Modif AFT Coil 6019 TV Cina IC LA76810

Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi rekan-rekan yang menjalankannya. Next posting kali ini adalah cara modif AFT coil 6019 pada tv cina ic LA76810. Berawal dari garapan tv cina dengan problem channel siaran bergeser terus dan di auto search tidak ada yang nyantol satu pun channel siaran. Biasanya sih dengan mengganti komponen aft coil ini, maka problem bisa terselesaikan. Berhubung lagi mode males keluar beli komponen he..he.. Keluarlah jurus akal-akalan he..he.. yang penting kan bisa toh. Bisa ngirit bensin he..he.. Simak lebih lanjut ya, asal jangan pakai tertawa bacanya.

Trik ini khusus digunakan untuk mesin tv cina yang ada setingan AFT coilnya. Biasanya terdapat pada mesin cina yang menggunakan ic seri LA76810 atau LA76818 dan beberapa mesin lawas lainnya. Pada mesin cina yang pakai ic tunggal, yang tidak ada settingan aft nya, maka jelas tidak bisa dimodif pakai cara ini. Lah komponen AFTnya gak ada, apanya yang mau dimodif he..he.. Tidak ada cara lain selain ganti IC, Jika icnya sulit didapat, buang aja mesinnya kelaut he..he.. Jangan sob, disimpan saja buat kanibalan.

Awal ceritanya seperti ini. Pas lagi ada garapan tv cina dengan problem channel bergeser dan auto search gak ada yang nyantol. Pikiran saya langsung tertuju pada komponen AFT coil tersebut. Berhubung stok komponen coil aft ini habis, maka tidak ada rotan akar pun jadi he..he.. Mesin cina ini menggunakan coil aft seri 6019 yang banyak dijual dipasaran. Nah padahal banyak dijual dipasaran, kenapa masih pakai ilmu akal-akalan segala mas? Ganti baru, selesai sudah toh urusannya. Ya karena lagi males keluar beli komponen, makanya pakai cara modif saja, yang penting hasil akhirnya kan bisa normal kembali.

Apa sih penyebab komponen coil AFT ini rusak? Sebenarnya gak rusak sob, cuma ada komponen kapasitor kecil terpasang dibawah coil aft ini yang sudah mengalami degradasi atau keausan, karena dimakan zaman, bukan rayap loh ya he..he.. Nah sebenarnya intinya adalah komponen coil aft ini masih bagus dan masih bisa digunakan asalkan kapasitornya bagus, karena kapasitornya rusak, maka fungsi dari AFT coil ini menjadi terganggu, akhirnya channel siaran gak bisa stabil. Terus solusinya gimana mas? Beli baru saja beres. Loh katanya dimodif, gimana sih. Sabar ya, akan saya jelaskan pelan-pelan. Jadi bagaimana cara mengganti kapasitor tersebut, agar komponen aft ini bisa bekerja normal dan bisa kita gunakan kembali? Berapa nilai kapasitor yang pas untuk penggantinya? Cara menggantinya bagaimana mas?

Kita lihat dulu bentuk fisik dari komponen AFT coil ini, biar lebih jelas, silahkan lihat gambar dibawah ini.


Baik, sudah lihat gambarnya. Sekarang kita lihat posisi dimana letak kapasitor aft ini berada dan apa yang harus dilakukan? Silahkan lihat gambar dibawah ini.


Pada gambar kedua terlihat ada sebatang kecil mirip resistor, tepat di bagian bawah coil aft inilah posisi kapasitornya. Apa yang harus dilakukan pada kapasitor ini? Dihilangkan atau dihancurkan saja. Sebagai gantinya nanti akan kita pasang kapasitor keramik dengan nilai 47pf. Untuk pemasangan jelas tidak bisa kita pasang pada komponen aftnya, tapi kita solder nanti pada pcb tepat dikaki aftnya. Setelah kapasitor aft dihilangkan, maka silahkan dipasang kembali ke pcb mesin tv, tapi ingat komponen aft ini masih belum bisa digunakan, karena belum ada kapasitornya, maka harus terlebih dahulu dipasang kapasitor keramik 47pf disolder dibawah pcb. Untuk diagram koneksi pemasangan kapasitornya, silahkan lihat gambar dibawah ini.


