Saturday, July 28, 2018

Cara Membuat Power Supply 12V IC 7812

Alhamdulilah, akhirnya ada waktu untuk ngeposting lagi. Sudah hampir 1 bulan tidak update artikel, dikarenakan kegiatan offline yang tidak bisa dihindarkan. Akhirnya blognya terbengkalai he..he.. Next posting kali ini artikel ringan saja yaitu cara membuat power supply 12v ic 7812. Mungkin diantara rekan-rekan disini sudah banyak yang bisa membuatnya sendiri. Tapi ada juga beberapa rekan yang lain yang kadang masih belum bisa atau belum tahu bagaimana sih membuat power supply 12v itu? Sebenarnya saya juga sudah memposting cara membuat power supply ini, tapi dalam bentuk rangkaian simetris untuk power supply mixer dan power. Tapi yang versi tegangan tunggal DC 12V saya belum buat. Kadang ada rekan yang bertanya baik di koment blog dan g+ mengenai hal ini, karena belum punya postingannya, akhirnya saya bantu untuk membuat coretan gambarnya. Nah kenapa kok saya membuat postingan ini? Adalah untuk membantu rekan-rekan yang lain agar bisa membuat power supply 12v nya sendiri dengan hasil yang stabil dan bersih. Yang dipergunakan untuk supply MP3 Player, Bluetooth audio, lampu vu display dan aksesoris lainnya yang membutuhkan supply DC 12v stabil dan bersih. Bagaimana caranya? Simak lebih lanjut.

Banyak sekali pertanyaan yang masuk, yang menanyakan kenapa hasil sound saya kok ada dengung setelah ditambahkan perangkat MP3 player, padahal sebelumnya tidak dengung? Kejadian ini bisa saja terjadi disebabkan supply tegangan mp3 playernya kurang bersih. Kenapa kok kurang bersih? Kebanyakan orang membuat supply 12v dari trafo, kemudian rangkaian power supply berupa diode dan elco untuk menyearahkan tegangan, langsung konek ke rangkaian, tanpa ada filter atau penyaring tegangannya dulu, misal ic regulator 7812. Nah fungsi ic 7812 disini selain menstabilkan tegangan agar tetap stabil 12v, tidak naik dan turun. Tapi juga bisa membersihkan tegangan agar tegangan lebih bersih dan tidak dengung. Sehingga tegangan yang masuk ke perangkat mp3 player bisa stabil dan bersih, maka hasil suara output dari mp3 player ini bisa maksimal dan tidak dengung.

Penggunaan supply 12v ini banyak sekali fungsinya. Terutama yang membutuhkan tegangan tunggal DC 12v. Untuk supply simetris Anda bisa baca di posting saya yang dulu. Terus disini juga banyak juga yang bertanya bagaimana membuatnya pakai trafo CT dan juga membuatnya pakai trafo engkel atau trafo nol? Atas dasar ini, nanti akan saya sertakan dua gambar yaitu gambar rangkaian power supply 12v ic 7812 pakai trafo  CT dan trafo engkel. Berikut gambar rangkaiannya.

Gambar rangkaian power supply 12v ic 7812 pakai trafo CT.


Anda bisa lihat gambar rangkaiannya, seperti biasa rangkaian power supply DC 12v pada umumnya, cuma disini ditambahkan penstabil tegangan ic 7812. Agar tegangan yang keluar bisa stabil dan tetap 12v. Bagaimana jika trafo CT saya tidak ada tegangan 12v nya? Anda bisa juga pakai tegangan selain 12v dari trafo misal ct 18v atau ct 24v. Maksimal jangan pakai tegangan diatas 24v dari trafo. Dengan posisi Anda menggunakan tegangan trafo diatas 12v, maka dengan adanya ic 7812 tegangan yang keluar akan tetap menjadi stabil di 12v. Disinilah keuntungan menggunakan ic 7812, meskipun tegangan trafo diatas 12v, asal tidak lebih dari 24v, maka tegangan outputnya tetap stabil di 12v. Perlunya kejelasan ini agar Anda tidak bingung pada saat merakitnya.

