Dapat Peringatan Adsense Masalah File ads.txt

Alhamdulilah. Next posting kali ini out of topik ya he..he.. sekedar berbagi sedikit pengalaman seputar adsense. Mungkin bagi Anda yang sudah pengalaman di dunia adsense, sudah tidak asing lagi jika menemui masalah atau ada peringatan muncul di dashboard adsense. Baru-baru ini, tepatnya di awal bulan desember ini muncul warning atau peringatan di dashboard adsense saya bahwa penghasilan anda beresiko karena masalah file ads.txt he..he.. Saya juga tidak tahu penyebabnya, kenapa kok tiba-tiba muncul peringatan tersebut? Padahal saya tidak melakukan perubahan apapun pada setelan adsense dan blogger. Anggapan saya waktu itu, mungkin google sedang menerapkan aturan baru untuk publisher adsense. Sehingga seluruh publisher adsense harus memperbaiki masalah file ads.txt ini. Tapi ternyata tidak semua publisher adsense mendapatkan peringatan tersebut. Ini berarti hanya beberapa publisher saja yang mengalami masalah karena file ads.txt ini. Bagaimana cara mengatasi hal ini dan apa dampaknya jika tidak dilakukan perbaikan tentang masalah ini? Simak lebih lanjut.


Saya tidak menjelaskan secara detail tentang masalah ini, karena saya bukan ahlinya di bidang ini. Cuma sekedar berbagi sedikit pengalaman saja, bagaimana  cara mengatasi dan menghilangkan peringatan yang muncul di dashboard adsense ini. Karena jika peringatan ini tidak dilakukan tindakan perbaikan, maka akan berdampak buruk pada penghasilan adsense Anda. Mungkin bisa saja penghasilan Anda akan tertahan dan tidak bisa dicairkan. Sebelum terjadi masalah yang serius, maka perlu dilakukan tindakan perbaikan dengan segera, agar masalah dan peringatan dapat segera diatasi dan penghasilan adsense Anda bisa berjalan normal kembali.

Dari beberapa sumber yang saya baca, kebanyakan masalah file ads.txt disebabkan karena ada beberapa blog atau situs web yang belum mencantumkan file ads.txt di blognya. Untuk cara penerapannya Anda bisa cari sendiri baik di blogger atau wordpres. Kalau di blogger Anda bisa menambahkan file ads.txt di setelan monetize, masukkan file ads.txt dan simpan. Untuk file ads.txt Anda bisa download langsung dengan cara mengklik tulisan peringatan di dashboard adsense, kemudian pilih perbaiki dan download filenya di sudut kiri bawah. File ads.txt hanya berupa tulisan kode publisher adsense dan kode lainnya, untuk memastikan bahwa blog Anda memang benar sebagai penayang resmi dari google adsense. Perbaikan masalah file ads.txt menjadi wajib jika sudah muncul peringatan seperti diatas. Maka segeralah untuk memperbaikinya. Kasus yang banyak terjadi adalah karena ada salah satu blog belum mencantumkan atau tidak memiliki file ads.txt, maka kemungkinan isi peringatannya seperti dibawah ini.


Jika isi peringatan seperti diatas, maka hal yang harus dilakukan adalah mencantumkan file ads.txt di blog, yang belum atau tidak memiliki file ads.txt tersebut. Caranya masukkan file ads.txt yang sudah didownload tadi, kemudian aktifkan setelan ads.txt custom di setelan blogger. Silahkan lihat gambar dibawah ini.


Silahkan diaktifkan terlebih dahulu ads.txt custom di blogger. Kemudian masukkan file ads.txt yang sudah didownload tadi di kolom ads.txt custom. Contoh gambarnya dibawah ini.


Setelah file ads.txt di paste di kolom ads.txt custom di blogger, kemudian klik simpan perubahan. Perubahan ini dapat dilihat setelah kurang lebih 24 jam. Isilah file ads.txt di semua blog Anda yang belum atau tidak memiliki file ads.txt, agar masalah peringatan ini bisa hilang. Jika kasusnya karena tidak ada file ads.txt, maka dengan melakukan cara diatas, biasanya masalah sudah selesai dan tanda peringatan pun hilang.

Beda kasus dengan blog saya sendiri, karena pada blog saya sudah saya cantumkan file ads.txt di blogger. Tapi mengapa masih saja muncul peringatan penghasilan beresiko karena masalah file ads.txt ini? Masalahnya dimana? Padahal semua blog atau situs web yang tidak berhubungan dengan adsense sudah saya hapus di daftar situs adsense. Harusnya peringatan ini sudah hilang, karena blog atau situs web yang terdaftar di daftar situs adsense sudah mencantumkan file ads.txt ini. Tapi mengapa masih muncul peringatan tersebut? Padahal tindakan perbaikan sudah dilakukan.

Hampir semingu saya mengotak-atik masalah ini dan hasilnya belum ada perubahan dan tulisan peringatan di dashboard adsense masih tetap ada. Akhirnya coba mencari informasi lagi mengenai masalah ini. Ada yang menyarankan bahwa blog atau situs web yang sudah pakai domain TLD, maka blog atau domain asal lebih baik dihapus saja di daftar situs adsense. Maksudnya adalah jika Anda pada saat mendaftar adsense menggunakan blogger, maka nama  blog Anda adalah nameblog1.blogpsot.com.

Setelah diterima adsense menggunakan situs nameblog1.blogspot.com, maka otomatis nama blog ini akan masuk didaftar situs adsense. Jika kemudian blog ini mau diganti dengan domain TLD, misal diganti nama dengan nameblog2.com, maka nama domain baru ini harus didaftarkan kembali di adsense untuk menunggu di aproved. Jika nameblog2.com sudah diterima adsense, maka otomatis nameblog2.com akan masuk didaftar situs adsense. Maka pada posisi ini akan ada 2 situs yang ada di daftar situs adsense yaitu nameblog1.blogspot.com dan nameblog2.com. Pada posisi ini dulu sebenarnya gak masalah, karena blog hanya berganti domain saja menjadi .com. Tapi ternyata akar permasalahannya sebenarnya ada disini.

Jadi jika ada 2 blog atau situs web yang sudah berganti domain alagkah baiknya blog atau situs web yang lama yang isinya sama dan masih blogspot, lebih baik dihapus saja di daftar situs adsense. Jadi tinggal hanya blog atau situs web yang berdomain TLD saja yang ada di daftar situs adsense. Dalam hal ini hanya ada blog atau situs web dengan nama nameblog2.com saja ada di daftar situs adsense. Contoh gambarnya seperti dibawah ini.


Silahkan lihat gambar diatas. Blog atau situs blogspot yang sudah berganti domain TLD menjadi dot com, maka lebih baik situs yang yang lama, yang masih blogspot dihapus saja di daftar situs adsense. Lakukan juga penghapusan situs yang performanya kurang baik di daftar situs adsense. Jadi sisakan hanya blog atau situs yang berperforma baik saja di daftar situs adsense.

Setelah saya lakukan penghapusan blog atau situs web nameblog1.blogspot.com di daftar situs adsense, maka tulisan peringatan di dasboard adsense sudah hilang. Tulisan peringatan ini tidak bisa langsung hilang setelah dilakukan penghapusan situs di daftar situs adsense. Menunggu sekitar 12 hingga 24 jam, baru tulisan peringatan  di dashboard adsense bisa hilang. Kalau saya waktu itu melakukan penghapusan situs pada siang hari, besok paginya tulisan peringatan ini sudah hilang. Semoga bermanfaat.

Update!
Setelah beberapa hari notifikasi peringatan adsense, masalah file ads.txt menghilang, kini muncul kembali peringatan yang sama di dashboard adsense. Kali ini belum tahu penyebabnya apa? Karena saya sendiri tidak melakukan perubahan apapun. Jadi tunggu saja info selanjutnya, apakah memang karena kesalahan sistem? Saya juga belum tahu. Mudah-mudahan saja setelah beberapa hari, peringatan notifikasi ini bisa hilang.

Update!
Setelah hampir 3 hari tulisan peringatan di dashboard adsense masih saja muncul. Memang sengaja tidak saya lakukan perubahan apapun di adsense maupun di blogger. Karena saya merasa tidak melakukan perubahan settingan dan file ads.txt sudah ada dan sudah saya cantumkan di blog. Hari ke empatnya, alhamdulilah tulisan peringatan sudah hilang. Mungkin memang ada kesalahan sistem di adsensenya. Jadi tidak perlu kawatir, jika memang muncul peringatan seperti diatas, selama Anda tidak melakukan perubahan settingan adsense dan file ads.txt sudah ada di blog, kemungkinan besar masih aman. Selama iklan di blog Anda masih muncul.

Comments

  1. Terima kasih mas bahar atas infonya.. karena juga mengalami masalah yang sama terkait ads.txt..

    Tetap semangat..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led