Mungkin ada yang bertanya, kenapa kapasitornya pakai 47pf? kok gak pakai nilai yang lain. Setelah saya lakukan uji coba beberapa nilai kapasitor keramik diantaranya adalah 56pf, 33pf, 20pf, nilai 47pf adalah yang paling sesuai dan pas, sehingga aft coil ini bisa berfungsi kembali. Setelah dipasang aft coil beserta keramik 47pf, kita coba cek channel siaran, apakah sudah ada yang muncul? Jika sudah ada yang muncul, tapi masih sedikit bergeser, maka kita bisa setting sedikit coil aftnya dengan cara memutar coil aft dengan obeng minus kecil kearah kanan, putar terus sampai gambar didapat paling bagus. Jika sudah didapat gambar paling bagus, lakukan uji coba dengan auto seacrh. Jika dengan auto search channel dapat nyantol semua, maka modifikasi kita berhasil. Jika belum, berarti settingan coil aftnya belum pas, lakukan penyetelan lagi. Pada kasus saya tv cina dengan problem channel geser dan auto search gak nyantol, dapat diperbaiki menggunakan cara diatas. Jika anda kesulitan untuk memperbaikinya, silahkan beli baru coil aftnya. Ini adalah sebagai alternatif saja, jika kebetulan komponen aft ini sulit didapat, maka anda bisa memakai cara modif diatas. Semoga bermanfaat. 

Comments

  1. assalamu alaikum..malam mas bahar.. sy mau buat PA unk masjid..cuma sy gak tau cara memsang penguat kit pnguat mi sm kit mxser nya..mohn bntuan nya mas..unk mmbuat kan skema nya.. trima kasi.. ini no WA saya..081381447778..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua ada disini mas.
      http://bahar-electronic.blogspot.co.id/2016/10/cara-merakit-mixer-audio-sound-system.html?m=1

      Delete
  2. mohn maaf mas sdikit menyimpang dari post di atas..he he

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah.. makasi mas.. smoga allah membals kbaikan mas dunia dan akhirat.. skli lagi trima kasi atas ilmu..

    ReplyDelete
  4. assalamu alaikum mas bahar..
    mau tanya lagi..maaf mas bnyak tanya..gini mas..kan di kit penguat mic ada imput mic nya..apa kabel dari mic di masukan ke input mic nya itu mas..mohon percerahan nya mas..trima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, tapi kalau bisa pakai konektor dan socket biar rapi dan tinggal colok jika diperlukan.

      Delete
  5. alhamdulillah..
    maksi atas pencrahan nya mas..
    asbab mas lah..sy mudah memsang smua nya..skali lagi maksi mas..

    ReplyDelete
  6. maaf ni mas ada penambahan..
    kan di mixer 8 pot di situ terdapat 4socket mic.. kl ambil socket mic dari itu dan di gabung ke penguat mit apa tdak masalah mas..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang paham maksudnya mas. Mixer 8 pot dengan 4 socket mic. Umumnya kan 1 mixer 1 socket mic, itu kok ada 4. Kalau memang ada 4 socket mic dalam 1 mixer, maka gak perlu masuk penguat mic lagi, tapi langsung masuk master mas. Tolong diperjelas lagi mas he..he..

      Delete
  7. ada mas..kmren beli di toko elktronic..unk mic nya tu ada 4 trus pot nya tu ada 8.. trdri dari volume mic bas trbell eho dan refeat.. trus ada tanda unk masuk kabel in.. R L qut tidak ada mas..itu sy bingung..bgi sy yg pemula..hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba komentar lewat g+ saya mas. Nanti kirim gambarnya disana, akan saya coba bantu. Kalau koment lewat blog, gak bisa kirim gambar.

      Delete
  8. uda mas.. sy uda krim foto kit pa sama penguat mix + mixer yang sy maksud tadi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya silahkan komentar di salah satu posting saya di g+. Disitu banyak rekan-rekan yg lain. Silahkan koment disitu dan upload fotonya disitu juga.

      Delete
  9. Ass.mas bahar cerita yg diats pas bnget dengan tv yg lagi sy Servis.coil 6019 gk bisa nyantol siaran sy mau cb jurus nyak masbahar klw seumpama gagal terus gd jual coil yg sama.nmr nyak apakah bisa d pasang coil nmr lain terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wss. Menurut saya sih harus pakai coil 6019 mas, gak bisa pakai coil lain.

      Cuma kalau terpaksa gak ada, maka bisa coba pakai coil 458U.

      Delete
  10. pak saya punya tv sanyo awal gambar bagus selang 10 menit gamar goyang naik turur ,bila d pegang d kaki ic yg menuju coil b125 setelah d lepas colnya saya liat d bawah col ada capasitornya gosong lalu saysa pecah kan dan saya danti 47p tapi kok malah ilang siaranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya berarti rusak coilnya mas. Coba ganti saja dengan yang baru. Setelah dilakukan penggantian ceramic 47p, harus di setel lagi coilnya. Jika masih tidak ketemu, berarti nilai kapasitor ceramic kurang sesuai. Bisa dikecilkan atau dibesarkan nilai ceramicnya. Tapi jika lilitannya coilnya putus atau korosif, maka tidak bisa diperbaiki lagi coilnya. Harus ganti coil baru.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led