Friday, August 24, 2018

CARA MEMPERBAIKI MAGIC COM NASI TIDAK MATANG

Next posting kali ini adalah cara memperbaiki magic com nasi tidak matang. Ini juga berlaku untuk jenis rice cooker atau penanak nasi lainnya. Masih dalam bulan Dzulhijjah, setelah kita berhari raya idul adha, seperti biasa kita mendapat bagian daging qurban. Loh kok malah bahas daging qurban bos he..he..? Gak lah, kemarin kebetulan magic com istri saya tiba-tiba rusak, yaitu nasi setelah proses masak di magic com, nasinya tidak matang. Wah alamat jadi telat makan nih he..he.. Biasanya kalau magic com sudah jeglek, nasi pasti sudah matang. Lah ini nasinya kok belum matang gawat nih. Akhirnya terpaksa deh nasinya dimasak lagi pakai panci. Untungnya Alhamdulilah nasinya masih bisa diselamatkan dan masih bisa dimakan he..he.. Cerita ini menarik saya ulas, karena saya memperbaiki magic com saya sendiri ini juga hampir putus asa, karena sudah diperbaiki, tapi problem malah tambah parah. Magic com dijeglek posisi cook, kurang dari 5 menit sudah jeglek lagi. Waduuhh, apanya lagi nih? Sekalian belajar memperbaiki magic com juga sekalian sharing ya he..he.. Simak lebih lanjut.

Penanak nasi magic com atau rice cooker sudah menjadi barang wajib untuk kebutuhan masak keluarga. Karena praktis dan mudahnya penggunaan magic com, sehingga banyak orang sudah berpindah menggunakan magic com untuk memasak atau menanak nasi, daripada menggunakan panci. Gaya hidup sudah berubah lebih modern dengan kehadiran magic com ini. Kemudahan dari penggunaan magic com ini adalah kita cukup menyiapkan beras dan mencucinya seperti biasa, kemudian tinggal kita masukkan ke dalam magic com untuk dimasak dan tinggal tekan jeglek ke posisi cook atau masak, sudah tinggal tunggu beberapa menit nasi sudah matang, tanpa harus ribet mindahin nasi kepanci. Kemudahan yang lain adalah magic com sudah dilengkapi dengan penghangat nasi otomatis untuk menjaga suhu nasi tetap hangat setelah proses masak selesai. Jadi kita akan mendapatkan nasi yang tetap hangat kapan pun kita makan he..he.. Lebih praktis kan? Tapi apa jadinya, jika kita sudah terbiasa menggunakan magic com dan magic com kita tiba-tiba rusak? Misal nasi tidak bisa matang, walaupun proses masak sudah selesai. Mungkin ada yang komentar, BELI BARU SAJA BOS, SUDAH WAKTUNYA GANTI MAGIC COM TUH...he..he.. Siipp, pilihan yang tepat sekali, kalau kita punya dana lebih sih gak masalah, tinggal lem biru (Lempar Beli Baru). Tapi kali ini saya akan coba untuk memperbaikinya sendiri, jika berhasil ya alhamdulilah, jika gagal ya coba perbaiki lagi sampai tetes darah penghabisan he.he..

Terus jika magic com rusak nasi tidak bisa matang itu, apanya yang rusak bos? Kerusakan biasanya disebabkan Temperature Limiter atau Thermostat sudah tidak bekerja normal dan mengalami kerusakan. Sudah tidak bisa lagi mensensor suhu sampai batas yang ditentukan. Thermostat didalam magic com ada 2 yaitu thermostat untuk mengontrol suhu 85 derajat untuk proses warm atau menghangatkan nasi dan ada satu lagi thermostat atau temperature limiter untuk sensor nasi sudah matang. Biasanya thermostat untuk sensor nasi yang sudah matang ini mempunyai limiter derajat suhu antara 140-180 derajat celcius. Bentuknya bulat ada per pegasnya, posisinya ada ditengah element pemanas besar atau utama ditengah-tengah magic com bagian dalam. Bentuknya seperti ini.

