Sunday, December 6, 2020

Power OCL 150W Quasi PNP Pakai TR Final MJ2955 dan MJ2955

Alhamdulilah, Next posting kali ini adalah modifikasi power ocl 150w sistem quasi PNP yaitu menggunakan tr final sejenis MJ2955 saja. Lanjutan dari artikel beberapa waktu lalu yaitu modifikasi power ocl 150w sistem quasi NPN. Kali ini akan coba kita rubah modif power ocl 150w menjadi sistem quasi PNP menggunakan tr final MJ2955 dan MJ2955. Kebanyakan power sistem quasi hanya menggunakan tr final NPN saja, sama dengan sistem quasi power amplifier zaman dulu. Bagaimana jika kita menggunakan sistem quasi PNP saja. Apakah bisa power amplifier menggunakan tr final PNP saja? Sedangkan sistem quasi aslinya hanya menggunakan tr final NPN saja? Jawabnya bisa? Bagaimana cara merubah power ocl 150w agar bisa pakai tr final MJ2955 dan MJ2955? Simak lebih lanjut.

Sistem asli dari quasi power  amplifier dari zaman dulu adalah menggunakan tr final NPN saja. Masih jarang dan belum ada yang mencoba sistem quasi PNP ini. Karena banyak sekali yang bilang, jika dirubah ke sistem PNP harus membalik tegangan supply dan merubah komponen yang lain. Padahal menurut saya jika dirubah ke sistem quasi PNP, tidak perlu membalik supply tegangan ke power. Cukup merubah koneksi tr driver dan tr final saja. Sama dengan postingan saya kemarin cara sistem quasi NPN dengan merubah jalur tr driver dan tr final saja, tanpa merubah atau membalik jalur supply. Jadi intinya merubah power amplifier menjadi sistem quasi NPN ataupun PNP, caranya sama saja. Tapi anehnya pada kenyataannya masih banyak rekan-rekan yang masih gagal dalam penerapannya. Ya mungkin saja masih ada kesalahan dalam hal perubahan koneksi dari tr driver menuju ke tr final.


Banyak pertanyaan masuk lewat komentar blog menanyakan tentang kebenaran apakah memang bisa power amplifier dirubah menjadi sistem quasi PNP? Saya juga sempat baca-baca di beranda dan grup FB. Beberapa rekan bertanya mengenai hal ini, kenapa powernya setelah dirubah menjadi sistem quasi PNP menjadi tidak bisa bunyi dan malah dengung. Seperti power rusak he..he.. Padahal sebelum dirubah ke sistem quasi, power amplifier tersebut bisa bunyi normal. Nah disini akhirnya timbul banyak pertanyaan tentang kebenaran, apakah memang benar power amplifier bisa dirubah menjadi sistem quasi PNP? Kalau dirubah menjadi sistem quasi NPN, mungkin banyak yang berhasil. Karena prinsip dasar awal power quasi adalah dari quasi NPN. Sedangkan sistem quasi PNP jarang sekali yang menggunakan dan dianggap gagal, karena banyak yang tidak berhasil merubahnya.

Saya awalnya juga meragukan bahwa sistem quasi PNP bisa digunakan. Karena dari segi perubahan jalur jelas beda dengan quasi NPN. Jadi tidak mungkin sistem quasi PNP bisa membuat power amplifier bunyi normal kembali, layaknya power pada umumnya yang menggunakan tr final NPN dan PNP. Kebetulan waktu itu saya mempunyai 2 buah tr final jenis PNP, bekas power jebol yang rusak bagian tr finalnya. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata tr final NPN nya rusak semua. Kecuali tr final PNP nya masih normal dan masih bisa digunakan lagi. Berawal dari iseng dan rasa penasaran saya untuk bisa menggunakan kembali tr final jenis PNP ini untuk digunakan sebagai tr final power amplifier. Dan saya mempunyai keyakinan bahwa kalau power bisa dibuat atau dirubah menjadi sistem quasi NPN, maka harusnya juga bisa dirubah menjadi quasi PNP. Setelah dilakukan perubahan jalur di bagian tr driver dan tr final, ternyata power bisa bunyi normal menggunakan dua buah tr final 2955. Nah disini akhirnya saya percaya bahwa sistem quasi PNP bisa dilakukan dan hasilnya terbukti power bisa bunyi normal sama seperti power pada umumnya yang bukan quasi.

Tapi mas, kenapa kok banyak yang gagal mencobanya? Ya berarti masih ada kesalahan dibagian koneksi jalurnya. Jika perubahan jalur dan koneksinya benar, kemungkinan besar power bisa bunyi normal kembali menggunakan tr final PNP dan PNP, sama seperti sebelum dilakukan perubahan. Sebelum kita melangkah ke perubahannya, mari kita lihat dulu jalur skema power ocl 150w yang belum dirubah. Agar kita tahu, bagian yang mana sih yang perlu dilakukan perubahan dan bagian yang tidak perlu dirubah.


Gambar diatas adalah gambar skema power ocl 150w asli yang belum dilakukan perubahan menjadi sistem quasi PNP. Silahkan dilihat bagian yang dilingkari garis merah. Disitu ada ada dua komponen yaitu tr driver dan tr final. Di bagian inilah nanti akan kita lakukan perubahan koneksi atau jalurnya, agar bisa menjadi sistem quasi PNP. Kesalahan yang banyak terjadi adalah di bagian ini. Menyebabkan perubahan menjadi sistem quasi menjadi gagal dilakukan. Kesalahan sedikit saja dibagian jalur ini, maka power akan menjadi tidak bisa bunyi dan dengung. Maka harus dilakukan perubahan dengan benar dan teliti, agar perubahan menjadi sistem quasi PNP dapat dilakukan dan power bisa bunyi normal. 

Untuk tr final bisa menggunakan tr final jengkolan yang sejenis PNP yaitu MJ2955 dan MJ2955 atau menggunakan tr final TIP2955 dan TIP2955. Anda juga bisa menggunakan tr final selain jengkolan atau transistor jenis TIP. Misal menggunakan tr final sanken 2SA1216 dan 2SA1216 atau tr final toshiba 2SA1943 dan 2SA1943. Agar perubahan menjadi sistem quasi PNP, maka perlu diperhatikan terutama dibagian yang saya tandai lingkaran merah tersebut. Yaitu dibagian tr Q6 dan Q8. Yang mana Q6 adalah tr driver BD139 dan Q8 adalah tr final 2N3055. Berikut adalah gambar perubahan power ocl 150w menjadi sistem quasi PNP. 


Silahkan lihat gambar diatas yaitu perubahan koneksi pada tr driver dan tr final. Dimana pada sistem quasi PNP tidak lagi menggunakan transistor jenis NPN dan PNP, melainkan menggunakan transistor sejenis PNP saja. Karena menggunakan transistor final sejenis PNP, agar power amplifier bisa berfungsi normal kembali, maka diperlukan perubahan koneksi pada salah satu konfigurasi transistor driver dan transistor final. Perubahan konfigurasi dilakukan pada bagian tr final yang awalnya menggunakan tr final NPN. Sedangkan pada konfigurasi tr final NPN tidak perlu dilakukan perubahan. Perubahan dilakukan dari sistem pasangan transistor Darlington menggunakan tr NPN dan NPN, dirubah menjadi sistem pasangan transistor Sziklai menggunakan tr NPN dan PNP. Perubahan konfigurasi wajib dilakukan agar power ocl 150w bisa bunyi normal kembali. Perubahan ini memang tidak lazim, tapi inilah sistemnya agar suatu susunan tingkatan transistor pada power amplifier bisa berfungsi normal kembali. Layaknya sistem TEF dan sistem Darlington pada power amplifier yang diterapkan oleh beberapa orang. 