Gambar rangkaian power supply 12v pakai trafo engkel atau trafo nol.


Anda bisa lihat gambar diatas. Saya menggunakan empat diode dalam rangkaian full wave rectifier atau penyearah gelombang penuh, agar bersih dan maksimal. Anda juga bisa menggunakan kiprok sebagai pengganti diode diatas. Tapi saya lebih memilih pakai diode, karena harganya lebih murah dan lebih kuat. Sama juga seperti pakai trafo CT, jika tidak ada tegangan 12v nya dari trafo, maka Anda bisa pakai tegangan diatas 12v, misal pakai tegangan trafo 15v atau 18v, asal tidak lebih dari 24v dari trafo. Masih aman dan karena menggunakan ic 7812, maka tegangan output akan tetap stabil di 12v.

Perlu dipahami bersama, bahwa gambar rangkaian diatas diperuntukkan untuk supply tegangan 12v yang terbatas dengan daya amper 1A, karena lewat ic 7812. Jadi gunakan hanya untuk supply rangkaian ringan misal mp3 player, led vu display atau untuk supply rangkaian lainnya yang membutuhkan supply 12V/1A. Mudah-mudahan dengan adanya gambar rangkaian diatas dapat memudahkan Anda membuat sendiri rangkaian power supply 12v yang stabil dan bersih menggunakan ic 7812. Jika Anda menginginkan tegangan output yang lainnya, Anda bisa pakai tipe ic 78xx lainnya. Berikut daftar keluarga ic 78xx dan beserta output tegangannya. Semoga bermanfaat.

7805 = output +5V
7806 = output +6V
7808 = output +8V
7809 = ouput +9V
7812 = output +12V
7815 = output +15V
7818 = output +18V
7824 = output +24V

129 comments:

  1. Malam mas,saya baru ngerakit TC parametrik CX54 Bell,trafo 1A regulator PS pakai IC 7815 n pasangannya,Elko PS yg tadinya 1000/25v sudah aku ganti 4700/50v,kenapa z saat pot level mulai dibuka dari nol sampai arah jam 3 berdengung n nois, tp setelah jam 3 sampai mentok dengung hilang,minta masukannya mas Bahar, biar level mulai nol sampai mentok bisa bersih mas,suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalahnya mungkin kurang ground mas. Coba konek semua body potensio ke ground pcb parametrik. Bisa pakai kabel.

      Delete
  2. Sudah itu mas,persis seperti itu, semua pot tak jamper kabel trs nyambung ke CT PS ,,lanjut ke body,, sampe mumed kepalaku mas, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan konek ke ct PS mas. Tapi konek ground cukup di ground pcb saja. Coba Anda ganti jalur kabelnya. Ct PS cukup konek untuk tegangan parametrik saja.

      Saran kedua, bisa coba ganti potensio level pakai potensio stereo 50K. Atau jika sudah, ganti saja dengan yang baru.

      Untuk jalur input dan output gunakan kabel scerem.

      Delete
  3. masalah bunyi dengung di amplifier saya hilang dan hasilnya cuma bunyi jangkrik kriik.alias sunyi jadi inget metode star grounding. Terima kasih mass...

    ReplyDelete
  4. kalau nurunin pakai resistor pake yg brp mas biar irit murah..dr 5v 8 v 10v 12v kalau stelah disearahkan 14v kalau pake ŕsistor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya tidak disarankan menurunkan tegangan pakai Resistor, apalagi untuk beban berat. Karena hasil tegangan tidak stabil dan Resistor bisa panas dan terbakar.

      Paling mudah dan aman pakai ic penurun tegangan ic 78xx. Sesuaikan dengan tegangan output yang diinginkan.

