Saturday, April 21, 2018

TV LG PEARL BLACK TR HORISONTAL JEBOL TERUS

Alhamdulilah. akhirnya dapat ngeposting kembali. Sudah hampir satu bulan tidak update artikel karena kesibukan yang tidak bisa dihindari, akhirnya aktifitas ngeblog jadi terbengkalai he..he.. Posting kali ini adalah catatan saya yang belum sempat saya posting, yaitu problem tv lg pearl black tr horisontal jebol terus. Mungkin juga sudah pernah saya bahas di postingan saya yang lain, mengenai problem tr horisontal jebol terus. Tapi dalam kasus saya ini lain, kok bisa lain mas? Umumnya penyebab tr horisontal jebol adalah karena kapasitor damper rusak, flyback short. Lalu apanya yang rusak? Simak lebih lanjut ya.

Dalam memperbaiki kerusakan tv, kadang kita dihadapkan sebuah kasus yang sedikit menjengkelkan, yaitu tr horisontal jebol terus. Kalau jebolnya transistor horisontal ini secara langsung, maka akan mudah melacaknya. Paling rusak kapasitor damper 1,6kv atau flyback short. Nah bagaimana jika kerusakan transistor horisontal ini tidak langsung. Maksudnya transistor horisontal rusak kembali setelah beberapa hari dipakai. Yang jelas orang akan komplain jika seperti itu he..he.. Jika kita lakukan penggantian tr horisontal baru, tapi letak kerusakan belum ketemu, maka masalah akan tetap sama dan tr horisontal jebol lagi setelah beberapa hari. 

Sempat saya juga bingung, karena semua komponen sudah dicek, tapi tidak ditemukan kerusakan. Akhirnya browsing sebentar dan ketemu titik permasalahannya. Ternyata penyebab kerusakan adalah karena transistor horisontal over panasnya. Penyebab over panas ini adalah karena arus amper tinggi disebabkan adanya tegangan yang drop dijalur supply trafo driver horisontal. Padahal drop tegangannya cuma sedikit. Jika tegangan supply trafo driver horisontal ini drop, maka tr horisontal akan panas berlebih dan jika dibiarkan lama-kelamaan tr horisontal pasti akan rusak lagi. 

Penyebab dropnya tegangan ini adalah adanya elco filter dijalur tegangan tersebut yang nilainya menurun atau bahkan rusak, tapi tidak terdeteksi. Maka jika Anda mengalami hal seperti ini, silahkan ganti saja elconya. Posisi elco tersebut ada di C408 yaitu sebuah elco 10uf/100v dalam kondisi kering. Awalnya saya juga tidak percaya, masak gara-gara satu elco ini, tr horisontal jadi panas berlebih? Akhirnya elco tersebut saya cek menggunakan kapasitor tester dan hasilnya nilainya berkurang hampir separuh. Setelah saya ganti elco C408 10uf/100v dengan yang baru, test tv beberapa menit, ternyata tr horisontal panasnya sudah normal. Mohon maaf tidak ada jepretan gambarnya, karena tidak sempat memfotonya he..he.. 


Selain solusi diatas, Anda dapat juga menambahkan tambahan kepingan pendingin pada pendingin tr horisontal yang sudah ada. Tujuan penambahan heatsink ini adalah untuk meredam panas transistor horisontal. Sehingga tr horisontal akan lebih adem dan tidak gampang jebol. Tv pun juga akan lebih awet. Kenapa kok saya anjurkan untuk menambah pendingin? Karena kadang kualitas dari tr horisontal yang ada dipasaran itu kurang bagus. Sehingga kadang masih saja panasnya berlebih. Maka dari itu, sebagai langkah antisipasi, kalau ada, maka saya tambahkan pendingin pada tr horisontalnya. Meskipun tidak ditambahi heatsink pun juga gak masalah. Cuma supaya lebih adem saja suhu temperatur tr horisontalnya. Jadi kesimpulannya adalah jika Anda menemui problem diatas, silahkan cek elco supply trafo driver horisontal. Posisi elco biasanya dekat dengan trafo driver horisontal. Nilai elco atau kapasitor kadang juga berbeda, tidak mesti 10uf/100v. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment