Wednesday, July 29, 2020

Persamaan IC LA3600 Ternyata Ada

Alhamdulilah. Next posting kali ini membahas tentang persamaan IC LA3600. Berawal dari pertanyaan di komentar blog yang menanyakan persamaan dari ic la3600. Saya awalnya juga tidak percaya kalau ternyata ada persamaan dari ic la3600 ini. Karena menurut saya ic jenis ini berbeda dengan ic op amp pada umumnya dan tidak banyak persamaannya atau mungkin tidak ada persamaannya. Bagaimana perburuan saya mencari persamaan ic ini? Apakah ada? Simak lebih lanjut. 

Ic LA3600 adalah ic 5 band equalizer tunggal terintegrasi. Yang diproduksi oleh Sanyo Semiconductors. Jadi komponen ic yang memang didesain khusus untuk graphic equalizer. Jenis ic ini tidak sama dengan ic op amp pada umumnya, seperti ic LM324, TL084 atau TL074. Karena tidak sama dengan ic op amp pada umumnya, maka untuk mencari persamaan atau ic pengganti la3600 juga mungkin tidak ada. Ic ini sering digunakan untuk rangkaian equalizer 5 band dan bahkan digunakan untuk rangkaian elektronik lain seperti turbo bass, yang menggunakan basic rangkaian equalizer ini. Terus bagaimana dengan persamaan ic ini, apakah ada?

Kalau yang ditanya tentang persamaan atau equivalent dari komponen tersebut, maka komponen tersebut harus mempunyai fungsi dan jumlah kaki ic yang sama persis dengan LA3600. Jadi untuk mengganti komponen ic tidak perlu ada penambahan atau pengurangan komponen. Tinggal copot ic dan ganti dengan ic persamaannya. Dan hasilnya harus bisa bunyi normal tanpa perlu ada modifikasi komponen dari rangkaian equalizer tersebut.

Di posting kali ini akan saya berikan gambar block internal ic dan pin configuration dari masing-masing ic. Agar bisa dibandingkan kesamaan fungsi dari kedua ic equalizer tersebut. Jadi Anda tidak perlu kuatir untuk mengganti ic persamaannya. Karena fungsi dari kedua ic tersebut sudah sama persis. Anda tinggal menggantinya tanpa perlu merubah komponen rangkaian yang ada. Berikut adalah gambar fisik dari ic LA3600 dan persamaannya ic M5226P.


Yaitu ic M5226P adalah ic persamaan dari ic LA3600. Ic M5226P adalah ic yang diproduksi Mitsubishi Electric Corporation. Mempunyai fungsi yang sama yaitu ic yang digunakan khusus untuk proses equalizer. Entah kebetulan atau tidak, kedua ic ini mempunyai fungsi, jumlah kaki pin dan fungsi kaki pin yang sama persis. Hanya beda di penyebutan fungsi kakinya saja, tapi pada dasarnya fungsinya sama persis. Nanti akan kita buktikan bersama kesamaan dari kedua ic equalizer tersebut.

Kita mulai dari ic LA3600 dulu. Berikut adalah gambar ic internal block diagram ic LA3600.


Gambar diatas adalah gambar internal block diagram yang ada didalam ic LA3600. Agar lebih mudah untuk membandingkannya, berikut adalah gambar pin configuration dari ic LA3600.


Gambar diatas adalah gambar pin configuration dari ic LA3600. Dengan adanya gambar pin configuration akan lebih mudah melihat kesamaan fungsi dari semua kaki pin ic tersebut. Sekarang mari kita bandingkan dengan ic persamaan dari ic LA3600 ini, yaitu ic M5226P produksi mitsubishi ini. 

Berikut adalah gambar ic internal block diagram ic M5226P. 


Gambar diatas adalah gambar internal block diagram dari ic M5226P. Tampak jelas kesamaan rangkaian dan komponen didalam ic M5226P yang sama dengan ic LA3600. Agar lebih jelas mari kita bandingkan dengan gambar pin configuration dari ic M5226P ini. Berikut adalah gambar pin configuration ic M5226P.


Gambar diatas adalah gambar pin configuration dari ic M5226P. Bisa kita lihat kesamaan fungsi dari semua kaki pin kedua ic tersebut. 

Kesimpulan dari posting kali ini adalah bahwa persamaan dari ic LA3600 adalah ic M5226P. Jadi ic LA3600 bisa diganti langsung pakai ic M5226P atau sebaliknya ic M5226P bisa diganti pakai ic LA3600 tanpa harus merubah komponen rangkaian dari equalizer yang ada. Untuk kesamaan skema rangkaian dari masing-masing ic akan saya bahas diposting lainnya. Semoga bermanfaat. 

2 comments:

  1. Mas equalizer saya yang 10khz tidak berfungsi, apakah perlu ditambah pre amp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu mas. Coba cek atau ganti potensio gesernya yang 10khz. Coba cek jalur dibagian jalur potensionya yang menujub ke ic, mungkin ada yang putus. Cek juga solderan mungkin ada yang kendor. Kemungkinan terakhir adalah ic nya rusak, coba ganti icnya

      Delete