      7805= out +5v.
      7806= out +6v.
      7808= out +8v.
      7809= out +9v.
      7812= out +12v.
      7815= out +15v.
      7818= out +18v.
      7824= out +24v.

      Delete
  5. Maaf mas mau tanya, kalo menurunkan tegangan dari 32v ke12v caranya gimana ya mas...?
    Kalo jumper dari power ampli buat tone kontrol apa bisa langsung pake 7812...?
    Makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tapi kasih Resistor penahan dulu pada kaki input ic 7812. Jadi tegangan 32v sebelum masuk kaki input 7812, kasih R penahan dulu.

      Untuk nilai R penahan Anda bisa pakai R 470 ohm/2watt.

      Tujuan pemberian Resistor penahan tegangan adalah supaya tegangan yang masuk pada input ic 7812 tidak terlampau besar. Juga agar ic 7812 tidak over heating.

      Usahakan beri pendingin heatsink pada ic 7812 yang cukup memadai, agar panas ic 7812 bisa teredam dan ic 7812 tidak gampang jebol.

      Delete
  6. Makasih mas atas penjabaran jawabannya...
    Mau tanya lagi

    Saya punya inventer 12to32dc, cara menyambungkannya gimana mas..?
    1. Langsung koneck ke Power ampli..?
    2. Koneck ke kiprok+elco...?
    3. Ato hanya melalui elconya aja
    (Elco 4x10.000)
    Makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau output tegangan inverter itu sudah berupa tegangan DC mas, jadi sebenarnya sudah gak perlu lagi kiprok dan elco supply. Bisa langsung konek ke power amplifier mas.

      Tapi jika Anda sudah ada elco supply 4x 10000uf, maka elco tersebut bisa tetap dipakai. Tapi kiproknya dilepas. Dan koneksi bisa melalui elco supply.

      Delete
    2. Ok mas, makasih banyak berbagi ilmunya

      Delete
    3. Ohh iya mas, masih ada yg belum jelas...
      Pemasangan elconya, sebelum inventer apa sesudah inventer,..
      Tetus dirakitnya diparalel atau pralalel+seri (seperti supply)...?
      Makasih mas

      Delete
    4. Pemasangan elconya sesudah inverter, pada output inverternya.

      Koneksi elco sama kayak kita buat supply pakai trafo. Kalau ada 4 elco, ya diparalel saja mas. Cuma bedanya gak pakai kiprok.

      Jika Anda bingung pemasangan elconya kayak apa, mending konek saja langsung out inverter langsung ke power.

      Delete
  7. Mas, kalo memparalel elco beda volt gak apa apa tah, kira kira bisa gak..?
    Saya punya 2x10000/80 dan 2x10000/50
    Makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Cuma voltase elco maksimal jadi ikut volt elco yang 50v.

      Jadi kalau diparalel elco beda volt tersebut diatas, jangan pakai tegangan diatas 32v dari trafo. Karena volt elco ikut yang 50v.

      Kalau dipaksa, maka elco yang 50v akan jebol.

      Delete
  8. 'met malem 'om..
    saya punya SMPS 24v untuk class d, mau pasang kipas 12v, selain ic lm7812, komponen apalagi yg diperlukan..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada mas, cuma ic 7812 saja. Oh ya jangan lupa kasih pendingin ya untuk ic 7812 nya, agar bisa awet.

      Delete
    2. owh gitu ya 'om, jadi dari output smps langsung ke kaki ic ya, dipakein heatsink..

      Delete
  9. Mlm mas bahar.sy pux psu bias class d menggunakan tavo 2a sy rangkai sprti yg mas sarankan.tp 7812 panas apkh it normal.atau hrus di tempel ke hnsk trims.

    ReplyDelete
  10. Mas mw nanya maaf pemula coba2.. sya kn beli pcb lm3886 pararel 4x dan dipapan pcb sdah terdftar smw komponenya ada satu yg blm nemu ditko electronik terdekat.. yaitu ic Lf411.. sbage alternatif bs ganti ic tipe apa mas bahar.. trimaksih mas jk mw mmbantu... tlong ya mas bahar bantuanya...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ic LF411 diganti pakai ic 741 atau TL071.

