Wednesday, May 6, 2020

Cara Pasang Saklar Power 2 Kaki

Alhamdulilah. Next posting ringan kali ini adalah bagaimana cara pasang saklar power 2 kaki. Ada banyak macam jenis saklar power 2 kaki dengan berbagai macam bentuknya. Ada yang model kotak, bulat ada juga yang model toggle. Berbagai macam bentuk saklar itu sama-sama mempunyai dua kaki sebagai pemutus dan penghubung arusnya. Cara menyambung saklar dua kaki ini adalah yang paling mudah koneksinya, karena hanya ada dua kaki sebagai switchnya. Bagi Anda yang belum tahu cara pasang saklar dua kaki ini, simak lebih lanjut.

Mungkin sudah banyak yang tahu bagaimana cara menyambung saklar power dua kaki ini sebagai saklar power pada perangkat elektronik, misal power amplifier, mixer, equalizer dan perangkat elektronik lainnya. Jika Anda merakit sendiri perangkat elektronik tersebut, maka pemasangan saklar power sebagai pemutus dan penyambung arus listrik wajib dipasang. Nah bagaimana cara pasang saklar 2 kaki tersebut? Sama dengan saklar pada umumnya, saklar dua kaki adalah yang paling mudah cara menyambungnya. Cukup dengan memutus dan menyambung jalur arus listrik yang mengalir ke trafo supply, maka perangkat elektronik pun akan mati atau OFF. Karena arus listrik yang mengalir ke trafo sudah diputus oleh saklar 2 kaki tersebut.

Apa fungsi dari dua kaki saklar tersebut? Fungsinya adalah sebagai pemutus dan penyambung arus ke perangkat elektronik. Jadi murni saklar, tanpa ada tambahan lampu atau lainnya. Dan hanya ada satu saja jalur saklarnya. Berikut beberapa gambar bentuk saklar dua kaki yang sering dipakai untuk saklar power.


Ada empat macam bentuk saklar kaki dua yang sering digunakan untuk saklar power, dari bentuk kotak, bulat dan bentuk toggle. Saklar ini umumnya tidak dilengkapi dengan lampu, hanya fungsi saklar saja. Jadi bagi Anda yang tidak mau ribet dan ingin mudah memasang saklar power, bisa menggunakan saklar jenis ini. Karena mudah didapat dan cara pasangnya juga mudah. Tidak terlalu banyak kabel dan koneksi dalam merangkainya. Cukup diputus satu jalur saja arus yang menuju ke trafo. Berikut adalah gambar koneksi saklar 2 kaki untuk saklar power yang bisa Anda terapkan di semua perangkat elektronik yang Anda rakit. Cukup mudah dan simple.


Karena masih banyak juga rekan-rekan yang masih belum paham cara pasang saklar 2 kaki ini, maka saya rasa perlu untuk dibuatkan jalur koneksinya. mudah-mudahan dengan melihat jalur skema diatas bisa paham dan bisa memasang sendiri saklar power dengan benar di semua perangkat elektronik yang dirakit. Sehingga tidak terjadi kesalahan pemasangan akibat tidak memahami jalur koneksi saklar power tersebut. Untuk cara pasang saklar power lainnya akan saya bahas di posting berikutnya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment