Saturday, July 28, 2018

CARA MEMBUAT POWER SUPPLY 12V IC 7812

Alhamdulilah, akhirnya ada waktu untuk ngeposting lagi. Sudah hampir 1 bulan tidak update artikel, dikarenakan kegiatan offline yang tidak bisa dihindarkan. Akhirnya blognya terbengkalai he..he.. Next posting kali ini artikel ringan saja yaitu cara membuat power supply 12v ic 7812. Mungkin diantara rekan-rekan disini sudah banyak yang bisa membuatnya sendiri. Tapi ada juga beberapa rekan yang lain yang kadang masih belum bisa atau belum tahu bagaimana sih membuat power supply 12v itu? Sebenarnya saya juga sudah memposting cara membuat power supply ini, tapi dalam bentuk rangkaian simetris untuk power supply mixer dan power. Tapi yang versi tegangan tunggal DC 12V saya belum buat. Kadang ada rekan yang bertanya baik di koment blog dan g+ mengenai hal ini, karena belum punya postingannya, akhirnya saya bantu untuk membuat coretan gambarnya. Nah kenapa kok saya membuat postingan ini? Adalah untuk membantu rekan-rekan yang lain agar bisa membuat power supply 12v nya sendiri dengan hasil yang stabil dan bersih. Yang dipergunakan untuk supply MP3 Player, Bluetooth audio, lampu vu display dan aksesoris lainnya yang membutuhkan supply DC 12v stabil dan bersih. Bagaimana caranya? Simak lebih lanjut.

Banyak sekali pertanyaan yang masuk, yang menanyakan kenapa hasil sound saya kok ada dengung setelah ditambahkan perangkat MP3 player, padahal sebelumnya tidak dengung? Kejadian ini bisa saja terjadi disebabkan supply tegangan mp3 playernya kurang bersih. Kenapa kok kurang bersih? Kebanyakan orang membuat supply 12v dari trafo, kemudian rangkaian power supply berupa diode dan elco untuk menyearahkan tegangan, langsung konek ke rangkaian, tanpa ada filter atau penyaring tegangannya dulu, misal ic regulator 7812. Nah fungsi ic 7812 disini selain menstabilkan tegangan agar tetap stabil 12v, tidak naik dan turun. Tapi juga bisa membersihkan tegangan agar tegangan lebih bersih dan tidak dengung. Sehingga tegangan yang masuk ke perangkat mp3 player bisa stabil dan bersih, maka hasil suara output dari mp3 player ini bisa maksimal dan tidak dengung.

Penggunaan supply 12v ini banyak sekali fungsinya. Terutama yang membutuhkan tegangan tunggal DC 12v. Untuk supply simetris Anda bisa baca di posting saya yang dulu. Terus disini juga banyak juga yang bertanya bagaimana membuatnya pakai trafo CT dan juga membuatnya pakai trafo engkel atau trafo nol? Atas dasar ini, nanti akan saya sertakan dua gambar yaitu gambar rangkaian power supply 12v ic 7812 pakai trafo  CT dan trafo engkel. Berikut gambar rangkaiannya.

Gambar rangkaian power supply 12v ic 7812 pakai trafo CT.


Anda bisa lihat gambar rangkaiannya, seperti biasa rangkaian power supply DC 12v pada umumnya, cuma disini ditambahkan penstabil tegangan ic 7812. Agar tegangan yang keluar bisa stabil dan tetap 12v. Bagaimana jika trafo CT saya tidak ada tegangan 12v nya? Anda bisa juga pakai tegangan selain 12v dari trafo misal ct 18v atau ct 24v. Maksimal jangan pakai tegangan diatas 24v dari trafo. Dengan posisi Anda menggunakan tegangan trafo diatas 12v, maka dengan adanya ic 7812 tegangan yang keluar akan tetap menjadi stabil di 12v. Disinilah keuntungan menggunakan ic 7812, meskipun tegangan trafo diatas 12v, asal tidak lebih dari 24v, maka tegangan outputnya tetap stabil di 12v. Perlunya kejelasan ini agar Anda tidak bingung pada saat merakitnya.

Gambar rangkaian power supply 12v pakai trafo engkel atau trafo nol.


Anda bisa lihat gambar diatas. Saya menggunakan empat diode dalam rangkaian full wave rectifier atau penyearah gelombang penuh, agar bersih dan maksimal. Anda juga bisa menggunakan kiprok sebagai pengganti diode diatas. Tapi saya lebih memilih pakai diode, karena harganya lebih murah dan lebih kuat. Sama juga seperti pakai trafo CT, jika tidak ada tegangan 12v nya dari trafo, maka Anda bisa pakai tegangan diatas 12v, misal pakai tegangan trafo 15v atau 18v, asal tidak lebih dari 24v dari trafo. Masih aman dan karena menggunakan ic 7812, maka tegangan output akan tetap stabil di 12v.

Perlu dipahami bersama, bahwa gambar rangkaian diatas diperuntukkan untuk supply tegangan 12v yang terbatas dengan daya amper 1A, karena lewat ic 7812. Jadi gunakan hanya untuk supply rangkaian ringan misal mp3 player, led vu display atau untuk supply rangkaian lainnya yang membutuhkan supply 12V/1A. Mudah-mudahan dengan adanya gambar rangkaian diatas dapat memudahkan Anda membuat sendiri rangkaian power supply 12v yang stabil dan bersih menggunakan ic 7812. Jika Anda menginginkan tegangan output yang lainnya, Anda bisa pakai tipe ic 78xx lainnya. Berikut daftar keluarga ic 78xx dan beserta output tegangannya. Semoga bermanfaat.