      Karena konfigurasi kakinya sama, maka ic bisa dipasang langsung pada pcb, tanpa perlu perubahan kaki ic.

      Delete
  11. Malam Kang,Saya punya Adaptor Universal, Cara Merubah Apa Bisa Di Rubah jadi psu 9v /12v Untuk 10 Output Dc Dgn Polaritas Negatif. Mohon Pencerahannya.makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja mas, kenapa gak bisa he..he.. Pertama kemampuan adaptor universalnya berapa Amper? Outputnya berapa volt? Untuk beban apa? 10 output itu berdiri sendiri atau bisa dipasang bareng?

      Delete
  12. Adaptornya 1 Amp,Outputnya Variable 5,9,12,untuk beban Efx Gitar Stompbok, 10 output Jumper, Apa Perlu Ditambah Ic 7809. Pas Keluar Output Dcnya. Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung tegangan efeknya pakai berapa volt? Kalau semuanya pakai tegangan 9v, bisa pakai ic 7809. Tapi kalau efeknya ada displaynya, kemungkinan gak kuat jika pakai ic 7809. Mungkin perlu ditambahkan pendingin pada ic 7809nya.

      Atau coba langsung saja tanpa ic 7809, set di 9v. Tapi cek dulu output tegangan adaptornya, keluar berapa volt? Kalau keluar 9v atau lebih dikit gak masalah, langsung saja tanpa ic 7809. Biar lebih kuat ngangkat efeknya.

      Delete
  13. Malam mas, rangkaian diatas bs utk menyuplai tune control ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Karena rangkaian diatas adalah supply tunggal, maka bisa untuk tone control yang bertegangan tunggal, bukan simetris.

      Untuk tone control bertegangan simetris, maka bisa ditambahkan ic 7912 untuk supply negatifnya. Untuk rangkaiannya silahkan merujuk ke rangkaian power supply simetris 7812 dan 7912.

      Delete
  14. Mas kalau untuk mensuplai Amplifier, tone control,MP3 player dan vu meter hanya menggunakan satu trafo kira² butuh trafo berapa Ampere ?
    Dan caranya bagaimana ya... apa langsung pararel begitu saja 'nebeng' dari Amplifier ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung powernya dan kebutuhannya. Kalau dibuat untuk rumahan, pakai power ocl 150w. Pakai trafo 5A cukup.

      Trafo 5A ada dua tegangan sekunder. Yaitu tegangan sekunder utama dan tegangan extra, yang biasa dibelakang trafo.

      Nah untuk power amplifier silahkan pakai tegangan sekunder utama yaitu ct 25v dari trafo. Kemudian untuk kebutuhan tone control, mp3 player, dan vu meter, pakai tegangan dari tegangan extra trafo mas. Posisinya dibelakang trafo.

      Delete
  15. Siang mas ...
    Kebutuhan supply untuk
    1. Ampli 12v
    2. TC 18v CT
    Dengan travo toro 18CT

    Apakah di mungkinkan ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Cuma tegangan perlu diturunkan menjadi 2 bagian, yaitu menjadi tegangan tunggal 12v dan tegangan ct 18v.

      Kenapa kok tegangan harus diturunkan? Karena tegangan dari trafo 18v masih AC. Setelah disearahkan dengan diode dan elco, maka tegangan ct 18v dari trafo akan mengalami kenaikan. Akan menjadi 25,4vdc. Maka dari itu perlu diturunkan, agar menjadi tegangan yang sesuai dengan kebutuhan.

