepegang steom pada elcox...

    ReplyDelete
  32. Sory aku ga sempat baca balasanx mas bahar di atas....wkwk sory soale baru pertama ngerakit pakai softstart...

    ReplyDelete
  33. Berarti salah satu sanken yg short bisa ngaruh kaya gitu ya....soale pengalamanku yg lain palingan cuman dengung ga smpai anjlok kaya gini....jdi bingung saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tr final short, sama saja dengan tegangan supply trafo konslet mas he..he..

      Delete
    2. mau nanya juga kasus saya sama

      punya saya sama kek gini
      tapi kalo pakai listrik langsung lost atas
      bisah nyala powernya

      Delete
    3. Ya semua power kalau pakai listrik loss pasti bisa nyala. Tapi bahaya mas.

      Kenapa kalau pakai listrik rumah kok anjlok? Karena listrik rumah diabatasi oleh Amper MCB. Jika Amper MCB ini kecil, misal listrik 900va, maka mcb nya cuma 2A. Ya pasti jeglek kalau dipakai untuk power dengan trafo 15A, 20A, 30A.

      Kalau ini namanya bukan kasus mas, tapi listrik dirumah sampeyan yang gak kuat alias kurang daya. Diakali model apapun, tetap akan jeglek, lah daya Ampernya kurang. Solusinya cuma satu, tambah daya listriknya.

      Saran saya, kalau bisa sebisa mungkin jangan ngeloss listrik mas, tanpa ijin pihak pln. Karena bahaya. Lebih baik pakai genset atau kalau mau ngeloss listrik, ijin dulu sama lihak pln. Ya ini saran saya sih he..he..

      Delete
  34. Gan, fungsi Kapasitor MKP disitu untuk apa ?, bisa kurang atau lebih gk kapasitas micro/nano farad-nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapasitor MKP yang mana? Yang 100nf pada saklar atau yang 330nf di rangkaian supply?

      Kalau kapasitor mkp 100nf pada saklar Fungsinya untuk meredam percikan api pada saklar, yang menyebabkan suara jeduk pada saat saklar di on-off kan.

      Dengan dipasang kapasitor MKP 100nf/400v, maka suara yang kadang muncul pada saat saklar on/off akan hilang.

      Untuk nilai kapasitor rekomendasi pakai 10nf-100nf. Jangan lebih dari 100nf atau pun kurang dari 10nf.

      Kalau kelebihan, maka akan ada tegangan masuk ke rangkaian, walaupun posisi off.

      Kalau kekecilan, maka efek peredaman akan kurang. Dan suara akan tetap akan muncul ketika saklar on/off.

      Kalau kapasitor mkp 330nf pada supply, berfungsi untuk menstep down tegangan. Untuk nilainya bisa pakai kapasitor mkp ukuran 470nf-1uf. Rekomendasi pakai ukuran yang sesuai pada gambar atau nilai kapasitor yang mendekati.

      Delete
  35. mas bahar,, salam sejahtera
    saya mau nanya sedikit.. saya sedang membuat alarm sebagai tanda sebuah system berjalan.. ketika alarm tersbut (alarm yang saya maksud adalah rakitan sndiri dengan sebuah lampu rotary 220v + buzzer 220v). ketika alarm tersebut menyala monitro saya langsung ngetrip.. apakah bisa memanfaatkan rangkaian ini ?? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk beban monitor, bisa pakai rangkaian ini. Atau bisa pakai alat yang ada dipasaran namanya power start. Tapi beda sistem dengan rangakaian ini.

      Power start di pasaran menggunakan tahanan kawat yang di cor, sebagai tahanan beban. Tapi bisa dipakai kok untuk beban tv, dan monitor.

      Delete
    2. terima kasih mas bahar.. sedang dicoba

      Delete
  36. Mas bahar saya agak kurang paham mengaplikan relay, ni relay 24 dcv ya mas??? Trus belinya yg berapa kaki dan yg brapa amper kang?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul, pakai relay 24v mas.

      Tergantung Amper trafonya mas. Kalau trafonya 10A, maka cari relay yang kemampuan kontaknya 10A atau lebih.

      Untuk jumlah kaki kontaknya terserah, minimal 2 kontak atau satu kontak. Yang penting Anda tahu mana kontak NO dan NC nya.

