Wednesday, September 25, 2019

Cara Pasang Trafo Yoke untuk Melebarkan dan Menyempitkan Gambar TV

Alhamdulilah, next posting yang agak telat he..he.. Karena baru muncul hampir di akhir bulan. Berikut ini adalah cara pasang trafo yoke untuk melebarkan dan menyempitkan gambar tv. Beberapa waktu lalu ada komentar masuk di blog, menanyakan cara pasang trafo yoke pada tv. Sebenarnya sudah banyak kok yang bahas tentang masalah ini, tapi tidak ada salahnya saya bahas juga di blog ini, bagaimana cara pasangnya. Agar lebih jelas, simak lebih lanjut.

Salah satu problem yang dihadapi, jika kita merubah atau mengganti mesin tv asli menggunakan mesin tv cina, biasanya adalah masalah ukuran lebar gambar yang kurang pas. Kadang terlalu besar dan kadang terlalu kecil. Perubahan ukuran lebar gambar, juga bukan hanya karena penggantian mesin tv cina, tapi juga bisa disebabkan karena penggantian defleksi yoke yang tidak sesuai aslinya atau penggantian tabung crt. Sehingga ukuran layar pada mesin asli tidak cocok lagi dengan ukuran layar tabung crt yang baru. Nah untuk menyesuaikan lebar gambar pada tv, Anda bisa pakai alat namanya trafo yoke. Trafo yoke berfungsi untuk mengatur lebar gambar kesamping kanan dan kiri. Perubahan ukuran layarnya dapat disesuaikan dengan merubah pada tap pada kaki trafo yokenya.

Kemarin ada rekan juga bertanya, mas apakah trafo yoke bisa untuk melebarkan dan menyempitkan gambar? Saya jawab, bisa. Trafo yoke bisa untuk mengatur melebarkan dan menyempitkan ukuran layar tabung crt. Bagaimana cara menggunakan trafo yoke untuk melebarkan gambar dan menyempitkan gambar? Yaitu dengan merubah cara koneksinya. Agar didapat hasil stepnya itu lebih lebar atau lebih sempit. Kelihatan sepele memang, tapi jika tidak tahu caranya, repot juga he..he.. Berikut cara melebarkan dan menyempitkan gambar tabung crt menggunakan trafo yoke. Berikut gambar trafo yoke yang ada dipasaran. Ada yang dilengkapi pcb, ada juga yang tidak dilengkapi pcb, jadi hanya trafo yoke saja.


Tapi yang terpenting dari trafo yoke adalah cara koneksinya. Bagaimana koneksi trafo yoke untuk melebarkan gambar dan bagaimana koneksi trafo yoke untuk menyempitkan gambar? Karena banyak yang salah arti, bahwa trafo yoke hanya bisa untuk melebarkan gambar saja. Padahal tidak. Trafo yoke bisa dipakai untuk keduanya. Tinggal merubah cara koneksinya saja. Berikut koneksi trafo yoke untuk melebarkan dan menyempitkan gambar tv.

● Koneksi trafo yoke untuk melebarkan gambar.


Silahkan dilihat gambar koneksi diatas. Untuk koneksi pada pin 1 warna biru antara kabel dari pcb dan yoke di crt dijadikan satu, kemudian masuk ke pin 1 trafo yoke. Letak perbedaannya adalah di pin 2 dan pin 3 trafo yoke. Pada pin 2 trafo yoke konek ke kabel yoke warna merah di pcb. Kemudian pin 3 dan stepnya konek di kabel merah di def yoke crt. Dan kabel yang di buat step adalah kabel merah dari def yoke crt.

● Koneksi trafo yoke untuk menyempitkan gambar.


Silahkan dilihat gambar diatas. Untuk koneksi kabel biru sama dengan gambar diatas, yaitu sama konek ke pin trafo yoke. Bedanya di pin 2 dan 3 trafo yoke. Untuk menyempitkan gambar, maka koneksi pin 2 trafo yoke konek ke def yoke crt. Kemudian pin 3 dan stepnya trafo yoke konek di kabel merah di pcb. Dan kabel yang dibuat step adalah kabel merah dari pcb tv.

Jadi kesimpulannya adalah untuk menjadikan trafo yoke untuk melebarkan dan menyempitkan gambar adalah perbedaan di koneksi pin 2 dan pin 3 trafo yoke. Dan letak kabel yang dibuat stepnya. Jadi harap hati-hati dalam mengkoneksikan trafo yoke tersebut. Jangan sampai salah dalam cara menyambungnya, agar didapat fungsi yang sebenarnya. Apakah dibuat untuk melebarkan atau menyempitkan gambar tv. Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Maaf mas mau tanya tapi agak keluar jalur..kalau seandainya power jebol tapi pakai speaker protektor apakah speaker pasti aman lalu bagai mana dengan speaker protektor apakah masih bisa digunakan atau harus diperbaiki juga atau sekali pakai terimakasih sblmnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika power jebol, maka kemungkinan jalur out speaker akan ada tegangan. Tegangan ini akan memberikan isyarat speaker protektor untuk memutus hubungan speaker. Sehingga speaker akan aman.

      Speaker protektor aman. Masih bisa digunakan lagi.

      Delete