      Delete
    2. Terima kasih mas,
      Jadi bisa nggih saya ambil dari 1 travo toro,
      Jadi hanya saya paralel saja dari sumbernya

      Delete
  16. Mau tanya mas Bahar, saya punya travo 5a CT 32 dan 15v. Kebutuhan amplie saya 32ct dan 12v. Jika saya sambung langsung output 15v ke 12v ada masalah Ndak. Atau bisa di turunkan dengan apa ya tegangan 15v ke 12v. Amplie yang saya gunakan rakitan merk dms 577
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok ada 2 tegangan, yang 12v untuk apa? Kalau untuk kebutuhan ringan, maka tegangan 15v dari trafo bisa diturunkan dulu pakai ic 7812 mas. Agar output menjadi 12v.

      Delete
  17. Mas saya punya ampli dengan trafo ct 20v. Sedang saya perlu tegangan 12vdc untuk pasang modul mp3. Apa boleh langsung diambil dari trafo ct 20v itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan ambil tegangan 20v langsung dari trafo. Lebih baik ambil tegangan setelah diode dan elco supply. Karena tegangannya tinggi, maka bisa diturunkan menggunakan ic 7812 mas.

      Delete
  18. Assalamualaikum.
    Mas mau tanya,IC nomor berapa yang cocok untuk tegangan 12v simetris(-ct+)buat psu mixer

    ReplyDelete
  19. Tambahan lagi mas,kalo ditambah penguat mix(3chanel),master mixer(2),tone control (setereo),equaliser(setereo),dan led vu.itu membutuhkan travo berapa ampere?mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  20. Assalamualaikum mas Bahar,mau tanya lagi,kalo setelah IC 78xx dikasih elco bisa ngak,perkiraan saya sih biar mikro nya tambah dan IC nya adem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Lebih bagus malahan. Tapi ya jangan terlalu besar.

      Kalau elconya besar mending diparalel di elco supply saja.

      Delete
  21. mas mau tanya saya kan punya inverter dc 32v 7a gmn cara nya menambah ampare nya ? apakah harus ada 1 lagi untuk di seri/pararel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk inverter saya belum coba apakah bisa diparalel atau diseri? Karena beda dengan trafo biasa.

      Karena inverter ada proteksinya, jadi misal tegangan output inverter digabungkan dengan out inverter yang lain, maka ada kemungkinan akan protek.

      Delete
  22. Kang cara menurunkan tegangan 24v ke 15v ct?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasang ic regulator 7815 dan 7915. Ic 7815 untuk positif dan ic 7915 untuk negatif.

      Delete
  23. Mas kalau pakai nya travo 500 mA untuk ganti travo 1 A tetep bisa gak ya mas.
    Saya mau buat untuk keperluan fm tuner plus mini ampli.

    ReplyDelete
  24. Mas mau tanya kalo trafonya 2 ampere.apakah komponennya sama seperti gambar di atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. Tinggal ganti diodenya pakai diode 2A mas.

      Delete
  25. Oh ok mas..terimakasih banyak ya..sukses selalu

    ReplyDelete
  26. Saya punya lampu tembak led 50v dc, pendinginnya sangat panas, mau coba pasang kipas 12v. Apa bisa langsung pake ic 7812 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tapi jika tegangan 50v di turunkan langsung pakai ic 7812, maka ic 7812 nya tidak kuat dan akan panas. Solusinya bisa coba pada kaki input ic 7812 dikasih resistor dulu atau ditahan pakai R 47 ohm 2 watt. Tujuannya agar tegangan yang masuk ke ic 7812 bisa turun, sehingga ic 7812 bisa kuat dan tidak panas. Baru dipakai untuk kipas 12v.

      Delete
  27. Saya pakai trafo out put ct-12v dan rangkai 4 dioda sdh seperti di gambar. Sy cek pakai meter koq masih ada arus/tegangan AC y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak to mas. Kan tegangan output AC dari trafo sudah disearahkan penuh oleh diode, kemudian diratakan lagi dengan kapasitor, maka tegangan harusnya sudah jadi DC mas. Kemudian ditambah ic regulator 7812 untuk menstasbilkan dan mengunci tegangan menjadi 12v DC.

