Monday, January 13, 2020

Cara Paralel TR Final Power 140W

Alhamdulilah di awal bulan tahun 2020 masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk membuat postingan lagi. Next posting kali ini adalah cara paralel tr final pada power 140w. Berawal dari komentar blog yang menanyakan tentang hal ini. Bagaimana sih cara paralel tr final pada power 140w ini ? Sebenarnya untuk cara paralel tr final pada power amplifier, caranya sama saja. Cuma yang membedakan adalah posisi atau titik koneksi tr final pada setiap power berbeda. Disini ada beberapa rekan masih belum paham cara paralelnya bagaimana? Dan kadang masih saja ada masalah pada saat pemasangan tr finalnya, misal suara jadi tidak bunyi atau malah jadi dengung, setelah tr final diparalel. Ini sebenarnya bukan salah paralelnya, tapi mungkin masih ada kesalahan koneksi pada paralel tr finalnya. Supaya Anda tidak keliru lagi dalam memparalel tr final power amplifier. Simak lebih lanjut.


Untuk jenis power 140w ini ada 2 versi yang ada dipasaran, yaitu versi out colector dan versi out emitor. Tapi desain lama power 140w yang pernah saya punya, menggunakan out colector. Maka pada pembahasan kali ini saya fokuskan pada cara paralel tr final power 140w versi out colector. Karena menurut saya power 140w versi out emitor hampir mirip dengan power ocl 150w, yang juga menggunakan out emitor. Jadi cukup saya bahas power 140w yang versi out colector saja.

Apa sih out colector itu? Power dengan out colector adalah power dengan sistem pemasangan tr final menggunakan kaki colector sebagai output speakernya. kebanyakan power menggunakan sistem out emitor, yaitu menggunakan kaki emitor sebagai out speakernya. Jadi awas jangan sampai keliru ya he..he.. Kalau power dengan menggunakan out colector, sama dengan power blazer. Pada power 140w ini juga menggunakan out colector. Meskipun memang bisa dirubah menjadi out emitor dengan cara menukar posisi tr finalnya. Tapi saya tidak membahas itu. Yang saya bahas adalah cara paralel tr finalnya pada power 140w versi out colector ini. Jadi jangan salah ya. Jika sistem paralel tr final versi colector ini Anda pasang pada power versi out emitor, jelas tidak akan bisa bunyi. Karena beda sistem. Jadi jangan dipaksakan ya. Lihat dulu power 140w nya menggunakan versi out colector atau versi out emitor? Berikut adalah skema bawaan power 140w versi out colector.


Anda bisa lihat skema diatas. Pada jalur out speaker terhubung secara langsung ke kaki colector tr final. Pada versi power 140w yang lain, pada jalur speaker ini terhubung pada kaki emitor. Jadi pastikan dulu power Anda versi yang mana dulu? Karena menggunakan sistem out colector, maka cara paralel tr finalnya pun beda. Pada gambar paralel tr final saya nanti menggunakan tr final jenis sanken. Anda bisa mengganti dengan tipe yang lain, misal menggunakan tr final toshiba, tip3055/2955, jengkolan atau jenis tr final lainnya. Asal Anda tahu dulu tr final yang NPN dan PNP nya. Karena kalau kebalik posisi tr finalnya, jelas power tidak akan bisa bunyi dan mungkin bisa juga dengung. Berikut adalah gambar cara paralel tr final power 140w versi out colector.


PCB power 140w aslinya adalah stereo. Untuk memudahkan gambar, agar tidak terlalu lebar, maka gambar pcb saya buat mono, dengan cara saya potong gambar pcb agar jadi mono. Jadi gambar diatas adalah potongan dari gambar power 140w versi out colector. Untuk koneksi channel satunya, maka tinggal samakan saja cara koneksinya. Mari kita lihat sekilas gambar diatas. Semua kaki colector tr final terbubung semuanya, tanpa R kapur, kemudian masuk jalur out speaker. Kemudian kaki emitor tr final masuk pada tegangan supply menggunakan R kapur. Pada sistem out colector ini, maka posisi tr finalnya akan sengaja dibalik. TR final NPN yang biasanya dijalur positif, akan berada dijalur negatif. Begitupun sebaliknya, tr Final PNP yang biasanya dijalur negatif akan berada dijalur positif. Maka Anda pada posisi ini harus teliti dan hati-hati, awas jangan sampai terbalik posisinya. Untuk kaki basis tr final akan tetap akan masuk di kaki basis tr final di pcb.

Semoga dengan gambar cara paralel tr final power 140w diatas, bisa membantu rekan-rekan yang masih kesulitan atau masalah dalam cara memparalel tr finalnya. Bisa diteliti dan cek lagi sesuaikan dengan gambar diatas. Untuk jenis tr final, tidak harus menggunakan sanken. Anda bisa menggunakan tr jenis tr final lainnya, asalkan Anda tahu mana tr yang NPN dan mana yang tr PNP? agar pemasangan tr final tidak terbalik yang menyebabkan power Anda malah jadi dengung dan tidak bunyi he..he.. Terima kasih atas pertanyaan dan saran dari rekan-rekan semua di kolom komentar, untuk perkembangan blog ini kedepannya. Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Maaf mas, mau tanya klu pasang jalur insert pada kit mixer roland 7 pot bagaimana caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum saya bahas mas, untuk pemasangan insert pada mixer rakitan. Sebenarnya itu hanya permainan socket saja, in dan out.

      Delete