Berikut gambar temperature limiter for auto electric rice cooker atau thermostat yang bisa dibeli dipasaran. Dengan harga sekitar 9 ribu sampai 15 ribu rupiah. Mungkin ada yang lebih mahal, karena beda toko.


Feature:
One kind of heat sensitive and temperature-limited control device is applied to auto electric cooker, and the specification of temperature limiter can be distinguished by the combination of Tripping temperature of the temperature sensitive element.

Fitur:
Merupakan salah satu jenis perangkat kontrol yang peka terhadap panas dan suhu terbatas diterapkan pada penanak nasi listrik otomatis, dan spesifikasi pembatas suhu dapat dibedakan dengan kombinasi suhu Tripping dari elemen yang peka terhadap suhu.

Nah itu salah satu contoh temperature limiter atau thermostat yang saya beli dengan harga 9 ribuan. Sebelum saya mengganti thermostat yang 9 ribuan ini, saya lebih dulu mengganti dengan thermostat dengan harga yang lebih mahal yaitu 12 ribuan. Saya beli di beda toko. Thermostat pertama yang saya pasang dengan harga 12 ribuan, mengalami kegagalan. Nasi tetap tidak bisa matang, malah belum apa-apa, baru berjalan 5 menit sudah jeglek. Saya sendiri waktu itu juga sempat bingung, kenapa thermostat sudah diganti baru kok masih problem? Malah parah. Akhirnya dengan sedikit kecewa, saya beli lagi thermostat baru, tapi kali ini beda toko. Saya heran kok harganya lebih murah, mudah-mudahan saja kualitasnya tidak murahan dan yang penting bisa dipakai. Akhirnya terbeli thermostat dengan harga 9 ribuan seperti gambar diatas, merek SUOER. Bagaimana cara pasangnya? Berikut step by step proses pemasangan thermostat ini, yang sempat saya foto untuk dokumentasi.

Dimana posisi thermostat ini pada magic com? Yuk mari kita lihat dimana sih letaknya thermostat ini pada magic com kita. Berikut gambarnya.


Sudah kita lihat gambar diatas. Ada sebuah bulatan ditengah itulah letak thermostatnya. Untuk melepasnya harus kita bongkar dari bawah magic com. Nanti ada cara dan gambarnya. Setelah kita tahu dimana letak thermostat tersebut, sekarang bongkar magic com bagian bawah. sampai tutup bagian bawah terlepas. Sayangnya tidak saya foto proses pembukaan tutup bawah ini. Sekarang lanjut proses pelepasan thermostatnya. Berikut gambar selanjutnya.


Itu adalah gambar thermostat sudah terlepas dari wadahnya. Untuk cara melepasnya, tinggal kita lepas 4 pengait atau pengunci dengan cara meluruskannya pakai tang kecil sampai pas 4 lubang tersebut. Karena pengaitnya hanya nyantol saja, jadi tinggal kita luruskan saja pakai tang sampai pas dengan lubang tersebut, maka baru thermostat bisa kita tarik keatas dan lepas. Ini bentuk thermostat yang sudah terlepas.


Setelah terlepas, tinggal kita ganti dengan yang baru. Oh ya jika kita ingin membeli thermostat yang baru, lebih baik bawa contohnya ya, biar nanti dapat sama persis dengan aslinya. Biasanya acuannya ada pada jumlah kakinya, pakai kaki 2 atau 3. Kebetulan yang saya pakai thermostat kaki 3. Jika nanti Anda membeli thermostat baru, jangan bingung, jika dikasih bentuk barangnya tidak sama. Itu bukannya tidak sama, tapi biasanya kalau kita beli baru itu thermostat sudah dilengkapi dengan wadahnya. Jadi memang agak sedikit berbeda, tapi gak masalah, nanti wadahnya dapat kita lepas dan kita ambil thermostatnya saja. Agar tidak bingung, berikut bentuk thermostat baru nanti yang Anda beli.