      Delete
  28. Kalau pakai elco di atasnya 2200uf/50v kira2 berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah mas. Hanya butuh 1 buah saja cukup

      Delete
  29. Mas klu mau menurunkan tegangan dari smps 24volt menjadi 12volt apa cukup menggunakan IC 7812 saja atau perlu tambahan kapasitor lagi? Terus buat ic 7812 nya yg dri smpsnya apa harus pake resistor penahan tegangan juga? Mohon petunjuknya mas,terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipakai untuk beban apa dulu smpsnya? Jika dipakai untuk beban berat diatas 1A, maka ic 7812 saja tidak mampu mas. Tapi jika dipakai untuk beban ringan, misal kipas atau alat lain tidak lebih dari 1A, maka pakai ic 7812 saja tidak masalah.

      Gak perlu pakai resistor penahan mas. Langsung saja out dari smps masuk ke ic 7812. Usahakan ic 7812 nya diberi pendingin heatsink. Agar tidak terlalu panas.

      Jika Perlu bisa ditambahkan elco 2200uf 50v yang dipasang di output ic 7812. Agar output tegangan dari ic 7812 lebih stabil.

      Delete
  30. Mas bisa kirimkan skema gambar rangkaian ic 7812 dgn elco 2200uf 50 voltnya,soalnya saya masih bingung cara merangkainya,maklum mas saya pemula baru mau belajar elektronik 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tinggal sambung saja kaki no 1 ic 7812 ke output positif smps. Kemudian kaki no 2 sambung ke negatif. Kemudian kaki no 3 sebagai positif output 12v. Negatif nya tetap ikut negatif smps. Cuma positifnya ganti ke kaki no 3 ix 7812.

      Untuk koneksi elconya adalah kaki positif elco sambung ke kaki no 3 ic 7812. Kemudian kaki negatif elco sambung ke kaki no 2 ic 7812.

      Delete
  31. Klu elconya saya ganti dgn nilai 470uf 35volt bisa gk mas Dan saya pasang 2 biji elco dgn nilai yg sama? Buat tone control ampli mas

    ReplyDelete
  32. Klw buat tuner radio fm gmna ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tegangan supplynya 12v, pakai rangkaian diatas gak masalah. Tinggal konek saja.

      Delete
  33. Mas mau tanya klo trafo 3amper kiprok 25amper elco 10000uf50volt 2buah...apakah tinggal di pasang ic 7812??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tinggal pasang ic 7812, untuk mendapatkan tegangan 12v

      Delete
    2. Kalo yang ic 7912 apakah sma masangnya mas

      Delete
    3. Mas ko ic nya panas bgt padahalan baru bentar

      Delete
    4. Kalau pakai ic 7912 beda pasangnya, perbedaan di kaki no 1 dan 2 dibalik. Input dikaki no 2 dan gnd di kaki no 1

      Delete
  34. Replies
    1. Ya sama-sama mas. Oh ya kemarin lupa jelasin, untuk ic 7915 itu untuk tegangan negatif, jadi inputnya pakai tegangan negatif. Jadi jangan dipakai untuk menggantikan ic 7815, karena beda fungsi. Ic 7815 pakai input tegangan positif. Sedangan ic 7915 pakai input tegangan negatif.

      Delete
  35. Mas mau tanya lagi kenapa ic nya langsung panas mas.klo di pasang kipas tpi klo tanpa kipas normal gk panas mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai ic yang 7812 atau 7912? Dipasang di tegangan positif atau negatif inputnya?