7805 = output +5V
7806 = output +6V
7808 = output +8V
7809 = ouput +9V
7812 = output +12V
7815 = output +15V
7818 = output +18V
7824 = output +24V

23 comments:

  1. Malam mas,saya baru ngerakit TC parametrik CX54 Bell,trafo 1A regulator PS pakai IC 7815 n pasangannya,Elko PS yg tadinya 1000/25v sudah aku ganti 4700/50v,kenapa z saat pot level mulai dibuka dari nol sampai arah jam 3 berdengung n nois, tp setelah jam 3 sampai mentok dengung hilang,minta masukannya mas Bahar, biar level mulai nol sampai mentok bisa bersih mas,suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalahnya mungkin kurang ground mas. Coba konek semua body potensio ke ground pcb parametrik. Bisa pakai kabel.

      Delete
  2. Sudah itu mas,persis seperti itu, semua pot tak jamper kabel trs nyambung ke CT PS ,,lanjut ke body,, sampe mumed kepalaku mas, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan konek ke ct PS mas. Tapi konek ground cukup di ground pcb saja. Coba Anda ganti jalur kabelnya. Ct PS cukup konek untuk tegangan parametrik saja.

      Saran kedua, bisa coba ganti potensio level pakai potensio stereo 50K. Atau jika sudah, ganti saja dengan yang baru.

      Untuk jalur input dan output gunakan kabel scerem.

      Delete
  3. masalah bunyi dengung di amplifier saya hilang dan hasilnya cuma bunyi jangkrik kriik.alias sunyi jadi inget metode star grounding. Terima kasih mass...

    ReplyDelete
  4. kalau nurunin pakai resistor pake yg brp mas biar irit murah..dr 5v 8 v 10v 12v kalau stelah disearahkan 14v kalau pake ŕsistor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya tidak disarankan menurunkan tegangan pakai Resistor, apalagi untuk beban berat. Karena hasil tegangan tidak stabil dan Resistor bisa panas dan terbakar.

      Paling mudah dan aman pakai ic penurun tegangan ic 78xx. Sesuaikan dengan tegangan output yang diinginkan.

      7805= out +5v.
      7806= out +6v.
      7808= out +8v.
      7809= out +9v.
      7812= out +12v.
      7815= out +15v.
      7818= out +18v.
      7824= out +24v.

      Delete
  5. Maaf mas mau tanya, kalo menurunkan tegangan dari 32v ke12v caranya gimana ya mas...?
    Kalo jumper dari power ampli buat tone kontrol apa bisa langsung pake 7812...?
    Makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tapi kasih Resistor penahan dulu pada kaki input ic 7812. Jadi tegangan 32v sebelum masuk kaki input 7812, kasih R penahan dulu.

      Untuk nilai R penahan Anda bisa pakai R 470 ohm/2watt.

      Tujuan pemberian Resistor penahan tegangan adalah supaya tegangan yang masuk pada input ic 7812 tidak terlampau besar. Juga agar ic 7812 tidak over heating.

      Usahakan beri pendingin heatsink pada ic 7812 yang cukup memadai, agar panas ic 7812 bisa teredam dan ic 7812 tidak gampang jebol.

      Delete
  6. Makasih mas atas penjabaran jawabannya...
    Mau tanya lagi

    Saya punya inventer 12to32dc, cara menyambungkannya gimana mas..?
    1. Langsung koneck ke Power ampli..?
    2. Koneck ke kiprok+elco...?
    3. Ato hanya melalui elconya aja
    (Elco 4x10.000)
    Makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau output tegangan inverter itu sudah berupa tegangan DC mas, jadi sebenarnya sudah gak perlu lagi kiprok dan elco supply. Bisa langsung konek ke power amplifier mas.

      Tapi jika Anda sudah ada elco supply 4x 10000uf, maka elco tersebut bisa tetap dipakai. Tapi kiproknya dilepas. Dan koneksi bisa melalui elco supply.

      Delete
    2. Ok mas, makasih banyak berbagi ilmunya

      Delete
    3. Ohh iya mas, masih ada yg belum jelas...
      Pemasangan elconya, sebelum inventer apa sesudah inventer,..
      Tetus dirakitnya diparalel atau pralalel+seri (seperti supply)...?
      Makasih mas

      Delete
    4. Pemasangan elconya sesudah inverter, pada output inverternya.

      Koneksi elco sama kayak kita buat supply pakai trafo. Kalau ada 4 elco, ya diparalel saja mas. Cuma bedanya gak pakai kiprok.

      Jika Anda bingung pemasangan elconya kayak apa, mending konek saja langsung out inverter langsung ke power.

      Delete
  7. Mas, kalo memparalel elco beda volt gak apa apa tah, kira kira bisa gak..?
    Saya punya 2x10000/80 dan 2x10000/50
    Makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Cuma voltase elco maksimal jadi ikut volt elco yang 50v.

      Jadi kalau diparalel elco beda volt tersebut diatas, jangan pakai tegangan diatas 32v dari trafo. Karena volt elco ikut yang 50v.

      Kalau dipaksa, maka elco yang 50v akan jebol.

      Delete
  8. 'met malem 'om..
    saya punya SMPS 24v untuk class d, mau pasang kipas 12v, selain ic lm7812, komponen apalagi yg diperlukan..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada mas, cuma ic 7812 saja. Oh ya jangan lupa kasih pendingin ya untuk ic 7812 nya, agar bisa awet.

      Delete
    2. owh gitu ya 'om, jadi dari output smps langsung ke kaki ic ya, dipakein heatsink..

      Delete
  9. Mlm mas bahar.sy pux psu bias class d menggunakan tavo 2a sy rangkai sprti yg mas sarankan.tp 7812 panas apkh it normal.atau hrus di tempel ke hnsk trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau panas, harus pakai heatsink mas.

      Delete