Skip to main content

Cara Modif Regulator TV Goldstar STR S6707 Pakai Gacun

Alhamdulilah akhirnya bisa posting lagi, sempat hampir dua minggu tidak posting karena kesibukan yang tidak bisa dihindari. Giliran mau posting artikel eehhh.... komputernya macet. Maklumlah komputer tua gak bisa diajak kerja cepat he..he.. kalu dipaksa jadi macet dah... Next posting kali adalah bagaimana cara modif regulator tv goldstar STR S6707 pakai gacun. Pernah saya singgung dan bahas di postingan saya yang dahulu yaitu bagaimana modif ic STR S6707 ini, yaitu dengan memasang transistor regulator eksternal. Jika memang kerusakan disebabkan oleh tr regulator internal STR yang rusak. Bagaimana jika yang rusak bagian oscilatornya juga? Mau gak mau harus ganti baru ic STR S6707. Nah bagaimana cara merubah atau modifkasi regulator STR S6707 ini pakai gacun? Tentunya akan lebih murah, bukan he..he.. Bagaimana caranya? Simak lebih lanjut.

Kemarin pas lagi ada garapan tv jadul merek  Goldstar dengan kerusakan mati total. Pengecekan awal pada area regulator kabel, sekering, saklar jika ada yang putus. Ditemukan komponen R821 dengan nilai 39 ohm 7 watt putus, menandakan adanya konsleting di srea regulator. Tv Goldstar ini menggunakan ic regulator STR S6707. kebanyakan kerusakan pada ic STR S tersebut adalah shortnya tr regulator internal dalam ic tersebut. Anda bisa cek dan ukur pakai avometer pada kaki 1, 2 dan 3 bisa dipastikan akan short. Dalam kondisi ini ada 3 pilihan yang dapat kita lakukan yaitu

1. Modif  STR S6707 pakai trasistor eksternal (kalau osc normal)
2. Modif STR S6707 pakai gacun.
3. Ganti baru ic STR S6707.

Pilihan pertama sudah saya lakukan dengan cara memasang transistor eksternal. dengan menyambung kaki Basis tr ke kaki no.3 ic. Kemudian kaki colector tr konek ke kaki no.1 ic. Dan kaki emitor tr konek ke kaki no.2 ic. Untuk caranya anda bisa baca disini. Setelah melakukan pemasangan tr regulator eksternal, ternyata regulator tetap tidak bisa hidup. Jika sudah seperti ini, berarti kerusakan ada di bagian osc ic STR S6707 tersebut. Bagian ini tidak bisa kita modif, terpaksa harus ganti baru icnya. Sebelum mengganti dengan ic STR S6707 baru, anda kalau mau bisa mencoba menggunakan gacun. Jika anda berencana menggunakan gacun, maka harus dimodif sedikit pada bagian ON OFF Standbynya, agar ketika standby layar tidak menyala. Perbedaan terletak disini jika dibandingkan dengan sistem regulator tv lain. Jadi kita harus merubah sistem kerja tersebut agar dapat OFF atau Standby dengan sempurna.

Karena ketersedian komponen ic STR S6707 agak sulit dicari dan juga harganya relatif mahal, maka pilihan saya jatuh pakai gacun sebagai pengganti IC STR S6707 tersebut. Jika pakai gacun, maka ada beberapa tahapan yang harus dilakukan supaya hasilnya bisa benar.


Sebelum melangkah kesana, mari kita pahami dulu sistem kerja rangkaian regulator tv goldstar ini pada saat standby dan pada saat power on. Untuk lebih jelas silahkan lihat diagram jalur dibawah ini.


Pada saat standby.

  • Tegangan keluaran dari regulator atau trafo switching seperti tegangan B+, ST 9v masih rendah semua.
  • Tegangan ST 5v di supply dari D807, Q803 (A968), 7805.
  • Tegangan ST 9v digunakan untuk mensupply H.Start. Karena tegangan masih rendah, maka bagian horisontal juga belum bekerja.

Pada saat Power on.
  • Pada saat power on, maka semua tegangan keluaran dari trafo switching akan naik semua dan ini normal.
  • TR Q803 akan berubah menjadi off. Tegangan dari D807 akan diputus. Sebab tegangan disini akan naik menjadi sekitar 60v. Kalau tidak diputus dapat merusak ic 7805. Terus dapat juga merusak ic program.
  • Sebagai gantinya ic 7805 akan di supply dari D805 yang telah berubah naik menjadi 10v.
  • Karena tegangan dari D805 sudah naik, maka tegangan ST 9v menjadi normal. Dan kemudian bagian horisontal akan bekerja.

Apa jadinya jika tidak dilakukan modifikasi.
  • Dengan menggunakan gacun, maka tegangan keluaran dari trafo switching akan langsung normal semua pada saat posisi power on ataupun pada saat posisi standby.
  • Akibatnya pin H.Start ic TA8690 tetap mendapat tegangan 9v dari jalur ST 9v.
  • Akibatnya pada saat standby sesungguhnya pesawat tv masih dalam kondisi hidup, cuma layar gelap saja dan jika screen dinaikkan terlihat menyala blanking.
  • Oleh karena itu modifikasi diperlukan agar pada saat Standby ic TA8690 tidak mendapat supply 9v dari ST 9v atau bisa juga dibuatkan sirkit on-off untuk tegangan ST 9v.