      Delete
  36. Udah mas tk jadiin satu power supply Tc dan kipas

    ReplyDelete
  37. Mas mau tanya saya punya power 400watt mono itu kan membutuhkan 24volt klo pke 25 volt aman gak mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas ko pake tegangan 25 volt suaranya subnya gak lepas ya kya kurang tegangan....solusinya gimana mas

      Delete
    2. Bisa coba dinaikkan lagi tegangannya, pakai tegangan CT 25V dari trafo. Nanti ketemunya sekitar 32-35VDC. Kalau tr finalnya pakai toshiba atau sanken, bisa dinaikkan lagi teganganya pakai CT 32v dari trafo. Semakin tinggi tegangan supply akan semakin besar daya powernya, suara akan semakin bulat. Tapi harus diimbangi dengan kemampuan tr finalnya juga. Jangan asal menaikkan tegangan, tapi gak tahu kemampuan dari tr finalnya. Hasilnya bisa jebol tr finalnya he..he.

      Delete
    3. Ceritanya gini mas pas pertama rakit pake trafo bekas salon aktif keluaran tegangan 22 volt..tpi suaranya enak mas normal..terus tak ganti trafo 5 amper pke tegangan 25 volt koh malah serak mas padahal kan trafonya lebih besat

      Delete
    4. Saya pake TR tosiba mas harga 30rbu perset gk tau ori atau kw mas hehe

      Delete
    5. Nah kalau ceritanya seperti itu, maka kualitas dari trafo 5A kurang bagus. Bisa saja trafo speaker aktif, lilitan primer dan sekundernya lebih besar, maka daya powernya lebih besar dari trafo 5A. Karena kualitas trafo juga mempengaruhi hasil suara powernya. Jadi bukan dari berat atau tidaknya trafo, tapi kualitas tembaga dan besar kecinya diameter lilitan primer dan sekunder juga mempengaruhi hasil daya trafonya.

      Tr final toahiba harga 30rb per set, sudah bagus mas. Bisa pakai tegangan CT 32 keatas dari trafo. Tapi ingat jika pakai tegangan lebih tinggi, maka harus diimbangi dengan heatshink/pendingin tr final yang mencukupi. Agar tidak terjadi overheat pada tr final.

      Delete
  38. Wah terima kasih bgt mas sudah mau jawab semua pertanyaan saya mas....

    Tpi saya pke heatsinknya gk besar mas kecil tpi tak tambahin kipas mas gimana aman gk mas untuk jangka panjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suwun mas..sehat selalu mas semoga rezekinya slalu di lancarkan mas amin

      Delete
    2. Mas maaf mau tanya lagi hehe..resistor 330 di bawah tulisan sp agak gosong kenapa ya mas

      Delete
    3. Gak masalah itu kena panas mas. Resitor 330 ohm terhubung ke kaki emitor kedua tr driver kanan kiri. Jika power menyala tanpa beban speaker, maka biasanya Resistor ini akan panas, tapi gak sampai putus. Bisa coba diganti pakai resistor 330 ohm 2 watt.

      Delete
  39. Klo di nyalain tanpa beban speaker transistor final langsung apakah normal mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Normal mas. Harusnya dikasih beban spekaer, agar ada beban untuk powernya dan bisa bekerja normal. Kalau tanpa beban, maka sama saja keluar output tapi tidak ada peredamnya, maka akan balik lagi ke powernya. Secara normal harusnya gak masalah tanpa beban speaker.

      Delete
    2. Mas heatsink nya aman gk panas..tpi trafonya anget

      Delete
  40. Mas power mono 400watt enaknya pke speaker brapa in dan brpa biji

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kebutuhan mas. Bisa pakai 2x12" atau lebih.

      Delete
    2. Klo buat rumahan mas dan power masih standar gimana mas

      Delete
    3. Ya bisa pakai speaker 2x12" woofer + tweeter.

      Delete
    4. Klo pke 8 in kli 4 aman gk mas

      Delete
    5. Aman mas. Pakai speaker berapa pun aman. Asal kita tahu ukuran kemampuan speakernya. Kan bisa setel kalem dulu, lihat respon speakernya, kalau masih mampu tambahi lagi volumenya, kan gitu. Kalau speaker sudah gak kuat, ya sudah cukup volume jangan dinaikkan lagi. Memang mau disetel seberapa keras sih suara nya he..he.. setelan standart saja aman untuk rumahan. Kecuali untuk outdoor dan dibuat untuk geber-geberan ya beda lagi speknya mas he..he..