      Delete
  37. Trus klo pake softstart apa masih pakai sekring lgi kang

    ReplyDelete
  38. selain di blok ini di mana sya bisah nanya" ke mas bahar
    fb atau lewat apa mas
    biar bisah cepat respon

    trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya mohon maaf. Untuk tanya jawab hanya bisa lewat koment blog dan g+ saja.

      Sebisa mungkin nanti akan saya jawab secepatnya. Mengenai waktu, tidak bisa dipastikan. Bisa cepat, bisa lambat. Tapi pasti akan saya jawab. Kalau pas online, akan saya jawab langsung. Sesuai urutan koment yang masuk.

      Delete
  39. Di test 1 menit R 220 ohm 1/2 watt hangus.. make power suply trafo 10A,42vac CT,elco 10 buah 10000uf 80v
    Mohon sarannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti dengan R 220 ohm 2watt atau 5 watt. Harusnya kalau rangkaiannya benar, maka R tidak akan terbakar. Kalau sampai R terbakar, berarti ada beban berat.

      Solusinya cuma satu, yaitu dengan mengganti dengan R 220 ohm yang 2 watt atau 5 watt. Agar beban panas R bisa diredam.

      Delete
    2. Ada gambar yg kit jadinya mas soalnya kaki rileynya kan ada lima yg apakah 5 kaki di sambung smua?

      Delete
    3. Gak ada mas. Relay 5 kaki itukan 2 kaki untuk coil dan 3 kaki untuk kontak NO dan NC nya.

      Posisi kaki yang jejer 3 itu yang kaki samping kanan dan kiri adalah coil. Dan kaki yang tengah adalah kontak input.

      Sedangkan kaki yang jejer 2 itu adalah kontak out NO dan NC. Maka yang dipakai adalah kontak NO nya.

      Kontak NO adalah jika kita ukur antara pin tengah diatas dan pin 2 dibawah, cari yang gak konek itu adalah NO. Yang konek adalah NC.

      Delete
  40. Penyebab r kapur panas apa ya mas..padahal relay contak normal powerpun bunyi mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba R kapurnya diparalel mas. Jadi pakai dua R kapur dengan nilai yang sama, kemudian diparalel resistornya.

      Delete
  41. mas saya mau tanya kalok trsistor sanken 5set yang bagus pakai trvo berapa ya trus pakai berapa volt

    ReplyDelete
  42. Mas kalo trafo 10 Ampere pake softstart yg berapa Ampere atau berapa watt?

    ReplyDelete
  43. assalamu alaikum mas bahar,saya ad kit driver yiroshi mk5 dan7,rencananya mau tak bikin stereo,kira2 bermasalah g mas masing2 driver 1800 watt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah mas. Asal kemampuan Amper trafo memadai. Jadi beban PSU terhadap beban sesuai.

      Delete
  44. Mlm mas...Kalo pakai 1 softstart utk 2 trafo yg 15 ampere sm 10 ampere apa bisa ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bisa. Tinggal ganti dengan Amper relay yang lebih besar. Jika pakai trafo 15A dan 10A, maka total amper adalah 25A. Berarti pakai relay yang 30A.

      Delete
  45. CARA MENAMBAH DELAY PADA SOFSTART GIMANA MAS ?? BIAR AGAK LAMA DIKIT SOALNYA BIASANYA NGGAK KUAT LISTRIKNYA MASIH NJEPLAKK....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perbesar nilai kapasitor 2200uF menjadi 4700uF.

      Delete
  46. Kalau pakai relay 12v apa sja yang d rubah kang nilai komponennya??

    ReplyDelete
  47. Mas,mau tanya dikit nih...saya punya ampl daya 260 w kalau dicolokin ke listrik kok langsung jeglek kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Listrik rumahnya pakai berapa VA? 450VA atau 1300VA. Coba deh dipasang di listrik rumah yang 1300VA, apakah masih jeglek. Penyebab jeglek disini ada 2 macam, bisa jeglek karena listriknya gak kuat dan bisa juga jeglek karena trafo powernya rusak atau short. Untuk memastikan itu maka power perlu dicoba di tegangan litrik yang kuat dulu, di 1300VA atau diatasnya. Jika setelah dipasang di listrik 1300VA tetap juga jeglek, maka besar kemungkinan trafo powernya rusak atau short atau ada hal lain yang menyebabkan konslet, bisa dari kabel AC nya konslet, atau hal lain didalam power tersebut yang menyebabkan beban berat, misal rusak tr final dan sebagainya. Jadi belum tentu juga dari trafonya rusak, bisa juga karena tr final short atau hal lainnya.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led