Cara Mengetahui Tabung CRT Short G2 dan G1

Alhamdulilah. Next posting kali ini adalah cara mengetahui tabung crt short G2 dan G1. Kasus short pin G2 dan G1 pada tabung crt memang jarang terjadi. Tapi dari sekian banyak kasus atau problem tv, jika sudah kena kerusakan pada tabung crt seperti ini akan sulit untuk diperbaiki. Alasannya ada dua yaitu selain harga tabung crt mahal dan stock tabung crt baru tidak ada. Kebanyakan yang ada dengan mengganti tabung crt bekas milik tv lain yang masih bisa dipakai. Makanya jika tv sudah kena kerusakan tabung crt, sudah dianggap kerusakan berat he..he.. Tapi bagi Anda yang mempunyai masalah dengan tabung crt, bisa mencoba beberapa tips atau cara yang bisa dilakukan untuk merestore atau mengembalikan kondisi tabung crt menjadi normal. Meskipun memang tidak semua tabung crt bisa direstore atau dikembalikan ke kondisi semula, karena tergantung tingkat berat atau tidaknya kerusakan pada tabung crt tersebut. Tapi banyak juga kok yang berhasil he..he.. Salah satu contoh jenis kerusakan tabung crt adalah shortnya pin G2 dengan G1. Bagaimana cara mengetahui tabung crt yang short pin G2 dan G1? Simak lebih lanjut.

Ada banyak jenis kerusakan tabung crt diantaranya adalah warna lemah, salah satu warna hilang atau dominan, heater putus, pecah, short katoda dengan heater atau G1 dan satu lagi yang akan kita bahas kali ini adalah kerusakan tabung crt short pin G2 dan G1. Apa tanda atau gejala jika tabung crt itu pin G2 dan G1 short? Permasalahan yang muncul jika G2 dan G1 short adalah kebanyakan tabung crt gambarnya hilang atau kadang juga ada gambar, tapi sangat redup sekali. Dan jika diteruskan gambar akan hilang. Ada banyak kasus mengenai gambar hilang, tapi kali ini kita fokus pada kasus gambar hilang disebabkan short G2 dan G1. Maksud dari short diatas adalah adanya resistansi atau hubungan antara pin G2 dan G1 jika diukur pakai avometer. Padahal normalnya harusnya tidak ada resistansi atau hubungan sama sekali antara kedua pin ini. Penyebab short tidak bisa diketahui, bisa disebabkan memang karena kualitas tabung crtnya yang kurang bagus. Bisa juga karena tv jarang dinyalakan atau tv dimatikan dalam waktu yang lama. Dan pada saat dinyalakan tv gambar langsung hilang, tapi suara masih ada. Jenis kerusakan seperti ini tidak bisa sembuh dengan sendirinya, tapi harus dilakukan proses restore pada tabung crt tersebut.

Sebelum kita mengetahui cara mengukur pin G2 dan G1 short atau tidak, mari kita lihat dulu contoh gambar pin tabung crt 9 pin lengkap dengan fungsinya masing-masing. Yang penting kita ketahui dulu fungsi dari masing-masing pin dari tabung crt, agar diketahui dimana pin G2 dan G1 berada. Berikut contoh gambar pin tabung crt 9 pin.


Bisa Anda lihat gambar diatas posisi pin G2 dan G1 berada. Setelah diketahui dimana posisi kedua pin tersebut, langkah selanjutnya adalah mengukur resistansi kedua pin ini menggunakan avometer. Untuk mengetahui adanya resistansi atau hubung singkat antara kedua pin ini. Berikut dua langkah untuk mengetahui apakah pin G2 dan G1 bermasalah atau tidak?


Pertama set avometer pada skala 1K. Kemudian ukur pada pin G2 dan G1 dengan probe avometer. Probe avometer boleh bolak-balik posisinya untuk mengukur kedua pin tersebut. Jika setelah diukur, jarum avometer tidak bergerak sama sekali atau tidak ada resistansi, maka kondisi pin G2 dan G1 normal. Jika kurang percaya, maka bisa diukur kembali dengan avometer pakai skala yang lebih peka. Silahkan coba pakai skala 10K, kemudian ukur kembali kedua pin tersebut. Jika masih tidak bergerak, berarti konsisi tabung crt normal. Lanjut gambar berikut dibawah ini.


Silahkan set skala avometer pada skala 1K, kemudian cek pin G2 dan G1. Jika jarum avometer bergerak ke kakanan atau ada resistansi meskipun sedikit, berarti ada masalah di kedua pin tersebut. Masalah itulah yang menyebabkan gambar hilang atau redup sekali. Begitulah cara mengukur atau mengetahui tabung crt short G2 dan G1. Untuk memastikan kondisi tabung crt kita normal atau gak. Untuk cara restore atau yang mau mencoba mengembalikan kondisi tabung crt agar normal kembali, akan saya bahas diposting yang lain. Bisa Anda baca disini. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. maf mas baarr numpang nanya ya? kalau persamaan ic npc 1337p untuk regulator tv merek tcl ada mas, soalnya saya nyari di toko " ga ada kata penjualnya ic itu ga ada ygjual.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang agak susah mas nyari komponen tersebut. Sayangnya tidak ada persamaan dari ic tersebut. Solusi terakhir bisa coba pakai Gacun saja mas.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led