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
    7. Mas cara pasang mic bagaimana caranya

      Delete
    8. Pasang mic dimana mas? Power atau speaker aktif atau mixer.

      Delete
    9. Ya tinggal tambahin pre amp mic mas. Untuk hasil maksimal bisa pakai mixer sebagai pre ampnya, agar setting bass, mid, treble dan gainnya. Jika mau digabung pakai musik, tinggal tambahkan 2 atau 4 channel mixer yang diparalel ouputnya.

      Kalau 2 channel, maka 1 channel untuk mic dan 1 channel untuk musik/line in. Jika 4 channel, maka 2 channel untuk mic dan 2 channel untuk musik.

      Jika mau hanya untuk mic saja, tanpa setelan bass, mid, treble, maka bisa pakai pre amp biasa. Pakai transistor atau ic. Tapi hasil suara mic nya akan mentah dan garing he..he.. karena flat tidak ada setelan bass, mid, treblenya.

      Delete
    10. Klo tegangannya di jadiin satu dengan mp3 dan tone control gk Pp mas..atau masalah

      Delete
    11. Sudah mas.tpi ko saat potensio subwoofer di buka suaranya langsung ngedrop itu kenapa mas

      Delete
    12. Kalau pre amp mic itu tidak boleh dibiarkan dalam kondisi tanpa mic tertancap di jack mic. Karena akan terjadi radiasi dari inputnya. Kalau memang mic tidak dipakai atau dalam posisi mic dicabut, maka pot volume preamp mic harus ditutup. Mungkin penyebabnya karena pot preamp mic dalam kondisi terbuka, tapi mic gak nancep.

      Delete
    13. Mas input mic kan masuknya ke soket akai.terus out nya masuk ke input tc dan tegangan masuk ke extra trafo tpi ko suara mic pelan mas
      .apakah ada yang salah mas.mohon pencerahannya mas bahar

      Delete
    14. Untuk jalur mic, jangan digabung dengan jalur line in atau input musik. Karena nanti yang kalah mic nya. Jadi kalau untuk mic coba sendirian dulu, jangan dicampur dengan musik. Jalur dari mp3 player atau lainnya dilepas dulu. Coba jalur in TC untuk mic dulu.

      Delete
    15. Ya berarti mungkin perlu tambahan pre amp mic mas, untuk menguatkan suara micnya.

      Delete
    16. Saya pake preamp mic yang 2 transistor mas

      Delete
    17. Secara normal, harusnya dari out pre amp mic masuk ke input power bisa langsung keras suaranya. Jika pelan, berarti ada masalah di pre amp micnya atau ada yang salah sambung.

      Delete
    18. Iya mas.sya juga bingung sendiri padahal masang kabelnya sudah benar tpi kenapa suaranya pelan bgt

      Delete
    19. Klo pake jalur in tc suaranya normal mas keras..tpi kenapa dengung yah mas

      Delete
  41. Mas mau nanya saya kan punya power 400watt tiba2 gk bunyi dan elco di psu panas sebelah itu kenapa mas mohon ilmunya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek rangkaian power supplynya mas, mungkin ada yang salah pasang diodenya. Coba lepas semua beban power, dan nyalakan hanya power supply saja tanpa beban, panas gak elconya? Kalau panas, berarti ada masalah di power supplynya. Bisa salah sambung diodenya, bisa juga elconya bermasalah.

      Delete
  42. Siang Mas Bro...lm 7812 bisa dipakai pada trafo 3 ampere ga ? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy ada adaptor 15 volt 3 ampere .mao sy turunin jadi 12 volt dan ampere sy mao naikin pake tip 3055 ( dobel )..bisa ga Mas...trus total ampere jadi berapa ya ?? Trim

      Delete