Langkah modifikasi.
  1. Lepas Q803 dan R815, karena disini tidak digunakan lagi.
  2. Potong jalur ST 9v dari R806 yang menuju pin 25 ic TA8690 atau dapat juga dilakukan dengan cara melepas coil L809 pada jalur ini.
  3. Potong jalur printed yang dari colector Q803. Potong pada jalur yang dekat dengan kaki transistor.
  4. Cari dan pasang transistor jenis NPN misal C2482 atau jika tidak ada bisa pakai tr BD139 pada bekas lokasi Q803 (posisi kaki BCE tetap sama. Transistor inilah yang akan difungsikan sebagai switch on-off tegangan ST 9v.
  5. Cari dan pasang kabel jumper dari colector Q803 ke R806/ZD803.
  6. Cari dan pasang kabel jumper dari emitor Q803 ke arah jalur yang menuju ke pin 25 ic TA8690.
  7. Cari dan pasang sebuah resistor 470 ohm antara kaki R809 dengan colector Q804. Atau ganti saja R809 dengan sebuah resistor 470 ohm.

Anda bisa melihat pada gambar diagram skematik diatas, sudah saya tandai dengan lingkaran merah. Itulah beberapa komponen yang dilepas dan jalur yang akan diputus. Supaya lebih jelas Anda bisa juga melihat langsung pada pcb mesin tv Goldstar dibawah ini.

Posisi komponen yang dilepas.


Posisi jalur yang harus di potong.


Berikut jalur koneksi kabel dan Resistor yang sudah terpasang.


Berikut juga penampakan posisi gacun dipasang di pcb mesin tv Goldstar. Masangnya asal-asalan he..he.. Ohnya pada jalur kabel gacun kan ada 3 kabel warna merah, hitam, biru. Khusus kabel warna biru tidak perlu dikoneksi, biarkan saja tidak tersambung. Kabel warna hitam konek ke negatif elco supply 300v. Kabel merah konek ke jalur bekas colector tr regulator. Terus untuk kaki trafo switching bagian primer lainnya, biarkan saja tidak perlu dirubah. Berikut gambarnya. 


Mohon maaf gambar koneksi kabel merah dan hitam pada gacun tidak terlihat, karena ada di posisi bawah pcb. Setelah dilakukan pemasangan gacun dan beberapa modifikasi rangkaian, silahkan dicoba untuk di nyalakan lewat power dan remote. Apakah fungsi Standby dan power on-off sudah bekerja normal. Dalam posisi standby lampu indikator akan tetap menyala terang, tapi tidak masalah, asalkan pin H.start tidak bekerja. Maka tv akan tetap dalam posisi mati standby.


Alhamduliah setelah melakukan penggantian gacun, tv goldstar ini bisa menyala kembali dengan normal. Berikut penampakan tv Goldstar yang sudah menyala hasil modifikasi he..he.. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Malam mas Bahar,maaf melenceng,saya baru saja ngerakit power pakai kit SOCL 504, kenapa saat power tidak konek input suara dengung(ngeground) ,tp saat konek dengan input hasil mendekati sempurna(vol mentok juga gak ada dengung sama sekali,mohon pnjelasannya mas ,suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dipasang potensio volume belum mas, pada powernya? Kalau input kosongan biasanya memang dengung ngeground mas.

      Delete
  2. Potensio sudah mas, iya mksdt saya itu mas,kl jac yg dari DVD ke power saya lepas kok ngeground,pdhl kl jac dari DVD itu nyambung hasil bersih mendekati sempurna mas, kira* bisa gak z mas kl tanpa conek input tp tetep bersih,suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya bisa. Coba sih pada saat jack dvd ke power dilepas, tapi posisi volume power di minimum atau tertutup penuh, apakah masih ngeground?

      Delete
  3. Sudah saya coba mas,Jack saya lepas ,vol 0 masih ngeground sedikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sudah bagus itu mas. Apakah sudah pakai kabel scerem untuk input powernya.

      Kalau ngeground sedikit menurut saya gak masalah. Asalkan pada saat input masuk suara sudah normal dan gak ngeground.

      Delete
  4. Kl input konec dengan DVD/HP nyaris tak ada desis sma Skali sih mas,hampir sempurna pokok e hehe,,, ok lah kl bgt ,suwun mas pencerahan nya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Merakit Mixer Audio Sound System

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Cara Mengetahui Daya Watt Amplifier

Untuk mengetahui daya watt suatu amplifier adalah hal sangat penting. Karena untuk menghasilkan output audio yang sempurna dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah. Kita harus mengetahui daya watt amplifier tersebut sebelum diumpan ke speaker.

Urutan Instalasi Audio Sound System

Setelah membaca cara merakit mixer sound system pada posting sebelumnya, kali ini bagaimana urutan instalasi audio sound system. Sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.