Wednesday, June 10, 2020

TV Samsung Ultra Slim Fit DNIe Jr Mati Total Akibat Mati Listrik

Alhamdulilah. Hari ini masih diberikan waktu dan kesehatan sehingga bisa membuat postingan kembali. Di tengah pandemi akhir-akhir ini menyebabkan banyak orang menghabiskan waktu di dalam rumah. Pastinya hiburan yang tidak luput adalah tontonan tv. Sehingga waktu nyala tv juga semakin lama. Sebenarnya tidak ada masalah jika pesawat tv digunakan dalam waktu yang lama. Asal tegangan listrik PLN dirumah tersebut stabil dan tidak drop. Dan satu lagi yaitu tidak sering mati lampu pln nya he..he.. Beberapa waktu lalu datang tetangga membawa pesawat tv samsung 21" ultra slim fit model CS-21Z50ML ke rumah, dengan kerusakan mati total. Katanya karena sering kena pemadaman listrik, dalam satu hari bisa sampai 3 kali mati lampu. Setelah mati lampu, giliran listrik pln nyala, kondisi tv tiba-tiba gak bisa dinyalakan alias mati total. Mungkin ada yang pernah mengalami kejadian seperti diatas. Bagaimana cara memperbaikinya? Simak lebih lanjut.


Sering mati lampu atau sering terjadi pemadaman listrik pln kadang bisa mengakibatkan beberapa perangkat elektronik rusak. Mengapa kok bisa rusak? Kebanyakan yang sering terjadi jika mati lampu atau pemadaman listrik mendadak, kita lupa untuk mematikan atau mencabut listrik dari perangkat elektronik tersebut. Akhirnya pada saat listrik menyala secara mendadak, perangkat elektronik akan langsung menerima listrik kejut yang belum stabil dan langsung menyala. Tegangan awal listrik menyala inilah penyebab rusaknya beberapa alat elektronik tersebut. Karena tegangan awal tersebut kita tidak tahu berapa tegangan yang terukur. Bisa jadi tegangan awal listrik tersebut tinggi dan belum stabil. Tapi sudah terlanjut masuk ke alat elektronik. Maka dari itu solusi yang tepat jika terjadi pemadaman listrik, semua perangkat elektronik yang rawan rusak seperti TV, komputer, laptop, charger hp, dll kalau bisa dimatikan terlebih dahulu atau dicopot dari steker listrik, agar aman.


Tidak semua perangkat elektronik bisa rusak terkena sentakan tegangan listrik awal setelah pemadaman listrik. TV adalah perangkat elektronik yang mudah rusak jika kena sentakan listrik ini. Karena komponen didalam tv tersebut ada yang tidak siap menerima tegangan mendadak yang terlalu tinggi dan tidak stabil. Penggunaan sistem SMPS pada regulator tv adalah penyebab sering rusaknya tv akibat mati lampu. Sistem SMPS didalam regulator tv didesain bisa menyesuaikan tegangan input listrik yang rendah atau tinggi agar output tegangan regulator tetap stabil ditegangan tertentu. Tapi jika lonjakan listrik terlalu tinggi dan mendadak, maka sistem SMPS bisa rusak. Yang jelas kerusakan yang diserang jika karena listrik yang tidak stabil adalah bagian regulator. Kemungkinan terparah adalah rusaknya ic atau transistor regulator. Tapi sebelum kita memvonis kerusakan karena ic regulator rusak. Alangkah lebih baik kita cek terlebih dahulu, komponen pendukung lainnya di area regulator tersebut, misal elco, resistor, diode dan zener. Komponen-komponen pendukung tersebut bisa juga rusak karena lonjakan tegangan listrik yang mendadak.

Untuk kasus tv samsung ultra slim fit ini regulator tidak sepenuhnya konslet. Bisa dilihat dari kondisi sekering yang tidak putus. Kemudian pengecekan di elco besar 400v juga tidak short dan konslet. Untuk pengukuran elco besar 400v, usahakan dikosongkan terlebih dahulu isinya, menggunakan lampu pijar, agar tegangan elco benar-benar kosong. Kemudian saya coba untuk menyalakan kembali tv samsung tersebut. Hasilnya lampu indikator tidak menyala sama sekali. Kemudian saya lakukan pengukuran di tegangan b+ 115v hanya terukur 50v saja. Jadi semua tegangan out regulator drop. Sehingga tegangan standby pun juga ikut drop, mengakibatkan lampu indikator tidak menyala. Dugaan awal kemungkinan karena elco 100uf 160v pada jalur b+ rusak atau kering. Karena terlihat fisik dari elco 100uf 160v yang melembung. Akhirnya coba ganti dengan elco 100uf 160v baru. Hasilnya tv tetap tidak bisa menyala dan tegangan b+ tetap drop hanya 50v saja. Jadi sepertinya masalah ada di rangkaian primer regulatornya.

Untuk mengecek komponen area primer regulator, biasakan untuk selalu menghilangkan dulu tegangan sisa di elco besar 400v. Karena jika masih ada tegangan di dalam elco 400v tersebut, bisa terjadi percikan atau kerusakan komponen lain akibat konslet di jalur pcb. Maka dari itu kosongkan dahulu tegangan di elco 400v dahulu. Setelah elco 400v kosong, barulah aman untuk mengecek semua komponen di area primer regulator, termasuk ic atau transistor regulator. Pada tv samsung ultra slim fit ini menggunakan ic regulator STRW6753. Jenis ic STR ini sering kali rusak kadang juga lemah jika tegangan listrik kurang stabil. Tapi sebelum mengarah kesana, lakukan dulu pengecekan komponen lainnya di sekitar ic STR tersebut. Salah satu komponen yang sering rusak adalah elco. Silahkan di cek kondisi elco di area regulator menggunakan alat kapasitor tester atau esr meter. Untuk mengecek kondisi elco baik atau tidak. Jangan terkecoh juga pada nilai pengukuran pada alat ukur, karena bisa jadi nilai elco yang terukur normal tidak kering, tapi kondisi elco sebenarnya rusak tanpa diketahui penyebabnya. Maka wajib dilakukan uji coba penggantian elco baru. Untuk memastikan kinerja regulator normal.

Hasil pengecekan elco di area regulator ditemukan sebuah elco posisi C802 dengan nilai 47uf 50v yang kondisinya kering. Terukur di alat ukur hanya sisa 8uf saja. Mungkin ini penyebabnya. Akhirnya saya lakukan penggantian elco baru 47uf 50v. Komponen lain belum saya cek. Saya anggap mungkin itu penyebabnya.


Dan alhamdulilah tv bisa menyala normal kembali. Setelah diganti baru elco 47uf 50v. Tegangan b+ juga terukur normal 115v. Jadi penyebab mati total dan tegangan drop pada tv samsung ini adalah karena elco C802 47uf 50v kondisi kering di area primer regulator. Semoga bermanfaat.

4 comments:

  1. Mas bahar mau nanya nih.. Saya ada TV lcd LG ada kendala suara audio keluar tapi videonya tidak bisa keluar, di layar lcd cm garis2 gitu.. Kira2 kerusakan terletak pada apanya ya mas?

    Salam kenal nggeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba saja dibongkar mas, kemudian dibersihkan kabel LVDS nya. Kabel LVDS adalah kabel penghubung antara panel LCD dengan Mainboard. Bentuknya tipis kayak plastik putih. Nah itu kedua ujung kabel LVDS dibersihkan. Biasanya ada kerak kotoran yang menempel.

      Delete
  2. Mas tv saya polytron u slim mati tdk mau star saya ukur tegangan b+ sekitar 50v slh satu penyebaby komponen yg mna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek tr horisontalnya mas. Jika ok, coba lepas atau open beban tegangan b+, ganti pakai lampu pijar 220v 60w. Pasang dijalur tegangan b+. Jika tegangan b+ kembali normal, maka masalah ada di horisontal atau flyback. Bisa juga karena elco b+ kering mas. Coba cek elco di jalur tegangan b+.

      Coba cek juga elco di area primer regulator seperti di posting ini. Jika ada elconya, coba ganti saja dengan elco baru.

      Delete