Perubahan yang dilakukan adalah tr Q6, yaitu pada resistor 330 ohm yang terhubung pada kaki emitor Q6 menuju ke out speaker, dipindah ke kaki colector menuju ke Vcc (+) positif. Kemudian kaki emitor Q6 dibaypass langsung ke out speaker. Lanjut perubahan pada tr Q8 yang awalnya menggunakan tr NPN 2N3055 diganti menggunakan tr PNP MJ2955, maka koneksinya pun tidak sama jika menggunakan tr NPN. Kaki basis tr Q8 yang awalnya terhubung kekaki emitor tr Q6, diganti dihubungkan kekaki colector Q6. Kemudian kaki colector Q8 dihubungkan ke out speaker. Dan kaki emitor Q8 dihubungkan ke resistor kapur 0,5 ohm 5w menuju ke Vcc (+) positif. Jadi lakukan perubahan seperti gambar skema diatas ya dan jangan sampai keliru he..he.. Mungkin ada yang bertanya, bisa bunyi gak power dirubah dengan cara seperti itu? jawabnya bisa. Selama koneksinya dilakukan dengan benar dan teliti. Berikut gambar dibawah ini perubahan power ocl 150w quasi PNP menggunakan tr sanken 2SA1216 dan 2SA1216. 


Perubahan sama saja dengan menggunakan transistor MJ2955 dan MJ2955. Jadi penyambungan dan koneksinya sama, tinggal ganti saja tr final jengkolan menjadi tr final sanken. Karena sudah menjadi power ocl 150w quasi PNP, maka sudah tidak lagi menggunakan tr final NPN. Melainkan menggunakan tr final sejenis PNP dan PNP. Makanya menggunakan tr final sanken 2SA1216 dan 2SA1216. Perubahan konfigurasi power menjadi sistem quasi, baik quasi NPN maupun quasi PNP bisa Anda lakukan, jika memang mempunyai stok transistor sejenis bekas transistor yang jebol. Yang salah satu dari transistor jebol tersebut masih hidup, maka bisa diakali atau dimodifikasi menjadi power sistem quasi NPN atau PNP. Tapi jika transistor final Anda masih baru atau masih lengkap NPN dan PNP, maka sebaiknya tidak menggunakan sistem quasi ini dan tetap menggunakan sistem Darlington pada umumnya. Karena juga akan boros juga pada tr final jika memang harus membeli tr final yang satu jenis saja. Sedangkan dipasaran kalau mau membeli transistor final harus sepasang NPN dan PNP dan tidak bisa membeli satu jenis saja. Walaupun ada yang menjual satu jenis tr final, tapi tidak semua tipe tr final dijual sejenis dan umumnya dijual sepasang. Semoga bermanfaat.

6 comments:

  1. Maaf mas mau tanya kalau pasang master mixer itu setelah tone control apa sebelum tone control ya.. Kok saya pasang setelah tone control suara malah sumber.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Master mixer dipasang setelah tone control mas.

      Delete
  2. mas kalo mau menurunkan sensitivitas imput ocl 140 gimna ya. soalnya saya punya ocl140 yg sudah di modif an klo gak sala kaki kolektor sbga out speker. menggunakan dg ic tl071 pas vol di buka di jam3 suara udah keras sekali. dan untuk menghilangkan hum pun sulit.makasih mazz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti mungkin ada yang dirubah dibagian Gain atau feedbacknya mas. Ya jelas jika over gain kerasnya terlalu sensistif, ya akibatnya pasti hum. Solusinya ya dikembalikan lagi setelan gain atau feedbacknya. Atau mungkin ada perubahan nilai resistor dijalur inputnya.

      Delete
  3. mas di rangkaian ocl 150w tidak dak setting trimpot buat setting dco. Mau tanya R yg diganti buat setting DCO ny Mas. Mksh sblumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum saya coba mas. Sebenarnya itu sudah bagus DCO nya. Gak perlu disetting lagi. Kecuali hasil dco nya tinggi, baru dilakukan modfikasi.

      Delete