Nah sudah lihat kan perbedaannya. Jadi jangan bingung jika Anda beli thermostat baru dikasih barang yang seperti itu. Yang penting jumlah kaki pengaitnya sama dengan aslinya. Kebetulan thermostat saya kaki 3, maka harus beli thermostat yang kaki 3. Masalah wadah thermostat nanti bisa kita lepas, karena yang kita butuhkan cuma thermostat bagian tengahnya saja dan per pegasnya bisa pakai yang lama. Bagaimana cara melepas wadah thermostat ini? Berikut gambarnya.


Sama seperti cara diawal kita melepas thermostat pada magic com. Maka kita tinggal melepas 3 kaki pengait thermostat dengan cara meluruskan atau menyamakan dengan lubang wadah pakai tang. Agar thermostat bisa lepas dari wadahnya. Jadi nanti yang lepas adalah bagian tengah yaitu thermostat dan per pegasnya. Untuk per pegas bisa pakai yang lama, lebih baik karena lebih sesuai kerenggangannya lebih keras daripada per pegas yang baru, biasanya agak lembek. Berikut gambarnya.


Gambar diatas posisi thermostat sudah terlepas dari wadahnya. Tinggal thermostat dan per pegas yang baru. Setelah itu per pegas yang baru bisa kita lepas dan mengganti dengan per pegas yang lama. Berikut gambarnya.


Posisi per pegas thermostat sudah kita tukar dengan per pegas yang lama. Tinggal kita pasang ke magic com. Cara pasangnya thermostat dan per pegas usahakan tetap menyatu dan tidak terlepas atau terpisah. Tinggal kita masukkan lewat atas magic com. Posisikan kaki pengait thermostat sudah sejajar dengan wadahnya, agar thermostat bisa masuk dan kaki pengait bisa kita kunci kembali. Ada 4 pengait yang harus disejajarkan dengan wadahnya agar bisa masuk. Berikut gambarnya.


Ada 4 pengait yang harus disejajarkam dengan lubang wadahnya agar bisa masuk. Setelah masuk, baru bisa kunci kembali 4 pengait tersebut pakai tang dengan cara melebarkan atau membengkokkan plat nya agar bisa nyangkut di wadahnya dan terkunci. Berikut gambarnya.


Gambar diatas posisi pengait sudah di bengkokkan dan terkunci di wadahnya. Sehingga saat kita tekan kebawah thermostatnya, kemudian kita lepas, thermostat dan per pegas bisa main dan tidak lepas. Test juga tuas masak, apakah sudah bisa berfungsi dengan ditandai, jika thermostat kita tekan kebawah dan tuas masak kita tekan kebawah, maka tuas akan ngunci. Dan jika thermostat kita lepas perlahan, otomatis tuas masak akan pindah ke posisi menghangatkan atau warm. Jangan lupa tutup kembali bagian bawah magic com. Dan kita coba apakah proses masak bisa normal kembali setelah kita ganti thermostat baru? Jika proses masak sudah bisa normal dan nasi sudah bisa matang sempurna, maka thermostat sudah bekerja normal dan selesai. Tapi jika ditemukan kejanggalan atau kegagalan lagi nasi tidak matang, seperti yang saya alami, mengganti thermostat sebanyak 2 kali, baru bisa normal. Maka silahkan coba ganti thermostat baru lagi, usahakan beda toko atau beda merek thermostat. Masalah harga belum tentu yang mahal lebih bagus. Buktinya saya ganti thermostat yang kedua pakai thermostat dengan harga 9 ribuan, malah bisa normal. Mungkin kebetulan kualitas thermostat yang pertama saya dapatkan dengan harga yang lebih mahal 12 ribuan, kualitasnya kurang bagus. Jadi jika Anda mengalami kegagalan, tidak ada salahnya Anda coba ganti lagi thermostat yang baru. Mungkin saja thermostat yang Anda beli kualitasnya kurang bagus. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment